Jenis Ayam Petarung Terbaik

Selain ayam potong atau konsumsi yang banyak dicari masyarakat.

hal ini karena keperluan untuk dikonsumsi dimasyarakat. Baru baru ini ada jenis ayam lain yang tak kalah populer dari ayam pedaging adalah ayam laga atau ayam kontes.

Ayam hoby adalah ayam yang memiliki kekuatan fisik, daya tahan terhadap pukulan, mental, dan kekuatan serta akurasi pukulan yang baik.

Ayam ini juga dikenal memiliki karakter pejuang nah Jika kamu tertarik memiliki ayam hoby ini, berikut informasi mengenai beberapa jenis ayam hoby paling populer dan banyak dicari, lengkap dengan penjelasannya.

  1. Ayam Bangkok

Jenis ayam hoby yang paling terkenal pertama adalah ayam Bangkok. Ayam ini bisa dibilang paling populer di kalangan pecinta ayam laga, karena dianggap memiliki mental yang kuat tehnik yang bagus saat laga.

Selain itu, ayam Bangkok memiliki postur tubuh yang bagus karena tinggi badannya sangat ideal sehingga banyak orang indonesia yang tertarik untuk memelihara ayam ini.

Ayam bangkok merupakan ayam legend yang terkenal di indonesia karena penghoby sudah banyak yang mengetahui jenis ayam ini dari dulu.

Salah satu ayam Bangkok yang ideal umumnya memiliki daya tahan terhadap pukulan, memiliki pukulan yang keras, dan memiliki kelincahan saat bertarung.

Oleh karena itu, kebanyakan pencinta  ayam hoby memilih ayam Bangkok sebagai ayam peliharaan.

2. Ayam burma

jenis yang kedua adalah ayam Burma berasal dari negara Myanmar. Ayam aduan ini terkenal dengan semangat bertarungnya yang luar biasa.

alam pertarungannya, ayam jenis ini kebanyakan menggunakan pola menyerang. Ayam jenis Burma memiliki pukulan depan yang baik dan selalu menekan lawan. Hanya saja postur ayam Burma tergolong kecil, sehingga memudahkan ayam lawan untuk memukulnya.

Dilihat dari sikap petarung yang dimiliki ayam Burma, tak heran bila kemudian banyak peternak yang menyilangkan antara ayam Burma dan ayam Bangkok yang diharapkan mempunyai keturunan yang membawa sifat indukannya selain itu bertujuan untuk memperbaiki postur tubuh anak yang dihasilkan.

3. Ayam Assel

jenis ayam ketiga merupakan ayam hoby terbaru yang berasal  dari india ayam ini memiliki ciri fisik tubuh yang kekar dan tulangan yang padat serta tubuh yang proposional.

Ayam hoby ini kebanyakan didatangkan keindonesia untuk di kawin sillangkan dengan ayam hoby lainnya.

karena ayam ini idealnya pukulan yang keras dan gaya tarung yang bagus serta tulangan yang sangat tebal.

Sehingga saat berlaga ayam ini cenderung kuat menerima serangan dari lawan dan kuat saat menyerang.

4. Ayam Plucker

Jenis ayam laga ke empat merupakan ayam modern yang berasal dari USA ayam ini memiliki bulu yang cerah dan tulangan rapat serta sedang, ayam ini memiliki keunggulan dari segi mental.

Ciri has ayam ini berwarna merah dan putih serta gaya tarung yang has ayam tehnik dan brakot.

Hampir sama dengan gaya tarung ayam pakhoy tapi ada yang has di warna bulu yang dominan putih sepetnya juga hampir sama dengan ayam pakahoy yang brakot.

 

5. Ayam Koyngon

Ayam jenis koyngon ini adalah ayam hasil kawin silang antara ayam pakhoy dan ganoi dimana ayam ini memiliki kelebihan disegi tehnik dan pukulan brakot serta depan yang cepat dan akurat.

Ayam ini umumnya memiliki tulangan yang mewah menyerupai ayam bangkok yang klasik atau ganoi.

ayam koyngon idealnya adalah ayam yang bersifat menyerang serta kecepatan dan akurasi pukulan punggung dan kepala.

Ciri khas ayam ini adalah memiliki warna seperti ayam bangkok atau ayam balcbul dengan warna hitam pekat.

 

6. Ayam brazzilian

Jenis ayam brazilian ini merupakan jenis  ayam yang berasal dari negara brazil dimana ayam ini memiliki postur hambir sama dengan ayam bangkok.

Akan tetapi warna ayam ini kebanyakan berwarna gondang dan juga memiliki pukulan yang cepat.

Teknik ayam ini hampir sama juga dengan ayam bangkok akan tetapi ayam ini masih cenderung kurang kuat saat menerima serangan.

sehingga ayam brazil ini hanya digunakan untuk silangan ayam hoby saja.

 

7. Ayam Mangon

ayam ini sebenarnya jenis ayam berdarah 2 yakni dari darah ayam Birma dan ayam ganoi atau saigon.

Ayam ini dulunya dikembangkan di negara Thailand oleh para peternak ayam laga di Thailand.

Di Indonesia Ayam Mangon ini dulunya di datangkan langsung atau di import dari Thailand, sehingga sampai disini ayam mangon bisa diketahui asal usulnya termasuk dengan membaca artikel ini.

8. Ayam Koy Trad

Ayam Khoytrad adalah unggas laga modern yang dipopulerkan dari provinsi trad negara Thailand. Jadi secara tidak langsung trad berarti kawasan/wilayah yang menciptakan jenis unggas bangkok modern.

Penamaan ini sebenanrnya dikarenakan asal mulanya ayam tersebut diperkenalkan secara publik oleh masyarakat sekitar. Karena kualitasnya sangat bagus akhirnya mulai dikenal orang banyak. Alhasil orang nusantara pun ikut mengetahuinya.

Jika dilihat secara fisik memang hampir sama dengan bangkok asli hanya saja ada perbedaan dalam gaya bermain yaitu memiliki ciri khas tidak pernah turun tat kala berlaga

9. Ayam Pakhoy

AYam jenis satu ini adalah ayam jenis modern yang memiliki gaya tarung yang sangat brutal apasaja bisa dia patok.

jika dilihat dari beberapa big  game di thailand ayam memiliki pukulan yang khas serta cepat pukulannya juga keras sehingga dapat mengalahkan mangon dan juga pama yang terkenal memiliki pukulan yang keras berat dan berefek.

10. Ayam Pama

Ayam pama adalah salah satu jenis ayam yang akhir-akhir ini banyak dicari orang, ayam ini termasuk dalam kategori ayam petarung yang kuat dan tangguh .

Ayam ini memiliki Pukulan yang sadis dengan membawa dari gen kedua induknya yang terkenal dengan pukulan dan jalunya yang selalu tepat di bagian sensitif lawan seperti leher, kepala serta badan.

Mengapa disebut pama karena ayam ini merupakan hasil perkawinan antara ayam pakhoy dengan ayam Birma. Ayam ini juga disebut ayam 2D atau dua darah karena berasal dari darah tunggal ayam pakhoy dan darah birma

11. Ayam Pamangon

Ayam pamangon berbeda dengan pama, pamangon lebih memiliki gaya tarung yang sulit diduga dan ganta ganti karena adanya tambahan gen saigon .

Ayam hasil perkawinan silang ini cukup mudah dihasilkan dengan cara mendatangkan indukan-indukan dari thailand. Di Indonesia dikembangbiakan dan disilangkan oleh peternak, lalu dirawat dengan baik dan dilatih agar menjadi lebih tangguh dan jawara.

12. Ayam ganoi

Ayam ganoi merupakan ayam yang berasal dari thailan dimana ayam Ganoi Ori itu memiliki mata belo yang menonjol keluar seperti kodok.

Dengan mata yang besar sebenarnya hal ini kurang cocok bagi ayam aduan, karena makin besar risiko matanya menjadi bagian lemah yang akan bisa dilukai lawan, beda dengan mata sipit yang lebih bisa terlindung pada saat berlaga.

Namun memang inilah salah satu ciri khas ayam Ganoi ori tersebut. Ciri berikutnya ialah pada warna kakinya yang hijau warnanya.

Ayam Ganoi dikenal sebagai petarung tangguh hingga mati yang pantang menyerah serta tak akan mudah kabur dan putus asa dari ayam lawannya.

Ciri khas ayam Ganoi ori berikutnya ialah pada adanya dua baris sisik yang berbentuk zigzag di bagian tengahnya. Jarang ditemui ayam Ganoi dengan 3 atau 4 baris sisik.

Badannya besar berotot, dan agak panjang serta memiliki dada yang tebal.

Tulangnya juga besar, dan padat serta bobot tulangnya cukup berat, tulangnya cukup besar dan panjang kokoh dan kuat. Jadi tendangannya juga cukup kuat dengan tenaga yang dua kali lipat.

Tinggalkan komentar