Ayam Shamo: Ciri-ciri, Keunggulan, Macam-macam Silangannya

Ayam shamo adalah salah satu jenis ayam Hoby yang biasa di pelihara oleh penghoby ayam di indonesia. Ayam ini merupakan ayam yang berasal dari Jepang. Ciri tubuh dari ayam shamo ini besar memang hampir mirip dengan tubuh ayam bangkok yang bertubuh besar.

Sehingga ayam Shamo ini menjadi idolanya para penghoby ayam yang ada di indonesia salah satunya komunitas ayam kontes, ayam ini biasanya dikonteskan dan dinilai mulai dari keindahan atau ketanggasannya. Hal ini dikarenakan ayam ini memiliki postur tinggi dan tulangan yang besar.

Kali ini, kita Akan membahas dengan detail ayam Shamo. Mulai dari Ciri-ciri, Sejarah, Jenis, Hasil silangan dan harganya.

Jadi jangan lewatkan informasi lengkap mengenai ayam shamo dibawah ini.

Ayam Shamo

ayam Shamo
ayam Shamo

Ayam ini dikenal oleh masyarakat di Indonesia dengan sebutan ayam shamo, atau juga ada yang menyebutnya dengan ayam o-Shamo berasal dari jepang. Ayam ini memiliki tubuh yang besar dari pada ayam umumnya hampir serupa dengan ayam bangkok, dan brazil.

Ayam ini berasal dari keturunan ayam bangkok yang dikembangkan di jepang, arti kata shamo dalam bahasa jepang adalah siam. Dimana negri siam adalah sebutan thailand. oleh karenanya bentuk fisik dari ayam shamo dan ayam bangkok hampir sama.

Sehingga ayam ini sering dijadikan ayam laga dinegaranya sana hingga terkenal didataran asia.

Sejarah Ayam Bangkok

Dari beberapa sumber yang ada bahwa sejarah ayam ini berasal dari keturunan ayam Bangkok. hal ini sangat sesuai dengan informasi dari penyebutan orang jepang dengan kata Sham yang artinya “SIAM” yang merupakan nama lain dari negeri Thailand.

Sedangkan dari sejarah Jepang ratusan tahun berlalu ada penguasa resmi Jepang bernama Leyashu Tokugawa pada abad ke 16-17 memberikan izin pelaut dan pedagangnya menjalin hubungan dengan berbagai negara di Asia.

Ketika dalam perjalanan menuju Asia Tenggara para pedagang dari singgah di Siam atau thailand dan mencari berbagai komoditi yang unik untuk dibawa kembali ke Jepang. Salah satu komoditi yang unik ini ialah ayam aduan bangkok.

Karena pada zaman tersebut banyak masyarakat yang memelihara ayam lokal. Akhirnya ini mendorong para peternak untuk berkreasi menyilangkan ayam shamo dengan ayam lokal jepang dengan kwalitas ukuran yang sama.

Setelah pengembangan yang kesekian kalinya, alhasil para peternak berhasil mendapatkan line persilangan yang dapat dikatakan sempurna. Sehingga menjadi awal mula sebutan ayam shamo dijepang karena terkenal dengan mental baja, memiliki fisik rata-rata, bodi jumbo dan gaya permainan sangat cepat dan agresif.

Ayam shamo sudah terkenal dengan julukan raja ayam. Tidak hanya banyak ditemukan di jepang, tetapi saat ini sudah tersebar di beberapa Negara Asia lainnya termasuk Indonesia.

Ciri-ciri Ayam Shamo

ayam bangkok shamo
ayam Shamo

Ciri ayam shamo jika dilihat dari tubuhnya ayam ini memiliki pervedaan yang sangat mencolok dari pada ayam ras lokal yang mana tubuh ayam shamo lebih besar dari pada ayam lokal yang cenderung lebih kecil dari pada ayam shamo.

adpun berikut ini ciri-ciri dari ayam shamo sebagai berikut:

  1. Memiliki postur tubuh yang sangat ideal (besar)
  2. memiliki postur tubuh yang tinggi berkisar 55 cm
  3. Memiliki badan yang panjang
  4. Memiliki paruh yang tebal dan kuat
  5. memiliki jengger telon atau kecil
  6. Jika dipegang akan terasa tulangan yang tebal
  7. memiliki bentuk kepala yang galak seperti pada gambar
  8. Memiliki leher yang besar dan panjang
  9. Ekor yang menjuntai panjang kebawah
  10. Mata bening dan jernih
  11. Paha dan kaki yang terlihat berootot
  12. Memiliki postur tubuh dan dada yang bidang
  13. Jika berjalan terihat tegap dan gagah
  14. memiliki tubuh yang kuat dan lincah

Jenis Jenis Ayam Shamo

Ayam shamo sudah memiliki banyak jenis, antara lain:

1. Ayam Shamo Asli

1. Ayam O-Shamo

Jenis yang pertama adalah ayam shamo asli. Ayam ini terkenal dengan bibit unggul dari ayam shamo hasil perkawinan silang. Ayam unggul ini menjadi ayam yang termasuk kuat ketika berlaga karena tahan pukul dan kuat yang ditunjang dengan tubuh yang kokoh. Selanjutnya ayam shamo asli memiliki tiga jenis yaitu o-shamo, chu shamo dan ko shamo. Ukuran ayam shamo ini sesuai dengan namanya, tubuhnya besar dan bisa mencapai hingga 7 kg dengan tinggi 85 cm untuk jantan. Ayam shamo super betina, beratnya 5 kgan.

Ciri fisik ayam ini hampir sama dengan ayam shamo memiliki Mata bersih jernih umumnya disebut pearl, bentuk jengger telon, Sayap lebih pendek daripada badannya, Bahu menonjol keatas dengan sayap yang pendek mengarah ke bawah, Kaki berwarna putih/kuning dengan warna hitam sedikit khusus ayam yang berwarna hitam, Paha berotot kuat, Paruh kuat dan besar.

Di negara eropa ditemukan juga Ayam o shamo yang warna kakinya hijau, namun untuk berat badan hanya 4 kg dan o shamo betina 3 kg yang cukup ideal tentunya

Terdapat 2 jenis shamo murni petarung yakni o shamo dan chu shamo sehingga Ayam petarung ini mengandalkan keseimbangan, stamina, ukuran, daya tahan, berat dan kecepatan.

2. Chu Shamo

ayam chu shamo

Jenis ayam ini merupakan kelas ringan dari o-shamo yang dari awal dikembangkan dengan tujuan untuk menjadi ayam yang besar di Jepang. Meskipun memiliki kemiripan juga chu oshamo jantan umumnya berbobot 3,5 kg dengan kisaran dari 2,5-4 kg sedangkan untuk betina sendiri ialah berbobot 2-3 kg terkadang juga ditemukan tipe lain yang ukurannya menjadi besar atau lebih kecil meskipun dengan ukuran sedang struktur tulangnya tetap padat dan lebar jadi sangat cocok untuk kelas kontes di indonesia oleh sebab itu banyak yang memelihara ayam ini untuk dikembangkan di indonesia.

Dilihat langsung dari beberapa peternak jika ayam shamo jepang yang di silangkan dengan ayam yang pas akan menjadikan ayam super bahkan ada beberapa orang yang menganggap bahwa ayam ini lebih kuat dari ayam shamo Jepang.

Layaknya ayam ras lokal namun ada beberapa kemiripan ciri dengan ras shamo Jepang, karakteristik yang mudah dikenali dengan Mental tidak mudah menyerah dan postur mirip dengan shamo.

3. Ko Shamo

ayam ko shamo

Jenis shamo ini berbeda dengan ayam shamo pada umumnya, shamo ini sangat terkenal dengan ukuran kecilnya. adapun ciri khas dari unggas ini ketika berdiri tegak vertikal dengan badan porposional seimbang antara bulu pendek, kepala bulat tebal dan kulit wajah keriput.

Sayap dari ko shamo ini tidak rapat ke badannya biasanya ujung sayap akan berakhir di pangkal ekor baik diatas dan samping namun tidak ke bawah dan Bobot yang paling banyak ditemui ialah 1 kgan.

Macam Macam Hasil Silangan Ayam shamo

Jenis jenis shamo
Jenis jenis shamo

Adapun berikut jenis-jenis dari hasil persilangan ayam Shamo dengan ayam jenis lainnya:

1. Ayam Shamongon

Jenis ayam ini merupakan salah satu jenis ayam dari perkawinan silang antara ayam mangon dengan ayam Shamo ayam ini biasanya memiliki postor tubuh mirip dengan shamo dengan bulu yang khas dengan mangon dan karakteristik ayam mangon.
Ayam ini biasanya kalau silanganannya pas ayam ini memiliki tehnik yang komplit dan ukuran yang besar dan memiliki tubuh yang tegap. belakangan ini ayam ini banyak dicari karena keunggulannya.

2. Shamokoy

Ayam ini adalah Hasil perkawinan silang antara ayam shamo dengan ayam pakoy. Belakangan ini ayam ini banyak dicari di Indonesia karena ayam ini memiliki karakteristik yang mendominasi saat berlaga.
biasanya ayam ini memiliki gaya tehtik dan karakteristik menyerupai ayam Pakoy dan ayam ini banyak di cari di indonesia jika anda berminat untuk memiliki ayam ini silahkan anda wa di 082247990380 barang kali stok yang anda inginkan ada.

3. Shamo pama

Ayam ini merupakan ayam yang belakangan ini biral karena di thailan ayam pama banyak yang win. sehingga di indonesia mencoba untuk eksperimen dengan mengawinkan ayam Shamo dengan ayam Pama biasanya ayam ini memiliki postur yang besar dan gaya serta tehniknya lebih dominan di ayam pama.
Pastinya ini sangat bagus sekali dan lebih unggul serta ndk hawatil ayam berukuran kecil.

4. Shamo Aseel

Ayam satu ini merupakan ayam dengan strain terbaru yang mana ayam ini memiliki postur yang besar dan juga bobot pukulan yang besar.
sehingga di indonesia belakangan ini juga banyak dicari.

5. Shamo Brazil

Ayam Shamo Brazil

Jenis ayam kedu ini adalah ayam shamo brazil dimana ayam ini diciptakan dari perkawinan silang antara ayam shamo dan dikembangbiakan oleh orang Amerika Selatan dengan ayam brazilian yang ini diharapkan menjadi ayam yang tangguh dengan tulangan yang mewah serta teknik yang bagus dengan pukulan yang keras.

6. Shamo Trad

Ayam jenis ini adalah salah satu dari persilangan antara ayang Shamo dengan ayam bangkok trad yang terkenal dengan tehnik dan juga brakotnya. Ayam ini diciptakan untuk jenis ayam pukul karena ayam ini biasanya memiliki badan yang ideal.

 

Kelebihan Ayam Shamo

Ayam shamo memiliki kelebihan sama seperti ayam bangkok. Di bawah ini terdapat beberapa kelebihan dari ayam shamo, antara lain:

  1. Memiliki pukulan yang sangat kuat karena ayam ini memiliki gen dari ayam bangkok yang pada umumnya ayam dengan pukulan yang keras
  2. Struktur tulang dan otot lebih tebal hal ini juga dikarenakan ayam shamo merupakan ayam jenis yang memiliki ukuran yang besar dan tulangan yang besar.
  3. Sangat tahan terhadap dalam pukulan lawannya hal ini dikarenakan ayam shamo memiliki tulangan yang besar dan tubuh yang besar
  4. Terkadang ketika sudah bertarung, ayam shamo akan terus berjuang bahkan jika harus mati hal ini dikarenakan gen dari ayam bangkok yang kuat
  5. Memiliki kekuatan dan stamina yang lama dan baik layaknya ayam bangkok yang terkenal dengan daya tahannya yang mumpuni.

Perbedaan Ayam Shamo Dan Bangkok

Perbedaan Ayam Shamo Dan Bangkok

Ayam shamo dan bangkok bisa dilihat bedanya dari bentuk kepala, bulu leher, sayap hingga dadanya karena Ayam shamo lebih kencang kulit wajah dibandingkan dengan ayam bangkok dengan sedikit keriput. Selain itu, bulu leher dari ayam shamo tidak lebat sedangkan ayam bangkok sangat lebat bulu lehernya terlihat tebal.

Bentuk saya dari shamo lebih mengarah ke atas dan tidak menempel di bagian tubuhnya dan ayam bangkok kebalikannya. Untuk bagian dada ayam bangkok tidak memanjang dan ayam shamo lebih lurus dan memanjang.

Selain itu Mental dari ayam shamo yang tidak akan menyerah menjadikan ayam ini harus menang saat bertarung. Selain itu, pukulannya yang keras dapat langsung mematikan lawan dan gaya bertarung sangat tenang.

Meskipun memiliki keunggulan, ayam shamo juga terdapat beberapa kelemahan. Kelemahan pertama adalah untuk mendapatkan jenis ayam shamo harus dilakukan perkawinan terlebih dahulu.

Di samping itu, harganya juga cukup mahal dan gaya bertarung lebih monoton dibandingkan dengan jenis ayam di Indonesia. Kelemahan yang paling utama adalah susahnya untuk import dari luar negeri.

Teknik Gaya Tarung Ayam Shamo

ciri-ciri Ayam Shamo

Ayam aduan jenis shamo sangat populer bagaimana teknik tarungnya. Gaya bertarung yang sering dilakukan oleh ayam shamo adalah penggunaan teknik gabungan yaitu mendorong dan memukul dengan akurat hampir sama dengan ayam bangkok.

Ayam shamo akan mendekati dan memepet lawan hingga lawannya tersudut karena ayam jenis ini memiliki teknik yang bagus, jika memiliki kesempatan, ayam akan langsung memberikan serangan demiserangan ke bagian kepala dan badan dari lawan.

Daftar Harga Ayam Shamo

1. Harga Telur Ayam Shamo
Harga telur ayam shamo juga beragam Anda bisa mendapatkan harga yang sesuai jika membeli di tempat yang terpercaya juga atau bisa  hub admin barang kali ready stoknya.

Betina
Harga telur betina juga bisa didapatkan dengan harga yang cukup murah di admin oleh karena itu, untuk mendapatkan harga yang diinginkan baik untuk Jantan juga tidak kalah banyak dicari oleh penghoby ayam yang pasti harga tentu akan menentukan kualitas dari telur yang dijual.

2. Ayam Shamo
Untuk ayam shamo biasa bergantung pada Berapa umur dari ayam tersebut minus atau tidak. Bisanya harga ayam shamo mulai dari Rp. 150.000 umur satu bulan dan akan bertambah disetiap bulannya.

Untuk harga anakan ayam shamo akan bergantung pada jenis silangannya dan juga usia dari ayam tersebut umumnya ayam shamo dengan umur 2 bulan bisa mencapai hingga Rp. 500.000 per pasang untuk hasil ternak pribadi.

Ayam ini biasa dikirim dari luar pulau maka terkadang terdapat ongkos kirim dan wajib dilunasi pembayarannya dan insya Allah kami amanah jika anda berminat anda bisa menhubungi di nomor 082247990380

Demikianlah penjelasan dan informasi terkait ayam shamo sebagai mulai dari arti, ciri-ciri jenis dan harganya dan Semoga dengan adanya informasi ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang ingin membeli dan berternak ayam shamo.

Tinggalkan komentar