Ayam Koyngon

Ayam jenis khoyngon adalah ayam yang belakang ini tak asing terdengar oleh masyarakat umum terutama penghoby ayam laga. hal ini dikarenakan ayam laga satu ini memiliki rekor di dunia ayam laga terkhusus thailan sehingga belum dikenal secara luas oleh orang Indonesia. pada umumnya karakteristik ayam ini memang seperti bangkok pada umumnya.

Akan tetapi gaya permainan ayam modern sserta lincah ketika didalam arena membuat banyak para penghoby ayam yang memburu untuk dijadikan ayam kesayangan difarm-nya. karena di indonesia masih belum begitu familiar dengan sebutan ini maka banyak yang menyamakan dengan ayam bangkok, terlebih para penghoby ayam di indonesia ada yang menyatakan semua ayam laga disebut bangkok tapi tidak bagi penghoby yang jeli pasti bisa membedakannya.

jika dilihat sekilas dari segi warna bulu pun juga tidak begitu asing sehingga banyak orang yang suka ayam laga karena bbuludan corak warnanya hampir sama dengan ayam bangkok biasanya. nah olehkarena itu dalam artikel ini kami akan membagikan informasi detail mengenai sejarah, karakteristik, keunggulan dari khoyngon, yang masih belum banyak diketahui oleh orang umum.

Apa itu Ayam koyngon?

Ayam koyngon sendiri sejatinya adalah ayam laga yang di budidayan di kiblatnya penghoby ayam (thailand) ayam ini datang ke indonesia karena viralnya ayam laga dengan julukan blackbull ayam yang sudah memiliki win yang cukup banyak dithailand dan sudah banyak mengalahkan ayam ayam modern seperti pama, mangon.

ayam ini memiliki postur tubuh hampir sama dengan ayam bangkok si kakek moyangnya ayam laga. hal ini dikarenakan ayam koyngon sendiri merupakan ayam dua darah dimana ayam inj hasil dari crossbred atau kawin silang antara ayam pakhoy dan ganoi. Jika dilihat dari kedua induk ayam ini merupakan ayam tehnik dengan pukulan brutal dan juga keras. jika kita lihat dari kedua induk sama sam ayam tehnik yang satu brutal pemukul apa aja dan satunya ayam pukul dan terkenal ayam kuat.

Sejarah Ayam Koyngon

Sejarah kemunculan khoyngon ini di Indonesia tidak terlepas dari perkembangan ayam laga di negeri sebrang thailand salah satu legenda yang sangat terkenal ialah bernama Black Bull. Tipikal yang agresif dan brutal serta kombinasi pukul syaraf  kepala & bandan lawan sehingga mampu memenangkan pertandingan dengan lawan seperti mangon dan birma.

Oleh hal ini membuat banyak penghoby yang menonton dan para peternak ingin beternak jenis ayam terbaru di kalangan ayam laga. Berdasarkan informasi yang kami dapatkan bahwa asal usul khoyngon ini adalah perkawinan silang antara jenis pakhoy x ganoi.
Jika ada yang mengaitkan dengan pakhoy x mangon ialah salah besar.

Sebab tujuan penciptaan jenis ini ialah menumbangkan seperti mangon, pama, birma ayam atret lainnya.

Ciri-ciri Ayam Koyngon

Jika dilihat dari segi fisik ayam khoyngon tidak jauh berbeda dengan ayam bangkok pada umumnya. Oleh karena itu temen temen harus lebih jeli ketika ada penjual yang mengatakan ayam jenis khoyngon ini. Karena akan lebih mudah bila sudah melihat gaya tatkala bertarung yang super gesit serta brakot dwngan twknik yang bagus sepetri yang dijelaskan diatas.

Mungkin dengan rincian dibawah ini sobat syahrulanam, bisa memahami cirinya terkhususnya bagi anda yang masih awam/pemula bisa menjadi tolak ukur untuk memilih ayam khoyngon asli, antara lain sebagai berikut ini :

 

1. Memiliki Postur dan rangka tubuh besar tegap

2. Memiliki Berat badan kurang lebih antara 2,7 sampai 3 kg

3. Memiliki rangka tulang leher yang padat dan kuat

4. Ciri khas kepala seperti buah pinang atau kepala ayam tehnik.

5. Bentuk kepala terkadang lebih mirip dengan pakhoy dan ganoi

6. Memiki Warna bulu biasanya berupa hitam jragem, kelabu, jalak dan merah hitam.

7. Memiliki kaki yang besar dan sisik blimbing seperti halnya ayam pakhoy dan ganoi.

8. memiliki pegangan yang sangat bagus badan panjang serta tulangan yang menonjol

9. Memiliki mentak yang cenderung kuat.

10. Memiliki ekor yang menjuntai ke bawah.

Ayam koyngon paling populer

Meskipun di nusantara sabung ayam sangat pro & kontra, akan tetapi penikmat dan penggemarnya tidak ada habisnya hal ini karena beberapa wadah untuk penghoby ayam seperti ppai yang sering mengadakan perlombaan ayam laga. Alhasil tatkala muncul jenis baru langsung tidak mau ketinggalan yakni pama, pakahoy,mangon dan koyngon.

Lalu alasan apa? yang menjadikan ayam koyngon paling diminati oleh masyarakat Indonesia daripada ayam lain dari luar negeri? Saat ini nama yang sangat diincar oleh peternak nusantara yaitu Black Bull atau Bull Krating dari Pranburi farm.
Keistimewaan dari bloodline atau keturunan dari black bull ini ialah selalu menang sebanyak 6 kali yang mana setiap pertandingan senantiasa menang kurang dari 2 air/ronde.
Pada era kejayaannya jenis ini terbaik sepanjang sejarah perayaman di negeri gajah putih. Kunggulan sangat kuat, kebal, agresif dan pukulan sangat keras dan mampu memtahkan leher lawannya.

Kelebihan ayam koyngon

Selain dari karakteristik fisik yang sudah kami sebutkan diatas. Ayam khoyngon juga mempunyai kelebihan dalam arena laga atau kontes ketangkasan. Karena kemunculan jenis ayam masa kini ini ditujukan untuk mengatasi ayam jenis atret mangon dan sejenisnya.
Dengan hal ini setidaknya perkembangan dunia ayam laga terus berkembang pesat dan selalu muncul line baru dengan ciri khas yang lebih baik daripada sebelumnya. adapaun mengenai keunggulan ayam khoyngon :

1. Mental Agresif Ketika bertarung

2. Memiliki pukulan syaraf kepala & badan

3. Dorongan sangat kuat

4. Gerakan sangat lincah dan gesit

5. Lebih tangguh daripada pakhoy

6. Pukulan keras & cepat

7. Daya tahan tubuh sangat bagus.

Gaya berlaga ayam khoyngon umumnya lebih mirip dengan pakhoy dan bangkok yaitu teknik kunci, sayap, bongkar dan dobrak lawan tapi ditu.jang dg sepit yang sangat baik.

Jenis Ayam Koyngon Paling Banyak dicari

  1. Black bull

Tinggalkan komentar