Ayam Pama: Ciri-ciri, Jenis-jenis, cara merawat, kekurangan dan kelebihannya

Ayam Pama

ayam pama ninja

Ayam pama adalah salah satu jenis ayam yang akhir-akhir ini banyak dicari orang, ayam ini termasuk dalam kategori ayam petarung yang kuat dan tangguh .

Ayam ini memiliki Pukulan yang sadis dengan membawa dari gen kedua induknya yang terkenal dengan pukulan dan jalunya yang selalu tepat di bagian sensitif lawan seperti leher, kepala serta badan.

Mengapa disebut pama karena ayam ini merupakan hasil perkawinan antara ayam pakhoy dengan ayam Birma. Ayam ini juga disebut ayam 2D atau dua darah karena berasal dari darah tunggal ayam pakhoy dan darah birma.

seiring berkembangnya Ayam petarung semakin lama memang semakin banyak keunculan beberapa ayam baru seperti jenis pama, pamangon. berbeda dengan pama, pamangon lebih memiliki gaya tarung yang sulit diduga dan ganta ganti karena adanya tambahan gen saigon .

Ayam hasil perkawinan silang ini cukup mudah dihasilkan dengan cara mendatangkan indukan-indukan dari thailand. Di Indonesia dikembangbiakan dan disilangkan oleh peternak, lalu dirawat dengan baik dan dilatih agar menjadi lebih tangguh dan jawara.

sekilas itu tadi pengantar tentang ayam pama, selanjutnya kita bahas sejarahnya seperti berikut ini:

Sejarah Ayam Pama

Secara singkat, ayam jenis baru Pama ini berasal dari peternakan di thailand, ayam ini diciptakan dari perkawinan dua ayam dengan jenis yang berbeda untuk menghasilkan ayam yang lebih bagus pukulannya. jenis pukulan ayam pama ini diwarisi oleh kedua induknya yang terkenal seperti ayam pakhoy dengan pukulan yang akurat dan kuat serta brutal dan ayam birma yang memiliki pukulan yang sangat gancang dan timpukannya yang akurat dan kuat.

sebelum itu ada banyak revolusi jenis ayam sebelum akhirnya berujung pada ayam jenis pama. Pada mulanya para pecinta atau kolektor ayam dihebohkan dengan kedatangan ayam bangkok dari Thailand yang terkenal sampai sekarang dan seterusnya muncul ayam birma, Pakhoy, SaigonĀ  yang dikatakan sebagai pesaing ayam bangkok karena memiliki kekuatan pukulan yang lebih kuat dari ayam bangkok.

Sebelum ada ayam pama, ada ayam pakhoy yang dihasilkan untuk mengalahkan kekuatan dan ketangguhan dari spesies ayam birma, saigon yang terkenal kuat tapi karena adanya gaya tarung dan pukulan yang sama hebatnya Setelah itu, mulailah mengawinkan silang antara dua jenis ayam tersebut untuk menghasilkan ayam jenis baru yang lebih kuat yang dinamakan pama.

Perkawinan silang lainnya yaitu dari spesies ayam birma dan mangon menghasilkan ayam magon yang bisa dibilang lebih kuat dari ayam pakhoy. atauĀ dari jenis ayam pakhoy yang disilangkan dengan saigon yang menghasilkan ayam koygon untuk mengalahkan ayam magon

dan terakhir persilangan ayam pakhoy dan magon yang menghasilkan ayam baru jenis pamagon yang lebih kuat dan tangguh dari ayam koygon baik dari daya pukulan ataupun tulangan tapi kembali lagi kepada rawatan ayam tersebut

Ciri-ciri Ayam Pama

ciri-ciri ayam pama

berikut ciri-ciri dari Ayam Pama:

  1. memiliki bobot 3-4
  2. warna cenderung terang seperti widu,widu putih kelabu emas dan warna terang lainnya
  3. paruh warna gelap hitam, coklat,
  4. mata katul atau gelap, atau putih
  5. kaki cenderung berwarna gelap seperti hitam, hijau atau biru
  6. memiliki ekor yang sedikit naik seperto ayam kampung

Jenis-jenis Ayam Pama

setelah kita mengetahui ciri-ciri ayam pama selanjutnya kita bahas jenis jenis dari ayam pama sebagai berikut:

Ayam Pama IQ

ayam pama iq

Ayam pama iq adalah jenis ayam anti lock karena gaya tarungnya lebih cenderung seperti ayam birma yang tidak mau di patok serta jika terdesak dia akan lari seperti ayam sola lari pada umumnya, ketika musuh udah lelah iya akan menyerang dengan pukulan yang bertubi tubi disertai dengan timpukan yang kuat.

Ayam Pama Ninja

Ayam Pama Ninja Adalah sebutan dari king pama rajanya ayam pama yang berasal dari tailand yang sudah memiliki gelar yang tinggi sehingga terkenal sampai ke indonesia, ayam ini hampir sama dengan gaya tarung pama iq dengan pukulan yang bagus dan terarah.

ciri khas yang mudah diketahui yakni dengan posisi jengger yang berdiri tegap dan ukurannya besar menjulang keatas.

Ayam Pama Ori

ayam pama ori

Ayam Pama ori adalah ayam dengan ukuran sedikit kecil dengan bobot 2.5 sampai 3,5 kg dengan kaki hitam atau biru dengan tulangan yang sedang tidak terlalu tebal. ciri khas bulu yang lebar warnanya cenderung mengkilap, kakinya kecil, bulat dan kering.

Cara Merawat Ayam Pama

Perawatan ayam pama sedikit mudah menurut berbagai peternak ayam petarung apa saja kah itu?

dibalik kekuatan dan ketangguhan saat bertarung dikarenakan otot dari ayam tersebut yang kuat dan lentur hal ini karena latihannya sejak kecil.

Rawatan yang pertama dimasa pertumbuha siapkan kandang umbaran khususn dengan umur yang sama dengan panjang 10 m dengan lebar 7 m serta tinggi pagar 6 m dan peneduh secukupnya.

makanan rawatan seperti pur 511 dan 94 yang dicampur dengan jagung giling serta beras merah dengan pemberian makan secukupnya sehari dua kali. minumnya pun air mineral yang bersih setiap hari.

ketika ayam sudah umur lima bulan tambahkanlah jamu yang menambah kesehatan tubuh serta kekuatan otot pada ayam tersebut, sehingga ayam tersebut lebih berotot dari pada ayam pada umumnya

sendirikan ayam jantan ketika sudah umur 6 bulan kedalam bok atau kandang rawatan jago dengan pemberian makanan jagung dan beras merah, yang dapat mempercepat pertumbuhan dan stamina yang kuat

mulailah seleksi ketika ayam memang sudah siap kondisi bulu yang sudah sempurna dan ayam mentalnya sudah full. menarungkannya cukup dengan durasi 5 menis saja minggu ke dua atau abaran kedua lipatkan durasinya 2x lipat dan seterusnya hingga kuat 1 air bahkan lebih.

 

Kekurangan Ayam Pama

ayam pama

  1. kecepatan pukulan yang kurang bagus oleh karena itu sering didahului oleh lawan
  2. karakternya kurang agresif atau kurang galak
  3. ayam pama ini cenderung tidak bisa lock atau ngunci lawan
  4. karana mainnya tidak bisa lock ayam ini cenderung mudah dikuasai saat ada di arena

 

Kelebihan Ayam Pama

  1. Ayam jenis pama memiliki ciri khas pada pukulannya yang keras, cenderung dalam dan juga menimbulkan efek sakit kepada lawan.
  2. Kehebatan ayam jenis pamagon terlihat saat mereka sedang memukul ayam lainnya di bagian wajah, badan maupun memukul dengan menyilang
  3. Ayam ini memang terkenal cukup tangguh karena struktur tulang yang dimilikinya bulat dan sangat padat berisi
  4. Ayam pama terkenal tangguh dan tidak mudah menyerah, terlihat dari kebiasaannya yang pandai mencari kepala ayam lain dan memukulnya
  5. ayam jenis pama bisa mengelabui ayamdengan berlari memutar untuk mengecoh lawannya
  6. Ayam jenis pama terkenal sebagai ayam yang tidak mudah dikalahkan, ayam ini tidak mudah dipukul ayam lain dan pandai menghindar
  7. ayam ini akan mematuk semua bagian termasuk punggung lalu mulai memukulnya
  8. Taji pada ayam jenis pama cenderung digunakan dan aktif
  9. Ayam pama ini tidak akan mudah menyerah karena memiliki ketahanan pukulan yang baik

 

Jual Ayam Pama Semua Ukuran

 

apabila anda membutuhkan anakan ayam pama dengan kulitas terjamin anda bisa menghubungi kami ayam kami indukannya berasal dari ayam impor yang mendatangkan langsung dan kami silangkan di kandang kami

berikut foto ayam pama yang kami jual mulai dari berbagai ukuran

Ayam Pama Umur 3 bulan

jual Ayam pama

Ayam Pama umur 5 bulan

ayam pama

Ayam pama siap rawat

foto sesuai stok hubungi (082247990380)

Tinggalkan komentar