Contoh Teks Amanat Pembina Upacara Berbagai Tema

 

Contoh Teks Amanat Pembina Upacara kekinian

 Contoh Teks Amanat Pembina Upacara Berbagai– baik kali ini admin akan membahas tentang berbagai macam teks Amanat Pembina Upacara dengan pilihan mulai dari tema kebersihan sekolah, ahklak baik, menghormati orang tua, kedisiplinan, peringatan tujuh belas agustus, semangat belajar, dan yang lain-lain…..

 

Mengapa admin ingin membagikan tentang berbagai contoh teks amanat pembina upacara? Karena dulu admin pernah mengalami kesulitan mencari tema ketika menjadi amanat pembina

upacra, mendapatkan amanah menjadi penbina upacara di sekolah. Masalah yang kami alami pada saat itu adalah kami kesulitan untuk mencari tema teks amanat pembina upacara yang cocok dan mudah untuk digunakan saat itu.

Baca juga: KUMPULAN TEKS AMANAT PEMBINA UPACARA SD LENGKAP!!

berdasarkan kesulitan yang kami alami, admin tentunya tidak ingin temen-temen juga mengalami kesulitan ketika mencari sumber contoh teks amanat pembina upacara apabila temen-temen di anahi menjadi pembina upacara. Karena jika kita tidak mempersiapkan materi untuk menjadi pembina, anda akan merasakan demam panggung yang hebat, namun jika kita mempersiapkan materi yang akan di sampaikan maka anda tidak akan mengalami kesulitan.

Baca juga: Contoh Teks Pidato Perpisahan Sekolah Lengkap, Semua Jenjang!

Pembahasan Tentang Teks Amanat Pembina Upacara

Kami sebagai admin telah menyiapkan solusi Amanat Pembina Upacaradari permasalahan diatas, yaitu dengan cara mengumpulkan berbagai contoh Kami sebagai penulis mempunyai solusi dari permasalahan yang tadi, yakni dengan cara mengumpulkan berbagai teks amanat pembina upacara dari berbagai sumber yang kami rangkum jadi satu. Tujuan uatama kami agar anda mudah dalam mencari teks amanat pembina upacara yang cocok dengan tema yang ingin anda sampaikan.

Semua orang pasti mempunyai kesulitan, kesulitan dijumpai ketika anda sudah menemukan teksnya namun tidak sesuai dengan tema yang ingin anda sampaikan. Amanat Pembina Upacaramasalah itu memang sudah sering terjadi , untuk itu anda sangat beruntung sudah berada di web ini, disini menyajikan macam-macam contoh teks amanat pembina upacara yang lengkap.

Baca juga: Contoh Kalimat Efektif, Pengertian, Syarat dan Ciri-cirinya.

Langkah selanjutnya anda tinggal mendalami teks amanat pembina upacara yang sesuai dengan tema yang anda inginkan, alangkah baiknya abda juga harus mengetahui minimal tentang pengertian pidato dan unsur-unsur pidato agar anda bisa tahu, apa itu pidato dan bagaimana cara berpidato yang baik dan tidak mengalami demam panggung atau gugup.

Penjelasan Tentang Contoh Teks  Amanat Pembina Upacara

  1. Pengertian Amanat Pembina Upacara

pengertian amanat secara umum adalah sesuatu kegiatan yang mendorong penyair untuk berbicara di depan umum, dan disampaikan kepada orang banyak. Pesan tersirat di balik kata-kata yang telah terus berlanjut dan juga berada di balik tema yng dibawakan.

Amanat Pembina Upacara di bawakan oleh seseorang yang memberikan orasi- orasi dan pertanyaan tentang hal atau peristiwa yang penting dan patut di bicarakan. Sebuah pidato yang baik akan memberikan kesan positif bagi orang-orang yang mendengarnya. Kemampuan berpidato yang baik di depan publik atau umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik. simak juga artikel tentang contoh Teks Pidato Lengkap Dengan Berbagai Tema.

  1. Tujuan Amanat Pembina Upacara

Rekan-rekan sekalian disini admin sedikit menyampaikan tujuan Amanat Pembina Upacara pada umumnya meliputi beberapa hal berikut ini : Memberi informasi pada orang lain, Mempengaruhi orang lain, Menghibur orang lain dengan isi pidato yang disampaikan.

Baca juga:

  1. Macam-Macam Pidato

Secara umum pidato di bagi menjadi beberapa macam yaitu :
1. Pidato Pembukaan, adalah berbicara di depan umum yang dibawakan oleh MC.
2. Pidato pengarahan adalah berbicara di depan umum yang bertujuan untuk mengarahkan pada suatu hal.
3. Pidato Sambutan, adalah berbicara di depan umum yang disampaikan pada suatu acarayang dapat di bawakan oleh beberapa orang secara bergantian dengan waktu yang terbatas.
4. Pidato Peresmian, adalah berbicara di depan umum yang dilakukan oleh seseorang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu (sambutan).
5. Pidato Laporan, yakni berbicara di depan umum yang isinya melaporkan suatu tugas atau kegiatan (pengumuman).
6. Pidato Pertanggungjawaban, adalah berbicara di depan umum yang isinya laporan pertanggungjawaban suatu hal atau kegiatan.

Baca juga:Teknik berpidato kekinian dengan berbagai metode

4. Macam- macam Metode Amanat Pembina Upacara

Apakah anda tau teknik atau metode ada berapa? metode dalam membawakan suatu pidatoatau Amanat Pembina Upacara dibagi menjadi 3 metode sebagai berikut:
1. Metode menghapal, adalah berpidato dengan cara membuat strategi pidato dan menghafal teks dari kata per kata.
2. Metode serta merta, adalah berpidato dengan cara mengandalkan pengalaman dan wawasan atau tanpa persiapan. metode ini sering kali digunakan dalam keadaan darurat dan tak terduga.
3. Metode naskah, adalah berpidato dengan cara menggunakan naskah atau teks yang telah siapkan sebelumnya. namun metode ini hanya bisa dipakai pada pidato-pidato resmi saja.

Baca juga:Aspek Neurologi Bahasa

5. Urutan Susunan Pidato

1. Pembukaan (puji syukur, solawat dan penghormatan kepada peserta upacara)
2. Pendahuluan (menggambarkan sedikit isi pidato)
3. Isi atau materi pidato yang tersusun (maksud, tujuan, sasaran, rencana, langkah, dll.)
4. Penutup (kesimpulan, harapan, pesan, salam penutup, dll)

Baca juga:PENGERTIAN BAHASA, KAJIAN BAHASA.

6. Tips Amanat Pembina Upacara Dengan Percaya Diri

Alangkah baiknya sebelum memberikan Amanat Pembina Upacara di depan umum, sebaiknya anda melakukan persiapan. Adapun hal yang anda siapkan sebagai berikut:

  1. Berdoa sebelum anda mulai berpidato
  2. Jenis dan Tema yang sesuai dengan pendengar.
  3. Mengetahui durasi pidato yang akan dibawakan.
  4. Menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti.
  5. Berusahalah tenang dan anggaplah penonton sebagai orang biasa, jika mereka praktek ia akan merasakan apa yang kita rasakan.

demikian pembahasan singkat tentang pengertian pidato, unsur-unsur pidato, cara berpidato agar tidak grogi. oke sekarang kita kembali lagi ke pokok pembahasan kita yaitu tentang contoh amanat pembina upacara, langsung saja kita simak uraian di bawah ini.

 

Contoh Teks Amanat Pembina Upacara Melalui Digital

  1. Amanat Pembina Upacara tentang Kebersihan Sekolah

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluhu.

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Kepala Sekolah beserta staf..

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru beserta karyawan sekolah….

Yang Saya Sayangi dan saya banggakan Siswa/Siswi sekolah…

Yang pertama-tama marilah kita panjatkan puji, syukur ke Hadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan kepada kita semua, sehingga pada pagi hari yang cerah ini kita masih dapat melaksanakan kegiatan upacara bendera pada pagi hari ini dengan hikmat.

Yang kedua sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW dan semoga kita semua yang ada disini kelak mendapatkan safa’at beliau di akhir jaman nanti.

pertama-tama saya ucapkan terima kasih kepada petugas upacara, bapak mengucapkan terima kasih kalian telah melaksanakan tugas dengan baik, tapi jangan puas sampai disini kalian masih perlu berlatih agar kedepannya menjadi lebih baik lagi.

Sekolah adalah tempat belajar bagi siswa dan siswi. Sekolah di ibaratkan rumah kedua bagi kita semua karena di sekolah siswa-siswi belajar dari pagi hingga sore hari. Siswa belajar di sekolah agar menjadi pintar serta dapat meraih cita-cita yang di impi impikan, disini pasti ada yang cita-citanya ingin menjadi polisi, tentara, pengusaha, dokter, bidan, perawat, kyai, ustadz, presiden petani sukses, pedagang sukses dan lain-lain.

Kebersihan di sekolah harus kita jaga supaya sekolah menjadi tempat yang nyaman untuk belajar sehingga para siswa dan tenaga kependidikan menjadi betah disekolah. Kebersihan adalah sebagian dari iman. Oleh karena itu kebersihan harus dijaga agar kita termasuk orang orang yang beriman dan tubuh menjadi sehat.

Sebaliknya jika lingkungan kita kotor maka tubuh menjadi rawan terserang penyakit. Sekolah yang bersih merupakan tempat yang kondusif untuk belajar. Kondusif artinyanya tidak ada gangguan, misalnya dari gangguan lalat, bau-bauan, sampah dan lain-lain. Lingkungan yang bersih menjadikan siswa fokus untuk belajar, semangat belajar di sekolah.

Agar lingkungan sekolah menjadi bersih Salah satu cara untuk menjaga kebersihan sekolah maka piket kelas harus bekerja dengan benar dan bagi siswa yang tidak piket kelas maka buanglah sampah pada tempatnya. Agar kelas tidak kumuh caranya jangan mencorat coret tembok meja dan kursi supaya kelas menjadi bersih. Kemudian yang buang air kecil, maupun air besar di toilet maka harus disiram dengan bersih, agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.

Demikianlah amanat dari saya, apabila ada kesalahan ucapan atau apapun bapak mohon maaf yang sebesar besarnya.Terimakasih atas perhatiannya

Ihdinasirotolmustakim sumassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

jangan lupa simak juga artikel tentang Contoh Pidato Lengkap Dengan Berbagai Tema!!

2. Amanat Pembina Upacara tentang Kebersihan dan Kedisiplinan

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluh.

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Kepala Sekolah beserta staf..

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru beserta karyawan sekolah….

Yang Saya Sayangi dan saya banggakan Siswa/Siswi sekolah…

Yang pertama-tama marilah kita panjatkan puji, syukur ke Hadirat Allah SWT yang telah memberikan kesempatan kepada kita semua, sehingga pada pagi hari yang cerah ini kita masih dapat melaksanakan kegiatan upacara pada pagi hari ini.

Yang kedua sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW dan semoga kita semua yang ada disini kelak mendapatkan safa’at beliau di akhir jaman nanti.

alhamdulillah saya diberi kesempatan untuk menyampaikan beberapa hal amanat, yang pertama tentang kedisiplinan dan yang kedua tentang kebersihan, sebagai bahan evaluasi supaya kita mengetahui kekurangan-kekurangannya sehingga pelaksanaan upacara yang akan datang menjadi lebih baik lagi.

Baik Anak-anakku yang dimuliakan oleh Allah akhir-akhir ini ustadz perhatikan kepedulian para siswa terhadap kebersihan dan semangat kedisiplinan cenderung ada penurunan .

misalnya pada saat upacara siswa dan siswi yang mengikuti kegiatan upacara belum semuanya dapat hadir tepat waktu. Contoh yang ke 2Pada saat bel sekolah sudah berbunyi jam 07:00 merupakan tanda waktu masuk sekolah namun masih banyak siswa dan siswi yang terlambat juga.

Alhamdulillah Pada kesempatan kali ini bapak tidak bosan-bosannya mengingatkan kepada anak-anakku sekalian, bahwa hadir tepat waktu merupakan bagian melatih kedisiplinan yang paling mudah. Sikap disiplin sangatlah penting yang harus kalian miliki sehingga sikap disiplin harus dibiasakan sejak dini.

Selain itu, hal yang tak kalah pentingnya dengan disiplin adalah kebiasaan menjaga kebersihan lingkungan. Sering bapak lihat dikelas banyak sampah yang berserakkan di lantai atau di dalam laci. Tentu saja hal tersebut tidak enak untuk dilihat.

Untuk menjaga kebersihan hal dapat kalian lakukan dengan hal yang paling mudah yaitu dengan cara membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya. buang sampah pada tempatnya adalah hal yang sepele namun masih juga banyak bapak temua para siswa terasa berat untuk melakukannya.

Perlu diingat siswa-siswa ku sekalian, kerbersihan adalah tanggung jawab kita semua. Karena dengan lingkungan yang bersih akan enak dipandang, dan sikap disiplin harus kita biasakan karena dengan kedisiplinan maka semua kegiatan dalam pembelajaran akan berjalan dengan baik. Untuk itu pada kesempatan ini kami mengajak kepada semua peserta upacara, mari kita jaga kebersihan sekolah yang kita cintai dan tingkatkan kedisiplinan kita sebagai ciri khas warga sekolah yang baik.

Demikianlah amanat dari saya, apabila ada kesalahan ucapan atau apapun bapak mohon maaf yang sebesar besarnya.Terimakasih atas perhatiannya

Ihdinasirotolmustakim sumassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Simak juga artikel tentang TEKS PIDATO TENTANG DISIPLIN KUNCI KESUKSESAN

Contoh Teks Amanat Pembina Upacara di Sekolah

3. Contoh Teks Amanat Pembina Upacara Tentang Sopan Santun

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluhu.

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Kepala Sekolah beserta staf..

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru beserta karyawan sekolah….

Yang Saya Sayangi dan saya banggakan Siswa/Siswi sekolah…

Yang pertama-tama marilah kita panjatkan puji, syukur ke Hadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan kepada kita semua, sehingga pada pagi hari yang cerah ini kita masih dapat melaksanakan kegiatan upacara bendera pada pagi hari ini dengan hikmat.

Yang kedua sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW dan semoga kita semua yang ada disini kelak mendapatkan safa’at beliau di akhir jaman nanti.

pertama-tama saya ucapkan terima kasih kepada petugas upacara, bapak mengucapkan terima kasih kalian telah melaksanakan tugas dengan baik, tapi jangan puas sampai disini kalian masih perlu berlatih agar kedepannya menjadi lebih baik lagi.

Sopan santun ialah sikap saling menghormati dan bertindak tenang dan kalem. Seseorang yang memiliki sopan santun dapat diketahui karena orang tersebut akan menghargai orang-orang di masyarar sekitarnya.

Orang memiliki sopan santun selalu bertindak sesuai dengan cara yang diterima oleh masyarakat, menunjukkan rasa hormat, peduli dan perhatian kepada orang lain. Contohnya sopan santun di masyarakat misalnya: mengucap salam, menyapa teman atau orang lain yang lebih tua, tidak memotong pembicaraan atau antrian, berbicara dengan suara yang pantas yaitu tidak terlalu keras dan tidak terlalu pelan.

Tertib lalu lintas, mengucapkan terima kasih bila mendapat bantuan atau pertolongan. Mengucap maaf atau permisi bila meminta bantuan.

Lain lubuk lain ikan, lain padang lain belalang, lain daerah lain pula cara bersopan santun. Beberapa daerah di indonesia memiliki cara sopan santun sendiri misal jika di daerah kita membelakangi orang tua dianggap sopan, tapi di daerah lain malah dianggap tidak sopan.

Seperti cara kita berdialog di beberapa daerah memiliki sopan santun yang berbeda contoh suatu daerah, menatap mata ketika berbicara dianggap sopan, tapi di daerah lain, dianggap tidak sopan.

Jika kita memiliki sopan santun kita bisa menyenangkan hati orang lain. Sehingga orang lain juga akan membalasnya dengan sikap yang sama. Berbicara dengan cara yang sopan, lebih mudah diterima oleh lawan bicara dibandingkan dengan cara yang tidak sopan.

Keberhasilan akan lebih mudah diraih bila berbicara dan bertindak dengan sopan santun. Sebaliknya pertengkaran dan perselisihan akan selalu terjadi bila tidak menjaga sopan santun.

Sopan santun harus dimulai sejak kecil. Karena jika dipelajari pada masa tua maka akan kesulitan. seperti pepatah mengatakan “ibarat ranting pohon yang masih muda, masih bisa diluruskan, Tapi ranting pohon yang tua akan patah bila dibengkokkan”.

Demikianlah amanat dari saya, apabila ada kesalahan ucapan atau apapun bapak mohon maaf yang sebesar besarnya.Terimakasih atas perhatiannya

Ihdinasirotolmustakim sumassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4. CONTOH TEKS PEMBINA UPACARA MOTIVASI BELAJAR

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluh.

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Kepala Sekolah beserta staf..

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru beserta karyawan sekolah….

Dan anak-anakku dari kls 1 sampai kelas 6 Saya Sayangi dan saya banggakan Siswa/Siswi sekolah…

Yang pertama-tama marilah kita panjatkan puji, syukur ke Hadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan kepada kita semua, sehingga pada pagi hari yang cerah ini kita masih dapat melaksanakan kegiatan upacara bendera pada pagi hari ini dengan hikmat.

Yang kedua sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW dan semoga kita semua yang ada disini kelak mendapatkan safa’at beliau di akhir jaman nanti.

pertama-tama saya ucapkan terima kasih kepada petugas upacara, bapak mengucapkan terima kasih kalian telah melaksanakan tugas dengan baik, tapi jangan puas sampai disini kalian masih perlu berlatih agar kedepannya menjadi lebih baik lagi.

kepada peserta upacara anak-anak kelas 1-6 bapak perhatihan dari depan masih ada beberapa anak yang ngobrol, apapun siakpnya yang belum sempurna.

coba bapak mau tanya apakah kalin cinta tanah air? kalau cinta tunjukkan rasa cinta kalian salah satunya sikap cinta tanah: melaksanakan upacara dengan hikmat, berarti tidak goyang-goyang, tidak ada yang ngobrol, apalagi gak pake tapi masih ada anak yang gk pakai topi, jadi sekali lagi bapak harap minggu depan harus lebih hikmat lagi, lebih bagus lagi.

Kita lihat sejarah ya, pejuang kita untuk menaikan bendera merah putih memerlukkan pengorbanan yang sangat banyak, baik harta maupun nyawa. Dia berjuang kelurganya ditinggal hanya untuk menaikan bendera merah putih untuk merdeka bagaimana caranya bendera merah putih ini bisa berkibar di angkasa sekarang kalian tinggal hanya menghormati tinggal mengikuti upacara dengan hikmad. bisa untuk minggu depan?

lalu perjuangan kalian masih banyak, kalau pejuang dahulu berjuang melawan penjajah. api kalau sekarang melawan apa? penjajah sudah gak ada sekarang kita sudah lahir di zaman merdeka bukan berarti kita bebas tetapi kita masih berjuang.

perjuangan kita adalah melawan kemalasan ya, dari dalam diri kita yang masih malas itu tinggalkan, ke dua melawan kebodohan, ya jadi ada dua. 1 melawan kemalasan, 2 melawan kebodohan.

bagaimana cara melawan kemalasan kalian harus semangat kalau kalian main game masih beberapa jam, sehari 5 jam atau sehari 3 jam. apakah itu sudah memerangi kemalsan? belum, boleh bermain tapi ingat waktu, kalian sebagai pelajar mempunyai kewajiban.

apa kewajibannya sebagai pelajar? belajar, ya bagus. ya jadi ada 2? 1 perangi kemalasan, 2. perangi kebodohan, perangi kemiskinan. ingat kemalasan adalah pangkal kebodohan, siapa yang malas bodoh ya, jadi perangi kemalasan karena kemalasan adalah pangkal kebodohan, perangi kebodohan karena kebodohan adalah pangkal kemiskinan.

nah, apabila kamu sudah pemalas, bodoh, miskin. didunia mau jadi apa? .. ya miskin harta miskin ilmu, mumpung kalian masih punya orang tua semangat belajar jangan bodoh, jangan miskin. berguna bagi agama, nusa dan bangsa.

ingat ya kalian masih berjuang, saya ulangi lagi 1 melawan kemalasan, 2 melawan kebodohan, 3 melawan kemiskinan tolong camkan itu dan laksanakan. yak bapak tidak banyak banyak hanya pesan itu saja, lalu yang berikutnya untuk minggu depan laksanakan upacara dengan lebih baik lagi.

Demikianlah amanat dari saya, apabila ada kesalahan ucapan atau apapun bapak mohon maaf yang sebesar besarnya.Terimakasih atas perhatiannya

Ihdinasirotolmustakim sumassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tinggalkan komentar