10+ Contoh Pidato Tentang Kesehatan lengkap untuk SD, SMP, SMA dll

pidato tentang kesehatanPidato Tentang Kesehatan – Hallo sahabat setia Syahrulanam.com pada kesempatan kali ini admin akan membahas materi Pidato tentang kesehatan yang biasanya sering dibawakan di sekolah, instansi, perusahaan swasta dan acara umum dengan tema kesehatan.

Pada materi pidato ini sebagian isinya menyampaikan tentang kesehatan semua mulai dari bagaimana cara menjaga kesehatan sampai hal-hal yang berbahaya bagi kesehatan.

Pidato ini perlu di aplikasikan mengingat masyarakat masih banyak yang belum memperhatikan kesehatan mereka.

Selain itu tujuan dari adanya pidato ini adalah bentuk upaya mengajak masyarakat untuk lebih mementingkan kesehatan mereka. Hal ini bukan hanya untuk saat ini namun untuk masa depan yang lebih baik lagi kedepannya.

Berikut ini ada beberapa contoh pidato tentang kesehatan yang bisa dijadikan referensi mengingat sebagai pembawa berpidato adalah hal yang tidak mudah. Langsung aja simak materi pidato tentang kesehatan berikut ini:

Pidato Tentang Kesehatan Untuk Anak SD

pidato kesehatan untuk sd

Assalamualaikum Wr.Wb

Selamat Pagi dan Salam Sejahtera

Kepada yang terhormat Bapak Nurwanto selaku kepala sekolah
Yang saya hormati Ibu Elfina Dhea selaku wakil kepala sekolah
Yang saya hormati Bapak dan Ibu guru beserta seluruh staff di sekolah
Dan teman-teman yang saya sayangi dan banggakan….

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan rasa syukur kehadirat Allah SWT, tuhan yang maha esa, karena berkat karunia dan nikmat-Nya kita semua dapat berkumpul di pagi hari yang cerah ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Tak lupa shalawat serta salam selalu kita haturkan kepada Nabi Muhammad SAW semoga kita diberikan syafaatnya di yaumil kahir kelak amiin .

Pada kesempatan yang diberikan ini, izinkan saya menyampaikan suatu pidato singkat mengenai ‘Pentingnya Menjaga Kesehatan Untuk Masa Depan’ semoga kita semua sadar akan pentingnya kesehatan.

Hadirin yang berbahagia,

Ada sebuah pepatah yang mengatakan “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat” Pepatah ini menjelaskan bahwa jika kita memiliki tubuh yang sehat, tentunya jiwa dan pikiran kita juga akan menjadi sehat dan ada juga semboyan yang mengatakan bahwa kesehatan sangatlah mahal harganya

sekarang coba bayangkan keadaan kita sekarang ini yang masih bisa menikmati hidup dan bercengkrama dengan teman-teman dan bandingkan serta bayangkanlah jika tiba-tiba kita terkena penyakit stroke atau penyakit jantung, pasti sangat tidak mengenakan bukan? kita juga harus mengeluarkan uang yang sangat banyak untuk mengobati penyakit tersebut, dan banyak waktu kita yang terbuang sia-sia ketika kita dirawat di rumah sakit.

Apalagi kita sebagai pelajar, kita harus bisa menjaga kesehatan diri kita sendiri dimulai dari hal-hal yang kecil, misalnya bangun pagi tepat waktu, kemudian mandi dan sarapan secukupnya sebelum berangkat sekolah dan juga kita harus menerapkan gaya hidup sehat sebagai upaya menjaga kesehatan tubuh kita, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Olahraga Rutin

Rajin berolah raga, tubuh kita memerlukan olahraga untuk membantu proses metabolisme di dalam tubuh kita sehingga zat-zat nutrisi yang ada di dalam tubuh bisa diserap secara maksimal. Berolahragalah dengah teratur minimal 3 kali seminggu seperti jogging, berenang dan lain-lain.

Beberapa aktivitas yang bisa dicoba misalnya bersepeda atau jalan sekitar daerah tempat tinggal minimal 30-60 menit setiap hari. Sebaiknya kurangi kebiasaan terlalu banyak mengandalkan gadget atau kegiatan menonton televisi. Batasi screen time atau waktu anak menonton televisi atau main gadget hingga 2 jam dalam satu kali pemakaian dan mengganti waktu di depan televisi dengan kegiatan fisik yang seru dan bisa dilakukan bersama-sama.

2. Minum Air Putih
Air adalah cairan terbaik yang efektif untuk meredakan dahaga, mengandung nol (0) kalori, dan tidak mengandung tambahan gula. sedini mungkin menanamkan pentingnya minum air putih dengan selalu membiasakan anak membawa botol air minum setiap kali bepergian keluar rumah.

 

3. Konsumsi Buah & Sayuran

Gaya hidup sehat selanjutnya adalah menjaga pola makanan. Makanlah makanan menu 4 sehat 5 sempurna karena tubuh kita memerlukan nutrisi-nutrisi seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.

Manfaat buah dan sayur-sayuran sudah terbukti sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buah dan sayuran mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan bagi tumbuh kembang buah hati.

Bunda dapat menyediakan menu harian yang terdiri atas buah dan sayur agar buah hati terbiasa. Sebaiknya targetkan setidaknya dua porsi buah setiap harinya dalam berbagai variasi penyajian. Ajarkan juga buah hati cara memilih makanan sehat, misalnya camilan dari buah dan sayuran.

Tetap, waspadalah makanan-makanan yang tidak sehat untuk tubuh seperti junk food, alcohol dan lainnya sebab makanan-makanan tersebut berbahaya, jika kita terlalu banyak memakan junk food seperti gorengan dan makanan tinggi lemak lainnya akan menimbulkan kolestrol dan membuat kita terkena stroke dan serangan jantung.

 

4. Kebiasaan Cuci Tangan
Menerapkan pentingnya mencuci tangan sejak dini pada karenasalah satu kunci hidup sehat cuci tangan yang benar berikut ini:

Basahkan tangan dengan air secukupnya.

Gunakan sabun dan cuci tangan selama 20 detik.

Gosok di antara jari, punggung tangan dan bagian bawah kuku, lalu pergelangan tangan.

Bilas dengan air dan keringkan tangan dengan handuk bersih.

Tanamkan kebiasaan cuci tangan setiap sebelum dan sesudah makan, setelah dari toilet, juga setelah memegang benda kotor atau hewan peliharaan serta membiasakan cuci tangan setelah bersin dan kembalinya dari luar rumah.

5. Buang Sampah di Tempatnya
Hal-hal kecil seperti membuang sampah di tempatnya juga bisa menjadi awal kebiasaan hidup sehat, Mungkin terlihat sepele. Namun, kepedulian kebiasaan ini punya efek langsung untuk kebersihan lingkungan tempat tinggal yang lebih bersih dan sehat.

Hadirn yang berbahagia,

Sebelum saya mengakhiri pidato ini, saya mengingatkan kembali  bahwa marilah kita jaga kesehatan diri kita mulai dari sekarang, jangan menunggu sampai penyakit menyerang kita karena ada pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati oleh karena itu Mulailah dengan melakukan pola hidup sehat dan teratur agar kesehatan kita tetap terjaga sehingga kita bisa meraih masa depan yang sukses.

Demikianlah pidato singkat yang dapat disampaikan, Semoga pidato ini bermanfaat, berguna, dan mudah diterapkan dari sekarang untuk kita semua. Sekian dan mohon maaf apabila ada kesalahan dalam bertutur kata atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Contoh Pidato Tentang Kesehatan untuk SMP

pidato kesehatan untuk smp

Bismillahirahmanirahim

Assalamualaikum wr, wb.

Para hadirin yang saya hormati,

Marilah kita panjatkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua, sehingga kita bisa berjumpa di tempat ini. Pada kesempatan hari ini, saya akan menyampaikan pidato tentang pentingnya menjaga kesehatan tubuh kita.

Memiliki tubuh yang sehat sudah pasti impian semua orang. Dengan tubuh yang sehat maka kita bisa terhindar dari berbagai macam penyakit yang bisa menyerang kapan saja. Untuk itu, mulai sekarang kamu membiasakan diri hidup sehat.

oleh karena itu kita harus bisa merawat tubuh kita supaya lebih sehat dan terhindar dari penyakit, hal ini harus kita jaga dengan cara mengkonsumsi sayuran hijau, karena Kandungan vitamin dan berbagai macam kandungan zat bermanfaat lainnya sangat dianjurkan oleh dokter untuk membuat tubuhmu selalu prima dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Beberapa sayur hijau dan buah buahan yang bisa kamu konsumsi antara lain: kembang kol, brokoli, dan juga kol dapat mengirimkan sinyal ke dalam tubuh sehingga meningkatkan produksi protein yang ada di permukaan sel sedangkan untuk buah-buahan anda bisa mengkonsumsi segala macam buah yang baik untuk tubuh, seperti pisang pepaya jeruk dll

makanan yang menyehatkan selanjutnya adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti yogurt. karena Yogurt mengandung probiotik yang berguna menurunkan stres. Probiotik juga menghindarkanmu dari beberapa masalah pencernaan.

makanan yang harus dihindari adalah alkohol. karena Alkohol menimbulkan beragam penyakit, khususnya untuk organ seperti paru-paru, jantung, maupun hati

cara selanjutnya adalah mengkonsumsi vitamin D juga merupakan cara terbaik yang harus kamu lakukan untuk menghindarkan tubuhmu dari berbagai macam penyakit beberapa makanan yang mengandung vitamin D antara lain: jamur, kuning telur, ikan salmon, hati sapi, ikan tuna.

Selain itu, kamu juga bisa membeli suplemen vitamin D serta pilihlah suplemen yang mengandung D3 karena bermanfaat meningkatkan vitamin D yang ada di dalam darah.

 

Berolahraga rutin merupakan aktivitas yang sangat menyehatkan sudah banyak penelitian yang telah membutkikan bahwa berolahraga rutin mampu menghindarkan dari berbagai penyakit seperti stroke, stres, mempercepat peredaran darah, dan lain sebagainya.

jangan lupa Menjaga kebersihan meskipun kamu sering mengkonsumsi makanan bergizi dan berolahraga, namun hall lain yang juga harus kamu perhatikan adalah kamu harus membiasakan diri juga untuk menjaga kebersihan badanmu dan juga kebersihan lingkungan sekitar.

Beberapa yang bisa kamu lakukan adalah mandi setiap hari, cuci tangan sebelum dan sesudah makan, membuang sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan mulut, dan lain-lain.

yang terakhir Istirahat yang cukup untuk meningkatkan kekebalan tubuh, kamu bisa melakukannya dengan istirahat yang banyak dengan tidur minimal 8 jam dalam kurun waktu 2 minggu membuat tubuh menjadi lebih kebal dari bakteri, virus, dan juga kuman.

nah, itulah tadi anak-anak cara merawat tubuh ya, jangan lupa untuk diterapkan cukup sekian yang bisa bapak sampaikan kurang lebihnya bapak mohon maaf, wassalamu’alaikum wr.wb

 

Contoh Pidato tentang kesehatan mental

pidato kesehatan mental

Bismillahirrohmaanirrohiim

Assalamualaikum wr, wb

Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu yang saya hormati,

Pada hari ini marilah kita mengucapkan syukur kepada Allah SWT atas rahmat dan ridho yang telah Dia berikan, sehingga kita bisa berjumpa di tempat ini. Adapun materi pidato yang akan saya sampaikan ini mempunyai tema pentingnya kesehatan mental.

Para hadirin yang saya hormati,

Kesehatan dalam diri kita ternyata bukan hanya kesehatan fisik saja. Namun, kesehatan mental pun menjadi aspek penting yang harus kita miliki maka tak heran, bila mata pelajaran olahraga di sekolah sering dinamakan pendidikan kesehatan jasmani dan rohani, bukan pendidikan kesehatan jasmani saja. Belum lagi kita mendengar bahwa akhir-akhir ini banyak orang–terutama tokoh-tokoh ternama–melakukan tindakan bunuh diri akibat tekanan mental yang mereka alami.

Untuk itu, wahai hadirin sekalian, kita mesti bisa menjaga kesehatan mental kita. Dengan menjaga kesehatan mental kita, maka kita tidak akan mudah mengalami tekanan batin yang mengakibatkan diri kita melakukan tindakan berbahaya, termasuk bunuh diri.

Adapun cara yang bisa kita lakukan antara lain dengan Melakukan aktivitas fisik
Berbagai olahraga ringan, seperti lari kecil atau lompat di tempat, dapat Anda lakukan selama menjalani karantina di rumah. Dengan melakukan aktivitas fisik, tubuh Anda akan memproduksi hormon endorfin yang dapat meredakan stres, mengurangi rasa khawatir, dan memperbaiki mood Anda.

Bila Anda seorang perokok, cobalah hentikan kebiasaan buruk tersebut mulai dari sekarang. Kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol dapat mengganggu kesehatan fisik maupun mental Anda.

Kebiasaan buruk yang juga perlu dihentikan adalah kurang beristirahat atau sering begadang. Jika kurang istirahat, Anda akan lebih mudah mengalami kecemasan dan mood Anda pun akan lebih tidak stabil.

dan yang terakhir marilah senantiasa beribadah dan berdoa kepada-Nya, menceritakan keluh kesah kita kepada orang-orang terdekat kita, menghargai dan menerima diri apa adanya, aktif berkegiatan sosial, menjaga hubungan baik dengan keluarga, sanak saudara, dan teman, meminta bantuan jika mengalami kesulitan baik materil maupun moril, serta beristirahat sejenak di tengah aktivitas yang kita jalani.

Dengan menjalani cara-cara tersebut, niscaya kesehatan mental kita akan terjaga, dan membuat  kita menjadi manusia yang sehat, baik fisik maupun mental.

Para hadirin yang saya hormati,

Mungkin hanya sampai di sini saja pidato ini saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan mampu dipahami oleh para hadirin sekalian. Mohon maaf jika ada kata atau isi pidato yang kurang berkenan di hati para hadirin sekalian. Kesempurnaan hanya milik-Nya, dan kesalahan serta dosa tak akan luput dari diri kita.

Wassalamualaikum wr, wb.

Pidato Tentang Kesehatan Mata

pidato kesehatan mata

Pidato yang pertama ini mengambil tema tentang kesehatan mata dimana mata adalah organ paling penting dan hal yang paling rawan dari tubuh manusia. Seperti yang kita ketahui Mata adalah organ penting yang harus dijaga oleh setiap manusia oleh karena itu pidato tentang kesehatan mata ini biasa disampaikan ketika ada acara dibidang kesehatan.
Contoh :

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Semangat pagi semuanya.
Yang saya hormati para jajaran pemerintah yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu
Yang saya hormati juga para tamu undangan yang telah hadir dalam acara ini.

Alhamdulillah adalah kata yang harus kita ungkapkan mengingat saat ini kita masih diberi kesehatan, dan nikmat iman dan Islam semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT.
Sholawat dan salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW suri tauladan bagi kita semua, dan semoga kita semua kelak akan mendapatkan syafaatnya di akhirat kelak amin…

Hadirin yang saya hormati.

Pada hari ini, saya akan menyampaikan sedikit pidato yang membahas mengenai kesehatan karena semua manusia pasti ingin sehat.

Semua manusia pasti ingin memilik kesehatan bukan terlebih kita agar bisa beribadah kepada Allah SWT.

Kesehatan ini harus dijaga dari semua bagian di dalam tubuh kita baik yang terlihat maupun tidak.

Karena apabila sedang sakit dampak buruknya akan sama saja terasa pada tubuh kita.

Kali ini, kesehatan yang akan kita bahas adalah tentang kesehatan mata.
Seperti yang kita ketahui bahwa mata merupakan organ penting dimana mata adalah organ yang kita gunakan untuk melihat berbagai macam indahnya penjuru dunia.

Mata juga sering disebut dengan jendelanya dunia, oleh sebab itu mata adalah organ yang harus dijaga kesehatannya. Masa kini, kesehatan mata mulai jarang diperhatikan masyarakat.

Hal ini dibuktikan karena banyaknya kerusakan mata mulai banyak dialami manusia bahkan anak dibawah umur.

Hal ini disebabkan oleh, pemakaian gadget yang berlebihan serta mengabaikan perawatan kesehatan mata ketika terkena debu.

Hal ini memang terlihat sepele namun dapat berdampak buruk bagi kesehatan mata yang diakibatkan oleh bakteri yang ada pada mata kita.

Salah satu contohnya, ketika sedang main gadget yang biasanya ini terjadi pada anak kisaran umur 15 hingga 20 tahun keatas.

Hal ini harusnya dihindari oleh anak-anak mengingat cahaya dari gadget yang memiliki radiasi berbahaya bagi mata kita.

Cahaya biru yang memantul dari gadget akan berdampak buruk pada mata jika dilakukan ketika keadaan gelap karena mata yang berbeda dalam keadaan tidak siap menerima cahaya akan menyesuaikan pandangan dengan cahaya yang diterima.

Jika hal ini terus menerus berulang, maka akan terjadi kerusakan mata seperti silinder ataupun rabun mata.bukan tanpa sebab, mata harusnya akan bersifat elastis ketika menerima cahaya.

Namun hal itu dapat berkurang seiring dengan penjagaan mata yang baik. Selain itu, kerusakan mata juga dapat dikarenakan oleh polusi. Hal ini sudah umum terjadi di Indonesia mengingat kadar polusinya yang lumayan tinggi.

Polusi dapat menyebabkan mata berair dan gatal serta kemerahan. Jika dianggap remeh dan hanya dilakukan pengusapan mata ketika gatal, maka debu yang menempel dapat merusak kornea mata.

Kerusakan yang dapat terjadi pada mata adalah kebutaan. Hal ini cukup parah mengingat banyaknya masyarakat yang menganggap enteng masalah ini. Seharusnya dilakukan perawatan khusus pada mata pada beberapa kali dalam seminggu.

Seperti pencucian mata dengan obat khusus mata ataupun memeriksakannya pada dokter mata. hal ini haruslah rutin dilakukan karena mata adalah organ yang rawan akan kerusakan. Sehingga memerlukan perhatian khusus.

Kurangi juga penggunaan gadget dan membaca dalam cahaya minim. Ini merupakan pencegahan agar mata dapat mempertahankan keelastisannya dalam menerima cahaya. Sehingga dapat berfungsi dengan baik.

Saya kira cukup sampai disini saja pidato yang saya sampaikan. Untuk pemeriksaan dapat langsung dilakukan mulai hari Senin, Rabu dan Jumat dengan menemui dokter terkait dan pengobatan tidak dipungut biaya.

Sekian dan terima kasih.

Pidato Tentang Kesehatan Jantung

pidato kesehatan jantung

Pidato selanjutnya ini berisi tentang kesehatan jantung, yang biasanya sering disampaikan di acara kesehatan.

berikut ini Contoh pidato tentang kesehatan jantung:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yang saya hormati semua tamu undangan yang hadir dalam acara ini yang tak bisa saya sebutkan satu persatu.

Salam sejahtera saya ucapkan untuk kita semua, syukur Alhamdulillah pada pagi hari ini kita berkumpul bersama dalam keadaan sehat walafiyat di acara touring sepeda ke pantai selatan ini sebagai rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional.
Sholawat dan salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW yang telah membimbing kita dari jalan yang gelap gulita menuju jalan yang terang benderang dengan adanya agama Islam.

Sebagaimana yang kita tahu, kesehatan jantung merupakan hal terpenting oleh karena itu kami mengadakan acara ini demi menjaga kesehatan tubuh terutama pada jantung.

Kegiatan kali ini adalah Jalan touring sepeda goes bersama yang dilakukan untuk menyehatkan jantung kita.
Seperti yang kita ketahui Jantung adalah organ penting yang memompa darah pada seluruh tubuh yang mana ketika jantung mengalami kerusakan, maka manusia akan jatuh sakit.

Hadirin yang berbahagia.

Perlu di ketahui Jantung seringkali mengalami tekanan ketika manusia memaksakan system kerjanya misalnya seperti memaksakan olahraga terlalu keras ataupun melakukan latihan yang berlebihan hal ini dapat memicu serangan jantung mendadak.

Mengapa? Karena jantung tidak mampu menerima beban yang terlalu berat oleh sebab itu haruslah kita perhatikan karena setiap orang mempunyai kapasitasnya sendiri.

Jantung juga seringkali melemah ketika jarang dibawa untuk hidup sehat, salah satunya dengan merokok dan minuman keras yang tidak di imbangi dengan berolahraga maka jantung akan mengalami kelemahan.

Kesehatan jantung dapat dilakukan dengan mudah dan tidak banyak memakan biaya besar. Cukup dengan merutinkan olahraga selama 15 menit setiap hari atau jalan kaki selama 10 menit dengan demikian Jantung akan terbiasa dengan aktivitas olahraga yang dilakukan.

Tapi, jangan pernah melupakan tentang kapasitas kekuatan jantung masing-masing individu apabila tidak terbiasa berolahraga lama diganti dengan melakukan olahraga yang ringan namun dapat menyehatkan tubuh seperti senam.

Cukup sekian, sampai disini pidato yang saya sampaikan Karana melihat temen temen yg sudah GK sabar ingin berangkat bersepeda, mohon maaf jika ada kesalahan pada pada saat berpidato tadi wabila hitaufik wal hidayah summassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pidato Tentang Kesehatan Gigi

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan pidato singkat tentang Kesehatan Gigi.

Gigi adalah salah satu alat pencernaan. Fungsinya untuk memotong dan mengunyah makanan. Makanan yang sudah dikunyah oleh gigi akan ditelan ke dalam perut untuk dicerna dan diserap oleh tubuh. Bila gigi mengandung kuman penyakit, maka makanan yang dikunyah juga akan mengandung kuman penyakit dan masuk ke perut lalu diserap oleh tubuh. Mulut dan gigi adalah pintu masuk ke dalam tubuh.

Menjaga kesehatan gigi sangat penting untuk dilakukan karena kesehatan gigi berkaitan dengan kesehatan tulang dan jantung bahkan organ lainnya akibat Gigi yang tidak sehat dapat mempengaruhi organ lainnya cara untuk menjaga kesehatan gigi, maka diperlukan minimal dua kali menggosok gigi yaitu sebelum tidur dan setelah bangun tidur.

Menyikat gigi juga sangat dianjurkan setelah mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis yang dapat merusak gigi. Bila sisa makanan dan gula tidak dibersihkan maka akan menjadi tempat koloni kuman yang berkembang biak menjadi karang gigi dan menyebabkan gigi berlubang dan gusi berdarah. Bila tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut maka dapat menyebabkan; sakit gigi, gigi keropos, bau mulut, gigi goyang, gigi kuning, gigi linu, karang gigi, gusi berdarah, sariawan dan lain-lain.

Untuk menjaga kesehatan gigi sangat dianjurkan untuk memeriksakannya ke dokter gigi enam bulan sekali. Mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi seperti ikan, susu, sayur-sayuran, buah-buahan. Menghindari makanan yang manis-manis dan asam seperti permen dan asam jawa. Membersihkan gigi dan karang gigi secara rutin.

Demikianlah pidato singkat tentang kesehatan gigi ini.
Terimakasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pidato Tentang Kesehatan Telinga

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan Taufik, Hidayah, Inayah serta nikmat Iman,Islam dan kesehatan kepada kita sekalian hingga kita dapat bersilahturahmi dalam acara ini

Yang saya hormati bapak kepala sekolah beserta wakilnya.

Yang saya hormati bapak/ibu guru staf dewan pengejar di SMAN 1 Malang.

Yang saya sayangi teman-teman sekalian.

Adapun maksud dan tujuan berdirinya saya disini adalah untuk menyampaikan isi pidato singkat saya yang berjudul membangun gizi keluarga, Kita semua telah mengetahui apa itu gizi, apa manfaat nilai gizi, dan seberapa besar pengaruh gizi bagi kehidupan.

Masalah gizi, tentu sangat erat kaitannya dengan kesehatan. Kesehatan ditentukan oleh nilai gizi yang diterima individu dapat kita lihat disekeliling kita, banyak sekali orang yang badannya lesu, ada yang mudah terkena penyakit, mudah terpengaruh cuaca, dan tidak adanya kekuatan fisik yang dimiliki. Itu semua pada umumnya berkaitan dengan gizi yang diperoleh selama ini.
Gizi dapat diperoleh dengan mudah sebenarnya.

Gizi dapat diperoleh dengan cara Makanan pokok antara lain: Beras, kentang, singkong, ubi jalar, jagung, talas, sagu, sukun.
Lauk pauk sumber protein antara lain: Ikan, telur, unggas, daging, susu dan kacang-kacangan serta hasil olahannya (tahu dan tempe).
Sayuran adalah sayuran hijau dan sayuran berwarna lainnya; antara lain : Brokoli, Daun kecipir, Pepaya muda, Sawi, Kembang kol, Buncis, Labu Siam, , dll.
Buah-buahan adalah buah yang berwarna; antara lain : Alpokat, Anggur, Apel merah, Apel malang, Belimbing, Blewah, Duku, Durian, Jambu; dll.

Gizi juga dapat diperoleh dengan cara berolahraga secara rutin dilakukan secara konsisten. Banyak sekali orang yang malas bergerak dikarenakan takut capek, gak kuat, dsb, sehingga menyebabkan tubuh mereka loyo-loyo dan tidak bergairah.
Jadi kesimpulannya, marilah kita tingkatkan nilai gizi keluarga kita. Agar semuanya terhindar dari penyakit.
Cukup sekian isi pidato yang dapat saya sampaikan. Apabila terdapat kesalahan dalam bertutur kata, saya minta maaf. Terima kasih.”

 

Tinggalkan komentar