Jenis jenis Meedia Pembelajaran

Jenis-jenis media pembelajaran

Jenis jenis media pembelajaran – Berikut ini pembahan lengkap tentang media pembelajaran mulai dari jeni-jenis pembelajaran, pengertian media pembelajaran, fungsi media pembelajaran, jenis jenis media pembelajaran beserta penjelasannya 

Pada sebuah proses pembelajaran atau pengajaran, peranan media sangat penting dalam proses belajar supaya siswa dapat menerima penjelasan dengan baik dan mudah. Biasanya guru menggunakan alat bantu mengajar yang disebut (teaching aids), alat bantu inj biasanya berbentuk gambar, model, atau beberapa alat lain yang bisa memudahkan pemahaman siswa.

Bagi sebagian besar pendidik media, juga bisa meningkatkan motivasi belajar, dan mempertinggi daya serap dan retensi belajar dari siswa.

Nah pada kesempatan berikutnya ini yang dimaksud dengan media pembelajaran simak dengan baik ya.

Pengertian Media Pembelajaran

Pengertian media pembelajaran pada umumnya dapat diartikan sebagai alat bantu proses belajar mengajar dalam arti semua hal yang bisa dipakai untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian serta potensi atau ketrampilan peserta didik nah itu yang disebut media pembelajaran.

Media pembelajaran adalah elemen intruksional yang mencakup pesan, orang, serta perlengkapan. Ini adalah wahana penyalur informasi belajar atau informasi pesan. Media pembelajaran banyak sekali jenis dan macamnya. Kita dapat manfaatkan beragam jenis media yang ada untuk mendukung proses belajar, ditambah lagi di zaman sekarang ini peranan teknologi telah terasa dan sudah masuk ke beberapa aspek, termasuk dunia pendidikan.

Media pembelajaran mimili peran diantaranya untuk menarik ketertarikan siswa pada materi pembelajaran yang diberikan, tingkatkan pemahaman anak didik pada materi yang diberikan dan menyediakan data yang kuat dari beragam sumber yang terpercaya.

Fungsi Media Pembelajaran

Salah satunya fungsi media pembelajaran adalah supaya bisa mendukung keberhasilan dari proses belajar yang efisien.

Dalam hal ini lumayan luas dan mendalam dalam sebuah batasan media pembelajaran meliputi pengertian sumber, lingkungan, manusia serta cara yang digunakan untuk tujuan pembelajaran atau pelatihan.

Berikut adalah ulasan tentang jenis-jenis media pembelajaran, yang telah admin dapatkan dari berbagai sumber terpercaya, dan kami rangkum secara singkat padat dan jelas.

Jenis-jenis Media pembelajaran Menurut Para Ahli

Pembahasan ini mengenai penjabaran serta pengelompokan media pembelajaran ini benar-benar beragam dan berbeda beda antar ahli. Untuk lebih jelasnya baca berikut ini jenis-jenis media pembelajaran menurut para ahli serta contohnya :

Menurut Djamarah, (2002:140)

Menurut beliu media pembelajaran ini dibagi menjadi beberapa bagian yaitu: Media auditif, yakni media yang mengandalkan potensi suara saja seperti radio, kaset rekorder. Media visual, yakni media yang cuma mengandalkan indera penglihatan hanya karena memperlihatkan gambar diam  seperti film, frame, foto, gambar, atau lukisan. Media audiovisual yakni media yang memiliki unsur suara dan unsur gambar. Media Grafis jenis metode yang melalui media visual seperti gambar/foto, sketsa, diagram, bagan/chart, grafik, kartun, poster, peta, serta globe.
Media Audio yang terkait dengan indera pendengaran melalui radio, alat perekam piata magnetik, piringan laboratorium bahasa.
Media Proyeksi Diam seperti film frame slide, film buat (film strip), media transparan, film, tv, video.

Menurut Heinich (dalam Widyastuti serta Nurhidayati, 2010)

Menurut beliu media pembelajaran ini dibagi menjadi beberapa bagian yaitu: Media bikin/teks, Media pameran/display, Media audio, Gambar bergerak/motion pictures, Multimedia, Media berbasis situs atau internet.

Menurut Rudy Bretz (1971)

Menurut beliu media pembelajaran ini dibagi menjadi beberapa bagian yaitu: Media audio, Media cetak, Media visual diam, Media visual gerak, Media audio semi gerak, Media visual semi gerak, Media audio visual diam, Media audio visual gerak.

Menurut Kemp dan Dayton dalam kemendikbud (2013:3)

Menurut beliu media pembelajaran ini dibagi menjadi beberapa bagian yaitu: Media cetak, Media yang dipamerkan displayed media, Overhead transparency (OHP), Rekaman suara, Slide suara / film strip, Presentasi multi gambar, Video / film, Pembelajaran berbasiskan komputer (computer based instruction).

Menurut Anderson (1976)

Menurut beliu media pembelajaran ini dibagi menjadi beberapa bagian yaitu:
Audio (Kaset audio, tayangan radio, CD, telepon)
Cetak (buku pelajaran, modul, brosur, leaflet, gambar)
Audio-cetak (kaset audio yang diperlengkapi bahan tercatat)
Proyeksi visual diam : Overhead transparansi (OHT), film frame (slide)
Proyeksi audio visual diam (film frame slide bernada)
Visual gerak (film bisu)
Audio visual gerak (film gerak bernada, Video/VCD, Tv)
Objek fisik (Benda nyata, model, spesimen)
Manusia dan lingkungan (guru, pustakawan, laboran)
Komputer (CAI)

Menurut Henrich, dkk

Menurut beliu media pembelajaran ini dibagi menjadi beberapa bagian yaitu:
Media yang tidak diproyeksikan
Media yang diproyeksikan
Media audio
Media video
Media berbasiskan komputer
Multi media kit

Menurut Seels dan Glasgow

Menurut beliu media pembelajaran ini dibagi menjadi beberapa bagian yaitu:
Pilihan Media Tradisional
Visual diam yang diproyeksikan
Visual yang tidak diproyeksikan
Audio
Penyajian Multimedia
Visual dinamis yang diproyeksikan
Cetak
Permainan
Realita
Pilihan Media Teknologi Canggih
Media berbasiskan telekomunikasi
Media berbasiskan mikroprosesor

Jenis-Jenis Media pembelajaran

Jenis-Jenis Media pembelajaran dan Contoh-contohnya, nah setelah membaca jenis jenis media dan tipe jenis media pembelajaran menurut para ahli di atas, maka bisa dismipulkan jika ada banyak jenis media pembelajaran seperti berikut ini :

Media Audio

Media audio adalah media untuk menyampaikan pesan yang akan disampaikan dalam bentuk lambang-lambang auditif, baik verbal (ke dalam kata-kata atau bahasa lisan) maupun non verbal.

Media audio berperan untuk mengalirkan pesan audio dari sumber pesan ke penerima pesan. Media audio terkait erat dengan indra pendengaran. Dilihat dari karakter pesan yang diterima, media audio bisa mengemukakan pesan verbal (bahasa lisan atau kata-kata) atau non verbal (bunyi-bunyian dan vokalisasi).

Contoh media : radio, tape recorder, telepon, laboratorium bahasa, dan lain-lain.

Media Visual

Media visual merupakan media yang cuma mengandalkan indra penglihatan dalam arti lain, Media visual menampilan materialnya dengan memakai alat proyeksi atau proyektor, sebab lewat media ini piranti lunak (software) yang melengkapi alat proyeksi ini akan dibuat suatu bias cahaya atau gambar yang sesuai materi yang diinginkan.

Pesan yang akan disampaikan dituangkan dalam bentuk-bentuk visual. Diluar itu peranan media visual berfungsi untuk mengundang perhatian, menegaskan sajian ide, memvisualisasikan bukti yang mungkin dapat mudah untuk dicerna dan diingat bila disajikan berbentuk visual.

Media visual dibedakan menjadi dua yakni media visual diam dan media visual gerak :

Media visual diam diantaranya foto, gambar atau benda ilustrasi, flashcard, gambar pilihan dan potongan gambar, film frame, film rngkai, OHP, grafik, bagan, diagram, poster, peta, dan lain- lain.

Media visual gerak misalnya gambar-gambar proyeksi bergerak seperti film bisu dan lain-lain.

Media Audio Visual

Media audio visual adalah media yang dapat tampilkan suara dan gambar, dilihat dari karakteristiknya media audio visual dibedakan jadi 2 yakni madia audio visual diam, dan media audio visual gerak.

Media audiovisual diam salah satunya TV diam, film rangkai bersuara, halaman bernada, buku bernada.

Media audio visual gerak salah satunya film TV, TV, film bernada, gambar bernada, dan lain-lain.

Media Serbaneka

Media serbaneka adalah satu media yang sesuai dengan potensi di satu wilayah, di sekitar sekolah atau di tempat lain atau di warga yang bisa digunakan sebagai media pengajaran.

Contoh media serbaneka salah satunya ialah papan tulis, media tiga dimensi, realita, dan sumber belajar pada masyarakat.

Papan (board) yang termasuk dalam media ini salah satunya : papan tulis, papan buletin, papan flanel, papan magnetik, papan listrik, serta papan paku.

Media tiga dimensi salah satunya : model, mock up, dan diorama.

Pembelajaran Realita

Realita ialah benda-benda nyata seperti apa yang ada atau aslinya . contoh pemanfaatan realita contohnya guru membawa kelinci, burung, ikan atau mungkin dengan mengajak siswanya langsung ke kebun sekolah atau ke peternakan sekolah.

Demikian artikel tentang jenis jenis media pembelajaran menurut para ahli dan contohnya lengkap. Mudah-mudahan penjelasan di atas berguna serta dapat menjadi penambahan ilmu dan pengetahuan buat kita dalam memahami apa saja jenis macam media pembelajaran yang dapat dipakai oleh para pendidik dan guru.

 

Tinggalkan komentar