struktur teks pidato

Struktur Teks Pidato

Pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang struktur pidato, karena salah satu hal yang kamu butuhkan didalam berbagai hal didepan umum karena pidato untuk kita semua sudah tidak sing lagi karena sudah sering mendengar pidato.struktur teks pidato

Pidato juga sering dibahas pada materi Bahasa Indonesia contohnya seperti struktur teks pidato biasannya berisikan dengan ide, gagasan atau hal lainya yang terkait dengan suatu acara atau suatu hal yang ingin dicapai pada masa depan atau masa yang akan datang.

Berpidato didepan umum atau didepan orang banyak tidaklah banyak, karena saat berpidato haruslah bisa mengusai panggung.

Seseorang yang berpidato juga harus bisa menyampaikan yang ada dalam pikiranya menjadi suatu kalimat yang harus bisa dipahami oleh banyak orang.

Oleh karena itu fahami dulu struktur dari teks pidato berikut:

 

Struktur Teks Pidato

Struktur dari teks pidato adalah suatu hal yang perlu diperhatikan, Ada beberapa struktur teks pidato yang bisa menyusun teks pidato secara utuh dan berkesinambungan Struktur teks pidato adalah sebagai berikut:

1. Salam Pembuka

Struktur yang pertama dari teks naskah pidato yaitu salam pembuka. Salam pembuka terletak pada bagian awal dan menjadi pembukaan dalam suatu pidato.

Contoh dari salam pembuka naskah pidato yaitu seperti Assalamu’alaikum warahmatulahi wabarakatuh, salam sejahtera bagi kita semua, selamat pagi.

atau juga yang bermodel-model yang sesuai di sekolah seperti dibawah ini:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yang Saya Hormati Bapak Kepala Sekolah beserta staf
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru
Dan Yang Saya Sayangi Siswa/Siswi yang berbahagia pada pagi hari ini.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kita kehadirat Allah SWT, yang mana telah memberikan banyak nikmatnya yang tak terhitung banyaknya sehingga kita dapat berkumpul di apel ini dengan keadaan sehat semuanya.

Yang kedua kalinya yaitu mari kita sanjungkan shalawat dan salam kepada uswatun khasanah kita, yakni Nabi Agung Muhammad SAW yang mana telah membawa kita dari zaman yang gelap gulita menuju zaman yang terang benderang. Mudah-mudahan kita semua mendapatkan syafaat dari beliau pada yaumil akhir kelak aamiin…

atau yang bernuansa agama seperti di bawah ini:

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah.

Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluhu.

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Kepala Sekolah beserta staf..
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru beserta karyawan sekolah….
Yang Saya Sayangi dan saya banggakan Siswa/Siswi sekolah…

Yang pertama-tama marilah kita panjatkan puji, syukur ke Hadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan kepada kita semua, sehingga pada pagi hari yang cerah ini kita masih dapat melaksanakan kegiatan upacara bendera pada pagi hari ini dengan hikmat.

Yang kedua sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW dan semoga kita semua yang ada disini kelak mendapatkan safa’at beliau di akhir jaman nanti.

 

2. Ucapan Penghormatan

Struktur kedua teks pidato adalah ucapan penghormatan. Ucapan penghormatan tersebut biasanya diberikan kepada bejabat tinggi yang telah hadir dalam acara yang ada dalam pidato tersebut.

Contohnya seperti yang dilakukan pada acara sekola, maka ada beberapa ucapan penghormatan yang diberikan kepada kepala sekolah dan juga bapak ibu guru.

Contoh ucapan penghormatan sebagai berikut:

Yang saya hormati , Bapak Kepala Sekolah SMA negeri 1Kepanjen, Faisal, M.Pd. yang saya hormati , bapak dan ibu guru serta semua staf SMA Negeri 1 Kepanjen dan seluruh teman-teman yang saya cintai.

 

Penjelasan: Tentu saja ucapan penghormatan akan berbeda-beda, semakin banyak pejabat atau orang penting lainya yang datang, maka akan semakin banyak juga ucapan penghormatan yang akan diberikan akan tetapi ucapan penghormatan harus dipahami yaitu penghormatan yang diberikan diurutkan dari pangkat yang paling tinggi terlebih dahulu.

 

3. Ucapan Syukur

Bagian teks pidato selanjutnya adalah ucapan syukur dan juga sholawat ya bagian ini biasanya berisi tentang rasa syukur karena bisa berkumpul bersama dengan para hadirin yang ada.

Contohnya adalah sebagai berikut:

Puji syukur selalu terucap kepada Allah Subhanahu wa ta’ala yang telah memberikan rahmat kepada kita semua sehingga kita bisa berkumpul didalam acara ini.

Tidak lupa sholawat serta salam senantiasa tercurah kepada junjungan kepada baginda nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasalam, Rasul akhir zamn yang kita nantikan syafaatnya kelak.

4. Isi Pidato

Isi dari pidato adalah bagian yang paling pentingdalam pidato. Bagian tersebut berisikan tentang gagasan, informasi, ide atau hal lainnyayang disampaikan kepada orang yang hadir Tentu saja isi dari teks pidato sangat berkaitan dengan tema pidato.

Contoh isi teks pidato dengan tema pendidikan:

Pada pertemuan ini saya akan menyampaikan teks pidato yang bertema pendidikan.

Pendidikan mempunyai peran penting dalam perkembangan suatu bangsa. Pendidikan sebagai salah satu cara dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Sumber daya manusia dalam perihal pendidikan mencakup banyak hal yaitu pengetahuan, kemampuan dan sikap yang telah terbentuk melalui pengalaman dan pembelajaran yang dilakukan. Maka, sumber daya manusia bisa disebut sebagai aset utama negera karena berpengaruh besar terhadap keberhasilan suatu negara.

Pada dasarnya, sumber daya manusia yang berkualitas dapat memanfaatkan kompetensi dan keterampilan yang dimiliki, tidak hanya untuk kepentingan diri sendiri, tapi juga untuk kepentingan khalayak luas. Sumber daya manusia yang tepat dapat menempatkan posisi pada kinerja yang lebih baik untuk menjadi profesional.

Namun, yang menjadi kendala utama dalam penyelenggaraan pendidikan adalah kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan. Masih banyak masyarakat yang menganggap bahwa pendidikan itu tidaklah terlalu penting. Pendidikan hanya buang-buang waktu saja, lebih baik bekerja, bisa menghasilkan uang dan membantu ekonomi keluarga. Akibatnya, banyak anak-anak yang seharusnya berada di sekolah untuk menimba ilmu, ditemukan di tempat-tempat pekerjaan kasar bergabung bersama orang-orang dewasa. Kondisi ini banyak terjadi pada mereka yang hidup digaris kemiskinan.

Pendidikan di Indonesia masih memiliki banyak permasalahan dalam proses pemerataannya. Seperti halnya masih kekurangan tenaga pendidik dan fasilitas di sekolah daerah pelosok di Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah sebagai pemegang kebijakan pendidikan nasional harus mampu menjamin terselenggaranya sistem pendidikan yang merata di semua daerah tanpa terkecuali. Proses penyadaran tersebut dapat dikombinasikan dengan pemberian cerita-cerita sukses yang dapat menginspirasi mereka untuk terus bersekolah. Selain itu, kita sebagai generasi muda yang berpendidikan selayaknya memberikan suatu kontribusi guna memacu perkembangan pendidikan di Indonesia secara optimal.

Sekian pidato yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat dan saya mohon maaf apabila ada kesalahan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

5. Penutup Pidato

Struktur terakhir dari pidato adalah penutup pidato. Penutup biasanya berisikan kesimpulan dan diikuti dengan salam penutup.

Adapun contoh penutup pidato sebagai berikut:

Untuk teman-teman semua yang saya cintai, meskipun sudah lulus tetapi kita harus lebih giat lagi belajarnya karena perjalanan kita masih sangat panjang dan untuk menggapai cita-cita kalian semua.

Akhir kata saya mau mengucapkan sukses selalu untuk teman-teman doa saya menyertai teman-teman semuanya amin

Wassalamualaikum warakhmatullahi wabarakatuh

Sekian materi yang bisa kami sampaikan semoh=ga materi ini bisa bermanfaat bagi kita semua amin, nah, bagi yang membutuhkan materi materi tentang pidato yang lengkap dan tinggal menyesuaikan dengan pidato yang sedang anda butuhkan. yuk simak juaga ya artikel berikut ini:

Tinggalkan komentar