Ini Dia Bacaan Sholawat Fatih, Sholawat Pembuka Rezeki Beserta Artinya

sholawat fatih
sholawat fatih

Ini Dia Bacaan Sholawat Fatih, Sholawat Pembuka Rezeki Beserta Artinya

Sholawat Fatih – Berikut bacaan sholawat al fatih, amalan pembuka pintu kerajaan Tuhan yang Maha Tinggi, dalam bahasa arab dan tulisan latin. Sholawat al fatih disebut juga sebagai sholawat pembuka pintu ‘arsy.

Secara umum manfaat dari sholawat nabi yakni mulai dari meminta keberkahan, mempermudahkan urusan, sampai meminta rezeki yang berkah dan bermanfaat dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun perlu kita luruskan kembali niatan kita bukan berdoa kepada Nabi SAW, melainkan kita bersholawat dengan harapan supaya hajat atau doa yang kita ucapkan lebih didengar Allah, Lantaran nama kekasihnya yang kita bawa di setiap doa kita.

Pembahasan Tentang Sholawat Fatih

Teks Sholawat Fatih
Teks Sholawat Fatih

Manfaat mengamalkan Sholawat Fatih salah satunya sebagai pembuka Pintu Arsy yang dikenal dengan gerbang kerajaan Tuhan dan Keistimewaan sholawat Al Fatih di antaranya mengatasi segala kesulitan hidup, dibebaskan dari api neraka, dan menempati titik kemuliaan kedudukan mahir makrifat dan masih banyak manfaat lainnya.

Sholawat nabi menjadi cara seorang muslim untuk mendoakan Nabi Muhammad Sallahu Aalaihi Wassallam dan keluarganya dan sahabaenta agar beliau-beliau selalu dilimpahkan keberkahan dan kesejahteraan.

Sekaligus menjadi harapan untuk kamu seseorang muslim agar kelak di akhirat mendapat syafaat dari Rasulullah Sallahu alaihi wassallam.

 

Anjuran Membaca Sholawat

Teks Sholawat Fatih
Teks Sholawat Fatih

Di dalam Al Qur’an dalam surah Al Azhab ayat 56 Allah SWT memerintahkan kaum muslim untuk bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

 

Arab-Latin: Innallāha wa malā`ikatahụ yuṣallụna ‘alan-nabiyy, yā ayyuhallażīna āmanụ ṣallụ ‘alaihi wa sallimụ taslīmā

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al Azhab: 56)

1. telah mentaati perintah Allah Swt.

2. Allah juga bershalawat kepada Rasulullah.
3. Para malaikat juga bershalawat kepada Rasulullah.
4. Mendapatkan sepuluh shalawat dari Allah untuk setiap kali satu shalawat kepada Rasulullah Saw.
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم , قَالَ مَنْ صَلَّى عَلَيَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ عَشْرًا
“Dari abu hurairah bahwasannya Rasulullah Saw bersabda: barang siapa yang bershalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah akan bershalawat kepadannya sepuluh kali.” (HR. Muslim, no. 70)
5. Diangkat baginya sepuluh derajat, dan dihapus darinya sepuluh keburukan.
قَالَ أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ, قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَمَ : مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَاةً وَاحِدَةً صَلَّي اللهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرَ خَطِيْئَاتٍ وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرَ دَرَجَاتٍ
“Anas bin malik berkata, telah bersabda Rasulullah Saw barang siapa yang bershalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali dan dihapus darinya sepuluh kesalahan, diangkat baginya sepuluh derajat.” (HR. an-Nasa-I no. 1296.)

6. Ditulis baginya sepuluh kebaikan.
عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ: مَنْ صَلَّى عَلَي مُرَّةً وَاحِدَةً كَتَبَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ لَهُ بِهَا عَشْرَ حَسنات
Dari Abu Hurairah Ra, Rasulullah Saw bersabda : “Barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah menulis baginya sepuluh kebaikan.” (HR. Ahmad no. 7772, 7773)
7. Shalawat merupakan sebab mendapatkan syafaat Rasulullah Saw.
عَنْ رُوَيْفِعِ بْنِ ثَابِتِ اَلْأَنْصَارِيِّ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ , قَالَ: مَنْ صَلَّى عَلَى مُحَمَّدٍ وَقَالَ اَللَّهُمَّ أَنْزِلْهُ الْمَقْعَدَ الْمُقَرَّبَ عِنْدَكَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَجَبَتْ لَهُ شَفَاعَتِيْ
Dari Ruwaifi’ bin tsabit al-anshari bahwasannya Rasulullah Saw bersabda : “Barangsiapa yang bershalawat kepada Muhammad dan berkata “Allahumma anzilhul maq’adal muqorrob ‘indaka yaumal qiyamah (ya Allah berilah dia kedudukan yang dekat denganmu di hari kiamat)” maka wajib baginya mendapatkan syafa’atku.”
8. Shalawat merupakan sebab diampuninya dosa.
9. Menjadikan seorang hamba dekat dengan beliau r pada hari kiamat.
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُوْدٍ أَنَّ رَسُوْلَ الله صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ قَالَ : أَوْلَى النَّاسِ بِيْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَكْثَرُهُمْ عَلَيَّ صَلَاةً
Dari abdullah bin mas’ud, bahwasannya Rasulullah Saw bersabda : “Manusia yang paling utama denganku pada hari kiamat adalah yang paling banyak bershalawat kepadaku.”
10. Shalawat merupakan sebab Allah akan memberikan seorang hamba apa yang dia inginkan.
11. Menjadi sebab terpenuhinya segala kebutuhan.
12. Shalawat menjadi sebab seseorang memperoleh shalawat dari Allah dan para malaikat-Nya. [Al-ahzab : 43]
13. Ia merupakan pensuci dan pembersih bagi orang yang bershalawat.
14. Shalawat merupakan sebab kabar gembira seorang hamba dengan surga sebelum dia wafat.
15. Menjadi sebab selamat dari malapetaka pada hari kiamat.
16. Menjadi sebab baiknya sebuah majlis.
17. Menjadi sebab seorang hamba ingat terhadap apa yang dia sedang lupa.
18. Dengan bershalawat menjadikan sebab hilangnya kefaqiran.
19. Menghilangkan sifat bakhil dalam diri seorang hamba.
20. Merupakan pensukses do’a, dan menjadi hina jika ditinggalkan dalam do’a.
21. Menempatkan pelakunya ke jalan surga, dan melemparkan orang yang meninggalkannya dari jalan surga.
22. Menyelamatkan dari buruknya majlis yang tidak menyebut di dalamnya nam Allah.
23. Menjadi sebab sempurnanya kalam yang dimulai dengan pujian kepada Allah dan shalawat kepada Rasul-Nya.
Menjadi penerang seorang hamba tatkala berada di atas shiroth.
24. Mengeluarkan seorang hamba dari kerasnya hati.
25. Menjadi sebab langgengnya pujian Allah terhadap orang yang bershalawat diantara para penghuni langit dan bumi.
26. Menjadi sebab meraih rahmat Allah.
27. Menjadikan sebab kekalnya cinta kepada Rasululllah Saw dan terus menambah cinta tersebut.

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia Isi Kandungan QS. Al Azhab: 56

Sesungguhnya Allah menyanjung Nabi di depan para malaikat yang dekat kepadaNya, para malaikat juga menyanjung Nabi dan mendoakannya.

Wahai orang-orang yang membenarkan Allah dan RasulNya serta melaksanakan SyariatNya, bershalawat kepada Nabi dan ucapkanlah salam dengan sebenar-benarnya sebagai penghormatan dan pengagungan.

Sedangkan menurut Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia  adalah Sesungguhnya Allah memuji Rasul Muhammad -ṣallallāhu ‘alaihi wa sallam- di hadapan para Malaikat-Nya, dan para malaikat-Nya berdoa untuknya.

Wahai orang-orang yang beriman kepada Allah dan melaksanakan apa yang disyariatkan-Nya untuk hamba-hamba-Nya, bersholawatlah atas Rasul dan berikan salam penghormatan kepadanya.

Tafsir menurut Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram) 56. إِنَّ اللهَ وَمَلٰٓئِكَتَهُۥ (Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya) Yakni Allah mengabarkan hamba-hamba-Nya tentang kedudukan nabi Muhammad di sisi-Nya di depan para malaikat, bahwa Dia memujinya di hadapan mereka, dan mereka bershalawat kepadanya, serta memerintahkan hamba-hamba-Nya agar mengikuti hal ini dengan bershalawat kepadanya pula.

Seluruh Para ulama telah bersepakat bahwa shalawat kepada Nabi hukumnya wajib bagi setiap muslim, dan paling sedikit sekali seumur hidup. Dan lafadz ‘shalawat dan salam atas Rasulullah’ adalah syi’ar khusus baginya, sehingga tidak diperbolehkan untuk mengatakan ‘shalawat atas si fulan’ tanpa menyebutkan Rasulullah, namun dibolehkan setelah menyebut nama Rasulullah SAW.

Tafsir menurut Imam masjidil harram Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid  adalah Sesungguhnya Allah dan para malaikat senantiasa bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pemuliaan atas derajatnya. Oleh karena itu Wahai orang-orang mukmin bershalawat dan haturkanlah salam kepada Nabi Muhammad SAW.

Makna shalawat  adalah berupa rahmat dan ridho dari Allah adapun dari malaikat adalah doa dan permohonan ampun untuk Nabi, sedangkan shalawat dari orang mukmin adalah doa dan pengagungan. oleh sebab itu, pujian atas Nabi dari penduduk langit dan bumi menjadi terkumpul dan tercucur.

Hadits Anjuran untuk Bersholawat

Di antara hak Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang disyari’atkan Allah Subhanahu wa Ta’ala atas ummatnya adalah agar mereka mengucapkan shalawat dan salam untuk beliau. Allah Subhanahu wa Ta’ala dan para Malaikat-Nya telah bershalawat kepada beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam

 

Dalam sebuah hadis riwayat Ibn Mudaewah, Rosulullah SAW bersabda:

“Bersholawatlah kamu kepadaku, karena sholawatmu itu menjadi zakat (penghening jiwa pembersih dosa) untukmu.”

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengajarkan kepada kaum Muslimin tentang tatacara mengucapkan shalawat. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan untuk memperbanyak membaca shalawat kepadanya pada hari Jum’at.

Anjuran sholawat di Hari Jum’at

Teks Sholawat Fatih
Teks Sholawat Fatih

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَكْثِرُوا الصَّلاَةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَلَيْلَةَ الْجُمُعَةِ، فَمَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ عَشْرًا.

“Perbanyaklah kalian membaca shalawat kepadaku pada hari dan malam Jum’at, barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh kali.”[2]

Kemudian Ibnul Qayyim rahimahullah menyebutkan beberapa manfaat dari mengucapkan shalawat untuk Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, dimana beliau menyebutkan ada 40 manfaat. Di antara manfaat itu adalah:

1. Shalawat merupakan bentuk ketaatan kepada perintah Allah.
2. Mendapatkan 10 kali shalawat dari Allah bagi yang bershalawat sekali untuk beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
3. Diharapkan dikabulkannya do’a apabila didahului dengan shalawat tersebut.
4. Shalawat merupakan sebab mendapatkan syafa’at dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, jika ketika mengucapkan shalawat diiringi dengan permohonan kepada Allah agar memberikan wasilah (kedudukan yang tinggi) kepada beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam pada hari Kiamat.
5. Shalawat merupakan sebab diampuninya dosa-dosa.
6. Shalawat merupakan sebab sehingga Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab orang yang mengucapkan shalawat dan salam kepadanya.[3]

Tetapi tidak dibenarkan mengkhususkan waktu dan cara tertentu dalam bershalawat dan memuji beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam kecuali berdasarkan dalil shahih dari Al-Qur-an dan As-Sunnah. Para ulama Ahlus Sunnah telah banyak meriwayatkan lafazh-lafazh shalawat yang shahih, sebagaimana yang telah diajarkan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada para Sahabatnya Radhiyallahu anhum

Salah satu shalawat yang kerap dibaca masyarakat di Indonesia adalah shalawat fatih. Shalawat ini sebagaimana namanya adalah lafal shalawat yang diharapkan menjadi wasilah kepada Allah agar segala macam kebuntuan dan kemacetan persoalan yang sedang dihadapi dapat terurai.

Sholawat Fatih dan Artinya

sholawat fatih dan artinya
sholawat fatih dan artinya

Sholawat yang satu ini sangat sering dibaca masyarakat di sekeliling kita, dengan mengamalkan amalan membaca Sholawat Fatih dipercaya sebagai amalan pembuka pintu kerajaan Allah SWT.

Berikut ini ada lafal shalawat fatih dan terjemahannya sebagai berikut:

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقَّ بِالحَقِّ وَالهَادِي اِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ. صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ

Allāhumma shalli wa sallim wa bārik ‘alā sayyidinā Muhammadinil Fātihi limā ughliqa, wal khātimi limā sabaqa, wan nāshiril haqqā bil haqqi, wal hādī ilā shiratin mustaqm. Shallallāhu ‘alayhi, wa ‘alā ālihī, wa ashhābihī haqqa qadrihī wa miqdārihil ‘azhīm.

Artinya:“Ya Allah, limpahkanlah shalawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan shalawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung.”

 

Semoga Allah senantiasa melimpahkan sholawat kepadanya, juga kepada keluarga dan para sahabatnya, sesuai dengan derajat dan kedudukannya yang tinggi.”

Keutamaan Membaca Sholawat Fatih

Teks Sholawat Fatih
Teks Sholawat Fatih

Ada banyak sekali keutamaan dalam membaca sholawat fatih yang perlu kita ketahui oleh sebabitu penting bagi kita untuk mengetahui berikut ini telah admin rangkum berbagai macam keutamaan dalam membaca sholawat Fatih misalnya Keutamaan sholawat Fatih (Al-Fatih) yang disebutkan dalam nadhom al-Yaqutah al-Faridah:

  1. Membaca shalawat dapat menghilangkan pikiran yang resah dan susah .
  2. Dijauhkan dari api neraka bagi yang membaca shalawat ini sekali seumur hidup.
  3. Bagi anda yang membaca shalawat ini satu kali, sama halnya dengan membaca shalawat 10.000 x
  4. Membaca shalawat fatih sebanyak 100 x selama 40 hari berturut turut dapat melepaskan berbagai kesulitan misalkan supaya dapat membayar hutang dan masih banyak yang lainnya dan urusan yang susah menjadi mudah.
  5. Barang siapa yang membaca shalawat ini sebanyak dua puluh satu kali dengan khusu’ sehabis shalat fardhu, insyaAllah orang tersebut akan diluaskan rezekinya dan juga dapat terhindar dari segala macam bencana dan keburukan.
  6. Dapat berkumpul dengan Nabi Muhammad Saw bagi siapa saja yang membaca shalawat ini pada malam jum’at atau malam kamis sebanyak 1000x.
  7. Keutamaan sholawat Fatih yang pertama keutamannnya seperti lebih hebatnya burung Qatha berjalan di waktu malam dibandingkan dengan rayapan semut.
  8. Keutamaannya dapat melipat tempat yang luas dengan sekejap mata.
  9. Dengan membaca sholawat Fatih (Al-Fatih) orang yang pincang dapat mendahului berlarinya orang yang sehat.
  10. Banyak keberuntungan yang dapat diraih dengan membaca sholawat Fatih (Al-Fatih) Terutama apabila dibaca pada malam hari selepas shalalat isya.
  11. Keutamaan satu kali membacanya di waktu malam seperti 500 kali membacanya di waktu siang lantaran pahala menjadi berlipat ganda.
  12. Banyaknya istana di syurga dan berdampingan dengan Nabi Muhammad serta para bidadari yang cantik dan pelayan-pelayan dari wanita dan pria.
  13. Mendapat pahala haji, umrah dan berperang ratusan dan puluhan kali.
    Seandainya seseorang melakukan dosa sebanyak 400 tahun, maka dosa itu akan diampuni oleh Allah dengan sebab membaca sholawat Fatih (Al-Fatih) sebanyak 100 kali pada malam jumat.
  14. Keutamaan membaca sholawat Fatih (Al-Fatih) satu kali sama dengan 600 kali dari ribuan sholawat para malaikat, manusia dan jin.
  15. Banyak sekali pelipat gandaan pahala dalam membaca sholawat Fatih (Al-Fatih) yang pertama, kedua sampai seterusnya.
  16. Pahala yang berlipat sebanding dengan dzikir yang dilakukan oleh makhluk di alam ini dengan 6000 kali lipat dan mendapat ampunan dari segala dosa.

Oleh sebab itu janganlah engkau tinggalkan, lantaran membacanya menghilangkan dosa-dosa kita dan mendapat keutamaan tersendiri dari yang lainnya.

Sebagai muslim wafat dalam agama islam yang merupakan ni’mat tertinggi, apabila engkau mengamalkan sholawat Fatih (Al-Fatih) setiap hari satu kali sampai kematian menjemput.

Hal ini harus disertai keyakinan bahwa sholawat Fatih (Al-Fatih) itu datang berupa lembaran dari cahaya yang turun dengan kalamullah, diriwayatkan dari sayid al-Bakriy bahwa sholawat Fatih (Al-Fatih) diturunkan sebagai tebusan dari neraka jahim sekalipun dibaca sekali.

sesungguhnya salah satu dzikir yang mendekatkan diri kepada Allah yang memiliki tingkatan yang agung seperti sholawat Fatih (Al-Fatih).

Janganlah engkau melalaikannya sehingga menyesal dikemudian hari seperti penyesalan seorang yang bernama kusaiy dan seperti orang yang menetapkan keputusannya (al-farazdaq).

Genggalah sekuat-kuatnya dengan gigi gerahammu selamanya, maka engkau akan mendapat derajat menjadi Aqthab dengan segala wasilah.

Di dalam sholawat Fatih (Al-Fatih) telah mencakup setiap bentuk sholawat yang ada dengan banyak rahasia serta banyak sesuatu sangat mahal nilainya.

Keutamaan Sholawat Fatih (Al-Fatih) juga dijelaskan oleh syaikh Ubaidah Ibn Muhammad, beliau memunculkan hal-hal ajaib dalam kitabnya yang bernama Mizab Al-Rahmah. lebih tepatnya silahkan searhcing

Sholawat al fatih menjadi doa yang sering diamalkan oleh para ulama dan kiai. salah satu contoh KH Nur Muh Kafadi dalam karyanya Kitab Rahasia Keutamaan dan Keistimewaan Shalawat menyebutkan delapan keistimewaan sholawat fatih.

  1. Menurut Syekh Al-Arif Al-Kubra, ‘Barang siapa membaca shalawat ini seumur hidupnya sekali, niscaya ia dipelihara Allah Ta‘ala dari api neraka dan mewajibkan baginya husnul khatimah,’” (Lihat Perukunan Melayu, [Jakarta, Al-‘Aidrus: tanpa tahun], halaman 52).
  2. membaca sholawat fatih 1x setiap hari dijamin hidup bahagia dunia dan akhirat.
  3. membaca sholawat fatih 1x menghapus semua dosa.
  4. membaca sholawat fatih 1x menyamai pahala ibadah semua makhluk di alam semesta ini 6000x lipat.
  5. membaca sholawat fatih 1x menyamai pahala sholawat yang dibaca oleh seluruh makhluk dari awal diciptakan sampai sekarang 600x lipat.
  6. membaca sholawat fatih 1x setiap hari, dijamin mati membawa iman (husnul khatimah).
  7. membaca sholawat fatih 10x pada malam jumat lebih besar pahalanya dari pada ibadah seorang wali yang tidak membaca sholawat fatih selama 1 juta tahun.
  8. pahala sholawat fatih dapat menutupi dan mengganti kesalahan yang pernah ia lakukan terhadap orang lain, sehingga ia dapat mengganti tuntutannya di hari kiamat.
  9. membaca sholawat fatih 100x pada malam jumat menghapus dosa 400 tahun.

 

Supaya hal diatas itu bisa terkabul berikut uraian menurut KH Nur Muh Kafadi menjelaskan lebih rinci mengenai tatacara membaca sholawat fatih.

Sebelum membaca sholawat fatih sebanyak 1000 x, sebaiknya harus diawali melaksanakan sholat hajat 4 rakaat dan dua kali salam.

Sholat hajat yang pertama.

Pada rakaat pertama setelah membaca surah Al Fatihah, membaca surah Al Qadar satu kali. setelah itu rakaat kedua setelah membaca surah Al Fatihah, membaca surah Al Zalzalah satu kali.

Sholat hajat yang kedua.

Pada rakaat pertama setelah membaca surah Al Fatihah, membaca surah Al Kafirun satu kali. Setelah itu rakaat kedua setelah membaca surah Al Fatihah, membaca surah An Naas satu kali.

Demikian bacaan sholawat fatih amalan pembuka pintu ‘arsy kerajaan Tuhan dan keistimewaannya dan Shalawat ini biasa dibaca setelah shalat lima waktu, saat tahlilan arwah, dan saat berdoa pada kesempatan keagamaan lainnya. Semoga Allah membiasakan mulut dan hati kita dalam membaca shalawat dan kalimah thayyibah lainnya. Wallahu a’lam.

Tinggalkan komentar