Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Pendidikan, Disiplin dan karakter.

pidato singkat

Contoh Teks Pidato Singkat

Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Pendidikan, Disiplin dan karakter. baik kali ini admin akan membahas tentang berbagai macam teks pidato dengan berbagai pilihan tema yang

sangat menarik.

1. Pengertian Pidato
Secara umum pidato adalah suatu kegiatan berbicara di depan umum yang disampaikan kepada orang banyak untuk menyampaikan pendapatnya dan memberikan gambaran tentang suatau hal.

TEKS PIDATO SINGKAT
TEKS PIDATO

Pidato di bawakan oleh seseorang yang memberikan orasi- orasi dan pertanyaan tentang hal atau peristiwa yang penting dan patut di bicarakan. Sebuah pidato yang baik akan memberikan kesan positif bagi orang-orang yang mendengarnya. Kemampuan berpidato yang baik di depan publik atau umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik.

2. Tujuan Pidato
Rekan-rekan sekalian disini admin sedikit menyampaikan tujuan pidato pada umumnya meliputi beberapa hal berikut ini : Memberi informasi pada orang lain, Mempengaruhi orang lain, Menghibur orang lain dengan isi pidato yang disampaikan.

3. Jenis- jenis Pidato
Secara umum pidato di bagi menjadi beberapa macam yaitu :
1. Pidato Pembukaan, adalah berbicara di depan umum yang dibawakan oleh MC.
2. Pidato pengarahan adalah berbicara di depan umum yang bertujuan untuk mengarahkan pada suatu hal.
3. Pidato Sambutan, adalah berbicara di depan umum yang disampaikan pada suatu acarayang dapat di bawakan oleh beberapa orang secara bergantian dengan waktu yang terbatas.
4. Pidato Peresmian, adalah berbicara di depan umum yang dilakukan oleh seseorang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu (sambutan).
5. Pidato Laporan, yakni berbicara di depan umum yang isinya melaporkan suatu tugas atau kegiatan (pengumuman).
6. Pidato Pertanggungjawaban, adalah berbicara di depan umum yang isinya laporan pertanggungjawaban suatu hal atau kegiatan.

4. Metode Pidato

Apakah anda tau teknik atau metode ada berapa? metode dalam membawakan suatu pidato dibagi menjadi 3 metode sebagai berikut:
1. Metode menghapal, adalah berpidato dengan cara membuat strategi pidato dan menghafal teks dari kata per kata.
2. Metode serta merta, adalah berpidato dengan cara mengandalkan pengalaman dan wawasan atau tanpa persiapan. metode ini sering kali digunakan dalam keadaan darurat dan tak terduga.
3. Metode naskah, adalah berpidato dengan cara menggunakan naskah atau teks yang telah siapkan sebelumnya. namun metode ini hanya bisa dipakai pada pidato-pidato resmi saja.

5. Urutan Susunan Pidato

CONTOH TEKS PIDATO

1. Pembukaan (puji syukur, solawat dan penghormatan kepada peserta upacara)
2. Pendahuluan (menggambarkan sedikit isi pidato)
3. Isi atau materi pidato yang tersusun (maksud, tujuan, sasaran, rencana, langkah, dll.)
4. Penutup (kesimpulan, harapan, pesan, salam penutup, dll)

6. Tips Berpidato Dengan Percaya Diri

Alangkah baiknya sebelum memberikan pidato di depan umum, sebaiknya anda melakukan persiapan. Adapun hal yang anda siapkan sebagai berikut:

Berdoa sebelum anda mulai berpidato
Jenis dan Tema yang sesuai dengan pendengar.
Mengetahui durasi pidato yang akan dibawakan.
Menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti.
Berusahalah tenang dan anggaplah penonton sebagai orang biasa, jika mereka praktek ia akan merasakan apa yang kita rasakan.
demikian pembahasan singkat tentang pengertian pidato, unsur-unsur pidato, cara berpidato agar tidak grogi. oke sekarang kita kembali lagi ke pokok pembahasan kita yaitu tentang contoh amanat pembina upacara, langsung saja kita simak uraian di bawah ini.

KUNCI KESUKSESAN

1. CONTOH TEKS PIDATO TENTANG DISIPLIN KUNCI KESUKSESAN

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluhu.

Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf..

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru beserta karyawan sekolah….

Yang Saya Sayangi dan saya banggakan Siswa/Siswi sekolah…

Alhamdulillah, pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan amanat pembina upacara yang berjudul: Mulailah disiplin dari diri sendiri.

bukan rahasia bersama bahwa matahari adalah ciptaan tuhan yang paling disiplin. Ia terbit pada waktu pagi dan tenggelam pada waktu sore. Ia terbit di timur dan tenggelam di barat. Seandainya ia tidak disiplin, maka kiamat telah menghampiri kita.

Disiplin adalah melaksanakan hak dan kewajiban tepat waktu dan tempatnya. Siswa yang disiplin selalu datang ke sekolah tepat waktu. Tidak terlambat dan tidak terlalu cepat. Siswa yang disiplin akan mematuhi peraturan-peraturan di sekolah.

Disiplin adalah salh satu jalan menuju untuk meraih keberhasilan. Disiplin harus dimulai dari diri sendiri dan dilaksanakan sekarang juga. Kedisiplinan dapat dibentuk melalui hal-hal berikut ini:
1. Bangun tidur sebelum subuh dan tidur jam sembilan malam.
2. Sarapan sebelum ke sekolah. Bawalah bekal air minum dan makanan dari rumah.
3. Pulang sekolah berganti pakaian dan istirahat sejenak di rumah.
4. Buatlah jadwal kegiatan agar dapat lebih mudah mengatur waktu.
5. Tulislah kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan.
6. Laksanakan evaluasi diri atas kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan.
7. Jadikanlah kegiatan-kegiatan tersebut sebagai rutinitas sehari-hari.

Disiplin adalah kunci kesuksesan. Disiplin dilakukan di rumah, di sekolah, di jalan raya dan tempat-tempat lainnya. Bila setiap orang bisa disiplin, maka masyarakatnya tertib, negaranya makmur sejahtera. Semoga kita semua bisa menjadi pribadi yang disiplin.

Demikianlah amanat dari saya, apabila ada kesalahan ucapan atau apapun bapak mohon maaf yang sebesar besarnya. Saya ucapkan terimakasih atas perhatiannya.

Ihdinasirotolmustakim sumassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

kunjungi juga : CONTOH TEKS PIDATO LENGKAP

PIDATO TENTANG KARAKTER

2. CONTOH TEKS PIDATO TENTANG KARAKTER

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluh.

Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf..

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru beserta karyawan sekolah….

Yang Saya Sayangi dan saya banggakan Siswa/Siswi sekolah…

Yang pertama-tama Marilah kita panjatkan puji syukur kita kehadirat Allah SWT, Allahmdulillahi Rabbil ‘Alamin, yang mana pada pagi hari ini Allah SWT tetap memberikan nikmat iman dan islam.

serta nikmat sehat wal afiah sehingga kita bisa melaksanakan kegiatan rutin kita, upacara bendera setiap hari Senin dengan kondisi yang baik, bisa berdiri tegak, bisa menghirup udara segar, bisa menatap indahnya ciptaan Allah, bisa tersenyum, tawa canda dan bisa tetap berfikir menuntut ilmu, karena tidak sedikit orang-orang diluar sana yang tidak bisa / belum bisa menikmati apa yang kita rasakan saat ini. Oleh karena itulah, kita patut senantiasa bersyukur kepada Allah SWT.

Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita, Nabiyullah Muhammad SAW, seorang yang diutus untuk menyempurnakan akhlak umat manusia, semoga kita kelak mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW, salah satu usaha mendapatkan syafaat dari beliau adalah dengan banyak bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Anak-anakku sekalian,
Pada kesempatan kali ini ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan, namun sebelumnya, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada petugas upacara yang bisa melaksanakan tugasnya, Alhamdulillah sampai saat ini berjalan dengan baik, meskipun ada sedikit kekurangan namun pada kesempatan berikutnya mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik.

Anak-anakku sekalian, Berulang kali para guru mengingatkan atau menasehatkan agar rajin-rajinlah kalian belajar, jagalah kedisiplinan, jagalah kebersihan, dan jagalah adab, tingkah laku / sopan santun, baik kepada guru/ustadz, maupun sesama teman. Karena semua nasehat tersebut adalah bagian penting bagi seseorang yang sedang menuntut ilmu, dimanapun, lebih-lebih sekolah yang berada dilingkungan pondok pesantren. Belajar memang aktifitas seorang pelajar atau santri, maka selayaknya seorang pelajar/ peserta didik memiliki keinginan yang kuat untuk terus menerus menambah ilmunya dan keinginan kuat mengupgrade pengetahuannya.

Seorang pelajar harus tertanam dalam dirinya jiwa “seorang murid“� meskipun dunia pendidikan sendiri membedakan penggunakan istilah murid dan siswa. Murid, istilah untuk penyebut peserta didik sebelum SMP/MTs sedangkan siswa untuk tingkat menengah.

Namun, pada hakikatnya sama, siswa dan murid itu sama. Murid serapan dari bahasa Arab yang berasal dari kata fi’il madli Arada – Yuridu – Iradatan – Muridan, yang berarti orang yang menginginkan atau membutuhkan sesuatu. Maka semestinya sebagai murid, harus memiliki keinginan kuat untuk tahu, untuk paham, untuk pandai dan lain sebagainya.

Bila seseorang benar-benar memiliki keinginan yang kuat, maka Insyaallah ia akan mendapatkan hasil yang baik, apa hasil daripada menuntut ilmu?, tentunya kualitasnya lebih baik, diangkat derajatnya oleh Allah SWT. Keinginan yang kuat ini tentu harus dibarengi dengan akhlakul karimah, seperti disiplin, menjaga kebersihan dan lainnya.

Dan termasuk pula, salah satu akhlak mulya adalah memulyakan ilmu dan guru atau ustadznya. Didalam kitab Ta’lim al-Muta’allim : “Laa Yanalul Ilma wa Laa Yantafi’u bihi illa bi-Ta’dhimil Ilmi wa Ahlili, ilmu tidak akan bisa diperoleh dan tidak akan bisa mengambil manfaatnya, kecualid dengan memulyakan ilmu dan ahlinya”.

Semoga kita semua senantiasa meningkatkan akhlak kita, baik akhlak pada diri pribadi, teman, orang tua, guru dan lingkungan sekitar.

Demikian yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat, kurang lebihnya mohon maaf.

Wallahul Muwaffiq ila Aqwamith Thariq,
wassalamu’alaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuh.

kunjungi juga : metode Berpidato

PIDATO SINGKAT TENTANG KEBERSIHAN

3. CONTOH TEKS PIDATO SINGKAT TENTANG KEBERSIHAN

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluh.

Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf..

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru beserta karyawan sekolah….

Yang Saya Sayangi dan saya banggakan Siswa/Siswi sekolah…

Yang pertama-tama pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan amanat pembina upacara yang berjudul: Berani Bertanggung Jawab

Setiap orang harus memiliki rasa tanggung jawab. Rasa tanggung jawab akan membuat orang berfikir tentang akibat dari perbuatan yang akan dilakukan. Begitupun jika perbuatan itu terlanjur dilakukan, maka tidak boleh berlepas tangan. Jika lepas tangan, berarti tidak bertanggung jawab. Tentu kita semua tidak mau dibilang tidak bertanggung jawab bukan? Oleh karena itu mari berlatih bertanggung jawab.

Pertama bertanggung jawab terhadap kebersihan diri dan lingkungan, seperti mandi yang bersih, menyikat gigi, merapikan tampat tidur atau kamar setelah bangun tidur. Apabila badan dan lingkungannya tidak bersih maka akan terkena penyakit berbahaya.

Kedua bertanggung jawab mengerjakan tugas pribadi seperti PR atau tugas dari sekolah, mengaji, shalat, mengulang pelajaran di rumah dan sebagainya. Apabila tidak rajin belajar maka siap menerima nilai rapor yang rendah.

Ketiga bertanggung jawab menjaga diri dan barang-barang pribadi. agar selalu menjaga keamanan dan berada di lingkungan yang aman. Apabila tidak maka bersiaplah menghadapi hal-hal yang membahayakan.

Keempat bertanggung jawab menjalankan peraturan di rumah dan di sekolah. Peraturan di rumah misalnya menjaga kebersihan rumah, seperti menyapu, mengepel, dan sebagainya. Peraturan di sekolah misalnyamelaksanakan tugas piket kelas, datang dan pulang dari sekolah tepat waktu. Apabila tidak dilaksanakan maka siap menerima konsekuensinya.

Orang yang bertanggung jawab adalah orang yang dapat diandalkan. Ia akan mendapat kepercayaan dan penghargaan serta penghormatan dari orang lain. Sehingga dapat mempermudah jalan menuju keberhasilan.

Demikianlah amanat dari saya, apabila ada kesalahan ucapan atau apapun bapak mohon maaf yang sebesar besarnya. Saya ucapkan terimakasih atas perhatiannya.

Ihdinasirotolmustakim sumassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tinggalkan komentar