PENGERTIAN BAHASA, KAJIAN BAHASA.

Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli

BAHASA
pengertian bahasa

halo sobat apa kabar? semoga kita semua selalu di berikan kesehatan, nikmat ibadah dan selaludilindungi oleh Tuhan.

pada kesempatan kali ini admin sedikit membahas tentang apa itu bahasa? dan bagaimana pendapat para ahli mengenai bahasa, oke langsung saja mari kita simak uraian di bawah ini.

1. Pengertian Bahasa

pengertin bahasa secara umum adalah sebuah alat komunikasi yang digunakan untuk berkomunikasi antara seseorang dengan orang lainnya. bahasa yang dihasilkan oleh seseorang yang dihasilkan oleh alat ucap manusia yang digunakan untuk bersosialisasi di masyarakat. pengertian-bahasa-kajian-bahsa

jika dilihat dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, bahasa adalah sebuah sistem lambang bunyi yang arbitrer (sewenang-wenang), yang digunakan untuk berkomunikasi oleh anggota sebuah masyarakat.

bahsa digunakan oleh seseorang atau anggota dari sebuah msyarakat untuk bersosialisasi, bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasi diri yang berupa dialog atau percakapan yang mengandung perkataan yang baik atau buruk

A. Pengertian Bahasa Menurut Aara Ahli

1. Kridalaksana
Pada tahun 1982 sampai 1983, beliau mengemukakan bahawa Bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer yang digunakan oleh para anggota kelompok sosial untuk bekerja sama, berkomunikasi, dan mengidentifikasi diri”.

Chaer, Abdul. 2007. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta

2. Keraf
Keraf, memberikan dua pengertian bahasa yaitu:
a. keraf menyatakan bahasa sebagai alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.
b.keraf menyatakan bahasa adalah sistem komunikasi yang mempergunakan simbol-simbol vokal (bunyi ujaran) yang bersifat arbitrer.

3. Owen
Menurut Owen (2006:1), menjelaskan definisi bahasa yaitu language can be defined as a socially shared combinations of those symbols and rule governed combinations of those symbols yang artinya bahasa dapat didefenisikan sebagai kode yang diterima secara sosial atau sistem konvensional untuk menyampaikan konsep melalui kegunaan simbol-simbol yang dikehendaki dan kombinasi simbol-simbol yang diatur oleh ketentuan.

4. Tarigan
Tarigan (1989), beliau mendefinisikan menjadi dua definisi bahasa yaitu:
a. Bahasa adalah suatu sistem yang sistematis, barang kali juga untuk sistem generatif.
b. Bahasa merupakan seperangkat lambang-lambang mana suka atau simbol-simbol arbitrer.

5. Walija (1996)
Walija mendefinisikan Bahasa sebagai alat komunikasi yang paling lengkap serta efektif untuk menyampaikan ide, pesan, maksud, perasaan serta pendapat kepada orang lain.

6. Pengabean (1981)
menurut Panggabean Bahasa adalah suatu sistem yang mengutarakan serta melaporkan apa yang terjadi pada sistem saraf.

7. Bloch dan Trager
Bloch dan Trager mendefinisikan bahwa Bahasa mempunyai struktur yang tersusun secara teratur tentang bunyi serta urutan bunyi bahasa yang mempunyai sifat manasuka serta dengan sistem tersebut sebuah kelompok sosial untuk bekerja sama.

8. Plato
Plato mendeskripsikanbahwa bahasa adalah pernyataan yang ada pada pikiran seseorang dengan memakai perantaraan rhemata (ucapan) serta onomata (nama benda atau sesuatu) yang merupakan cerminan ide seseorang dalam arus udara dengan melalui media yaitu mulut.

9. Soejono (1983)
Soejono Soekanto, mendeskripsikan bahwa Bahasa adalah suatu sarana perhubungan rohani yang teramat penting dalam hidup bersama.

10. Ferdinand De Saussure
Ferdinand De Saussure mendeskripsikan bahwa Bahasa sebagai salah satu ciri yang menjadi pembeda, hal ini karena dengan memakai bahasa maka setiap kelompok yang ada pada masyarakat dapat menjadi dirinya sebagai kesatuan yang berbeda dengan kelompok lain.

11. Wittgenstein
Wittgenstein mendeskripsikan Bahasa adalah sebuah bentuk pemikiran yang dapat untuk dipahami serta mempunyai suatu hubungan dengan kenyataan, memiliki struktur, serta bentuk yang logis.

12. William A. Haviland
William A. Haviland mendeskripsikan bahwa bahasa adalah sebuah sistem bunyi yang ketika digabungkan menurut aturan akan dapat menimbulkan arti yang dapat ditangkap oleh semua orang yang sedang berbicara dengan menggunakan bahasa tertentu.

13. Mackey
Mackey mengemukakan bahwa Bahasa merupakan bentuk serta keadaan ataupun sistem lambang bunyi yang arbitrer atau berasal dari tatanan yang terdapat didalamnya berbagai sistem.

2. Asal usul bahasa

BAHASA
ASAL MULA

Apakah kalian tahu gauys, darimana asal muasal bahasa? kata bahasa berasal dari bahasa sansekerta yang artinya kemampuan yang dimiliki oleh manusia, bahasa digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi dengan manunusia lainnya.

Berdasarkan beberpa teori-teori tentang asal usul Bahasa, yang didasarkan oleh ide bahwa bahasa merupakan suatu ilmu yang sangat kompleks sehingga manusia tidak bisa dibayangkan

namun, ia harus tetap berkembang dari bahasa pertama, yang digunkan oleh nenek moyang sebelum kita. Teori-teori ini disebut dengan teori berkelanjutan, teori berkelanjutan adalah teori yang di anut oleh kalangan pelajar. namun mereka berbeda dalam melihat perkembangan yang terjadi.

3. Kajian- kajian didalam Bahasa

BAHASA
KAJIAN BAHASA

kajian-kajian didalam bahasa atau yang sering di sebut oleh kalangan pelajar sebagai kajian lunguistik, kajian linguistik ini di bagi menjadi beberapa kajian yaitu fonologi, morfologi, sintaksik, semantik,pragmatik, sosiolinguistik, neurolinguistik dan lain-lain.

  1. Fonologi

Fonoli adalah cabang ilmu bahasa yang mengkaji tentang bunyi-bunyi bahasa yang dihasilokan oleh alat ucap manusia, fonologi merupakan ilmu perbendaharaan bunyi-bunyi (fonem) bahasa dan distribusinya.

Bidang kajian dari Fonologi adalah bunyi bahasa sebagai satual terkecil dari sebuah ujaran manusia yang bergabung dengab bunyi yang membentuk suku kata.

2. Morfologi

Morfologi adalah cabang ilmu bahasa yang mengkaji tentang Satuan-satuan bahasa (satuan gramatikal) yang dibagi menjadi tiga yaitu:

A. Pengaruh perubahan bentuk kata.

B. Seluk beluk dari bentuk kata.

C. Arti kata

 

3. Sintaksis

Sintaksis adalah cabang ilmu bahasa yang mempelajari tantang struktur yang ada di dalam kalimat. topik kajian sintaksis adalah frasa, klausa dan kalimat.

4. Pragmatik

Pragmatik adalah cabang ilmu bahasa yang mempelajari tentang hubungan makna bahasa dalam konteks atau keadaan tertentu.

5. Sosiolinguistik

Sosiolinguistik merupakan cabang ilmu bahasa yang mempelajari tentang bahasa dan pengaruh budaya di masyarakat. Bahasa berhubungan  berhubungan sangat erat dengan masyrakat di sebuh wilayah.

6. Psikolinguistik

psikolinguistik adalah cabang ilmu bahasa yang mempelajari tentang faktor-faktor psikologis dan neurobiologis yang memungkinkan manusia mendapatkan, menggunakan, dan memahami bahasa.

 

itulah pembahsan yang bisa saya sampaikan seputar pengertian bahasa dan kajian bahasa jangan lupa mampir ke kembali hehe.

Tinggalkan komentar