pengertian agribisnis

Pengertian Agribisnis, Ruang Lingkup, Fungsi, Aspek-aspek dan Cara Memulai

Pengertian Agribisnis – Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi mengenai agribisnis lengkap mulai dari Pengertian Agribisnis, pengertin agribisnis menurut para ahli, ruang lingkup agribisnis, fungsi agribisnis dan aspek-aspek agribisnis yuk simak pembahasan berikut ini:

Pengertian Agribisnis

Bagi sebagian orang mungkin sering mendengar istilah agribisnis, tapi juga masih ada yang belum tahu apa itu agribisnis atau agribusiness.

Secara umum, pengertian agribisnis adalah suatu bisnis berbasis usaha pertanian atau di bidang lain untuk mendukungnya, baik di sektor hulu maupun hilir.

Pendapat lain mengatakan bahwa agribisnis adalah suatu kelompuk industri di bidang pertanian atau layanan yang dibutuhkan dalam pertanian yang menjalankan usahanya berdasarkan prinsip komersial, terutama menggunakan teknologi canggih.

Agribisnis jika di pandang oleh ekonomi artinya ialah suatu usaha dalam mempelajari strategi untuk memperoleh keuntungan melalui pengelolaan aspek budidaya, penyediaan bahan baku, pasca panen, proses pengolahan hingga masuk ke tahap pemasaran sebuah produk.

Sehingga agribisnis ini seringkali dikaitkan dalam konteks manajemen pada bidang akademik, karena agribisnis ini dijadikan sebagai suatu kajian ilmu untuk mempelajari bagaimana strategi untuk menjalankan rantai produksi seefektif mungkin.

agribisnis adalah peluang bagi Anda untuk mengambil kesempatan agar menghasilkan keuntungan yang berlimpah. Kebutuhan akan pangan sangatlah tidak terbatas, sehingga agribisnis adalah bisnis yang punya peluang cukup besar di masa kini maupun di masa yang akan datang.

Agribisnis adalah bidang usaha yang bisa membawa Anda untuk mendapat keuntungan sehingga bisa memiliki investasi properti lainnya seperti tanah ataupun beli rumah.

Jika Anda memiliki karakteristik produk yang sesuai dengan keinginan konsumen, Anda bisa memiliki daya saing yang tinggi di pasar domestik dan juga mancanegara.

Baca juga: Manajemen Agribisnis

Pengertian Agribisnis Menurut Para Ahli

pengertian Akgribisnis menurut para ahli

Suapaya anda lebih mudah untuk memahami apa itu agribisnis, maka kita dapat menyimak beberapa paparan pengertian Agribisnis dari pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. E. Paul Roy

Menurut E. Paul Roy, pengertian agribisnis adalah suatu proses koordinasi berbagai sub-sistem yang saling mempengaruhi, dalam arti adalah penyediaan input pertanian, produksi pertanian, pengolahan hasil, dan pemasaran produk hasil pertanian.

2. W. David Downey dan Steven P. Erickson

Menurut W. David Downey dan Steven P. Erickson beliau mengemukakan pengertian agribisnis adalah suatu kegiatan yang berkaitan dengan penanganan komoditi pertanian dalam arti luas, yang meliputi salah satu atau keseluruhan dari mata rantai produksi, pengolahan masukan dan keluaran produksi (agroindustri), pemasaran masukan-keluaran pertanian dan kelembagaan penunjang kegiatan sebuah industri pertanian.

3. John H. Davis dan Ray A. Goldberd

Menurut John H. Davis dan Ray A. Goldberd beliau mengemukakan bahwa agribisnis adalah seluruh jumlah total operasi yang terlibat dalam pembuatan dan distribusi pasokan pertanian, operasi produksi di pertanian, dan penyimpanan barang, pemrosesan barang, dan distribusi komoditas pertanian serta juga barang-barang yang dibuat dari industri tersebut.

4. G.L. Cramer dan C.W. Jensen

Menurut G.L. Cramer dan C.W. Jensen, beliau mengemukakan bahwa pengertian agribisnis adalah suatu kegiatan yang kompleks, meliputi industri pertanian, industri pemasaran hasil pertanian, hasil olahan produk pertanian, industri manufaktur, distribusi bagi bahan pangan dan serat-seratan kepada pengguna/ konsumen.

5. Jose D. Drilon Jr.

Menurut Jose D. Drilon Jr, beliau mengemukakan bahwa pengertian agribisnis adalah seluruh kegiatan yang berhubungan dengan manufaktur dan distribusi dari sarana produksi pertanian, aktivitas usaha tani, penyimpanan, pengolahan, serta distribusi produk pertanian dan produk lain yang dihasilkan dari produk pertanian.

6. Austin

Pengertian Agribisnis menurut Austin adalah kesatuan kegiatan usaha yang meliputi kegiatan usaha tani, pengolahan bahan makanan, usaha sarana dan prasarana produksi pertanian, transportasi, perdagangan, kestabilan pangan dan kegiatan-kegiatan lainnya termasuk distribusi bahan pangan dan serat konsumen.

7. Wibowo dkk (1994)

Pengertian Agribisnis menurut Wibowo dkk adalah mengacu kepada semua aktivitas mulai dari pengadaan, prosesing, penyaluran sampai pada pemasaran produk yang dihasilkan oleh suatu usaha tani atau agroindustri yang saling terkait satu sama lain.

Dengan demikian agribisnis dapat dipandang sebagai suatu sistem pertanian yang memiliki beberapa komponen sub sistem yaitu, sub sistem usaha tani yang memproduksi bahan baku; sub sistem pengolahan hasil pertaniam dan sub sistem pemasaran hasil pertanian.

8. Sjarkowi dan Sufri (2004)

Pengertian Agribisnis menurut Sjarkowi dan Sufri adalah setiap usaha yang berkaitan dengan kegiatan produksi pertanian, yang meliputi pengusahaan input pertanian dan atau pengusahaan produksi itu sendiri ataupun juga pengusahaan pengelolaan hasil pertanian dengan kata lain agribisnis adalah cara pandang ekonomi bagi usaha penyediaan pangan.

9. Soekartawi (1993)

Pengertian Agribisnis menurut Soekartawi adalah agribisnis berasal dari kata agri dan bisnis. Agri asalnya dari bahasa Inggris (agricultural/pertanian), bisnis berarti usaha komersial dalam dunia perdagangan.

Agribisnis adalah kesatuan kegiatan usaha yang meliputi salah satu atau keseluruhan dari mata rantai produksi, pengolahan hasil dan pemasaran produk-produk yang ada hubungannya dengan pertanian dalam arti luas

10. Arsyad dkk

Pengertian Agribisnis menurut Arsyad adalah kesatuan kegiatan usaha yang meliputi salah satu atau keseluruhan dari mata rantai produksi, pengolahan hasil dan pemasaran produk-produk yang ada hubungannya dengan pertanian dalam arti luas.

11. Drillon

Pengertian Agribisnis menurut Drillon adalah sejumlah total dari seluruh kegiatan yang menyangkut manufaktur dan distribusi dari sarana produksi pertanian, kegiatan yang dilakukan usaha tani, serta penyimpanan, pengolahan dan distribusi dari produk pertanian dan produk-produk lain yang dihasilkan dari produk pertanian.

12. Cramer dan Jensen

Pengertian Agribisnis menurut Cramer dan Jensen adalah suatu kegiatan yang sangat kompleks, meliputi industri pertanian, industri pemasaran hasil pertanian dan hasil olahan produk pertanian, industri manufaktur dan distribusi bagi bahan pangan dan serat-seratan kepada pengguna/ konsumen.

13. John H. Davis dan Ray A. Goldberd (1957)

Pengertian Agribisnis menurut John H. Davis dan Ray A. Goldberd adalah The sum total of all operations involced in the manufacture and distribution of farm supplies; production operations on the farm; and the storage, processing, and distribution of farm commodities and items made from them.

14. E. Paul Roy

Pengertian Agribisnis menurut E. Paul Roy adalah sebagai suatu proses koordinasi berbagai sub-sistem.

17. Wikipedia

Pengertian Agribisnis menurut Wikipedia adalah bisnis berbasis usaha pertanian atau bidang lain yang mendukungnya, baik di sektor hulu maupun di hilir.

18. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian Agribisnis/Agrobisnis menurut KBBI adalah usaha yang berhubungan dengan (tanah) pertanian.

19. Soehardjo (1997)

Pengertian Agribisnis menurut Soehardjo adalah sebuah sistem yang terdiri atas beberapa subsistem. Sistem tersebut akan berfungsi baik apabila tidak ada gangguan pada salah satu subsistem.

20. Hadi (1992)

Pengertian Agribisnis menurut Hadi adalah suatu rangkaian kegiatan yang terdiri dari emapat subsistem yang saling mempengaruhi yaitu subsistem penyediaan input pertanian, subsistem produksi pertanian, subsistem pengolahan hasil dan subsistem pemasaran hasil pertanian yang selurh kinerjanya dipengaruhi oleh koordinator agribisnis.

21. Sutawi (2002)

Agribisnis adalah suatu kesatuan kegiatan usaha yang meliputi salah satu atau keseluruhan dari mata rantai produksi, pengolahan hasil, dan pemasaran yang ada hubungannya dengan pertanian dalam arti luas, yaitu kegiatan usaha yang menunjang kegiatan pertanian dan kegiatan usaha yang ditunjang oleh kegiatan-kegiatan pertanian.

22. Drilon Jr.

Menurut Drilon Jr. dalam Saragih (1998), Agribisnis adalah mega sektor yang mencakup “… the sum total of operations involved in the manufacture and distribution of farm supplies, production activities on the farm, storage, processing and distribution of farm commodities and items for them …”

Baca juga: Pengertian Bisnis

Ruang Lingkup Agribisnis

Fungsi agribisnis

Perlu kita ketahui ruang lingkup agribisnis cukup luas, diantaranya termasuk usaha untuk memproduksi benih dan bahan kimia pertanian, pakan ternak, alat dan mesin pertanian, pemrosesan bahan pertanian, produksi biofuel hingga wisata pertanian. Dengan kata lain, ilmu dari agribisnis tidak hanya tentang budidaya tanaman, namun didalamnya juga termasuk peternakan, perikanan dan Kehutanan. Oleh karenanya agribisnis mencangkup wawasan pertanian secara luas.

Seperti halnya biofuel yang merupakan hasil dari tanaman pertanian di mana saat ini mendapatkan perhatian dari masyarakat umum dan akademisi karena adanya isu perubahan iklim yang semakin intens. Di sisi lain juga karena peningkatan harga bahan bakar fosil. Itulah mengapa saat ini penelitian dan produksi tentang biofuel terus berkembang sebagai salah satu bentuk agribisnis.

Baca juga: Pengertian Ekspor

 

Fungsi Agribisnis

Dari pengertian agribisnis yang telah dijelaskan sebelumnya, lalu Apakah fungsi penting dari memahami ilmu terkait agribisnis? Berdasarkan pengalaman menunjukkan bahwa pembangunan yang memiliki wawasan agribisnis maka mampu untuk meningkatkan pendapatan produsen, meningkatkan penyerapan tenaga kerja, meningkatkan devisa negara serta menambah jumlah agroindustri baru.

Di sisi lain agribisnis juga memiliki peranan yang penting untuk mendukung keberhasilan pembangunan pertanian. Itu karena kondisi agroklimat yang sangat menguntungkan dan kemauan politik pemerintah yang mendukung.

Aspek-aspek Agribisnis

aspek agribisnis

Setelah kita mempelajari pengertian agribisnis sebagai pendekatan dari materi Agribisnis, maka untuk selanjutnya kami paparkan juga sistem dari Agribisnis yang terdiri dari 4 aspek yang meliputi penyediaan sarana produksi dan peralatan, usaha tani, pengolahan serta juga pemasarannya.

Agribisnis adalah usaha yang memerlukan ketepatan dalam menghitung jumlah persediaan bibit agar tidak terjadi ketimpangan produksi, Agribisnis bisa dikatakan sebagai bisnis yang terdiri dari beberapa sektor yang saling berkaitan.

  1. Sektor hulu yang merupakan penyediaan dan penyaluran sarana produksi pertanian, bisnis dari sektor hulu misalnya industri pembibitan dan agri kimia.
  2. Sektor produksi termasuk dalam perencanaan lokasi, teknologi, komoditas, dan skala usaha untuk mencapai tingkat produksi yang optimal. Contoh bisnis dalam sektor produksi seperti usaha peternakan, perikanan,dan tanaman perkebunan.
  3. Sektor pengolahan agribisnis adalah industri seperti makanan, minuman, biofarma, dan agrowisata. Kegiatan di sektor ini menjadikan produk olahan menjadi produk yang bisa dikonsumsi.
  4. Sektor pemasaran, mencakup proses distribusi, transportasi, pemberian label, pengemasan, standarisasi, dan grading. Sejumlah kegiatan tersebut ditujukan untuk memberi kepuasan terhadap kualitas produk agribisnis.

Jasa dan penunjang, di mana bisnisnya berupa perkreditan, penelitian, penyuluhan, transportasi, dan kebijaksanaan pemerintah. Sektor ini berupa kegiatan untuk menyediakan sarana dan prasarana dalam agribisnis.

Hal juga yang perlu diperhatikan untuk bisa memperlancarkan ke empat asper subsistem tersebut supaya dapat berjalan dengan baik, sehingga juga diperlukan subsistem lainnya yakni infrastruktur serta juga pembinaan agar dapat berjalan dengan semestinya.

Apabila hal di atas sudah dilaksanakan dengan semestinya  diantara aspek-aspek maka semua itu akan berjalan lancar maka yang diperlukan adalah penciptaan kondisi yang kondusif serta juga memadai di pedesaan. Kondisi-kondisi yang dimaksud itu diantaranya:

  • Penyediaan komponen agribisnis yang lengkap di tempat pengusahaan atau pedesaan
  • Adanya wirausaha serta juga kemitraan agribisnis di lokasi bisnis atau pedesaan
  • Kondisi-kondisi lainnya yang dapat mendukung pelaksanaan sebauh bisnis

Studi mengenai agribisnis ini sendiri seringkali datang dari bidang akademik Ekonomi Pertanian serta juga manajemen.

Sehingga sering disebut juga sebagai manajemen agribisnis, berbagai cara telah/sudah dilakukan oleh lembaga pemerintah untuk dapat mendukung peningkatan pengembangan ekonomi di sektor bahan pangan.

Akan tetapi memang sampai saat ini belum cukup untuk mengoptimalkan kerja dari agribisnis di Indonesia untuk dapat mengurangi impor bahan pangan dari negara lain.

Membicarakan mengenai agribisnis memang tidak daat dilihat secara sederhana apalagi agribisnis ini dikaitkan pada industri-industri yang lebih besar, seperti sebuah perusahaan pengolah bahan mentah.

Cara Memulai Agribisnis

Cara memulai agribisnis

Berikut ini tentang cara memulai sebuah Agribisnis:

1.Agribisnis Bisnis Menjanjikan

Agribisnis adalah bisnis yang berbasis usaha di bidang pertanian dan bidang lainnya yang mendukung baik di sektor hulu dan hilir. Ini merupakan cara pandang dalam segi ekonomi melalui pengolahan budidaya, penyediaan bahan baku, pasca panen, dan proses pengolahan hingga ke tahap pemasaran.

Agribisnis adalah peluang usaha yang sudah mulai dimanfaatkan oleh banyak masyarakat untuk mendapat keuntungan Hal ini disebabkan karena produk yang dihasilkan agribisnis selalu dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga tidak pernah sepi.

Lingkungan pekerjaan juga lebih menyejukkan sehingga Anda bisa bekerja tanpa hiruk pikuk dari kendaraan di kota, Agribisnis adalah usaha yang memberi manfaat kepada seluruh sektor termasuk pengadaan, penyaluran, dan pemasaran oleh usaha tani.

Banyak sekali jenis usaha dalam agribisnis yang bisa Anda geluti dan menghasilkan keuntungan besar, Berikut adalah beberapa contoh agribisnis yang direkomendasikan:

Melakukan pembibitan tanaman dan menjual bibit tanaman yang berkualitas dengan seiring berjalannya waktu Anda akan terbiasa dalam memilih bibit yang unggul dan mengembangbiakkan bibit tersebut.

Mengembangbiakkan tanaman hias yang kemudian bisa dijual, hal ini didasari oleh pemilihan jenis tanaman hias yang membutuhkan perawatan yang berbeda-beda.

Rempah-rempah menjadi primadona di Indonesia sehingga pertanian tanaman rempah-rempah akan sangat memberi keuntungan, Agribisnis adalah bisnis yang tepat dalam mengelola rempah-rempah misalnya Budidaya tanaman obat bisa terus berkembang karena adanya peningkatan permintaan yang cukup signifikan.

Agribisnis adalah peluang usaha yang satu ini sangatlah menjanjikan karena bisa dikonsumsi dan juga dijadikan obat herbal untuk itu, dengan membudidayakan jamur Anda bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar bukan hanya tanaman saja, agribisnis adalah bisnis yang bisa mencakup terkait ternak dan benih.

Agribisnis adalah peluang usaha yang masih terbuka secara lebar dan beragam tidak berlebihan rasanya jika dikatakan agribisnis masih sangat bagus peluangnya di masa kini dan mendatang.

2. Tips Memulai Bisnis Agribisnis

Agribisnis adalah usaha yang memerlukan wawasan tentang pertanian yang mendalam, dalam memulai sebuah bisnis di bidang agribisnis, Anda harus melakukan berbagai trik dan tips yang kreatif memulai usaha ini juga mengharuskan Anda untuk menetapkan peta menuju kesuksesan.

Indonesia saat ini sektor agribisnis adalah sektor yang hanya menjual hasil produksi dalam bentuk mentahan, Jika diolah dan dikemas dengan apik, harganya bisa menjadi lebih tinggi.

Agribisnis adalah usaha yang memerlukan strategi matang dalam menghadapi segala tantangan yang tidak mudah Apalagi saat ini pertanian kita sudah memasuki revolusi industri 4.0 yang menggunakan pertukaran data untuk proses produksi.

Agar Anda bisa menjalankan agribisnis dengan maksimal, berikut ada beberapa tips dalam memulai bisnis Agribisnis:

Agribisnis adalah bisnis yang terdiri dari banyak bidang yang bisa dijalankan. Mulai dari farmasi, sektor penyediaan energi, dan juga teknologi pangan. Sebelum memutuskannya, lebih baik Anda kenali dulu mana yang lebih tepat bagi Anda.

Penggunaan media tanam seperti gelas bekas atau polybag sangat cocok bagi Anda yang baru ingin memulai bisnis ini Agribisnis adalah peluang usaha yang tidak perlu lahan luas.

Anda bisa melakukannya di media yang bisa digantung menganalisa target pasar bisa menentukan Anda melakukan eksekusi yang tepat sasaran.

Agribisnis adalah usaha yang membutuhkan analisis secara matang mulai dari cara penanamannya hingga target pasarnya dan Agribisnis adalah usaha yang tidak selalu memerlukan lahan yang luas.

Cobalah cara vertikultur dalam penanaman bibit, bagi Anda yang memiliki lahan yang sempit, Anda bisa melakukan budidaya dengan metode yang satu ini.

Lakukan pencatatan secara terperinci dan pembukuan yang baik agar alur keuangannya bisa terpantau secara transparan anda bisa melakukan pembukuan secara manual dalam memulai usaha.

 

3. Tips Sukses Bisnis Agribisnis

Agribisnis adalah bisnis yang memerlukan beberapa tips sukses untuk mengembangkannya. Setiap bisnis tentu tidak tiba-tiba sukses begitu saja, Ada beberapa tips dan trik yang harus dilakukan untuk membuatnya berhasil.

Para pelaku agribisnis merangkul para akademisi dalam mengembangkan usaha tersebut untuk meningkatkan keuntungan dan hasil produksi.

Agribisnis adalah usaha yang tidak mudah dalam memulainya, terutama dalam kesiapan modal, Jika Anda memiliki properti tanah, Anda bisa memanfaatkannya sebagai modal awal.

Bagi Anda yang baru dan sedang menjalankan agribisnis, lalu ingin membuatnya menjadi berkembang dan sukses, berikut adalah beberapa tipsnya:

Memilih aspek agribisnis sesuai dengan kemampuan dan minat Anda, Usaha agribisnis ini bukan hanya produksi bahan pangan saja.

Bisnis ini juga termasuk dalam budidaya hewan dan tanaman yang bisa dijual kembali, Misalnya Anda menyukai budidaya tanaman yang non pangan, Anda bisa membudidaya tanaman hias.

Untuk menghasilkan bahan pangan yang berkualitas tanpa menimbulkan ancaman terkait kesehatan, Anda bisa menanam bahan pangan dengan organik. Harganya memang lebih mahal karena tidak melibatkan bahan kimia apapun dan perawatannya cukup rumit.

Maksimalkan gadget sebagai media promosi Anda untuk menarik para calon konsumen, Agribisnis adalah ilmu yang cukup baru berkembang di Indonesia Jadi, coba buatlah video tutorial ataupun artikel tentang bagaimana menjalankan bisnis agribisnis yang sukses.

Agribisnis adalah usaha yang membutuhkan pengalaman dan ketelatenan, Apapun jenis usaha agribisnis yang Anda pilih, pastikan untuk selalu menjalaninya dengan sungguh-sungguh.

Cobalah berkunjung langsung ke petani yang sukses dan ikuti beberapa pelatihan agar bisa belajar langsung dari ahlinya.

 

Sekian itulah penjelasan mengenai Pengertian Agribisnis, Ruang Lingkup, Fungsi, Manfaat, Beserta Aspeknya dan cara memulai agribisnis, semoga apa yang diuraikan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

 

Tinggalkan komentar