Teks Bacaan Doa Selamat Di Dunia Maupun Di Akhirat

Doa Selamat

Berikut ulasan tentang doa selamat lengkap dengan berbagai kebutuhan, misalnya seperti doa selamat dari siksa api neraka, doa selamat dunia dan akhirat atau doa keselamatan dari segala fitnah dan lain-lainnya.

Pada kesempatan ini admin paparkan secara lengkap tentang doa keselamatan baik dalam tulisan arab, latin dan artinya lengkap. Langsung aja bos ku mari kita simak di bawah ini.

Pengertian Selamat

Setiap manusia seharusnya selalu memohon keselamatan disetiap akan melakukan perjalanan atau melakukan berbagai aktifitas.

Pengertian selamat adalah terbebas dari bahaya, terhindar dari bencana, jauh dari malapetaka, tidak mendapat gangguan kerusakan, tidak kurang suatu apapun dan dijauhkan dari perbuatan yang buruk.

Jika kita padukan arti selamat diatas, apabila setiap umat muslim memanjatkan doa selamat dunia akhirat berarti ia memohon kepada Allah agar mendapat keselamatan di dunia dan di akhirat.

Selamat dunia artinya adalah dijauhkan dari hal-hal yang tidak baik selama di dunia dan selamat di akhirat artinya dijauhkan dari api neraka dan dijaga ketika di yaumul hisab.

Tujuan Membaca Doa Selamat

Tujuan memanjatkan doa keselamatan adalah sebagai berikut:

1. Supaya Mendapatkan keselamatan dunia dan akhirat
2. Supaya Terhindar dari bencana atau malapetaka didunai
3. Supaya terhindar dari tipu daya orang kafir disekeliling kita
4. Supaya selamat dari orang zalim yang ingin menzolimi kita
5. Supaya selamat dari penguasa zalim dinegara kita
6. Supaya dijauhkan dari siksa api neraka kelak di akhirat

Masya Allah bukan pastinya semua umat muslim tentu menginginkan agar dirinya bisa terhindar sesuai dengan tujuan tersebut.

Cara memperoleh barokah doa keselamatan tersebut, setiap umat Islam harus mengikuti setiap tuntunan dan larangan agama islam serta, membaca doa selamat dunia akhirat agar terhindarkan dari keburukan.

Teks Doa Selamat

Berikut Bacaan doa selamat, terdapat beberapa yang dapat Anda amalkan mulai dari doa selamat yang pendek ataupun doa keselamatan yang panjang.

Tapi, semua doa selamat ini mengandung makna yang sama yakni makna perlindungan dari segala keburukan dunia dan akhirat.

Berikut adalah beberapa bacaan doa selamat beserta artinya.

Doa Selamat Dunia dan Akhirat

Doa selamat dunia akhirat adalah bacaan doa yang dipanjatkan kepada Allah agar mendapat keselamatan selama di dunia dan mendapatkan keselamatan di akhirat yaitu dijauhkannya dari siksaan api neraka.

Bacaan doa keselamatan dunia dan Akhirat ini sangat dianjurkan untuk menjadi amalan doa setelah sholat wajib yang dibacakan dengan doa-doa lainnya.

Bacaan Doa Selamat Dunia dan Akhirat

Bacaan Doa Selamat Dunia dan Akhirat bahasa Arab

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Bacaan Doa Selamat Dunia dan Akhirat Latin

Di bawah ini kami juga paparkan teks bacaan dari doa selamat dunia dn akhirat.

“Allaahumma Innaa Nas Aluka Salaamatan Fid Diin, Wa’ Aafiyatan Fil Jasad Wa Ziyadatan Fil ilmi Wabarokatan Dir Rizqi Wa Taubatan Qoblal Maut, Warohmatan Indal Maut, Wa Maghfirotan Ba’dal Maut. Allaahumma Hawwin Alainaa Fii Sakarotil Maut, Wan Najaata Minan Naar, Wal ‘Afwa Indal Hisaab”

Arti dari Bacaan Doa Selamat Dunia dan Akhirat

“Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut. Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab”

Doa Selamat Pendek

Doa selamat pendek ini adalah doa selamat sesuai dengan hadist shahih yang diriwayatkan oleh imam Muslim, dan doa ini sering digunakan setelah sholat lebih tepatnya saat dzikir

 

Doa Selamat Pendek Arab

اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ

Doa Selamat Pendek Latin
“Allaahumma Antas Salaam, Wa Minkas Salaam, Tabaaròkta Dzal Jalaali Wal Ikròòm”.

Arti Bacaan Doa Selamat Pendek
“Ya Allah, Engkaulah Tuhan yang memberi keselamatan. Dari keselamatan. Maha Suci Allah, Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan”.

 

Doa Selamat Menikah

setelah tadi kita bahas tentang doa selamat di dunia dan di akhirat selnjutnya kami juga bahas doa selamat menikah yang hukumnya disunnahkan dan ucapan sekaligus doa yang sunnah diucapkan adalah.

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

Baarakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a bainakumaa fii khaiir.

Semoga Allah memberikan keberkahan untukmu dan atasmu, serta semoga Dia mengumpulkan di antara kalian berdua dalam kebaikan.

Doa tersebut berdasarkan hadis riwayat Abu Hurairah r.a. sebagai berikut.

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وآله وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا رَفَّأَ الإِنْسَانَ إِذَا تَزَوَّجَ قَالَ: «بَارَكَ اللهُ لَكَ، وَبَارَكَ عَلَيْكَ، وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ» رواه الترمذي

Bahwasannya Nabi saw. jika mendoakan kepada seseorang ketika ia menikah, maka beliau bersabda, “Baarakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a bainakumaa fii khaiir.” (H.R. At-Tirmidzi)

 

Doa Selamat Dari Siksa Neraka

Doa selamat yang satu ini sering juga disebut sebagai doa sapu jagat, doa ini merupakan salah satu doa yang sering diucapkan oleh Rasulullah, doa ini bertujuan agar dijauhkan dari siksa api neraka kelak di akhirat nanti.

Doa Selamat Dari Neraka Arab
رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Doa Selamat Dari Siksa Neraka Latin
“Robbanaa Aatinaa Fiddunyaa Hasanah, Wa Fil Aaa khiròti Hasanah, Wa Qinaa ‘Adzaaban Naar”.

Arti Bacaan Doa Selamat Dari Siksa Neraka
“Ya Rabb kami, limpahkanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta peliharalah kami dari siksa neraka”.

 

Doa Selamat Nabi Luth

Doa selamat nabi Luth adalah doa yang dipanjatkan oleh nabi Luth untuk mendapatkan perlindungan keselamatan dari Allah. Doa ini terdapat dalam Al Quran surah Asy Syu’ara ayat 169.

 

Bacaan Doa Selamat Nabi Luth Arab
رَبِّ نَجِّنِي وَأَهْلِي مِمَّا يَعْمَلُونَ

Bacaan Doa Selamat Nabi Luth Latin
“Ròbbi Najjinii Wa Ahlii Mimmaa Ya’maluun”.

Arti Bacaan Doa Selamat Nabi Luth
“Ya Tuhanku selamatkanlah aku beserta keluargaku dari perbuatan yang mereka kerjakan”.

Doa Selamatan bagi Orang Yang Sudah Meningal

Doa Kelapangan Kubur arab

اللَّهُمَّ اِنَّهُ نَزَلَ بِكَ وَاَنْتَ خَيْرُ مَنْزُوْلٍ بِهِ وَاَصْبَحَ فـَـقِـيْرًا اِلـَى رَحْمَتِكَ، وَاَنْتَ غَنِيٌّ عَنْ عَذَابِهِ وَقـَـدْ جِئْنَاكَ رَاغِبِيْنَ اِلـَـيْكَ شُفـَـعَاءَ لـَـهُ، اللـّٰهُمَّ اِنْ كَانَ مُحْسِنًا فَزِدْ فِيْ اِحْسَانِهِ وَاِنْ كـَانَ مُسِيْئًا فَتَجَاوَزْ عَنْهُ وَلـَـقـِّـهِ بِرَحْمَتِكَ رِضَاكَ وَقِهِ فِتْنَةَ اْلقـَـبْرِ وَعَــَذابَهُ وَافْسَحْ لـَـهُ فِيْ قـَــبْرِهِ وَجَافِ اْلاَرْضَ عَنْ جَنْبَيْهِ وَلـَــقـِّـهِ بِرَحْمَتِكَ اْلاَمْنَ مِنْ عَذَابِكَ حَتَّى تَبْعَثَــهُ آمِنًا اِلـَى جَنَّتِكَ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

latin

Allahumma inndahu nazla bika waanta hoiru manzulimbihi waashabafakirolli rohmatik, waanta goniyyu an adza bihi wakot ji’naka roghibina ilaika syufaalahu allahumma ingkana muhsinna fazidz fii ihsanihi waingkana musita fatajawarhu anhu walakkihi birohmatika ridzataka wakihi fitnatul kobri waadzabahu  wafsahlahu fii kobrihi waja filardo annjanbaiti walakkihi birohmatikal amna minadza bika hatta tabasahu amina ila jannati biroh matika yaa arhamarrohimin.

Artinya, “Ya Allah, dia kembali kepadaMu Engkau adalah sebaik-baik tempat kembali. Ia membutuhkan rahmatMu sementara Engkau tidak perlu menyiksanya Kami mendatangiMu seraya mengharap kepadaMu agar dapat memberikan syafa’at baginya, Ya Allah, jika ia orang baik, maka tambahkanlah kebaikannya Jika ia orang jahat, maka maafkanlah keburukannya. Pertemukan ia dan ridhaMu berkat rahmatMu peliharalah ia dari fitnah dan azab kubur. Lapangkanlah kuburnya Jauhkanlah dinding bumi dari kedua sisi badannya Pertemukanlah ia dan keamanan berkat rahmatMu dari azabMu hingga Engkau membangkitkannya dalam keadaan aman menuju surgaMu berkat rahmatMu, wahai Zat Yang Maha Pengasih.

Doa selamat untuk Ahli Kubur

Arab

اللهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ

Latin

“Allahummagfirlahu warhamhu waafini wa’fu anhu”

Artinya, “Ya Allah, ampunilah dirinya, kasihanilah dirinya, afiatkan dirinya, dan maafkanlah dirinya.” Untuk jenazah perempuan, kata ganti penanda maskulin/mudzakkar diganti dengan kata ganti feminin/mu’annats. اللهُمَّ اغْفِرْ لَها وَارْحَمْها وَعَافِها وَاعْفُ عَنْها يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ Artinya, “Ya Allah, ampunilah dirinya (perempuan), kasihanilah dirinya, afiatkan dirinya, dan maafkanlah dirinya, wahai Tuhan sekalian alam.”

Doa Selamat Ulang tahun

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

 

ALLAHUMMA THOWWIL UMUURONA WA SHOHHIH AJSAADANA, WA NAWWIR QULUUBANA, WA SABBIT IIMAANANAA WA AHSIN A’MAALANAA, WA WASSI ARZAQONAA, WA ILAL KHOIRI QORRIBNAA WA ‘ANISY SYARRI AB’IDNAA, WAQDHI KHAWAA-IJANA FIDDIINI WADDUNYAA WAL AAKHIRATI INNAKA ALAA KULLI SYAI-IN QODIIRUN
Artinya :
Ya Allah! Panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam pada agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Doa Selamat Dari Tipu Daya Orang Kafir

Orang-orang kafir sejak jaman dulu berusaha untuk mengajak umat muslim ke jalan yang sesat dengan berbagai tipu daya, hasutan dan ajakan agar umat muslim mengerjakan perbuatan yang di larang oleh Allah.

oleh karena itu mari kita panjatkan doa selamat dari tipu daya orang kafir ini yang terdapat dalam Al Quran Surah Yunus ayat 85 dan 86 berikut merupakan teks donya:

 

Doa Selamat Dari Tipu Daya Orang Kafir Arab
رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِلْقَوْمِ الظَّالِمِينَ وَنَجِّنَا بِرَحْمَتِكَ مِنَ الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Bacaan Doa Selamat Dari Tipu Daya Orang Kafir Latin
“Ròbbanaa Laa Taj’alnaa Fitnatal Lil Qòumidh Dhòòlimiin Wa Najjinaa Biròhmatika Minal Qòumil Kaafiriin.”

Arti Bacaan Doa Selamat Dari Tipu Daya Orang Kafir
“Ya Tuhan kami, Jangan jadikan kami sasaran fitnah dan jauhkanlah kami dari sasaran fitnah bagi kaum yang zalim, dan selamatkanlah kami dengan rahmat-Mu dari tipu daya orang-orang yang kafir”.

Doa Selamat saat di jalan

Doa Naik Kendaraan Arab
سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ. وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Doa Naik Kendaraan Latin
”Subhaanalladzi sakhkhara lanaa hadza wamaa kunnaa lahuu muqriniin wainnaa ilaa rabbina lamunaqlibuun”

Arti Bacaan Doa Naik Kendaraan
“Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami”.

Doa Selamat Dari Orang Zalim

Doa selamat dari orang zalim ini merupakan doa yang dipanjatkan oleh nabi Mussa untuk orang-orang yang zalim dan Doa ini ada di dalam Al Quran Surah At Tahrim ayat 11.

 

Doa Selamat Dari Orang Zalim Arab
رَبِّ نَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

Bacaan Doa Selamat Dari Orang Zalim Latin
“Ròbbi Najjinii Minal Qòumidh Dhòlimiin”.

Arti Bacaan Doa Selamat Dari Orang Zalim
“Ya Tuhanku, selamatkanlah dan lindungilah aku dari orang-orang yang zalim itu”.

Doa Selamat Dari Penguasa Zalim

Pada jaman dahulu banyak penguasa zalim yang menganggap dirinya adalah penguasa tunggal yang tidak mengenal Allah dan Doa ini dipanjatkan oleh istri Firaun untuk mendapat perlindungan dari Firaun yang saat itu menjadi penguasa zalim dan semena-mena kepada rakyatnya dan Doa ini berada di dalam Al Quran Surah At Tahrim ayat 11.

Doa Selamat Dari Penguasa Zalim Arab
رَبِّ ابْنِ لِي عِنْدَكَ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ وَنَجِّنِي مِنْ فِرْعَوْنَ وَعَمَلِهِ وَنَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

Doa Selamat Dari Penguasa Zalim Latin
“Ròbbibni Lii ‘Indaka Baitan Fil Jannati Wa Najjinii Min Fir’auna Wa ‘Amalihi Wa Najjinii Minal Qòumidh Dhòlimiin”.

Arti Bacaan Doa Selamat Dari Penguasa Zalim
“Wahai Ya Rabbku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam surga, dan selamatkanlah aku dari Firaun dan perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari kaum yang zalim”.

Dalam doa selamat diatas adalah doa-doa memohon keselamatan kepada Allah untuk diri kita maupun orang lain supaya tetap dilindungi dan dijauhkan dari urusan di dunia atau urusan akhirat baik itu siksa kubur dan siksa api neraka.

 

Tinggalkan komentar