Doa Sebelum Belajar; Arab, Latin, Arti dan Adab ketika Membacanya

Doa Sebelum Belajar

doa sebelum belajar

Halo sobat setia syahrulanam.com pada kesempatan kali ini kami akan bagikan Artikel tentang doa sebelum belajar.
Doa ini ditujukan kepada Allah SWT supaya pembey yang anda jalankan dapat menjadi ilmu berguna baik didunia maupun diakhirat.

Nah sbelum lanjut ke doa mari kita simak bersama materi pengantar tentang doa sebelum belajar.

Pengertian Belajar

Pengertian belajar adalah sebuah proses yang dilakukan oleh setiap manusia untuk mendapatkan bentuk perubahan keterampilan, perubahan pengetahuan, perubahan sikap dan nilai positif dari berbagai materi pelajaran yang telah dipelajari.

Secara umum belajar merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap orang muslim, Karena dengan belajar, kita jadi berubah artinya dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak paham menjadi paham dan dari yang tidak bisa menjadi bisa.

Anjuran Belajar

Rasulullah SAW memerintahkan kita untuk senantiasa belajar, yah belajar ilmu Agama dan Pengetahuan sangatlah penting bagi kita, Ssesuai Sabda Rosulullah SAW:

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ

Artinya: “Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan.” (HR Al-Baihaqi)

Hadist diatas dijelaskan bahwa belajar atau mencari ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim baik itu laki-laki maupun perempuan nah, supaya belajar menjadi berkah maka sebelum belajar atau mencari ilmu kita dianjurkan untuk berdoa dengan membaca doa sebelum belajar hal ini  supaya di mudahkan dalam belajar, agar ilmu yang kita pelajari mudah difahami, dan bisa bermanfaat bagi kehidupan didunia maupun di akhirat kelak.

Sedangkan Allah SWT, memerintahkan kepada hambanya yang beriman dalam surah Al Mujadilah ayat 11, yang bunyinya:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Latin: Yāa ayyuhallażīna āmanū iżā qīla lakum tafassaḥụ fil-majālisi fafsaḥụ yafsaḥillāhu lakum, wa iżā qīlansyuzụ fansyuzụ yarfa’illāhullażīna āmanụ mingkum wallażīna ụtul-‘ilma darajāt, wallāhu bimā ta’malụna khabīr

Artinya: Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majelis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Ayat diatas menekankan kepada kita semua orang yang beriman untuk senantisa mencari ilmu dalam kehidupannya.

sedangkan anjuran selanjutnya Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

Menuntut ilmu ialah kewajiban bagi semua umat muslim mulai dari anak-anak sampai dengan orang tua oleh karena itu belajar tidak ada batas waktunya bagi seluruh umat muslim seperti yang telah disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW.

Rasulullah bersabda :

إِذَا مَاتَ ابْنُ آدَمَ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلا مِنْ ثَلاثٍ : صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya :

“Jika seseorang telah meninggal dunia maka terputuslah amalannya kecuali 3 perkara, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh.” (HR. Muslim).

Ilmu yang bermanfaat menjadi sebuah dambaan bagi setiap umat muslim, karena dari ilmu yang bermanfaat itulah menjadi penyebab salah satu amalan yang tidak pernah putus pahalanya walau sudah meninggal meninggal dunia.

Oleh karena itu ilmu adalah sesuatu hal yang sangat penting yang bisa menolongmu di dunia ataupun di akhirat.

Ilmu yang dimaksud di sini adalah ilmu yang bermanfaat, yang mengantarkan seseorang mengenal agama dan Rabbnya, ilmu yang mengajarkan tentang mana yang haq dan batil dan mana yang halal dan haram.

Jadi belajarlah dan carilah ilmu selama masih hidup dan manfaatkanlah untuk hal-hal yang baik serta ajarkanlah kepada orang lain agar selalu bermanfaat bagi orang disekitar anda.

Rasulullah bersabda :

مَنْ اَرَا دَالدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ . وَمَنْ اَرَادَالْااَخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِلْعِلْمِ . وَمَنْ اَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ

Artinya :

“Bagi siapa yang menghendaki kehidupan dunia maka wajib baginya memiliki ilmu, dan bagi siapa yang menghendaki kehidupan akhirat, maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa yang menghendaki keduanya, maka wajib baginya memiliki ilmu.”

Maka hukum mencari ilmu ialah wajib. Mencari ilmu ialah hal yang dan mengamalkannya adalah wajib, jika ingin bahagia di dunia dan di akherat. Karena hal ini telah di jamin oleh islam.

Ketika akan menuntut ilmu, seorang muslim harus berdoa agar ilmu yang didapatkan berkah. Doa sebelum belajar atau menuntut ilmu perlu dibiasakan sedari kecil agar terbiasa hingga masa dewasanya kelak.

 

Doa Sebelum Belajar merupakan rukun sebelum belajar, dan dari uraian di atas sudah jelas bahwa menuntut ilmu adalah wajib, karena ini berhubungan dengan kebahagiaan anda jika ingin mendapatkan kebahagiaan dunia dan akherat.

Setiap akan memulai suatu ibadah, sebaiknya diawali dengan niat dan berdoa agar ibadahnya mendapatkan ridho dari Allah seperti halnya doa.

Dalam hal ini, sebelum belajar menuntut ilmu maka awali dengan membaca doa sebelum belajar agar mudah memahaminya, menghafalkannya atau menyerapnya.

Bacaan Doa Sebelum Belajar

bacaan doa sebelum belajar

Bacaan Doa Sebelum Belajar Arab
رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Bacaan Doa Sebelum Belajar Latin
“Rodlittu billahiroba, Wabil islaamidiinaa, Wabimuhammadin nabiyyaa warasuula, Robbi zidnii ilmaan warzuqnii fahmaan.”

Arti Bacaan Doa Sebelum Belajar
“Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.”

Bacaan diatas adalah bacaan doa secara umum di baca saat mau belajar baik itu dalam sekolah ataupun diluar sekolah, biasanya digabungkan dengan doa dibawah ini. namun ada juga yang memisahkannya seperti yang kali ini kami tulis.

Selain doa sebelum belajar diatas, terdapat doa sebelum belajar , ada juga doa belajar singkat seperti dibawah ini.

Bacaan Doa Sebelum Belajar Singkat

bacaan doa sebelum belajar singkat

Bacaan Doa Sebelum Belajar Singkat Arab
رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Bacaan Doa Sebelum Belajar Singkat Latin
“Robbi zidnii ‘ilman Warzuqnii fahmaa, Waj’alnii minash-shoolihiin.”

Arti Bacaan Doa Sebelum Belajar Singkat
“Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berilah aku kemampuan untuk memahaminya, dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang sholeh.”

Bacaan diatas adalah doa sebelum belajar yang pendek, doa ini sangat cocok bagi ananda yang belajar menghafalkan doa doa, cara menghafal supaya lebih mudah dihafal yakni dengan cara membacanya setiap hari insya Allah satu bulan sudah ada yang hafal.

Selain belajar ilmu dunia, kita diharapkan juga belajar ilmu agama misalnya belajar mengaji atau membaca Al Quran sangat penting untuk kehidupan akhirat, selanjutnya simak doa sebelum belajar sesuai sunnah berikut.

Bacaan Doa Sebelum Belajar Sesuai Sunnah

bacaan doa sebelum belajar singkat

Bacaan Doa Sebelum Belajar Sesuai Sunnah Arab
اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Bacaan Doa Sebelum Belajar Sesuai Sunnah Latin
“Alloohumma Akhrijnaa Min Dzulumaatilwahmi Wa Akrimnaa binuuril Fahmi Waftah’alainaa Bima’rifatika Wasahhil Lanaa Abwaaba Fadl-lika Ya Arhamar Roohimiin.”

Arti Bacaan Doa Sebelum Belajar Sesuai Sunnah
“Ya Allah, bebaskanlah kami dari kegelapan prasangka, muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang Maha Penyayang.”

Doa sebelum belajar agar cepat faham

اللَّهُمَّ ارْزُقْنَا فَهْمَ النَّبِيِّيْنَ وَحِفْظَ اْلمَرْسَلِيْنَ وَإِلْهَامَ الْمَلَائِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ، بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allâhummarzuqnâ fahman nabiyyîna wa hifdhal mursalîna wa ilhâmal malâikatil muqarrabîn birahmatika yâ arhamar râhimîna

Artinya: “Ya Allah, anugerahilah kami pemahaman para nabi, hafalan para rasul, dan ilhamnya para malaikat yang dekat (dengan-Mu), sebab kasih sayang-Mu, wahai Dzat yang Mahapengasih.”

Lafal tersebut bisa disambung dengan doa:

اللَّهُمَّ أَغْنِنِي باِلْعِلْمِ، وَزَيِّنِّيْ بِالْحِلْمِ، وَأَكْرِمْنِيْ بِالتَّقْوَى، وَجَمِّلْنِيْ بِالْعَافِيَةِ، بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allâhumma aghninî bil ‘ilmi, wazayyinnî bil hilmi wa akrimnî bit taqwâ, wa jammilnî bil ‘âfiyah, birahmatika yâ arhamar râhimîn

Artinya: “Ya Allah, limpahi aku dengan ilmu, hiasi diriku dengan kesantunan, muliakan aku dengan takwa, dan perindah diriku dengan kesehatan, sebab kasih sayang-Mu, wahai Dzat yang Maha pengasih.”

Doa diatas dikutip dari dari kitab Majmu‘ah Maqruatt Yaumiyyah wa Usbu‘iyyah karangan KH Muhammad bin Abdullah Faqih. Doa yang dianjurkan dibaca sebelum mengaji atau belajar ini diperoleh dari KH Ali Ma’shum Lasem yang kemudian diijazahkan oleh KH Abdullah Faqih (Allah yarham), Pengasuh Pondok Pesantren Langitan.

Menimba ilmu merupakan kegiatan utama, bahkan dalam banyak riwayat disebut menduduki posisi lebih tinggi dibanding aktivitas ritual ibadah biasa. Cara mencari ilmu cukup banyak, mulai dari aktif duduk di bangku sekolah, menyimak majelis pengajian dll.

Doa Sebelum Belajar Al Qur’an

اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Alloohumma akhrijnaa min dzulumaatilwahmi wa akrimnaa binuuril fahmi waftah’alainaa bima’rifatika wasahhil lanaa abwaaba fadl-lika ya arhamar roohimiin

Artinya: “Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan prasangka muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang paling penyayang.”

Adab Berdoa Sebelum Belajar

Membiasakan diri untuk membaca doa sebelum belajar dalam kehidupan sehari-hari adalah adab yang baik terutama hal ini perlu disampaikan kepada Anak-anak di bangku sekolah dan ditekankan untuk menghafalkannya serta selalu mengamalkan doa sebelum belajar ini.

Doa ini Tidak hanya di amalkan di sekolah saja, tapi di lingkungan rumah pun seorang anak harus memanjatkan doa sebelum belajar atau mengerjakan tugas sekolahnya bahkan di semua aktifitas kita yang seharusnya diawali dengan berdoa.

Dengan melaksanakan Aktifitas namun sebelumnya berdoa, rutinitas ini akan memberikan kemudahan, keberkahan, dan keselamatan dalam menuntut ilmu. Seorang pelajar, penuntut ilmu, para santri seharusnya memang mengamalkan doa sebelum belajar.

Tidak hanya itu, menghormati guru, dosen, utstadz dan ustadzah juga tidak boleh ditinggalkan.

Seorang guru, ustadzah, atau dosen memiliki jasa yang besar dalam menyampaikan ilmu kepada kita. Memuliakan mereka tentu menjadi sebuah hal terpuji.

Adab berdoa sebelum belajar adalah dilakukan dengan sungguh-sungguh, niat yang tulus, dan hanya mengharapkan ridho dari Allah.

Siapa saja yang akan menuntut ilmu baik itu anak-anak maupun orang dewasa bisa memulainya dengan berdoa.

Hal tersebut dikarenakan tidak ada batasan bagi kaum muslimin untuk belajar. Setiap muslim wajib untuk belajar baik itu belajar tentang ilmu pengetahuan maupun tentang agama.

Pada hakikatnya, terdapat beberapa jenis ilmu yang harus dipelajari oleh umat islam.

  1. Ilmu Agama

Ilmu agama harus dipelajari agar manusia bisa menjalankan ibadah dengan lebih baik. Contohnya saja ilmu tentang akidah, bersuci, tata cara sholat, puasa, dan sebagainya.

  1. Ilmu Dunia

Ilmu dunia berhubungan dengan duniawi contohnya ilmu kedokteran, ilmu kimia, ilmu matematika, dan masih banyak lagi.

Islam mengharuskan umatnya untuk menuntut kedua ilmu tersebut. Ilmu dunia dan ilmu agama harus dituntut secara seimbang agar bisa mendapatkan kebaikan di dunia dan di akhirat.

Menanamkan sejak dini tentang doa sebelum belajar akan membuat anak-anak mencintai belajar. Semangat belajar akan terus meningkat dan anak-anak akan tumbuh dengan rasa cinta terhadap pengetahuan.

Melakukan doa sebelum belajar atau juga doa setelah belajar harus dilakukan dengan adab yang baik. Dengan diawali menyebut nama Allah.

Ulanglah doa tersebut secara terus menerus dan janganlah pernah bosan. Berdoalah dengan menghadap kiblat dan penuh rasa takut kepada Allah.

Membaca dan mengamalkan doa sebelum belajar diharapkan akan membuat Anda mendapatkan keberkaahan hidup di dunia dan di akhirat.

Awalilah setiap kegiatan dengan berdoa. Akhiri pula setiap kegiatan dengan berdoa.

Bacaan doa sebelum belajar sangat bervariasi. Anda bisa mengamalkan doa yang Anda inginkan.

Semua bacaan doa sebelum belajar mengandung arti yang baik dan bertujuan agar ilmu yang didapatkan berkah.

Adab Berdoa Sebelum Belajar

Membiasakan diri untuk membaca doa sebelum belajar dalam kehidupan sehari-hari adalah adab yang baik. Anak-anak di bangku sekolah pun ditekankan untuk selalu berdoa sebelum memulai aktifitasnya.

Tidak hanya di sekolah, di lingkungan rumah pun seorang anak harus memanjatkan doa sebelum mengerjakan tugas sekolahnya. Seluruh aktifitas belajar memang seharusnya diawali dengan berdoa.

Aktifitas berdoa akan memberikan kemudahan, keberkahan, dan keselamatan dalam menuntut ilmu. Seorang pelajar, penuntut ilmu, para santri seharusnya memang mengamalkan doa sebelum belajar.

Tidak hanya itu, menghormati guru, dosen, utstadz dan ustadzah juga tidak boleh ditinggalkan.

Seorang guru, ustadzah, atau dosen memiliki jasa yang besar dalam menyampaikan ilmu kepada kita. Memuliakan mereka tentu menjadi sebuah hal terpuji.

Adab berdoa sebelum belajar adalah dilakukan dengan sungguh-sungguh, niat yang tulus, dan hanya mengharapkan ridho dari Allah.

Siapa saja yang akan menuntut ilmu baik itu anak-anak maupun orang dewasa bisa memulainya dengan berdoa.

Hal tersebut dikarenakan tidak ada batasan bagi kaum muslimin untuk belajar. Setiap muslim wajib untuk belajar baik itu belajar tentang ilmu pengetahuan maupun tentang agama.

Pada hakikatnya, terdapat beberapa jenis ilmu yang harus dipelajari oleh umat islam.

1. Ilmu Agama

Ilmu agama harus dipelajari agar manusia bisa menjalankan ibadah dengan lebih baik. Contohnya saja ilmu tentang akidah, bersuci, tata cara sholat, puasa, dan sebagainya.

2. Ilmu Dunia

Ilmu dunia berhubungan dengan duniawi contohnya ilmu kedokteran, ilmu kimia, ilmu matematika, dan masih banyak lagi.

Islam mengharuskan umatnya untuk menuntut kedua ilmu tersebut. Ilmu dunia dan ilmu agama harus dituntut secara seimbang agar bisa mendapatkan kebaikan di dunia dan di akhirat.

Menanamkan sejak dini tentang doa sebelum belajar akan membuat anak-anak mencintai belajar. Semangat belajar akan terus meningkat dan anak-anak akan tumbuh dengan rasa cinta terhadap pengetahuan.

Melakukan doa sebelum belajar atau juga doa setelah belajar harus dilakukan dengan adab yang baik. Dengan diawali menyebut nama Allah.

Ulanglah doa tersebut secara terus menerus dan janganlah pernah bosan. Berdoalah dengan menghadap kiblat dan penuh rasa takut kepada Allah.

Membaca dan mengamalkan doa sebelum belajar diharapkan akan membuat Anda mendapatkan keberkaahan hidup di dunia dan di akhirat.

Awalilah setiap kegiatan dengan berdoa. Akhiri pula setiap kegiatan dengan berdoa.

Bacaan doa sebelum belajar sangat bervariasi. Anda bisa mengamalkan doa yang Anda inginkan.

Semua bacaan doa sebelum belajar mengandung arti yang baik dan bertujuan agar ilmu yang didapatkan berkah.

berikut ini keutamaan dari doa sebelum belajar, yang telah admin rangkum sedemikian lengkap:

  1. Mendapat Ilmu Yang berkah.

salah satu keutamaan berdoa sebelum belajar adalah mendapatkan ilmu yang berkah sehingga ilmu yang dimilikinya dapat berguna baik itu saat didunia maupun saat diakhirat.

2. Belajarnya dicatat sebagai ibadah.

seperti hakikatnya bahwa manusia adalah mahluk yang diciptakan Allah untuk beribadah, bukan hanya hidup semata dan mengejar kebahagiaan dunia saja. dan sejatinya setiap perbuatan tergantung pada niatnya maka dari itu jika kita meniatkan segala sesuatu perbuatan kita selalu diawali dengan berdoa inysa Allah apa yang kita lakukan termasuk sebagai ibadah.

3. Lebih percaya Diri

Dengan berdoa, kita-pun jadi lebih percaya diri untuk mengerjakan sesuatu. sebab disini kita sudah memasrahkan hasil semuanya kepada sang pencipta karena Berdoa juga tujuannya untuk memohon perlindungan.

4. Terlindung Dari Kemalasan

Dengan berdoa sama saja kita Berlindung pula agar jauh dari rasa malas, nah? Buat kalian yang mungkin terkadang masih malas-malasan, hendaknya awali setiap aktifitas atau schedule kalian dengan berdoa. Karena meskipun kita orang islam, akan tetapi tak sedikit juga yang terkadang lupa dan meremehkan hal ini.

5. Menjadikan sabar
Dengan berdoa, seseorang tidak sengaja telah belajar arti sebuah kesabaran. Sebab segala sesuatu juga tidak bisa langsung ditembus begitu saja, namun juga memerlukan tatanan khusus. Dan tatanan yang baik dalam islam adalah belajar, action dan sabar nunggu hasilnya. Semoga saja kita masuk dalam golongan orang-orang yang sabar. aamin

 

 

Simak dan baca juga : Doa Sebelum Tidur

Manfaat Doa Sebelum Belajar

Doa sebelum belajar memiliki banyak manfaat dan fadilah bagi yang mengamalkannya. Ketika belajar diawali dengan niat yang tulus dan ikhlas, maka ilmu yang akan didapatkan pun menjadi lebih barokah.

Apa saja manfaat berdoa sebelum dan sesudah menuntut ilmu atau belajar?

Silahkan simak ulasan dan penjelasan tentang manfaat doa sebelum belajar ini.

1. Terhindar Dari Berbagai Masalah
Manfaat mengamalkan doa sebelum belajar adalah untuk menghindarkan diri dari berbagai masalah. Mempelajari sebuah ilmu tentu akan dihadapkan dngan berbagai macam masalah.

Masalah yang dihadapi sangat bervariasi. Maka, mulailah dengan berdoa. Insya Allah proses belajar akan berjalan dengan lancar dan ilmu yang didapatkan menjadi lebih barokah.

2. Mendapatkan Jawaban yang Tepat
Untuk mendapatkan jawaban yang tepat, Anda bisa berdoa sebelum belajar.

Contohnya saja ketika Anda akan menghadapi ujian dalam berbagai bidang pelajaran.

Sebelum mulai ujian, Anda bisa membacar doa belajar terlebih dahulu. Insya Allah, Anda akan dimudahkan dalam menjawab soal dan akan ditunjukkan dengan jawaban tepat.

3. Tujuan Menjadi Jelas
Belajar tentu memiliki sebuah tujuan yang jelas. Dengan berdoa, Anda memiliki tujuan jelas tentang apa yang akan Anda pelajari.

Adanya tujuan jelas membuat Anda terhindar dari keragu-raguan dalam belajar. Berdoa bisa menjadi bukti bahwa Anda telah pasrah. Jadi, tujuan Anda akan menjadi lebih mudah untuk dicapai.

4. Lebih Percaya Diri dan Ikhlas
Mengamalkan doa sebelum belajar akan membuat Anda bisa lebih percaya diri dan ikhlas. Pasrahkan semua hal yang akan terjadi hanya kepada Allah.

Manusia hanya bisa berdoa dan berusaha. Untuk urusan hasil yang akan didapatkan, Allah yang akan menentukan.

5. Bermanfaat Untuk Kehidupan Dunia dan Akhirat
Berdoa sebelum dan setelah melakukan sesuatu akan membuat sesuatu yang Anda kerjakan menjadi bermanfaat. Selain itu, Anda akan mendapatkan pahala dari Allah, dan mendapatkan kemuliaan di dunia dan di akhirat.

6. Melatih Kesabaran
Allah sangat menyayangi orang-orang sabar. Dengan berdoa, seseorang telah belajar arti dari sebuah kesabaran.

Tidak ada sesuatu yang bisa begitu saja atau bisa dengan instan. Semua membutuhkan proses dan waktu serta tatanan khusus untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

Tatanan belajar yang baik dalam islam adalah action, dan menunggu hasilnya. Lakukan hal terbaik yang bisa Anda lakukan dan hasilnya Anda pasrahkan kepada Allah.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!