contoh pembukaan pidato

Contoh Pembukaan Pidato

Contoh Pembukaan Pidato

Pembukaan pidato biasanya berisikan tentang beberapa kalimat sebelum memulai membacakan isi dari sebuah pidato, seperti yang kita ketahui Pidato adalah bentuk kegiatan yang menyampaikan sebuah aspirasi, pemikiran, atau segala sesuatu yang ingin disampaikan di depan orang banyak.

contoh pembukaan pidatoAnda dapat juga membagikan sebuah materi presentasi kepada audience yang berkaitan dengan isi pidato, karena di dalam membuat teks pidato ada 3 bagian penting yang harus diperhatikan diantaranya adalah:

Pembuka
Isi
Penutup

Agar penampilan Anda saat berdiri di hadapan audience terlihat memesona, cobalah menggunakan busana yang mendukung penampilan saat berbicara. Selain itu cobalah trik menggunakan kalimat pembuka pidato berikut ini.

Contoh Pembukaan Pidato Resmi

Ada beberapa karakter orang dalam membuka isi pidatonya untuk acara formal biasanya ada beberapa macam cara mereka membuka pembukaan pidato yaitu:

Membuka dengan memuji Tuhan : Alhamdulilah, salam sejahtera untuk kita semua karena pada saat ini kita masih bisa hidup dan diberikan kenikmatan mendengar, melihat dan merasakan. Sungguh suatu karunia yang sangat besar dari tuhan yang diberikan kepada kita. Untuk itu mari kita sama-sama untuk selalu senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang mulia ini.

Pembukaan dengan memperkenalkan diri lebih dahulu : selamat siang salam bagi kita semua. Semoga tuhan selalu melimpahkan kasih sayangnya pada kita semua disini. Hari ini disini ijin kan saya memperkenalkan diri saya terlebih dahulu. Karena pepatah orang tua mengatakan tak kenal maka tak sayang. Perkenalkan saya Hanung selaku perwakilan yang diutus untuk memberikan materi hari ini oleh yayasan.

Pidato dibuka dengan Pembicaraan santai : sahabat-sahabat yang saya sayangi, sebelum saya lanjutkan pembicaraan kita siang ini, ijinkan saya bertanya terlebih dahulu. Siapa yang mau jawab apa tujuan anda hadir disini? Karena agar saya tau apakah kita berada dalam visi dan misi yang sama, atau berbeda. Baik saya akan mulai dari yang sudut sebelah kanan saya.

Pembukaan pidato dengan Mengungkapkan fakta : hadirin yang saya muliakan hari ini, akhir-akhir ini kita telah menyaksikan pergolakan politik dan sosial ekonomi masyarakat saat ini sangat suram. Bencana, peperangan, saling hujat dan saling mendahului saat ini tengah berlangsung di dalam kehidupan kita.

1. Pembuka Pidato dengan Memperkenalkan Diri

 

(Bagian salam dan doa)

Pagi yang Cerah ya!

Apa kabar semua? Saya yakin pasti semua akan baik-baik saja, seperti yang terpampang jelas di depan ini. Nah, seperti dia yang duduk di sana itu selalu tersenyum berseri. Seperti bunga sakura yang sedang bermekaran. Ngomong-ngomong, sudah ada yang mengenal Saya sebelumnya? Ada pepatah mengatakan, tak kenal maka tak sayang. Daripada tidak disayang lebih baik Saya perkenalkan diri terlebih dahulu. Saya Kartika Widy Mulia, biasa dipanggil Widy. Saya bekerja sebagai asisten yang tidak ada liburnya alias ibu rumah tangga dan pekerjaan sampingan sebagai freelancer. Nah, Saya di sini ingin berbagi pengalaman menjadi seorang freelancer yang dibayar iya, diberikan produk cuma-cuma juga iya. Siapa yang gak tertarik sih? Ada yang mau juga gak nih, bingkisan selalu ada di rumah. Mulai dari skincare hingga produk makanan. Cuma untuk diulas dalam tulisan.

Oleh sebab itu, Saya sekarang ingin memberi tahu rahasia selama remaja hingga saat ini bertahan hidup mewah hanya dari sponsor.

Teman-teman semua,

(isi pidato)

Baca juga : Buatlah Materi Presentasi untuk Mendukung Penampilan Anda

2. Pembuka Pidato dengan Menyajikan Fakta Sejarah

 

Bagian salam dan doa

Hadiri yang berbahagia

Tepat hari ini di tanggal 10 November, orang-orang sebelum kita telah berjuang mempertahankan negara dan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Mereka dengan gagah dan berani melawan penjajah, dan sekarang kita telah menikmati hasil yang sudah dilakukannya. Namun, jangan pernah melupakan semangat mereka untuk bisa sampai dititik kemerdekan.

Oleh sebab ini Saya berdiri di sini untuk memperingati hari pahlawan nasional, dan berbagi semangat kepada kalian mengenai perjuangan mereka.

Hadirin yang bahagia

(isi pidato)

3. Pembuka Pidato dengan Unsur Humor

 

Bagian salam dan doa

Rekan-rekan yang tercinta,

Pernahkah Anda berpikir mengapa para pengusaha cenderung memiliki postur tubuh yang subur dan selalu happy? Sebab mereka tidak pernah menjadi sarden di pagi hari seperti pegawai umumnya hehehe. Kecuali Saya, pebisnis yang masih menjadi beef steak di jalan. Meski sudah ada ac tetap saja panas membara di dalam diri akibat macet. Jika nanti kalian mempraktekan apa yang Saya bicarakan saat ini, harus memastikan jangan sampai menjadi sarden atau beef steak seperti Saya. Gak enak loh! ehehehe

Oleh sebab itu, Saya berdiri di sini untuk memberikan solusi enaknya menjadi entrepreneur yang tepat.

Rekan-rekan sekalian

(isi pidato)

4. Pembuka Pidato dengan Bersyukur Kepada Tuhan

 

Bagian salam dan doa

Pertama-tama Saya ucapkan puji syukur kepada Tuhan atas kesempatan yang diberikan kepada Saya hari ini. Berdiri di sini, berhadapan dengan kalian orang-orang hebat. Semoga Tuhan selalu memberikan keberkahan kepada Anda semua yang sudah bersedia meluangkan waktunya untuk mendengarkan Saya berbicara.

Hadirin yang terhormat,

Pada kesempatan kali ini, Saya ingin menyampaikan sebuah pidato mengenai … (langsung isi pidato)

Baca juga : Mahir Bicara di Depan Umum Dengan 5 Tips Ini

5. Pembuka Pidato dengan Memberikan Gambaran Ilustrasi

 

Bagian salam dan doa

Hadirin yang Saya hormati,

Sebelum kita memulai materi kali ini mengenai kepekaan terhadap perasaan, sebaiknya kita lihat kejadian yang saat ini sedang terjadi. Saat ini marak sekali orang yang membuang sampah sembarangan dan menyebabkan kotor pada beberapa lingkungan. Saya ingin bertanya kepada hadirin semua, apakah nyaman melihat kondisi lingkungan seperti itu? Jika tidak, apa yang harus dilakukan? Kalau Saya akan membuat kedisiplinan pada diri untuk selalu membuang sampah pada tempatnya. Bahkan kalau tidak menemukan tempat sampah, selalu Saya simpan terlebih dahulu. Tapi ini sampah yang kecil seperti bungkus makanan ringan hingga botol minum kemasan. Setelah menemukan tempat sampah barulah membuangnya. Simpel kan?

Hadirin sekalian,

6. Pembukaan Pidato Agama

PEMBUKAAN I :

Alhamdulilahi rabbil ‘alamin,
Was sholatu wassalamu ‘ala,
Asyrofil ambiyaa iwal mursalin,
Sayyidina wa maulana Muhammadin,
Wa ‘alaa ‘alihi wa shohbihi ajmain.
Ama ba’du.

PEMBUKAAN II :

ALHAMDULILLAHI ROBBL ALAMIIN, NAHMADUHU WANASTAIINU WANASTAGHFIRUHU,,,WANA UUDDZU BILLAHI MIN SYURURI ANFUSINA WAMIN SAAYYIATI A`MALINA…MAYAHDILLAHU FALA MUDHILLALAH WAAMAYUDDHLILHU FALA HAADIYA LAHU.. ASYHADU ALLAA ILAAHA ILLALLAH WA ASHADU ANNA MUHAMMADARRASULULLAH ALLAHUMMASALLI ALA SSAAYIDINA MUHAMMAD WA ALA ALI SAYIDINA MUHAMMAD… AMMA BA`DU.

7. Pembukaan Pidato Bahasa Jawa

ambuka Sesorah Bahasa Jawa Krama Alus.

Bismillahirrahmaanirrahiim, Assalamualaikum Wr.Wb. Para tamu ingkang kawula kurmati. Ing dinten punika mangga kita sesarengan aturaken puji lan syukur marang Gusti Allah SWT ingkang sampun maringi kasihatan, keselametan, rahmat, lan hidayah-Nya, sahingga kita saged sesarengan makempal ing pepanggonan punika kangge mangeti dinten kamardikan Indonesia ingkang kaping 73.

 

Contoh pembukaan pidato bahasa jawa dengan bahasa halus.

Tuladhane Pambuka Sesorah ngangge Bahasa Jawa Krama Alu, yaiku :

Bismillahirrahmaanirrahiim, Assalamualaikum Wr.Wb. Para tamu ingkang kawula kurmati. Ing dinten punika mangga kita sesarengan aturaken puji lan syukur marang Gusti Allah SWT ingkang sampun maringi kasihatan, keselametan, rahmat, lan hidayah-Nya, sahingga kita saged sesarengan makempal ing pepanggonan punika kangge mangeti dinten kamardikan Indonesia ingkang kaping 73.

Pembukaan Pidato Sambutan

 

Berikut ini beberapa contoh pidato sambutan yang dapat dijadikan sambutan pada acara tertentu. Kata sambutan biasanya disampaikan pada acara resmi berikut salah satu sambutannya.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Yang saya hormati seluruh undangan dan tamu yang berkenan hadir pada acara pembukaan perlombaan festival ini. Saya sangat berterimakasih atas seluruh dukungan para hadirin semua. Semoga allah membalas dengan kebaikan yang lainnya. Dalam kesempatan ini saya memberikan apresiasi yang sebaik-baiknya kepada seluruh penyelenggara dan seluruh peserta di acara semoga dapat terlaksana tanpa hambatan.
Salam sejahtera kepada seluruh para hadirin, bersyukur kepada Allah swt karena telah melimpahkan segala kasih sayang dan keberkahan memberikan kemudahan terselenggaranya acara yang bahagia ini. Tak lupa juga saya mengucapkan banyak terimakasih telah diundang untuk turut berpartisipasi dalam acara yang besar ini terutama para tokoh masyarakat yang telah mendukung terselenggaranya acara ini.

Contoh pembukaan pidato pengajian

Assalamualaikumwarahmatullah wabarakatuh. Para hadirin yang terhormat dan seluruh para jamaah yang telah hadir untuk mendengarkan ceramah ustad hari ini. Saya sangat berterimakasih atas kehadiran para jemaah yang mau berpartisipasi dalam acara ini. Mari sama-sama kita laksanakan dan dengarkan ceramah ustad dan guru kita hari ini. Untuk seluruh hadirin dan jamah yang kami sayangi.agar tetap tertib dalam mengikuti acara ini. Dan tak lupa saya juga mengucapkan yang setingginya kepada guru kita yang telah hadir memenuhi undangan panitia hari ini.

Contoh pembukaan pidato Seminar

Hadirin yang saya hormati dan sayangi salam sejahtera bagi kita semua. Semoga hari ini acara ini dapat berlangsung dengan baik tanpa kendala yang berarti. Pada kesempatan ini saya mengucapkan terimakasih atas seluruh partisipasi. Dalam acara pertemuan ini saya mengucapkan yang sebesar-besarnya. Dalam rangka menuju pendidikan yang lebih baik maka acara seminar ini dapat dijadikan dasar untuk semangat dalam menulis karya ilmiah. Mari kita manfaatkan acara ini untuk meningkatkan mutu pendidikan di indonesia.

contoh pembukaan pidato persuasif

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Yang saya hormati bapak Kepala Desa Ringin Ijo

Yang saya hormati Bapak sekretaris Desa beserta jajaran-jajarannya

dan yang sangat saya banggakan anggota karang taruna dan seluruh masyarakat desa Ringin Ijo

Alhamdulillah, Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Besar kita Nabi Muhammad SAW yang telah menuntun kami semua hingga saat ini. Pertama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah banyak memberikan kita nikmat dan barokah-nya sehingga kita dapat menghadirin dalam acara yang berhabagia ini.

Baiklah hadirin, dikesempatan yang sangat berbahagia ini saya akan membahas tentang “Peran Pemuda Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Demi Kehidupan yang Sehat”. Para hadirin sekalian, betapa pentingnya menjaga lingkungan tempat tinggal kita. Jika dilingkungan sekitar kita kotor dan tercemar tentunya akan menimbulkan berbagai bahaya bagi kehidupan kita. Nah, pada kesempatan kali ini saya hendak menghimbau seluruh masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan itulah mengapa kita harus memiliki perasaan yang peka terhadap sesuatu .. (isi pidato)

Itulah beberapa contoh pembuka pidato yang umum digunakan dalam setiap acara dan Pastikan pemilihan kalimat dan isi dalam pidato memiliki manfaat bagi yang mendengarnya. Sehingga materi menjadi ilmu tambah bagi peserta. berikut kami juga paparkan beberapa contoh pidato yang lengkap dari berbagai tema oalh karena itu mati kita simak juga:

 

Tinggalkan komentar