Cara Merawat Anak Ayam Bangkok yang Baik Agar Cepat Besar

Cara Merawat Ayam Bangkok

Sebagai penghobi ayam, atau peternakan ayam sudah seharusnya mengetahui cara merawat ayam mulai dari kecil hingga besar (jago) dan siap tarung.

Nah dikesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai rawatan ayam Bangkok mulai kecil hingga besar dan siap untuk di coba. Seperti yang kita ketahui bahwa ayam bangkok merupakan jenis ayam aduan yang paling terkenal diantara ayam aduan jenis lainnya sehingga rawatannya pun akan berbeda dari pada ayam lainnya.

oleh karena itu kami berikan pembahasan ini dari pengalaman yang pernah saya alami selama saya berternak ayam:

Cara Merawat Anak Ayam Bangkok Umur 1-3 Bulan

Merawat Ayam adalah sebuah hal yang penting agar mendaptkan kualitas ayam yang bagus pula, nah salah satu cara merawat ayam bangkok yang benar adalah memberikan pakan di waktu yang tepat.

Misalnya saja masalah pemberian pakan ayam yang sesuai dengan usianya yaitu ketika ayam sudah berusia 2 hari sebelum itu, anak ayam cukup diberi air minum yang bisa juga dicampur vitamin.

Anakan ayam umur 1-6 hari adalah fase yang sangat rawan karena pada usia ini ayam masih sangat kecil dan lemah, makanan yang diberikan harus bertekstur kecil hal ini disebabkan pada masa ini Anak ayam masih belajar untuk mematuk dan belum bisa menelan makanan yang ukurannya lebih besar dari pada tenggorokannya misalnya seperti br 511 dll.

Umur ayam seperti ini sangat membutuhkan Zat gizi yang tepat dan dibutuhkan oleh anak ayam bangkok pada usia ini, Oleh karena itu pakan yang bagus diberikan adalah pakan ayam pedaging karena pakan ini memiliki protein tinggi dan lemak, ukurannya sesuai dengannya sehingga memudahkan ayam untuk mengkonsumsinya.

Ketika ayam Menginjak usia 2 minggu, anak ayam bangkok usia ini sudah bisa mematuk sudah semakin baik dan mulai aktif mencari sendiri makanan di sekitarnya dan diumur demikian sudah mampu makan makanan yang berukuran agak besar.

Di usia ini, kebutuhan anak ayam akan nutrisi juga berubah sehingga agar menjaga  pertumbuhannya tetap normal, kandungan lemak pada pakan ayam harus dikurangi misalnya  Komposisi pakan yang paling baik untuk anak ayam usia ini adalah protein 60%, serat 30%, dan lemak 10%.

Jenis makanan yang dimaksud maih terbilang ribet anda cukup memberikan pakan pur ayam 511, beras merah dan jagung giling. selain pakan hal yang perlu diperhatikan lagi adalah kebersihan air munum dan vitamin untuk anak ayam, lakukan hal ini setiap harinya sampai anakan ayam umur 1 bulan lebih

Pakan Anak Ayam Bangkok untuk Usia 2-3 Bulan

Tips merawat pakan ayam bangkok Pada usia ini, sebaiknya anak ayam sudah mulai dilepas dari kandang bok atau diumbar ditempat yang lebih luas dengan tetap pemberian pakan racikan diatas, pengumbaran ini harus sering diawasi karena di usia ini ayam masih rentan terhadap penyakit.

Pada umur 2 bulan, ini kandang ayam bangkok haruslah kering dengan paduan sinar matahari yang cukup, serta tempat tidur ayam yang hangat seperti manggung atau jika dibawah sedikan kardus bekas untuk ia tidur di malam hari sehingga anak ayam tidak merasa kedinginan.

lakukan rawatan diatas hingga umur ayam menginjak umur 3 bulan dan ayam cukup kuat terhadap dinginnya suhu di malam hari. selain itu yang perlu diperhatikan lagi adalah kondisi minum ayam yang harus di ganti setiap hari, pada umur demikian ayam tak perlu diberikan vitamin kembali cukup air yang bersih dan pakan yang bergisi.

Masa pengumbaran ini sangat penting terutama jika Anda memelihara ayam bangkok, ayam birma, ayam pakhoy, ayam pama dan jenis jenis ayam lainnya. hal ini dikarenakan agar anakan ayam tetap sehat dan memiliki kekuatan tulang serta otot sehingga kelak ketika dewasa ia menjadi ayam yang tangguh.

terlebih Jenis ayam yang satu ini sangat terkenal aktif, lincah, dan cekatan Jika tidak ditunjang dengan umbaran yang luas maka ayam ini tidak dapat lincah seperti seharusnya bahkan kalau fatal dapat mengakibatkan ayam bangkok menjadi seperti ayam pedaging sehingga kurang lincah dan mudah sakit.

Pakan ayam bangkok yang paling tepat untuk usia ini adalah makanan khusus yang berkode 511 dan 594 dengan perbandingan 50-50 dengan dengan tambahan sebagai berikut:

  1. kode 511 untuk pakan anak ayam usia 1 bulan
  2. kode 511, beras merah dan jagung giling untuk pakan anak ayam usia 2 bulan
  3. kode 594, beras merah, kacang hijau, gilingan jangung dan bekatul (dedak) untuk pakan anak ayam berusia 3-6 bulan.

Nb: bagi peternak yang lama ada sebuah racikan Agar nakan ayam cepat besar, sebagian peternak memberikan kyojin atau pakan ayam-raksasa di usia 2-4 bulan. Pakan ini bisa anda dapatkan ditoko-toko besar tempat jual pakan ternak, pakan ini berupa campuran serbuk enzim dan bahan lain yang tinggi protein, lemak, serta kalsium dan biasa pakai oleh peternak ayam bangkok di china. cara mencampurnya adalah dengan 1 sendok makan setiap hari pada pakan anakan ayam bangkok anda.

Pakan Ayam Bangkok untuk Usia 3–6 Bulan

Memasuki usia ini, anakan ayam semakin aktif mencari makan sendiri, mulai lincah berlari-lari, bahkan tarung-tarungan hingga berjam-jam lamanya, terutama jenis ayam bangkok super lalu bagaimana dengan pakan yang diberikan, supaya dapat memenuhi kebutuhan tubuhnya.

Pakan yang paling baik untuk diberikan adalah racikan pakan yang sesuai dengan yang kami jelaskan diatas seperti kode pur 594, beras merah, kacang hijau, gilingan jangung dan bekatul (dedak)

Anakan Ayam ini juga bisa diberi suplemen tambahan, seperti vitamin B kompleks dan kalsium/kalk agar cepat besar, karena Fungsi dari suplemen tambahan ini adalah untuk membantu pertumbuhan ayam baik bulu dan tulang berjalan secara maksimal.

sehingga hasilnya dapat menjadikan ayam yang memiliki postur yang sangat bagus dengan tulangan yang tebal serta otot yang mumpuni.

Cara Merawat Anak Ayam Bangkok Umur 6-8 Bulan

Pada usia ayam aduan 6–8 bulan, ayam bangkok sudah dapat dilatih sesuai dengan program latihan yang sudah anda rancang, namun anda tidak boleh memaksakan fisik dari ayam aduan tersebut, karena dari umur inilah ayam aduan bisa ditentukan apakah akan menjadi juara atau tidak.

Pakan Anak Ayam Bangkok untuk Usia 6–8 Bulan

Ayam yang sudah mencapai usia 6 bulan sudah tergolong dewasa maka makanan yang dibutuhkan ayam pada usia ini, tepatnya di usia 7 bulan, adalah yang mengandung protein untuk membentuk tubuh dan otot yang kuat.

salah satu makanan yang cocok adalah Beras merah adalah jenis pakan yang paling tepat untuk diberikan di usia ini, sebagai campuran voer 594.

Ayam dewasa harus diberi pakan yang bervariasi karena pencernaannya sudah kuat, dan campuran pakan penting agar gizinya terpenuhi secara seimbang dan ayam tidak bosan karena Pemberian pakan yang sama terus-menerus dapat menyebabkan kelebihan nutrisi tertentu.

Contoh variasi makanan yang bisa diberikan adalah adalah jagung, beras merah, kacang ijo, gabah, nasi dan bekatul (dedak). Beberapa jenis pakan ayam bangkok tersebut bisa diberikan secara bergantian atau dicampur dan bisa diberikan dalam bentuk pakan basah maupun kering.

Pada usia ini, ayam bangkok betina sudah siap bertelur sehingga inilah waktu yang tepat bagi Anda jika ingin mengembangbiakkan ayam bangkok tersebut kawinkan ayam bangkok betina yang tidak ada inakan persaudaraan dan sangat saya sarankan untuk mengawinkan dengan ayam yang lebih tua dari betina.

Berikut Cara Merawat Anak Ayam Indukan yang diternakan:

Anda bisa memberikan pakan khusus pada ayam agar cepat bertelur seperti Pakan khusus tersebut berupa campuran antara pakan pabrikan, bekatul, nasi atau ampok (dengan perbandingan 1:2:1) dan sedikit air lakukan pemberian pakan setiap hari 2-3 x usahakan pakan jangan sampai terbuang sia-sia.

Selain itu, ada juga peternak yang menambahkan suplemen ke dalam minuman untuk calon indukan ayam agar ayam cepat berproduksi dengan baik, ada tips untuk menghemat biaya, pakan pabrikan bisa diganti dengan pakan fermentasi sebagai berikut.

1.Dedak/bekatul

2.suplemen probiotik

3. jagung giling

4. air

Empat farian pakan tersebut dicampur dalam wadah tertutup dan difermentasikan selama 5 hari.

jangan lupa untuk selalu diumbar dikandang husus pemijahan sehingga ayam bisa cepat berkembang biak dengan baik.

 

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!