[Pastel] Pengertian Pastel, Contoh Warna-warna Pastel

macam-macam warna pastel
macam-macam warna pastel

apa itu pastel? pastel adalah sebuah warna medium yang sering digunakan oleh paraseniman dalam melukis, baik berupa stik atau terbuat dari serbuk-serbuk warna.

Mungkin nama pastel sudah tidak asing kita dengar dilingkungan kita, kalau gitu kuylah kita simak pembahasan ini agar tidak salah pemahaman.

Berikut ini adalah pembahasan pastel mulai dari Pengertian Pastel, Pengertian Warna Pastel, Warna-Warna Pastel, dan Mencari Kombinasi Warna Pastel.

Pengertian WarnaPastel

Pastel merupakan warna yang mengarah ke warna muda dari jenis warna lainnya, misalnya warna biru ketika bercampur dengan warna putih akan menjadi biru muda begitu pula warna lainnya.

Pada umumnya warna pastel, terlihat lebih cerah namun tidak begitu kuat warnanya jika dibandingkan dengan warna-warna umumnya.

Penyebab terjadinya warna yang ada apabila dibuat lebih terang maka akan menjadi warna pastel, jadi semua warna bisa menjadi pastel apabila warna tersebut ingin diterangkan.

semua warna disa diubah menjadi pastel mulai dari warna Primer, Sekunder dan Tersier, tetapi selain itu juga ada beberapa desainer yang menamakan warna pastel dengan nama-nama tertentu.

Contoh Warna Pastel

Dibawah ini merupakan berbagai macam warna pastel langsung saja yuk simak uraian dibawah ini.

Warna Pastel Merah ()

Merah jambu atau merah muda atau sering pula disebut pink adalah corak warna yang merupakan perpaduan antara warna merah dan putih. Merah jambu sering dikatikan dengan sifat-sifat dan hal-hal yang feminin.

Merah muda adalah warna yang disukai oleh banyak orang warna ini populer untuk pakaian, dekorasi roti, dan bunga. Namun cat merah muda sering kali tidak tersedia di toko.

Sebenarnya, merah muda termasuk kombinasi dari merah dan putih sehingga menimbulkan warna terang dan agak memudar.

Cara membuat warna pastel merah piilih cat merah. Nuansa merah yang berbeda akan menghasilkan nuansa merah muda yang berbeda pula ketika dicampur dengan cat putih.

Bereksperimenlah dengan warna merah yang berbeda untuk mendapatkan warna merah muda yang paling cemerlang dan paling solid, cobalah cat akrilik merah permanen alizarin crimson (warna merah yang bias sedikit ke arah ungu) atau quinacridone (warna merah pertengahan yang cerah) dan campurkan dengan putih titanium (putih terang, hampir kebiruan).

Vermilion (pigmen merah cemerlang) akan menghasilkan nuansa merah muda murni yang cantik.

Merah bata akan menghasilkan warna merah muda yang lebih kusam, mendekati peach (warna pucat daging luar buah persik).

Warna merah yang lebih gelap seperti corak alizarin crimson akan menghasilkan merah muda yang bernuansa biru atau ungu. Warna ini bagus untuk nuansa seperti magenta (merah muda keunguan).

Step 1 Tuangkan cat merah Ambillah kanvas, kertas, atau palet. tuangkan cat merah ke atasnya. Cat ini akan berubah menjadi merah muda, jadi letakkan di tempat yang berbeda sampai Anda bisa menilai merah muda seperti apa yang akan Anda dapat dan sebanyak apa jumlah yang Anda perlukan.

Step 2 ambahkan cat putih. Tuangkan cat putih di dekat cat merah. Mulailah dengan setetes cat untuk menghematnya. Anda bisa menambahkan lebih banyak cat putih nanti untuk mencampurnya dengan warna merah murni.

Step 3 aduklah cat dan campurkan cat putih ke merah menggunakan peralatan lukis seperti kuas atau pisau palet atau alat aduk lainnya mulailah sedikit demi sedikit untuk menentukan semburat merah muda seperti apa yang terbentuk.

Anda juga bisa menambahkan lebih banyak cat putih untuk mendapatkan merah pastel yang lebih muda. Namun setiap warna memiliki kekentalan masing-masing, jadi pada akhirnya Anda akan mencapai batas, seterang apa merah muda yang dihasilkan oleh warna merah murni tersebut.

Warna Pastel Biru ()

Pastel biru atau biru muda atau sering pula disebut birulangit adalah corak warna dari perpaduan antara warna biru dan putih. biru muda ini sering dikatikan dengan sifat-sifat dan hal-hal yang tenang.

Biru muda adalah warna yang disukai oleh banyak orang warna ini populer untuk pakaian, dekorasi rumah, dll. tapi warna biru muda sering kali tidak tersedia di toko.

Sebenarnya, Biru muda termasuk kombinasi dari merah dan putih sehingga menimbulkan warna terang dan agak memudar.

Cara membuat warna pastel Biru piilih cat biru dan bereksperimenlah dengan warna-warna lain yang berbeda untuk mendapatkan warna biru muda yang paling cemerlang dan paling solid.

Step 1 Tuangkan cat biru, Ambillah, wadah dan alat pegaduk tuangkan cat biru ke dalam wadah yang disediakan dan tuanglah sesuai ukuran warna yang Anda perlukan.

Step 2 tambahkan cat putih Ambillah, wadah dan alat pegaduk dan tuangkan cat putih di dekat wadah cat biru. Ukurlah takaran sesuai dengan yang anda inginkan Anda bisa menambahkan lebih banyak cat putih nanti untuk mencampurnya dengan warna biru murni.

Step 3 aduklah cat dan campurkan cat putih ke biru menggunakan sarung tangan atau alat aduk lainnya mulailah sedikit demi sedikit untuk menentukan semburat merah muda seperti apa yang terbentuk.

Anda juga bisa menambahkan lebih banyak cat putih untuk mendapatkan biru pastel yang lebih muda. Namun setiap warna memiliki kekentalan masing-masing, jadi pada akhirnya Anda akan mencapai batas, seterang apa biru muda yang dihasilkan oleh warna biru murni tersebut.

Warna Pastel Kuning ()

Pastel biru atau kuning muda atau sering pula disebut birulangit adalah corak warna dari perpaduan antara warna kuning dan putih. biru muda ini sering dikatikan dengan sifat-sifat dan hal-hal yang tenang.

Kuning muda adalah warna yang disukai oleh banyak orang warna ini populer untuk pakaian, dekorasi rumah, dll. tapi warna kuning muda sering kali tidak tersedia di toko.

Sebenarnya, kuning muda termasuk kombinasi dari merah dan putih sehingga menimbulkan warna terang dan agak memudar.

Cara membuat warna pastel kuning piilih cat kuning dan bereksperimenlah dengan warna-warna lain yang berbeda untuk mendapatkan warna kuning muda yang paling cemerlang dan paling solid.

Step 1 Tuangkan cat Kuning, Ambillah, wadah dan alat pegaduk tuangkan cat biru ke dalam wadah yang disediakan dan tuanglah sesuai ukuran warna yang Anda perlukan.

Step 2 tambahkan cat putih Ambillah, wadah dan alat pegaduk dan tuangkan cat putih di dekat wadah cat kuning. Ukurlah takaran sesuai dengan yang anda inginkan Anda bisa menambahkan lebih banyak cat putih nanti untuk mencampurnya dengan warna biru murni.

Step 3 aduklah cat dan campurkan cat putih ke kuning menggunakan sarung tangan atau alat aduk lainnya mulailah sedikit demi sedikit untuk menentukan semburat merah muda seperti apa yang terbentuk.

Anda juga bisa menambahkan lebih banyak cat putih untuk mendapatkan pastel biru yang lebih muda. Namun setiap warna memiliki kekentalan masing-masing, jadi pada akhirnya Anda akan mencapai batas, seterang apa kuning muda yang dihasilkan oleh warna kuning murni tersebut.

Warna Pastel Unggu ()

Cara membuat warna pastel Unggu piilih cat unggu dan bereksperimenlah dengan warna-warna lain yang berbeda untuk mendapatkan warna ungu muda yang paling cemerlang dan paling solid.

Step 1 Tuangkan cat ungu, Ambillah, wadah dan alat pegaduk tuangkan cat ungu ke dalam wadah yang disediakan dan tuanglah sesuai ukuran warna yang Anda perlukan.

Step 2 tambahkan cat putih Ambillah, wadah dan alat pegaduk dan tuangkan cat putih di wadah yang disediakan, Ukurlah takaran sesuai dengan yang anda inginkan Anda bisa menambahkan lebih banyak cat putih nanti untuk mencampurnya dengan warna biru murni.

Step 3 aduklah cat dan campurkan cat putih ke wadah cat ungu menggunakan sarung tangan atau alat aduk lainnya mulailah sedikit demi sedikit untuk menentukan semburat unggu muda seperti apa yang terbentuk.

Warna Pastel Coklat ()

cara memuat warna pastel coklat sangatlah sederhana karena anda cukup memadukan warna sesuai kebutuhan anda dan mulaiah dengan eksperimen.

permaduan warna coklat jika dipadukan dengan warna putih akan menciptakan warna coklat pastel yang bagus, jika perpaduannya warnanya seimbang,

jika anda masih menginginkan warna pastel coklat yang terang anda cukup mencampurkan warna putih lebih banyak lagi.

Warna Pastel Hijau ()

cara membuata warna pastel hijau yakni memerlukan beberpa alat yakni wadah cat 2 biji dan siapkan 2 jenis warna yakni putih dan hijau.

masukan masing masing cat kedalam wadah dengan ukurang yang sama, setelah itu campurkan dan aduklah sehingga warna pastelnya terbentuk dengan baik.

jika anda menginginkan warna yang lebih terang lagi anda cukup menambahkan warna putih sesuai keinginan.

Contoh Interior Warna Pastel

 

 

Tinggalkan komentar