Materi Masyarakat Madani: Pengertian, Ciri-ciri dan Pembahasan Lengkap

Masyarakat madani adalah suatau masyarakat yang beradap dalam membangun kehidupan,

Secara umum masyarakat madani diartikan sebagai masyarakat yang memilkiki konsep yang terbagi menjadi banyak pendapat artinya memiliki banyak makna yang berbeda-beda.

Adapun seorang ahli mengatakan bahwa masyarakat madani adaah masyarakat yang beradap, membangun, menjalani serta memimpin kehidupan “Petrus”.

Dimana kata madani ini bersal dari bahasa inggris yang berarti madani atau beradap serta berbudaya.

Istilah masyarakat sipil diterjemahkan sebagai masyarakat madani sendiri yaitu masyarakat yang beradab konsep terjemah tersebut pertama kali dipaparkan oleh dato seri Anwar Ibrahim yang melalui ceramahnya di simposium nasional pada tahun 1995.

Gambaran yang diciptakan oleh Anwar Ibrahim yaitu ingin menunjukkan bahwa masyarakat madani idealnya memiliki peradaban yang maju lebih tepatnya Anwar Ibrahim menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan masyarakat madani sendiri adalah sistem sosial yang subur di mana sistem tersebut didasarkan pada moral yang dapat menjamin keseimbangan antara kestabilan masyarakat dan kebebasan individunya.

Pengertian masyarakat Madani merupakan masyarakat yang memiliki sistem yang subur dan sangat menjamin prinsip moral di mana kebebasan individu dan stabilitas masyarakat seimbang.

Dalam arti lain masyarakat madani yaitu masyarakat golongan yang beradab, berperikemanusiaan, menguasai ilmu pengetahuan, unggul dalam hal teknologi.

Pengertian Masyarakat Madani Menurut Para Ahli

Berikut beberapa pengertian masyarakat Madani menurut para ahli

Berikut akan kami paparkan pengertian masyarakat Madani dari para ahli

  1. Hefner

Mengungkapkan masyarakat madani merupakan sebuah masyarakat dengan ciri khas demokratis dalam bersosialisasi dalam masyarakat lain selain itu masyarakat madani memiliki sifat heterogen dalam kondisi tersebut mereka diharapkan bisa mengorganisasi dirinya sendiri.

serta menumbuhkan kesadaran untuk menciptakan sebuah peradaban dengan begitu masyarakat madani mampu berpartisipasi dan mengatasi kondisi global yang kompleks dalam bersaing.

2. Mun in

mengatakan bahwa istilah masyarakat madani merupakan sebuah gagasan Eris yang mengejawantah di berbagai tatanan sosial.

Di mana hal terpenting dari gagasan tersebut adalah usahanya dalam menyelaraskan berbagai masalah kepentingan entah itu kepentingan masyarakat individu maupun negara.

3. Mahesin

menjelaskan sebelumnya bahwa masyarakat madani merupakan terjemahan dari civil society di mana kata sipil society tersebut terdiri dari dua kata bahasa latin civitas day yang memiliki arti kota ilahi dan society yang memiliki arti masyarakat.

kata tersebut membentuk satu kata yaitu Civilization yang artinya peradaban oleh karenanya civil society memiliki arti sebagai komunitas atau sekelompok masyarakat kota yang memiliki peradaban maju.

4. Munawir

mengatakan bahwa masyarakat madani berasal dari bahasa Arab yakni madana yang artinya mendiami membangun atau tinggal namun berubah menjadi Madani yang memiliki arti orang kota beradab dan orang sipil maka bisa disimpulkan bahwa madani dalam bahasa Arab memiliki banyak arti

5. Majid

sedangkan konsep Madani menurut Majid dipandang sebagai masyarakat yang berjasa dalam menghadapi rancangan kekuasaan dalam menentang pihak pemerintah yang sewenang-wenang di negara Eropa selatan Amerika latin dan juga Eropa timur.

Tinggalkan komentar