10 + Contoh Teks Pembawa Acara Pengajian Terbaru dan Lengkap!

Teks Pembawa Acara Pengajian
Teks Pembawa Acara Pengajian

syahrulanam.com – Teks Pembawa Acara Pengajian yang sering ada di acara pengajian yang di lakukan oleh masyarakat Indonesia yang beragama Islam, pengajian ini biasanya dilakukan di setiap acara besar islam yang setahun sekali, sebulan sekali atau seminggu isekali.

Pengajian ini sangat viral di kalangan masyarakat indonesia, dan biasanya sebelum pengajian di mulai ada moderator yang mengarahkan jalannya acara sebuah acara pengajian disini.

Pada umumnya moderator pengajian dan biasanya bergilir untuk menjadi moderator yang baik agar acara berjalan dengan kondusif kamu yang sekarang di pilih untuk menjadi moderator harus mempunyai bekal agar nanti apa yang kamu sampaikan mudah di mengerti dengan orang banyak.

1. Pengertian Pembawa Acara Secara Umum

Pengertian Pembawa Acara
Pengertian Pembawa Acara

Pembawa Acara atau Pranataacara yang memiliki arti seseorang yang bertanggung jawab untuk memimpin jalannya sebuah acara agar bisa beljalan dengan bain dan tertib, Pembawa Acara  dibagi menjadi dua yaituPembawa Acara acara formal seperti pertnjukan dipanggung, hiburan, pernikahan, perpisahan dan jenis acara formal lainnya atau Pembawa Acara acara non formal seperti reunian keluarga, reunian sekolah dan lain”.

2. Tujuan Pembawa Acara
Tujuan Pembawa Acara pada umumnya meliputi beberapa hal berikut ini : Meminpin jalannya sebuah acara, supaya acara tersebut bisa terkonsep, dan tidak menimbulkan kekacauan.

3. Tugas Pembawa Acara
Secara Umum Tugas Pembawa Acara adalah memastikan acara berlangsung dengan lancar, tepat waktu, meriah, berkesan, dan sesuai dengan susunan atau rundown acara yang telah ditetapkan.

4. Macam-Macam Pembawa Acara
Secara umum pidato di bagi menjadi beberapa macam yaitu :

a. Pembawa Acara formal adalah pemimpin acara pada sebuah acara resmi misalnya disebuah acara: pelantikan, pernikahan, perpisahan dan acara resmi lainnya.

b. Pembawa Acara non formal adalah pemimpin acara pada sebuah acara tidak formal misalnya disebuah acara: diskusi, debat, penyiar televisi, penyiar radio dan acara tidak resmi lainnya.

Tips Menjadi Pembawa Acara Yang Baik dan Benar

Tips menjadi pembawa acara
Tips menjadi pembawa acara

1. Berdo’a Agar Dilancarkan di Mudahkan
Perlu kita ketahui berdo’a, jadi sangat penting dilakukan sebelum kita tempil menjadi pembawa acara pengajian karena sepeerti yang kita ketahui bersama berdo’a merupkan salah satu senjatanya orang muslim, alangkah baiknya kita berdo’a dan meminta kepada Allah SWT, agar saat kita menjadi pembawa acara pengajian bisa lancar dan baik.

Banyak orang yang tidak menghiraukan senjata, padahal berdo’a sangat penting, apalagi ketika kita di tunjuk untuk menjadi pembawa acara.

2. Mengetahui Susunan Acara
Hal selnjutnya yang tak kalah penting ialah mengetahui sususnan acara, sebelum kamu maju dan menjadi pembawa acara  pengajian kamu harus tahu terlebih dahulu susunan acara pengajian, setelah mengetahui susunan acara barulah kamu menyusun jalannya acara tersebut.

3. Latihan Sebelum Tampil
Latihan sebelum tampil dapat menjadi dasar kelancaran, ketenangan, dan ke disiplinan buat kamu agar nantinya ketika kamu berbicara di depan banyak orang kamu tidak gemetar, nerves/blank.

4. Jangan Lupa Bawa Catatan
Jangan sampai lupa membawa teks susunan acara pengajian, karena ini bisa menjadi reverensi saat kamu tampil di depan banyak orang, tidak perlu lebar atau besar-besar, cukup sepotong kertas yang menjadi inti susunan acara pengajian dan tuliskan point-point yang nantinya akan dibicara di depan.

Tahapan-tahapan dalam Membawakan Acara

Tahapan-tahapan menjadi Pembawa Acara
Tahapan-tahapan menjadi Pembawa Acara

Ada tahapan-tahapan yang dilakukan sebelum ceramah di mulai, untuk jalannya acara tidak sedikit pembawa acara membawa teks agar tidak salah, berikut adalah teks pembawa acara pengajian yang baik dan benar.

Untuk menjadi pembawa acara pengajian yang benar kamu harus menyusun jadwal acara nya terlebih dahulu. Dalam acara pengajian terdapat beberapa susunan acara:

  1. pertama ada pembukaan.
  2. Pembacaan kalam Ilahi.
  3. Mauidhatul Hasanah (acara inti).
  4. Pengumuman, Penutup/do’a.

Contoh Teks Pembawa Acara Pengjian Umum

Contoh Teks Pembawa Acara
Contoh Teks Pembawa Acara Pengajian Umum

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluh.

Yang Saya Hormati Bapak/Ibu Kepala desa beserta staf desaa..

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu tokoh masyarakat beserta warga desa….

Yang kami hormati penceramah pengajian kali ini ustadz (……)

dan yang kami hormati bapak dan ibu-ibu hadirin yang dirahmati Allah SWT Semoga harinya kita di sini menjadikan amal baik kita bertambah dan bertambahnya ilmu kita.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita khadirat Allah SWT yang telah begitu banyak memberikan nikmat kepada kita semua selaku hambanya.

Sholawat dan salam juga kepada Nabi Muhammad SAW yang dengan perjuangan dan kesabarnya menyebarkan ajaran Tauhid sehingga bisa dikenal di seluruh pelosok negeri ini.

Hadirin yang dirahmati Allah SWT izinkanlah kami selaku pembawa acara untuk membacakan susunan acara pada pengajian rutin pada hari ini, yaitu :

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan Al Qur’an
  3. Sambutan pemimpin jamaah pengajian
  4. Pengajian yang akan disampaikan oleh ustad…
  5. Pengumuman
  6. Penutup/do’a

Pembukaan

Denikianlah susunan acara pengajian pada hari ini. Sebelum kita melanjutkan acara berikutnya marilah kita buka acara ini dengan membaca basmalah bismillahirrahmanirrahim, dan dilanjutkan dengan membaca surat al fatihah dengan harapan semoga dalam acara pengajian ini berjalan dengan lancar dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

 

Pembacaan Kalam Ilahi

Aacara selanjutnya, marilah kita dengar kan lantunan ayat suci Al-Qur’an yang akan di baca kan oleh … terima kasih kepada … yang terlah membacakan ayat suci Al-Qur’an semoga dengan dibacakannya ayat suci Al-Qur’an menambah keberkahan dalam acara pengajian kita kali ini.

Sambutan Pemimpin Jama,ah Pengajian

Sambutan Pemimpin Jamaah
Sebelum kita memasuki acara inti marilah kita dengarkan sepatah kata dari pemimpin jamaah, dalam hal ini akan disampaskan oleh yang terhormat bapak…….., kepada beliau kami persilahkan.

Kepada bapak….. pemimpin jamaah pengajian kami mengucapkan terimakasih

Acara Inti

Untuk mempersingkat waktu langsung saja menuju acara selanjutnya yaitu acara inti, tausiah dan ceramah yang akan di sampaikan langsung oleh bapak/ibu …. waktu dan tempat kami persilakan. (pada sesi ini juga ada sesi tanya jawab dan diskutsi mengenai pembahasan ceramah)

 

Pengumuman

Terima kasih kepada bapak/ibu … yang telah menyampaikan tausiahnya semoga bermanfaat dan apa yang tadi kita pelajari bisa kita peraktekan, sebelum di tutup ada beberapa pengumuman yang akan di sampaikan oleh … kepadanya kami persilahkkan.

Itulah pengumumannya dan sebelum penutup apakah ada yang mau di sampaikan lagi terkait pengajian ini? Jika tidak ada marilah kita tutup acara pengajian ini dengan do’a yang akan di sampaikan oleh … terima kasih kepada … yang telah membacakan do’anya.

Penutup

Acara demi acara telah kita lewati bersama, tibalah kita di acara puncak yaitu penutup setelah tadi ada do’a bersama. marilah kita tutup dengan istigfar tiga kali, hamdalah dan do’a kafaratul majelis.

Terima kasih kami ucapkan atas kehadiran dan perhatian ibu-ibu pengajian, saya selaku moderator mohon maaf jika ada salah-salah kata atau kalimat yang kurang berkenan di hati ibu-ibu sekalian. Jika ada kebenaran datangnya dari Allah SWT dan jika ada salah datangnya dari diri saya sendiri, kurang lebihnya mohon maaf bilahitaufik walhidayah wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarakatuh.

Teks Pembawa Acara Pengajian Bulanan

Teks Pembawa Acara
Teks Pembawa Acara Pengajian Bulanan

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah, alhamdulillahii nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah.

Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluhu. Allahumma sholliala sayyidina Muhammad waala ali sayidina Muhammad amma ba’du.

Kepada yang terhormat, Bapak (…….) selaku kepala Desa.
Yang kami hormati bapak/ibu dan jajaran staf karyawan selaku kepala Desa
Yang kami hormati teman-teman semuaserta tamu undangan yang saya cintai.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT. Yang mana berkat taufik dan rahmatNya lah kita semua bisa berkumpul dan bisa hadir diacara pengajian ini dalam keadaan sehat wal afiat.

Kedua kalinya semoga sholawat dan salam tetap tercurah limpahkan kepada junjungan Nabi agung Muhammad SAW. Yang mana beliau lah yang membawa agama islam dengan penuh perjuangan dan pengorbanan, sebagai satu-satunya agama yang di ridhoi Allah SWT. Yang mana harus kita pegang etar dan kita ikuti sampai akhir hayat kita, amiin.

Hadirin yang dirahmati Allah SWT saya selaku pembawa acara saya akan membacakan susunan acara pada pengajian rutin pada hari ini, yaitu :

  • Pembukaan
  • Pembacaan Al Qur’an
  • Sambutan pemimpin jamaah pengajian
  • Pengajian yang akan disampaikan oleh ustadz Anwar Zahid
  • Pengumuman
  • Penutup/do’a

 

Pembukaan

Denikianlah susunan acara pengajian pada hari ini, Sebelum kita melanjutkan acara berikutnya marilah kita buka acara ini dengan membaca basmalah.

Baiklah semoga dalam acara pengajian ini berjalan dengan lancar dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Pembacaan Al-Qur’an

Acara yang kedua yaitu pembacaar ayat suci Al-Qur’an yang akan dibacakan oleh saudara Muzzammil Hasballah, kepadanya saya persilahkan.

Terimakasih kepada saudara Muzzammil Hasballah yang telah membaca Al-Qur’an, semoga mendapatkan pahala yang berlimpah kepada kita semua terutama yang membacanya.

Sambutan Pemimpin Kepala Desa

Sebelum kita memasuki acara inti marilah kita dengarkan sepatah kata dari pemimpin jamaah, dalam hal ini akan disampaskan oleh yang terhormat bapak Agus, kepada beliau kami persilahkan.

Kepada bapak Agus selaku kepala desa kami mengucapkan terimakasih.

Acara Inti (Ceramah)

Kini sampailah kita pada acara inti yaitu ceramah yang akan disampaikan ustad Anwar Zahid kepada beliau kami persilahkan.

Kepada yang terhormat ustad Anwar Zahid kami sampaikan banyak terima kasih atas nasehat yang telah diberikan kepada kami, semoga nasehat tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua, amiin.

Pengumuman

Hadirin yang di rahmati Allah SWT, kini sampailah kita pada puncak acara yaitu do’a tapi, sebelum itu marilah kita dengarkan beberapa pengumuman yang akan disampaikan oleh sekertaris jamaah pengajian yang akan disampaikan oleh bapak Aziz dan mudah-mudahan kita dapat memakluminya.

Penutup / Doa

Acara demi acara telah kita lalui bersama, kini sampailah kita pada puncak acara yaitu pembacaan doa yang akan dipimpin langsung oleh al ustad Anwar Zahid, namun sebelum itu ijinkan kami selaku pembawa acara memohon maaf yang sebesarnya.

Apabila ada kata-kata dan sikap yang kurang berkenan dihati para hadirin dan hadirat sekalian. Kepada al ustad Anwar Zahid kamu persilahkan untuk memimpin doa sekaligus menutup acara pengajian ini.
Akhirul kalam wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Teks Pembawa Acara Pengajian

Contoh Teks Pembawa Acara
Contoh Teks Pembawa Acara Pengajian

Assalamu’alaikum wr. wb Alhamdulillahitabbil alamin wabihinastainu ala umuridunya waddin wasshola tuwasaala mualaasrofil ambiya iwalmursalin.

Yang terhormat kepada kepala Desa bapak …… desa Sengguruh

Yang kami hormati seluruh pejabat dan karyawan yang hadir pada acara ini.

yang kami hormati pula seluruh tamu undangan yang hadir pada hari ini

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja puji syukur kita kehadirat Allah wst yang memberikan nikmat rahmad serta hidayahnya kepada kita semua sehingga kita bisa mengharidi acara Pengajian pada hari ini dengan keadaan sehat wal afiat.

Sholawat serta salam marilah kita curahkan kepaa junjungan kepada nabi besar Muhammad saw yang telah membimbing kita dari zaman biadab menjadi zaman beradap yakni adinul islam.

Selanjutnya disini Izinkanlah saya selaku pembawa acara akan membacakan susunan acara pada hari ini:

  • Pertama yakni pembukaan
  • Kedua pembacaan ayat-ayat suci Al quran
  • Ketiga penampilan grup nasyid
  • Dan yang ke empat merupakan acara initi yakni ceramah dari Gus Miftah.
  • Kemudian kelima yakni sesi tanya jawab dan penutup.

Pembukaan

Sebelum kita membuka acara oada hari ini marilah kita buka dengan membaca surat Al

fatihah bersama-sama dengan harapan semiga acara hari ini biaa berjalan dengan lancar dan berkah Amin ya rabbal alamin.
Acara yang kedua yakni pembacaan ayat suci al quran yang akan di bawakan oleh akh Duan kepada beliau waktu dan temoat kami persilahkan.

Shodakallahul Adzim maha benar Allah dengan segala firmannya. Terima kasih kami sampikan keoada Akhi Duan.
Acara selanjutnya yakni pebampilan grup nasyid yang di bawakan oleh grup dari Alvina nindya kepaa beliau kami persilahkan..

Dan pada akhirnya tibalah kita kepada acara inti yakni ceramah yang di bawakan oleh Gus Miftah. Kepada Gus Miftah kami persilahkan.

Berakhirlah ceramah oleh gus miftah. Selanjutnya akan dilanjutkan okeh sesi tanya jawab.
Akhirnya berakhirlah sesi fanyajawab dari pengajian pada hari ini.sebelumnya izinkanlah saya mengulas inti inti dari ceramah pada hari ini oleh gus miftah.

Itulah halhal yang bisa saya simpulkan pada acara hari ini
Acara demi acara telah kita lewati dan akhirnya samoailah kita kepada acada terakhir yakni penutypan. Sebelum acaa hati ini kita tutup dengan doa saya sebagai pembawa acara memohon maaf atas kesalahan saya selama menjadi pembawa acara Akhirul kalam summasaalamualaiku warrahmatullah wabarakattuh.

Teks Pembawa Acara Pengajian Tahunan

Teks Pembawa Acara
Teks Pembawa Acara Pengajian Tahunan

Assalamu’alaikum wr. wb Alhamdulillah, Alhamdulillahinahmaduhu wanas tainu wanaudzubillahimin syururil anfusina wamin sayyiatina wamin sayyiati a’mqlina mayahdzillahu falahadiyalah asyhadu Allah ilaha Illallah waas hadhu anna muhammadar Rasulullah Amma Ba’du.

pertama-tama marilah kita panjatkan puja puji syukur kita kehadirat allah wst yang memberikan nikmat rahmad serta hidayahmya kepada kita semua sehingga kita bisa mengharidi acara pada hari ini dengan keadaan sehat wal afiat dan gak kurang suatu apapun.

Kedua kalinya Sholawat serta salam semiga tetap tercurahkan kepaa junjungan kepada nabi besar Muhammad SAW yang telah membimbing kita dari jalan gelap gukita menuju jalan yang terang benerang yakni adinul islam.

Selanjutnya disini izinkanlah saya sebagai pembawa acara untuk membacakan susunan acara pada hari ini:
Pertama yakni pembukaan
Kedua pembacaan ayat-ayat suci Al quran
Sambutan dari Bapak kepala Desa Cempokomulyo
Ketiga hiburan dan penampilan dari grup Musik
Dan yang ke empat merupakan acara initi yakni ceramah dari Mbah Nun.
Kemudian kelima yakni sesi tanya jawab dan penutup.

Pembukaan

Sebelum kita mengawali acara pada hari ini marilah kita buka dengan membaca surat Al fatihah bersama-sama dengan harapan semiga acara pada hari ini biasa berjalan dengan lancar dan berkah Amin ya rabbal alamin.

Pembacaan Ayat Suci Al Qur’an

Acara yang kedua yakni pembacaan ayat suci al quran yang akan di bawakan oleh akhi Pipin kepada beliau waktu dan tempat kami persilahkan.

Shodakallahul Adzim maha benar Allah dengan segala firmannya. Terima kasih kami sampikan keoada Akhi Pipin semoga dengan lantunan ayat suci Al quran itu tadi bisa menambah keimanan dan ketakwaan kita Amin Ya Rabbal Alamin

Hiburan-hiburan

Acara selanjutnya yakni pebampilan hiburan yang di bawakan oleh grup dari grup musik mbah nun, kami persilahkan..

kami ucapkan terima kasih kepada grup musik yang tadi sudah menghibur kita semua.

Ngaji Bareng Mbah Nun

Dan pada akhirnya tibalah kita kepada acara inti yakni ceramah yang di bawakan oleh Mbah nun. Kepada mbah Nun kami persilahkan.

Sesi tanya jawab

Berakhirlah ceramah oleh Mbah Nun tentang betapa pentingnya sebuah iman dalam hati semiga dengan ceramah itu tadi dapat menambah keilmuan kita dan krtakwaan kita. Selanjutnya akan dilanjutkan okeh sesi tanya jawab.

Akhirnya berakhirlah sesi fanyajawab dari pengajian pada hari ini.sebelumnya izinkanlah saya mengulas inti inti dari ceramah pada hari ini oleh mbah Nun.
Itulah hal hal yang bisa saya simpulkan pada acara hari ini
Acara demi acara telah kita lewati dan akhirnya samoailah kita kepada acada terakhir yakni penutypan. Sebelum acaa hati ini kita tutup dengan doa saya sebagai pembawa acara memohon maaf atas kesalahan saya selama menjadi pembawa acara Akhirul kalam summasaalamualaiku warrahmatullah wabarakattuh.

Tekc Pembawa acara Pengajian Nuzulul Qur’an

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakattuh.
Bismillahirrahmanirrahim.
Alhamdulillahilladzi allamal quran holakol insanu allamahul bayan al qoil inna anzalnahufi lailatimmubarokatin innakunna mundirin

Waasalatuwassalamualahusrahullahu bil wahyi waanzala alaihi hairuhu wakutubihi sayyidina wahabibina wassafiini muhammad SAW al qoil idza ahabbahatukum ayyuhaddisa rabbahu fal yakrohul Quran waala alihilquro waashabihil qirom amma ba’du;

Yang terhormat para alim ulama, para kiai, para asatidz/dah wbil husus almukarrom al habin muhammad abbas bin fuaid dari punten, segenap jajaran pejabat pemerintah yang terhormad baik dari sipil maupun kepolisiaan dan yang terhormad kepada seluruh tamu undangan yang hadir pada hari ini.

Pertama dan yang paling utama adalah mari kita panjatkan puja puji syukur kehadirat allah SWT atas segala nikmat yang dilimpahkan kepada kita semua nikmat yang tifak mampu kita hitung banyaknya.
Semoga dengan syukut ini kita termasuk orang orang yang bersyukur.. amin ya rabbal alamin.

Swalawat serta salam semoga tidak kering tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW atas jada beliau yang membawa agama islam kepada kita semua sehingga kita bisa menuju kejalan yang baik dan terang benerang. Semoga dengan sholawat itu tadi kita kelas bisa mendapatkan syafaat dari beliau di hati kiamat.

Hadirin yang terhormat, disini saya selaku pembawa acara akan menyampaikan susunan acara pada malam hari ini:
Pembukaan
Lanyunan kalam ilahi
Sambutan
Mauidoh hasanah
Penutup atau doa
Demikian tadi susunan acara yang akan kita laksanakan pada malam hari ini.

Marilah untuk membuka acara pada hari inikita buka dengan bacaan umul quran, alahadiniyah walakulliniatin sholihah al fatihah.
Terima kasih kami sampikan semoga dengan bacaan umul quran tadi acara pengajian pada hari ini bisa berjalan dengan lancar. Amin

melanjutkan acara yang kedua yakni lantunan kalam ilahi yang akan di bawakan akhi shodiq kepadanya kami persilahkan. terima kasih kami sampiakan kepada akhi shodiq yang telah membacakan Ayat Suci Al Qur’an

 

..

 

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!