Kumpulan Contoh Teks Mc Pernikahan Indonesia, Bahasa Jawa Terbaru

Teks Mc Pernikahan
Teks Mc Pernikahan

Teks MC Pernikahan – hallo sahabat Syahrulanam.com yang setia menjadi pembaca yang setia kali saya membahas MC pernikahan ( Master of Ceremony dalam pernikahan) yang digunakan dalam sebuah acara pernikahan memiliki peran yang tidak kalah penting.

Hal ini harus dilaksanakan agar pelaksanaan pesta sesuai dengan skenario sehingga menjadi momen yang berkesan dari kedua mempelai, oleh karena itu sangat dibutuhkanlah seorang MC pernikahan dalam acara tersebut.

Seperti yang dibahas diatas pada kesempatan ini, karena ini merupakan hal yang sangat penting dan perlu dipersiapkan dengan baik, kami berkeingin untuk membantu dengan rangkuman contoh teks MC pernikahan, wakhususon kepada yang bertugas menjadi pembawa acara di sebuah acara pernikahan tersebut.

Pengertian MC

 pengertian pembawa acara
pengertian mc

MC atau yang disebut master of ceremony adalah seorang yang identik dengan tugas untuk memimpin jalannya sebuah acara, baik itu acara formal ataupun non formal.

Misalnya saya dalam sebuah acara pernikahan sangat dianjurkan untuk memakai MC Pernikahan agar acara bisa sesuai dengan rangkaian acara yang telah ditetapkan

Tujuan MC

Tujuan MC adalah untuk memudahkan kita dalam menjalankan sebuah acara, karena fungsi MC yakni untuk memandu jalannya acara sehingga bisa sesuai dengan rangkaian yang telah ditetapkan.

Urutan Teks MC Pernikahan
1. Pembukaan
2. Pembacaan Ayat Al Qur’an
3. Akad nikah
4. Sambutan-sambutan dari kedua mempelai
5. Penyerahan dari pihak perempuan
6. Penerimaan dari pihak laki-laki
7. Khutbah nikah ( nasehat pernikahan)
8. Doa pernikahan
9. Penutup

Teks Mc Pernikahan dan Akad Nikah

Pembawa Acara pernikahan
Pembawa Acara pernikahan

Langsung saja tanpa panjang lebar mari kita bahas langsung contoh Teks MC Pernikahan:

Pembukaan mc

Assalamualikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillahi Robbil’alamin Wash shalatu wassalamu alaa asyrafil anbiyai wal mursalin, wa’alaa alihi washah bihi ajmain, amma ba’du.

Kepada yang terhormat Bapak Aminullah, dan yang kami hormati bapak, ibu pengiring pengantin dan para undangan yang kami hormati.

Pertama tama, marilah kita panjatkan puja, puji syukur ke Hadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala karena atas semua pemberian rahmat, taufik serta hidayah-Nya kita semua dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat guna menghadiri undangan Keluarga Bapak­­­­ Aryo dan Ibu Istutik dalam acara resepsi pernikahan atau walimatul ‘ursy putrinya yang bernama  Ummu Habibah dengan saudara Ardiansyah dari keluarga Bapak Aminullah.

Yang kedua kalinya shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya yang telah memberikan petunjuk, jalan kebenaran, serta memberikan cahaya peneranagan yakni agama Islam.

Hari ini kita semua hadir atas undangan Bapak Aryo guna menyaksikan acara walimatul ‘ursy atau resepsi pernikahan putrinya sekaligus memberikan doa restu bagi kedua mempelai yang akan mengarungi kehidupan baru sebagai sepasang suami dan istri.

Hadirin dan hadirat yang berbahagia,

Menginjak pada acara pembukaan , sebelum acara demi acara kita laksanakan, marilah kita buka acara ini dengan bacaan Surat Al – Fatihah, agar kita semua mendapatkan petunjuk dan barokah dari Ummul Qur’an tersebut.

Ila hadroti nabbiyil mustofa sayyidina muhammadin shallallahu ‘alaihi wa sallam. Al Fatihah ( Pembacaan surat Al Fatihah bersama-sama).

alhamdulillah terima kasih saya aturkan kepada bapak ibu hadirin sekalian, semoga denganbacaan al fatihah itu tadi dapat memberikan keberhkahan pada acara ini sehingga dapat berjalan dengan lancar tanpa ada halangan apapun, amiiiiin.

 

Pembacaan Ayat-Ayat Suci Al-Quran

Baik, Bapak, Ibu yang kami muliakan dan keluarga yang berbahagia untuk menambah husyuk dan tawadhuk kita pada pagi hari ini sesaast lagi kita akan mendengarkan lantunan ayat suci Al Qur’an yang pada hari ini akan dilantunkan oleh saudara Ust Fawaid, kepadanya saya persilakan.

 

Kami sampaikan banyak terima kasih kepada ust. Fawaid, dengan dilantunkannya lantunan ayat suci al Qur’an dapat menambah husyu dan tawadhuk kita kepada Allah SWT baik yang membaca ataupun kita yang mendengar, wabil khusus bagi mempelai yang sebentar lagi akan melangsungkan prosesi ijab kobul.

baik bapak ibu sekalian untuk itu acara akan saya serahkan kepada yang kami hormati bapak Munib kepada beliau kami persilahkan.

(Acara Ijab Kobul atau Akad Nikah)

terima kasih kepada bapak munif yang sudah memimpin acara ijab kobul pada hari ini. barakallahu laka wabaraka alaika wajama abainakuma fikhoir dan sesaat lagi kita akan menyaksikan penyerahan mahar oleh sang suami kepada sang istri tercinta.

kami persilahkan untuk keduanya berdiri ananda Ardiyansah akan menyerahkan mas kawin atau mahar kepada sang istri tercinta silahkan untu mengambil cincin dan dipasangkan kepada sang istri tercinta dengan mengucapkan bismillahhirrahmanirrahim.

oke untuk selanjutnya sang istri boleh memasangkan cincin kepada suami tercinta bismillahirrahmanirahim

sungkeman

oke untuk selanjutnya silahkan kedua mempelai untuk bersimpu kepada ibunda tercinta ayahanda tercinta

Sambutan Penyerahan dan Penerimaan Mempelai Pria

Bapak, Ibu semua sekalian yang dimuliakan dan keluarga yang berbahagia, sesaat lagi kita akan mendengarkan kata sambutan penyerahan oleh perwakilan dari keluarga besar calon mempelai pria yaitu bapak Bukhori kepada beliau kami persilahkan.

terima kasih kami haturkan kepada yang kami hormati bapak Yusuf yang telah memberikan kata sambutan penerimaan mewakili keluarga besar calon mempelai wanita, baik alhamdulillah telah diterima oleh kedua orang tua tercinta dari mbak Fatimah dan untuk itu kami persilahkan bapak bukhori dan bapak Yusuf untuk bersalaman terlebih dahulu.

Penyerahan dan Penerimaan Seserahan kepada Pihak mempelai Perempuan

sebagai tanda diterimanya dua keluarga besar besar yang berbahagia untuk menjalin silaturrahmi yang lebih panjang seperti kita ketahui bersama bahwa keluarga besar mempelai pria membawa tanda cinta yang diperuntukkan untuk sang calon menantu tercinta untuk itu kami persilahkan kepada yang kami hotmati ibu Rukiati untuk secara simbolis memberikan seserahan yang akan diterima oleh ibunda tercinta dari ananda fatimah yaitu ibu Istutik

seperti yang kita ketahui bersama banyak sekali seserahan tanda cinta yang diberikan kepada sang calon menantu tercinta tentunya keluarga mempelai perempuan juga seperti yang kita dengarkan bersama tidak melihat dari segi materi melainkan dari ketulusan dan keikhlasan dari keluarga besar calom mempelai pria, kami haturkan terima kasih.

Nasehat Pernikahan (Siraman Rohani)

Sekarang sampailah kita melangkah pada acara kelima, yaitu Siraman rohani atau mauidhatul hasanah nasehat pernikahan yang akan disampaikan oleh Bapak Hasyim ashari Kepada beliau dipersilahkan.

kami haturkan terima kasih kepada bapak Hasyim Ashari yang sebanyak-banyaknya atas siraman rohani yang telah disampaikan Semoga nasehat dan siraman rohani tadi, bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi mempelai berdua agar dapat menjadi pedoman hidup dan bekal nanti dalam membina rumah tangga bahagia, rumah tangga yang sakinah, mawaddah wa rahmah.

Penutup dan Doa

Bapak, Ibu, saudara, hadirin dan hadirat serta undangan sekalian yang berbahagia. Acara demi acara telah kita lalui bersama, dan kini tibalah kita pada penghujung acara yaitu, penutup dan pembacaan doa yang akan dipimpin oleh yang terhormat Bapak Hakim.

Kepada yang terhormat Bapak Hakim, kami mohon untuk menutup acara ini dengan pembacaan do’a. Kepada beliau dipersilakan.

(doa)

Terima kasih kepada Bapak hakim, semoga doa yang telah kita panjatkan diijabahi oleh Allah SWT, Amiin Ya Robbal Alamiin.

Hadirin yang berbahagia,,

Sebelum acara resepsi pernikahan atau walimatul ursy ini kami tutup, saya selaku pembawa acara resepsi pernikahan ini, mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila pada kesempatan ini ada tutur kata yang kurang berkenan di hati maupun tingkah laku yang kurang sopan, saya mohon maaf yang sebesar besarnya. dan Akhirnya marilah kita tutup acara ini dengan bacaan hamdalah …….

Alhamdulillahirobbil ‘Alamiin Billahi Taufik Wa hidayah

Wasalamualaikum warahmatulallahi wabarakatuh.

Teks Mc Resepsi Pernikahan

Pembawa acara pernikahan
Pembawa acara pernikahan

Susunan acara resepsi pernikahan sendiri sangat bervariasi di setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri.

oleh karena itu susunan acara di bawah ini sangat mungkin untuk diubah dan disesuaikan dengan kondisi adat isitiadat setempat karena acaranya sangat fleksibel dan lebih terkesan menghibur ketimbang mengikuti pakem adat istiadat tertentu susunan acaranya adalah:

Acara Hiburan, yang umumnya sudah dimulai bahkan 30 menit sebelum acara resepsi dimulai  sehingga bisa diisi dengan beragam hiburan sesuai dengan keinginan kedua mempelai.

Misalnya saja dalam pernikahan islami sesi hiburan ini bisa diisi dengan Nasyid dan lain sebagainya.

karena tek mc udah menjadi hal yang biasa dan mempunyai kesamaan dengan teks mc lainnya kami di sini akan memaparkan beberapa bagian dalam teks mc pernikahan.

Berikut ialah urutan acara  yang biasanya dilakukan saat acara pernikahan, terlebih tentang resepsi pernikahan:

  1. Acara Pembukaan, acara ini pastinya langsung dengan spontan dipimpin oleh MC dengan memberikan tanda awal acara dimulai.
  2. Persiapan penagantin, sedangkan untuk kedua mempelai yang didampingi oleh kedua pasang orang tua dan keluarga besar yang bersiap untuk acara selanjutnya.
  3. Acara Kirab Pengantin, acara ini biasanya dibimbing dengan mc, hal ini ditandai dengan masuknya seluruh rombongan yang memasuki ruangan resepsi pernikahan dengan Musik dan tari yang mengiringi rombongan sehingga mempelai duduk di pelaminan bersama sama dan menjadi raja dan ratu seharian.
  4. Acara Sambutan yang disampaikan oleh perwakilan dari kedua keluarga mempelai pengantin baik itu pria maupun wanita.
  5. Khutbah pernikahan atau Nasehat pernikahan, yang biasanya di bawakan oleh ustad dari salah satu pihak mempelai pengantin yang biasanya berdurasi 1 jam paling lama atau hanya minimal 15 menit..
  6. Acara Doa.
  7. Acara Ramah Tamah, Hiburan dan Foto Bersama, Acara ini menjadi acara paling lama karena inilah puncak dari acara tersebut.
  8. Sesi Foto, dimana fotografer mengambil gambar begitu mempelai dan orang tua duduk di pelaminan, dan tamu undangan memberikan ucapan selamat dan foto bersama pengantin hingga acara selesai.

Teks Mc  Pernikahan Bahasa Jawa

Berikut referensi teks MC dalam Bahasa Jawa berikut kami sajikan untuk temen-temen semua semoga bermanfaat dan dapat membantu temen temen semua.

Pembukaan mc

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah, alhamdulillahii nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah.

Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluhu. Allahumma sholliala sayyidina Muhammad waala ali sayidina Muhammad amma ba’du.

Bapak dan ibu poro rawuh ingkang kulo hurmati, lan Poro Alim Ulama’ poro Kyai ingkang sinatuhu dahat kinurmatan, Poro sesepuh, pinisepuh, sanak lan kadang ingkang sinubo ing pakhurmatan Mboten kesupen dumateng Sohibul bait ibu Rukiati sakeluargo ingkang kawulo mulyaaken.

‌Agunging raos syukur dumateng ngarsonipun Allah SWT amarga sampun paringi rahmat, hidayah, soho kanikmatan dumateng kulo lan panjenengan sami

Shalawat ugi salam mugio tansah kaaturaken dumateng junjungan kito Nabi Agung Muhammad SAW.ingkan kito tenggo syafa’at ipun benjang wonten ing dinten qiyamat.

Poro rawuh ingkang kawulo hormati,Kawulo wonten mriki bade ndereakaen runtuting adicoro ingkang sampun karancang, inggih meniko;

Titiadicoro ingkang sepisan, Pambuko

kalajengaken engkang ongko kalih, waosan ayat suci al-Qur’an
Kalajengaken engkang ongko tigo,
aqdun nikah

adicoro ingkang ongko, sekawan atur pambagyoharjo

Adicoro ingkang ongko gangsal, penutup

‌Keparengo pranoto adicoro ndereaken lekasing pawiwahan puniko kanti pambuko surotul fatihah, Liridloillah——–

Kalajengaken adicoro ingkang ongko kalih, inggih meniko waosan ayat-ayat suci al-Qur’an ingkang bade kaastha dening bapak (joni adi fitrah) ,
dumateng panjenenganipun bapak (joni adi fitrah) wekdal soho panggenan kulo sumanggaaken

(pembacaan ayat al Quran)

‌Dumateng panjenengan ipun kaaturaken agunging panuwun

Kalajengaken adicoro ingkang ongko tigo, inggih meniko aqdun nikah, dumateng petugas sakeng KUA, wekdal soho panggenan kawulo sumanggaaken

‌Kalajengaken adicoro ingkang ongko sekawan inggih meniko atur pambagyo pinongko pasrah temanten putro,dumateng panjenenganipun bapak (nur shodin) wekdal soho panggenan kulo sumanggaaken.

Dumateng panjenengan ipun kaaturaken agunging panuwun

(Pasrah Manten)

adicoro sak lajeng ipun Inggih meniko atur pinampining penganten putro, dumateng panjenengan ipun bapak (khasan khoironi) , wekdal soho panggenan kulo sumanggaaken

Dumateng panjenenganipun Kaaturaken Agunging panuwun

‌Kalajengaken adicoro ingkang ongko gangsal inggih meniko penutup, monggo kito tutup adicoro kanti waosan surotul fatihah alaniyah alfatihah

kawulo minangkani pambiworo adicoro anggenipun andereaken lampahing adicoro wiwit awal dumugi akhir katah kekirangan, kawulo namung tumadah lumebering sih samudra pangaksami.
Akhirul kalam Wassaalamu alaikum Wr. Wb.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!