KUMPULAN, TEKS MC LENGKAP DENGAN BERBAGAI TEMA!

KUMPULAN, TEKS MC LENGKAP DENGAN BERBAGAI TEMA!

teks mc
contoh mc formal

Kumpulan Teks MC Lengkap Dengan Berbagai Tema- hallo sahabat syhrulanam.com bertemu lagi dengan saya admin, kali ini saya akan membahas tentang Teks Mc, tujuannya kami menulis artikel ini untuk memudahkan anda para MC

atau master ceremony yang membutuhkan bahan untuk dijadikan materi dalam ngeMC.

Semua orang pasti mempunyai kesulitan, kesulitan dijumpai ketika anda sudah menemukan teksnya namun tidak sesuai dengan tema yang ingin anda sampaikan. masalah itu memang sudah sering terjadi , untuk itu anda sangat beruntung sudah berada di web ini, disini menyajikan macam-macam contoh teks amanat pembina upacara yang lengkap.

kami disini menyediakan berbagai macam contoh teks MC yang lengkap, dari beberapa tema yang bersumber dari berbagai macam acara. okelah kalau gitu langsung aja mari kita simak pemaparan berikut ini:

Pembahasan tentang MC secara umum.

1. Pengertian MC Secara Umum

MC merupakan singkatan dari bahasa Inggris yang berarti Master Of Ceremony yang berarti master= penguasa ahli, ceremony= acara, kalau dalam bahasa indonesia dikenal dengan Pembawa Acara atau Pranataacara yang memiliki arti seseorang yang bertanggung jawab untuk memimpin jalannya sebuah acara agar bisa beljalan dengan bain dan tertib, MC dibagi menjadi dua yaitu MC acara formal seperti pertnjukan dipanggung, hiburan, pernikahan, perpisahan dan jenis acara formal lainnya atau MC acara non formal seperti reunian keluarga, reunian sekolah dan lain”.

2. Tujuan MC

Rekan-rekan sekalian disini admin sedikit menyampaikan tujuan MC pada umumnya meliputi beberapa hal berikut ini : Meminpin jalannya sebuah acara, supaya acara tersebut bisa terkonsep, dan tidak menimbulkan kekacauan.

3. Tugas MC

Secara Umum Tugas MC adalah memastikan acara berlangsung dengan lancar, tepat waktu, meriah, berkesan, dan sesuai dengan susunan atau rundown acara yang telah ditetapkan.

4. Macam-Macam MC

Secara umum pidato di bagi menjadi beberapa macam yaitu :

a. MC formal adalah pemimpin acara pada sebuah acara resmi misalnya disebuah acara: pelantikan, pernikahan, perpisahan dan acara resmi lainnya.

b. MC non formal adalah pemimpin acara pada sebuah acara tidak formal misalnya disebuah acara: diskusi, debat, penyiar televisi, penyiar radio dan acara tidak resmi lainnya.

5. Tips menjadi MC yang baik, agar tidak gugup/blank

1. Kepercayaan Diri yang tinggi.

Kepercayaan diri harus dimiliki seorang MC, karena Anda harus berhadapan dengan publik baik dalam acara besar atau kecil, resmi atau tidak resmi, kepercayaan diri akan membantu Anda menguasai panggung dan audience serta memudahkan anda berinteraksi dan mengatur jalannya acara.

2. Kemampuan Manajemen waktu

MC yang baik memiliki kemampuan untuk memandu atau membawakan suatu acara dan tidak hanya sekedar terima job, dan datang. MC harus mengetahui dengan detail apa acaranya, lokasinya seperti apa apa, siapa saja yang diundang, siapa tokoh atau pejabat yang akan hadir, siapa audience-nya, dan seperti apa rundown acara dari panitia atau penyelenggara acara, MC harus ikut serta dalam beberapa briefing yang diadakan panitia untuk memudahkan MC mengatur manajemen acara di atas panggung.

3. Pandai beradaptasi dengan lingkungan .

MC harus mampu beradaptasi di lingkungan tempat dia melakukan tugasnya sebagai MC, Lingkungan bukan berarti sempit dan terbatas pada panggung saja, namun juga setiap detail yang bersangkutan dengan acara, termasuk sepertijuga: Audience (profesi, strata sosial, usia), Jenis acara (formal, informal, protokoler, wedding, showbiz, onair, atau offair), Lokasi (terbuka atau tertutup), Skala acara (besar, sedang, kecil), Pendukung acara (pengisi acara, bagian tehnis, dan panitia).

4. Memiliki Etika yang baik.

MC harus paham betul untuk menjaga perilaku dan sopan santun baik dalam bentuk lisan maupun bahasa tubuh dalam memandu sebuah acara, MC adalah seorang public figure apapun yang dilakukan seorang MC, termasuk tingkah laku dalam kehidupan pribadinya akan menjadi perhatian. Kepribadian dan tingkah laku yang baik akan menguntung dirinya dalam menjalani profesi sebagai MC, karena akan menimbulan rasa kagum, hormat, dan dapat diterima keberadaannya diberbagai kalangan. Dengan demikian akan memudahkan seorang MC mendapatkan job baru atau job berulang.

5. Kemampuan mengolah suara yang baik.

Vocal : Sebaiknya seorang MC memiliki vocal atau suara yang baik, apalagi mempunyai ciri khas.

Intonasi : MC harus pandai mengolah nada kalimat menjadi berirama dan tidak datar dan hambar.

Artikulasi : MC harus memiliki kualitas penyebutan kata dan kalimat yang baik atau artikulasi kata yang jelas.

Pernafasan : MC harus memiliki kemampuan mengatur nafas yang dapat mendukung kejelasan artikulasi dan power suara.

Power : MC harus memiliki kemampuan mengeluarkan kekuatan suara tanpa harus berteriak.

Timbre : MC harus mampu mengeluarkan suara yang ekspresif yang akan mudah mempengaruhi audience.

Tone: MC harus mampu mengatur tinggi rendah suara agar audience tidak merasa bosan.

Phrasing : MC dalam berbicara sebaiknya memberikan jeda agar dimengerti.

Infleksi : lagu kalimat atau perubahan nada suara, hindari pengucapan yang sama bagian setiap kata (redundancy). Infleksi naik menunjukkan adanya lanjutan kalimat atau menurun untuk menunjukkan akhir kalimat. Kemampuan MC dalam mengolah poin-poin di atas akan membuat suara yang dikeluarkan mampu menjiwai isi atau makna dari kata atau kalimat yang disampaikan.

Teks MC Berbagai Tema Yang Lengkap

1. Teks MC formal Acara Peringatan Hari Nasional.

Teks Mc kemerdekaan

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah.

Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluh.

Yang pertama-tama marilah kita panjatkan puji, syukur ke Hadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan kepada kita semua, sehingga pada pagi hari yang cerah ini kita masih dapat melaksanakan kegiatan upacara bendera pada pagi hari ini dengan hikmat.

Yang kedua sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW dan semoga kita semua yang ada disini kelak mendapatkan safa’at beliau di akhir jaman nanti.

Yang Saya Hormati Bapak Lurah beserta Ibu.

Yang Saya Hormati Para Ketua RW, Ketua RT, serta tokoh masyarakat.

Yang Saya Hormati Bapak-bapak, Ibu-ibu, saudara-saudara sekalian.

Yang Saya Hormati Rekan-rekan Karang Taruna Panitia Agustusan dan adik-adik yang saya cintai dan saya bangga-banggakan.

Alhamdulillah pada kesempatan kita semua bisa berkumpul bersama di sini, untuk memperingati dan merayakan Hari Ulang Tahun ke-(…) Kemerdekaan Republik Indonesia.

Atas nama Panitia Penyelenggara, kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran bapak-bapak, ibu-ibu, dan semua yang hadir di sini untuk memperingati acara Agustusan tingkat Kelurahan Tunggul.

Hadirin yang kami hormati, sebelum menginjak acara selanjutnya, saya akan membacakan rangkaian acaranya. Adapun rangkaian acara yang akan kita ikuti dalam Perayaan HUT ke-(…) Kemerdekaan RI ini sebagai berikut:

Pembukaan
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta.
Sambutan-sambutan.
Penyerahan Hadiah
Penutup/Do’a
Hiburan

Pembukaan

Hadirin yang kami muliakan

Untuk mengawali acara pada hari ini marilah kita buka acara ini dan dilanjut membaca surat Al Fatihah dengan harapan semoga acara ini bisa berjalan dengan baik, tertib, dan lancar. alahadiniyah walakulii niatin sholihan Al Fatihah.

Acara selanjutnya, marilah kita dengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an yang akan di bacakan oleh saudara ( yang bertugas)

Sadakaula hul’azim Maha Benar Allah dengan segala Firmannya

Terima kasih kepada saudara ( yang bertugas) yang terlah membacakan ayat suci Al-Qur’an semoga dengan dibacakan nya ayat suci Al-Qur’an menambah keberkahan dalam acara kali ini.

Segenap Hadirin tamu undangan yang kami muliakan manakala menyimak kumandan Kalam Ilahi, hati terasa sejuk jiwa terbujuk untuk senantiasa menjauh dari kenistaan dan kegalauan

Menyanyikan Lagu

Menginjak ke acara selanjutnya yaitu menyanyikan lagu Indonesia raya dan mengheningkan cipta, yang di pimpin oleh saudara (petugas)

Hadirin di mohon berdiri.

Hadirin di persilahkan duduk kembali

Sambutan-sambutan

Memasuki acara selanjutnya yaitu sambutan, sambutan yang akan dibawakan oleh( orang yang pending dalam acara tersebut)

Terima kasih kami sampaikan kepada ( orang yang mengasih sambutan)

Penyerahan Hadiah

Acara selanjutnya ialah penyerahan hadiah, kepada bapak ( petugas yang memberikan hadiah ) kami persilahkan. panggilan kepada yang mendapat hadiah..

Kami ucapkan selamat kepada peserta lomba yang terpilih sebagai pemenang lomba, semoga kalian semua bisa mempertahankan dan mengembangkan kemampuan yang kalian miliki saat ini.

Acara inti

Acara selanjutnya merupakan acara inti yaitu hiburan hiburan, yang akan dimeriahkan ( petugas) Untuk mempersingkat waktu langsung saja menuju acara selanjutnya yaitu acara inti, penampilan yang akan di tampilkan langsung oleh (petugas) waktu dan tempat kami persilakan.

Penutupan

Diujung acara yang indah ini marilah kita tutup dengan doa bersama yang akan dipimpin oleh (petugas). Acara demi acara telah kita lewati bersama, tibalah kita di acara puncak yaitu penutup setelah tadi ada do’a sebelum kita tutup marilah kita beristigfar dulu tiga kali, marilah kita tutup acara ini dengan membaca kalimatul hamdalah dan do’a kafaratul majelis.

Terimakasih atas kehadiran dan perhatiannya, saya selaku mc mohon maaf jika ada salah-salah kata atau kalimat yang kurang berkenan di hati Bapak/ibu sekalian. Jika ada kebenaran datangnya dari Allah SWT dan jika ada salah datangnya dari diri saya sendiri, kurang lebihnya mohon maaf bilahitaufik walhidayah wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarakatu.

..

Teks MC Pernikahan/Wedding dan Susunan Acara Pernikahan

kami haturkan sekali lagi, selamat datang kepada seluruh keluarga besar calon mempelai laki-laki , keluarga besar Bapak Amin dan ibu Rukiati.

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah, alhamdulillahii nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah.

Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluhu. Allahumma sholliala sayyidina Muhammad waala ali sayidina Muhammad amma ba’du.

bapak dan ibu sekalian yang dirahmati allah.

Puji, syukur ke Hadirat Allah SWT karena pada hari ini Sabtu tgl 23 Februari 2020 kita semua dapat berkumpul di rumah bapak Ali dalam keadaan sehat wal afiat untuk dapat menghadiri acara akad nikah antara Ananda Syahrul dan adanda Fatimah.

Sholawat serta salam tidak lupa kita junjung dan curahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta para sahabat , tabiin dan insya Allah kita semua yang ada disini kelak mendapatkan safa’at beliau di akhir jaman nanti.

Hadirin tamu undangan yang berbahagia adapun susunan acara yang akan berlangsung pada kesempatan hari yang berbahagia adalah sebagai berikut :

  1. Pembukaan
  2. Sambutan penyerahan dan penerimaan mempelai pria
  3. Penyerahan dan Penerimaan Seserahan kepada Pihak mempelai Perempuan
  4. Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an
  5. Persiapan Ijab Kobul atau Akad Nikah
  6. Acara Ijab Kobul atau Akad Nikah

Pembukaan MC

Bapak dan ibu semua yang dirahmati Allah, sebelum kita memulaii acara yang sengguh milia pada hari ini marilah kita buka acra pada pagi hari ini dengan mengucap basmallah, bismillahhirrahmanirrahim.

keluarga besar pengantin pria, keluarga besar bapak Amin dan Ibu Rukiati mengantarkan purtra tercintanya ananda putra Syahrul Anam untuk mempersunting istri tercinta dari bapak Ali dan ibu Rahutami yang Bernama Siti Fatimah

Samutan Penyerahan dan Penerimaan Mempelai Pria

Bapak, Ibu semua sekalian yang dimuliakan dan keluarga yang berbahagia, sesaat lagi kita akan mendengarkan kata sambutan penyerahan oleh perwakilan dari keluarga besar calon mempelai pria yaitu bapak Bukhori kepada beliau kami persilahkan.

terima kasih kami haturkan kepada yang kami hormati bapak Yusuf yang telah memberikan kata sambutan penerimaan mewakili keluarga besar calon mempelai wanita, baik alhamdulillah telah diterima oleh kedua orang tua tercinta dari mbak Fatimah dan untuk itu kami persilahkan bapak bukhori dan bapak Yusuf untuk bersalaman terlebih dahulu.

Penyerahan dan Penerimaan Seserahan kepada Pihak mempelai Perempuan

sebagai tanda diterimanya dua keluarga besar besar yang berbahagia untuk menjalin silaturrahmi yang lebih panjang seperti kita ketahui bersama bahwa keluarga besar mempelai pria membawa tanda cinta yang diperuntukkan untuk sang calon menantu tercinta untuk itu kami persilahkan kepada yang kami hotmati ibu Rukiati untuk secara simbolis memberikan seserahan yang akan diterima oleh ibunda tercinta dari ananda fatimah yaitu ibu Rahutami

seperti yang kita ketahui bersama banyak sekali seserahan tanda cinta yang diberikan kepada sang calon menantu tercinta tentunya keluarga mempelai perempuan juga seperti yang kita dengarkan bersama tidak melihat dari segi materi melainkan dari ketulusan dan keikhlasan dari keluarga besar calom mempelai pria, kami haturkan terima kasih.

Persiapan Ijab Kobul atau Akad Nikah

dan ibunda tercinta memberikan kalung untaian bunga melati sebagai tanda diterimanya sang calon menantu tercinta dan kamipun,dan kami persilahkan untuk mendampingi ananda Syahrul untuk dapat menuju tempat akad nikah.

kemudian saksi dari calon mempelai wanita Bapak Hendrik kami persilahkan, kemudian saksi dari calon mempelai pria bapak Hamid kami persilahkan untuk dapat menempati tempat duduk yang kami persiapkan.

sesaat lagi kita akan menunggu kehardiran calon pengantin wanita untuk itu kami persilahkan ananda Siti Fatimah untuk dapat menuju tempat akad nikah.

bapak ibu yang dimuliakan dan keluarga yang berbahagia

sebelum kita memulai acara yang sungguh mulia ini, yang pertama kami mohon dengan hormat kepada seluruh tamu undangan pada hari ini untuk dapat mengondisikan alat komunikasinya baik itu berupa hp ataupun ht untuk dapat disailent atau mungkin digetarkan ataupun dimatikan sejenak supaya tidak mengganggu jalannya ijab kobul pada hari ini.

untuk yang kedua kami mohon dengan hormat sesaat setelah ananda syahrul mengucapkan ijab kobul kami mohon dengan hormat untuk seluruh tamu undangan yang hadir pada hari ini untuk tidak bertepuk tangan, tetapi kita semua mengucapkan bacaan hamdallah.

dan untuk yang ketiga kami mohon dengan hormat kepada bapak dan ibu yang membawa putra dan putri yang masih balita kami mohon untuk dapat menenangkan putra dan putrinya pada saat cara ijab kobul berlangsung.

dan untuk yang terakhir kami mohon dengan hormat bapak dan ibu yang inngin mengabadikan momen yang indah pada hari ini kami mohon untuk tidak mendekat kemeja akad nikah supaya tidak mengganggu tim foto grafi untuk mengabadikan momen indah pada hari ini.

Pembaccan Ayat Suci Al-Qur’an

Baik, Bapak, Ibu yang kami muliakan dan keluarga yang berbahagia untuk menambah husyuk dan tawadhuk kita pada pagi hari ini sesaast lagi kita akan mendengarkan lantunan ayat suci Al Qur’an yang pada hari ini akan dilantunkan oleh bapak H. Mashudi dan sari tilawah ibu Sri astuti kepada keduanya kami persilahkan

Bapak dan Ibu sekalian rahimakumullah. seoga dengan dilantunkannya lantunan ayat suci al Qur’an dapat menambah husyu dan tawadhuk kita kepada Allah SWT baik yang membaca ataupun kita yang mendengar, wabil khusus bagi mempelai yang sebentar lagi akan melangsungkan prosesi ijab kobul. baik bapak ibu sekalian untuk itu acara akan saya serahkan kepada yang kami hormati bapak Munib kepada beliau kami persilahkan.

Acara Ijab Kobul atau Akad Nikah

terima kasih kepada bapak munif yang sudah memimpin acara ijab kobul pada hari ini. barakallahu laka wabaraka alaika wajama abainakuma fikhoir dan sesaat lagi kita akan menyaksikan penyerahan mahar oleh sang suami kepada sang istri tercinta.

kami persilahkan untuk keduanya berdiri ananda Syahrul akan menyerahkan mas kawin atau mahar kepada sang istri tercinta silahkan untu mengambil cincin dan dipasangkan kepada sang istri tercinta dengan mengucapkan bismillahhirrahmanirrahim.

oke untuk selanjutnya sang istri boleh memasangkan cincin kepada suami tercinta bismillahirrahmanirahim

sungkeman

oke untuk selanjutnya silahkan kedua mempelai untuk bersimpu kepada ibunda tercinta ayahanda tercinta

Teks MC Pengajian Formal

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah, alhamdulillahii nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah.

Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluhu. Allahumma sholliala sayyidina Muhammad waala ali sayidina Muhammad amma ba’du.

Yang pertama-tama marilah kita panjatkan puji, syukur ke Hadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan kepada kita semua, sehingga pada pagi hari yang cerah ini kita bisa berkumpul ditempat ini tanpa halangan suatu apapun.

Yang kedua sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah membimbing kita dari jalan gelap gulita menuju jalan yang terang benerang yakni adinul islam dan semoga kita semua yang ada disini kelak mendapatkan safa’at beliau di akhir jaman nanti.

Bapak dan Ibu sekalian yang dirahmati allah.

perkenankan saya untuk membacakan susunan acara dapa acara pengajian hari ini:

  1. pembukaan
  2. Pembacaan ayat suci al- Qur’an
  3. Penampilan grup sabyan gambus
  4. Pemateri yang akan disampaikan oleh Ustdz Hanan Attaki
  5. dilanjut sesi tanya jawab
  6. doa dan penutup

Pembukaan

sebelum kita mulai acara pengajian hari ini marilah kita buka dengan membaca surat Al Fatihah.semoga dengan bacaan al fatihah itu tadi bisa memberkahi acara pada hari ini sehingga acara hari bisa berjalan dengan lancar

Pembacaan ayat suci Al Qur’an

acara selanjutnya yakni pembacaan ayat suci Al Qur’an yang akan di bawakan oleh saudara Sanggaji kepada beliau watu dan tempat kami persilahkan

Shadakallahu adzim maha benar Allah dengan seluruh firmannya. terima kasih kami haturkan kedapa saudara Sangaji yang telah melantunkan ayat suci Al Qur’an denga indah

Penampilan grup Sabyan Gambus

Acara selanjutnya yakni Penampilan Nasyid dari grup sabyan gambus, kepada grup sabyan gambus waktu dan tempat kami persilahkan.

Pemateri yang akan disampaikan oleh Ustdz Hanan Attaki

dan pada akhirnya tibalah kita pada acara inti yakni ceramah oleh Ustdz Hanan Attaki kepada beliau kami persilahkan…

Sesi tanya jawab

berakhirlah ceramah oleh Ustdz Hanan Attaki acara selanjutnya akan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, bagi temen yang ingin bertanya monggo angkat tangan dan perkenalkan diri anda dan apa pertanyaannya.

Akhirnya berakhirlah sesi tanya jawab dari pengajian sore hari ini, sebelumnya izinkanlah saya mengulang-ulang inti dari ceramah oleh Ustdz Hanan Attaki yakni :

kunci perbaikan diri

a. harus jujur pada diri sendiri

b. jangan sibuk menilai orang lain

c. berhati-hati dalam beramal

d. sempurnakan perilaku

e. kunci sukses hidup adalah ilmu

f. kunci kebahagiaan adalah hati yang tenang

itulah beberapa hal yang mampu saya simpulkan dari pengajian hari ini.

Penutupan

acara demi acara telah kita lewati dan akhirnya tibalah kita di akhir acara yaitu penutupan sebelum acara ini kita tutup, dengan doa, saya sebagai Mc saya mohon maaf atas segala kesalahan selama saya menjadi Mc. akhirul kalam, Summassalamu’ alakaum warrahmatuh.

Teks Pembawa Acara Formal Seminar

Baik kali ini saya akan memaparkan contoh

Assalamu’alaikum. Warrahmatullahi Wabarakattuh

Salam sejahtera bagi kita semua.

Hadiring yang kami hormati.

Alhamdulillahi wakafa billahi syahida ashadualla ilahailallahu wahdahu lasyarikala waas Asyhadu allaila haillallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluhu. Allahumma sholliala sayyidina Muhammad waala ali sayidina Muhammad amma ba’du.

Yang saya hormati Bapak Prof. Soedjijono selaku Pembicara
Yang saya hormati Ibu Rahutami selaku Rektor Universitas Negeri Malang
Yang saya hormati Bapak/Ibu Dosen Universitas NegEri Malang
Yang saya cintai rekan-rekan Mahasiswa Universitas Negri Malang

Pertama-tama, merilah kita panjatkan puja dan puji syukur dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan hidayahnya sehingga kita masih diberikan kesempatan untuk berkumpul bersama pada hari Senin 12 Maret 2019 dalam acara seminar.

Sholawat serta salam tidak lupa kita junjung dan curahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta para sahabat , tabiin dan insya Allah kita semua yang ada disini kelak mendapatkan safa’at beliau di akhir jaman nanti.

Hadirin tamu undangan yang berbahagia adapun susunan acara yang akan berlangsung pada kesempatan hari yang berbahagia adalah sebagai berikut :

  1. Pembukaan
  2. Sambutan dari Ibu Rahutami selaku Rektor Universitas Negeri Malang
  3. Sambutan dari Bapak Suryantoro Selaku ketua Prodi Bahasa Indonesia.
  4. Seminar kebudayaan.
  5. Sesi tanya-jawab
  6. Penutup dan do’a

Pembukaan

Bapak dan ibu semua yang dirahmati Allah, sebelum kita memulaii acara yang sengguh mulia pada hari ini marilah kita buka acra pada pagi hari ini dengan mengucap basmallah, bismillahhirrahmanirrahim.

Sambutan-Sambutan

  1. Sambutan dari Ibu Rektor Universitas Negeri Malang

Hadirin sekalian yang berbahagia, sesaat lagi kita akan mendengarkan kata sambutan oleh Ibu Rahutami selaku Rektor Universitas Negeri Malang kepada beliau kami persilahkan.

Terima kasih kami haturkan kepada yang kami hormati Ibu Rahutami selaku Rektor Universitas Negeri Malang

2. Sambutan dari Bapak Suryantoro Selaku Ketua Prodi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia

Hadirin sekalian yang berbahagia, sesaat lagi kita akan mendengarkan kata sambutan oleh Bapak Suryantoro Selaku Ketua Prodi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang kepada beliau kami persilahkan.

Terima kasih kami haturkan kepada yang kami hormati Bapak Suryantoro Selaku Ketua Prodi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia.

Seminar Kebudayaan.

Hadirin sekalian yang kami hormati, akhirnya kita akan masuk ke acara inti, yaitu Seminar Kebudayaan yang akan dibawakan oleh bapak Prof. Soedjijono, kepada beliau kami persilahkan.

Terimakasih kami sampaikan kepada bapak Prof. Soedjijono atas informasi dan ilmu yang diberikan, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Sesi Tanya Jawab

Berakhirlah ceramah oleh bapak Prof. Soedjijono acara selanjutnya akan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, bagi temen yang ingin bertanya monggo angkat tangan dan perkenalkan diri anda dan apa pertanyaannya, Kepada para hadirin yang ingin bertanya, kami persilahkan.

Penutup

Hadirin semuanya yang saya muliakan, akhirnya kita sudah sampai di penghujung acara. Saya disini selaku pembawa acara mengucapkan rasa terimakasih kepada bapak pemateri, bapak/ibu dosen, teman-teman mahasiswa, para panitia, dan para hadirin yang hadir pada hari ini.

Saya Faisal selaku Mc Pada hari ini mohon maaf apabila ada salah kata dan kekurangan saya selaku pembawa acara mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Hadirin yang saya muliakan, marilah kita tutup acara Seminar kebudayaan pada hari ini dengan do’a, semoga semua yang kita dapat hari ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Berdo’a yang akan dipimpin oleh saudara Risky saya persilahkan.

Terima kasih saya sampaikan kepada Saudara Risky yang telah memimpin do’a pada acara Seminar kebudayaan hari ini, saya sebagai Mc saya mohon maaf atas segala kesalahan selama saya menjadi Mc. akhirul kalam, Summassalamu’ alakaum warrahmatuh.

Contoh Teks MC tentang Parenting dan Talk show

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah, alhamdulillahii nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah.

Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluhu. La nabiya ba’da.

Qalallhu ta,ala fill kitabihil karim: audhubillahiminassayytonirrajim bismillah hirrahmanirrahim watawa saubil haq watawa saubissob al ayah amma ba,du.

Kepada yang terhormat, Ustadz Hasyim Asy’ari selaku dewan pembina yayasan Al-hikmah Kepanjen

Yang kami hormati Ustadz Abdhul Khakim selaku ketua yayasan Al-hikmah Kepanjen

Yang kami hormati Kepala Sekolah Dasar Islam Terpadu Salsabila Kepanjen

dan kepada bapak, ibu orang tua/orang tua wali murid yang senantiasa dirahmati Allah

Pertama tiada kata terindah selain ungkapan rasa syukur kita kepada Allah Subhanahu Wataala karena atas limpahan rahmat dan nikmatnya kepada kita semuanya sehingga bisa melangkahkan kaki menghadirkan fisik dan hati dalam acara parenting dan talk show dalam kondisi sehat wal afiat, ammin ya Rabbal alamin.

Kedua rangkain Sholawat serta untaian salam senantiasa tercurahkan kepada Rasulullah Muhammad Sallahu Alaihi Wassallam yang senantiasa dengan curahan kasih dan sayangnya mendakwahkan, membimbing dan mengajarkan syariat Islam hingga sampailah kepada kita semuanya.

Semoga dengan segala daya dan upaya kita dalam istikomah dalam mempelajari, mengamalkan serta mendakwahkan apa yang telah Rasulallah sampaikan menjadi sebuah perantara bagi kita untuk dipertemukan, berkumpul dan memasuki syurga bersama-sama beliau Amin ya rabbal alamin.

yang ketiga tidak lupa kami sampaikan terima kasih yang sedalam dalamnya atas kehadiran bapak, ibu atau wali murid karena telah meluangkan waktu untuk hadir, semoga apa yang telah kita curahkan bersama senantiasa dirahmati Allah subhanahu wata ala.

Bapak, Ibu serta Hadirin sekalian yang dirahmati Allah pada kesempatan ini izinkanlah saya selaku pembawa acara membacakan susunan acara kita pada pagi hari ini yakni, Parenting dan talk Show dengan mengambil tema Menghadirkan Nuansa keluarga hafidz Qur’an, adapun susunan acaranya sebagai berikut:

  1. Pembukaan yang telah saya sampaikan
  2. Tilawah
  3. Sambutan
  4. Audiensi UMMI Foundation Malang
  5. Parenting dan Talk Show
  6. Penutup dan Do’a

 

bapak ibu hadirin yang dimuliakan, alangkah lebih indah dan berkahnya acara pada hari ini jika kita mulai dengan bacaan basmallah, Bismillahirrahmanirrahim

acara selanjutnya untuk menambah keberkahan acara kita pada pagi hari ini, mari kita simak bersama-sama tilawah al-Qur’an yang akan dibacakan oleh ananda kita Adam Nahrowi, kepada ananda kami persilahkan

Acara selanjutnya yakni sambutan-sambutan,

  1. Sambutan yang pertama akan disampaikan oleh ustadz Khakim selaku ketua yayasan Alhikmah kepanjen
  2. Sambutan selanjutnya akan disampaikan oleh kepala sekolah dasar Islam terpadu Salsabila kepanjen

bapak Ibu hadiring Yang saya muliakan

acara salenjutnya yakni Audiensi UMMI Foundation Malang yang dalam ini akan dipandu oleh ustadz Iqwan mauludin, kepada beliau kami persilahkan.

bapak ibu dan hadirin sekalian, demikian tadi pemaparan yang insya Allah sudah cukup jelas telah kita simak bersama terkait apa? bagaimana? dan seperti apa metode Ummi kita sudah ketahui bersama.

Acara selanjutnya adalah acara yang sangat kita tunggu-tunggu yaitu Parenting dan talk show yang dalam ini akan dipandu oleh ustadz Suyanto, kepada beliau kami persilahkan.

bapak ibu dan hadirin sekalian, demikian tadi pemaparan yang insya Allah sudah cukup jelas

Tinggalkan komentar