Teks Doa Nurbuat, Arab, Latin, Arti dan Keutamaanya

doa nurbuat dan artinya
bacaan doa nurbuat

Doa nurbuat – Berbicara soal doa berikut ini kami akan membahas doa yang memiliki segudang manfaat bagi yang mengamalkannya doa apakah itu?

Doa nurbuat atau sering juga disebut doa nubuwwah, adalah salah satu doa yang memiliki banyak manfaatnya. Apalagi jika kita secara istiqomah mengamalkannya.

Doa nurbuat juga disebut dengan doa pengasihan, artinya agar kita disayangi oleh orang-orang yang memusuhi kita sehingga bisa menghindarkan kita dari gangguan setan dan orang yang ingin menzolimi diri kita.

Sebagai manusia yang hidup di dunia, tentu kita dihadapkan banyak permasalahan yang menimpa diri kita hal ini sangat berhungan dengan semakin bertambahnya usia, masalah tersebut akan selalu bertambah dengan bertambahnya usia.

Jika tidak disertai dengan ibadah yang baik, maka hidup kita akan menjadi lebih sulit oleh karena itu untuk memudahkan segala persoalan hidup kita, marilah kita amalkan doa nurbuat yang memiliki banyak manfaat dan keutamaan bagi kita semua.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang doa, semua orang pasti punya masalah dan semua masalah yang dihadapi haruslah kita memohon ampunan dan keselamatan dari setiap ujian yang kita alami.

Pengertian Doa Nurbuat

Doa Nurbuat adalah salah satu doa yang memiliki banyak keutamaansalah satunya yang akan kami bahas kali ini, doa ini biasanya sering diartikan cahaya kenabian, doa ini banyak memiliki keutamaan ketika orang yang membacanya.

Doa nurbuat juga diaratikan sebagai doa pengasihan salah keutamaan bagi yang mengamalkan doa ini akan membuat seseorang disayangi oleh orang-orang yang memusuhinya tidak hanya itu, masih banyak lagi keutamaan dari doa nurbuah ini.

Doa nurbuat atau ada yang mengenalnya dengan sebutan doa nurbuwwah (nurun nubuwaah) yang berarti “cahaya kenabian” dengan mengamalkannya seseorang juga bisa terhindar dari godaan setan yang terkutuk.

Apa Itu Doa Nurbuat?

Doa Nurbuat atau dikenal dengan doa nurbuwah berasal dari bahasa Arab doa ini dipercayai memiliki khasiat yang luar biasa, Doa ini biasanya terdapat dalam doa majemuk yang merupakan doa pegangan para santri selama ia berada di pondok, Doa Nurbuat biasa dikenal dengan nama doa Jibril.

Sebagian dari doa ini berasal dari hadist Riwayat Ibnu Asakir namun sebagian lainnya tidak berdasarkan hadist. Banyak orang yang masih mempertanyakan tentang kandungan dari doa ini, memang masih menjadi pro dan kontra di kalangan kaum muslim karena ada sebagian orang melarangnya namun ada sebagian yang lain membolehkannya.

Terlepas dari semua itu, pada dasarnya berdoa merupakan salah satu hal yang mendekatkan diri kepada Allah dan berdoa sah-sah saja dilakukan selama di dalam doa tersebut tidak keluar dari kaidah ajaran islam seperti menuhankan selain Allah seperti halnya yang dilakukan agama lainnya.

Meskipun demikian, hingga sekarang doa nurbuat tetap dikenal oleh orang islam sebagai doa yang memiliki banyak keistimewaan dan apabila doa ini dipanjatkan dengan rutin diiringi dengan keikhlasan karena Allah semata, maka berkah-pun akan didapatkan akan didapatkan oleh pengamalnya, tapi sebelum kita membahas keutamaan itu, mari kita simak teks doa Nurbuat Arab, latin dan artinya.

Doa Nurbuat Arab

doa nurbuat
doa nurbuat

اَللّٰهُمَّ ذِى السُّلْطَانِ الْعَظِيْمِ ، وَذِى الْمَنِّ الْقَدِيْمِ ، وَذِي الْوَجْهِ الْكَرِيْمِ ، وَوَلِيِّ الْكَلِمَاتِ التَّآمَّاتِ ، وَالدَّعَوَاتِ الْمُسْتَجَابَةِ ، عَاقِلِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ مِنْ اَنْفُسِ الْحَقِّ ، عَيْنِ الْقُدْرَةِ والنَّاظِرِيْنَ ، وَعَيْنِ الْاِنْسِ وَالْجِنِّ ، وَاِنْ يَّكَادُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا لَيُزْ لِقُوْنَكَ بِاَبْصَارِهِمْ لَمَّا سَمِعُوا الذِّكْرَ وَيَقُوْلُوْنَ اِنَّهُ لَمَجْنُوْنَ ، وَمَا هُوَ اِلاَّ ذِكْرٌ لِلْعَالَمِيْنَ ، وَمُسْتَجَابُ لُقْمَانَ الْحَكِيْمِ ، وَوَرِثَ سُلَيْمَانُ دَوُدَ عَلَيْهِمَا السَّلَامُ الْوَدُوْدُ ذُو الْعَرْشِ الْمَجِيْدِ ، طَوِّلْ عُمْرِيْ ، وَصَحِّحْ اَجْسَادِيْ ، وَاقْضِ حَاجَتِيْ ، وَاَكْثِرْ اَمْوَالِيْ وَاَوْلَادِيْ ، وَحَبِّبْ لِلنَّاسِ اَجْمَعِيْنَ ، وَتَبَاعَدِ الْعَدَاوَةَ كُلَّهَا مِنْ بَنِيْ آدَمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ ، مَنْ كَانَ حَيًّا وَّيَحِقَّ الْقَوْلُ عَلَي الْكَافِرِيْنَ ، وَقُلْ جَآءَ الْحَقُّ وَزَهَقَ الْبَاطِلُ ، اِنَّ الْبَاطِلَ كَانَ زَهُوْقًا ، وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْاٰنِ مَاهُوَ شِفَآءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِيْنَ ، وَلَايَزِيْدُ الظَّالِمِيْنَ اِلَّا خَسَارًا ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ ، وَسَلَامٌ عَلَي الْمُرْسَلِيْنَ ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Doa Nurbuat Latin

Berikut merupakan teks doa Nurbuat latin yang bisa anda jadikan media membaca atau menghafalkan doa ini.

“Allahumma dzi sulthonil ‘adzim, wadzil mannil qodim, wadzil wajhil kariim, wa waliyyal kalimaatit taammaati wadda’awaatil mustajaabati ‘aaqilil khasani wal khusaini min anfusil khaqqi ‘ainil qudroti wan nadziriinawa ‘aynil insi wal jinni wa in yakaadul ladziina kafaru layuzlikuunaka biabshoorihim lamma sami’ul ladzikro wa yaquuluuna innahu lamajnuun. Wa maa huwa illaa dzikrullil ‘aalamiin. Wa mustajaabu luqmaanal khakiim. Wawaritsa sulaimaanu daawuuda ‘alaihimassalaamul waduudu dzul ‘arsyil majiid. Thowwil umrii wa shohhikh ajsaadi wa aqdhi khajadi wa akstir amwaali wa aulaadi wa khabbib linnasi ajma’iina wa tabaa’adil ‘adaawata kullaha min biniii aadama ‘alaihis salaama man kaana khabban wa yakhiqqol qoulu ‘alal kaafiriina wa qul jaa al khaqqo wa zahaqol baathilu innal baathila kaana zahuuqo. Wayunazzilu minal qur-aani maa huwa syifaaun warohmatul lil mu’miniin. Wa laa yaziidud dhzolimiina illa khosaaro. Subkhaana robbika robbil ‘izzati ‘amma yashifuun. Wasalamun ‘alal mursaliin. Wal khamdulillaahi robbil ‘aalamiin.”

Artinya:

“ya Allah, Dzat yang memiliki kekuasaan Agung, Yang memiliki anugerah terdahulu, Yang memiliki wajah Yang mulia, Yang menguasai kalimat-kalimat yang sempurna, dan doa-doa yang mustajab, penanggung Hasan dan Husain dari jiwa-jiwa yang khaq dari pandangan mata yang memandang, dari pandangan manusia dan Jin. Dan sesungguhnya orang-orang kafir benar-benar akan menggelincirkan kamu dengan pandangan mereka, ketika mereka mendengar Al Quran dan berkata: sesungguhnya (Muhammad) benar-benar orang yang gila, Dan Al Quran itu tidak lain hanyalah peringatan bagi seluruh umat, Dan yang mengijabahi Luqmanul Hakim, dan Sulaiman telah mewarisi Dawud a. S. Al wadud (Allah Dzat Yang Maha Pengasih) yang memiliki singgasana yang mulia, panjangkanlah umurku, sehatkanlah jasadku, kabulkanlah hajatku, perbanyaklah harta, bendaku dan anakku (pengikutku), cintakanlah semua manusia dan jauhkanlah permusuhan dari anak cucu Adam a. S. Orang-orang yang masih hidup (dihatinya) dan semoga tetap ancaman siksa bagi orang-orang kafir, Dan katakanlah: Yang haq telah datang dan yang bathil telah musnah, sesungguhnya perkara yang bathil itu pasti musnah, Dan Kami turunkan Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rakhmat bagi orang-orang yang beriman, dan Al Quran tidak akan menambah kepada orang-orang yang berbuat aniaya melainkan hanya kerugian, Maha Suci Allah Tuhanmu Tuhan Yang Maha Mulia dari sifat-sifat yang diberikan orang kafir, Dan semoga keselamatn bagi para Rosul, Dan segala puji bagi Allah Tuhan semesta Alam.”

Keutamaan Doa Nurbuat

Berikut adalah Keutamaan Doa Nurbuat :

  1. Pengingat diri Pada Allah Maha Agung karena Doa ini diawali dengan kalimat-kalimat memuji Allah.
  2. Dapat membantu kita bermimpi bertemu Nabi, Rasulullah pernah bersabda: “barang siapa ingin berjumpa para nabi, maka bacakan 100 kali doa ini, kemudian tidur, insya Allah akan bermimpi bertemu para nabi, dan barang siapa yang rajin mengamalkan doa ini, maka orang yang memandangnya akan merasa kasih sayang , dan jika kamu ingin dimuliakan bacalah doa ini.”
  3. Dapat disukai banyak orang karena dalam doa ini terdapat doa permohonan “cintakanlah semua manusia” yang khasiatnya adalah membuat orang lain menyayangi kita.
  4. Didoakan oleh malaikat supaya mendapat ampunan Allah , Jika kita membacanya pada malam hari, maka malaikat akan memohonkan ampun pada Allah atas dosa-dosa kita dan hal-hal yang menghapus amal ibadah.
  5. Bertambah kekayaan karena dalam doa ini terdapat kalimat perbanyaklah harta bendaku
  6. Dapat disukai oleh banyak orang karena didalam doa ini terdapat perbanyaklah pengikutku.
  7. Mendapat rizky yang banyak Doa ini meminta secara gamblang dan jelas untuk dibanyakkan rizkinya.
  8. Dikabulkan hajatnya doa ini juga mengandung kalimat meminta dikabulkan hajatnya.
  9. Maka ketika sampai pada kalimat “wa aqdhi khajadi” hendaknya memberi jeda untuk meminta hajat pada Allah dengan khusyu’
    Menyembuhkan yang sakit
  10. Disembuhkannya sakitnya karena dalam doa ini terdapat permohonan untuk penyembuhan sakit oleh karena itu sangat dianjurkan jika sampai pada kalimat wa shohhikh ajsaadi hendaknya mengusap-ngusap bagian tubuh yang sakit sambil mengulang-ulang kalimat diatas.
  11. Memberikan kedamaian bagi orang yang bertengkar, karena dalam doa ini terdapat kalimat wa khabbib linnasi ajma’iina wa tabaa’adil ‘adaawata kullaha min biniii aadama ‘alaihis salaama arti doa ini dalah memohon kedamaian bagi seluruh Anak Adam di dunia dengan saling mencintai satu Sama lainnya.
  12. Mendapatkan kemuliaan dimata orang lain
    Dipanjangkan umurnya.
  13. Pada kalimat Thowwil umrii, meminta untuk dipanjangkan umurnya.
    Menjadikan wajah tampak lebih cerah jika membacanya dengan istiqomah Amalan-amalan yang dilakukan secara istiqomah pasti dapat membuat wajah kita terpancar cerah. Itu adalah karena hati kita dibersihkan oleh amalan-amalan istiqomah tersebut.
  14. Apalagi doa ini adalah doa nurun nubuwwah yang mana artinya adalah cahaya kenabian.
    Dijauhkan dari kekufuran – Bila anda membaca lima puluh kali pada malam jumat, insya Allah anda kan dijauhkan dari kekufuran. Seperti dalam kalimat wa in yakaadul ladziina kafaru layuzlikuunaka biabshoorihim lamma sami’ul ladzikro wa yaquuluuna innahu lamajnuun juga mengingatkan kita bahwa orang kafir adalah pendusta.
  15. Dapat menghindari gangguan Jin dan melihatnya – Dalam doa ini juga terdapat aaqilil khasani wal khusaini min anfusil khaqqi ‘ainil qudroti wan nadziriinawa ‘aynil insi wal jinni yang mana dapat menghilangkan gangguan jin serta dapat dilihatkan wujud-wujud yang ghaib.
    Dilindungi dari sihir – Jika membaca doa ini pada waktu matahari hampir terbenam, maka Allah akan menghindarkan kita dari sihir.
    Mengingatkan kita atas kemulyaan dan kebenaran AL Quran dan keajaiban al-quran di dunia.
    Dikabulkan doanya – Dalam hal ini diibaratkan dikabulkannya doa Lukman Hakim: Wa mustajaabu luqmaanal khakiim
    Ditunjukkan kebenaran – Doa ini juga mengandung kata untuk ditunjukkan pada kebenaran dan kebatilan pasti akan musnah. Maka doa ini menuntun kita untuk menjauhi hal yang bathil pula.
    Diangkat derajatnya di dunia – Jika ingin mempunyai kedudukan yang tinggi di dunia, maka perbanyaklah membaca doa ini.
    Menundukkan binatang liar.
    Memudahkan jika ada wanita yang akan melahirkan – Maka jika melahirkan hendaklah perbanyak membaca doa ini.
    Demikian keutamaan keutamaan doa nurbuat ini. Apapun doa kita Insya Allah dikabulkan asal hati kita yakin dan ikhlas serta memiliki iman yang dalam. Wallahu A’lam.

Tinggalkan komentar