Sholat Taubat; Tata Cara dan Keutamaannya

Sholat Taubat

Syahrulanam.com – Assalamu’alaiakum warrahmatullahi Wabarakattuh, sesuai dengan judul yang kita akan bahas pada kesempatan kali ini admin akan membahas sholat taubat.

Amalan yang yang sering dilakukan oleh umat muslim yang sholih, adalah ibadah tambahan yang dianjurkan oleh Rosulullah.

Karena selain melaksanakan sholat wajib 5 waktu ada beberapa waktu yang dianjurkan untuk melakukan sholat sunnah.

Seperti yang sudah kita ketahui sholat sunnah adalah tambahan sholat di luar sholat wajib yang harus dilakukan 5 kali dalam sehari.

Semua sholat sunnah memiliki keutamaan dan manfaat yang berbeda-beda tapi semua sholat sunnah yang dilakukan adalah untuk memohon kepada Allah agar diberikan perlindungan, limpahan rejeki dan dikabulkannya segala hajadnya.

Dari beberapa sholat sunnah yang ada, pada pembahasan ini akan mengulas tentang niat sholat sunnah taubat, tata cara sholat taubat, keutamaan sholat taubat dan manfaat sholat taubat untuk orang islam.

Sesuai dengan namanya Sholat taubat ini di gunakan sebagai amalan yang ahrus dilakukan oleh semua umat, mengapa demikian?

karena semua orang sudah pernah berbuat salah baik itu di sengaja ataupun tidak disengaja.

Kita sebagai manusia bahasa jawanya menus-menus kakean duso, yang artinya insan yang banyak dosa, karena itu wajiblah kita memohon ampunan Allah dengan salah satu caranya yakni melaksanakan sholat taubat.

Pengertian Sholat Taubat

Sholat Taubat adalah Sholat sunnah yang dianjurkan  Rosulullah SAW. Sholat taubat merupakan sholat sunnah yang dilakukan bertujuan untuk memohon pengampunan dari kesalahan-kesalahan yang telah dibuat.

Apabila seseorang sudah menjalankan tata cara sholat taubat yang benar maka seseorang tersebut tidak akan mengulangi maksiat atau dosa tersebut.

Sebelum mengulas tentang cara sholat taubat dan bacaan niat sholat taubat, sebaiknya Anda memahami dulu mengenai sholat sunah taubat lebih dalam.

Sholat sunah taubat adalah salah satu sholat Sunah yang memiliki keutamaan dan keistimewaan yang sangat besar bagi seluruh umat muslim.

Sholat taubat sangat dianjurkan untuk dikerjakan setiap hari secara rutin karena dengan melakukan tata cara dan niat sholat taubat yang benar, maka sholatnya akan semakin sempurna.

Insya Allah, Allah SWT akan memberikan ampunan, pahala yang banyak bagi yang menunaikannya, Karena menurut para ulama ketika sholat khusuk dan semakin dekat dengan Allah Swt di dalam sholatnya.

Sesuai dengan dalil di dalam hadist;

عَنْ عَلِيٍّ يَقُولُ إِنِّى كُنْتُ رَجُلاً إِذَا سَمِعْتُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- حَدِيثًا نَفَعَنِى اللَّهُ مِنْهُ بِمَا شَاءَ أَنْ يَنْفَعَنِى بِهِ وَإِذَا حَدَّثَنِى رَجُلٌ مِنْ أَصْحَابِهِ اسْتَحْلَفْتُهُ فَإِذَا حَلَفَ لِى صَدَّقْتُهُ وَإِنَّهُ حَدَّثَنِى أَبُو بَكْرٍ وَصَدَقَ أَبُو بَكْرٍ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « مَا مِنْ رَجُلٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا ثُمَّ يَقُومُ فَيَتَطَهَّرُ ثُمَّ يُصَلِّى ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّهَ إِلاَّ غَفَرَ اللَّهُ لَهُ ». ثُمَّ قَرَأَ هَذِهِ الآيَةَ (وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلَى مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ )

Dari ‘Ali Radhiyallahu anhu , dia berkata, “Aku adalah seorang lelaki, jika aku telah mendengar sebuah hadits dari Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam , Allâh Azza wa Jalla memberiku manfaat yang Dia kehendaki dengan perantara hadîts itu. Jika ada salah seorang sahabat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang menyampaikan sebuah hadits kepadaku, maka aku akan memintanya bersumpah (bahwa dia benar-benar telah mendengar dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam -red). Jika dia telah bersumpah kepadaku, maka aku mempercayainya.

Dan sesungguhnya Abu Bakar telah memberitakan sebuah hadits kepadaku, dan Abu Bakar telah berkata jujur, dia berkata, “Aku telah mendengar Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tidak ada seseorang pun yang melakukan dosa, lalu dia berdiri kemudian bersuci lalu menunaikan shalat, setelah itu memohon ampun kepada Allâh, kecuali Allâh pasti akan mengampuninya.” Kemudian beliau membaca ayat ini (yang maknanya-red), “Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allâh, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allâh ? dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.” [Ali Imrân/3: 135] [1]

Anjuran Mengerjakan Salat Taubat

Anjuran mengerjakan sholat ini memiliki dasar hukum pada Alquran dalam surat At-Tahrim ayat 8 yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.”

Anjuran salat taubat ini juga tercermin dalam Hadis Rosulullah SAW, yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, Ahmad, dan Tirmidzi yang berbunyi:

“Apabila ada orang yang melakukan suatu perbuatan dosa, kemudian dia berwudhu dengan sempurna, lalu dia mendirikan shalat dua rakaat, dan selanjutnya dia beristighfar memohon ampun kepada Allah, maka Allah pasti mengampuninya.”

Karena setiap umat manusia tidak akan tahu tentang besarnya kebahagiaan dan kesenangan yang akan Allah berikan kepadanya di akherat kelak.

Kehidupan di akherat digambarkan dengan penuh kenyamanan, enak, dan indah tinggal di surga semua itu atas balasan Allah kepada hamba-Nya yang berbuat baik selamai di dunia.

Allah SWT sudah menjanjikan indahnya surga bagi yang rajin melaksanakan sholat taubat.

Pada kesempatan ini akan dijelasan lebih detail tentang Sholat Sunnah Taubat, akan dijelaskan tentang niat sholat taubat, tata cara sholat taubat yang benar dan doa setelah sholat taaubat.

Anjuran Mengerjakan Salat Taubat
Dasar hukum yang menganjurkan orang untuk menjalankan salat taubat nasuha ini ada pada Alquran dalam surat At-Tahrim ayat 8 yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.”

Anjuran salat taubat ini juga tercermin dalam Hadis Rosulullah Sholallahu Alaihi Wassalam, diriwayatkan oleh Abu Dawud, Ahmad, dan Tirmidzi yang berbunyi:

“Apabila ada orang yang melakukan suatu perbuatan dosa, kemudian dia berwudhu dengan sempurna, lalu dia mendirikan shalat dua rakaat, dan selanjutnya dia beristighfar memohon ampun kepada Allah, maka Allah pasti mengampuninya.”

Waktu Mengerjakan Sholat Taubat

Sholat Taubat merupakan sesuatu yang tak bisa ditunda-tunda Oleh sebab itu taubat harus segera dilakukan setelah melakukan perbuatan dosa.

Salat taubat merupakan salah satu bentuk salat mutlak yang waktu pelaksanaannya bisa dilakukan kapan saja, baik siang maupun malam kecuali pada waktu yang diharamkan untuk salat. Sementara itu, sebagian ulama menyatakan bahwa waktu pelaksanaan salat taubat yang utama adalah pada 2/3 malam atau selama salat tahajud dilaksanakan.

Bacaan Niat Sholat Taubat

Dalam islam dianjurkan sebelum melakukan perbuatan baik atau segala aktifitasnya untuk membaca niat. Begitu juga ketika mau melaksanakan sholat tahajud.

Bacaan niat sholat sunah Taubat juga harus dilakukan, Niat sholat Taubat wajib dilakukan untuk membedakan sholat sunah lainnya, karena sholat Taubat yang dilakukan dengan Doa Taubat.

Niat adalah suatu tidakan yang diutamakan agar apa yang dikerjakan menjadi sempurna, Bacaan niat sholat Taubat yang benar juga harus diucapkan agar sholat Taubatnya menjadi sempurna.

Jika niatnya saja sudah tidak benar, maka sholat Taubatnya otomatis tidak sempurna, oleh sebab itu hafalkan bacaan niat sholat tahajud berikut.

Bacaan Niat sholat tahajud

Salat taubat sebaiknya dikerjakan secara sendirian. Ini karena salat taubat merupakan sholat nafilah yang tidak disyariatkan untuk dikerjakan secara berjemaah. Berikut niat yang harus dibacakan saat memulai salat:

 

USHALLI SUNNATAT TAUBATI ROKAATAINI LILLAHI TAALA

 

Artinya: “Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah.”

 

4 dari 6 halaman

Tata Cara Salat Taubat

Membaca niat

Takbirotul Ihram

Membaca doa Istiftah/iftitah (sunnah)

Membaca surat Al Fatihah

Membaca surat dari Alquran

Ruku’ (membaca tasbih ruku’ tiga kali)

I’tidal (membaca doa i’tidal)

Sujud (membaca tasbih sujud tiga kali)

Duduk di antara dua sujud

Sujud kedua (membaca tasbih sujud tiga kali)

Bangun melanjutkan rakaat kedua seperti urutan di atas sampai 10.

Tasyahud akhir (membaca bacaan tasyahud akhir)

Salam

Berdoa mohon ampunan

5 dari 6 halaman

Anjuran Berdoa Usai Salat Taubat

Setelah mengerjakan sholat sunnah taubat, dianjurkan untuk memperbanyak baca istighfar yang ditujukan untuk memohon ampunan dari Allah SWT. Ini sesuai dengan hadis Rasulullah dari Abu bakar Radiyallahu’anhu, yang berbunyi:

 

“Hendaklah kalian membaca Laailaaha illallah dan istigfar lalu perbanyaklah membaca keduanya karena iblis berkata, ‘Aku telah membinasakan manusia dengan dosa sedangkan mereka membinasakanku dengan Laailaaha illallah, istigfar. Lalu tatkala aku mengetahui demikian maka aku binasakan mereka dengan (mengikuti) hawa nafsu hingga akhirnya mereka menyangka dan merasa bahwa sesungguhnya mereka itu sedang mendapatkan petunjuk (dan sedang berada di atas kebenaran)’.” (HR. Al-Imam Al-Hafidz Ibnu Ya’la)

 

6 dari 6 halaman

Doa Usai Salat Taubat

Bacaan istighfar setelah mengerjakan sholat taubat nasuha adalah sebagai berikut:

 

ASTAGHFIRULLAHAL LADZII LAA ILAAHA ILLAA HUWAL HAYYUL QAYYUUMU WA ATUUBU ILAIHI.

 

Artinya: “Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.”

 

Bacaan istighfar ini hendaknya diucapkan sebanyak 100 kali sambil diresapi artinya dalam hati dengan setulus-tulusnya.

 

Setelah itu baru membaca doa sholat taubat nasuha seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW berikut ini:

 

ALLAHUMMA ANTA ROBBII LAA ILAAHA ILLAA ANTA, KHOLAQTANII WA ANA ‘ABDUKA WA ANA ‘ALA ‘AHDIKA WA WA’DIKA MASTATHO’TU. A’UDZU BIKA MIN SYARRI MAA SHONA’TU, ABUU-U LAKA BINI’MATIKA ‘ALAYYA, WA ABUU-U BI DZANBII, FAGHFIRLII FAINNAHUUA LAA YAGHFIRUDZ DZUNUUBA ILLA ANTA

 

Artinya:

 

“Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hambamu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku padamu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau.”

 

Mengenai doa tersebut, Rasulullah SAW pernah bersabda, yang artinya: “Barangsiapa mengucapkannya (sayyidul istighfar) di siang hari dalam keadaan yakin dengannya kemudian dia mati pada hari itu sebelum petang hari, maka dia termasuk penduduk surga. Dan siapa yang mengucapkannya di waktu malam hari dalam keadaan dia yakin dengannya, kemudian dia mati sebelum subuh maka dia termasuk penduduk surga.” (HR. Al-Bukhari)

 

 

Tata Cara Sholat Tahajud Lengkap
Sholat tahajud adalah sholat malam yang paling dianjurkan oleh Allah Swt untuk bisa dikerjakan secara rutin oleh umat muslim. Banyak keutamaan sholat tahajud ini yang sangat bermanfaat buat yang mengerjakannya.

Syarat paling utama dalam melakukan sholat tahajud adalah dikerjakan di malam hari setelah sholat isya sampai sebelum waktu sholat subuh.

Dalam melaksanakan sholat tahajud yang paling utama adalah di sepertiga malam terakhir. Sholat tahajud dikerjakan setelah bangun tidur, walaupun tidurnya hanya sebentar saja.

Tapi ada pendapat para ulama kalau sholat tahajud dapat dikerjakan sebelum tidur yang dikerjakan dengan masing-masing 2 rakaat.

Untuk melaksanakan sholat tahajud tata caranya sama dengan sholat fardhu, yang berbeda hanya pada niat sholat tahajud.

Tata cara sholat tahajud dan bacaanya semua sama dengan sholat wajib 5 waktu atau sholat sunah 2 rakkat lainnya. Di awali dengan niat sholat tahajud dilanjutkan dengan takbiratul ikhram. Untuk lebih jelasnya berikut tata cara sholat tahajud dan bacaanya lengkap.

Berikut tata cara sholat tahajud 2 rakaat lengkap
1. Tata cara sholat tahajud pada Rakaat Pertama.
Mengucapkan Niat Sholat Tahajud
Mengucapkan Takbir (Allahu Akbar)
Membaca Doa Iftitah
Membaca Surat Al Fatihah
Membaca Surat Pendek atau Panjang Al Qur’an
Gerakan sholat ruku dan menbaca doa rukuk
Gerakan sholat i’tidal dan membaca doa i’tidal
Gerakan sholat sujud pertama dan membaca doa sujud
Gerakan sholat duduk diantara 2 Sujud dan membaca doa diantara 2 sujud
Gerakan sholat sujud Kedua dan membaca doa sujud
Berdiri kembali untuk melanjutkan ke rakaat kedua sholat Tahajud
2. Tata Cara Sholat Tahajud pada Rakaat Kedua
Membaca Surat Al Fatihah
Membaca Surat Pendek atau Panjang Al Qur’an
Gerakan sholat ruku dan menbaca doa rukuk
Gerakan sholat i’tidal dan membaca doa i’tidal
Gerakan sholat sujud pertama dan membaca doa sujud
Gerakan sholat duduk diantara 2 Sujud dan membaca doa diantara 2 sujud
Gerakan sholat sujud Kedua dan membaca doa sujud
Gerakan sholat tahiyat akhir dan membaca doa tahiyat akhir
Gerakan salam dengan mengucapkan salam “Assallamuallaikum” tengok kearah kanan dan tengok ke arah kiri.
Simak dan baca juga : Bacaan Sholat Wajib

Itulah tata cara sholat tahajud lengkap yang sama dengan sholat wajib 5 waktu. Setelah mengucapkan salam, dianjurkan untuk berdzikir dengan menyebut dan mengagungkan nama Allah Swt dan nabi Muhammad Saw.

Membaca dzikir setelah sholat tahajud adalah sunnah yang dianjurkan dan sudah dijelaskan dalam Al Quran.

Jumlah Rakaat Sholat Tahajud
Walaupun sholat tahajud adalah sunnah, namun kalau mengerjakandan mengamalkannya dengan ikhlas, sungguh-sungguh dan rutin maka akan mendapatkan keutamaan langsung dari Allah Swt. Bagi Anda yang melakukannya akan mendapatkan kemuliaan derjatanya di sisi Allah Swt.

Ada berbagai ketentuan tentang jumlah rakaat sholat tahajud sesuai sunah Rasulullah. Kumpulan dari beberapa hadits shahih yang ada disimpulkan bahwa jumlah rakaat sholat tahajud adalah paling sedikit 2 rakaat dan paling banyak 12 rakaat.

Berikut Hadist Jumlah Rakaat Sholat Tahajud Sesuai Sunnah Rasulullah
Hadist shahih dari Ibnu Abbas

“Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam biasa mengerjakan Sholat malam sebanyak 13 Rakaat.” (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim).

POS TERKAITMgid

Hasilkan Rp10.400.000 tiap 60 detik dari komputer Anda

Cara menghasilkan uang dari ponsel Anda

Gadis ini hasilkan Rp30 juta sehari dengan metode simpel ini

Dokter telah menemukan penyebab bau busuk dari mulut! Baca disini
Dari hadist diatas Rasulullah mengerjakan sholat tahajud sebanyak 13 rakaat dengan 12 rakaat sholat tahajud dan ditutup 1 rakaat sholat witir.

Hadits dari Zaid bin Kholid Al Juhani

”Aku pernah memperhatikan sholat malam yg dilakukan oleh Rasulullah yang mengerjakan 2 rakaat ringan. Setelah itu Rasulullah melaksanakan sholat 2 Rakaat. Lalu Rasulullah mengerjakan Sholat 2 Rakaat lagi. Lalu Beliau mengerjakan Sholat 2 Rakaat lagi yg lebih pendek. Rasulullah mengerjakan Sholat 2 Rakaat yg lebih ringan dari sebelumnya. Lalu dilanjutkan mengerjakan sholat 2 Rakaat lagi yg lebih ringan dari sebelumnya. Terakhir Rasulullah melakukan sholat witir 1 Rakaat. Jumlah seluruhnya Rasulullah mengerjakan sholat sunah alam sebanyak 13 Rakaat.” (Hadits Riwayat Muslim).

Hadits Shahih dari Ibnu Umar Ra

Ada seseorang yg bertanya pada Rasulullah tentang Sholat Malam, kemudian rasulullah bersabda:

”Sholat Malam atau sholat tahajud itu 2 Rakaat 2 Rakaat. Jika salah seorang dari kalian Khawatir akan masuk waktu Subuh, maka hendak-lah lakukan sholat sunah Witir 1 Rakaat sebagai Penutup yang menjadi sholat yangg sudah dilakukan sebelumnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dari beberapa hadist shahih diatas maka para ulama menyimpulkan kalau jumlah rakaat sholat tahjud adalah minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat.

Untuk pengerjaan yang 12 rakaat tetap dilakukan dengan setiap 2 rakaat diakhiri dengan salam. Di sunnahkan agar lebih sempurna sholat malamnya ditambahkan 1 rakaat sholat witir sebagai penutup.

Dengan mengerjakan sholat tahajud dengan jumlah 2 rakaat atau 12 rakaat, semua memiliki keutamaan yang luar biasa. Apalagi dikerjakan dengan rutin setiap malam, maka Anda akan mendapatkan perlindungan dan pertolongan dari Allah Swt.

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud
Setelah selesai sholat tahajud lengkap dengan bacaannya yang urut dan benar, maka dilanjutkan dengan berdoa atau berdzikir. Dzikir dan doa bertujuan untuk berserah diri kepada Allah Swt untuk memohon ampunan dan petunjuk-Nya.

Doa setelah selesai sholat tahajud

Doa setelah selesai sholat tahajud
Anjuran Berdoa Setelah Sholat Tahajud atau Sholat Lainnya

Anjuran untuk berdoa setelah sholat dan berdzikir untuk mendekatkan dan mengingat Allah Swt sudah dijelaskan di dalam Al Quran. Salah satu ayat yang menjelaskan tentang doa dan dzikir adalah surah Al Ahzab ayat 41-42.

Bacaan Surah Al Ahzab ayat 41-42 arab

(٤١) یٰۤاَیُّہَاالَّذِیۡنَ اٰمَنُوا اذۡکُرُوا اللّٰہَ ذِکۡرًا کَثِیۡرًا
وَّ سَبِّحُوۡہُ بُکۡرَۃً وَّ اَصِیۡلًا (٤٢)

Bacaan Surah Al Ahzab ayat 41-42 latin

“Yaa ai-yuhaal-ladziina aamanuuudz-kuruullaha dzikran katsiiran” (ayat 41).
“Wasabbihuuhu bukratan wa-ashiilaa” (ayat 42).

Terjemahan Surah Al Ahzab ayat 41-42

“Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya” (ayat 41).
“Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang” (ayat 42)

Dari penjelasan Surah Al Ahzab ayat 41 dan 42 diatas, kita sebagai hamba-Nya disunnahkan untuk berdzikir dan berdoa kepada Allah untuk memonoh ampunan dan petunjuk-Nya sebanyak-banyaknya.

Doa dan dzikir itu bisa dilakukan kapan saja mulai dari waktu pagi hingga petang. Allah telah membuka jalan buat hamba-Nya untuk selalu memohon kepada-Nya kapan saja. Tinggal kita yang rajin memohon dan meminta petunjuk-Nya. Aamin.

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap
Setelah selesai mengerjakan sholat tahajud disunahkan untuk membaca doa setelah sholat tahajud lengkap berikut ini.

Bacaan doa setelah sholat tahajud arab
اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ

اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Bacaan doa setelah sholat tahajud latin
“Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqquw wannaaru haqquw wan-nabiyyuuna haqquw wa Muhammadun shallallahu ‘alaihi wa sallama haqquw wassaa’atu haqq.”

“Allaahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa ‘alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qoddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a’lantu wa maa anta a’lamu bihiminnii. antal muqoddimu wa antal mu’akhkhiru laa ilaaha anta. wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.”

Terjemahan Arti Bacaan doa setelah sholat tahajud
“Ya Allah bagi-Mu-lah segala puji, Engkaulah yang mengurus langit dan bumi serta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Raja langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi beserta semua makluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Maha benar, janji-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, ucapan-Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar dan Nabi Muhammad Saw adalah benar serta hari kiamat adalah benar.”

“Ya Allah hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku bertawakal, hanya kepada-Mu aku kembali (bertaubat), kepada-Mu aku mengadu, dan kepada-Mu aku meminta keputusan, maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang kemudian serta apa yang kusembunyikan dan yang kulakukan dengan terang-terangan dan apa yang lebih Engkau ketahui dariku, Engkau yang mendahulukan dan yang mengakhirkan, tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada daya (unutk menghindar dari kemaksiatan) dan tiada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali dengan pertolongan Allah.”

Bacaan doa setelah sholat tahajud arab, latin dan artinya adalah doa yang dibaca setelah sholat tahajud. Setelah selesai membaca doa ini, Anda bisa membaca doa yang lainnya seperti doa ayat kursi, doa qunut nazilah atau doa-doa mohon ampunan dan memmohon petunjuk-Nya.

Simak dan baca juga : Sholat Dhuha

Bacaan Doa dan Dzikir Sesudah Sholat Tahajud lainnya yang bisa di amalkan antara lain:

Membaca Doa atau Dzikir Istighfar
Membaca Doa atau Dzikir Tasbih (Subhanallah)
Membaca Doa atau Dzikir Tahmid ( Alhamdulillah)
Membaca Doa atau Dzikir Takbir (Allahu Akbar)
Membaca Doa atau Dzikir Laa ilaaha illallah
Membaca Doa atau Dzikir Sholawat Nabi Muhammad
Membaca Surat Al Ikhlas, Surat Al Falaq dan Surat An Nas
Ditutup sebagai Doa akhir adalah membaca Surat Al Fatihah
Waktu Sholat Tahajud
Terdapat beberapa waktu yang disunahkan untuk mengerjakan sholat tahajud. Waktu tersebut dibagi kedalam 3 waktu malam, yaitu:

Simulasi waktu sholat tahajud

1. Sepertiga malam pertama
Sholat tahajud dapat dilakukan pada waktu sepertiga malam pertama. Waktu sepertiga malam pertama adalah setelah sholat Isya sampai dengan pukul 10.30. Diusahakan sholat tahajud dilakukan setelah bangun tidur walau hanya sebentar.

2. Sepertiga malam kedua
Sholat tahajud dapat dilakukan di waktu seperiga malam kedua. Sholat tahajud di sepertiga malam kedua adalah antara pukul 10.30 hingga 01.30.

3. Sepertiga malam ketiga
Menurut beberapa ulama waktu sepertiga malam yang ketiga adalah waktu yang paling utama ketika mengerjakan sholat tahajud. Waktu sepertiga malam ini adalah waktu yang tepat mengerjakan sholat tahajud agar doanya segera dikabulkan oleh Allah.

Waktu sepertiga malam terakhir ini antara antara pukul 01.30 hingga sebelum memasuki waktu subuh.

Mengapa waktu ini dipercaya memiliki fadhilah dan keistimewaan tersendiri sehingga waktu sholat tahajud di sepertiga malam terakhir ini memang sulit diterapkan. Karena kebanyakan umat muslim susah bangun dari tidur di waktu ini.

Waktu sepertiga malam adalah waktu mustajab untuk berdoa, jadi senantiasa untuk bisa melaksanakan sholat malam atau sholat tahajud kemudian panjatkanlah doa untuk memohon kepada Allah.

Tapi semuanya memiliki keutamaan yang luar biasa. Karena barang siapa umat muslim dan muslimah yang menjalankan sholat malam atau sholat tahajud akan mendapatkan ganjaran dan dimuliaakan oleh Allah Swt.

Baca juga : Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah

Demikianlah pembahasan tentang sholat tahajud lengkap. Mulai dari niat sholat tahajud, jumlah rakaat sholat tahajud sesuai sunah Rasulullah, waktu mengerjakan sholat tahajud yang benar dan doa setelah sholat tahajud arab, latin dan terjemahan lengkap. Semoga bermanfaat dan berguna bagi Anda semua. Aamin.

Jika Anda ingin mengetahui tentang berbagai informasi tentang sholat, Anda dapat melihat tulisan lainnya di kategori Sholat.

Tinggalkan komentar