10 Pidato Maulid Nabi Muhammad SAW Terbaru

Pidato Maulid Nabi Muhammad SAW – Pidato maulid nabi adalah kata sambutan yang membahas tentang perayaan maulid Nabi Muhammad SAW, hal ini biasanya disampaikan saat menjelang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sudah di depan mata.

pidato tentang maulid nabiArtikel ini kami buat bagi anda yang sedang mencari referensi pidato maulid nabi misalnya dari berbagai lembagga baik lebaga kemsyarakatan, pendidikan dan sebagainya akan mengadakan acara peringatan Nabi Muhammad SAW salah satu yang paling sering lomba yang diadakan oleh adalah tentang pidato maulid Nabi.

Pidato tentang maulid Nabi Muhammad Saw adalah sebuah petuah yang ada di acara keagamaan yang diselenggarakan untuk memperingati kebesaran Nabi dan sebagai upaya keteladanan yang sudah diberikan.

Pidato tidak perlu panjang lebar, yang penting singkat, padat dan jellas beris tentang point pentingnya yang ingin disampaikan agar memudahkan penyampain kepada audien sehingga mudah difahami.

Pidato Maulid Nabi Muhammad SAW Kepala Desa

Pidato Maulid nabi di desa

Berikut ini juga contoh pidato maulid nabi yang diadakan di kantor kecamatan atau kantor desa meski dilaksanakan dalam ruang tempat yang resmi namun nilai religi tetap akan menjadi konten dalam acara tersebut. Adapun isi pidato tersebut adalah sebagai berikut

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh.

Yang saya hormati kepada seluruh pegawai kecamatan pagelaran.
Yang kami hormati seluruh panitia yang turut membantu terselenggaranya acara yang sangat penting ini.
Yang kami hormati seluruh tamu undangan yang hadir dalam acara ini.

Patutlah kiranya kita untuk tetap bersyukur atas segala kekuatan dan keridhoannya dalam menjalankan tugas sebagai khalifah di bumi ini.

Sholawat dan salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Besar Muhammad SAW karena diriNya lah kita bisa hidup dengan benar memiliki pedoman yang lurus dan baik dengan adanya agama Islam.

Amatlah penting untuk selalu direnungkan bahwa hidup di dunia adalah sementara, apa saja yang kita nikmati dan miliki saat ini adalah sebuah titipan yang kelak akan dihisab oleh Allah SWT Hanya dengan mengharapkan syafaatnyalah kita bisa diampunkan segala dosa dan terhindar dari segala malapetaka di dunia dan diakhirat.

Nilai istimewa yang harus kita raih untuk merayakan maulid ini adalah agar kita terus meningkatkan keimanan dan rasa syukur terhadahadirnya kekasih Allah Rosulullah sallahu alaihi wassalam.

Bersyukur bisa kita realisasikan dengan lisan atau juga Bekerja sebagaimana tanggung jawab, dan amanat dari masyarakat.

Amanah dalam sebuah pekerjaan adalah kewajiban kita sebagai manusia dibumi dan beribadah adalah  kewajiban kita kepada sang Khalik.

Imbangi pekerjaan dengan ibadah yang menjadi pedoman untuk hati dan jiwa kita sebagai manusia. Karena segala sesuatunya akan terjadi sebagaimana kehendaknya.

Oleh sebab itu marilah kita tingkatkan kembali etos kerja, mengedepankan kejujuran dan saling membantu satu sama lain.

Itulah yang bisa saya sampaikan saya ucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam acara ini.

Semoga allah SWT membalas dengan segala kebaikan yang anda berikan dengan balasan yang paling baik disisi Allah.

Akhirul Kalam saya mohon maaf atas segala kekurangan diri saya sebagai pemimpin semoga kedepanya kita dapat sama-sama memperbaiki semuanya sehingga hasilnya juga akan menjadi lebih baik.

Wasslamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pidato Maulid Nabi Muhammad Saw Di Mesjid

contoh pidato maulid nabi di masjid

Mesjid adalah salah satu tempat ibadah dari agama Islam, yang sering dijadikan
tempat wajib di laksanakanya acara maulid tersebut, Karena masjid adalah tempat berkumpulnya para jamaah dan seluruh masyarakat kaum muslimin dan muslimat dimanapun berada. Berikut contoh pidato yang bisa disampaikan dalam acara maulid nabi Muhammad SAW.

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh.

Alhamdulillahiladzi arsala rosulahu bil Huda wadinilhak liyudhirohu Aladinikullih wakafa billahi Syahida.

Jamaah masjid ….. Kaum muslimin dan muslimat jamaah yang telah hadir dalam acara memperingati maulid Nabi Muhammad SAW ini.

Alhamdulillah pada kesempatan kali ini kita dapat hadir dengan keadaan sehat walafiyat tanpa kurang suatu apapun.

Sholawat dan salam semoga tetap tercurah kepada Rasulullah shallallahu alaihi wassalam suri tauladan bagi kita semua.

Sampai saat ini respon masyarakat masih sangat baik untuk kegiatan keagamaan seperti ini dan sungguh kehormatan bagi kami karena telah dipercaya untuk melaksanakan acara yang sangat bersejarah ini.

Hadirin yang berbahagia Adapun tujuan dilaksanakan acara ini bukan sekedar sebagai perayaan semata melainkan untuk mengajak para masyarakat, anak-anak generasi saat ini menambah rasa cinta mesjid sehingga dapat meringankan langkah kita semua untuk beribadah ke mesjid.

Oleh sebab itu mari jadikan mesjid sebagai tempat berkumpul, bermusyawarah dan belajar ilmu-ilmu.

Hal ini sesuai dengan yang dicontohkan oleh Nabi muhammad SAW karena setiap memulai aktifitas ibadah, menuntut ilmu dan jihad keagamaannya dari masjid.

Hal tersebut dapat menjadi peristiwa dan pembelajaran yang terus digali agar agama Islam tetap menjadi agama Allah yang menyeru kebenaran, kedamaian seluruh umat manusia.

Para tamu dan para orang tua yang kami hormati dalam acara ini juga kami panitia melibatkan para remaja dan anak-anak tempat sebagai media pembelajaran.

Kelak merekalah yang akan meneruskan semua ajaran dan pemeliharaan mesjid ini, oleh sebab itu mari ajak anak-dan keluarga untuk datang ke mesjid dengan acara ini tidak saja mengingat akan ajaran nabi Muhammad SAW namun menjadi sebuah renungan bahwa memakmurkan mesjid adalah sebuah wasiat yang harus dilestarikan.

Hanya ini yang dapat saya sampaikan terimakasih kepada seluruh pihak, yang telah membantu dan terlibat dalam acara ini kami tidak dapat membalas kebaikan dan kemuliaan anda selain mendoakan agar kelak diberikan imbalan sebaik-baiknya oleh Allah SWT. Mohon maaf atas segala kekurangan disana sini, assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh.

Teks Pidato Maulid Nabi Muhammad SAW Singkat

pidato maulid nabi singkat

Pidato ini dengan tema maulid nabi namun secara singkat dimana rangkaian acara maulid nabi Muhammad SAW selalu diisi dengan acara keagamaan seperti tausiyah, yang menggunakan waktu yang cukup lama oleh sebab itu untuk tidak memberikan kejenuhan kepada seluruh para audiensi yakni dengan cara penyampaikan pidato singat padat dan jelas.

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh.

Alhamdulillah wasyukurillah amma ba’du.

Tiada kata terindah selain mengucapkan rasa syukur Alhamdulillah kita panjatkan untuk segala karunia yang sampai detik ini kita rasakan dan dinikmati bersama.

Dan semoga shalawat dan salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW yang telah membawa kita semua ke jalan terang benderang kepada kita semua.

Para hadirin yang saya hormati, orang tua dan seluruh pihak yang telah datang dalam acara ini kami haturkan banyak terimakasih banyak karena sudah kontribusi anda semua akan dibalas dengan kebaikan yang tiada bisa diukur semoga kita yang hari ini memperingati maulid nabi Muhammad SAW, kelak kita mendapatkan pertolongan dan syafaat dari beliau amin ya rabbal Alamin..

Marilah kita sama-sama untuk membersihkan hati dalam bersaudara dan bermasyarakat Jadikan desa kita ini adalah desa ketauladanan karena menjunjung tinggi nilai syariat Islam dan saling menghargai dan menyayangi. Sebaik apapun yang akan kita tunaikan tanpa persaudaraan kita semua maka tidak akan terlaksana.

Mari kita semua bersatu serta yang muda dan yang tua mari untuk tetap menempatkan diri sebagaimana baiknya agar tercipta kebaikan dan keberkahan di lingkungan kita ini.

Dan yang terakhir adalah tingginya ibadah seseorang dapat dilihat dari cara seseorang memperlakukan orang lain oleh sebab itu jauhkan segala kebencian dan perselisihan diantara kita bersaudara dan ayo kita tingkatkan kerukunan ini semoga kelak kita akan dipertemukan kembali di akhirat kelak bersama Rosulullah sallahu alaihi wasallam.

Mungkin sekian yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan ini semoga Allah memberikan rahmatnya bagi kita semua serta diampunkan segala kesalahan.

kami sampaikan permohonan maaf jika banyak kesalahan yang terjadi baik sengaja maupun tidak sengaja datangnya dari saya pribadi dan sesungguhnya kesempurnaan hanya milik Allah SWt.
Wassalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh.

Pidato Maulid Nabi Muhammad SAW Singkat tentang Rasulullah SAW Suri Tauladanku

teks pidato maulid nabi

Berikut Contoh Pidato Maulid Nabi Muhammad SAW Singkat tentang ketauladanan rosulullah yang harus kita ketahui dan kita contoh sebagai uamat beliau yang taat, langsung saja yukk kita simak pembahasannya sebagai berikut ini:

Assalamu’alaikum Warrahmatullah Wabarakattuh

Alhamdulilahi Wakafa, Wasshalatuwassalamu ala sayyidina Muhammadinil Mustafa, Waala alihi waashabihi ahli sidqi wal wafa, Amma Ba’du

 

Para alim ulama’, para kiyai, asatidz Yang saya hormati ….

dan seluruh tamu undangan yang telah hadir hari ini..

Alhamdulillah puji syukur yang kita haturkan kepada raabkita atas segala limpahan kasih sayang Allah SWT kita dapat berkumpul hari ini dalah keadaan yang sehat wal afiat.

Tak lupa kita haturkan salam horat serta sholawat kita curahkan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW yang setinggi- tingginya nya karena atas perjuangan beliau kita masih merasakan nikmat iman dan Islam telah diajarkan dalam agama Islam, di mana pada hari kita peringati kelahirannya, semoga dengan adanya peringatan ini semoga kita semakin cinta kepada rasulullah sehingga kelak kita akan mendapatkan syafaatnya.

Hadirin yang dirahmati Allah
Sebagaimana dalam firman Allah dalam Al-Qur’an bahwasanya Rasulullah SAW adalah contoh yang baik baik bagi umat manusia,

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُوْلِ اللهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللهَ وَالْيَوْمَ اْلآخِرَ وَذَكَرَ اللهَ كَثِيْرًا

Artinnya : “Sesungguhnya pada diri Rasulullah ada teladan yang baik bagimu, yaitu bagi orang yang mengharap Allah dan hari akhir serta banyak berdzikir kepada Allah.” (Al-Ahzab: 21)

Rasulullah menjadi contoh tidak hanya dalam satu bidang saja, tapi di semua bidang lengkap dan komplit, Rasulullah SAW menjadi contoh dalam berkelurga, menjadi pendakwah, menjadi guru, menjadi bisnisman, menjadi politisi, panglima perang dan banyak yang lainnya.

Jadi sangat pantas jika Allah menjadikan Rasulullah SAW sebagai suri tauladan bagi umat manusia.
Walaupun Rasulullah sama manusia dengan kita tentulah yang menjadi contoh beda kualitasnya dengan yang mencontoh.

misal, kita sebagai manusia perlu tidur, Rasulullah sebagai manusia juga tidur, namun tidur kita dengan Rasulullah jelas berbeda. Kalau Rasulullah hanya tidur matanya saja sedangkan hatinya tidak pernah tidur selalu berdzikir kepada Allah Azza Wajalla.

Hadirin yang dirahmati Allah
Rasulullah SAW di lahirkan ke dunia ini tidak hanya mengubah keyakinan kejahilian bangsa Arab saat itu sebagai penyembah berhala, tapi Rasulullah SAW juga untuk mengubah berbagai hal yang tidak sesuai dengan tuntunan Islam.

Rasulullah begitu gigih untuk memperjuangkan perubahan tatanan sosial, hukum dan budaya untuk kesejahteraan dan keadilan bagi semua umat Islam.

Namun dalam perjuangan Rasulullah selalu mengedepankan keluruhuran tatakrama sehingga Islam tersebar ke seluruh penjuru dunia dalam waktu yang relatif singkat.

Ini contoh nabi dalam bidang dakwah bahwa sebagai pendakwah kita harus berjuangan untuk mengubah pola kehidupan masyarakat yang tidak sesuai dengan ajaran Islam dan budi pekerti yang luhur sehingga dakwah kita akan mudah diterima oleh masyarakat..

Dalam kehidupan berkeluarganya juga harus menjadi contoh, bagaimana Rasulullah begitu menyangi istri istrinya, begitu menghormati istri istrinya. Walaupun Rasulullah sebagai kepala negara tapi Nabi tidak pernah gengsi untuk membantu pekerjaan istrinya dirumah, Rasulullah SAW tidak ingin merepotkan orang lain, apa yang bisa dilakukannya sendiri Rasulullah lakukan sendiri.

Dalam bidang perniagaan juga perlu kita mencontoh bagaimana rasulullah SAW berbisnis, Rasulullah SAW memulai perniagaan sejak umur 9 tahun. Dalam berbisnis rasulullah sangat jujur, bahkan beliau mendapatkan Al-Amin (yang dapat dipercaya) karena kejujurannya.

Bahkan kejujurannya membuat Siti Khadijah jatuh cinta kepadanya dan mempersuntungnya menjadi Ummul Mu’minin. Dan masih banyak bidang lainnya yang telah di ajarkan oleh Rasulullah SAW kepada umatnya.

Demikianlah pidato singkat tentang maulid Nabi Muhammad SAW, Semoga dengan adanya peringatan maulid ini bisa menjadi meneladani keluruhan Akhlak beliau.

Wassalamualaikum Wr Wb

Pidato Maulid Nabi Muhammad SAW #2

naskah pidato maulid nabi

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh. Alhamdulillah puji syukur yang sedalam-dalamnya atas segala limpahan kasih sayang Allah SWT. Dan serta salam takjim kepada junjungan Nabi Muhammad SAW yang setinggi- tingginya nya karena atas perjuangan Beliau kita masih merasakan nikmat iman dan Islam.

Kepada seluruh masyarakat yang beriman dan bertakwa, hari ini adalah hari Rabiul Awwal yaitu waktu yang mengingatkan akan kebesaran perjuangan dan jihad Nabi Muhammad SAW untuk memberikan jalan kebaikan kepada sang pencipta alam semesta yaitu Allah SWT.

Oleh sebab itu mari kita senantiasa meningkatkan keimanan dan rasa kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW yang telah mewariskan kita ilmu dan jalan ketakwaan sebagai penyeru kebaikan.

Mari bersatu untuk terus belajar dan mengkaji ilmu agama dan mengimplementasikan nya dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak lupa pula saya mengucapkan terimakasih atas segala bantuan dalam acara ini meski tidak dapat kami menyebutkannya namun kami percaya bahwa balasan sebaik-baiknya diharapkan kepada bapak dan ibu semua.

Akhir kata saya selaku kepala desa di wilayah ini menyampaikan banyak terimakasih atas segala bentuk dukungan dan motivasi agar terselenggaranya acara ini semoga kita selalu dalam lindunganNya dan rahmatnya yang akan bermanfaat kelak di yaumil akhir. Wassalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh

Pidato Maulid Nabi Untuk Anak Sekolah Dasar

Contoh pidato maulid nabi untuk anak sd

 

Pidato ini ditujukan untuk anak-anak sd supaya menjadi pengingat terhadap katulanan Rosulullah SAW, berikut contohnya.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yang Saya Hormati Bapak Kepala Sekolah beserta staf
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru
Dan Yang Saya Sayangi Siswa/Siswi yang berbahagia pada pagi hari ini.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kita kehadirat Allah SWT, yang mana telah memberikan banyak nikmatnya yang tak terhitung banyaknya sehingga kita dapat berkumpul di apel ini dengan keadaan sehat semuanya.

Yang kedua kalinya yaitu mari kita sanjungkan shalawat dan salam kepada uswatun khasanah kita, yakni Nabi Agung Muhammad SAW yang mana telah membawa kita dari zaman yang gelap gulita menuju zaman yang terang benderang. Mudah-mudahan kita semua mendapatkan syafaat dari beliau pada yaumil akhir kelak aamiin…

Saya di sini akan menyampaikan ceramah tentang Maulid Nabi Muhammad SAW.
Sebelumnya saya mau bertanya dulu: Kenapa kita selalu memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Maulid Nabi Muhammad ini menceritakan tentang Keteladanan Nabi kita Muhammad SAW yang Selalu berkata jujur dan benar, tidak pernah berbohong dan tidak pernah merugikan orang lain; Nabi kita selalu menyampaikan dan mengajaak hal-hal positif dan bermanfaat baik untuk diri sendiri maupun orang banyak.

Rosulullah tidak pernah mengajarkan atau mengajak untuk perbuatan yang merugikan dan meresahkan masyarakat kerena beliau selalu menggunakan kata-kata dan prilaku sopan; suka bertegur sapa dan selalu diawali dengan salam.

Bahkan apabila beliau melakukan kesalahan yang tidak sengaja cepat-cepat minta maaf atau istighfar artinya beliau selalu ingat dan takut kepada Allah SWT. Sehingga Nabi Kita Muhammad SAW menyuruh kepada kita dalam salah satu haditsnya:

Takutlah kamu kepada Allah dimanapun kamu berada, dan hendaklah jika melakukan kesalahan maka bersegeralah berbuat kebaikan supaya kesalahan itu dihapus dosanya, dan bergaullah dengan sesama manusia dengan berakhlak mulia.

Sedangkan tujuan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW adalah untuk mengingatkan umat Islam supaya selalu mengikuti akhlak Nabi Muhammad SAW karena Allah sudah jelaskan dalam al-Quran Surat al-Ahzab ayat 21 yang berbunyi:

Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu sekalian, yaitu bagi orang yang mengharap rahmat Allah dan datangnya hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.

Bapak-bapak, ibu-ibu dan teman-teman yang saya cintai Bulan Rabiul Awal adalah bulan kelahiran manusia pilihan Allah SWT, yaitu Nabi kita Muhammad SAW karena Beliau adalah manusia paling terhormat yang mempunyai akal dan ahlak yang paling sempurna.

Karena kelahiran dan kehadiran Nabi Muhammad SAW dengan berbagai kesempurnaan itu dimaksudkan agar menjadi panutan dan teladan bagi seluruh umat manusia di dunia ini.

 

Selain itu,tanggal 12 Bulan Rabiul Awal sebagai bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW adalah merupakan bulan penuh cahaya, karena cahaya atau nur Muhammad itu telah diciptakan Allah sebelum Nabi Adam AS diciptakan, bahkan sebelum alam semesta ini pun diciptakan.

oleh karena itu wahai teman-teman, mari kita jadikan Bulan Rabiul Awal sebagai bulan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang kita cintai dan tentunya kita dapat mengambil pelajaran berharga dari sejarah kehidupannya beliau.

Berapa banyak anak-anak muslim yang tidak mengetahui kehidupan Nabi Muhammad SAW dan para shahabatnya bahkan mereka tidak mengetahui nama-nama keluarga Nabi Muhammad, justru mereka lebih mengenal keluarga artis apalagi artis idolanya sungguh sagat miris, apakah artis itu yg menelamatkan merka kelak di yaumil akhir??

Mereka tidak mengenal nama-nama tokoh Islam dan para pahlawannya, mereka lebih hapal nama-nama tokoh film kartun akibatnya mereka tidak bisa membedakan mana yang harus menjadi Tuntunan dan mana yang menjadi tontonan sehingga mereka tidak bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah, tidak bisa membedakan mana orang yang baik dan mana orang yang jahat.

Apakah sifat yang demikian itu termasuk orang-orang yang cinta kepada nabinya? Sementara Allah SWT telah mengingatkan kepada kita semua dalam surat Ali Imran ayat 31 dan 32 yang berbunyi:

Jika kamu sekalian benar-benar mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.Taatilah Allah dan Rasul-Nya, jika kamu sekalian berpaling, maka sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang kafir.

Hadirin hadirat yang sama-sama mengharapkan ridla dan ampunan Allah

Kalau kita perhatikan kehidupan sekarang ini, sudah banyak terjadi krisis keteladanan, krisis kejujuran dan krisis akhlak; baik dalam keluarga, masyarakat maupun dalam dunia pendidikan. Oleh sebab itu pada kesempatan ini marilah kita mulai memperbaiki diri kembali lagi kejalan yang benar dengan mempelajari kisah rusulullah dan para sabatnya. Karena apabila kita telah kehilangan keteladanan, kejujuran dan akhlakul karimah, akibatnya kehidupan ini akan kacau balau, tidak tenang, saling iri, saling dendam dan kembali ke hal yang buruk.

Marilah kita semua berusaha dengan segala kemampuan yang kita miliki untuk selalu menjadi orang yang berguna bagi nusa, bangsa dan agama; jangan sampai kita menjadi sampah masyarakat karena akhlak kita.

Rusulullah bersabda:

Sebaik-baik manusia adalah orang yang paling banyak bermanfaat terhadap orang disekelilingnya.

Marilah kita semua berdoa kepada Allah, semoga kita mampu meneladani perilaku Nabi Muhammad SAW dann semoga kita senantiasa berada dalam bimbingan dan ampunan Allah SWT. Amin.

Cukup sekian pidato yang bisa saya sampaikan, jika ada kesalahan dan kekurangannya mohon maaf yang sebesar-besarnya akhirul kalam, wassalamu’alaikum wr.wb

Pidato Maulid Nabi 3

Assalamu alaikum wr wb
Bismillahirrohmaanirrahiim

Alhamdu lillahi robbil alamiin washolaatu wasalaamu ala asrofil anbiyaa-i wal mursaliin sayyidinaa wamaulana Muhammadin. Wa ala ash-haabi ajmain.

Qolallahu taala fil quranil kariim, audzubillahi minasyaithoni rojim. Laqod kaana lakum fii rosulillahi uswatun hasanah liman kaana yarjullohi wal yaumil akhir wadzakarollohu katsiiro

Yang kami muliakan para alim Ulama.

Yang kami hormati segenap panitia yang telah mensukseskan acara ini

serta yang kami hormati pula bapak dan Ibu, hadirin sekalian yang dimuliakan Allah.

Tiada yang lebih pantas untuk disampaikan, kecuali rasa syukur kita ke hadirat Allah SWT atas kemurahan-Nya, hingga saat ini kita semua masih mendapatkan nikmat iman dan Islam. Semoga kedua nikmat terbesar ini dapat kita raih hingga akhir hayat kita. Amin, ya robbal alamin.

Shalawat dan salam semoga tetap atas Rasul Muhammad SAW, manusia terbaik. Teriring doa semoga kita selalu dapat meneladaninya. Amin.

Saudara-saudara sekalian yang dimuliakan Allah.

Malam yang penuh dengan kebahagiaan ini marilah kita terlebih dahulu mengucapkan rasa syukur kita kepada Allah swt, atas karunia nikmat dan hidayah-Nya hingga detik ini kita masih dipertemukan kembali dalam acara ini dan tiada halangan suatu apapun. Semoga kita menjadi hamba Allah yang benar-benarberiman dan bertaqwa kepada-Nya amin.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW, dimana beliulah yang telah membimbin umat manusia dari zaman kegelapan menuju zaman terang benderang seperti sekarang ini, yakni dengan membawa misinya agama Islam. Dan mudah-mudahan kita sebagi umatnya yang benar-benar setia terhadap ajaran yang telah dibawanya.

Saudara sekalian yang dimuliakan Allah.Di dalam sejarah agama Islam telah dijelaskan mengenai kelahiran Nabi Muhammad saw, yaitu tepatnya pada tanggal 12 Rabi’ul awwal, tahun gajah atau bersamaan dengan tanggal 20 April tahun 571 Masehi.

mengapa hari kelahiran Nabi dinamakan dengan tahun gajah, karena pada tahun itu kota Mekkah diserang oleh tentara Nashrani yang dipimpin oleh Raja abraham dengan mengendarai gajah. Akan tetapi maksud mereka itu belum berhasil, mereka telah dibinasahkan oleh Allah swt, dengan perantara burung ababil yang berupaya melempari batu yang berasal dari neraka.

Saudara sekalian yang dimulyakan Allah.

Peringatan tahun ini, marilah kita benar-benar mencari akan hikmah yang terkandung di dalamnya,  terdapat uswatun khasanah bagi seluruh umat manusia di penjuru dunia, khusunya kita sekalian yang hadir ditempat ini.

kita telah mengetahui akan kepribadian beliau, baik tutur katanya, perbuatannya semua mulia oleh karenanya maka, marilah kita berupaya mencontoh dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari akan keluhuran dan kemuliaan akhlak beliau marilah kita contoh dengan mengamalkan hak tersebut, maka kita sekalian akan meraih kebahagiaa, baik kini di dunia ataupun di akhirat kelak.

Saudaraku sekalian yang dimuliakan Allah

Di dalam Al-qur’an tepatnya pada surat Al Ahzab, ayat 21 Allah swt berfirman, yang artinya: “Sesungguhnya Rasululloh saw, menjadi suri tauladan yang baik bagi kamu, dan untuk orang-orang yang mengharapkan menjumpai Allah dan hari kiamat, dan yang ingat akan Allah sebanyak-banyaknya”.

Akhirnya demikianlah pidato sambutan ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita sekalian. Apabila terdapat kesalahan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wabilahitaufik wal hidayah, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

 

Pidato Maulid Nabi Muhammad SAW Di Desa

Berikut ini juga contoh pidato maulid nabi yang diadakan di kantor kecamatan atau kantor desa meski dilaksanakan dalam ruang tempat yang resmi namun nilai religi tetap akan menjadi konten dalam acara tersebut. Adapun isi pidato tersebut adalah sebagai berikut

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh.

Yang saya hormati kepada seluruh pegawai kecamatan pagelaran.
Yang kami hormati seluruh panitia yang turut membantu terselenggaranya acara yang sangat penting ini.
Yang kami hormati seluruh tamu undangan yang hadir dalam acara ini.

Patutlah kiranya kita untuk tetap bersyukur atas segala kekuatan dan keridhoannya dalam menjalankan tugas sebagai khalifah di bumi ini.

Sholawat dan salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Besar Muhammad SAW karena diriNya lah kita bisa hidup dengan benar memiliki pedoman yang lurus dan baik dengan adanya agama Islam.

Amatlah penting untuk selalu direnungkan bahwa hidup di dunia adalah sementara, apa saja yang kita nikmati dan miliki saat ini adalah sebuah titipan yang kelak akan dihisab oleh Allah SWT Hanya dengan mengharapkan syafaatnyalah kita bisa diampunkan segala dosa dan terhindar dari segala malapetaka di dunia dan diakhirat.

Nilai istimewa yang harus kita raih untuk merayakan maulid ini adalah agar kita terus meningkatkan keimanan dan rasa syukur terhadahadirnya kekasih Allah Rosulullah sallahu alaihi wassalam.

Bersyukur bisa kita realisasikan dengan lisan atau juga Bekerja sebagaimana tanggung jawab, dan amanat dari masyarakat.

Amanah dalam sebuah pekerjaan adalah kewajiban kita sebagai manusia dibumi dan beribadah adalah  kewajiban kita kepada sang Khalik.

Imbangi pekerjaan dengan ibadah yang menjadi pedoman untuk hati dan jiwa kita sebagai manusia. Karena segala sesuatunya akan terjadi sebagaimana kehendaknya.

Oleh sebab itu marilah kita tingkatkan kembali etos kerja, mengedepankan kejujuran dan saling membantu satu sama lain.

Itulah yang bisa saya sampaikan saya ucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam acara ini.

Semoga allah SWT membalas dengan segala kebaikan yang anda berikan dengan balasan yang paling baik disisi Allah.

Akhirul Kalam saya mohon maaf atas segala kekurangan diri saya sebagai pemimpin semoga kedepanya kita dapat sama-sama memperbaiki semuanya sehingga hasilnya juga akan menjadi lebih baik.

Wasslamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tinggalkan komentar