Pengertian Ringkasan

Pengertian Ringkasan, Bentuk, Tujuan dan Contohnya

Pengertian Ringkasan – pada kesempatan kali ini saya akan bahas Ringkasan, seperti yang telah kita ketahui ringkasan merupakan sebuah penyajian peristiwa yang panjang di sajikan secara padat dan singkat. Nah untuk lebih jelasnya kami akan membahas materi mengenai Ringkasan mulai dari Pengertian, Bentuk, Tujuan, Ciri-Ciri, Manfaat Dan Contohnya di bawah ini.

Pengertian Ringkasan

Secara umum Ringkasan merupakan sebuah penyajian peristiwa yang panjang di sajikan secara singkat dan juga tentang cara yang baik untuk memotong sajian sebuah hasil karangan yang panjang untuk di sajikan dalam bentuk sajian yang singkat.

Ringkasan juga merupakan penyajian singkat dari suatu karangan yang asli, Namun tidak merubah urutan isi dan sudut pandang pengarang asli.

Perbandingan bagian dari karangan asli secara proposional tetap dipertahankan dalam bentuknya yang singkat namun tetap sesuai isi.

Pengertian Ringkasan

Ringkasan berbeda dengan ikhtisar, meskipun sering ke dua istilah itu disampaikan dan seakan-akan memiliki arti yang sama, sebenarnya kedua istilah itu bebeda, karena ringksan adalah hasil dari karangan yang asli tetapi dalam penyajiannya tetap mempertahankan urutan dan rumusan yang asli dari pengarangnya, Sedangkan Ikhtisar adalah kebalikan dari ringkasan.

Karena ikhtisar tidak perlu sesuai dengan karangan yang asli dan tidak perlu secara proposional atau tidak memerlukan sajian isi dari semua hasil karangan.

Bentuk – bentuk Ringkasan.

Berikut terdapat beberapa macam bentuk dari ringkasan, seperti yang dikemukakan oleh Olivia, bahwa macam-macam bentuk ringkasan di antaranya dapat berupa abstrak, sinopsis dan kesimpulan, dan di bawah ini akan kami jelaskan mengenai macam-macam bentuk dari ringkasan yang di kemukakan oleh olivia.
Ringkasan dalam bentuk abstrak Ringkasan berbentuk abstrak dimaksudkan untuk uraian yang sesingkat mengenai bagian-bagian pokok yang dibahas.

Ringkasan dalam bentuk sinopsis.
Ringkasan dalam bentuk sinopsis biasabya dilakukan pada buku seperti karya fiksi dan non fiksi.

Bentuk synopsis adalah salah satu bentuk ringkasan suatu karya yang dapat memberikan dorongan kepada orang lain untuk membaca secara keseluruhan.

Ringkasan dalam bentuk simpulan.

Merupakan bentuk ringkasan yang menyatakan gagasan utama dari uraian atau pembicaraan dengan memberikan penekanan pada ide sentral serta penyelasaian dari permasalahan yang diungkap.

Tujuan Ringkasan.

Tujuan dengan meringkas adalah suatu uraian yang panjang dapat membantu seseorang memahami dan mengetahui isi sebuah buku atau karangan dengan lebih singkat.

Manfaat meringkas, seseorang dibimbing dan dituntun untuk membaca karangan asli dengan cermat dan menuliskan kembali dengan tepat isi dari sebuah cerita.

Jika ingin membuat ringkasan yang baik, kalian perlu membaca buku atau karangan yang asli dengan cermat karena dengan membaca secara teliti dan cermat, kalian dapat menangkap dan membedakan gagasan utama dengan gagasan tambahan.

Ciri – Ciri Ringkasan

Memiliki kerangka dasar yang jelas
Memiliki inti yang tidak menghilangkan hasil karangan asli
Memotong gagasan harus terperinci
Memiliki tujuan untuk memangkas hasil gagsan namun tidak merubah susunan pada bagian-bagian atau bab.
Manfaat ringkasan
Manfaat dari meringkas atau ringkasan yakni sebagai sarana untuk membantu kita dalam mengingat isi dari sebuah buku atau uraian yang panjang. Pada sebuah Ringkasan didalamnya menyajikan ide-ide pokok yang mewakili setiap bagian bacaan aslinya dengan membaca ringkasan, kita seakan-akan memahami isi buku secara keseluruhan.

Tinggalkan komentar