Doa Masuk Kelas Arab, Latin,Artinya Hukum, dan Keutamaannya

Doa Masuk Kelas Arab, Latin dan Terjemah Lengkap

Doa Masuk Kelas Arab – Menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi manusia terutama bagi kita umat Islam, seperti berikut dahlil tentang perintah untuk belajar.

Belajar / menuntut ilmu ini sebenarnya bisa dimana saja baik dalam ruang terbuka maupun di ruangan tertutup, seperti di dalam kelas, masyarakat atau tempat kursus dll.

Namun sebelumnya mari kita berdoa sebelum atau sesudah belajar serta berdoa sebelum masuk kelas.

Langsung saja dari pada bingung, simak saja penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Doa Masuk Kelas

Doa ketika masuk kelas untuk belajar mempunyai beberapa macam bacaan doa, dibawah ini akan kami tuliskan bacaan doa masuk kelas atau doa sebelum belajar dengan tulisan Arab, latin dan juga artinya :

Doa Masuk Kelas / Doa Sebelum Belajar (1)”

Doa Masuk Kelas

Doa masuk kelas ke 1 ini adalah bacaan doa sebelum belajar. Didoa ini ada permohonan kepada Allah SWT agar kita dapat ilmu yang bermanfaat dan berguna kedepannya. Doa diatas ini sangat dianjurkan bagi anda yang sedang menuntut ilmu agar anda bisa mendapatkan ilmu yang barokah dan terhindar dari godaan syaitan.

Doa Masuk Kelas / Doa Sebelum Belajar (2)”

doa masuk kelas

Doa masuk kelas ke 2 ini adalah salah satu bacaan dari doa sebelum belajar doa ini bertujuan untuk meminta kepada Allah SWT agar dimudahkan urusannya dalam mencari ilmu serta supaya lebih barokah ilmu yang didapat dari hasil belajarnya.

Doa Masuk Kelas / Doa Sebelum Belajar (3)”

 doa masuk kelas

Doa masuk kelas ke 3 ini adalah termasuk dalam bacaan sebelum belajar atau sebelum menuntut ilmu hal ini bertujuan agar terhindar dari gangguan gangguan saat belajar dan berharap kepada Allah SWT sepaya dimudahkan dalam menerima ilmu yang dipelajari dan supaya mudah untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru.

Doa Masuk Kelas / Doa Sebelum Belajar (4)”

doa masuk kelas

Doa masuk kelas ke 4 atau yang terakhir ini juga termasuk dari salah satu bacaan doa sebelum belajar doa ini bertujuan untuk memohon kepada Allah SWT agar dapat ilmu pengetahuan saat pembelajaran berlangsung.

Tujuan dari membaca doa sebelum masuk kelas

Tujuan doa sebelum masuk kelas atau doa sebelum belajar adalah memohon keridhoan Allah SWT agar dapat mendapatkan ilmu dalam proses pembelajaran berlangsung.
Selain itu agar dimudahkan untuk menerima ilmu yang disampaikan oleh guru.
Keridhoan disini artinya adalah mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan berkah bagi yang mempelajari dan yang mengajarkan ilmu tersebut.

Doa Keluar Kelas (Sesudah Belajar)

Setelah kita mengetahui beberapa doa masuk kelas kurang afdhol kalo kita tidak mengetahui doa keluar kelas juga.
Oleh karena itu kami bahas juga tentang doa keluar kelas di bawah ini, Setelah selesai belajar pun kita dianjurkan membaca doa selesai belajar.

Tujuan dari membaca doa selesai belajar ini adalah sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT. Selain itu, doa selesai belajar ini menjadi penolong kita agar supaya ilmu yang kita peroleh mendapat ridho Allah SWT.

Pada umunya, ketika selesai belajar kita membaca surat Al-Fatihah, serta dilanjut dengan bacaan doa berikut ini:

DOA KELUAR KELAS 1

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Latin ; Allahumma Arinal Haqqa Haqqan Warzuqnat tibaa’ahu. Wa Arinal baathila Baa-Thilan Warzuqnaj tinaabahu

Artinya:”Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami
kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya”

Doa keluar kelas ini sebaiknya di baca selelah membaca Alhamdulillah, Surat Alfatihah

DOA KELUAR KELAS 2

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Latin ; Allaahumma innii istaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan
kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam.”

DOA KELUAR KELAS 3

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Latin ; Rabbanan fa’naa bimaa ‘alamtanaldzi yanfa’una wa zidna ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kulihal

Artinya :”Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.”

Doa diatas merupakan doa yang dicontohkan oleh Ulama Kepada kita semua agar senantiasa berdoa dalam setiap keadaan. dari bacaan doa diatas anda juga bisa mengamalkan doa kaffaratul majlis atau penutup majelis.

 

Hukum Mencari Ilmu

Hadits Tentang perintah Menuntut Ilmu :

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ

Artinya : “Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan.” (H.R. Al-Baihaqi).

Dari Hadist diatas, bisa kita ambil kesimpulan bahwa belajar atau mencari ilmu merupakan hal yang wajib bagi Semua muslim baik itu laki-laki maupun wanita

Oleh sebab itu dengan kita menjalankan perintah atau kewajiban tersebut kita telah melaksanakan sebuah ibadah, kerena kita telah melaksanakan perintah dari Allah SWT.

Mencari Ilmu merupakan kebaikan, maka sebelum belajar / mencari ilmu kita wajib awali dengan berdoa, hal ini bertujuan agar di mudahkan dalam proses pembelajaran, agar ilmu yang kita pelajari masuk kedalam hati dan fikiran kita dapat bermanfaat, dan menjadi berkah.

tapi agar lebih afdol bisa kita tambahkan dengan doa berikut sebagai doa sesudah belajar yang sesuai dengan sunnah dalam Islam.

Demikianlah pembahasan kami mengenai  Doa Masuk Kelas dan Keluar Keluar Kelas Lengkap. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat semua, Aamiin..

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!