Contoh Surat; Pengertian, Tujuan, Jenis-jenis, Struktur.

Pengertian Surat – Hallo semua sahabat setia Syahrulanam.com kali ini admin akan membahas tentang surat yah, Siapa sih yang tidak mengenal surat?  subuah media penyampai informasi secara tertulis. pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang surat  beserta pembahasannya lengkap. oleh karena itu jangan kemana-mana simak hingga selesai.

Pengertian Surat

Apakah pengertian dari surat? pengertian surat adalah suatu sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi dalam bentuk tulisan pada kertas yang ditulis oleh satu pihak kepada pihak lainnya, baik perorangan maupun sebuah organisasi.

Surat adalah bentuk komunikasi tertulis yang mana di dalamnya terdapat beberapa unsur, diantaranya:

  • Pengirim surat adalah pihak yang menyampaikan pesan kepada penerima pesan, disini berarti orang yang menulis pesan didlam kertas dengan bentuk surat.
  • Pesan surat adalah sebuah unsur inti yang beriisi informasi atau pesan yang disampaikan baik berupa Pemberitahuan, Permohonan/ permintaan, Pernyataan, Perintah, Laporan, dan sebagaiannya
  • Penerima surat, yaitu adalah pihak yang menerima pesan
  • Saluran, yaitu adalah cara penyampaian pesan surat tersebut sesuai dengan kebutuhannya (format tulisan, tata bahasa)

Surat sebagai media komunikasi, tentunya di dalam surat memiliki aturan atau syarat -syarat tertentu. Dalam hal ini, seorang penulis surat yang baik tentunya akan memperhatikan etika penulisan surat tersebut, baik dalam segi bentuk, struktur, dan juga kebahasaan.

Pengertian Surat Menurut KBBI

Pengertian surat menurut Kamus Besar adalah kertas yang bertulis, secarik kertas sebagai tanda atau keterangan, sesuatu yang ditulis atau tertulis, dalam hal ini Kamus Besar Bahasa Indonesia ini menjelaskan bahwa surat adalah yang bertuliskan atau alat untuk menyampaikan sesuatu maksud secara tertulis.

Pengertian Surat Menurut Para Ahli

Berikut ini kami ulas juga pengertian surat menurut beberapa Para Ahli sebagai berikut :

AGUS SUGIARTO

Menurut beliau Surat adalah suatu sarana komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lainnya, Dengan lebih jelasnya Surat adalah alat komunikasi tertulis untuk menyampaikan pesan kepada pihak lain yang memiliki persyaratan khusus yaitu penggunaan kertas, penggunaan model/bentuk, penggunaan kode dan notasi, pemakaian bahasa yang khas serta pencantuman tanda tangan.

YOSE RIZAL

Menurut beliau Surat adalah suatu alat untuk menyampaikan suatu maksud secara tertulis atau

sebagai jenis komunikasi tulisan”. (2003:2)

YS. MARIO

Menurut beliau Surat adalah alat komunikasi tertulis atau sarana untuk menyampaikan pernyataan maupun informasi secara tertulis dari pihak satu ke pada pihak yang

lain. (, 2000:15).

PRATAMA

Menurut beliau Surat adalah alat atau sarana untuk mengambil pernyataan atau mengambil informasi secara tertulis dari pihak yang satu kepihak yang 9

lainnya, baik atas nama sendiri, jabatan yang disandang dari suatu instansi perusahaan atau organisasi”.

S. HIDAJAT

Menurut beliau Surat adalah sehelai kertas atau lebih di mana dituliskan suatu pernyataan atau berita atau sesuatu yang hendak orang nyatakan, beritakan, atau tanyakan pada orang lain

PRAJUDI ATMOSUDIRDJO

Menurut beliau Surat adalah helai kertas yang ditulis atas nama pribadi penulis atau atas naam kedudukannya dalam organsasi yang ditujukan pada alamat tertentu dan memuat bahan komunikasi

DIANA NABABAB

Menurut beliau Surat adalah alat komunikasi yang disajikan secara tertulis. Surat harus disajikan dengan baik karena surat secara tidak langsung memberikan gambaran tentang pribadi pengirimnya

DJOKO PURWANTO

Menurut beliau Surat adalah sarana komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain baik yang berkaitan dengan kegiatan bisnis maupun non bisnis

LG WURSANTO

Menurut beliau Surat adalah suatu alat penyampaian informasi atau keterangan-keterangan (keputusan, pernyataan, pemberitahuan, permintaan, dan sebagainya) secara tertulis dari satu pihak kepada pihak lainnya.

SUHANDA PANJI

Menurut beliau Surat adalah sehelai kertas atau lebih yang memuat suatu bahan komunikasi yang disampaikan oleh seseorang kepada orang lain baik atas nama pribadi maupun kedutaan dalam organisasi kantor.

SUGENG RUSMIWARI

Surat adalah alat komunikasi yang mempergunakan bahasa tulisan di atas kertas yang sangat erat hubungannya dengan aktifitas manusia.

Fungsi Surat

Sesuai dengan pengertian surat di atas, fungsi surat secara umum adalah sebagai alat komunikasi dalam bentuk tertulis. Berikut ini adalah beberapa fungsi surat:

  • Sebagai sarana komunikasi untuk menyampaikan pemberitahuan, permohonan/ permintaan, perintah, pernyataan, laporan, dan lain-lain.
  • Sebagai alat bukti tertulis yang memiliki kekuatan hukum.
  • Sebagai alat untuk membantu mengingat suatu kegiatan.
  • Sebagai catatan atau dokumentasi historis untuk keperluan sebuah kegiatan.
  • Sebagai alat untuk mewakili pribadi atau lembaga pembuat surat yang menyampaikan pesan, informasi, atau misi, yang ingin disampaikan pada penerima

Jenis-jenis Surat

 Pengertian Surat Resmi

Surat Resmi merupakan surat yang digunakan untuk keperluan yang formal/ resmi oleh pihak-pihak tertentu, baik itu perorangan, lembaga, organisasi, maupun instansi tertentu untuk saling berkomunikasi satu sama lain secara formal dan resmi.

Surat resmi ini dibuat dengan kaidah dan aturan yang sudah ditentukan, misalnya penggunaan bahasanya yang baku, isi surat harus efektif dan jelas, dan dibuat dengan cermat sesuai dengan keperluannya.

Meskipun surat resmi ini biasanya digunakan untuk keperluan pribadi, surat resmi tersebut tetap dibuat sesuai dengan aturan tertentu. Salah satu contoh surat resmi yang digunakan secara pribadi yaitu surat undangan pernikahan.

Surat resmi adalah jenis surat yang digunakan dalam situasi resmi. Contoh Surat dalam situasi resmi yaitu seperti surat yang berisi tentang keperluan kedinasan suatu instansi maupun lembaga tertentu serta surat pribadi yang ditujukan kepada instansi atau lembaga tertentu.

  • Adapun unsur surat resmi yaitu sebagai berikut :
  • Menggunakan bahasa yang baku atau formal.
  • Menggunakan struktur penulisan yang baku
  • Digunakan untuk perihal yang bersifat resmi
  • Sebagai alat komunikasi, bahasa baku yang digunakan dalam surat resmi harus jelas dan komunikatif.
  • Isi dari surat resmi antara lain, surat lamaran pekerjaan, undangan rapat, pengumuman lelang dari instansi pemerintah, dan surat izin.

Pengertian Surat Tidak Resmi

Surat tidak resmi adalah surat yang digunakan dalam situasi yang tidak resmi, Contoh situasi tidak resmi yaitu seperti untuk keperluan pertemanan atau persaudaraan dan surat tidak resmi tidak harus ditulis dengan bahasa dan penggunaan struktur yang baku.

Hal yang terpenting di dalam surat tidak resmi yaitu ialah kesampaian isi atau maksud dari surat tersebut dengan jelas meskipun di dalam surat tidak resmi penggunaan bahasa tidak harus baku, tapi tetap harus komunikatif dan dengan bahasa yang santun. Surat tidak resmi biasanya berupa surat perkenalan kepada seseorang, surat kepada sahabat mengenai suatu kabar, ataupun surat kepada kerabat.

Surat dapat dibagi dalam beberapa jenis berdasarkan tujuan, sifat, wujud, dan kriteria lainnya. Agar memudahkan kita mengetahui jenis surat, berikut ini adalah macam-macam surat tersebut:

1. Jenis Surat Berdasarkan Tujuannya

A. Surat Pemberitahuan (SPT) adalah surat pemberitahuan, biasanya berisi pemberitahuan kepada banyak pihak dari suatu instansi, misalnya seperti Wajib Pajak digunakan untuk melaporkan penghitungan, pembayaran pajak, objek pajak ataupun bukan objek pajak.

 

b. Pengertian Surat Perintah adalah surat yang diberikan oleh pihak atasan atau instansi untuk bawahan atau anggota instansi agar melaksanakan tugas tertentu yang diberikan atasan.

Surat Perintah berisi macam macam, sesuai dengan tugas atau perintah apa yang telah dimandadkan oleh pemberi tugas. Sebagai salah satu surat resmi, surat perintah wajib mencantumkan Kop Surat dari instansi atau perusahaan pembuat surat dengan alamat yang lengkap. Untuk menandakan bahwa surat yang dikeluarkan merupakan surat perintah maka wajib and kudu menuliskan kalimat ‘Surat Perintah’ di bagian bawah kop surat sebagai judul surat, Surat perintah, surat yang diberikan kepada pihak tertentu agar melakukan sesuatu yang tertera dalam surat tersebut.

c. Pengertian Surat permintaan, surat yang isinya meminta informasi lebih detail mengenai barang atau jasa yang ditawarkan dengan maksud menminta sebuah keterangan mengenai barang-barang yang dibeli.

d, Pengertian Surat peringatan, surat ini bertujuan untuk mengingatkan kesalahan seseorang di suatu instansi, surat ini dibuat oleh instansi atau perusahaan yang ditujukan kepada karyawan atau relasi yang melanggar perjanjian dari instansi tersebut.

e.Pengertian  Surat panggilan, bertujuan untuk memanggil pihak lain baik secara personal maupun instansisi, hal ini hampir sama dengan surat peringatan

  • Surat Susulan, merupakan penegasan dari surat yang pernah dikirim sebelumnya
  • Surat keputusan, surat yang berisi keputusan yang diambil oleh suatu organisasi atas dasar pertimbangan
  • Surat laporan, surat yang berisi laporan kerja kepada orang lain
  • Surat penawaran, umumnya surat ini berhubungan dengan jual-beli barang atau jasa yang isinya mengenai penawaran spesifikasi dan harga

2. Jenis Surat Berdasarkan Wujudnya

Kartu pos, surat yang isinya ditulis pada secarik kertas dan dikirim melalui pos Biasanya berukuran 10×15 cm.
Warkat pos, surat tertutup yang dibuat dari sehelai kertas cetakan dan dapat dilipat seperti amplop.
Surat bersampul, surat yang dibuat dalam beberapa helaian kertas terpisah dimana untuk mengirimnya harus menggunakan amplop.
Memorandum dan Nota, surat yang digunakan untuk keperluan internal suatu organisasi yang bertujuan untuk memberi/ meminta informasi antar pejabat kantor.
Telegram, pesan singkat yang dikirim dari jarak jauh dalam waktu cepat dengan bantuan pesawat telegram.

3. Jenis Surat Menurut Sifat Isi dan Asalnya

Surat dinas, digunakan untuk kepentingan tugas dinas oleh instansi-instansi tertentu, baik instansi sipil maupun militer.
Surat Niaga/ Bisnis, surat yang dipakai untuk keperluan bisnis oleh lembaga-lembaga usaha.
Surat Pribadi, surat yang sifatnya pribadi yang dikirimkan kepada orang lain atau petugas lembaga.

4. Jenis Surat Menurut Jumlah Penerima

Surat Biasa, umumnya ditujukan kepada satu orang atau petugas sebuah lembaga.
Surat edaran, ditujukan kepada banyak orang atau banyak lembaga, bahkan kepada seluruh masyarakat.
Surat pengumuman, umumnya ditujukan kepada sekelompok orang atau lembaga.

5. Jenis Surat Menurut Kerahasiaannya

Surat biasa, surat yang isinya tidak terdapat hal-hal yang perlu dirahasiakan.
Surat rahasia, surat yang isinya hanya boleh diketahui oleh orang tertentu yang berkepentingan saja.
Surat sangat rahasia, surat yang kerahasiaan isinya dijaga sangat ketat agar tidak diketahui oleh orang lain

6. Jenis Surat Berdasarkan Jangkauannya

Surat Internal, surat yang asalnya dari dalam suatu kantor/ perusahaan dan ditujukan ke divisi lain di perusahaan yang sama.
Surat Eksternal, surat yang asalnya dari luar kantor/ perusahaan yang masuk melalui pengiriman pos surat.

STRUKTUR SURAT PRIBADI

TEMPAT DAN TANGGAL PENULISAN
SALAM PEMBUKA
PEMBUKA
ISI
PENUTUP
SALAM PENUTUP
NAMA LENGKAP DAN TANDA TANGAN

STRUKTUR SURAT DINAS

KEPALA SURAT
NOMOR SURAT
TEMPAT DAN TANGGAL PENULISAN SURAT
LAMPIRAN SURAT
PERIHAL SURAT
SALAM KEPADA PENERIMA SURAT
NAMA PENERIMA SURAT
JABATAN PENERIMA SURAT
ALAMAT PENERIMA SURAT
SALAM PEMBUKA
PEMBUKA
ISI
PENUTUP
SALAM PENUTUP
NAMA LENGKAP DAN TANDA TANGAN PENGIRIM SURAT
NOMOR REGISTRASI PENGIRIM SURAT
TEMBUSAN SURAT

Contoh Surat Lengkap dengan Berbagai Tema Menarik

Dalam suatu organisasi atau lembaga umumnya membutuhkan surat dinas untuk memberikan instruksi / perintah, terkait hal-hal yang berhubungan dengan aktivitas dan kepentingan kelembagaan.

Surat dinas dibuat karena kepentingan perusahaan atau instansi yang memang membutuhkan pengantar yang berupa surat dinas. Pembuatan surat dinas juga tidak dikeluarkan secara sembarangan, Dan biasanya akan dikeluarkan untuk kebutuhan yang benar-benar penting. Sebab surat dinas membutuhkan tanggung jawab dari perusahaan atau instansi pembuat itu sendiri.

Contoh Surat Dinas Pemerintahan

Pengertian Surat Tugas adalah surat resmi yang dibuat dan dikeluarkan oleh seorang pejabat yang berwenang di instansi atau lembaga tertentu dimana isinya menugaskan seorang pegawai/ staff untuk melakukan suatu pekerjaan.

PEMERINTAH PROVINSI YOGYAKARTA
DINAS PEMUDA DAN OLAHRAGA
KABUPATEN BANTUL
Jl. Pangeran No 1a Yogyakarta 54431

Yogyakarta, 10 Juli 2018

Nomor: 000/DP0/2018
Lampiran: –
Perihal: Undangan

Yth. Sdr. Abdul Munaf
Jl. Solo No 45
Yogyakarta

Dengan hormat,

Sehubungan dengan akan dilaksanakannya rapat mingguan, dengan surat ini kami bermaksud untuk mengundang Bapak agar bisa hadir pada:

Hari: Kamis
Tanggal: 12 Juli 2018
Tempat: Meeting Room Dinas Pemuda dan Olahraga
Acara: Pembahasan hasil dan rencana kerja mingguan

Demikian surat undangan ini di sampaikan, atas perhatian Bapak, di ucapkan terima kasih.

Hormat Kami

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga

 

CONTOH SURAT DINAS RESMI INSTANSI PEMERINTAHAN

Berikut ini adalah beberapa contoh surat dinas resmi untuk permerintah :

PEMERINTAH PROPINSI JAWA BARAT

DINAS PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 3

JAWA BARAT

Jl. Timbal balik, telp. (032) 4556-1654

—————————————————————————————————-

Bandung, 16 Mei 2017

Nomor : 210/smp3/2017

Lampiran : –

Perihal : Undangan Wali Murid

Yth. Orang Tua / Wali Murid

SMP Negeri 3

Bandung,

Assalamu’alaikum Wr. Wb.,

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun SMP Negeri 3 Bandung, Kami selaku pengurus OSIS akan menyelenggarakan acara santunan untuk anak yatim piatu, sehubungan dengan hal tersebut Kami sangat berharap agar kiranya Bapak/Ibu/ Wali Murid berkenan untuk hadir pada acara tersebut untuk turut serta berpartisipasi dalam memberikan sumbangan, dan acara tersebut akan dilaksanakan pada :

Hari / tanggal : Rabu / 26 Mei 2017

Tempat : Aula Serba Guna SMP Negeri 3

Pukul : 08.15 s.d 11.00 WIB

Acara : Santunan Anak Yatim

Demikian undangan ini Kami sampaikan, atas kehadiran dan partisipasinya Kami mengucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Mengetahui, Ketua OSIS

Kepada Sekolah SMP Negeri 3 Suharta S.Pd

—————————————————————————————————-

Itulah sedikit yang dapat kami bagikan tentang contoh surat dinas untuk pemerintah. Pembahasan selanjutnya adalah contoh surat dinas resmi sekolah seperti di bawah ini …

CONTOH SURAT DINAS RESMI SEKOLAH
contoh surat dinas resmi untuk sekolah dasar
campalleghanyforgirls. com

PEMERINTAH PROPINSI JAWA TIMUR

DINAS PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 MALANG

Jl. Jaya 21 Malang, telp. (021) 7722-19376

—————————————————————————————————-

Malang, 2 Januari 2017

Nomor : 178/sma1/2017

Lampiran : –

Perihal : Diskusi 17 Agustus

Yth. Orang Tua / Wali Murid

SMP Negeri 2 Surabaya,

Assalamu’alaikum Wr. Wb.,

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun SMP Negeri 1 Surabaya, Kami pengurus OSIS akan melakukan Diskusi terkait kegiatan 17 Agustus, dan kami mohon para Orang Tua / Wali Murid dapat berpartisipasi dalam memberikan masukan, kami mohon kehadirannya pada :

Hari / tanggal : Rabu / 21 MEi 2017

Tempat : Aula Serba Guna SMP Negeri 1

Acara : Diskusi 17 Agustus

Untuk mengingat pentingnya acara tersebut, dimohon kehadirannya tepat pada waktunya, demikian undangan surat ini, atas kehadiran dan partisipasinya kami mengucapkan banyak terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Mengetahui,

Kepada Sekolah SMP Negeri 1 Surabaya Ketua OSIS

Marjoko Sulastri

Itulah yang dapat kami sampaikan tentang contoh surat dinas resmi sekolah. Pembahasan selanjutnya adalah contoh surat dinas resmi umum seperti berikut ini …

Baca Juga:

 

3. CONTOH SURAT DINAS RESMI UMUM

Jika anda akan membuat surat dinas resmi maka harus ditulis dengan menggunakan format dan tata bahasa yang baku dan jelas agar mudah dipahami. Untuk mempermudah anda untuk membuat surat dinas resmi kami telah mencantumkan contoh surat dinas resmi seperti di bawah ini ..

SMA Negeri 2 Surabaya

Jl. Jend. Sudirman No. 4 Jakarta

No. Telp. (021) 66567276

________________________________________________________________________________

Surabaya, 23 Maret 2017

No : 199/SMAN 2 Surabaya//2017

Lampiran : –

Perihal : Undangan

Yth. Orang tua / Wali Murid

Kelas XI dan XII SMA Negeri 2

Surabaya

Assalamu’alaikum wr.wb

Dengan hormat,

Dalam rangka meningkatkan ilmu pengetahuan para siswa siswi SMAN 2 Surabaya khususnya kelas XIII. Maka melalui surat ini kami selaku badan pendidikan sekolah, bermaksud mengadakan studi lapangan bagi siswa siswi SMA Negeri 2 Surabaya.

Adapun acara tersebut akan kami selenggarakan pada :

Hari/Tanggal : Rabu, 13 Maret 2017

Pukul : 08.00 s.d. 11.45 WIB

Tempat : Surabaya

Acara : Peningkatan Mutu Siswa

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan, atas segala perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan tentang contoh surat dinas resmi umum diatas. Pembahasan selanjutnya adalah contoh surat dinas osisi untuk memberitahu orang tua siswa seperti di bawah ini ..

 

CONTOH SURAT DINAS OSIS UNTUK MEMBERITAHU ORANG TUA SISWA

 

OSIS adalah singkatan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah. OSIS berperan penting dalam kegiatan-kegiatan non-akademik seperti latihan kepemimpinan, pentas seni, atau acara-acara lainnya yang sifatnya menumbuh kembangkan mutu skill siswa.

OSIS pun juga dapat menerbitkan surat dinas, yang ditujukan oleh guru dibidang khusus atau kepala sekolah. Surat yang rutin diterbitkan setiap tahunnya adalah pengajuan surat pemberitahuan kegiatan latihan dasar kepemimpinan (LDK) untuk orang tua/wali murid.

Dan kali ini saya akan memberitahukan bagaimana membuat Surat Dinas dari OSIS untuk pemberitahuan untuk orang tua/wali murid yang baik dan benar seperti berikut ini ..

OSIS SMA NEGERI 3 Bogor

Jl. Merdeka, Bogor

Telp: (0351) xxx xxx xxx Email. smabogor3@contoh.pro

———————————-

21 Mei 2017

NO SURAT : XIII/TI/2017

PERIHAL : PENGUMUMAN

LAMPIRAN : –

Kepada

Yth. Bapak/Ibu Orang tua/Wali murid

Assalamualaikum wr.wb

Sehubung dengan kegiatan yang akan diadakan untuk memberi pelatihan untuk menjadi anggota OSIS periode 2016-2017. Kami selaku penanggung jawab acara, akan mengadakan kegiatan pelatihan tersebut pada :

Hari, Tanggal : Senin, 23 Mei 2017

Tempat : Halaman SMA NEGERI 3 Bogor

Waktu : 4 Hari

kami harapkan Bapak/Ibu selaku orang tua/wali murid dapat memberikan izin untuk mengikuti kegiatan pelatihan ini dikarenakan kegiatan ini dapat memmbangun sifat dan sikap kepemimpinan guna menunjang kemampuan siswa/siswi dalam melaksanakan tugas sebagai OSIS di SMA NEGERI 3 Bogor

Demikian surat ini kami buat, mohon maaf jika ada kata-kata yang salah dan tutur kata yang kurang berkenan. Atas perhatian Bapak/Ibu, Kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Penanggung jawab

(Ketua Osis)

Sahara

Demikianlah yang dapat kami tuliskan tentang contoh surat dinas osis semoga bermafaat bagi kita semua. Pembahasan selanjutnya adalah contoh surat dinas perusahaan swasta seperti di bawah ini ..

 

CONTOH SURAT DINAS PERUSAHAAN SWASTA

Surat dinas perusahaan dibuat kaena ada beberapa kepentingan perusahaan yang memang benar benar membutuhkan pengantar berupa surat dinas. Biasanya surat dinas dikeluarkan untuk kebutuhan yang benar-benar mendesak atau penting saja. Sebab surat dinas ini membutuhkan tanggung jawab dari perusahaan pembuat.

PT. JAYA SEDERHANA

Jl. Sugeng Utara No. 210 Malang

Telp. 031xxxxxx7 Fax. 031xxxxx33 Email. Jaya@contoh.pro

================================================================

No. : 005/SU-SS/II/2017

Lampiran : –

Perihal : Undangan Sosialisasi

Kepada Yth,

Pimpian PT. Jaya Sederhana

Jl. Merdeka Jaya No xxx Malang

Di Tempat

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan adanya klien baru di perusahaan kami, kami akan menambah perserta Asuransi jiwa atas tenaga kerja baru sebanyak 200 (Dua Ratus) personil yang akan didaftarkan dibulan Februari 2015. Maka dengan ini kami mengundang perwakilan dari PT. Asuransi Jiwa untuk melakukan sosialisasi terhadap calon peserta tersebut.

Adapun waktu dan tempat adalah sebagai berikut:

Hari/Tanggal : Senin, 20 April 2017

Waktu : 08.00 – 11.00 WIB

Tempat : Ruang Meeting PT. Jaya Sederhana

Demikian surat undangan ini, kami sampaikan Mohon kedirannya sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,

Rohman SH,

Management

Di atas hanyalah sekedar contoh surat dinas perusahaan swasta, anda bisa membuatnya sendiri dengan maksud dan tujuan yang akan diselenggarakan.

Surat dinas biasanya dibuat ketika ada hal-hal penting yang mengharuskan disertai dengan surat dinas seperti contoh surat dinas pemerintah, perusahaan adapun dalam lingkup pendidikan seperti sekolah dasar, osis yang sifatnya pemberitahuan kepada pihak yang bersangkutan

Contoh Surat Dinas Perusahaan

Selain intansi pemerintahan, perusahaan juga selalu menggunakan surat dinas dalam hal menyampaikan informasi. Baik itu untuk urusan internal maupun untuk urusan eksternal, perusahaan selalu menggunakan surat dinas. Biasanya, surat dinas ini menggunakan kop surat dari perusahaan masing – masing, seperti pada contoh di bawah ini.

PT. JAYA MAKMUR ABADI
Jl. Jendral Sudirman Km. 5 Palembang 30115
Telp. 0711 332769 Fax. 0711 332766

Palembang, 15 Februari 2018

Nomor : 005/PTJMA/60/VIII/2016
Perihal : Pemberitahuan Cuti Bersama
Lampiran : –

Yth.
Seluruh Karyawan Dan Staff
PT. Jaya Makmur Abadi
Di tempat

Dengan hormat,

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun PT. Jaya Makmur Abadi yang jatuh pada tanggal 19 Februari 2018, maka melalui surat ini kami beritahukan bahwa akan diadakan cuti bersama pada tanggal tersebut untuk seluruh pegawai PT. Jaya Makmur Abadi dan masuk kembali pada Senin, 26 Februari 2018.

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan, atas perhatian Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih dan harap gunakan waktu hari libur sebaik mungkin.

Palembang, 15 Februari 2018,
Direktur Utama PT. Jaya Makmur Abadi,

Budi Anton

Download Surat

3. Contoh Surat Dinas Sekolah
Untuk berbagai urusan penyampaian informasi, pihak lemabaga pendidikan seperti sekolah juga selalu menggunakan surat dinas. Sama hal nya dengan surat dinas yang digunakan oleh perusahaan atau lembaga lainnya, surat dinas sekolah juga dipergunakan untuk keperluan internal maupun eksternal sekolah tersebut.

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 KOTA BANDUNG
Jl. Ir. H. Juanda No. 93 Bandung, Jawa Barat
Telp. (022) 2503948 – Fax. (022) 2503948

Bandung, 15 Februari 2018

Nomor : 005/PK/60/X/2018
Perihal : Rapat

Kepada Yth,
Seluruh Guru Kelas XII
SMA Negeri 1 Bandung

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dengan hormat,

Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Sekolah mengenai adanya sistem baru untuk ujian semester sekolah untuk kelas XII demi tercapainya pembelajaran yang efektif, maka bersama dengan surat ini, kami bermaksud mengundang Bapak/ Ibu Guru untuk menghadiri rapat membahas sistem tersebut, yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : Senin/19 Februari 2018
Waktu : Pkl. 15.00 – Selesai
Tempat : Aula SMA Negeri 1 Bandung
Untuk demikian, mengingat pentingnya agenda kegiatan ini, kami mohon kepada seluruh undangan rapat, agar dapat hadir mengikuti acara tersebut di atas tepat waktu.

Demikian surat undangan ini kami buat dan sampaikan, atas perhatian dan kerjasama Bapak/ Ibu kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

Budi Anton, M. Pd

Download Surat

4. Contoh Surat Dinas Undangan Rapat
Merencanakan sebuah rapat dengan peserta tentu harus diawali dengan undangan kepada orang – oran atau pihak – pihak terkait. Undangan ini juga bisa disebut juga sebagai surat dinas, yang memang sangat sering digunakan oleh lembaga pendidikan, perusahaan swasta, sampai dengan instansi pemerintahan.

SMA Negeri 1 Jakarta
Jl. Jend. Ahmad Yani No. 1 Jakarta
No. Telp. (021) 2345634

15 September 2016

No : 002/SMAN 1 Jakarta/09/2018
Lampiran : –
Perihal : Undangan

Yth. Orang tua / Wali Murid
Kelas XII SMA Negeri 1
Jakarta

Dengan hormat,

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan para siswa siswi SMAN 1 Jakarta khususnya kelas XII. Maka melalui surat ini kami selaku badan pendidikan sekolah, bermaksud mengadakan studi lapangan bagi siswa siswi baik kelas IPA di luar sekolah.

Adapun acara tersebut akan kami laksanakan pada :

Hari/Tanggal : Senin/19 Februari 2018
Pukul : 08.00 – Selesai
Tempat : Aula Rapat SMA Negeri 1 Jakarta
Acara : Penelitian Fauna Langka
Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan, atas segala perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Jakarta,

Budi Anton

Download Surat

5. Contoh Surat Dinas Permohonan Sumbangan
Bukan hal yang baru lagi kalau sekarang ini memang sering diadakan acara – acara santunan anak yatim dan sejenisnya. Namun sering kita temukan kalau pihak penyelenggara dari acara tersebut hanya memfasilitasi acara dan meminta bantuan dari pihak lain, seperti salah satu contoh di bawah ini.

PEMERINTAH PROPINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 345 JAKARTA
Jl. Jaya 345 Jakarta, telp. (021) 556-12345

Jakarta, 15 Februari 2018

Nomor : 199/smp345/2018
Lampiran : –
Perihal : Santunan Anak Yatim Piatu

Yth. Orang Tua / Wali Murid
SMP Negeri 345
Jakarta,

Assalamu’alaikum Wr. Wb., salam sejahtera bagi kita sekalian

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun SMP Negeri 345 Jakarta, Kami pengurus OSIS akan melakukan acara santunan kepada anak yatim piatu, dan mohon kiranya para Orang Tua / Wali Murid dapat berpartisipasi dalam memberikan sumbangan, oleh karena itu kami mohon kehadirannya pada :

Hari/Tanggal : Senin/19 Februari 2018
Tempat : Aula Serbaguna SMP Negeri 345 Jakarta
Acara : Partisipasi dari Orang Tua/Wali Murid
Mengingat pentingnya acara tersebut, dimohon kehadirannya tepat pada waktunya, demikian undangan ini, atas kehadiran dan partisipasinya kami mengucapkan terimakasih. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 345 Jakarta,

Budi Anton, M. Pd

Download Surat

6. Contoh Surat Dinas Penawaran Jasa
Sekarang ini sangat banyak perusahaan swasta yang bergerak di bidang penyediaan produk atau barang. Namun tidak sedikit juga perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan jasa. Maka untuk memperkenalkan jasa yang disediakan tersebut, pihak perusahaan bisa memberikan surat penawaran kepada pihak – pihak lain, yang sekiranya membutuhkan jasa mereka, seperti salah satu contoh di bawah ini.

PT. SEGAR ALAM ABADI
Ruko Edelwis Permai Blok AB3 No. 4 Jl. Raya Wangi Teh Melati Km. 3,8 Bandung 670977
Telp. 022 332769 Fax. 022 332766 Mobile. 09762467925
Website: www.segaralamabadi.com Email: info@segaralamabadi.com

Bandung, 15 Februari 2018

Nomor : 005/PTSAB/60/VIII/2018
Perihal : Penawaran Jasa
Lampiran : –

Kepada Yth,
Bapak/ Ibu Pimpinan PT. Jaya Kusuma
Di tempat

Dengan hormat,

Perkenalkan,kami dari PT. Segar Alam Abadi yang dalam hal ini kami bergerak di bidang jasa pengiriman barang. Baik dalam ataupun Luar pulau,kami berniat menawarkan bentuk kerja sama dalam bidang expedisi.besar harapan kami bisa membantu pendistribusiannya.adapun service yang kami berikan DOOR to DOOR,Cy to DOOR,atau pun Cy to Cy.

Kami juga melayani trucking untuk seluruh wilayah Indonesia. Disini kami memprioritaskan keamanan, kenyamanan coustemer. Kami berusaha berkomit dengan LEAD time yang kami berikan.jika,kedepannya Bapak/ Ibu berkehendak membutuhkan jasa kami.dengan senang hati,kami akan memberikan penawaran harga.

Sekian surat penawarn ini kami sampaikan, atas perhatian dan partisipasi Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Manajer Marketing,

Budi Anton

Download Surat

7. Contoh Surat Pemberitahuan Cuti Bersama
Jika ingin melaksanakan cuti atau libur bersama, maka sebuah perusahaan biasanya akan memberitahukan lewat surat dinas kepada para karyawannya. Tentu merupakan pekerjaan yang berat kalau pihak perusahaan harus memberitahukan secara manual kepada para karyawan, terlebih perusahaan tersebut memiliki cabang di beberapa kota. Untuk itu, maka pihak perusahaan biasanya akan memberitahukan hal tersebut melalui surat dinas, seperti pada contoh berikut ini.

PT. JAYA ABADI MAKMUR
Jl. Jendral Sudirman Km. 5 Palembang 30115
Telp. 0711 332769 Fax. 0711 332766

Palembang, 15 Februari 2018

Nomor : 005/PTJMA/60/VIII/2018
Perihal : Pemberitahuan Cuti Bersama
Lampiran : –

Yth,
Seluruh Karyawan dan Staff
PT. Jaya Abadi Makmur
Di tempat

Dengan hormat,

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun PT. Jaya Makmur Abadi yang jatuh pada tanggal 19 Februari 2018, maka melalui surat ini kami beritahukan bahwa akan diadakan cuti bersama pada tanggal tersebut untuk seluruh pegawai PT. Jaya Makmur Abadi dan masuk kembali pada Senin, 26 Februari 2018.

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan, atas perhatian Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih dan harap gunakan waktu hari libur sebaik mungkin.

Hormat Kami,
Direktur Utama,

Budi Anton

Download Surat

8. Contoh Surat Dinas OSIS
OSIS atau Organisasi Siswa Intra Sekolah adalah sebuah organisasi yang berada di sekolah. Organisasi ini biasanya akan kita temukan pada sekolah jenjang SMP dan SMA sederajat. Dikarenakan organisasi ini merupakan organisasi resmi, maka surat yang mereka gunakan juga harus merupakan surat dinas, seperti salah satu contoh di bawah ini.

OSIS SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Raya Kahean No. 123 Medan
Tlp. (0351) 86462645
____________________________________________________________________________________________________________________________

Medan, 15 Februari 2018

NO SURAT : XII/TI/215
PERIHAL : PENGUMUMAN
LAMPIRAN : –

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Orang tua/Wali Murid

Assalamualaikum wr.wb

Sehubungan dengan kegiatan yang akan diadakan untuk memberi pelatihan untuk menjadi anggota OSIS periode 2017-2018. Kami selaku penanggung jawab acara, akan mengadakan kegiatan pelatihan tersebut pada :

Hari/Tanggal : Senin/19 Februari 2018
Tempat : Lapangan Merdeka Medan
Waktu : 5 Hari
Melihat pentingnya acara ini kami harapkan Bapak/Ibu selaku orang tua/wali murid dapat memberikan izin untuk mengikuti kegiatan pelatihan ini dikarenakan kegiatan ini dapat memmbangun sifat dan sikap kepemimpinan guna menunjang kemampuan siswa/i dalam melaksanakan tugas sebagai OSIS di SMA Negeri 1 Medan

Demikian surat ini kami buat, mohon maaf jika ada kata-kata yang salah. Atas perhatian Bapak/Ibu, Kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Ketua OSIS,

Budi Anton

Download Surat

9. Contoh Surat Dinas Pengajuan Anggaran
Untuk menyelenggarkan sebuah acara, tentu dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Maka dari itu, pihak panitia atau penyelenggara biasanya akan membuat surat pengajuan anggaran kepada pihak terkait. Misalnya saja, OSIS sebuah sekolah akan mengajukan anggaran kepada kepala sekolah ketika ingin melaksanakan sebuah acara, seperti salah satu contoh di bawah ini.

OSIS SMA NEGERI 1 PADANG
Jl. Raya Belok No. 123 Padang

Padang, 15 Februari 2018

No Surat : VI/SIS/214
Perihal : Pengajuan

Kepada Yth,
Bapak Sugiono

Kepala sekolah SMA Negeri 1 Padang

Assalamualaikum wr.wb

Sehubung dengan acara Pentas Seni tahunan yang akan diselenggarakan oleh SMA Negeri 1 Padang pada tanggal 19 Februari 2018 nanti. Kami selaku pihak OSIS ingin mengajukan anggaran yang dibutuhkan untuk menggelar acara tersebut. Dengan perincian sebagai berikut :

Sewa Tenda : Rp. 3.000.000
Sewa Alat Musik : RP. 2.500.000
Sewa Sound System : Rp. 2.000.000
Baliho : Rp. 700.000
Total : 8.200.000
Demikian Surat pengajuan anggaran ini kami buat, semoga acara pentas seni tahunan yang akan diselenggaran dapat berjalan dengan lancar.

Atas perhatian Bapak kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Ketua OSIS SMA Negeri 1 Padang,

Budi Anton

Download Surat

10. Contoh Surat Dinas Undangan Diskusi
Keitika ingin merencenakan sebuah acara atau ingin mengambil kebijakan, seringkali pihak dari sekolah melibatkan peran serta dari orang tua atau wali murid. Salah satu contoh adalah ketika ingin merayakan HUT RI, maka pihak sekolah akan merencanakan perayaan. Namun bukan hanya itu, mereka juga mengundang orang tua atau wali murid untuk memberikan masukan dan berdiskusi mengenai kegiatan tersebut.

PEMERINTAH PROPINSI JAWA TIMUR
DINAS PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 2 MALANG
Jl. Jaya 21 Malang, telp. (021) 7722-19376

Malang, 15 Februari 2018

Nomor : 178/sma2/2017
Lampiran : –
Perihal : Diskusi 17 Agustus

Yth. Orang Tua / Wali Murid
SMP Negeri 2 Malang

Assalamu’alaikum Wr. Wb.,

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun SMP Negeri 2 Malang, Kami pengurus OSIS akan melakukan Diskusi terkait kegiatan 17 Agustus, dan kami mohon para Orang Tua / Wali Murid dapat berpartisipasi dalam memberikan masukan, kami mohon kehadirannya pada :

Hari/Tanggal : Senin/19 Februari 2018
Tempat : Aula Serbaguna SMP Negeri 2 Malang
Acara : Diskusi 17 Agustus
Untuk mengingat pentingnya acara tersebut, dimohon kehadirannya tepat pada waktunya, demikian undangan surat ini, atas kehadiran dan partisipasinya kami mengucapkan banyak terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Mengetahui,
Ketua OSIS SMP Negeri 2 Malang,

Budi Anton

Download Surat

11. Contoh Surat Dinas Undangan Sekolah
Untuk memutuskan sebuah rencana, maka seringkali pihak sekolah melibatkan peranan dari orang tua. Salah satu contoh adalah ketika pihak sekolah merencanakan sebuah kegiatan di luar sekolah, maka akan lebih baik jika berkoordinasi dengan pihak orang tua atau wali murid, seperti salah satu contoh berikut ini.

SMA Negeri 2 Surabaya
Jl. Jend. Sudirman No. 4 Jakarta
No. Telp. (021) 66567276

Surabaya, 15 Februari 2018

No : 199/SMAN 2 Surabaya//2018
Lampiran : –
Perihal : Undangan

Yth. Orang tua / Wali Murid
Kelas XI dan XII SMA Negeri 2
Surabaya

Assalamu’alaikum wr.wb

Dengan hormat,

Dalam rangka meningkatkan ilmu pengetahuan para siswa siswi SMAN 2 Surabaya khususnya kelas XIII. Maka melalui surat ini kami selaku badan pendidikan sekolah, bermaksud mengadakan studi lapangan bagi siswa siswi SMA Negeri 2 Surabaya.

Adapun acara tersebut akan kami selenggarakan pada :

Hari/Tanggal : Senin/19 Februari 2018
Pukul : 08.00 – 12.00 WIB
Tempat : Aula Rapat SMA Negeri 2 Surabaya
Acara : Peningkatan Mutu Siswa
Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan, atas segala perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Surabaya,

Budi Anton, M. Pd

CONTOH SURAT DINAS UNDANGAN

 

Surat resmi ada 2 macam yaitu Surat resmi perseorangan dan Surat resmi instansi. Dalam sub judul ini kami akan membuat contoh surat dinas undangan seperti dibawah ini..

PEMERINTAH KOTA MALANG

DINAS PENDIDIKAN NASIONAL SMP NEGERI 1 Malang

Ahmad, Malang, Jawa Malang

Telp: (0351) xxx xxx Email: smp1m@gmail.com

_____________________________________________

Nomor : 028/003/XI/ 14 Mei 2017

Lampiran : Dua Eksemplar

Hal : Permohonan Izin

Yth. Kepala Dinas Pendidikan

Kota Malang

Dengan hormat

Kami memberitahukan bahwa dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional SMP Negeri 1 Malang akan menyelenggarakan Lomba Pidato Tema Pendidikan Tingkat SMP Se-Kota Malang , Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada

hari/tanggal : Sabtu, 21 April 2017

waktu : 07.15 s/d selesai

Tempat : Aula SMP Negeri 1 Malang

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mengajukan permohonan izin untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut. Atas perhatian Bapak, kami ucapkan terima kasih

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Hormat kami

Rohmad amad

Contoh Surat Lamaran Cpns

Berikut format surat lamaran dan pernyataan untuk mendaftar seleksi CPNS 2019 di instansi Kemendikbud untuk formasi lulusan SMA/SLTA/SMK Akuntansi/SMK Administrasi Perkantoran sebagaimana yang dicontohkan:

Format Surat Lamaran (surat lamaran ditulis tangan dengan menggunakan tinta hitam):

(Tanggal Bulan Tahun)

Yth. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta Saya yang bertanda tangan di bawah ini: Nama :

Tempat/Tanggal Lahir :

Jenis Kelamin :

Pendidikan :

Formasi Dilamar Jenis* :

Jabatan :

Unit Kerja Penempatan :

Alamat Domisili :

Dengan ini menyampaikan surat lamaran untuk dapat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019. Sebagai bahan pertimbangan, disampaikan berkas kelengkapan yang telah diunggah sebagai berikut: Surat lamaran yang ditulis tangan dan ditandatangani sendiri dengan tinta hitam, ditujukan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayan;

Surat pernyataan;

KTP elektronik (e-KTP) asli;

Pas foto berlatar belakang merah;

Ijazah asli;

Transkip/daftar nilai asli;

Sertifikat akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi;

Surat keterangan asli dari dokter yang menerangkan tentang jenis dan/atau tingkat disabilitas yang dialami;

Asli akta kelahiran dan/atau surat keterangan lahir;

Asli KTP orang tua (bapak kandung dan/atau ibu kandung);

Asli surat keterangan dari Kepala Desa/Kepala Suku yang menyatakan bahwa orang tua (bapak dan/atau ibu) adalah asli Papua/Papua Barat.

Demikian surat lamaran ini dibuat. Adapun seluruh data dan dokumen yang saya berikan adalah benar. Apabila dikemudian hari ditemukan data yang tidak benar, maka saya menerima keputusan panitia membatalkan keikutsertaan/kelulusan saya pada seleksi CPNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

ditandatangani

(Nama Lengkap)

 

Tinggalkan komentar