Kumpulan Contoh Proposal Dalam Sebuah Acara Lengkap

contohn proposal

Kumpulan Contoh Proposal Dalam Sebuah Acara Lengkap

Contoh Proposal Kegiatan – Pada sebuah acara tentunya terdapat sebuah perencanaan hal ini sangat penting untuk diperatikan sebelum Anda memulai sebuah kegiatan. salah satu langkah membuat Perencanaan kegiatan dapat Anda lakukan dengan membuat sebuah proposal kegiatan. hal ini banyak orang yang sering mengabaikan aspek perencanaan dan hanya terfokus pada pelaksanaan kegiatan. Padahal sebuah preposal sangat penting dibutuhkan dalam bentuk pencanaan kegiaata karena dapat digunakan sebagai bahan evaluasi kegiatan.

Pengertian Proposal

Proposal adalah sebuah gambaran detail mengenai sebuah kegiatan kegiatan yang tertulis yang didalamnya mencangkup rancangan kerja seperti waktu, tempat, peserta, panitia hingga anggaran dana yang ada pada sebuah acara. Rancangan yang ada pada sebuah proposal inilah yang menjadi rancangan yang dilaksanakan dalam suatu program.

Tujuan Pembuatan Proposan

Dikutip pada Brainly.co.id Tujuan Proposal adalah memperoleh bantuan dana,memperoleh dukungan atau sponsor, dan memperoleh perizinan. Unsur-unsur proposal yaitu, nama/ judul kegiatan, pendahuluan,tujuan, waktu dan tempat, sasaran kegiatan, susunan panitia, anggaran, penutup, tanda tangan dan nama terang.

Fungsi Proposal

Proposal dibuat tentunya ada fungsi dan tujuannya, baik bagi pihak pembuat proposal maupun bagi pihak yang menerima proposal. Berikut ini adalah beberapa fungsi proposal:

  1. Di bidang penelitian umum, proposal berfungsi sebagai dasar untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan sosial, budaya, agama, ekonomi, dan bidang lainnya.
  2. Di bidang usaha atau bisnis, proposal berfungsi sebagai gambaran dan proyeksi dalam mendirikan suatu usaha.
  3. Proposal berfungsi untuk memberikan informasi mendetail tentang suatu kegiatan ketika mengajukan dana untuk pelaksanaan kegiatan, misalnya perayaan, seminar, pelatihan, dan lain-lain.
  4. Dalam suatu proyek, proposal berfungsi sebagai dasar melakukan tender, baik dari lembaga pemerintah maupun swasta.

Jenis-Jenis Proposal

Secara umum, proposal dapat dibedakan dalam empat jenis. Mengacu pada pengertian proposal di atas, berikut ini adalah beberapa jenis proposal tersebut:

1. Proposal Kegiatan

Ini merupakan proposal untuk melakukan suatu kegiatan. Isi proposal kegiatan adalah pengajuan rencana kegiatan, baik yang sifatnya individu maupun kelompok, misalnya pentas seni dan budaya.

Seringkali proposal kegiatan ini sekaligus untuk pengajuan permohonan dana dari pihak tertentu. Dan sebagai kompensasi, penyelenggaran kegiatan akan menawarkan sesuatu yang bermanfaat bagi donatur, misalnya space iklan.

2. Proposal Bisnis

Ini adalah proposal yang berhubungan dengan dunia bisnis, baik perseorangan maupun kelompok. Contohnya adalah proposal pendirian suatu usaha, proposal kerjasama antar perusahaan, dan lain-lain.

3. Proposal Penelitian

Jenis proposal ini umumnya digunakan pada bidang akademisi. Contohnya proposal penelitian untuk membuat skripsi, tesis, dan lainnya. Proposal ini dibuat sebagai pengajuan kegiatan penelitian.

4. Proposal Proyek

Jenis proposal ini umumnya dipakai pada dunia bisnis dimana isi proposal tersebut tentang rangkaian rencana kegiatan. Contohnya adalah proposal suatu proyek pembangunan.

Bentuk-Bentuk Proposal

Berdasarkan bentuknya, proposal dapat dibagi menjadi tiga, yaitu:

1. Proposal Formal

Proposal formal biasanya dilengkapi dengan tiga bagian utama:

  1. Pendahuluan (sampul, halaman judul, kata pengantar, ikhtisar, daftar isi, lembar pengesahan)
  2. Isi proposal (latar belakang, pembatasan masalah, tujuan, ruang lingkup, susunan panitia, waktu, biaya)
  3. Data pelengkap proposal (lampiran, tabel, daftar pusaka, dan lain-lain)

2. Proposal Semi Formal

Proposal semi formal umumnya tidak selengkap proposal formal namun masih berbentuk baku. Di dalam proposal semi formal biasanya terdapat informasi mengenai masalah, saran, pemecahan, dan permohonan.

3. Proposal Non Formal

Proposal non formal biasanya hampir sama dengan proposal semi formal dan disampaikan dalam bentuk surat atau memorandum. Di dalam proposal non formal juga terdapat beberapa hal seperti masalah, saran, pemecahan, dan permohonan.

Bagian-Bagian Proposal Kegiatan

  1. Judul
  2. Pendahuluan
  3. Dasar Kegiatan
  4. Tujuan Kegiatan
  5. Nama Kegiatan
  6. Waktu dan Tempat Kegiatan
  7. Susunan Acara Kegiatan
  8. Susunan Panita Kegiatan
  9. Anggaran Kegiatan
  10. Lampiran

Berikut Tahapan Pembuatan Proposal Kegiatan

Berikut ini adalah tahapapan pembuatan proposal secara umum, membuat proposal kegiatan itu lebih sederhana dibandingkan membuat proposal penelitian kamu harus tetap memperhatikan alur atau tahapan dari pembuatan Proposal Kegiatan tersebut.

1. Judul Proposal Kegiatan

Judul proposal sangat lah penting untuk dicantumkan pada sebuah proposal, judul proposal yang sudah disepakati oleh semua anggota pelengara, dan buatlah judul yang sesuai dengan kegiatan yang akan kamu selenggarakan

2. Pendahuluan Proposal Kegiatan

Bab Pendahuluan ini di bagi menjadi 2 sub bab yaitu :

  1. Latar Belakang Kegiatan; Pada bagian sub bab latar belakang berisi dasar atau alasan kenapa kegiatan ini perlu diselenggarakan
  2. Tujuan Kegiatan; pada bagian sub bab tujuan kegiatan berisi hasil yang diharapkan dari kegiatan yang akan diselenggarakan.

3. Isi Proposal Kegiatan

Bagian Inti pada sebuah proposal atau bagian isi dari proposal kegiatan ada 8 sub bagian yaitu:

  1. Tema Kegiatan
  2. Macam-Macam Kegiatan
  3. Peserta
  4. Peralatan yang dibutuhkan
  5. Waktu dan Tempat Kegiatan
  6. Susunan Acara Kegiatan
  7. Susunan Kepanitiaan
  8. Anggaran Dana

 

4. Penutup

Pada bagian ujung proposal diberi penutup yang berisi harapan untuk diberikan dukung kepada pihak terkait agar kegiatan tersebut bisa diselanggarakan dengan lancar.

 

Contoh Proposal Kegiatan Yang Benar

Berikut adalah contoh proposal kegiatan yang benar; Mulai dari contoh proposal kegiatan sekolah, Contoh Proposal Penelitian, Contoh Proposal Usaha, Contoh Proposal Proyek yang kami kumpulkan dari berbagai suber terpercaya, hal ini bertujuan untuk memudahkan anda mencari bahan atau contoh proposal yang sesuai dengan yang anda inginkan.

 

Contoh Proposal Kegiatan Sekolah

contoh proposal kegiatan

A. Judul Proposal

Gelar Seni dan Budaya Siswa-Siswi SMAN 01 KEPANJEN dalam Rangka Acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda.

B. Latar Belakang

Pentas seni merupakan ajang yang tempat untuk menggali kreativitas siswa-siswi di luar potensi akademik. Melalui pagelaran pentas seni, siswa-siswi dapat menunjukkan bakat yang dimilikinya kepada publik. Kondisi ini tentu sangat bagus untuk perkembangan siswa-siswi yang bersangkutan maupun pihak sekolah.

Oleh karena itu, kami selaku pihak OSIS yang mewakili suara semua siswa-siswi SMAN 01 KEPANJEN untuk mengadakan pentas seni. Selain bertujuan untuk menjaring potensi siswa-siswi di bidang seni, acara ini sekaligus sebagai ajang memperingati momen sumpah pemuda pada tanggal 25 Mei 2019. Seperti diketahui bahwa sumpah pemuda merupakan periode penting dalam sejarah pemuda menuju Indonesia merdeka.

C. Tema

Dalam kegiatan ini, kami selaku panitia telah sepakat dengan tema “Menuju Pemuda Produktif, Kreatif dan Berdikari dalam Meraih Masa Depan”. Melalui tema ini diharapkan seluruh siswa-siswi SMAN 01 KEPANJEN menyadari pentingnya memanfaatkan waktu secara produktif dan tidak membuang-buang waktu, dengan cara yaitu melakukan berbagai kegiatan kreatif untuk emngisi waktu luang dengan harapan kelak dapat meraih cita-cita masa depan.

D. Macam-Macam Kegiatan

  1.  Teater
  2.  Pagelaran music band
  3.  Sendra tari
  4.  Drama kolosal
  5.  Seni islami
  6.  Pertunjukan pencak silat
  7.  Stand up comedy

E. Peserta

Peserta dalam kegiatan ini adalah siswa-siswi perwakilan dari setiap kelas X, XI dan XII SMAN 01 KEPANJEN.

F. Waktu dan Tempat

1. Pentas drama kolosal dan teater
Hari/tanggal: Kamis, 25 Mei 2019.
Pukul: 17.00-20.00 WIB.
Tempat: Lapangan upacara SMAN 01 KEPANJEN.

2. Pentas sendra tari, seni islami, pencak silat
Hari/tanggal: Jumat, 25 Mei 2019.
Pukul: 17.00-20.00 WIB.
Tempat: Lapangan upacara SMAN 01 KEPANJEN.

3. Pentas stand up comedy dan music band
Hari/tanggal: Sabtu, 26 Mei 2019.
Pukul: 08.00-18.00 WIB.
Tempat: Aula SMAN 01 KEPANJEN.

G. Susunan Panitia

Pelindung : Drs. Faisal Syahrul Anam, M.Pd. (Kepala Sekolah)
Pembina : Darul Huda, S.Pd.
Penanggung jawab : Fadhel Akbar Maulana (ketua OSIS)
Ketua panitia : Beny Erianto
Sekretaris : Andelia Kemayu Ningsih
Bendahara : Iqbal Maulana Malik
Koor sie acara : Mudrikhah
Koor sie perkap : Bahrul
Koor sie dokumentasi : Haris Slamet
Koor sie publikasi : Leni Ekawijaya
Koor sie humas : Ahmad Miqbadun Niam
Koor sie keamanan : Ahmad Suheri

H. Anggaran Dana

1. Pemasukan
• Dana kas sekolah : Rp 2.000.000
• Dana partisipasi siswa : Rp 1.500.000
• Dana sponsor Axis : Rp 3.000.000
• Dana sponsor Telkomsel : Rp 5.000.000
• Dana partisipasi guru : Rp 4.000.000
Total : Rp 15.500.000

2. Pengeluaran
• Sewa tempat : Rp 2.000.000
• Sewa panggung : Rp 3.000.000
• Sewa alat musik : Rp 2.000.000
• Konsumsi : Rp 3.500.000
• Publikasi : Rp 1.500.000
• Dokumentasi : Rp 500.000
• Lain-lain : Rp 500.000
Total : Rp 12.500.000

 

Contoh Proposal Kegiatan Sekolah Menengah Atas

Judul Proposal

Proposal Kegiatan Pentas Seni SMA Negeri Satu Talun dalam Rangka Acara Hari Kemerdekaan Nasional.

I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Salah satu kreatifitas dan kekayaan bangsa yang perlu dilestasikan adalah seni. Sudah semestinya seni yang sudah ada dikembangkan sedemikian rupa agar tidak punah. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan seni adalah dengan mengagendakan pentas seni. Oleh karena itu, pengurus OSIS SMA Negeri 1 Talun hendak mengadakan acara pentas seni satu sekolah.

Tujuan dari digagasnya pentas seni tersebut adalah untuk bisa meningkatkan kecintaan serta apresiasi masyarakat terhadap seni. Juga untuk menumbuhkan bibit-bibit seniman yang terbaik. Karena itulah kami merasa perlu mengadakan agenda dengan tema”Pentas Seni Masa Kini”.

B. Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan digagasnya agenda pentas seni ini adalah sebagai berikut:

Untuk semakin memperat hubungan dan silaturahmi di antara sesame siswa.
Supaya dapat meningkatkan kreatifitas dari siswa dalam hal seni.
Untuk menghibur semua elemen sekolah mulai dari gurunya hingga muridnya.

II. ISI PROPOSAL

A. Tema

Kegiatan ini mengambil tema “Pentas Seni Masa Kini”, supaya minat siswa dan siswi semakin meningkat dalam bidang seni.

Rancangan Kegiatan

B. Macam macam Kegiatan

Adapun isi kegiatan ini adalah:

Pentas seni musik
Drama
Festival band

C. Peserta

Peserta dari pentas seni ini adalah semua siswa SMA Negeri 1 Talun yang akan dibagi masing-masing kelasnya.

D. Alat yang Diperlukan

Adapun beberapa alat yang dibutuhkan adalah:

Kostum
Panggung
Spanduk
Atribut

E. Waktu dan Tempat Kegiatan

Adapun waktu serta tempat pelaksanaan kegiatannya adalah:

Pentas seni musik: Hari Minggu pagi

Drama: Hari Minggu Siang

Festival band: Hari Minggu Malam

III. Susunan Acara

1. Susunan Kepanitian

susunan kepanitiian

2. Anggaran Dana

Agenda ini membutuhkan dana sekitar 7.750.000. Dan dana yang saat ini tersedia adalah 10.300.000.

IV. PENUTUP

Demikianlah proposal kegiatan ini kami buat. Kami mengharapkan partisipasi aktif dari semua pihak untuk kelancaran acara ini ke depannya. Atas perhatian dari bapak dan Ibu, kami sampaikan terima kasih.

Contoh Proposal Kegiatan Usaha di PT

Judul: Proposal Usaha Budidaya Lele PT Jaya Abadi

1. Latar Belakang

Lele merupakan salah satu jenis ikan yang banyak digemari masyarakat. Namun, seiring berkembangnya zaman, lele menjadi sulit dicari karena minimnya peternak lele. Seringkali orang merasa gagal dalam budidaya lele karena kesalahan managemen serta teknisnya. Padahal, jika usaha ini digeluti, tentu akan menghasilkan prospek dan hasil yang cukup menggiurkan. Terlebih permintaan dari lele itu sendiri cukup tinggi.

Untuk bisa menghasilkan budidaya lele yang terbaik, dibutuhkanlah tenaga yang ahli dan terampil serta memiliki bekal yang cukup tinggi. Jika sumber daya alam dan juga sumber daya manusia yang terampil bergabung menjadi satu, maka sudah tentu usaha budidaya ini akan menjadi sesuatu yang menjanjikan di kemudian hari. Dengan begitu, taraf hidup manusia juga akan mengalami kemajuan.

2. Profil dari Perusahaan

Perusahaan yang kami dirikan bernama PT Jaya Abadi yang sudah berdiri sejak tahun 2015. Perusahan kami ini bergerak di bidang budidaya jenis ikan lele dengan konsep terbaru dan kekinian. Perusahaan kami terletak di kawasan Sidoarjo Jawa Timur,

3. Jenis Usaha

Adapun jenis usaha yang kami geluti adalah peternakan kreatif di sector budidaya lele.

4. Struktur Usaha

Adapun struktur dari usaha ini adalah:

Direktur Utama: Ahmad Wahyudi
Direktur Keuangan: Agung Wijaya
Direktur personalia: Diana Nur Fahma
Direktur: Asep Hidayat
Ketua bagian tim Lapangan: Hendrawan

5. Modal Usaha

Adapun modal usaha yang kami miliki selama satu tiga tahun berjalan adalah sekitar 500.000.000 rupiah. Untuk modal lengkapnya sudah tercantum pada bagian rencana anggaran untuk pembiayaan operasional.

Sementara untuk pemasaran sendiri kami masih mengalami beberapa kendala, yakni dalam hal pengiriman barang. Pasalnya, untuk pengiriman setiap bulannya membutuhkan dana sekitar 150.000.000 rupiah.

6. Penutup

Demikian proposal ini kami buat sebagaimana mestinya supaya bisa dijadikan sebagai bahan untuk pertimbangan Bapak/ Ibu untuk menjadi investor terbaik kami. Untuk berbagai hal yang kebetulan masih belum terdapat di dalam proposal maka akan kami terangkan di kemudian hari. Atas perhatian dan partisipasi Bapak/ Ibu kami sampaikan terima kasih.

 

Contoh Proposal Kegiatan Mussabaqah Tilawatil Qur’an

A. Judul Proposal

Gelar Mussabaqah Tilawatil Qur’an dalam Rangka Acara Perpisahan Siswa-Siswi Kelas XII SMAN 01 TUREN.

B. Latar Belakang

Mussabaqah Tilawatil Qur’an merupakan ajang yang tepat untuk menggali potensi akademik Siswa-Siswi SMAN 01 TUREN dalam bidang Tilawatil Qur’an. Melalui Mussabaqah Tilawatil Qur’an, siswa-siswi dapat menunjukkan bakat yang dimilikinya kepada publik. Kondisi ini tentu sangat bagus untuk perkembangan siswa-siswi yang bersangkutan maupun pihak sekolah.

Oleh karena itu, kami selaku pihak OSIS yang mewakili suara semua siswa-siswi SMAN 01 TUREN berinisiatif untuk mengadakan Mussabaqah Tilawatil Qur’an. Selain bertujuan untuk menjaring potensi siswa-siswi di bidang seni, acara ini sekaligus sebagai ajang perpisahan dengan kakak kelas XII. Seperti diketahui bahwa sebentar lagi kakak-kakak kelas XII akan segera meninggalkan sekolah ini.

C. Tema

Pada kegiatan ini, kami selaku panitia telah sepakat untuk mengangkat tema “Meraih Masa Depan dengan Al Qur’an”. Melalui tema ini diharapkan seluruh siswa-siswi SMAN 01 TUREN menyadari pentingnya memanfaatkan waktu secara produktif. Caranya yaitu dengan melakukan berbagai kegiatan kreatif untuk meraih masa depan sesuai cita-cita.

D. Macam-Macam Kegiatan

• Musabaqah Tilawatil Qur’an
• Musabaqah tartilil Qur’an
• Musabaqah Hifzhil Qur’an 5 Juz
• Musabaqah Fahmil Qur’an
• Musabaqah Karya Tulis Ilmiyah kandungan Al Qur’an
• Musabaqah debat Ilmiyah Kandungan Qur’an dalam Bahasa Arab dan Inggris

E. Peserta

Peserta dalam kegiatan ini adalah siswa-siswi perwakilan dari setiap kelas X, XI dan XII SMAN 01 TUREN.

F. Waktu dan tempat
1. Musabaqah Tilawatil Qur’an

Hari/tanggal: Kamis, 2 Januari 2019.
Pukul: 08.00-20.00 WIB.
Tempat: Lapangan upacara SMAN 01 TUREN.

2. Musabaqah Tartilil Qur’an

Hari/tanggal: Jumat, 2 Januari 2019.
Pukul: 08.00-17.00 WIB.
Tempat: Ruang lab Mipa SMAN 01 TUREN.

3. Musabaqah Hifzhil Qur’an 5 Juz
• Musabaqah Hifzhil Qur’an 5 Juz
• Musabaqah Fahmil Qur’an
• Musabaqah Karya Tulis Ilmiyah kandungan Al Qur’an
• Musabaqah debat Ilmiyah Kandungan Qur’an dalam Bahasa Arab dan Inggris
Hari/tanggal: Sabtu, 24 Februari 2018.
Pukul: 08.00-20.00 WIB.
Tempat: Aula SMAN 01 TUREN.

G. Susunan Panitia

Pelindung : Drs. Syahrul Anam, M.Pd. (Kepala Sekolah)
Pembina : M Irfan, S.Pd.
Penanggung jawab : Darul Huda (ketua OSIS)
Ketua panitia : Irhast Hidayatullah
Sekretaris : Alda Milasari
Bendahara : Puji Astuti
Koor sie acara : Siti Muslikhah
Koor sie perkap : Gunawan
Koor sie dokumentasi : Handoko Bramantiyo
Koor sie publikasi : Isnan Nur Arifin
Koor sie humas : Doni Prasetyo
Koor sie keamanan : Idhan Lubis Syarif

H. Anggaran Dana

1. Pemasukan
• Dana kas sekolah : Rp5.500.000
• Dana partisipasi siswa : Rp 10.500.000
• Dana sponsor Axis : Rp 2.000.000
• Dana sponsor Telkomsel : Rp 3.000.000
• Dana partisipasi guru : Rp 5.000.000
Total : Rp 36.000.000

2. Pengeluaran
• Sewa tempat : Rp 500.000
• Sewa panggung : Rp 3.000.000
• Sewa alat musik : Rp 2.000.000
• Konsumsi : Rp 7.500.000
• Publikasi : Rp 1.000.000
• Dokumentasi : Rp 500.000
• Lain-lain : Rp 2.000.000
Total : Rp 16.500.000

 

Contoh Proposal Kegiatan Pramuka

A. Judul Proposal

Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) Gerakan Pramuka SDIT SALSABILA KEPANJEN.

B. Tujuan Kegiatan

• Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
• Meningkatkan kedisiplinan dan etos kerja siswa-siswi SDIT SALSABILA KEPANJEN.
• Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dasar kepramukaan kepada anggota gerakan pramuka gugus depan SDIT SALSABILA KEPANJEN.
• Melatih dan membiasakan anggota gerakan pramuka gugus depan SDIT SALSABILA KEPANJEN untuk hidup dan belajar mandiri di alam terbuka.
• Meningkatkan semangat untuk berkembang kepada anggota gerakan pramuka gugus depan SDIT SALSABILA KEPANJEN sebagai kader penerus bangsa untuk menyongsong perubahan zaman.

C. Tema Kegiatan

“Melalui Persami Mewujudkan Pribadi yang Berani, Mandiri dan Berbudi”.

D. Waktu dan Tempat

Hari/tanggal : Sabtu, 13 September 2017-Minggu, 7 Desember 2019.
Pukul : 13.00 WIB-selesai.
Tempat : Bumi perkemahanan Coban Talun Batu.

E. Materi Kegiatan

• PBB.
• Sandi morse dan semaphore.
• Renungan malam.
• Mengenali cuaca dan tanda-tanda alam.
• Mendirikan tenda.
• Pentas seni.
• Pengenalan dan penggunaan kompas.
• Olahraga.
• Outbond.

F. Susunan Panitia

1. Pelindung:
• Kamabigus SDIT SALSABILA KEPANJEN: Allah SWT

2. Penasihat:
• Waka kesiswaan: Agus Uripto S.Pd.

3. Pembina gudep:
• Sugeng Susanto, S.Pd.

4. Pelaksana kegiatan:
• Anggota Pramuka SDIT SALSABILA KEPANJEN kelas V-VI (15 orang).

G. Peserta

Siswa-siswi kelas I- VI SDIT SALSABILA KEPANJEN yang terdiri dari 4 kelas dengan rincian 60 orang laki-laki dan 123 perempuan.

H. Susunan acara

Sabtu, 13 September 2017.
13.00-13.30 WIB: peserta datang.
13.30-14.00 WIB: check in peserta pendamping.
14.00-14.30 WIB: upacara pembukaan.
14.30-15.30 WIB: pendirian tenda.
15.30-16.00 WIB: ishoma.
16.00-17.00 WIB: PBB.
17.00-18.00 WIB: materi/kegitan I.
18.00-19.00 WIB: giat pribadi dan ishoma.
19.00-20.00 WIB: materi/kegitan II.
20.00-20.30 WIB: acara api unggun.
20.30-22.00 WIB: pentas seni.
22.00-03.00 WIB: renungan.
03.00-04.00 WIB: istirahat malam

Minggu, 14 September 2017.
04.00-05.00 WIB: sholat subuh dan bersih diri.
05.00-05.30 WIB: olahraga.
05.30-07.30 WIB: bersih diri dan makan pagi.
07.30-09.30 WIB: outbond.
09.30-11.00 WIB: materi/kegiatan III.
11.00-12.30 WIB: materi/kegiatan IV.
12.30-13.30 WIB: ishoma.
13.30-15.00 WIB: materi/kegiatan V
15.00-16.00 WIB: packing dan upacara penutupan.
16.00-17.00 WIB: sayonara.

I. Anggaran Dana

• Transport pemateri : 3 orang x @ Rp 50.000 = Rp 150.000
• Transport guru pendamping : 4 orang x @ Rp 50.000 = Rp 200.000
• P3K : Rp 50.000
• Air mineral : 6 dus x Rp 15.000 = Rp 90.000
• Konsumsi peserta : 100 x Rp 5.000 x 6 = Rp 3.000.000
• Konsumsi pemateri : 3 x Rp 10.000 x 6 = Rp 180.000
• Konsumsi guru pendamping : 4 x Rp 10.000 x 6 = Rp 240.000
• Konsumsi panitia : 15 x Rp 5.000 x 6 = Rp 450.000
• Snack : Rp 200.000
• Minyak tanah (api unggun) : 2 liter x Rp 15.000 = Rp 30.000
• Lilin : 5 pack x Rp 5.000 = Rp 25.000
• Kebutuhan tak terduga : Rp 100.000
Total : Rp 4.715.000

 

Contoh Proposal Kegiatan Pameran

A. Judul Proposal

Pameran Seni Rupa Siswa-Siswi SMKIT ARRAHMAH KEPANJEN dalam Rangka Memperingati Hari Pancasila 09 Oktober 2019.

B. Latar Belakang

Seni rupa merupakan media yang tepat untuk memperhalus rasa dan karsa seorang manusia. Melalui seni rupa, manusia dapat mengekspresikan apa yang dilihat serta dirasakannya ke dalam sketsa dan warna. Jadi, manusia tersebut mendapatkan eksistensi diri karena mampu untuk mengekspresikan pengalamannya dan membanginya kepada banyak orang.

Selaras dengan program mata pelajaran seni rupa yang salah satunya adalah memperkenalkan kreasi siswa melalui pameran. Oleh karena itu, Guru bersama Ikatan Siswa Seni Rupa dan siswa-siswi jurusan seni rupa SMKIT ARRAHMAH KEPANJEN berencana mengadakan pameran karya. Kegiatan ini juga akan diadakan bertepatan dengan momen hari kesaktian pancasila pada 9 Oktober 2019.

Tujuan diadakannya pameran karya ini adalah untuk menggali potensi siswa-siswi di bidang seni rupa serta memacu semangat mereka untuk terus berkarya. Selain itu, pameran ini juga bertujuan untuk menanamkan semangat dan jiwa nasionalisme siswa-siswi dengan menghayati keberadaan pancasila secara sungguh-sungguh.

C. Jenis Karya

Pameran karya siswa-siswi SMKIT ARRAHMAH KEPANJEN akan menampilkan dua karya seni rupa, yaitu murni (fineart) dan terapan (applied art).

D. Sasaran Kegiatan

• Siswa-siswa SMKIT ARRAHMAH KEPANJEN.
• Guru dan staf tata usaha.
• Alumni.
• Wali murid.

E. Waktu dan Tempat

Hari/tanggal: Kamis, 9 Oktober 2019.
Pukul: 08.00-14.00 WIB.
Tempat: Aula SMKIT ARRAHMAH KEPANJEN.

F. Susunan Panitia

Ketua : Muhammad Irfan
Sekretaris : Risky Kurniawan
Bendahara : Dicky Dwi Januar
Koor. Sie Acara : Mutia Ekawati
Koor. Sie Humas : Erlina Nuraeli
Koor. Sie Perlengkapan : Hera Wati
Koor. Sie Dokumentasi : Guntur Prasetiya
Koor. Sie Publikasi : Hasna Masruroh
Koor. Sie Konsumsi : Rio Pratama

G. Anggaran Dana

• Dekorasi : Rp 400.000
• Publikasi : Rp 300.000
• Dokumentasi : Rp 250.000
• Pengumpulan karya : Rp 150.000
• Konsumsi : Rp 1.000.000
• Lain-lain : Rp 350.000
Total : Rp 2.350.000

H. Sumber Dana

• Iuran wajib siswa : 400 x @Rp 30.000 = Rp 1.300.000
• Dana sekolah : Rp 1.500.000
Total : Rp 2.800.000

 

Contoh Proposal Kegiatan Bakti Sosial

A. Judul Proposal

Kegiatan Bakti Sosial Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (HMPS SATRASIA) Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Gajah Mada Jogjakarta.

B. Latar Belakang

Mahasiswa merupakan agen perubahan yang juga mempunyai tugas untuk berkontribusi terhadap kehidupan bermasyarakat selain belajar di perkuliahan. Mahasiswa harus mampu menerapkan ilmu yang didapat ketika perkuliahan untuk mengatasi berbagai masalah riil di masyarakat. Dewasa ini, terdapat banyak sekali permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

Salah satu permasalahan yang membutuhkan penanganan adalah bidang perekonomian, khususnya kemiskinan.Pertumbuhan ekonomi memang berjalan relatif stabil dan cenderung meningkat tetapi kondisi ini berarti mengakibatkan pemerataan di masyarakat. Pada faktanya, masih terdapat kelompok masyarakat yang hidup di bawah taraf hidup normal salah satunya adalah di dusun jalak.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan masyarakat dusun Sidomulyo masih terjebak dalam kemiskinan. Pertama, rendahnya tingkat pendidikan masyarakat karena 45% lulusan SD, 10% SMP, 40% SMA dan hanya 5% yang menempuh bangku perkuliahan. Kedua, masyarakat dusun Sidomulyo khususnya yang berada di usia produktif tidak memiliki inisiatif untuk mencari penghasilan lebih baik.

Pada umumnya, meraka hanya mengandalkan pendapatan daru sektor pertanian untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Ketiga, budaya berhutang yang menjangkiti sebagian besar masyarakat dusun jalakmembuat kondisi perekonomian rumah tangga per kepala keluarga menjadi tidak sehat. Ketiga masalah ini jelas sangat menghambat kemajuan masyarakat dusun Sidomulyo.

Oleh karena itu, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (HMPS SATRASIA) memiliki komitmen untuk mengatasi ketiga permasalahan tersebut. HMPS SATRASIA akan mengadakan bakti sosial sebagai wujud rasa empati terhadap kondisi masyarakat dusun Sidomulyo yang serba kekurangan. Disamping itu, HMPS Satrasia juga akan mengadakan pelatihan prakarya dan wirausaha secara berkala di dusun Sidomulyo.

C. Tema

“Mewujudkan sikap sensitif sosial dengan memiliki kepekaan terhadap isu-isu ekonomi guna mengentaskan kemiskinan dan mewujudkan masyarakat berdikari”.

D. Sasaran

• Bakti sosial:
Seluruh kepala keluarga di dusun Kanigoro, Jalak, Jogjakarta.
• Pelatihan prakarya dan kewirausahaan:
Ibu-ibu rumah tangga dan remaja usia produktif.

E. Waktu dan Tempat

• Sosialisasi kegiatan
Hari/tanggal: Kamis, 29 Maret 2019.
Pukul: 07.30-12.30 WIB.
Tempat: Balai dusu Kanigoro.

• Pelaksanaan kegiatan
Hari/tanggal: Minggu, 1 April 2019.
Pukul: 18.30-19.30 WIB.
Tempat: Balai dusun Kanigoro.

F. Acara

Terdapat dua sesi yang menjadi fokus utama dari kegiatan ini, yaitu bakti sosial dan pelatihan prakarya serta kewirausahaan. Acara pertama adalah pelatihan prakarya dan kewirausahaan bagi pemuda-pemudi serta ibu-ibu rumah tangga. Acara selanjutnya yaitu bakti sosial berupa pembagian sembako meliputi beras, pakaian, minyak goreng, susu, mie instan, alat tulis dan buku bacaan.

G. Anggaran Dana

1. Pemasukan
• Uang program kerja = Rp 2.500.000
• Sumbangan Dekanat = Rp 2.000.000
• Sumbangan Dosen = Rp 1.000.000
• Sumbangan Mahasiswa = Rp 1.500.000
Total pemasukan = Rp .7.000.000

2. Pengeluaran
• Transportasi:
Sewa mobil bus ¾ = Rp 800.000
Sewa mobil Avanza = Rp 500.000

• Konsumsi
Nasi kotak 100 dus x Rp 25.000 = Rp 2.500.000
Air mineral 5 dus x Rp 15.000 = Rp 75.000
Snack = Rp 100.000

• Cinderamata
Pakaian 50 pcs x Rp 30.000 = Rp 1.500.000
Sembako = Rp 1.000.000
Alat tulis dan buku = Rp 500.000

• Dokumentasi = Rp 200.000
Total pengeluaran = Rp 6.175.000

Contoh Proposal Halal Bi Halal

A. Judul Proposal

Proposal Kegiatan Halal Bi Halal Desa Balearjo 1431 H.

B. Latar Belakang

Manusia idalah makhluk sosial yang membutuhkan adanya orang lain dalam sebuah kehidupan, baik berupa pekerjaan, teman, keluarga, bantuan serta kasih sayang dan lain-lain. Karena manusia pasti berhubungan dengan manusia lain baik dalam hal ekonomi, sosial, emosional dan lain-lain.

Oleh sebab itu, untuk mencapai kebutuhan sosial manusia harus senantiasa berbuat baik kepada sesamanya didalam agama, Islam pun memerintahkan hal tersebut. Maka dari itu, silaturahim harus senantiasa kita jaga dan dilestarikan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari.

Sesungguhnya, melalui silaturahim seseorang akan memperoleh kebaikan dan juga keberkahan hidupnya. Karena latar belakang itulah, karang taruna Desa Balearjo akan mengadakan agenda Halal Bi Halal dalam rangka menjaga ikatan silaturahim antar masyarakat.

 

C. Tujuan

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah:

  1. Untuk memeriahkan Hari Raya Idul Fitri 1431 H
  2. Untuk menjalin kerukunan serta kekeluargaan antar masyarakat
  3. Untuk mewujudkan hubungan yang erat dan rukun antar sesama pemuda karang taruna

D. Waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan

Acara Halal Bi Halal dan Silaturahim Akbar ini dilakukan pada hari senin 20 Januari 2019

Untuk waktunya adalah pada pukul 19.00-21.00 wib.

E. Susunan Acara Kegiatan

Adapun susunan acara kegiatannya adalah sebagai berikut:

13.00-13.20 : sambutan
13.20-14.00: haul massal
14.00-15.00: inti
15.00-15.30: makan
15.30-15.40: do’a
15.40-16.00: penutup

F. Susunan Panitia

Adapun susunan panitianya adalah sebagai berikut:

Penanggung jawab: Ahmad Tohir
Ketua panitia: Muhammad Hasan
Sekretaris: Siti Muslimah
Bendahara: Umi Khasanah
Sek. Acara: Rusdi
Sek. Perlengkapan: Hamid
Sek. Konsumsi: Fira Dini
H. Anggaran Dana

Pendapatan Dana:

Kas masjid Al-Amin: 500.000
Kas Desa Kalimanis: 5.000.000
Dana dari iuran warga: 2.000.000
Dama daro sponsor: 500.000
Keseluruhan: 8.000.000

Biaya Perlengkapan:

Penceramah: 500.000
Penyewaan tempat: 1.000.000
Sewa panggung: 2.000.000
Sewa peralatan music: 500.000
Dana penataan panggung: 500.000
Biaya konsumsi: 500.000
Spanduk: 300.000
Lain-lain: 200.000
Total keseluruhan: 6.000.000

I. Penutup

Demikian proposal kegiatan halal bi halal ini kami buat. Besar harapan dari kami agar Bapak dan Ibu bersedia membantu biaya demi kelancaran agenda kami. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami sampaikan terima kasih.

Contoh Proposal Penelitian Kuantitatif

Judul Proposal Penelitian
Pengaruh Siswa/I Saat Bermain Game Online Dalam Pembelajaran Siswa/I Kelas X SMAN Bantur

Latar Belakang Masalah
Sekarang ini baik siswa/i seringkali bermain game secara online pada smartphone untuk menghabiskan waktunya. Hal ini memprihatinkan sekali, seharusnya para siswa/i menghabiskan waktunya untuk aktivitas yang positif. Misalkan mengikuti kursus, bermain piano dan kegiatan lainnya untuk meningkatkan keahlian.

Fakta di lapangan pada tanggal 22-24 September 2018 di kelas X SMAN Bantur, sekitar 60% para siswa/i selalu menghabiskan waktu bermain game secara online. Persentase tersebut diperoleh melalui pengumpulan data berupa angket.

Fakta berikutnya yaitu motivasi ketika siswa/i proses belajar siswa kelas X SMAN Bantur masih tergolong kategori rendah, jadinya selain bermain game online. Siswa/i bermalas-malasan maupun tidur lalu bercanda.

Advertisement
Kedua permasalahan tersebut menghambat pencapaian tujuan kognitif, maka dari itu dibutuhkan penelitian dengan judul “Apakah Ada Pengaruh Ketika Siswa/I Sedang Bermain Game Secara Online Terhadap Motivasi Dalam Pembelajaran Siswa/I Kelas X SMA Bintara

Pembatasan Masalah
Siswa/i selalu bermain game secara online di saat jam pembelajaran di sekolah SMA Bantur secara langsung.
Kuranya motivasi dalam belajar siswa/i di kelas X SMA Bantur.

Rumusan Masalah
Apakah ada pengaruh ketika para siswa/i sedang bermain game online terhadap motivasi proses pembelajaran siswa kelas X SMA Bantur?

Kajian Teori
Pada proposal penelitian ini ada dua teori yang kami akan merangkum yaitu mengenai motivasi dalam pembelajaran dan siswa/i selalu bermain game online untuk apa, adapun beberapa kajian teori dalam motivasi belajar yaitu hal yang pertama adalah pengertian lalu fungsi maupun jenis lalu ciri-ciri, faktor dalam mempengaruhi maupun usaha dalam meningkatkannya motivasi siswa/i dalam belajar. Kalau kajian teori mengenai game online, ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain: pengertian, jenis dan dampaknya.

Hipotesis
Apa ada pengaruh positif secara signifikan seperti: ketika siswa/i sedang bermain game online lalu kaitannya dengan motivasi ketika siswa/i belajar di SMAN Bantur.

Desain Penelitian
Penelitian ini berdasarkan fakta yang telah terjadi di lapangan, maka dari itu perlu pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini. Agar menghasilkan data berupa kumpulan angka yang benar-benar akurat.

Populasi dan Sampel
Seluruh siswa/i kelas X SMA Bantur terdapat 180 orang.
Contoh penelitian ini mengambil masing-masing 90 baik siswa maupun siswi yang benar-benar menyukai game online.

Instrumen Pengumpulan Data
Penelitian ini merupakan pengumpulan data dari responden siswa/i kelas X SMA Bintara berupa angket tertutup, isi pada angket yaitu pertanyaan antara bermain game secara online dan motivasi proses pembelajaran.

Validitas data
Pengujian data ini berdasarkan pengalaman maupun fakta-fakta, dimulai dari isi (content) maupun konstruk (construct) lalu konkuren (Concurrent) dan prediksi (predictive). Dan nantinya menjadi bahan evaluasi di SMA Bintara menjadi lebih baik lagi.

Contoh Proposal Usaha Makanan

Judul Proposal : Es Jelly Susu
Ringkasan Eksekutif

Konsep Bisnis
“Es Jelly Susu” adalah satu-satunya produk minuman yang segar dan sehat lalu memiliki bahan dasar utama yaitu kelapa muda. Agar rasanya makin nikmat, maka diperlukan jelly serta susu kental manis sebagai pelengkap. Rencana jual produk ini yaitu lokasinya di kawasan alun-alun selatan dengan yang beroperasi dari pukul 10.00-16.00 WIB.

Tim Manajemen
Usaha “Es Jelly Susu” memiliki karyawan yang berjumlah empat orang lalu jumlah profit dibagi empat, 4 orang tersebut memiliki peranan penting. Antara lain owner dan dapat melayani pembeli menggunakan sistem secara shift.

Gambaran Usaha
1. Deskripsi Singkat Produk

“Es Jelly Susu” yaitu sejenis minuman yang memiliki bahan dasar yaitu kelapa muda yang benar-benar segar dan sehat.

Kenapa harus kelapa muda? Karena mudah ditemui lalu murah maupun sehat dan rasanya segar. Agar menarik lagi terdapat jelly dan susu kental manis.

2. Strategi Pemasaran

Strategi produk
“Es Jelly Susu” mempunyai keunggulan dibanding produk lainnya, antara lain menggunakan bahan yang masih segar lalu terdapat tambahan susu sebagai pemanis dan paling terakhir yaitu jelly agar Anda menikmati sensasi yang luar biasa disaat meminumnya.

Strategi harga
Produk ini dijual dengan harga Rp 5.000, harga ini sudah termasuk murah dan benar-benar terjangkau semua kalangan masyarakat.

Strategi promosi
Berbicara strategi, kami mempromosikan produk ini yaitu online (sosial media, website maupun email) dan offline dengan media spanduk maupun brosur.

Target pasar
Target pasar khusus produk ini adalah anak sekolah, pekerja dan wisatawan.

3. Analisis Persaingan

Pesaing
Banyak sekali yang bersaing serupa dengan produk ini, langkah inovasi yang pertama prioritaskan yaitu menambahkan susu sebagai pemanis lalu inovasi berikutnya yaitu jelly sebagai sensasi kenyal jadinya Anda makin menikmati saat menyantapnya.

Posisi dalam persaingan
Berbicara produk minuman “Es Jelly Susu” ini banyak pesaingnya, maka dari itu kami membuka usaha ini dibuka di area alun-alun selatan.

Adapun alasan pemilihan lokasi yaitu belum terdapatnya pesaing penjual produk serupa.

Kelebihan dibanding pesaing
Salah satu aspek produk ini berbeda dibandingkan pesaingnya yaitu terdapat susu sebagai pemanis dan jelly untuk memberikan sensasi kenyal.

4. Rencana Desain & Pengembangan

Tujuan usaha jangka panjang
Kami menjual produk ini ke semua orang dari berbagai kalangan dan membuka cabang di kota lain.

Strategi
Kami mempromosi secara online (menggunakan sosial media, website maupun email) maupun offline (pemasangan spanduk, brosur dan membuka stand pameran)

Evaluasi resiko
Hanya 1 hari produk ini tidak dapat bertahan

Pengendalian persediaan
Disetiap harinya kami akan menjual 40 gelas kepada konsumen

Kontrol keuangan
Siapkan uang tunai secukupnya, apabila ada kembalian

Menyisihkan antara modal maupun profit untuk biaya tak terduga.

Untuk keperluan pribadi, tidak menggunakan uang modal

5. Analisis Rencana Keuangan

Perkiraan pendapatan
Modal awal

= biaya variabel + biaya tetap

= (biaya bahan baku x 30 hari) + biaya tetap

= (Rp 100.000×30 hari) + Rp 2.600.000

= Rp 3.000.000 + Rp 2.600.000

= Rp 5.600.000

Hasil penjualan per bulan

= target penjualan harian x harga jual per gelas x 30 hari

= 45 gelas x Rp 5.000 x 30 hari

= Rp 6.700.000

Laba

= hasil penjualan – modal awal

= Rp 6.700.000 – Rp 5.600.000

= Rp 2.200.000

Perkiraan pengeluaran per hari
Bahan baku

10 kelapa muda Rp 30.000

2 kaleng susu kental manis Rp 20.000

2 jelly Rp 4.000

⅓ kg gula pasir Rp 4.000

Air isi ulang Rp 13.000

Es batu Rp 3.000

Kelapa santan Rp 6.000

1 pak gelas plastik Rp 15.000

Sedotan Rp 3.000

Kantong plastik Rp 3.000

Peralatan

1 gerobak Rp 4.000.000

1 termos Rp 110.000

1 toples Rp 50.000

Total Rp 4.160.000

Sumber modal dan penggunaan
Modal untuk membuka usaha “Es Jelly Susu” ini dari iuran 4 orang lalu sebagian lagi dari pinjaman pihak bank. Sebagian keuntungan lagi buat bayar cicilan.

Contoh Proposal Kegiatan Halal Bil Halal

1. Judul Proposal

Proposal Kegiatan Alumni SMK Muhammadiyah 2019

2. Latar Belakang

Manusia adalah makhluk sosial yang memerlukan orang lain dalam kehidupannya, maka dari itu kami sebagai panitia alumni SMK Muhammadiyah

Dalam kegiatan ini antar angkatan alumni dari tahun 2007 sampai 2018 akan berhubungan secara baik dan tiap tahunnya selalu mempererat silaturahmi

Selain itu ada aktivitas lainnya seperti menghimpun dana untuk kebutuhan bakti sosial.

3. Tujuan

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah:

Untuk mempererat silaturahmi antar alumni dari angkatan 2007 sampai 2018.
Menghimpun dana yang berguna untuk bakti sosial.

4. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Acara ini dilakukan pada hari Sabtu, 01 Desember 2018

Untuk waktunya adalah pada pukul 09.00-14.00 wib.

5. Susunan Acara Kegiatan

Adapun susunan acara kegiatannya adalah sebagai berikut:

09.00-10.00 : Registrasi ulang

10.10-10.30: Sambutan

10.35-12.00: Halal Bil Halal

12.05-13.30: Istirahat + Ibadah Dzuhur

13.35-14.00: Penutup + foto-foto Per-angkatan

6. Susunan Panitia

Adapun susunan panitianya adalah sebagai berikut:

Penanggung jawab: Abdullah Alkudsi

Ketua panitia: Aditiya

Sekretaris: Dian Febriani

Bendahara: Yulia Wardani

Sek. Acara: Mayangsari

Sek. Perlengkapan: Ilfah Adinda

Sek. Konsumsi: Ailsa Widianti

7. Anggaran Dana

Sponsor dana:

Kas per-angkatan alumni: 5.000.000

Kas SMK Broadcast Cakra Buana: 3.500.000

Keseluruhan: 10.000.000

Biaya untuk perlengkapan:

Sewa tempat: 1.500.000

Sewa panggung: 1.000.000

Sewa peralatan music: 1.000.000

Biaya konsumsi: 4.000.000

Biaya lain-lain: 1.000.000

Total keseluruhan: 8.500.000

8. Penutup

Demikian proposal kegiatan kegiatan alumni SMK Broadcast Cakra Buana ini kami buat, kami harap agar Bapak maupun Ibu bersedia membantu biaya demi kelancaran kegiatan kami.

Atas perhatian dan kerjasamanya, kami sampaikan terima kasih.

 

Contoh Proposal Penelitian Ilmiyah

 

COVER
Pada bagian ini berisi judul proposal lalu nama penyusun selain itu nomor induk mahasiswa, logo universitas, nama program studi, jurusan, nama universitas, dan paling bawah yaitu tahun pembuatan.

LEMBAR JUDUL
Tiap kampus kadang menggunakan lembar judul ada juga tidak, tugas Anda yaitu selalu berkonsultasi dengan dosen pembimbing agar tahu lembar judul sebaiknya digunakan atau tidak.

Pada lembar judul ini yaitu lembaran yang berisi judul skripsi yang Anda sendiri mengajukan.

LEMBAR PENGESAHAN
Lembar pengesahan adalah halaman yang berisi dari pengesahan skripsi yang akan dibuat lalu ketika dosen pembimbing utama menyetujui proposal ini akan ditandatangani.

KATA PENGANTAR
Bagian ini yang berisi pernyataan pengantar dari penulis (Anda) Anda akan menjelaskan dari maksud maupun tujuan penulisan skripsi ini dan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu Anda.

DAFTAR ISI
Pada bagian ini Anda membuat daftar halaman sehingga dari pembaca atau penguji akan mudah menemukan isi pada proposal skripsi.

DAFTAR TABEL
Pada poin ini berisi dari daftar judul-judul tabel, yang berguna untuk pembaca mudah sekali mencari tabel pada pembahasan skripsi.

DAFTAR GAMBAR
Berisi daftar-daftar gambar selusuh isi dari proposal, jadinya penguji maupun dosen pembimbing mengetahui daftar gambar yang sering digunakan apabila pada proposal ini memiliki gambar.

DAFTAR LAMPIRAN
Pada bagian ini berisi dari lampiran surat penelitian lalu lampiran berkas dan lampiran-lampiran lainnya yang menjadi pendukung dalam proses penulisan skripsi ini.

BAB I. PENDAHULUAN

Bab awal yang berisi:

1.1 Latar Belakang Masalah

1.2 Rumusan Masalah

1.3 Batasan Masalah

1.4 Tujuan Penelitian

1.5 Manfaat Penelitian

BAB II. TINJAUAN PUSTAKA

Pada bagian ini Anda membuat bab isi dari proposal ini, Anda akan membuat poin-poin sebagai berikut:

2.1 Landasan Teori

2.1.1 Bag. Landasan Teori

2.2 Kerangka Pikir

BAB III. METODE PENELITIAN

Bab ini berisi metode penelitian yang isinya:

3.1 Lokasi dan Waktu Penelitian

3.2 Teknik Pengumpulan Data

3.3 Teknik Analisis Data

3.4 Analisis Sistem

DAFTAR PUSTAKA
Pada bagian ini berisi daftar bahan-bahan referensi atau literatur sebaiknya diambil dari buku lalu jurnal maupun sumber elektronik yang terpercaya dan menunjang dalam pembuatan skripsi.

LAMPIRAN
Lampiran ini yang berisi dari hasil scan maupun fotokopi dan lampiran lainnya sampai akhirnya proposal skripsi Anda selesai.

 

Contoh Proposal Pengajuan Dana
Proposal Kegiatan Festival Pentas Seni Dan Budaya

LATAR BELAKANG
Seiring berjalan waktu perkembangan teknologi terus berkembang dan sayangnya minat pada anak terhadap seni dan budaya asli milik Indonesia kurang diminati. Anda sebagai orang tua harus menjaga maupun melestarikan sampai akhirnya seni dan budaya untuk masa depannya, anak-anak menyukai terhadap seni maupun budaya Indonesia.

Melihat kondisi dan fakta di lapangan maka dari itu kami sebagai organisasi Peduli Seni & Budaya Indonesia, akan menyelenggarakan kegiatan Festival maupun Pentas Seni Budaya. Yang pesertanya diharapkan anak-anak dan dalam mengedukasinya tentunya dengan cara menyenangkan.

MAKSUD DAN TUJUAN
Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945,

kami ingin mengadakan acara Festival maupun Pentas Seni Budaya. Yang memiliki tujuan yaitu:

Untuk memperingati maupun memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia
Untuk menumbuhkan maupun melestarikan minat anak pada seni maupun budaya Indonesia
Agar ada regenerasi dan selalu melestarikan budaya maupun seni milik Indonesia.
KEGIATAN
WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Festival maupun Pentas Seni Budaya ini akan dilaksanakan pada

Hari : Sabtu

Tanggal : 17 Agustus 2019

Waktu : 10.00 s/d selesai

Tempat : Kemang Village

SUSUNAN ACARA
Terlampir

SUSUNAN PANITIA
Terlampir

ANGGARAN
Terlampir

 

Contoh Proposal 17 Agustus HUT RI

Judul:

KEGIATAN PERAYAAN HUT RI KE 74

SMK TARUNA BHAKTI

1. PENDAHULUAN

Hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74 pada tanggal 17 Agustus 2019, maka kami dari pihak penyelenggara SMKN 1 Malang mengisi hari kemerdekaan di tahun 2019.

Kami akan mengadakan Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia Republik Indonesia yang ke 74 bagi siswa/siswi SMKN 1 Malang

2. TUJUAN

Meningkatkan silaturahmi antara guru maupun siswa/i SMKN 1 Malang.
Meningkatkan jiwa sportifitas supaya selalu mencapai prestasi.
Kami mengajak siswa/i untuk selalu bangga menjadi warga Indonesia dan cinta tanah air.
3. PESERTA

Peserta peringatan HUT RI ke 74 para siswa-siswi kelas XI sampai XII dan guru SMKN 1 Malang.

WAKTU DAN TEMPAT
Acara “Peringatan HUT RI ke 74“ ini akan diselenggarakan pada :

Hari, tanggal: Sabtu, 17 Agustus 2019

Tempat: di SMKN 1 Malang

SUSUNAN KEPANITIAAN

  1. Ketua: Bowo Dwi
  2. Sekretaris: Kang Emil
  3. Bendahara: Agus Sakti
  4. Seksi acara: Sinta Ayu
  5. Seksi umum dan dokumentasi : Anton Budi
  6. Seksi upacara : Agus Budi
  7. Seksi peralatan : Bagus Putri
  8. Seksi lomba : Alisa Marlyana
  9. P3K : Putri Ayu

RENCANA KERJA
Jadwal Kegiatan : 17 Agustus 2019

Perlombaan:

Baca puisi

  1. Tarik tambang
  2. Pidato kemerdekaan
  3. Lomba makan kerupuk
  4. PBB
  5. Balap karung
  6. Pukul 10.00 – Selesai

ANGGARAN DANA
Pengeluaran:

  • Bendera merah putih 5 buah Rp. 100.000
  • Konsumsi dewan juri Rp. 100.000
  • Kertas kado 100 buah Rp 15.000
  • Perlengkapan hadiah Rp.300.000
  • Karung 15 buah Rp 30.000
  • Kerupuk 100 buah Rp 80.000
  • Tali tambang 10 pcs Rp. 70.000
  • Tali 10 Pcs Rp. 10.000
  • Bendera merah putih 10 buah Rp.100.000
  • Lain lain Rp. 50.000
  • TOTAL Rp.855.000

Sumber dana:

  • Siswa/i iuran @Rp. 5.000 X 100 = Rp. 500.000
  • Guru iuran @Rp 15.000 X 30 = Rp 450.000

PENUTUP
Demikian proposal kegiatan ini kami buat, kami selaku panitia. Memohon dukungan baik moral maupun materi demi kelancaran acara ini, terima kasih

Cimanggis, 07 Januari 2019

 

Ketua Pelaksana                                                                                                                                                                                    Sekretaris

 

Jerrel Arya Wiratama                                                                                                                                                                        Anisa Widya

Mengetahui,

 

 

Kepala SMKN 1 Malang Pembina OSIS

Faisal Syahrul Anam

 

Contoh Proposal Tabligh Akbar

KEGIATAN TABLIGH AKBAR MEMPERINGATI TAHUN BARU ISLAM 1440 H

Pendahuluan
Kami sebagai pelaku panitia akan mengadakan Tabligh Akbar agar Islam di Indonesia selalu makmur.

Pada kegiatan positif ini kami mengharapkan akan berkembang dan Anda sebagai umat Islam terhindar dari aktivitas negatif.

Tujuan

  1. Merayakan tahun baru Islam 1440 H
  2. Menyiarkan syiar Islam kepada masyarakat sekitar
  3. Menjalin silaturahmi

Nama Kegiatan
“Merayakan Tabligh Akbar Di Tahun Baru Islam 1440 H”

Tanggal dan Waktu Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan ini akan dilaksanakan:

Hari: Jum’at

Tanggal : 30 Agustus 2018

Waktu : 09.00 s/d selesai

Lokasi Kegiatan
Acara ini akan dilaksanakan di jl. kihajar dewantara rt:05 rw: 01 desa balearjo kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang.

Bentuk Kegiatan:

  1. Sholawat bersama
  2. Tabligh Akbar
  3. Susunan Panitia

Penanggung jawab: KH. Agus Sakti

Ketua: Ust. Agung

Sekretaris: M. Margadi, S.Pd

Bendahara: H. Saiful

Seksi-seksi:

  1. Seksi acara: Ahmad
  2. Seksi konsumsi: Nadia
  3. Seksi humas dan dokumentasi: Anton
  4. Seksi perlengkapan: Angga

Rencana Anggaran

  1. Mubaligh 1 orang: Rp 1.000.000
  2. Qori’ dan sari tilawah : Rp 1.000.000
  3. Tenda dan pentas: Rp 4.000.000
  4. Sound system: Rp 600.000
  5. Dokumentasi : Rp 1.000.000
  6. Konsumsi : Rp 5.000.000
  7. Cetak undangan : Rp 350.000
  8. Akomodasi panitia: Rp 1.000.000

Penutup
Demikian proposal kegiatan ini kami susun, kami mengajak Bapak/Ibu maupun warga sekitar untuk turut dan mensukseskan kegiatan ini. Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

 

Contoh Proposal Kewirausahaan

BAB I

LATAR BELAKANG

Ide Usaha

Seiring berjalan waktu kebutuhan primer (makanan) bergizi memang menjadi prioritas utama dalam kelangsungan hidup. Maka dari itu kami membuat usaha yang menjual makanan untuk memenuhi 4 sehat 5 sempurna.

Menu pada 4 sehat 5 sempurna yaitu:

Makanan pokok yang mengandung karbohidrat, seperti:

Singkong, kentang, atau umbi-umbian
Nasi
Sagu
Gandum
Jagung
Lauk pauk mengandung kandungan protein, antara lain:
Telur
Tahu tempe

Daging : sapi, kambing, ikan, ayam, dan bebek
Sayur-Sayuran yang mengandung serat maupun mineral, seperti:
Selain itu ada juga kol maupun daun ubi lalu wortel dan lain-lain
Sawi, kacang panjang, tomat, bayam, lobak, brokoli, kangkung
Buah-Buahan yang mengandung serat dan mineral, antara lain:
Jeruk, apel, manggis, sirsak, anggur, lengkeng, dan buah alpukat.
Susu

BAB II

RELEVANSI

Mengapa Usaha Menu 4 Sehat 5 Sempurna Dibutuhkan?
Kami ingin sekali menyadari kepada Anda untuk mengkonsumsi 4 sehat 5 sempurna itu sangat penting sekali

Kendala atau Masalah yang harus dipecahkan
Agar menu 4 sehat 5 sempurna itu kami selalu jual setiap hari, kami mohon bantuan permodalan baik donator maupun investor.

BAB III

TINJAUAN DARI USAHA

Manfaat utama :

Menciptakan lapangan pekerjaan
Agar masyarakat teredukasi 4 sehat 5 sempurna
Dapat memenuhi kebutuhan konsumsi

BAB IV

Kegiatan dari usaha

Metodologi pembuatan produk

Alasan kami memilih usaha 4 sehat 5 sempurna, mencari bahan baku memang mudah.

Bahan baku :

Makanan pokok yang mengandung karbohidrat, seperti:

  1. Singkong, kentang, atau umbi-umbian
  2. Nasi
  3. Jagung
  4. Sagu
  5. Gandum

Lauk pauk mengandung kandungan seperti protein, antara lain:

  1. Daging : Ayam, sapi, kambing, ikan, dan bebek
  2. Telur
  3. Tahu tempe

Sayur-Sayuran yang mengandung serat dan mineral, seperti:Kangkung maupun Sawi lalu lobak, bayam, tomat, brokoli, kacang panjang, Wortel, kol, daun ubi dll

Buah-Buahan yang mengandung serat maupun mineral, antara lain: Jeruk, apel, manggis, sirsak, anggur, lengkeng, dan buah alpukat

Susu Segar.

Perlengkapan:

  • Kompor gas
  • Kemasan
  • Penyedap rasa

Rincian Biaya:

Alat masak/kompor gas: Rp. 600.000
Membeli bahan baku: Rp 1.000.000
Biaya kemasan: Rp. 100.000
Penyedap rasa: Rp 50.000
Biaya transportasi kendaraan: Rp 200.000
Karyawan 2 orang :Rp. 2.000.000/bulan
Total: Rp 3.950.000

BAB V

PENUTUP

Kami yakin sekali masyarakat sekitar akan sehat setelah mengkonsumsi 4 sehat 5 sempurna dan selalu rutin berolahraga sebagai pelengkap menuju hidup sehat.

Contoh Proposal Bisnis

Judul proposal usaha: Amran Puding

Alat-alat dan Bahan:

  1. 6 buah kiwi dengan ukuran yang sedang
  2. 4 buah jeruk
  3. 4 buah melon
  4. 6 gelas air
  5. Nutrijel
  6. Gula
  7. Wajan

Proses pembuatan

  1. Langkah pertama yaitu potong-potong buah sesuai keinginan Anda (kecuali buah jeruk).
  2. potonglah buah kiwi secara horizontal
  3. Potong buah melon dengan bentuk dadu
  4. Belah buah Anggur menjadi 3 sampai 4 potong
  5. Panaskan air
  6. Campurkan nutrijel lalu gula dan air yang telah mendidih
  7. Tunggu hingga 3 menit sampai akhirnya masukan kedalam wajan.

Rincian biaya usaha
Modal awal: Rp 100.000

Bahan dan alat:

1 buah Nutrijel Rp 20.000
1 kg gula Rp 20.000
Kap puding (5 pack) Rp 20.000
Sendok plastik (3 pack) Rp 10.000
Jumlah Rp 70.000

 

Contoh Proposal Sponsorship

 

LATAR BELAKANG
Kesehatan adalah sesuatu yang berharga dan tidak ternilai harganya. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan badan tanpa mengeluarkan biaya adalah dengan mengikuti jalan sehat, selain murah olahraga sederhana yang diikuti oleh banyak peserta ini bisa dijadikan sebagai ajang silaturahmi. Sebagai bukti akan kesehatan masyarakat, kami PC PGRI Kecamatan Sumpiuh berniat bekerjasama dengan pemerintah Kecamatan Sumpiuh untuk melaksanakan kegiatan Jalan Sehat dalam memeriahkan HUT ke- 73 PGRI dan HGN Tahun 2018

NAMA KEGIATAN
Nama kegatan ini adalah “Jalan Sehat Hari Guru Nasional 2018 Kecamatan Sumpiuh ”

TEMA KEGIATAN
“Sehat Badanku, Sehat Jiwa dan Pemikiranku”

TUJUAN KEGIATAN
Sebagai sarana berolahraga
Ajang silaturahmi antar Guru, siswa dan masyarakat
Sebagai media promosi

DASAR KEGIATAN
Hasil rapat Panitia Pelaksana HUT PGRI KE-73 dan HGN Kecamatan Sumpiuh
Program kerja PGRI Kecamatan Sumpiuh

SASARAN KEGIATAN
Guru, siswa dan masyarakat di sekitar Kecamatan Sumpiuh

WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
Kegiatan Jalan Sehat HUT PGRI 2018 ini akan dilaksanakan pada :

  1. Hari : Minggu
  2. Tanggal : 25 November 2018
  3. Pukul : 07.00 s.d. 11.00 WIB
  4. Tempat : Taman Kota Kecamatan Sumpiuh

SUSUNAN KEPANITIAAN

Penanggung Jawab : Syahrul Anam S.Pd.SD (Ketua PC PGRI Malang)

Ketua Pelaksana : Badar Sweet, S.Pd

Sekretaris Pelaksana : Ayu Puspitasari, S.Pd.

Bendahara Pelaksana : Bella Agustina, S.Pd.

Humas : Suhardi, S.Pd.

Sekretariatan : Diana Herawati, S.Pd., Fitriyaningsih S.Pd.

Perlengkapan : Drs. Daroji, S.Pd

Dokumentasi : Abdul Rohman, S.Pd

Konsumsi : Risky Swijianto, S.Pd

P3K : Teguh Suparto,S.Pd.

Keamanan : Kapospol dan Babinsa

BENTUK KEGIATAN

  1. Jalan Sehat darti desa Balearjo sammapi Kepanjen
  2. Senam aerobik bersama sambil menunggu kesiapan peserta jalan sehat.
  3. Pembagian hadiah diselingi dengan hiburan organ tunggal dari “Lanang Bandara”

ANGGARAN BIAYA
Promosi :
Pamflet 450 lembar @1500 Rp. 675.000
Spanduk 8 Buah Rp. 950.000
———————– +

TOTAL Rp. 1.625.000

Kepanitiaan :
Kaos seragam panitia 30 buah @50.000 Rp. 1.250.000
PengurusanPerijinan Rp. 450.000
Konsumsi Rp. 600.000
———————- +

TOTAL Rp. 2.300.000,-

Perlengkapan :
Rental panggung Rp. 1.000.000
Sound Sistem Rp. 1.500.000
Kupon Rp. 1.200.000
Perlengkapan P3K Rp. 350.000
———————– +

TOTAL Rp. 4.050.000

Hadiah :
Hadiah Hiburan Rp. 2.000.000,-
Kipas angin 3 Buah @500.000 Rp. 1.500.000,-
HP 3 buah @500.000 Rp. 1.500.000,-
Sepeda 1 Buah @1.500.000 Rp. 1.500.000,-
TV ’24 2 Buah @1.600.000 Rp. 3.200.000,-
Mesin Cuci 1 Buah @1.500.000 Rp. 1.500.000,-
———————- +

Total Rp. 11.200.000,-

Jumlah Keseluruhan :
Promosi Rp. 1.625.000,-
Kepanitiaan Rp. 2.300.000,-
Perlengkapan Rp. 4.050.000,-Hadiah Rp. 11.200.000,-
——– ————— +

TOTAL BIAYA Rp. 19.175.000,-

PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat sebenar-benarnya. Besar harapan kami agar acara ini mendapat dukungan dari berbagai pihak. Akhirnya, selaku panitia kami mengucapkan terima kasih atas partisipasinya dan semoga acara “Jalan Sehat Hari Guru Nasional 2018 Kecamatan Sumpiuh, dapat berjalan dengan lancar amiin.

Contoh Proposal Wirausaha

BAB I

LATAR BELAKANG

Ide Usaha
Menyongsong era persaingan bebas dan untuk memberdayakan masyarakat, kami akan menambah nilai guna bahan baku di lingkungan sekitar menjadi produk yang bernilai lebih tinggi.

Gagasan Usaha
Solusi mengatasi menurunnya harga jual produk pertanian, khususnya produk makanan yaitu pisang serta mempertahankan perekonomian dan dapat menstabilkan usaha serta membuka lapangan pekerjaan.

BAB II

RELEVANSI

Kenapa memilih jenis usaha keripik pisang?
tanah yang subur mendukung masyarakat Indonesia untuk menghasilkan komoditi, salah satunya adalah pisang, petani akan sejahtera jika bisa menambah nilai guna pisang menjadi produk olahan lain.

Kendala atau masalah yang harus dipecahkan?
Meningkatkan kualitas produk pisang menjadi keripik pisang membutuhkan dukungan modal yang tidak dapat kami tanggung sendiri, oleh sebab itu kami membutuhkan donatur atau investor yang berkenan mengatasi kendala kami tersebut.

BAB III

TINJAUAN DARI USAHA

Usaha ini mempunyai keunggulan manfaat bagi masyarakat di berbagai bidang yaitu sebagai berikut:

Kegiatan Masyarakat
Kegiatan perekonomian masyarakat dalam usaha industri dalam pembuatan keripik pisang didukung oleh masyarakat karena membantu mengurangi pengangguran.

Kebutuhan pasar
Kripik pisang adalah produk yang memiliki cita rasa yang berbeda dan sering dikonsumsi masyarakat.

Bahan baku usaha
Bahan baku keripik pisang sangat mudah diperoleh di lingkungan masyarakat sekitar dengan harga yang terjangkau.

Tenaga pengelola
dikelola dengan higienis di produksi yang berbasis industri dan menggunakan karyawan warga setempat.

Kelebihan usaha keripik Pisang
1. Nutrisi tidak hilang, karena digoreng pada suhu rendah (80-85oC)

2. Tekstur dan warna menarik

3. Enak dan renyah

BAB IV

Kegiatan dari usaha

Metodologi pembuatan produk
Alasan kami memilih usaha keripik pisang. Karena Bahan baku untuk membuat keripik mudah diperolehnya. Adapun cara dan bahan-bahan dalam membuat keripik pisang tersebut sebagai berikut:

Bahan baku :
Pisang
Penyedap rasa
Balik modal secara cepat 4 sampai dengan 6 bulan
Pasar terbuka lebar, bahkan peluang ekspor yang sangat besar
Proses produksi dan pengelolaan usaha sangat gampang
Peralatan :
Kompor gas
Alat pemotong pisang atau pisau
Penjepit plastik
Langkah Membuat:
Pertama kita membuat irisan pisang tipis-tipis. Setelah itu potongan pisang kita masukan ke dalam penyedap rasa, setelah dimasukkan penyedap rasa, kemudian pisang digoreng, terakhir tiriskan pisang dan tunggu pisang hingga dingin untuk dikemas.

Rincian Biaya
Modal awal :

Membuat surat izin usaha : Rp 150.000
Membuat spanduk atau label : Rp. 100.000
dst….
Jumlah Total Modal Awal: Rp…..

Modal Per Minggu :

Biaya kemasan : Rp….
Bahan baku : Rp…
dst….
Pengeluaran Perbulan: Rp…………..

Rincian per minggu:

Bahan baku : Rp………. 1 bulan

transportasi : Rp.……/minggu
pengemasan atau packing : Rp……/minggu
dst….

Total pengeluaran perbulan Rp…………..

(Pengeluaran perbulan + Modal awal )

(Rp….+Rp…..) = Rp…..

Total pengeluaran =Rp…..

Pemasukan:

Keripik pisang….bungkus
Per Minggu minimal…bungkus
dst…
Keuntungan perbulan = (pemasukan – pengeluaran setiap bulannya)

= (Rp…– Rp….)

= Rp…..

BAB V

PENUTUP

Hasil pertanian seperti pisang ternyata ditingkatkan menjadi komoditi yang bernilai lebih, yaitu keripik pisang. Hal ini dapat memberdayakan perekonomian masyarakat dan membuka lapangan pekerjaan.

Download contoh proposal usaha

Contoh Proposal Penelitian

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang
Bangsa Indonesia adalah bangsa yang mempunyai nilai budaya tinggi, seiring berkembangnya zaman predikat Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang ramah perlahan-lahan mulai luntur, bukan bangsa lain yang menghilangkan predikat tersebut tetapi perilaku masyarakat sendiri. Dengan meluasnya dampak globalisasi, terjadi pula perubahan pola pikir masyarakat .

Globalisasi membuat jarak, ruang dan waktu sangat dekat dan singkat. Mudah bagi seseorang melakukan komunikasi di belahan bumi manapun. Sebagai bangsa berkarakter seyogyanya kita tidak melupakan jati diri bangsa. Walaupun Globalisasi memberikan perubahan positif, tapi tidak semuanya sesuai dengan kepribadian bangsa Jadi kita harus pandai menyeleksi serangan budaya asing tersebut.

Rumusan Masalah
Bagaimana pengaruh globalisasi terhadap perilaku kehidupan masyarakat?

Tujuan penelitian
Mengetahui dampak positif dan negatif globalisasi bagi kehidupan masyarakat

Metode dan Teknik Penelitian
Penulis melakukan metode observasi dan studi pustaka untuk mendapatkan fakta dan data yang diperlukan, adapun teknik yang digunakan adalah:

Teknik Pengamatan Langsung, penulis mengamati langsung kecenderungan perilaku masyarakat yang diduga merupakan pengaruh globalisasi.
Teknik Wawancara, tujuannya untuk memperoleh gambaran perilaku masyarakat secara umum pada wilayah tertentu.
Studi Pustaka, dalam metode ini, penulis mencari sumber pustaka dari beberapa referensi atau pendapat para ahli.
Sistematika Penulisan
Penulis akan menjelaskan hasil penelitian secara runtut dalam bab pendahuluan sampai dengan bab penutup menggunakan sistematika yang direkomendasikan dalam penulisan sebuah karya tulis ilmiah.

BAB II

PEMBAHASAN

Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di Bidang Ekonomi
Sektor ekonomi dirasakan paling terpengaruh karena dampak globalisasi. Dampak Positifnya, untuk dapat bertahan di era modern diperlukan kreativitas tinggi untuk melahirkan inovasi dan terobosan baru. Sementara dampak negatif yang juga sangat dirasakan dewasa ini adalah adanya kesenjangan ekonomi yang kontras antar warga masyarakat.

Bisnis E-commerce seperti amazon, tokopedia, Ebay, Gojek, Grab dan lain sebagainya merupakan inovasi yang dilahirkan di era globalisasi sekarang ini. Masyarakat semakin diberi kemudahan mengakses informasi untuk mendapatkan barang, transportasi ataupun layanan yang dibutuhkan masyarakat lainnya.

Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di Bidang Sosial Budaya
Tidak dapat dipungkiri bahwa globalisasi menuntut masyarakat untuk lebih mengenal budaya asing entah itu baik ataupun buruk. Mirisnya sebagian masyarakat lebih mengenal budaya asing dibandingkan budaya bangsanya sendiri. Pada sisi lain masalah sosial pengangguran, penggunaan narkoba, pergaulan bebas dan lainnya turut menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan bersama-sama.

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Globalisasi mempunyai dampak positif dan negatif bagi masyarakat. Bertambahnya lapangan pekerjaan, investasi dari luar negeri, mudahnya mendapatkan barang/jasa merupakan dampak positif bidang ekonomi, sementara dampak negatifnya adalah sikap konsumerisme, masuknya tenaga asing, pasar dikuasai barang-barang impor dan matinya usaha pengusaha lokal.

Di bidang sosial budaya dampak positif yang muncul seperti multikulturalisme budaya dunia, rasa toleransi dan ketergantungan, berfikir modern, menghargai waktu dll, dampak negatif dapat berupa perilaku menyimpang seperti penyalahgunaan narkotika, komunitas gay, lesbian, gaya berpakaian terbuka dsb.

Saran
Kunci dalam menghadapi arus globalisasi yang sangat deras adalah dengan menyeleksi setiap pengaruh budaya asing yang masuk dalam berbagai bidang kehidupan.
Senantiasa berpikir cerdas dan menguasai IPTEK sebagai bekalnya

Proposal Sponshorship untuk Lomba PBB Tingkat SD/ SMP/ SMA se Jawa Timur

BAB I Pendahuluan

A. Latar Belakang

Saat ini, Indonesia dihadapkan pada permasalahan yang cukup sulit dalam bidang rasa nasionalisme dan kebangsaan. Untuk itu, dibutuhkan adanya terobosan baru agar semua lapisan masyarakat mampu menjadi generasi emas yang memiliki rasa nasionalisme tinggi. Salah satu caranya adalah dengan menggagas kegiatan bertemakan kebangsaan sebagai wujud cinta tanah air.

Dari banyaknya kalangan yang mengalami penurunan rasa semangat kebangsaan, pemuda adalah bagian yang ada para taraf kritis sehingga harus menjadi perhatian utama dalam upaya pengarusutamaan meningkatnya cinta tanah air. Salah satu kegiatan yang relevan dengane cita-cita ini adalah dengan mengadakan kompetisi PBB. Karena latar belakang itulah kami menganggas agenda Lomba PBB Tingkat SD, SMP, dan SMA sederajat se Jawa Timur. Semoga agenda ini bisa menjadi trobosan baru dalam membina peserta didik menjadi warna Negara yang baik dan taat.

B. Tema Kegiatan

Adapun tema dari kegiatan ini adalah Menumbuhkan Semangat Patriotisme dan Cinta Tanah Air Remaja Sejak Dini.

C. Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah:

Untuk menciptakan rasa kebersamaan dan kekompakan dengan sesame
Untuk menumbuhkan semangat kebangsaan yang tinggi di kalangan pemuda
Untuk meningkatkan sikap disiplin bagi semua
Untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan
D. Ruang Lingkup

1. Jenis Kegiatan

Adapun jenis kegiatan di acara ini adalah lomba Persatuan Baris Berbaris (PBB) untuk kalangan pelajar.

BAB II Pelaksanaan

A. Waktu dan Tempat Kegiatan

Kegiatan lomba PBB ini akan dilaksanakan pada hari Senin-Selasa, 11-12 Juni 2018

Adapun waktunya adalah mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 12.00.

Untuk tempatnya adalah di Lapangan Pemuda Surabaya.

B. Syarat dan Ketentuan Perlombaan

Adapun syarat dan ketentuan dari perlombaan ini adalah sebagai berikut:

Peserta adalah siswa SD, SMP, dan SMA sederajat yang sesuai dengan jenjangnya masing-masing
Peserta lomba masih sekolah atau dalam kategori pelajar
Melakukan pendaftaran dan melakukan pengisian formulir
Membawa surat rekomendasi dari sekolah masing-masing
Setiap tim memiliki anggota berjumlah 12 orang sudah termasuk danton
Masing-masing sekolah mengirim 2 tim
C. Waktu Pendaftaran

Adapun batas waktu pendaftarannya adalah mulai tanggal 1-20 Mei 2018

Rincian Dana
Adapun rincian dana untuk kegiatan ini adalah 30.000.000 rupiah. Untuk rincian lengkapnya sebagaimana terlampir.

Juri
Adapun juri dari agenda lomba PBB ini adalah dari jajaran TNI dan Polri wilayah Jawa Timur,

BAB III Penutup

Demikian proposal kegiatan ini kami buat. Besar harapan dari kami agar Bapak dan Ibu bersedia memberikan bantuan kepada kami demi kelancaran agenda tersebut. Atas perhatian dan waktu yang diberikan oleh Bapak dan Ibu, kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya.

 

Contoh Proposal Bantuan Dana Pembangunan Madrasah Diniyah

B. Latar Belakang

READ 13+ Contoh Paragraf Persuasi & Pengertian | Pendidikan, Politik, Iklan, Propaganda
Pendidikan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan ini. Pendidikan yang dimaksud tidak hanya pendidikan formal, namun juga pendidikan agama. Salah satu sarana untuk mendidik agama kepada anak sejak kecil adalah dengan membangun sarana pendidikan berupa madrasah. Madrasah sendiri sudah ada sejak dahulu dan tetap dilestarikan hingga hari ini. Tujuan dari dibangunnya madrasah adalah untuk mempersiapkan kader agamawan sejak dini.

Saat ini, pembangunan madrasah di Desa Sukarame Kab. Magelang sangat dibutuhkan mengingat sarana dan prasarana di sini yang masih belum memadai. Sementara banyak santri atau peserta didik yang membutuhkan pengajaran. Inilah yang menjadi latar belakang proposal bantuan dana kami.

C. Dasar Pemikiran

Adapun dasar pemikiran kami dalam membuat proposal ini adalah berlandaskan pada saran., sumbangsih, kritik, ataupun dari sisi pendanaan terkait dengan pembangunan.

D. Permasalahan yang Dihadapi

Adapun berbagai permasalahan yang kami harapi dalam proses pembangunan madrasah ini adalah:

Minimnya penunjang dari sisi saran kegiatan
Minimnya sarana buku, terlebih dalam bidang keagamaan
Kurangnya pra sarana untuk madrasah
E. Maksud dan Tujuan

Adapun tujuan kami membuat proposal ini adalah:

Meningkatkan dan menumbuhkan kembali syi’ar Islam di kawasan Magelang
Pembinaan akhlak dan juga watak generasi muda yang memiliki akhlak baik
Sebagai sarana untuk memaksimalkan pendidikan agama
F. Bentuk Kegiatan

Adapun bentuk kegiatan yang diajukan pada proposal ini adalah pembangunan madrasah.

G. Rencana Anggaran

Adapun rencana anggaran untuk kegiatan ini adalah sekitar 35.616.000 rupiah. Adapun rincian anggaran secara detail sebagaimana terlampir.

rencana anggaran proposal

H. Waktu dan Pelaksanaan Kegiatan

Melihat dari sumber daya yang siap membantu serta antusias dari masyarakat di sekitar kami, maka pembangunan rencana kami selesaikan dalam jangka waktu 3 bulan terhitung sejak 2 minggu ke depan.

I. Penutup

Demikian proposal bantuan dana ini kami buat sebagai bentuk pertimbangan Anda untuk membantu kelancaran proses pembangunan madrasah kami. Tujuannya adalah untuk benar-benar dapat menciptakan kader yang santun, cerdas dan berakhlak karimah.

Contoh Proposal Pemasaran

Judul: Proposal Pemasaran Bakso Lumayan

A. Latar Belakang

Hasrat setiap orang adalah supaya bisa hidup dengan sejahtera tanpa disuruh-suruh orang lain atau hidup susah. Salah satu langkah penting untuk mengakhiri kehidupan yang demikian adalah dengan menjadikan diri sendiri sebagai bos.

Saat ini, banyak orang yang justru memiliki fikiran sempit. Misalnya saja dengan tidak ingin keluar dari zona nyaman untuk bisa menjadi salah seorang pengusaha sukses. Banyak yang berfikir banyak seorang pengusaha itu terkesan tidak semulia orang yang memiliki profesi sebagai guru, dosen, dokter, dan lain sebagainya.

Namun, akhir-akhir ini nampaknya sudah banyak orang yang mulai berfikir untuk hidup maju. Kebetulan saat ini banyak peluang usaha yang bisa Anda geluti, misalnya saja dengan usaha bakso dimana banyak orang yang suka dengan jenis makanan ini. Jika ditekuni, usaha bakso ini bisa menjadi peluang yang menjanjikan dan menguntungkan.

B. Tujuan Usaha

Untuk mendapatkan keuntungan dari berjualan
Bisa memberikan bakso yang berkualitas dan memuaskan untuk semua pelanggan
Bisa memasarkan bakso ke seluruh masyarakat
C. Nama Usaha

Adapun nama usaha yang kami gagas adalah Bakso Lumayan. Bentuk usaha kami adalah membuka sejenis warung bakso untuk semua kalangan.

D. Tempat Usaha

Adapun tempat untuk usaha kami adalah di Jl. Pancasila No 90 Kalimantan. Pemilihan tempat ini disebabkan karena lokasinya yang sangat strategis dan banyak dikunjungi oleh orang-orang, khususnya oleh para pecinta kuliner.

E. Waktu Operasional

Adapun waktu untuk operasional kami adalah mulai dari jam 9 pagi hingga jam 11 malam.

F. Rancangan Anggaran

Adapun rancangan anggaran untuk kegiatan kami adalah sekitar 30.000.000.

G. Penutup

Dari penjelasan yang telah disebutkan pada proposal ini, sekaligus dari latar belakang pembuatan proposalnya, maka dapat disimpulkan bahwa bakso sebenarnya memiliki prospek yang baik ke depannya dan bisa dibilang menjanjikan. Namun sayangnya banyak orang yang berhenti di awal saat akan membuka sebuah usaha.

Demikiran proposal pemasaran ini kami buat sebagaimana mestinya supaya bisa menjadi pertimbangan bagi semua kalangan untuk ikut memasarkan produksi bakso kami. Ke depannya, usaha bakso ini akan senantiasa dikonsep dan diperbaiki managemennya agar benar-benar bisa memberikan hasil menjanjikan di masa depan.

Demikianlah itu tadi ulasan mengenai contoh proposal kegiatan yang bisa dijadikan sebagai bahan acuan atau rujukan saat Anda hendak membuat proposal yang serupa, dengan demikian mengetahui berbagai jenis dan bentuk proposal kegiatan di atas, Anda tentu sudah bisa membedakan antara jenis proposal yang satu dengan jenis yang lain karena setiap jenis proposal memiliki konten dan isi yang berbeda, Semoga membantu, selamat mencoba.

Tinggalkan komentar