Contoh Pidato Hari Pahlawan

Berikut pembahasan lengkap tentang contoh pidato hari pahlawan Nasional 10 November 2020 terbaru dan dapat digunakan juga pada saat memperingati hari pahlawan di setiap tahun.

Teks Pidato hari pahlawan ini sangat diperlukan setiap tahun buat memperingati 10 november, ataupun di bulan november buat memberingati Hari Pahlawan Nasional yang diadakan disetiap tahun.

Sperti yang kita ketahui bersama adalah Hari Pahlawan Nasional adalah salah satu hari yang paling bersejarah di Indonesia, KArena pada umumnya  pada tanggal 10 november merupakan puncak dari peringatan hari pahlawan, karena dulunya para pahlawan kita mempertahankan indonesia pada hari tersebut dengan pertumpahan darah.

Nah, oleh seban itu untuk mengenang jasa pahlawan yang telah mempertahankan  negara kita dari para penjajah yang ingin berkuasa sewaktu itu, kita wajib memperingatinya setiap tahun

Contoh Pidato Hari Pahlawan 10 November 2020 Terbaru

teks pidato hari pahlawan

Assalamualaikum Wr.Wb

Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan hidayahnya kita dapat berkumpul dalam lindungan dan keadaan yang sehat wal afiat tanpa kekurangan suatu apapun. Salawat serta salam tetap tercurahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad saw.

Pada kesempatan kali ini izinkan saya  menyampaikan pidato tentang pahlawan. Sebelumnya saya ingin bertanya, Siapakah sih pendiri bangsa itu? mereka merupakan manusia yang mengorbankan jiwa raga, harta, bahkan nyawanya sendiri demi membela dan demi kemerdekaan negara Indonesia yang bisa kita rasakan nikmatnya saat ini, seperti yang kita kenal dengan sebutan Pahlawan.

Perjuangan pahlawan tidaklah semudah membolak balikkan telapak tangan, Mereka berjuang sampai titik darah penghabisan untuk mewujudkan negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Sikap yang selalu, berjuang dengan tulus dan tanpa mengharap balas jasa, rela berkorban, semangat nasionalisme dan cinta terhadap tanah air Indonesia landasan bagi mereka untuk mencapai Indonesia merdeka dan berjaya sampai saat ini.

Kemerdekaan bangsa tercapai selain adanya Pahlawan juga tidak luput oleh adanya dukungan dari semua rakyat Indonesia yang satu dan mempunyai semangat perjuangan yang sangat tinggi. Tanpa adanya semangat perjuangan yang sangat tinggi, kita yakin bahwa kemerdekaan ini tidak akan tercapai dan selamanya akan berada pada penindasan dan menjadi budak para penjajah.

Kita semua mengetahui bahwa bangsa Indonesia dijajah oleh penjajah tidaklah sebentar bahkan sampai ratusan tahun lamanya. Siapa sih yang mau hidup dalam penderitaan dan perbudakan oleh penjajah?

Landasan itulah yang membangun semangat perjuangan dan rela berkorban oleh para Pahlawan bersatu dengan rakyat sehingga bisa mengusir para penjajah yang terus menindas harkat dan martabat rakyat Indonesia. Seperti salah satu pahlawan yang terkenal akan kemampuannya memberi semangat perjuangan arek-arek surabaya, yaah siapa lagi kalau bukan Bung Tomo.

Hadirin sekalian yang saya hormati. Bung tomo merupakan salah satu Pahlawan yang berasal dari kota yang terkenal dengan julukan Pahlawan dimana lagi kalau bukan kota Surabaya.

Kota Surabaya dilambangkan dengan salah satu hewan yaitu sura dan buaya yang merupakan salah satu kota di Indonesia yang dijajah oleh para penjajah. Bung Tomo tidak bisa hilang dari ingatan kita semua karena adanya aksi dan pidatonya yang membakar semangat dan membangunkan jiwa arek-arek Surabaya untuk berjuang melawan dan mengusir para penjajah.

Dengan keyakinan tinggi serta semboyan “Merdeka atau Mati” arek-arek Surabaya yang dipelopori dan dipimpin oleh Bung Tomo pantang menyerah dengan gagah berani serta mempunyai semangat tinggi yang berkorbar-kobar dan mengucapkan takbir terus maju melawan penjajah tanpa dilengkapi dengan senjata yang canggih.

Perjuangannya melawan penjajah nampaknya sangat berat dirasakan karena nyawalah yang menjadi taruhannya. bercucuran dan bermandikan darah di medan perang untuk kemerdekaan bangsa. Berkat semangat dan kerja keras yang tinggi arek-arek Surabaya yang dipelopori oleh pahlawan kita yaitu Bung Tomo mampu melawan para penjajah.

Ada sebuah pepatah “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya” yang kita kenal dengan hari pahlawan 10 Nopember. Kenapa sih hari pahlawan harus diperingati?

Karena hari Pahlawan diperingati oleh seluruh bangsa untuk mengenang jasa para Pahlawan dan memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta terhadap tanah air dengan melakukan upacara serta mengheningkan cipta yang dilaksanakan di seluruh pelosok tanah air.

Kita bisa melihat bahwa setiap hari Pahlawan hal yang kecil dilakukan rakyat Indonesia adalah melakukan sebuah upacara bendera disetiap sekolah, desa maupun kantor-kantor para petinggi negara.

Peringatan hari pahlawan bukan semata-mata sebuah acara namun sarat akan sebuah makna yang dalam. Setiap peringatan hari pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru untuk mengimplementasikan nilai-nilai pahlawan dalam kehidupan sehari-hari karena hal ini sangatlah penting.

Peringatan hari pahlawan menjadi sebuah ajang bagi bangsa Indonesia untuk melakukan sebuah intropeksi diri, sehingga sejauh mana kita yaitu semua rakyat Indonesia dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, meneruskan perjuangan serta mengisi kemerdekaan untuk mencapai negara yang merdeka, bersatu dan berdaulat hingga sampai ke anak cucu kita nanti.

Tidak cukup hanya mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Akan tetapi kita sebagai penerus generasi bangsa harus melanjutkan perjuangan mereka, menjaga dan melestarikan apa yang telah mereka perjuangkan. Kita tidak boleh melupakan semua yang telah dikorbankan oleh para pahlawan kita begitu saja seperti kata pepatah “kacang lupa kulitnya”.

Oleh karena itu, penting sekali pepatah itu harus ditanamkan dalam diri seseorang karena kita tidak boleh melupakan siapapun yang telah membantu kita terutama semua jasa yang dikorbankan para pahlawan.

Hadirin sekalian yang saya hormati. Negeri yang telah merdeka ini membutuhkan generasi muda penerus bangsa yang kokoh, tangguh dan ulet dengan jati dirinya, mempunyai kepribadian karakter yang baik, percaya diri dan mempunyai rasa kepekaan yang tinggi terhadap adanya permasalahan sosial disekitar sehingga mampu terlibat dalam kesejahteraan sosial dan memberikan pertolongan sosial bagi seseorang yang membutuhkan.

Negeri ini juga membutuhkan pemuda pemudi yah seperti kita saat ini harus mempunyai pandangan yang maju, berwawasan luas dan mampu berkolaborasi untuk memajukan bangsa serta memanfaat kemajuan iptek sehingga negara ini mampu bersaing dan bersanding dengan negara lain yang sudah lebih maju dan unggul.

Maka dari itu marilah kita semuanya sebagai generasi muda penerus bangsa harus mampu menjalankan dan meneruskan apa yang telah di bangun dan perjuangan oleh para pahlawan.

Hal lain yang perlu kita teladani yaitu sebagai generasi muda penerus bangsa yang harus tangguh seperti Pahlawan yang tangguh akan menggapai cita-cita mereka. Mereka mau belajar dan berusaha sungguh-sungguh untuk mencapai cita-citanya.

Tidak hanya itu, semangat perjuangan yang tinggi, rela berkorban dan bersatu dengan siapapun juga sangat besar untuk bisa kita teladani dan ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari. Kita juga harus senantiasa mendoakan arwah dengan cara mengenang jasa para pahlawan kita dan meneladi sifat-sifat yang dimiliki oleh pahlawan kita.

Kobarkan terus semangat pahlawan di dalam jiwa dan raga bahkan didalam darah kita yang terus mengalir untuk kehidupan kita di masa mendatang dan juga torehkan prestasi yang bisa membawa nama harum bangsa serta jagalah persatuan dan kesatuan bangsa.

Demikianlah pidato yang bisa saya sampai pada kesempatan kali ini, terimakasih atas waktu yang sudah diluangkan dan segala perhatiannya semoga apa yang telah saya sampaikan bermanfaat bagi kita semua serta bisa memetik himahnya.

Jika dalam penyampaian pidato saya ada kata-kata yang kurang berkenan baik yang disengaja maupun yang tidak di sengaja saya pribadi mohon maaf yang sebesar-besarnya karena manusia tidak luput dari kesalahan. akhir kata saya ucapkan

Wassalamualaikum Wr.Wb

Simak juga:KUMPULAN, TEKS MC LENGKAP DENGAN BERBAGAI TEMA!

 

Sekian itulah tadi contoh pidato hari pahlawan terbaru yang dapat digunakan untuk pidato dalam acara memperingati hari pahlawan yang diadakan setiap tahunnya.

jangan lupa dukung web kami dengan cara membagikan atau kunjungi juga artikel artikel lainnya, terima kasih selamat belajar..

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!