Bagian-bagian Bunga

Dalam kehidupan sehari-hari pasti kalian akan melihat berbagai tumbuhan. Beberapa tumbuhan yang kalian lihat pasti memiliki bunga. Seperti didepan atau halaman belakang dari rumah kalian tentulah ditanami namanya tumbuhan dan pasti tumbuhan tersebut berbunga saat tiba waktunya.

Lalu kalian apakah tidak bertanya-tanya apa sih itu bunga? Pasti kalian mengenal istilah itu bukan? Kalau belum tau simak penjelasan menganai bunga berikut ini.

Pengertian Bunga

Bunga merupakan tumbuhan yang indah. Bunga merupakan bagian dari sebuah tanaman yang mempunyai fungsi sebagai alat dalam menumbuhkan tanaman dan tumbuhan yang disukai banyak orang dan memiliki bentuk yang indah.

 

Fungsi Bunga

Fungsi bunga yaitu sebagai perantara bagi penyantun gamet jantan dan gamet betina. Proses ini dinamakan sebagai pembungaan. Fungsi baunya yang utama adalah sebagai alat perkembangbiakan generative. Perkembangan generative merupakan perkembangbiakan yang didahului pembuahan. Pada tumbuhan berbunga, pembuahan terjadi di awali oleh penyerbukan.

Proses penyerbukan adalah suatu peristiwa jatuhnya serbuk sari kepada kepala putik. Manfaat bunga bagi manusia digunakan sebagai perhiasan, tanaman hias, penanda hari atau momen penting dan dibuat sebagai minuman untuk herbal ataupun penyegar saja.

Jenis-jenis Bunga Berdasarkan Perkembangbiakannya

Bunga dapat dikelompokkan berdasarkan kriteria atau jenis-jenis tertentu. Pengelompokkan bunga bisa didasarkan atas kelengkapan alat perkembangbiakan dan kelengkapan strukturnya.

  1. Bunga berdasarkan alat perkembangbiakannya

Berdasarkan kelengkapan alat perkembangbiakannya, bunga dapat dikelompokkan menjadi dua bagian yakni bunga sempurna dan bunga tidak sempurna.

a. Bunga sempurna

Kelompok bunga sempurna merupakan bunga yang punya dua alat perkembangbiakan dalam satu bunga. Hal ini berarti akan terdapat dua organ reproduksi yaitu putik dan benang sari. Contoh bunga yang terkandung dalam bunga yang sempurna adalah pada jenis bunga tulip dan bunga sepatu.

b. Bunga tidak sempurna

Kelompok bunga tidak sempurna merupakan bunga yang memiliki satu alat perkembangbiakan saja. .Alat perkembangbiakannya bisa terdiri atas benang sari saja atau hanya putik. Contoh bunga yang terkandung dengan bunga tidak sempurna adalah bunga salak dan bunga papaya.

  1. Bunga berdasarkan penyusunannya

Berdasarkan penyusunannya, bunga dapat dikelompokkan menjadi dua bagian yakni bunga sempurna dan bunga tidak sempurna.

a. Bunga lengkap

Bunga lengkap merupakan bunga yang memiliki empat bagian utama pada bunga yaitu mahkota bunga, kelopak bunga, benang sari dan putik. Contoh bunga lengkap adalah bunga mawar, bunga bakung dan bunga sepatu

b. Bunga tidak lengkap

Bunga tidak lengkap merupakan bunga yang tidak punya salah satu atau beberapa bagian utamanya pada bunga. Bunga tidak lengkap ini bisa hanya memiliki salah satu perhiasan bunga yaitu mahkota bungan atau kelopak bunga atau hanya memiliki satu organ reproduksi bunga yaitu benang sari atau putik. Contohny pada bunga kelapa dan bunga kamboja.

Bagian-Bagian bunga

Bunga tentunya mempunyai bagian-bagian tersndiri yang memiliki perana penting. Diantaranya sebagai berikut ini:

Tangkai bunga

Tangkai bunga berada dibagian bawah bunga dan menjadi bagian dari cabang bunga. Bagian ini punya nama latin yaitu pedicellus. Tangkai bunga berfungsi menjadi penghubung antara bunga dan ranting tumbuhan. Dengan kata lain, tangkai bunga adalah tempat untuk memetik sebuha bunga.

Kelopak bunga

Kelopak bunga disebut juga dengan calyx. Bagian terluar dari bunga adalah kelopak bunga. Fungsinya yaitu, untuk melindungi bunga pada waktu bunga masih muda yang berbentuk kuncup bunga. Kelopak bunga secara umum warnanya hijau speerti daun, tetapi ada kelopak bunga yang warnanya selain hijau hingga tampak seperti mahkota. Setiap helaian dari kelopak bunga dinamakan sepal.

Mahkota bunga

Mahkota bunga sering dinamakan sebagai tajuk bunga atau corolla. Mahkota bunga merupakan hiasan pada bunga yang terdapat disebelah dalam kelopak. Umumnya mahkota ukurannya lebih besar daripada kelopak dan berwarna indah sehingga menarik perhatian dan mempunyai bau yang harum.

Warna dan bau yang harum menjadi daya tarik tersendiri bagi serangga atau hewan lainnya untuk mendatangi dan menghisap sari-sarinya. Fungsi lain dari mahkota yaitu melindungi alat-alat kelamin pada bunga sebelum terjadi proses penyerbukan. Setiap helaian mahkota bunga di sebut patela.

Benang sari

Benang sari disebut juga dengan stamen. Benang sari merupakan alat kelamin jantan pada sebuah tumbuhan. Benang sari itu berasal dari hasil metamorphosis daun fungsinya sebagai alat kelamin jantan.

Benang sari dibedakan tiga bagian diantaranya tangkai sari, kepala sari dan penghubung ruang sari. Tangkai sari yaitu bagian bentuknya benang dengan penambang melintang umumnya berbentuk bulat, sedangkan kepala sari yaitu bagian dari sebuah benang sari ada di ujung tangkai sari dan penghubung ruang sari yaitu bagian lanjutan tangkai sari sehingga penghubung kedua bagian kepala sari.

Putik

Putik memiliki sebutan lain yaitu pistilum. Putik merupakan bagian bunga yang paling dalam letaknya. Putik merupakan alat kelamin betina pada bunga. Putik tersusun atas daun-daun yang telah mengalami metamorphosis. Daun-daun penyusun putik disebut daun buah.

Tetapi secara keseluruhan daun-daun buah penyusun putik dinamakan gynaecium. Putik terdiri atas tiga bagian yaitu bakal buah, tangkai kepala putik dan kepala putik. Bakal buah merupakan bagian putik yang oada umumnya kelihatan membesar dan terletak pada dasar bunga.

Sedangkan tangkai kepala putik merupakan bagian putik yang sempit dan terdapat diatas bakal buah biasanya berbentuk benang dan berfungsi untuk tempat melekatnya kepala putik. Kepala putik ialah salah satu bagian dari putik letaknya paling atas di ujung tangkai kepala putik tadi.

Bakal buah

Bakal buah atau ovarium merupakan bagian dari bunga dan termasuk bagian putik. Namun karena perannya sangat penting dalam keberlangsungan reproduksi bunga maka bakal buah dikategorikan sebagai bagian bunga tersendiri. Bakal buah berada di bagian dasar bunga dan mengadnung sel telur yang nantinya akan dibuahi oleh serbuk sari sehingga terjadi peleburan antara gamet jantan dan gamet betina. Hasil peleburan itu akan menjadi dan menghasilkan bakal buah.

Bakal biji

Bakal biji terletak pada bagian dasar bunga dan menjadi datu dnegan bakal buah. Fungsinya untuk melindungi dan menjadi tempat pertemuan antara sel telur yang telah dibuahi serbuk sari dan menjadi tempat berkembangnya menjadi biji. Dari beberapa jenis bunga bakal biji itu terbungkus ovarium atau bakal buah.

Daun pelindung

Daun pelindung adalah salah satu bagian dari bunga tetapi tidak dimiliki oleh bunga lainnya. Daun pelindung hanya muncul di beberapa bunga terutama bunga yang fungsinya sekedar untuk di pajang saja. Daun pelindung merupakan daun yang mengalami pertumbuhan bunga di sisi-sisinya dan memiliki nama lain yaitu Brachtea. Daun pelindung ini berfungsi sebagai tempat tumbuh bunga.

 

Daun tangkai

Daun tangkai memiliki bentuk yang hampir mirip dengan daun pelindung. Salah satunya hal yang membedakan kedua bagian bunga tersebut adalah penempatannya. Daun tangkai letaknya di pangkal tangkai bunga dan fungsinya pelindung bagian bunga lainnya.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!