Ayam Mangon; Ciri-ciri, Kelebihan-Kekurangan dan Cara Merawatnya

ayam mangonHallo para penghobi ayam, kali ini admin akan memberikan informasi mengenai ayam mangon,  sejenis ayam petarung yang pasti memiliki kelebihan tersendiri saat bertarung.

Ayam ini belakangan ini banyak di minati oleh para penghobi ayam laga, karena khas mainnya saat di area laga.

Apa itu Ayam Mangon?

ayam mangon anakan

Ayam mangon adalah salah satu jenis ayam laga atau ayam petarung yang berasal dari Thailand.

Banyak sekali pertanyaan seputar ayam ini,

Ayam mangon inihasil silangan apa?

kami jawab berikut ini.

Setelah diteliti oleh para penghobi ayam usut punya usut ayam ini sebenarnya jenis ayam berdarah 2 yakni dari darah ayam Birma dan ayam saigon.

Ayam ini dulunya dikembangkan di negara Thailand oleh para peternak ayam laga di Thailand.

Di Indonesia Ayam Mangon ini dulunya di datangkan langsung atau di import dari Thailand, sehingga sampai disini ayam mangon bisa diketahui asal usulnya termasuk dengan membaca artikel ini.

Ciri-ciri Ayam Mangon

ayam mangon iq

Supaya anda bisa mengenali lebih jauh tentang ayam magon ini berikut ciri ciri ayam magon mulai dari paruh sampai kaki:

Ciri-ciri ayam magon yang pertama yaitu memiliki bulu ayam yang lebat, meskipun salah satu dari indukannya ada yang botak yaitu ayam Saigon tapi ia berbeda dengan saigon.

Ciri yang ke dua adalah Warna bulu dari ayam ini cenderung gelap seperti berikut ini:

– Hitam merah
– hitam jragen
– blorok abu-abu
– Kelabu emas
– Widu

Meskipun warna bulunya kurang menarik dan kurang cerah, tapi masalah bertarung ayam jenis ini sudah tidak diragukan lagi kemampuannya.

Ciri-ciri ke tiga Selain dari penampilannya anda juga dapat mengenali jenis ayam ini dari tulangnya. Karena Tulang ayam magon cukup besar dan kasar sehingga ayam ini bisa memiliki Bobot berat sekitar 3 kg sampai 5kg hal ini berdasarkan cerita yang beredar di peternakan ayam magon di Thailand dikatakan dapat mencapai berat 5kg.

Selain berdasarkan bulu, berat badan dan tulangan anda juga dapat melihat kaki dari ayam mangon, karena ayam magon memiliki kaki yang cukup besar dan mempunyai sisik yang kering dengan Warna kaki dari ayam tersebut juga cenderung gelap seperti warna bulunya.

contoh kaki ayam mangon:

kaki ayam mangon

Kelebihan Ayam Mangon

kelebihan ayam mangon

Menurut pengalaman kami Ayam Magon dapat bertarung dengan lincah jika sudah ada di arena sabung ayam, ayam ini terkenal dengan kecepatan pukulan dan daya tahan terhadap pukulan.

Kecepatan ayam mangon saat bertanding di warisi oleh gen birma dan ketahanan pikuknya di warisi dari ayam saigon.

kekuatan pukulan ayam magon ini jauh lebih keras dari ayam pama karena kekuatan pukulannya ini diturunkan dari ayam saigon yang terkenal akan postur tubuh yang tegap dan besar.

Oleh Karena itu Jenis ayam ini banyak dicari oleh para penghobi ayam tertarik untuk menjadikannya sebagai andalan saat mengikuti pertandingan ayam.

Ayam mangon merupakan salah satu ayam yang dapat mengalahkan ayam bangkok tidak semuanya tapi, hanya ayam Mangon yang memang bagus karena ayam itu tergantung dari gaya tarung induknya, bukan karena trahnya saja.

Kalau trah belum tentu nurun dan sebaliknya ayam tarungan bagus belum tentu bisa bagus, saran saya lebih enak biar ayamnya yang cerita dengan mengetahui kerja itu ayam.

Kalau melihat dari induknya merupakan salah satu ayam petarung terbaik didunia, maka jangan heran jika ayam magon ini sangat baik untuk di koleksi

Teknik-teknik ayam mangon

ayam mangon jambul

1. Ketika bertarung ayam mangon biasanya sangat cepat saat menyerang dan tidak pernah membiarkan lawan untuk menyerangnya.

2. Ternik kedua adalah timpukannya yang tepat mengenai leher lawan

3. Teknik ke tiga adalah Solah lari, mang tidak semuanya hanya terkadang, Terkadang saat bertanding ayam ini terlihat kabur dari lawannya dengan membuat ayam berputar-putar dan kelelahan mengejernya hingga kehabisan tenaga. Nah setelah ayam lawan kelelahan ia akan langsung menghajar lawannya dengan akurasi pukulan yang keras

Ayam mangon ini terkenal dengan akurasi pukulan yang dilancarkan oleh ayam magon thailand juga sangat akurat dan sering mengenai bagian bagian fatal ayam lawan.

Itulah hal-hal yang membuat ayam magon sangat kuat saat berada di arena laga.

Cara Merawat Ayam Mangon

Ayam Mangon Adalah ayam yang istimewa tentunya juga harus dirawat dengan istimewa berikut acara merawat ayam mangon yang baik:

Pakan yang bergizi

Pur Ayam 511 yang dicampur dengan katul atau dedak dengan komposisi pur ayam 50 dan 50  dan dapat juga dicampur dengan karak atau nasi saat pagi hari.

Pakan selanjutnya adalah Jagung Giling sajikan kering

Air bersih, harus diganti 1 hari sekali atau seminggu dua kali dengan melihat kebersihan air tersebut.

Kandang Umbaran

ayam mangon adalah ayam yang harus diumbar hal ini dikarenakan ayam ini supaya sehat dan pertumbuhannya jadi cepat. ukuran umbaran ayam jika umur 2 bulan dengan jumlah 10 ekor anda harus menyiapkan umbaran dengan panjang 5 meter luas 3 meter dengan cahaya matahari dan peneduh yang cukup.

usahakan ayam diumbar setiap harinya hingga ayam berumur 6 bulan dan siap untuk dilatih, kecuali betinanya bisa anda umbar dengan pacek anda

Kandang Rawatan

kandang rawatan bisa berukuran mini atau besar mininya 1,5 meter x 1,5 meter dan kandang susun untuk dia istirahat, sedangkan untuk yang besar anda bisa membuat dg panjang 5 meter x 1,5 meter dengan tenggeran buat ia istirahat.

Jamu Ayam

jika ingin mempunyai ayam yang bagus tentunya harus dirawat dengan bagus dan jamu, oleh karena itu ayam harus di jamu minimal 1 minggu sekali, berikut jamu-jamu yang sering saya gunakan:

  1. kencur satu iris atau satu siung
  2. jahe satu siung
  3. kunyit satu siung
  4. tomat setengah tomat
  5. gula aren atau gula merah seukuran 2 biji jagung
  6. madu satu sendok

cara menjamu ayam adalah dengan cara melolohnya secara langsung saat ayam ingin istirahat.

itulah tadi pembahasan seputar ayam mangon simak lebih lanjut artikel yang berkaitan tentang ayam bisa cek di menu dengan judul kontenku.

 

apabila Anda sedang mencari ayam mangon kami juga bisa membantu anda, kami juga baru membuka peternakan ayam AJF yang sudah memiliki indukan dan cicit dari ayam antoni PJF

berikut contoh ayamnya atau wa di 082247990380 akan ada info stok terbaru dari kami:

Anakan Ayam Mangon

anakan ayam mangon

Ayam Mangon ori

ayam mangon ori

ayam mangon

Ayam Mangon Ninja

ayam mangon ninja

 

Sekian penjelasan kami mengenai Kelebihan Ayam Mangon selamat mencoba.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!