Ayam Bangkok; Ciri-ciri, Jenis-jenis, Kelebihan serta Cara Merawat

Hallo para penghobi ayam, kali ini admin akan memberikan informasi mengenai ayam bangkok, sejenis ayam petarung pertama di indonesia yang pasti memiliki kelebihan tersendiri saat bertarung.

Ayam ini dari dulu sampai sekarang masih banyak di minati oleh para penghobi ayam laga, karena khas mainnya saat di area laga yang banyak di sukai oleh penghobi ayam.

Ayam Bangkok

 

Ayam Bangkok memiliki postur tubuh gagah dan banyak sekali penghobi ayam yang menjadikan ayam ini sebagai koleksi hewan peliharaan si framnya. Ayam bangkok ini terkenal mempunyai sifat pantang menyerah dan tangguh saat berada di arena oleh sebab itu banyak penghobi yang menjadikan andalan atau jagoan dalam kegiatan perlombaan ayam.

Memelihara ayam Bangkok, baik sebagai koleksi unggas peliharaan atau jagoan adu ayam bangkok sudah tidak asih ti daerah kita karena ayam ini bisa memiliki fungsi yang dobel. Supaya lebih banyak tau tentang seluk beluk ayam bangkok ini, mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Asal Ayam Bangkok?

Sesuai dengan namanya, ayam Bangkok adalah jenis ayam asli dari Thailand tapi ayam ini tidak begitu saja hidup di alam liar di negaranya, Kehadiran ayam Bangkok ini sebetulnya bermula dari upaya orang thailand yang membeli ayam ini dari china menemukan jenis ayam jago yang diberi nama raja ayam.

Disebut dengan raja ayam Karena ayam bangkok memiliki gerak yang cepat dan kekuatan besar ketika bertarung, pedagang China yang berada di Negeri Gajah Putih ini tertarik dengan ayam jago tersebut dan Ayam ini selanjutnya terkenal pada masanya hingga ke Negeri Tirai Bambu.

Ayam Bangkok kemudian populer di China kemudian Masyarakat setempat berusaha untuk mendapatkan bibit ayam aduan dengan kualitas bagus dengan caranya dengan mengawin-silangkan ayam asli China dengan ayam jenis lainnya sehingga, jenis ayam baru berhasil ditemukan yang memiliki kekuatan yang setara dengan ayam Bangkok.

sedangkan sejarah ayam bangkok di Indonesia? Sejarah asal usul ayam Bangkok Indonesia sudah ada sejak zaman kerajaan majapahit bahkan Menurut sejarah yang beredar, ayam Bangkok di temukan akibat kekalahan orang Cina atas pertarungan dengan ayam Bangkok dari Thailand sekitar abad ke 1400 SM.

Bangsa Cina berhasil mengawin silangkan antara ayam kampung biasa dengan ayam dari berbagai negara, yang di antara lain India, Myanmar, Viet nam, Thailand dan Laos.
Di Indonesia sendiri ayam Bangkok selalu erat hubungannya dengan sabung ayam karena Ayam petarung sudah ada sejak zaman Majapahit. Hal ini bisa kita lihat dari rekam jejak berbagai mitos ataupun legenda, seperti cerita ciung wanara, cinderalas, dan kamandaka.

Di Tanah Air, ayam Bangkok pertama kali dikenal di Jawa Timur. Tepatnya di Kota Tuban. Ayam jenis ini begitu perkasa sehingga mulai mulai diminati sebagian besar masyarakat Indonesia yang hobi memelihara ayam.

Sama halnya dengan yang terjadi di China, ayam Bangkok di Indonesia juga seringkali dikawin-silangkan guna mendapatkan bibit ayam berkualitas unggulan. Inilah yang bikin ayam Bangkok di Tanah Air memiliki penampilan sedikit berbeda dengan ayam Bangkok asli Thailand.

Meski penampilannya beda, ayam Bangkok di Indonesia gak kalah jago. Saat ada kegiatan sabung ayam, gerakan ayam Bangkok ini cukup mematikan lawan. Itulah kenapa ayam Bangkok digandrungi para pencintanya di seluruh Indonesia.

Ciri-ciri Ayam Bangkok

ciri-ciri ayam bangkok

Berikut ciri-ciri umum dari ayam bangkok:

Ukuran Tubuhnya Besar dan Tegap

Ayam bangkok memiliki tubuh besar dan tegap sudah bukan rahasia lagi, karena Secara umum, ciri-ciri ayam Bangkok memiliki ukuran tubuh yang tegap dan besar dari pada ayam umumnya. Hal ini bisa dilihat dari postur tubuhnya ketika berdiri karena Saat berdiri ayam bangok ini berdiri dengan sudut hampir 90 derajat.

Bukan hanya itu dapat juga dilihat dari bagian dada yang membusung gagah kedepan hal ini hampir menyerupai ayam Bangkok berkualitas juara, hanya ada bagian ciri fisiknya juga sedikit berbeda.

sebagian besar Ayam Bangkok berkualitas juara memiliki tulang dada yang cenderung lebih lebar dari pada yang biasa. Secara keseluruhan, kualitas ayam Bangkok petarung yang baik adalah ayam Bangkok yang memiliki tulang dada lebar. Maka semakin lebar tulang dadanya, maka semakin baik kualitas tarung ayam tersebut. Ayam yang memiliki postur tegap dianggap berkualitas karena daya tahan bertarungnya yang tinggi.

Bentuk tubuh ayam Bangkok yang memiliki tekstur badan lebih empuk juga banyak dipilih karena diklaim memiliki akurasi pada pukulannya saat bertarung. Badan ayam yang empuk dianggap memiliki otot yang bagus pula. Inilah yang berpengaruh pada akurasi serangan saat ayam bertarung.

Warna Bulu Ayam Bangkok yang Beragam jenisnya

Selain Ciri-ciri diatas ada ciri ayam jawara yang Bentuk tubuh ayam Bangkok yang memiliki postur badan lebih empuk juga banyak dipilih karena diklaim memiliki akurasi pukulan yang tepat saat bertarung.

Ciri ciri ayam dengan Badan yang empuk dianggap memiliki otot yang bagus dan berpengaruh pada akurasi serangan saat ayam bertarung.

Selain dari tubuhnya, ciri-ciri ayam Bangkok yang membuatnya berbeda dengan jenis ayam lainnya adalah pada warna bulunya.

Jenis-jenis Bulu Ayam Bangkok (ules)

Dengan maraknya perkawinan-silang ayam Bangkok untuk memperoleh bibit unggul, berikut ini beberapa jenis ayam Bangkok berdasarkan corak serta warna bulunya:

Karena Warna bulu dari ayam Bangkok ini cenderung bervariasi menurut analisa kami ada kurang lebih 9 jenis warna bulu ayam Bangkok yang umumnya ada di penjual ayam Bangkok yang meliputi:

Wangkas

warna keseluruhan tubuhnya hampir sama dengan warna rawisnya, yaitu berwarna kuning kemerahan.

Wiring galeh

warna tubuhnya hitam, dengan rawis hitam atau agak kemerahan / kuning, ekor hitam dengan paruh dan kaki yang hitam

Blorok: warna dasar bulunya totol-totol yang terdiri dari beragam warna dari putih, hitam dan merah/wido.

Klawu

memiliki warna dasar ayamnya abu-abu dengan rawis merah/kuning atau Wido

Jali

memiliki bulu dengan warna dasar blirik seperti ayam kampung warna ini merupakan campuran dari berbagai jenis warna dengan motif garis-garis kecil dengan rawis merah atau wido.

Putih

seperti namanya, ayam Bangkok berwarna ini memiliki warna bulu dasar putih hingga rawisnya dengan paruh yang berwarna terang seperti putih atau kuning

Jragem

warna dasar bulunya berwarna hitam dengan rawis yang berwarna hitam pula.

Wiring kuning

Warna dasar hitam dengan rawis warna kuning serta paruh dan kaki berwarna kuning pula.

Wido

warna dasar hitam atau sembur-sembur putih dengan rawis hijau atau putih

Leher yang panjang dan Tulangan yang rapat

Secara umum, ciri-ciri ayam Bangkok selanjutnya adalah memiliki leher yang lebih panjang dibandingkan jenis ayam lainnya.

Akan tetapi untuk jenis ayam Bangkok petarung yang berkualitas memiliki ciri tulang leher yang disebut rapat.

Jadi apabila tulang leher rapat atau sambungan dari ruas-ruasnya rapat makaayam tersebut semakin kuat saat menerima pukulan lawan sehingga cenderung tidak mudah di tumbangkan.

Oleh karena itu banyak orang yang mencari ayam Bangkok dengan ciri khas Tulangan rapat ini.

Jengger yang kecil dan keras

jengger ayam bangkok berdeda dengan ayam pada umumnya mungkin bagi para pecinta ayam petarung Bangkok, ciri-ciri ayam Bangkok yang paling dasar setelah tubuh adalah dilihat dari bentuk jenggernya.

oleh karena itu Para penghobi ayam kebanyakan mencari ayam Bangkok yang memiliki bentuk jengger menyerupai kecil dan padat menyerupai blangkon karena itulah yang banyak dicari karena diakui memiliki kualitas bertarung yang sangat baik pula.

Bentuk Kakinya Bulat dengan Sisik Rapih

ciri kaki ayam bangkok

Selanjutnya dilihat dari bentuk kaki, ayam Bangkok umumnya memiliki bentuk kaki yang bulat dan terlihat kering. Selain itu dilihat dari sisiknya, ayam Bangkok umumnya memiliki sisik yang rapi dengan warna sisik kuning. Maksudnya sisik yang rapi adalah berderet mulai dari bagian jari kelingkingnya hingga kaki yang tidak terputus.

Jika sisiknya berbentuk seperti ini adalah ciri-ciri ayam Bangkok yang dijamin dapat membuat lawan cepat kalah karena pukulannya yang keras.

Paruh Ayam Bangkok Yang Bagus

ciri paruh ayam bangkok

Kualitas ayam Bangkok yang baik juga bisa dilihat dari bentuk dan warna paruhnya. Ciri-ciri ayam Bangkok yang berkualitas baik untuk pertarungan adalah ayam Bangkok yang memiliki bentuk paruh yang panjang dan tebal. Selain itu, warna paruhnya juga berbeda dengan warna paruh ayam lainnya.

Warna paruh ayam Bangkok memiliki warna yang cenderung lebih kuning dibandingkan jenis ayam lain. Jadi bisa dilihat kualitas ayam Bangkok dari bentuk paruhnya, semakin panjang dan semakin bulat bentuk paruhnya, maka semakin bagus pula kualitas ayam petarung ini.

Ciri-ciri Kepala Ayam Bangkok Yang Bagus

Selanjutnya, ayam Bangkok berkualitas juga bisa dilihat dari bentuk kepalanya. Dilihat dari bentuk kepalanya, ayam yang baik dengan kualitas tarung yang baik adalah ayam yang memiliki bentuk kepala besar dan bentuknya menyerupai buah pinang.

Ayam yang memiliki ciri-ciri seperti yang disebutkan di atas menandakan jika ayam tersebut lebih ulet dan tangguh saat bertarung. Dengan begitu ketika bertarung tidak akan mudah menyerah hingga pertarungan terakhir sekalipun.

Ciri-ciri Mata Ayam yang Bagus

mata ayam bangkok

Masih dari bagian kepala, anggota tubuh lain yang memberikan karakteristik atau ciri ayam Bangkok dengan kualitas bertarung yang baik adalah ayam yang memiliki warna mata tembus. Maksud warna mata tembus pada ayam Bangkok adalah warna matanya sama dengan warna dasar dari paruh dan kakinya.

Inilah juga alasan kenapa penggemar ayam Bangkok selalu melihat mata ayam saat memilih ayam yang akan digunakan untuk ayam petarung.

 

Jenis-Jenis Ayam Bangkok

ayam bangkok memiliki banyak sekali jenis mulai dari yang asli hingga yang sudah disilangkan berikut pembahasannya:

Ayam Bangkok Bk

jenis jenis ayam bangkok

Ayam BK  adalah ayam bangkok asli thailan menurut beberapa sumber menyebutkan bahwa ayam bangkok pertama kali dikenal di negara Cina pada masa 1400 SM dimana pada masa itu sabung ayam semakin meluas karena para pedagang Cina ini mencari bibit bibit yam yang dapat memberikan pukulan yang keras di berbagai negara. Pada saat itu juga para pedagang memperkenalkan ayam bangkok yang mereka sebut dengan nama Leung Hang Qhao.

Akan tetapi asal usul ayam ini bukanlah dari negara Cina tersebut. Melainkan dari negara Thailand yang dimana pada saat itu para pedagang cina ini mengawin silangkan ayam di negara mereka dengan ayam yang mereka temukan di Thalind ini. Semenjak saat itu para pedagang ini mulai tertarik dan membudidayakan ayam bangkok serta memperkenalkannya ke seluruh negara yang mereka datangi.

Ayam Bangkok ini dikenal hampir diseluruh dunia berkat ketangguhannya dalam menaklukkan lawan bertarungnya. Memiliki postur yang kekar, ayam ini juga memiliki pukulan yang sangat keras bahkan mematikan. Tak heran jika ayam bangkok ini menjadi ayam jago terbaik yang di incar oelh para penggemar ayam adaun ini.

Kunggulan Ayam Bangkok

Gerakannya yang cepat dan lincah
Pukulan yang dihasilkan sangat keras dan bahkan mematikan
Memiliki daya tahan tubuh yang sangat kuat
Memiliki kecerdasan saat bertarung

Ayam bangkok sudah banyak yang membudi dayakannya di Indonesia. Penamaan ayam aduan inipun berbeda beda karena hasil perkawinan silang dengan ayam dari daerah lain sehingga mengahsilkan jenis yang beragam. Berikut beberapa nama ayam bangkok berdasarkan warna dan corak bulu yang ada di indonesia.

Ayam Bangkok Wangkas
Ayam Bangkok Klawu
Ayam Bangkok Wiring
Ayam Bangkok Jragem
Ayam Bangkok Putih

Ayam Bangkok F1

Memang dibutuhkan kecermatan yang tinggi untuk dapat membedakan mana Ayam Bangkok Asli (f1) dan ayam lokal atau hasil persilangan. Terdapat cara tersendiri untuk mempermudah Anda dalam membedakannya, sehingga ketika hendak membeli ayam bangkok f1 Anda tidak akan tertipu. Berikut uraian Jurnal Manajemen mengenai ayam bangkok f1 yang patut Anda pahami sebelum membeli Anda mungkin belum mengetahui alasan ayam aduan ini disebut f1.Ternyata ada penjelasan ilmiah di dalamnya.

Huruf P merupakan Parental atau indukan, sedangkan F merupakan Filial atau anak keturunan.
P bisa merujuk pada bermacam-macam hewan, yaitu ayam bangkok, ayam kampung, kucing, kuda, dan lain-lain.
Selama P dikawinkan maka akan memiliki keturunan yang disebut F.
Anakan atau keturunan generasi pertama hasil perkawinan P disebut F1 (filial 1)1 1.
Jika F1 dikawinkan lagi, maka akan menghasilkan keturunan generasi kedua yang disebut F2 (filial 2) dan seterusnya.

F1 bisa menjadi P (induk) untuk F2
Contohnya adalah jika Anda membeli sepasang ayam import lalu diternakan secara lokal, maka ayam import tersebut disebut sebagai P (induk) sedangkan anaknya disebut F1. Jika F1 dikawinkan lagi, maka anakannya disebut F2.

Suatu hari F1 dibeli orang lain dan diternakkan, maka F1 disebut sebagai P (induk) begitu seterusnya. Jadi, pada dasarnya kualitas akan sama saja bila diternakkan secara lokal atau import asalkan asal usulnya jelas.

Perbedaan Ayam bangkok F1 Asli dan Ayam Hasil Persilangan
1. Warna Bulu yang Berbeda
Ayam Bangkok Asli (f1) memang memiliki ketidaksamaan yang mencolok dengan ayam lokal atau hasil persilangan. Sehingga masih ada saja kasus beberapa orang yang merasa tertipu karena malah mendapatkan ayam lokal yang umum yang tadinya bertujuan memiliki Ayam Bangkok f1 Super.

Bulu yang terdapat pada ayam bangkok asli dan ayam lokal memang sangatlah berbeda. Bulu dengan kulit sedikit kekuning-kuningan merupakan ciri ayam bangkok asli. Warna bulu demikian disebut dengan istilah khemine.

Hampir semua sisi bulu pada tubuhnya berwarna kuning, yaitu terdapat pada sisi sayap, punggung, leher, kepala, perut sampai kaki ayam.

2. Struktur Tulangan
Anda juga dapan melihat perbedaan ayam bangkok asli (f1) dengan ayam bangkok lokal/silangan dilihat dari susunan tulang. Susunan tulang yang lebih padat dimiliki ayam bangkok asli, sedangkan ayam lokal umumnya tidak terlalu padat.

Anda bisa menggenggam sisi dadanya untuk membedakan struktur tulangan ayam. Ayam bangkok f1 asli pada tulang dadanya akan terasa keras.

3. Mental Saat Bertarung Menghadapi Lawan
Sangat berlainan dengan ayam aduan yang lain, ayam bangkok asli memiliki mental bertarung yang sangat mengagumkan. Walaupun tubuh lawan lebih besar darinya, ayam bangkok asli tidak akan gentar menghadapinya untuk bertarung. Terkadang musuh terus saja menghindar karena rasa takut bahkan saat pertarungan baru saja dimulai.

4. Gaya dalam Bertarung
Pada dasarnya, setiap ayam bangkok memiliki gaya dan strategi tarung yang berlainan satu sama lain, sehingga agak sulit untuk dijumpai cara ia bertanding menghadapi lawan.

Namun, bagi ayam lawan pukulan ayam bangkok asli sangat menyakitkan. Gaya bertarung ayam bangkok asli cenderung strategis dan memiliki kontrol yang tinggi. Ayam ini jarang melakukan teknik pukul lari dalam pertandingan. Sehingga apabila Anda melihat ayam berteknik pukul lari namun diklam sebagai ayam bangkok asli (f1), bisa dipastikan bahwa ayam tersebut sebenarnya adalah f2 (ayam hasil persilangan).

Selain itu, ciri-ciri ayam bangkok f1 dari sisi warna pun bisa menjadi acuan sebagai berikut :

Warna bulu bahu, leher, dan bagian belakan paha berupa satu warna.
Warna bulu dada dan leher bagian bawah berwarna hitam.
Warna bulu ekor berupa hitam campuran putih atau hanya satu warna.
Karakter Tulang Ayam Bangkok
Karakter tulang yang memiliki kerapatan merupakan hal yang harus diperhatikan pula ketika memilih ayam bangkok. Bagi pencinta ayam aduan hal tersebut tidak boleh dilewatkan karena akan sangat berpengaruh pada kemampuan dalam bertarung. Berikut panduan yang seringkali digunakan untuk menandai kerapatan tulang yaitu pada bagian-bagian berikut.

Tulang pada leher dan kepala adalah berupa tulangan sambungan yang tidak menonjol dan berkondisi baik.
Tulang leher beruas rapat.
Tulang celah kelanjutan bahu dan leher rapat.
Tulang pada sayap tidak terlalu tipis.
Tunlang pinggul tidak bidang melainkan bulat.
Tulang wajah tidak bertekstur kasar.
Tulang dada tidak meruncing melainkan melebar.
Tulang supit dan jaraknya dengan tulang dada dekat.
Tulang supit boleh longgar asalkan tidak tipis dan kaku, namun lebih baik apabila kondisinya rapat.

Ayam Bangkok Lidi

Mengetahui Jenis Ayam Bangkok Ekor Lidi salah satu jenis ayam bangkok ini sangat banyak dikagumi. Menurut pengalaman saya jenis ayam bangkok ekor lidi mempunyai kemampuan teknik tarung yang hebat.

Jadi ada beberapa yang harus anda ketahui jika hendak mau membeli jenis ayam bangkok ekor lidi ini. Dikarenakan mempunyai harga yang mahal jenis ayam bangkok ekor lidi. Nah, supaya tidak salah membeli cobalah membaca artikel ini sampai selesai.

Bagi orang pemula masih banyak yang mempertanyakan persoalan ini. Untuk mengetahui fungsi ayam bangkok ekor lidi pada saat berada diajang arena.

Ayam bangkok ini sangat lihai dalam memiliki tendangan, melihat akurasi dan faktor keindahan. Maka dari itu saat mau membeli ayam bangkok ekor lidi perhatikan secara detail pada bagian ekor ayam.

 

Pada saat kita menjumpai ayam bangkok dengan tulang ekor ukuran kecil yang tidak rapat, masih dapat kita toleransi dengan catatan tulang dengan yang keras dan kuat pada saat kita meraba.

Mempunyai Capit Kloaka
Ayam bangkok yang kuat ekor lidi mempunyai tulang capit kloaka yang rapat dan tidak ada celah yang renggang. Umumnya tulang kloaka yang rapat akan memengaruhi ayam akan berada di ajang dengan lompatan tendang berganda sekali dobrakan. Sampai lawan tersebut tidak bisa berkutik untuk melawan ayam bangkok kita.

Biasanya sekali tendang ayam dapat lakukan pukulan sekitar 5 kali jika berat badannya tidak berat. Tetapi masih ada menyukai tipe tulang kloaka yang rendah, mereka berpikiran yang penting masih dapat ditoleransi jika pukulannya masih kuat yang dapat mengenai organ fatal lawan. Dengan pukulan cuma 1 kali tendangan.

Bentuk Asli Ekor Lidi
Bagaimana kita bisa mengetahui ekor asli ayam yang bagus? Caranya dengan melihat fisik memiliki bentuk menguncup lurus dengan ke arah memanjang turun ke bawah. Umumnya bentuk ekor yang kuat kelihatan panjang. Dengan catatan jenis bentuk ekor yang seperti ekor ayam jawa mempunyai bentuk meliuk dengan naik ke atas jenis seperti itu sangat tidak cocok berada diajang arena.

Maka untuk ayam bangkok berekor lidi sangat efisien dipakai pada saat berada diajang arena. Terkecuali jika seperti ayam birma yang mempunyai bentuk ekor yang ciri khas dengan naik ke atas.
Kelebihan Ayam Bangkok Ekor Lidi
Mempunyai gaya teknik yang unik dan mempunyai gerakan yang sangat gesit.
Memiliki gerakan dan pukulan yang sangat kuat.
Mempunyai akurasi pukulan diatas rata-rata.
Mempunyai nyali yang besar.
Memiliki stamina yang cukup baik sehingga mampu bertarung dalam waktu lama.
Kecerdasan ayam ekor lidi sangat baik sampai memiliki pola tarung yang cukup indah.
Untuk bentuk ekor lidi ini benar-benar sangat berpengarung untuk ayam dalam ajang arena. Tetapi ada banyak hal-hal lain yang dapat pengaruh dalam ajang arena bisa dari kaki, otot, jalu, panjang lehernya, kemampuan leher dan masih banyak lainnya.

Jenis-Jenis Ayam Bangkok dengan Silangannya

Ayam Birkok

BIRKOK….

Persilangan ayam bangkok dengan ayam birma.
Persilangan tersebut kita lakukan untuk memperkaya pola main dan pukulan ayam sebagai mana akan menjadi idaman para penghobi ayam adu.

Bangkok*
Ayam dengan ukuran besar pukulan dahsyat dan tahan terhadap pukulan lawan.tpi pola main agak menoton dan kurang agresif.
Birma
Ayam dengan ukuran kecil.
Ayam tersebut mempunyai kelebihan pukulan yang tepat ke arah vital ke tubuh lawan dan pola main yang sangat agresif.tapi birma kurang dalam pertahanannya.
Oleh karena itu keduanya kita silangkan untuk mendapatkan pukulan dahsyat dan tepat sasaran,agresif dan tahan terhadap pukulan.
Sehingga akan menjadi ayam unggulan bagi para penghobi ayam adu.trim’s

Ayam Bangkok Saigon

Ayam Bangkok Saigon adalah ayam bangkok dari Thailand yang memiliki gara tarung kontrol dengan ukuran yang besar dan daya dahan terhadapm pukulan yang bagus.

ayam ini banyak dicari di indonesia karena gaya tarungnya yang kuat dan tidak mudah dikalahkan oleh lawan, selain memiliki daya tahan terhadap pukulan yang baik ayam ini juga memiliki pukulan yang keras dan  tepat terhadap sasaran.

Ayam Bangkok Phakoy

ayam jenis ini adalah ayam yang sangat populer akhir akhir ini karena beredarnya berita ayam ini bisa mengalahkan jenis jenis ayam lain.

ayam bangkok pakhoy ini memiliki gaya tarung yang bagus dah gesit sehingga membuat ayam kesulitan untuk memukulnya hampir semua gaya bisa ia lakukan terlebih yang jenis phakoy tehnik yang cenderung bagus tehniknya.

selain tehnik yang bagus ayam ini terkenal dengan karakter brutalnya saat bertarung, karena ia kalau memukul ayam dengan bertubi-tubi dan keras sehingga lawan tidak dapat bertahan lebih lama dan al hasil ayam lawan cepet tumbang.

Kelebihan Ayam Bangkok

 

Dikenal sebagai ras ayam jagoan, ayam Bangkok punya ciri-ciri berbeda dengan ayam jenis lain.

1. Ayam Bangkok sehat punya ukuran tubuh besar dan postur tegap

2. Matanya terlihat cerah saat dilihat secara langsung

3. Memiliki leher panjang

4. Berjengger rose dan pial pendek berwarna merah

5. Paruh ayam Bangkok berwarna kuning, terlihat lebih panjang dan tebal

6. Kaki ayam Bangkok terlihat bulat dan kering

7. Sisiknya berwarna kuning dan terlihat rapi

8. Bobot atau beratnya antara 3-4 kg saat dewasa.

Dengan ciri-ciri di atas, ayam Bangkok mampu bergerak lincah, cepat ketika adu ayam. Pukulan ayam Bangkok sangat keras dan mematikan lawannya. Bukan cuma manusia saja yang cerdas, ayam Bangkok pun dikenal punya tingkat kecerdasan yang oke sehingga membuatnya lebih unggul ketika bertarung.

Tak heran, ayam Bangkok jadi primadona. Banyak yang membelinya sebagai hewan peliharaan. Pantas saja harga ayam aduan ini mahal, bisa mencapai jutaan rupiah per ekornya untuk ayam Bangkok berkualitas baik.

 

 

 

Harga Ayam Bangkok

Di pasaran, harga ayam Bangkok terbilang cukup mahal. Kalau ayam Bangkok berkualitas tinggi, bisa dibanderol belasan atau puluhan juta rupiah per ekor. Untuk anak ayam Bangkok berusia 2 minggu, harganya sekitar Rp200 ribu per ekor. Sedangkan yang umurnya kurang dari 6 bulan, dihargai Rp300-600 ribu per ekor.

Jika mau yang harganya lebih terjangkau, ayam Bangkok hasil persilangan dengan ayam lokal jauh lebih murah. Selisihnya setengah harga dari ayam Bangkok asli dari Thailand. Sebetulnya kalau mau beli ayam Bangkok dewasa dengan harga murah, pilih yang belum pernah dilatih untuk sabung ayam. Itu harganya Rp1 juta per ekor.

Namun kalau sudah terbukti pernah ikut tanding sabung ayam, punya corak unik, harga ayam Bangkok mencapai Rp12 juta per ekor. Apalagi jika pernah jadi jawara pertandingan, harganya bisa lebih dari itu. Bahkan ada yang menjual seharga Rp450 jutaan sampai miliaran rupiah. Wow, fantastis ya.

Tergantung Anda mau pilih yang mana?

Ayam Bangkok Konsumsi

Ternyata ayam Bangkok bukan hanya dipersiapkan sebagai petarung tangguh dalam kegiatan adu ayam maupun hewan peliharaan, tapi ada yang bela-belain merawat ayam Bangkok untuk dikonsumsi.

Di beberapa wilayah, Ayam Bangkok malah jadi santapan. Memasak ayam Bangkok untuk lauk pauk di meja makan. Ayam Bangkok diolah untuk menu hidangan soto, ayam goreng, dan masih banyak lainnya.

Jadi jangan kaget ya, kalau ada tempat makan atau restoran yang menyajikan menu makanan berbahan baku ayam Bangkok.

Pertimbangkan sebelum Membeli
Bagi para pencinta ayam, pasti ingin punya koleksi peliharaan ayam Bangkok. Siapa tahu kalau dirawat, bisa untuk investasi. Dijual lagi dengan harga tinggi. Namun sebelum membeli, tentu pertimbangkan lagi dengan kemampuan finansial.

Kalau hobi pelihara ayam, tapi gaji pas-pasan, sebaiknya tak perlu dipaksakan. Atau Anda dapat membeli ayam Bangkok dengan harga murah. Jika ingin sekali membeli, solusinya dengan menabung tanpa mengorbankan pengeluaran untuk kebutuhan primer, seperti bayar cicilan rumah, tagihan listrik dan air, cicilan utang kartu kredit, sampai dana darurat.

Tinggalkan komentar