Ternyata Ini Arti Dari Bahasa Gaul: Gabut, GWS, Baper, Julit, Japri, Mager

Ternyata Ini Arti Dari Bahasa Gaul: Gabut, GWS, Baper, Julit, Japri, Mager

hallo sahabat syahrulanam.com salam sejahtera bagi kita semua, semoga kalian dalam keadaan yang sehat dan bahagia. kali ini saya akan membahas tentang apa itu Gabut (Bahasa Gaul)?

yang sering digunakan oleh anak muda jaman sekarang.

mungkin anda sering mendengar kata-kata seperti: Gabut, GWS, Baper, Julit, Japri, Dejavu, Mager. baik itu medsos atau kata secara langsung yang disampaikan oleh lawan bicara anda. terus apa sih maksud dari kata-kata tersebut? hagi anda yang belu tahu artinya itu semua, anda akan menjadi seolah-olah blank.

bahasa gaul

saya dulu juga pernah merasakan kebingungan ketika ada temen yang mengucapkan kata-kata bahasa gaul tersebut, maklumlah dulu saya masih kuper.wkwk. tapi santai saja kawan berhubung sekarang saya sudah mengetahuinya artinya. saya jadi mempunyai kaenginan untuk share artikel yang membahasas tentang bahasa gaul tersebut.

bagi anda yang masih belum tahu artinya, kali ini saya akan membahas arti-arti dari bahasa gaul tersebut, langsung saja kita simak uraian di bawah ini.

Berikut ini adalah arti dari kat gaul, gabut, gws, baper, mager, julit, japri, dejavu seacara umum.

1.1. Apa Arti Gabut.

apa itu gabut

Arti Kata Gabut 1

Gabut adalah Gaji Buta Istilah ini gunakan untuk menyindir orang yang kerjanya tidak sesuai dengan ngaji atau upah  yang di terimanya, Gabut pertama muncul sejak tahun 2011 dan populer lagi di tahun 2014-2015-an dengan makna yang berbeda, gabut tidak memiliki arti yang populer dengan bahasa gaul yang lainnya, namun gabut memiliki arti yang luas dari bahasa gaul lainnya.

Arti Kata Gabut 2

Gabut adalah singkatan yang mencangkup beberapa istilah yang dapat diartikan sebagai mager, badmood, bete yang memiliki arti malas mau melakukan sesuatu.

Arti Kata Gabut 3

Gabut adalah singkatan dari (Gajelas Beut), Gabut adalah suatu keadaan yang dimana seseorang sedang mengalami kebingungan, stress yang dikarenakan kebingungan yang melandanya, hal ini disebabkan karena bosan, jenuh, ataupun lelah. Ya singkatnya sih “gajelas banget mau ngapain ketika kita bosan”.

Arti Kata Gabut 4

Didalam maknaistilah.com Kata Gabut merupakan singkatan dari (Belaga Buta), yang memiliki arti seseorang yang berpura-pura tidak melihat seseorang yang berjalan didepannya, padahal jelas dia melihatnya.

1.2. Penggunaan Istilah Gabut di Masyarakat

arti gabut

Istilah gabut sering digunakan untuk menyebut pekerja atau karyawan yang tidak melakukan pekerjaannya dengan baik sehingga seseorang mengatainya dengan sebutan ‘gabut’, maksudnya adalah makan gaji buta karena seharusnya pekerja atau karyawan melakukan pekerjaannya sesuai dengan apa yang ditugaskan kepadanya dengan baik sebanding dengan gaji yang diperoleh.

1.3. Contoh Kalimat Kalimat yang menggunakan Kata Gabut

Kamu kok gabut banget sih, ini tugasmu masih belum selesai.

Masa gitu aja gk balas chatku, kamu kok jadi gabut deh.

eh, Dia datang, kita Gabut aja yuk.

1.4. Alasan Seseorang Terkena Gabut:

gabut adalah
  1. Mudah dipengaruhi
  2. Sebastian, sebatas tau tanpa kepastian
  3. Strees, banyak masalah yang datang secara beruntun
  4. Kelelahan
  5. Kurang Percaya diri
  6. tidak mau repot atau malas
  7. tekanan Batin yang tinggi

1.5. Dampak negatif yang ditimbulkan Gabut

1. Mudah marah
2.Bisa memperburuk keadaan
3.Menambah masalah
4.Egois dan tidak memikirkan orang lain
5.Ingin menang sendiri
6.Tidak di sukai orang banyak

1.6. Cara Mengatasi Gabut Yang Benar

  1. Berdo’alah agar Terhindar dari Gabut
  2. Mengevaluasi diri sendiri
  3. Meminta nasihat orang
  4. Menerima keadaan dan mensyukurinya
  5. Melakukan suatu kegiatan yang dapat membuat kamu bahagia
  6. kerjakan sesuatu yang kamu bisa.
  7. Jangan pernah tidak Percaya diri.
  8. Mencari Kesibukan
  9. Jangan sering menyendiri
  10. Cari teman yang Asik dan memiliki kegiatan yang bermanfaat

sekian dan terima kasih itulah tadi sedikit pembahasa tentang GABUT kurang lebihnya saya mohon maaf jika ini beermanfaan mohon share ke tenmen” anda.

2.1. Apa Arti Dari GWS

apa arti dari gws

GWS merupakan bahasa gaul yang berasal dari bahasa inggris, kata ini termasuk bahasa gaul yang dipopulerkan oleh anak muda baru-baru ini. GWS ini sangat populer di dunia maya seperti; Facebook, WA, Twitter, Instagram dan lain-lain. bahkan sampai sekarang madih dipakai saat ada teman atau kerabat yang sedang sakit.

Tak tahu pasti kapan kata GWS mulai dipopulerkan, kemungkinan yang menciptakan kata GWS ini bukan seseorang, sebuah kelompok khusus tau orang yang sok inggris? wkwk Ah tidak penting tau siapa penciptanya yang jelas adalah manusia hehe (bercanda), yang penting tau artinya hehe. Oke gan langsung aja simak uaraian berikut ini.

 Arti kata GWS

apa arti gws

GWS adalah bahasa singkatan dari (Get Well Soon) yang artinya: Semoga Cepat Sembuh. kata-kata  ini digunakan untuk mendoakan seseorang yang sedang sakit, seperti teman dekat kita ataupun kerabat kita. hal ini dilakukan untuk menunjukan rasa simpati, kepedulian kepada seseorang yang sedang sakit.

Penggunaan Istilah GWS di Masyarakat

contoh kalimat gws

Istilah GWS (Get Well Soon) sering dipakai oleh para remaja di Indonesia yang ditujukan pada seseorang yang sedang terkena musibah atau penyakit agar penyakit tersebut cepat hilang dan lekas sembuh. Kata ini sangat populer di dunia maya seperti Facebook, BBM, Whats App, Twitter dan lain sebagainya.

Contoh Kalimat Kalimat yang menggunakan Kata GWS

  1. Al, kamu katanya kamu demam? GWS ya Al.
  2. Sam, kamu habis renang kemarin flu ya. GWS ya Sam.

3. Apa Itu BAPER

apa itu baper

BAPER terdiri dari dua suku kata BA: (bawa) PER: (perasaan) hal ini baiasanya terjadi karena orang tersebut mengalami sebuah kejadian menyentuh lubuk hatinya. Ingat kata baper tidak bersifat buruk saja, akan tetapi bisa juga bersifat kebaikan atau sebuah kebahagiaan.

Perkembangan tekhnologi di zaman yang modern ini anak-anak muda atau remaja yang mengakibatkan kata baper ini muncul, baper digunakan oleh sebagian remaja akibat dari perasaan galau saat menghadapi sebuah masalah, meskipun masalah yang sebenarnya dihadapi tidak terlalu berat jadi dipikirkan sehingga menjadi masalah yang berat sehingga berpengruh terhadap perasaannya.

Ngomong-ngomong masalah baper, baper itu sebuah rasa yang ada di hati dalam menilai sesuatu, yang bersifat sedih atau bahagia. Lebih jelasnya yuk! simak uarian dibawah ini.

Arti kata BAPER

arti baper

Baper adalah singkatan dari  (Bawa Perasaan)  diartikan dengan seseoang yang mengubungkan sesuatu dengan perasaannya, atau perasaan hati seseorang duhubungkan dengan momen tertentu yang diakibatkan karena melihat ataupun mendengar suatu kejadian yang pernah dilalui oleh orang tersebut sehingga membuat iya ikut merasakan suasana kejadian tersebut.

Penggunaan Istilah Gabut di Masyarakat

Istilah baper sebetulnya sudah populer digunakan oleh masyarakat Indonesia, tidak hanya di media sosial saja melainkan dalam pergaulan keseharian pun istilah baper sudah sering digunakan.

Baper digunakan oleh masyarakat untuk menyebut seseorang yang terlalu membawa perasaannya dalam menanggapi sikap atau perkataan orang lain yang dianggap berkaitan dengan perasaannya atau masalalunya.

Alasan Seseorang Terkena BAPER:

baper adalah
  1. Terlalu menganggap serius masalah yang sepele.
  2. Menghubungkan sebuah kejadian dengan perasaannya
  3. Menghubungkan sebuah kejadian dengan masa lalu

Dampak negatif yang ditimbulkan BAPER

  1. Mengeluh atas segala sesuatu yang menimpa dirinya
  2. Murung yang berlebihan
  3. Enggan melakukan aktivitas
  4. Menyalahkan diri sendiri atas segala sesuatu yang terjadi
  5. Marah yang gk jelas
  6. Emosi yang tidak setabil

Dampak Positif yang ditimbulkan BAPER (positif)

  1. Berbaik sangka terhapap irang lain
  2. Meningkatkan rasa kepedulian
  3. Meningkatkan kepercayaan diri
  4. bersemangat melakukan aktifitas
  5. emosi menjadi setabil

Cara Mengatasi Baper Yang Benar

cara mengatasi baper
  1. Jangan terlalu merespon sesuatu dengan serius. Artinya kamu harus memilih mana yang benar-benar serius,  dan tidak serius.
  2. Belajarlah menerima apa yang ada pada diri sendiri. jika kamu menerima keadaan diri kamu dengan apa adanya maka kamu tidak akan mudah terbawa oleh suasana.
  3. bergaullah dengan orang-orang baik. Hal ini menjadi penentu sikap kamu nantinya, Karena bergaul dengan orang baik maka mereka akan tahu bagaimana sifat kamu dan keadaan kamu. dan mereka tidak sembarangan dalam berkata.
  4. Cobalah tidak mudah terbawa situasi. Kamu harus belajar bahwa apa yang orang katakan tentang kejelakan yang membuat kamu minder atau sejenisnya “katakan dalam hati itu semua masa lalu, sekarang aku beda sekarang aku beda”. cobalah kamu tanamkan kepada dirimu sendiri bahwa yang dikatakan orang itu benar namun kamu jadikan hal tersebut menjadi bahan untuk mengevaluasi kamu supaya menjadi lebih baik lagi.

4. Apa Itu JULIT

mungkin udah sering kita dengar kata julid, Kata ini sebenarnya sudah viral di media sosial kata ini biasanya digunakan ketika ada seseorang yang selalu berkata didak sepantasnya (komentar pedas). orang yang julid biasanya memiliki hobi berkomentar pedas.

Arti kata gws

Julid adalah sebuah ungkapan yang memiliki iri hati atau dengki, Julid biasanya diucapkan sebagai julakan bagi seseorang yang bersifat labil atau kekanak-kanakan karena suka cari perhatian dan bersikap menyebalkan. Julid sendiri berasal dari kata binjulid yang merupakan bahasa Sunda, julid dipopulerkan oleh artis ternama Syahrini.

Ciri-ciri orang yang julid

1. kepo
Orang yang suka ulik-ulik masalah orang, baik itu sifatnya iseng ingin tahu.

2. Suka meniru
Kamu selalu aktif  meniru hal-hal dan komentar orang lain tanpa melihat duduk masalahnya.

3. Suka melihat temannya susah

4. Suka menyalahkan orang

5. Komentarnya Pedas-pedas

6. Suka ikut campur masalah orang.

7. Ingin menang sendiri.

5. Apa Arti Dari Kata JAPRI

Arti kata JAPRI

Japri adalah kepanjangan dari “Jalur Pribadi”, yang artinya chattingan atau obrolan via media Sosial seperti WA, BBM, Line, Imo, dan lain-lain japri biasanya terdiri dua orang saja, tidak ada orang ke tiga yang ikut di percakapan tersebut.

Penggunaan Istilah JAPRI di Masyarakat

istilah JAPRI di masyarakat lebih identik dengan kaum muda karena bahasa ini masih termasuk bahasa gaul. kata japi ini sering digunakan oleh masyarakan di media sosial misalnya media yang digunakan juga beragam seperti WA, BBM, Line, Imo, dan lain-lain.

6. Apa Arti Dari Kata Mager

Bahasa gaul mager merupakan bahasa yang sering digunakan oleh anak muda, kata-kata ini digunakan ketika ada penolakan ajakan dari lawan bicara anda. lalu apa sih sebnarnya makna dan arti dari kata mager tersebut

Arti kata Mager

Mager merupakan singkatan dari dua kata yaitu (malas gerak) kata mager ini masih tergolong bahasa gaul, kata mager ini dulunya sudah pernah populer lebih-lebih lagi karena komentator sepak bola yang sering menggunakan kata ini dalam menyiarkan acara sepak bola yang ditujukan kepada pemain sepak bola tersebut.

karena semakin populernya kata mager sering digunakan oleh anak muda atau remaja apabila anak tersebut memiliki seorang teman yang sedang malas, capek, kurang semangat dll.

 

Penggunaan Istilah Mager di Masyarakat

istilah mager ini sudah sering digunakan di masyarakat karena beberapa acuan dari anak remaja yang sudah mempopulerkan kata ini, bukan hanya anak remaja saja yang mempopulerkan kata ini bahkan komentator juga ikut-ikutan mempopulerkan kata ini.

kata ini digunakan sebagai sebuah ungkapan dalam menolak sesuatu ajakn yang tidak disenangi, dikarenakan sang lawan biacara kita tidak menyukai ajakan kita.

Contoh Kalimat Kalimat yang menggunakan Kata Gabut

contoh 1

Dina= ayo kita jalan-jalan vin!,

Vina= ogah ah, lagi mager nih. (kalimat mager)

contoh 2

Roni= Sal kita ambil air di depan yuk!

Faisal= nanti dulu deh, gue lagi mager nih. (kalimat mager)

Alasan Seseorang Terkena Mager:

  1. Kondisi tubuh yang kelelahan.
  2. Tidak menyukai kegiatan yang diajak.
  3. Tidak semangat
  4. Tidak mut
  5. sedang sakit atau kurang enak badan
  6. bosan dengan sesuatu hal yang merujuk ke hal tersebut

Dampak negatif yang ditimbulkan Mager:

  1. Mendapat kerugian atas ajakan dari sesuatu hal.
  2. Kecanduan kemalasan yang berkelanjutan
  3. Pikiran kosong tidak ada hal yang difikirkan
  4. Mudah terserang penyakit akibat kurang gerak
  5. Tergangganggu kesehatan jasmani
  6. Terganggunya kesehatan rohani

Cara Mengatasi Mager Yang Benar

  1. Berdoa agar terhindar dari mager
  2. Memaksakan kehendak agar terus bergerak
  3. Minum-minuman yang kamu sukai
  4. Makan- makanan yang kamu sukai
  5. Istirahat yang cukup
  6. Niatkan sesuatu dengan yang baik
  7. sering-sering bercanda
  8. Melakukan Olahraga yang cukup

Tinggalkan komentar