Jenis Ayam

Halo sobat semua pada kesempatan kali ini akan membahas artikel tentang jenis-jenis ayam asli Indonesia yang masih belum banyak diketahui.

ayam
ayam jawara

Sebelumnya kami ucapkan terima kasih bagi teman-teman yang sudah mengunjungi blog kami salam satu hobi salam sejahtera bagi kita semua semoga teman-teman semua dalam kondisi sehat dan dimudahkan dalam mendapatkan rezeki amin.

Teman-teman tahukah Anda bahwa Indonesia memiliki 10 jenis ayam yang asli atau berasal dari Indonesia nah untuk itu apa saja marilah kita simak pembahasan artikel berikut ini.

1. Ayam dukung

Seperti namanya ayam dukung di mana yang dukung ini adalah ayam yang berasal dari Indonesia Dia memiliki ciri bagian ekornya yang tidak ada ekornya. Ayam dukung ini termasuk ayam yang langka tidak mudah ditemukan di Indonesia hal unik yang ada pada tubuh adalah ekornya tidak ada bulunya.

Ayam tubuh ini adalah ayam yang berasal dari Pontianak Kalimantan Barat dan dulunya hanya dapat dimiliki oleh orang kaya-kaya. Namun saat ini ayam ini mudah dimiliki oleh semua orang karena ayam ini sudah memiliki banyak sekali atau sudah tersebar luaskan di Indonesia. Adapun tujuannya yang ini juga dapat digunakan untuk ritual oleh beberapa masyarakat dan suku adat sebagai ucapan syukur pada alam.

2. Ayam pelung

Ayam dulu merupakan jenis ayam yang digunakan sebagai ayam hias karena tujuan dipeliharanya ayam tenun adalah untuk didengarkan suaranya yang sangat panjang. Pengen di Indonesia pun sudah ada kantor untuk ayam pelung sendiri jemaah tanggal ini banyak sekali komunitas yang mengikuti perlombaan atau event tersebut.

Ayam pelung ini adalah jenis ayam yang berasal dari Indonesia termasuk dalam kategori ayam beras yang banyak ditemukan di daerah Jawa terutama di daerah Cianjur Jawa Barat. Ayam ini memiliki ciri khas suara yang unik dan memiliki irama penderita mengenai menjadi kandungan hobi yang ingin memeliharanya.

3. Ayam ayunei

Saya sayang yang ketiga ini adalah ayam yang berasal dari Jayapura dan sedikit lebih besar daripada ayam kampung lainnya ini kan yang ada pada ayam ini adalah bagian leher yang terlihat gundul hampir menyerupai ganoi yang berasal dari Vietnam

4. Ayam hutan hijau

ayam ini adalah ayam yang berasal dari Indonesia di mana letaknya yang ini tersebar luas di berbagai macam daerah terutama di pulau Jawa. Di Pulau Jawa angin ini biasanya ditemukan di tempat-tempat yang belum terjamah orang kalau di dalam hutan hal ini memiliki ciri fisik yang sangat indah sehingga banyak orang yang memelihara ayam hutan hijau ini sebagai ayam hias karena bulu yang cantik dan juga suara yang nyaring serta indah.

5. Ayam bekisar

Ayam asli indonesia yang selanjutnya adalah jenis ayam persilangan dari ayam hutan dengan ayam jawa atau ayam cemani. ciri fisik dari ayam ini hampir sama dengan ayam hutan hijau akan tetapi iya memiliki ukuran yg lebih besar 2 x lipat hal ini dikarenakan induk betina umumnya lebih besar dari ayam hutan betina.

 6. Ayam jawa

ayam yang satu ini sangat sering kita dengar terutama ketika mendekati hari hari besar di indonesia. Biasanya ayam ini sering dikonsumsi oleh sebagian orang saat idhul fitri dan hari besar lainnya. Ayam ini memiliki postur kurang lebih dengan bobot 1kg sampai 3 kg untuk yang dewasa. Ayam ini sangat banyak dipelihara oleh orang orang pada umumnya karena ia mudah berkembangbiak dan lebih tahan terhadap cuaca.

7. Ayam joper

ayam ini merupakan dari jawa yang dikembangkan di indonesia. hampir diseluruh indonesia ayam ini banyak dipelihara baik yang digunakan untuk pedaging atau petelur. ayam jenis ini merupakan persilangan ayam jawa dengan ayam broiler / ayam pedanging dari luar negri seperti lingnan,baret dll.

Tinggalkan komentar