Ayam Bangkok Klasik: Pengerian, Sejarah, Fungsi, Jenis, Fotonya

Tahukah anda apa itu Ayam bangkok klasik? Secara umum ayam bk klasik adalah jenis ayam bangkok yang berasal dari bangkok.

Mungkin disebagian besar masyarakat Indonesia ayam menjadi salah satu hewan peliharaan yang banyak diminati oleh sebagian masyarakat.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas lebih detail mengenai apa itu ayam bangkok klasik atau bk klasik. Yang mana akan kami bahas mulai dari Pengertian Ayam bangkok klasik, Sejarah, jenis, fungsi dan fotonya.

maka, jangan lewatkan pembahasan lengkap di bawah ini!

Ayam Bangkok Klasik

bangkok super

Apa itu ayam Bangkok Klasik?

Bangkok klasik merupakan salah satu jenis ayam yang berasal dari thailand, ayam ini masih termasuk juga dengan jenis ayam bangkok. yang mana ciri fisik ayam ini sedikit berbeda dengan ayam pada umumnya

Ayam bangkok klasik ini memiliki ciri khas kaki yang kering dan sisik buaya sehingga memiliki harga yang mahal di indonesia. karena ciri khas yang super ini ayam bk klasik sangat terkenal di kalangan para penghobi ayam bangkok di Indonesia dan menjadi idola bagi para penghobi ayam.

Sampai saat ini pun ayam bangkok klasik masih sangat digemari di berbagai kalangan penghobi ayam di Indonesia bahkan di Asia.

Arti lainnya Ayam bangkok klasik adalah ayam bangkok asli yang berasal dari negara Thailand yang memiliki ciri-ciri dan bentuk tubuh yang berukuran besar tebal dan kokoh .

Sejarah ayam bangkok klasik

sejarah ayam bangkok

Sesuai dengan namanya ayam bangkok klasik adalah sebutan bagi orang tanpa alasan ini berasal dari negara Thailand dimana didatangkan oleh para penghobi yang ada di Indonesia sama seperti ayam Pama juga

Dalam sejarah peraya perayaman ayam bangkok Thailand disebut dengan Raja ayam karena hal ini memiliki gerakan yang cepat dan pukulan yang keras

Ayam ini dijuluki dengan raja ayam karena memiliki gerakan yang cepat dan pukulan yang akurat serta istimewa di mana saatnya bertarung memiliki kecerdasan sendiri .

Sedangkan menurut sejarah lain ayam bangkok ini di Cina disebut dengan leung hang zao. Karena ayam ini memiliki keunikan sendiri ayam bangkok diambil sebagai persilangan buat meningkatkan kualitas ayam yang berada di sana harapannya ayam hasil silangan dapat menumbangkan atau mengalahkan ayam bangkok asal Thailand.

Tahun modern diantara tahun 1960 ditemukan galur yang sanggup menyaingi ayam bangkok, akibat terjadinya tahun silang terus-menerus maka hampir tidak diketahui lagi perbedaan antara ayam dari Laos dan ayam bangkok dari thailand yang memiliki persamaan yang sama.

Sejarah ayam bangkok masuk ke Indonesia awal mulanya ini masuk berasal dari kota Tuban Jawa Timur nah ayam ini diperkenalkan pertama kali di tanah air lewat Tuban itu tadi.

ntah Oleh warga sekitar itu tadi diperkenalkan ayam laga jenis Bangkok terhadap warga sekitar tapi yang mana ayam ini masih belum diketahui ya asal usul yang memperkenalkan pertama kali dari negara Thailand di sana hingga saat ini terkenal sampai saat ini ayam bangkok ini menyebar ke seluruh masyarakat kalangan pecinta ayam laga.

Ayam bangkok klasik yang berasal dari Thailand ini banyak Dikawin silangkan dengan betina ayam lokal sehingga kebanyakan almainin sekarang berada di masyarakat itu merupakan hasil kaum muslimin antara ayam bangkok dengan ayam ras yang mana penampilannya tidak jauh berbeda dengan ayam bangkok yang asli.
Akan tetapi juga masih banyak para peternak yang menjaga kualitas ayam bangkok sehingga ayam ini masih tergolong asli.

Fungsi Ayam Bangkok

ayam bangkok

Ayam bangkok biasanya dipelihara untuk dijadikan ayam Laga kontes. atau juga dapat dijadikan sebagai ayam hias atau peliharaan semata. Beternak ayam bangkok dapat menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan, baik itu Anda beternak dalam skala kecil maupun skala besar.

karena dapat dijual sebagai ayam pedaging, hias atau dapat dijual kepenghoby ayam. sehingga pasarannya tidak ada matinya. nah apabila anda menginkan berternak ayam bangkok. Anda bisa juga membeli induk melalui saya dengan menghubungi email atau wa pribadi saya di 082247990380

Warna Bulu Ayam Bangkok

Macam-macam bulu pada ayam bangkok umumnya terbagi menjadi 7 macam:

  1. Bulu wiring memiliki ciri warna dasar dengan warna hitam dan perpaduan burung rawis dan ekor yang berwarna kuning kemerahan
  2. Bulu wangkas uang kas memiliki ciri-ciri warna dasar hampir sama dengan rawisnya yakni kuning kemerah-merahan atau biasanya orang yang berada di Indonesia penyebabnya dengan warna abang sapi karena memiliki warna merah seperti sapi
  3. Burung klawu klawu di sini artinya memiliki dasar bulu yang berwarna abu-abu dengan perpaduan Rawis berwarna hitam Widow ataupun merah
  4. Bulu blorok memiliki ciri-ciri warna dasar bulu putih hitam merah sehingga bulu ayam ini terkombinasi dengan baik sehingga disebut oleh warga sekitar dengan sebutan blorok blorok di sini juga dibagi menjadi dua jenis ada namanya blorok madu dengan perpaduan warna putih hitam dan Rawis berwarna kuning kemerah-merahan seperti madu dan juga blorok biasa dengan ciri-ciri warna putih hitam merah atau Wido
  5. Bulu jeragem bulu jeragam memiliki ciri-ciri warna dasar hitam dan perpaduan antara warna rawit berwarna hitam pula tanpa noda warna putih atau warna merah yang disebut dengan jeragem
  6. Bulu Jali memiliki ciri ciri warna dasar bumi lirik-lirik antara warna hitam dan putih atau warna hitam dengan kuning dan bergaris-garis kecil Adapun juga perpaduan di bagian rawis biasanya memiliki warna merah kuning atau hitam ada juga yang berwarna hijau.
  7. Bulu putih bulu putih memiliki ciri-ciri warna dasar bulu putih dan juga rawisnya juga berwarna putih atau perpaduan antara Rawis berwarna merah ke kuning kuningan.

Ciri Ayam Bangkok

ayam bangkok klasik

Ciri-ciri umum ayam bangkok klasik asli adalah:

  1. Ayam memiliki ukuran tubuh yang besar dan terlihat lebih gagah serta tegap ketika berdiri hampir 90 derajat dan bagian dada itu terlihat lurus tanpa ada gangguan ketika dipegang intinya ketika dipegang ayam ini terasa enak
  2. Warna bulu yang beragam seperti yang sudah saya jelaskan di bagian pembahasan bulu tadi
  3. Mata memiliki warna jernih dan putih hampir mirip dengan menthok ada yang berwarna juga kekuning-kuningan ataupun juga merah
  4. Leher ayam bangkok yang asli adalah ukurannya panjang serta tulangan lebih rapat dan padat
  5. Jengger jengger ayam bangkok biasanya berbentuk simple atau bisa disebut Rose dan pial atau pendek dan berwarna merah Yang intinya pada bagian jengger ayam bangkok tidak terlalu besar ukurannya kecil karena ayam bangkok merupakan ayam teknik
  6. Paruh ayam bangkok bersifat tebal dan juga panjang umumnya memiliki warna kuning seperti pada bagian kaki
  7. Kaki ayam bangkok yang asli biasanya terlihat kering berwarna kuning sisiknya rapi dan terlihat bulat atau kotak sisik sedikit menonjol
  8. Tubuh ayam bangkok memiliki Bobot ayam bangkok umumnya memiliki bobot antara 2,5kg sampai 4 kg.

Harga Ayam Bangkok klasik

Ayam bangkok atau ayam laga yang istimewa harganya bisa mencapai jutaan Rupiah kisarannya mulai dari 1 juta Rupiah hingga 2,5 juta Rupiah untuk yang sudah umur 8 bulan sampai 1 tahun ke atas.

Sedangkan harga ayam bangkok betina sebagai ayam indukannya ialah di kisaran 800 ribu Rupiah hingga 1500 ribu Rupiah. Ayam bangkok klasik import memang lebih mahal harganya karena dijamin ori, selisihnya bisa mencapai hingga jutaan hingga puluhan Rupiah.

Akan tetapi untuk anakan ayam harga bisa menyesuaikan umur dan juga jarak kirim. karena hal ini sangatlah berhubungan. tapi di farm kami dijamin agak miring dan kuwalitas bagus.

untuk harga temen temen bisa tanyakan ke admin kami di wa 082247990380

Cara Merawat Ayam bangkok Yang Benar

Agar ayam laga aduan bisa tumbuh kuat dan bermental juara serta siap tanding maka perlu dirawat dengan baik agar ottot bisa tumbuh dengan maksimal dan kekuatan yang maksimal anda perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut.

Kandang Umbaran

Beri kandang yang cukup luas dan sediakan tenggeran dengan tinggi sekitar 100 cm hingga 120 cm dari lantai umbaran luas umbaran bisa 3 kali 1 meter dengan tinggi 2,5 meter.

letak pakan di Kandang Umbaran Ayam

Tempat Pakan yang diberikan dengan letak di dekat tenggeran sebaiknya sering dipindah-pindahkan posisinya, yakni seperti sehari di kanan, lalu sehari di kiri, agar leher ayam tidak mati sebelah dan otot leher bisa seimbang.

Mandi

Cara memandikan ayam laga hanya perlu di lap dengan air saja dengan menggunakan handuk yang dicelup pada sedikit air baik dengan air hangat atau air biasa. Lakukan mandi ayam sehari 2 kali pagi dan sore kalau pagi bisa dimandikan sampe basah jika kondisi sinar yang bagus, jika sore hari cukup mandi untuk membersihkan diri dari kotoran dan debu selama diumbaran.

Latihan

Berikan berbagai latihan untuk melatih otot, reflek, serta mental tanding serta kesiapan ayam laga, bisa dengan jaring tabrak dan kliter atau cermin juga box lompat, renang, dan olah fisik.

Sehabis Latihan

Beberapa saat setelah latihan fisik anda perlu mendiamkan ayam untuk beristirahat lalu mengatur nafasnya hingga normal lalu baru dimandikan. Namun sebelum cukup beri minum saja ayam laga dan tak perlu dimandikan kasih minum dan setelah beberapa menit baru dilap seluruh bagian tubuh.

Sebelum Makan Sore

Tahap selanjutnya ayam lalu dimandikan di sore hari yakni sebelum makan sore. lakukan ini setiap hari maka akan ada banyak perubahan pada ayam anda.

Selain itu tentunya juga penting untuk memenuhi gizi makanannya dan vitamin ayam. kurung dan krodong ayam saat istirahat berlangsung.

Foto Ayam Bangkok

berikut ini berbagai macam foto-foto ayam bangkok yang gagah dan indah:

Ayam bangkok Wangkas

 

itulah pembahasan mengenai ayam bk klasik atau bangkok klasik, semoga pembahasan ini bermanfaat terima kasih.

 

Tinggalkan komentar