Gudangnya Teks Sholawat Nabi Arab, Latin dan terjemahannya.

Gudangnya Teks Sholawat Nabi Arab, Latin dan terjemahannya.

Teks Sholawat Nabi-Berbagai macam dan jenis sholawat nabi serta manfaatnya, manfaat dari sholawat nabi yakni mulai dari meminta keberkahan, mempermudahkan urusan, sampai meminta rezeki yang berkah dan bermanfaat.

Namun perlu kita luruskan kembali kita bukan berdoa kepada nabi SAW, melainkan kita bersholawat dengan harapan supays hajat atau doa yang kita ucapkan lebih didengar Allah, Lantaran nama kekasihnya yang kita bawa di setiap doa kita.

Sebelum kita lanjut kedalam Topik utama kita, yaitu tentang Teks Sholawat Nabi, ada baiknya kita sedikit membahas pengertian Sholawat Nabi dan Keutamaan belsholawat.

Pengertian Sholawat Nabi

kumpulan sholawat nabi terlengkap
kumpulan sholawat lengkap

Sholawat Nabi adalah kunci pembuka segala kebaikan Dunia, Akhirat dan pintu dari segala kautamaan pada Agama Islam.
Paa sebuah kitab Abwabul Faraj yang didalamnya tertulis bahwa, hendaknya membaca Sholawat Nabi sebanyak-banyaknya, kapan saja dan dimana saja, terutama sehabis shalat fardhu. Banyak fadhilah yang dapat dipetik dari bacaan sholawat, sebagaimana yang diisyaratkan didalam beberapa hadis Nabi berikut :
Hadist tentang keutamaan Bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW.
Hadist yang pertama : “Siapa saja yang bersholawat kepadaku sekali, Allah akan bersholawat untuknya sepuluh kali” (HR Muslim)

Hadist yang Kedua : “Siapa saja yang bersholawat kepadaku sepuluh kali di waktu pagi dan sore, ia akan mendapatkan syafaatku di hari kiamat nanti” (HR At-Thabrani).

Hadist ke tiga : “Orang yang paling utama di sampingku di hari kiamat nanti adalah orang yang sering membaca sholawat”. (HR At-Thabrani).

DAHLIL TENTANG KEUTAMAAN SHOLAWAT NABI

Allah Swt berfirman :
إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً
“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi . Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya .” (al-Ahzab : 56)
Dengan mencermati firman Allah tersebut, berarti orang-orang yang bershalawat kepada Nabi Saw 1. telah mentaati perintah Allah Swt.

2. Allah juga bershalawat kepada Rasulullah.
3. Para malaikat juga bershalawat kepada Rasulullah.
4. Mendapatkan sepuluh shalawat dari Allah untuk setiap kali satu shalawat kepada Rasulullah Saw.
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم , قَالَ مَنْ صَلَّى عَلَيَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ عَشْرًا
“Dari abu hurairah bahwasannya Rasulullah Saw bersabda: barang siapa yang bershalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah akan bershalawat kepadannya sepuluh kali.” (HR. Muslim, no. 70, Abu Dawud no. 1532, Tirmidzi no. 487, an-Nasa-I no. 1295, Ahmad no. 9089, 9117, 10558, Ad-Darimi no. 2828 )
5. Diangkat baginya sepuluh derajat, dan dihapus darinya sepuluh keburukan.
قَالَ أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ, قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَمَ : مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَاةً وَاحِدَةً صَلَّي اللهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرَ خَطِيْئَاتٍ وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرَ دَرَجَاتٍ
“Anas bin malik berkata, telah bersabda Rasulullah Saw barang siapa yang bershalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali dan dihapus darinya sepuluh kesalahan, diangkat baginya sepuluh derajat.” (HR. an-Nasa-I no. 1296.)

6. Ditulis baginya sepuluh kebaikan.
عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ: مَنْ صَلَّى عَلَي مُرَّةً وَاحِدَةً كَتَبَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ لَهُ بِهَا عَشْرَ حَسنات
Dari Abu Hurairah Ra, Rasulullah Saw bersabda : “Barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah menulis baginya sepuluh kebaikan.” (HR. Ahmad no. 7772, 7773)
7. Shalawat merupakan sebab mendapatkan syafaat Rasulullah Saw.
عَنْ رُوَيْفِعِ بْنِ ثَابِتِ اَلْأَنْصَارِيِّ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ , قَالَ: مَنْ صَلَّى عَلَى مُحَمَّدٍ وَقَالَ اَللَّهُمَّ أَنْزِلْهُ الْمَقْعَدَ الْمُقَرَّبَ عِنْدَكَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَجَبَتْ لَهُ شَفَاعَتِيْ
Dari Ruwaifi’ bin tsabit al-anshari bahwasannya Rasulullah Saw bersabda : “Barangsiapa yang bershalawat kepada Muhammad dan berkata “Allahumma anzilhul maq’adal muqorrob ‘indaka yaumal qiyamah (ya Allah berilah dia kedudukan yang dekat denganmu di hari kiamat)” maka wajib baginya mendapatkan syafa’atku.”
8. Shalawat merupakan sebab diampuninya dosa.
9. Menjadikan seorang hamba dekat dengan beliau r pada hari kiamat.
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُوْدٍ أَنَّ رَسُوْلَ الله صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ قَالَ : أَوْلَى النَّاسِ بِيْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَكْثَرُهُمْ عَلَيَّ صَلَاةً
Dari abdullah bin mas’ud, bahwasannya Rasulullah Saw bersabda : “Manusia yang paling utama denganku pada hari kiamat adalah yang paling banyak bershalawat kepadaku.”
10. Shalawat merupakan sebab Allah akan memberikan seorang hamba apa yang dia inginkan.
11. Menjadi sebab terpenuhinya segala kebutuhan.
12. Shalawat menjadi sebab seseorang memperoleh shalawat dari Allah dan para malaikat-Nya. [Al-ahzab : 43]
عَبْدُ اللهِ بْنِ عَمْرٍو يَقُوْلُ مَنْ صَلَّى عَلَى رَسُوْلِ اللهِ r صَلَاةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَمَلَائِكَتُهُ سَبْعِيْنَ صَلَاةً فَلْيُقِلَّ عَبْدٌ مِنْ ذَلِكَ أَوْ لِيُكْثِرْ
“Abdullah bin ‘amru berkata, barangsiapa yang bershalawat kepada Rasulullahr satu kali, niscaya Allah dan para malaikat-Nya akan bershalawat kepadanya tujuh puluh kali.”
مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَاةً لَمْ تَزَلْ الْمَلَائِكَةُ تُصَلِّي عَلَيْهِ مَا صَلَّى عَلَيَّ فَلْيُقِلَّ عَبْدٌ مِنْ ذَلِكَ أَوْ لِيُكْثِرْ
“Barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu shalawat, niscaya para malaikat akan bereshalawat kepadanya selama dia bershalawat kepadaku. Maka seorang hamba berbuat itu sedikit ataupun banyak.” ( Hadits ini dikeluarkan oleh Imam Ahmad dalam musnadnya, juz : 24, hal : 451. no hadits : 15680. Hadits ini dishahihkan oleh at-Tirmidzi, dan dalam al-Mutaba’at hadits ini adalah hasan. lihat Shahih At-Targhib Wat-Tarhib.)

13. Ia merupakan pensuci dan pembersih bagi orang yang bershalawat.
14. Shalawat merupakan sebab kabar gembira seorang hamba dengan surga sebelum dia wafat.
15. Menjadi sebab selamat dari malapetaka pada hari kiamat.
16. Menjadi sebab baiknya sebuah majlis.
17. Menjadi sebab seorang hamba ingat terhadap apa yang dia sedang lupa.
18. Dengan bershalawat menjadikan sebab hilangnya kefaqiran.
19. Menghilangkan sifat bakhil dalam diri seorang hamba.
20. Merupakan pensukses do’a, dan menjadi hina jika ditinggalkan dalam do’a.
21. Menempatkan pelakunya ke jalan surga, dan melemparkan orang yang meninggalkannya dari jalan surga.
22. Menyelamatkan dari buruknya majlis yang tidak menyebut di dalamnya nam Allah.
23. Menjadi sebab sempurnanya kalam yang dimulai dengan pujian kepada Allah dan shalawat kepada Rasul-Nya.
Menjadi penerang seorang hamba tatkala berada di atas shiroth.
24. Mengeluarkan seorang hamba dari kerasnya hati.
25. Menjadi sebab langgengnya pujian Allah terhadap orang yang bershalawat diantara para penghuni langit dan bumi.
26. Menjadi sebab meraih rahmat Allah.
27. Menjadikan sebab kekalnya cinta kepada Rasululllah Saw dan terus menambah cinta tersebut.
(Dalam Kitab Syaroful Ummati Muhammadiyyah, Karya Prof. Dr. As Sayyid Muhammad Alwi Al Maliki, Ada 39 Keutamaan Dan Fadhilah Sholawat Atas Rasulullah Saw).

من صلى عليّ صلاة لم تزل الملائكة تصلي عليه ما صلى علي فليقل عبد من ذلك أو أكثر
“Barang siapa yang bersholawat kepadaku satu sholawat, niscaya para malaikat akan bersholawat kepadanya selama dia bersholawat kepadaku, maka seorang hamba berbuat itu sedikit ataupun banyak.”

Dalam hadits yang lain juga disebutkan:
البخيل من ذكرت عنده فلم يصل علي
“Orang yang pelit adalah orang yang aku disebut di sisinya dan dia tidak bersholawat kepadaku.” [HR.Tirmidzi no.3891 dari hadits Sulaiman bin Bilal, kemudian dia berkata: hadits ini ghorib shohih]

Hadits ini dan hadits sebelumnya menjadi dalil bagi wajibnya bersholawat kepada Nabi Saw. Inilah madzhab sekelompok ulama, di antaranya adalah ath-Thohawi dan al-Halimi. Serta diperkuat oleh hadits-hadits lain di antaranya yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, bahwa Ibnu Abbas berkata, Rosulullah Saw bersabda:
من نسي الصلاة علي أخطأ طريق الجنة

“Barang siapa yang lupa bersholawat kepadaku, niscaya dia keliru menuju jalan ke surga.”
أتاني جبريل قال من صلى عليك صليت عليه ومن سلم عليك سلمت عليه فسجدت لله شكرا
Nabi bersabda :Telah datang malaikat jibril kepadaku dan berkata : barang yang bershalawat kepadamu maka akupun memintakan ampunan padanya,barang siapa salam kepadamu maka akupun memintakan salam kepadanya, maka kata nabi : kemudian aku bersujud syukur kpd alloh.
صلاة أمتي تعرض عليَّ في كل يوم جمعة، فمن كان أكثرهم عليَّ صلاة كان أقربهم منّي منزلة
Shalawat umatku di hadapkan kepadaku setiap hari jumat,maka barang siapa yang paling banyak membaca shalawat atasku maka dialah yang paling dekat tempatnya denganku
من ذكرت عنده فلم يصلِّ عليَّ فمات دخل النار فأبعده الله
Barang siapa yang ketika aku disebutkan di hadapannya dia tidak mau bershalawat atasku maka dia matinya masuk neraka dan di jauhkan dari rahmat alloh.
عن النبي صلى الله عليه و سلم قال : إن لله في الأرض ملائكة سياحين يبلغوني من أمتي السلام
Sesungguhnya alloh mempunyai malaikat di bumi yang ditugaskan untuk menyampaikan salam kepadaku dari umatku.
قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : أكثروا علي الصلاة يوم الجمعة فإنها تعرض علي
Perbanyaklah kamu bershalawat pada hari jumat,sesungguhnya shalawat itu akan disampaikan kepadaku.
أن رسول الله صلى الله عليه و سلم قال : إن البخيل لمن ذكرت عنده فلم يصل علي
Sesungguhnya orang yang bakhil adalah orang yang ketika aku di sebutkan di hadapannya dia tidak mau bershalawat atasku.
عن النبي صلى الله عليه و سلم قال : صلوا علي فإن صلاتكم علي زكاة لكم وسئلوا الله لي الوسيلة
Bershawatlah kamu sekalian sesungguhnya shalawatmu atasku memberihkan dirimu dari dosa,dan mintalah kamu semua wasilah kepada alloh untukku
اللهم صل على عبدك ورسولك وأهل بيته كما صليت على آل إبراهيم إنك حميد مجيد وبارك
عليه وأهل بيته كما باركت على إبراهيم إنك حميد مجيد
وصلي الله علي سيدنا محمد وعلي اله وصحبه اجمعين
والحمدلله رب العالمين

Keutamaan sholawat Nabi untuk kehidupan sehari-hari.

Sholawat nabi

Sholawat nabi hendaklah dijadikan sebagai amalan sehari-hari, karena selain banyak manfaat yang terkandung dalam sholawat nabi, banyak sekali faidah yang didapat setelah membaca sholawat nabi, oleh karena itu kami menganjurkan agar anda bisa mengamalkan Sholawat nabi setiap hari.

Namun, apabila anda kurang bisa meluangkan waktu anda untuk bersholawat kepada nabi Muhammad SAW, anda bisa membaca sholawat yang pendek dan singkat seperti yang ada di bawah ini. Bersholawat kepada nabi tidak harus panjang, dan lama, Cukup lakukan sebisanya asal bisa istiqomah setiap hari.

Manfaat yang bisa anda rasakan apabila anda istiqomah membaca sholawat nabi, maka hidup anda akan terasa lebih damai, yaman tentram serta dimudahkan segala urusannya. Jika anda banyak sholawat nabi maka anda akan terkena efek samping sedikit mengurangi beban dalam kehidupan anda. Karena bersholawat mampu menentramkan hati yang gelisah.

Berbagai perkara dunia akan sangat memusingkan dan melelahkan bila anda terlalu fokus dalam memikirkannya. Anda juga lama-kelamaan akan merasa stres dan bosan. Berbagai masalah pekerjaan yang memusingkan serta berbagai masalah kehidupan pribadi yang melelahkan.
Apabila anda sering bersholawat dan istiqomah melakukannya bahkan ketika anda melakukan sehari-hari. maka efek sampingnya akan berdampak pada kehidupan yang anda jalani, hidup akan damai dan tentram. So pasti dong, dengan bersholawat akan membuat hati anda tenang dan damai serta bisa menjauhkan dari stres yang ada alami.

Mengapa sholawat bisa membuat hati tentram? Karena sebenarnya sholawat memiliki kata dasar sholat yang berarti berdoa. Dasar inilah yang akan membuat anda merasakan betapa besar efek yang dikandung dalam sholawat nabi bila anda bisa istiqomah.

Ingatkah anda dengan sebuah kata mutiara yang berbunyi “dekatkanlah dirimu dengan selalu berdzikir dan bersholawat. Karena dengannya akan membuat hatimu tentram dan bahagia”.

Kalimat diatas tersebut dapat diartikan bahwa sebenarnya jika anda menginginkan kehidupan yang damai dan tentram anda tidak perlu jauh-jauh ke psikiater, anda cukup mengamalkan berdzikir (mengingat Allah) dan bersholawat Nabi. Sesungguhnya dengan mengingat Allah maka hati akan menjadi tentram dan kehidupan yang dijalani pun akan damai dan bahagia, insyabAllah.

Berbagai hadist menyebutkan bahwa hendaklah seseorang sering berdzikir dan bersholawat, ketika seseorang bersholawat kepada nabi adalah mendoakan nabi. Namun pada hakikatnya, nabi tidak memerlukan doa tersebut karena nabi sudah dijamin masuk surga oleh Allah, dan secara otomatis doa yang anda panjatkan akan kembali kepada anda sendiri.

Sesungguhnya orang yang bersholawat kepada nabi hakikatnya adalah mendoakan dirinya sendiri. Jadi bukan berarti nabi yang sudah dijamin syurga oleh Allah masih butuh doa dari para umatnya.

Tujuan Sholawat untuk Nabi Muhammad SAW

Tujuan Sholawat Nabi

Sholawat untuk Nabi Muhammad SAW adalah doa kita kepada Allah SWT, Sholawat Nabi berarti doa kita agar Allah menambahkan belas kasih, keagungan kepadanya dan menambahkan kehormatan baginya untuk mendapatkan derajat yang  tinggi disisi Allah.

Pertanyaannya kemudian, untuk apa kita mendoakan Nabi Muhammad SAW lewat sholawat? Bukankah doa kita itu sia-sia karena Nabi Muhammad SAW telah mendapatkan limpahan rahmat Allah SWT?

kita ibaratkan seperti air di dalam wadah gelas yang sudah penuh tapi terus kita kasih tambahan air secara terus menerus maka apa yang akan terjadi? ya otomatis air itu akan tumpah dan membanjiri sekelilingnya.

maksudnya: Nabi Muhammad Sallahu Alaihi Wassalam tidak membutuhkan do’a pertolongan dari umatnya karena beliau sudah dijamin sama Allah sebagai Hambanya yang selamat. secara otomatis juga sholawat yang kita tujukan kepada Nabi Muhammad Sallahu Alaihi Wassalam akan kembali lagi kepada kita yang bersholawat.

Fungsi sholawat adalah permohonan rahmat Allah yang datang silih berganti untuk Nabi Muhammad SAW. Shalawat dan salam harus diniatkan sebagai salah satu bentuk tawasul kita kepada Allah dalam meluluskan hajat kita.

Bukan hanya itu saja, sholawat merupakan bentuk syukur atau terima kasih kita sebagai ciptaan Allah terhadap Nabi Muhammad SAW sebagai asal penciptaan alam semesta sebagaimana keterangan dalam hadits qudsi berikut ini.

عملا بالحديث القدسي وهو قوله تعالى عبدي لم تشكرني إذا لم تشكر من أجريت النعمة على يديه ولا شك أنه صلى الله عليه وسلم
الواسطة العظمى لنا في كل نعمة بل هو أصل الإيجاد لكل مخلوق آدم وغيره

Artinya, “…Karena mengamalkan hadits qudsi, yaitu firman Allah SWT, ‘Hamba-Ku, kau belum bersyukur kepada-Ku bila kau belum berterima kasih kepada orang (Nabi Muhammad SAW) yang Kulimpahkan nikmat padanya.’ Tidak diragukan lagi bahwa Nabi Muhammad SAW adalah perantara agung bagi kita dalam segala nikmat Allah, bahkan Nabi Muhammad SAW adalah asal penciptaan segenap makhluk, Nabi Adam AS dan lainnya.

Allah SWT tidak akan menciptakan Nabi Adam AS Kalau bukan karena Nabi Muhammad SAW, Kalau Nabi Adam AS tidak diciptakan oleh Allah, niscaya anak Adam atau bani Adam dll, Allah juga menciptakan alam semesta ini hanya untuk keperluan manusia hanya karena Nabi Muhammad SAW Allah menciptakan alam semesta raya ini.

وآدم أبو البشر وقد خلق الله لهم ما في الأرض وسخر لهم الشمس والقمر والليل والنهار وغي.

Sholawat merupakan bentuk terima kasih atau syukur kita umat manusia terhadap Rasulullah SAW sebagai penghulu segenap manusia sebagaimana sabdanya yang mulia. Allahumma shalli wa sallim ‘ala Sayyidina Muhammad wa alihi wa shabihi ajma’in. Wallahu a‘lam.

 

Bacaan Sholawat Nabi yang sederhana:

sholawat lengkap
teks sholawat lengkap

صَلَّى اللَّهُ عَلَى مُحَمَّدٍ

Shallalloohu ‘alaa Muhammad.

Artinya : “Semoga Allah melimpahkan rahmat ta’zhim kepada Nabi Muhammad”.
Sholawat dalam bahasa berarti bentuk jamak dari sholla yang artinya do’a. Istilah, sholawat berarti doa dan pujian untuk Nabi Muhammad SAW. Sedangkan, sholawat dari Allah artinya adalah pemberian rahmat dan kemuliaan (Ibnu Katsir). Namun, Jika Sholawat dari malaikat, artinya adalah memohonkan ampunan. Namun jika Sholawat dari umat Nabi Muhammad berarti doa agar beliau dilimpahi rahmat dan kemuliaan dari Allah SWT.

Sholawat dari Allah berarti menambah kemuliaan untuknya, sedangkan ulama lain berpendapat bahwa Allah bersholawat kepada Nabi Muhammad adalah Allah memujinya di hadapan malaikat-malaikat-Nya ( Imam Nawawi ).

Ayat Alquran tentang shalawat kepada nabi

إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا. (الأحزاب: ٥٦

Innallaha wamalaaikatahu yusholluuna alannabi yaa ayyuhalladzina aamanu shollu alaihi wasallimuu tasliima

Artinya : “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya”. {QS. Al-ahzab (33) : 56}.

Ayat diatas menjelaskan, bahwa Allah bershalawat kepada Nabi Muhammad, yang berarti bahwa menambahkan kemulian kepada Nabi Muhammad SAW.

Hadits Tentang Sholawat

hadits shahih tentang shalawat nabi

Banyak dalil dalil yang Menjelaskan tentang Shalawat dan Keutamaannya.
1.bersholawat kepadaku sekali, maka Allah akan berikan balasan kepadanya sepuluh kali” {HR. Muslim}.

2. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Orang yang bakhil adalah orang yang apabila namaku disebut, ia tidak mengucapkan sholawat kepadaku” {HR. At-Tirmidzi}.

3.Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya Allah mempunyai para malaikat yang senantiasa berkeliling di Bumi yang akan menyampaikan salam kepadaku dari umatku” {HR. An-Nasai}.

4. Bersholawatlah kepadaku karena sesungguhnya ucapa sholawat kalian akan sampai kepadaku di manapun kalian berada.(H.R. Abu Daud No. 2044 dengan Sanad Hasan)

5. Bahwasannya Umar bin Khattab Ra berkata: “Saya mendengar bahwa do’a itu ditahan di antara langit dan bumi, tidak akan bisa naik, sehingga dibacakan sholawat atas Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam”. {Atsar Hasan, Riwayat Tirmidzi}.

6. Dalil tentang hal ini adalah hadis dari sahabat Aus bin Aus radhiallallahu ‘anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إن من أفضل أيامكم يوم الجمعة فأكثروا علي من الصلاة فيه فإن صلاتكم معروضة علي

“Sesungguhnya hari yang paling utama adalah hari Jumat, karena itu perbanyaklah membaca shalawat untukku. Sesuhngguhnya shalawat kalian ditampakkan kepadaku.”

konsultasisyariah.com

Macam Macam Sholawat

Banyak sekali Shalawat yang terkenal dan Populer di Dunia Islami, maupun di Indonesia sendiri, Kali ini admin akan Hadirkan Beberapa pilihan Sholawat Populer yang sering dibaca oleh orang indonesia maupun Dunia.

Membaca sholawat memang sangat diperlukan sebagai seorang Muslim seperti yang dijelaskan diatas tadi, dan berikut Macam macam teks Arab Sholawat beserta latin dan penjelasannya.

Simak juga artikel tentang TEKS PIDATO TENTANG DISIPLIN KUNCI KESUKSESAN

Bacaan Sholawat Munjiyat
Teks Shalawat Munjiyat

Sholawat ini menjadi Populer lantaran Sering dibaca imam saat berdoa setelah sholat ataupun sembahyang Fardhu. Berikut Teks Arab, Latin dan terjemahan Sholawat Munjiyat

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الأَهْوَالِ وَالآفَاتِ وَتَقْضِى لَنَا بِهَا جَمِيْعَ الحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّـيِّئَاتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَا بِهَا أَقْصَى الغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الخَيْرَاتِ فِي الحَيَاةِ وَبَعدَ المَمَاتِ, وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا.

Alloohumma shalli ‘alaa sayyidinaa muhammadin tunjiinaa bihaa min jamii’il ahwaali wal aafaat, wataqdhii lanaa bihaa jamii’al-haajaat, wa tuthahhirunaa bihaa min jamii’is-sayyi-aat, wa tarfa’unaa bihaa aqshal ghaayaati min jamii’il khairaat, fil hayaati waba’dal mamat, wa ‘alaa aalihii washahbihii wasallim tasliiman katsiiraa.
Artinya:
Ya Allah! Limpahkan shalawat kepada junjungan kita Nabi Muhammad. Berkat shalawat ini, kiranya Engkau menyelamatkan kami dari semua kegentingan dan bencana. Berkat shalawat ini, Engkau kabulkan semua hajat kami. Berkat sholawat ini, Engkau bersihkan kami dari semua kejelekan. Berkat sholawat ini, Engkau sampaikan kami pada puncak cita-cita dari semua kebaikan di dunia dan setelah mati. Dan semoga sholawat dan salam yang banyak juga dilimpahkan kepada keluarga dan sahabatnya.

Catatan : Sholawat Munjiyah cukup banyak kegunaannya. Diantaranya : akan diberi keselamatan di dunia dan akhirat; hajat keperluannya akan dikabul-kan. Jika diwiridkan 1000 x sehari semalam, insya Allah, segala kesulitan hidup akan mudah teratasi, hati menjadi tenang, rizki mudah didapat, serta mudah memperoleh pekerjaan dan ketinggian pangkat. Jika diwiridkan 41 x sehari semalam, insya Allah, harapannya akan tercapai, bagi yang belajar akan diberi kecerdasan, kejernihan hati dan mudah menangkap pelajaran. Wallahu a’lam. (Pentj.)

Sholawat Badar beserta Artinya

Sholawat Badar atau yang biasa disebut Sholawat yasin Merupakan salah satu Sholawat yang populerdi Indonesia karena sering dilantunkan saat ustad ceramah, terutama di kalangan aswaja seperti habib rizieq dan habib syekh.

صَلاَةُ اللَّهْ سَلاَمُ اللَّهْ * عَلَى طَـهَ رَسُوْلِ اللَّهْ
صَلاَةُ اللهْ سَلاَمُ اللهْ * عَلَى يـس حَبِـْيبِ الله

Semoga Sholawat (rahmat ta’zhim) dan salam (kesejahteraan) Allah dilimpahkan kepada Thaha (Nabi Muhammad), seorang utusan Allah.. Sholawat dan salam Allah semoga dilimpahkan-Nya kepada Yasin (Nabi Muhammad), kekasih Allah

تَوَسَّلْنَا بِبِسْمِ اللَّهْ * وَ بِالْهَادِي رَسُوْلُ الله
وَ كُـلِّ مُـجَاهِـدِ اللَّهْ * بِأهْـلِ الْبَـدْرِ يَا اَللهْ
Kami bertawassul (berperantaraan) dengan Bismillah, dengan al-Hadi (Nabi Muhammad, pembawa hidayah), utusan Allah, dan dengan perantaraan semua pejuang fisabilillah, terutama dengan (perantaraan) Ahli badar, Ya Allah.

إِلَـهِيْ سَلِّمِ الْأُمَّـةْ * مِنَ الْآفَاتِ وَ النِّـقْمَةْ
وَ مِنْ هَـمٍّ وَ مِنْ غُمَّةْ * بِأَهْلِ الْبَـدْرِ يَا اَللَّهْ
Ya Tuhanku! Selamatkan umat Islam dari bala’ bencana, malapetaka, serta kesusahan dan kegelisahan. Berkat Ahli Badar, Ya Allah!

إِلَهِيْ نَجِّنَا وَ اكْشِفْ * جَمِيْعَ أَذِيَّةٍ وَ اصْرِفْ
مَكَائِدَ الْعَدَا وَ الْطُفْ * بِأَهْلِ الْبَدْرِ يَا اَللَّهْ
Ya Tuhanku! Selamatkan kami. Hilangkan semua yang menyakitkan kami. Gagalkan tipudaya (rekayasa jahat) musuh. Dan bersikap lemah lembutlah kepada kami. Berkat (perantaraan) Ahli Badar, Ya Allah!

إِلَهِيْ نَفِّسِ الْكُرَبَا * مِنَ الْعَاصِيْنَ وَالْعَطْبَا
وَ كُـلِّ بَلِــيَّـةٍ وَ وَبَـا * بِأَهْـلِ الْبَـدْرِ يَا اَللَّهْ
Ya Tuhanku! Lenyapkan berbagai kesusahan, bala’-bencana dan berbagai penyakit menular, akibat dari perbuatan para ahli maksiat dan pengrusak. Berkat Ahli Badar, Ya Allah!

فَكَمْ مِنْ رَحْمَةٍ حَصَلَتْ * وَكَمْ مِنْ ذِلَّةٍ فَصَلَتْ
وَكَمْ مِنْ نِعْمَةٍ وَصَلَتْ * بِأَهْلِ الْبَدْرِ يَا اَللَّهْ
Banyak sudah rahmat yang berhasil kita raih. Tidak terhitung kerendahan yang tersingkir. Dan tidak sedikit kenikmatan yang kita terima. Berkat Ahli Badar, Ya Allah!

وَكَمْ أَغْنَيْتَ ذَا الْعُمْرِ * وَكَمْ أَوْلَيْتَ ذَا الْفَقْرِ
وَكَـمْ عَافَيْتَ ذَا الْـوِزْرِ * بِأَهْلِ الْبَدْرِ يَا اَللَّهْ
Banyak sudah Engkau membuat kaya orang-orang. Tidak terhitung jumlahnya Engkau curahkan (kenikmatan) kepada orang yang membutuhkan. Dan tidak sedikit Engkau berikan ampunan kepada orang-orang yang berdosa. Berkat Ahli Badar, Ya Allah!

لَقَدْ ضَاقَتْ عَلَـى الْقَلْبِ * جَمِيْعَ الْأَرْضِ مَعْ رَحْبِ
فَانْجُ مِنَ الْبَـلَا الصَّعْبِ * بِأَهْلِ الْبَدْرِ يَا اَللَّهْ
Sungguh, seluruh dataran bumi yang terbentang luas ini benar-benar terasa sempit oleh hati (yang sedang susah). Karenanya, selamatkan kami dari bala’ bencana yang menyulitkan ini. Berkat Ahli Badar, Ya Allah!

أَتَيْنَا طَالِبَ الرِّفْـقِ * وَ جُلَّ الْخَيْرِ وَ السَّعْدِ
فَـوَسِّعْ مِنْحَةَ الْأَيْدِي * بِأَهْلِ الْبَدْرِ يَا اَللَّهْ
Kami datang seraya memohon kasih sayang, kebajikan dan kebahagiaan hidup. Karena itu, bentangkan uluran anugerah-Mu kepada kami. Berkat Ahli Badar, Ya Allah!

فَلاَ تَرْدُدْ مَعَ الْخَيْبَةْ * بَلِ اجْعَلْنَا عَلَى الطَّيْبَةْ
أَيَا ذَا الْـعِـزِّ وَ الْـهَـيْبَةْ * بِأَهْـلِ الْبَـدْرِ يَا اَللَّهْ
Jangan Engkau tolak (permohonan kami), sehingga mengalami kerugian. Sebaliknya, jadikan kami selalu diatas kebaikan. Wahai Tuhan Pemilik kemuliaan dan kewibawaan. Berkat Ahli Badar, Ya Allah!

وَ إِنْ تَرْدُدْ فَمَنْ نَـأْتِيْ * بِنَـيْلِ جَمِيْعِ حَاجَاتِيْ
أَيـَا جَالِـيْ الْمُلِمَّاتِ * بِأَهْـلِ الْبَدْرِ يَا اّللَّهْ
Jika Engkau tolak (permohonan kami), lantas kepada siapa kami akan datang mengadu untuk tercapainya seluruh hajat kami? Wahai Tuhan Yang meringankan penderitaan. Berkat Ahli Badar, Ya Allah!

إِلَهِـي اغْـفِرْ وَ أَكْرِمْنَا * بِنَيْلِ مَطَالِبٍ مِنَّا
وَ دَفْـعِ مَسَاءَةٍ عَـنَّا * بِأَهْـلِ الْـَبدْرِ يَا اّللَّهْ
Ya Tuhanku! Ampuni dan muliakan kami dengan memperoleh apa saja yang kami mohon, dan dengan tercegahnya kejahatan musuh dari kami. Berkat Ahli Badar, Ya Allah!

إِلَهِي أَنْتَ ذُوْ لُطْفٍ * وَذُوْ فَضْلٍ وَذُوْعَطْفٍ
وَكَمْ مِنْ كُرْبَةٍ تَنْـفِيْ * بِأَهْلِ الْبَدْرِ يَا اَللَّهْ
Ya Tuhanku! Engkau Pemilik kelemah-lembutan, Pemilik anugerah dan kasih sayang. Sudah berapa banyak kegelisahan yang Engkau lenyapkan. Berkat Ahli Badar, Ya Allah!

وَ صَلِّ عَلَى النَّبِي الْبِرِّ * بِلَا عَدٍّ وَ لَا حَصْرِ
و َ أَلِ سَـادَةِ غُـــرِّ * بِأَهْلِ الْـبَـدْرِ يَا اَللَّهْ
Limpahkan shalawat (rahmat ta’zhim) kepada Seorang Nabi yang baik hati, tanpa terhingga dan tanpa hitungan. Limpahkan juga shalawat tersebut kepada keluarga beliau, para sayyid yang mulia. Berkat Ahli Badar, Ya Allah!

Sholawat Azhimiya Arab, Latin dan artinya
اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِنُورِ وَجْهِ اللهِ الْعَظِيْمِ, الَّذِى مَلأَ أَرْكَانِ عَرْشِ اللهِ الْعَظِيْمِ, أنْ تُصَلِّيَ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ذِى الْقَدْرِ الْعَظِيْمِ, وَعَلَى آلِ نَبِيِّ اللهِ الْعَظِيْمِ, بِقَدْرِ عَظَمَةِ ذَاتِ اللهِ الْعَظِيْمِ, فِي كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ عَدَدَمَا فِى عِلْمِ اللهِ الْعَظِيْمِ, صَلاَةً دَائِمَةً بِدَوَامِ اللهِ الْعَظِيْمِ, تَعْظِيْمًا لِحَقِّكَ يَامَوْلاَنَا يَا مُحَمَّدُ يَاذَا الْخُلُقِ الْعَظِيْمِ, وَسَلِّمْ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ مِثْلَ ذَلِكَ, وَاجْمَعْ بَيْنِى وَبَيْنَهُ كَمَا جَمَعْتَ بَيْنَ الرُّوحِ وَالنَّفْسِ, ظَاهِرًا وَبَاطِنًا, يَقْظَةً وَمَنَامًا, وَاجْعَلْهُ يَارَبِّ رُوْحًا لِذَاتِى مِنْ جَمِيْعِ الْوُجُوهِ فِى الدُّنْيَا قَبْلَ اْلآخِرَةِ يَاعَظِيْمُ.

Alloohumma innii as-aluka binuuri wajhillaahil ‘azhiim, alladzii mala`a arkaana ‘arsyillaahil ‘azhiim, waqaamat bihii ‘awaalimulloohil ‘azhiim, an tushalliya ‘alaa sayyidinaa muham-madin dzil qadril ‘azhiim, wa ‘alaa aali nabiyyillaahil ‘azhiim biqadri ‘azhamati dzaa-tillaahil ‘azhiim, fii kulli lamhatin wanafasin ‘adada maa fii ‘ilmillaahil ‘azhiim. Shalaatan daa-imatan bidawaamillaahil ‘azhiim, ta’zhiiman lihaqqika yaa maulaanaa, yaa muhammad, yaa dzal khuluqil ‘azhiim, wasallim ‘alaihi wa ‘alaa aalihii mitsla dzaalik. Wajma’ bainii wabainahuu kamaa jama’ta bainar-ruuhi wan-nafsi zhaa-hiran wabaathinan, yaqzhatan wamanaaman. Waj’alhu yaa rabbi ruuhan lidzaatii min jamii’ail wujuuhi fiddunyaa qablal aakhirati yaa ‘azhiim.

Artinya : Ya Allah! Aku memohon kepada-Mu dengan perantaraan Nur ‘Wajah’ Allah yang Agung, yang memenuhi tiang-tiang penyanggah ‘arasy Allah Yang Maha Agung; yang dengan (perantaraan Nur Allah tersebut) terciptalah seluruh alam semesta Allah Yang Maha Agung. Kiranya Engkau melimpahkan rahmat ta’zhim kepada junjungan kita Nabi Muhammad yang memiliki kedudukan yang agung, dan juga kepada keluarga Nabi Allah yang besar, berkat kedudukan Keagungan Dzat Allah Yang Maha Agung. Shalawat yang terus menerus berkat Keabadian Alah Yang Maha Agung, sebagai Pengagungan terhadap Hak-hak-Mu, wahai Tuhan kami. Wahai Muhammad! Wahai Pemilik budi pekerti yang agung! Dan limpahkan salam sejahtera kepada beliau dan keluarganya seperti itu. Kumpulkanlah antara aku dan beliau, sebagaimana Engkau kumpulkan antara ruh dan jiwa, zhahir dan bathin, bangun dan tidur. Serta jadikanlah beliau, wahai Tuhanku, sebagai ruh bagi jasadku dari seluruh segi di dunia sebelum akhirat, Wahai Yang Maha Agung

Sholawat Fatih Arab, Latin dan terjemahannya.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ, وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ, نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ, وَالْهَادِى إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيْمِ.

Alloohumma shalli ‘alaa sayyidinaa muhamma-dinil faatihi limaa ughliq, wal khaatimi limaa sabaq, naashiril haqqi bil haqq, wal haadii ilaa shiraathikal mustaqiim, wa ‘alaa aalihii wa shahbihii haqqa qadrihii wamiqdaarihil ‘azhiim.

Artinya:
Ya Allah! Limpahkan rahmat ta’zhim kepada junjungan kita Muhaammad, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang mendahului, penolong kebenaran dengan kebenaran, penunjuk ke jalan-Mu yang lurus, dan (semoga dilimpahkan) kepada keluarga dan sahabatnya dengan sebenar-benar kehormatan dan derajatnya yang agung.

 Bacaan Sholawat Nariyah / Kamilah

Teks Arab
اللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامًا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ تَنْحَلُّ بِهِ العُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الغَمَامُ بِوَجْهِهِ الكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِي كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Teks Latin
Alloohumma shalli shalaatan kaamilatan wasallim salaaman taamman ‘alaa sayyidinaa muhamma-dinil-ladzii tanhallu bihil ‘uqadu watanfariju bihil kurabu, watuqdhaa bihil hawaa-iju, watunaalu bihir-raghaa`ibu, wahusnul khawaatimi, wayus-tasqal ghamaamu biwajhihil kariimi, wa ‘alaa aalihii washahbihii fii kulli lamhatin wanafasin bi’adadi kulli ma’luumin laka.

Artinya:
Ya Allah! Limpahkan shalawat dan salam yang sempurna kepada junjungan Nabi Kita Muhammad, yang dengan perantaraan beliau lepaslah ikatan-ikatan, hilanglah kesedihan, terkabul hajat-hajat, diperolehlah kesenangan dan husnul khatimah, dan berkat wajah beliau yang mulia, diturunkanlah hujan. Dan semoga juga dilimpahkan kepada keluarga dan sahabatnya dalam setiap kedipan mata dan tarikan nafas, sebanyak segala sesuatu yang Engkau Ketahui.

Shalawat Nariyah ini banyak fadilahnya diantaranya, dapat menghilangkan kesusahan, dengan cara dibaca 40 x setiap hari; mengembalikan barang yang hilang, dengan cara dibaca 4.444 x; mendatangkan rizki, dengan cara dibaca 4.444 x; dan lain-lain. Walloohu a’lam.

Sholawat Ibrohimiyyah

Sholawat Ibrohimiyyah adalah sholawat yang sering kita baca pada saat Tahiyat akhir saat Sholat. Berikut Teks Arab, Latin dan Terjemahan Shalawat Ibrohimiyyah.

اَللّـٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَـيَّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى أَٰلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ فِى الْعٰلَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.
Artinya : “Ya Alloh, limpahkan sholawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaiman yang telah Engkau limpahkan pada Ibrahim dan keluarganya, berkatilah Muhammad dan keluarganya sebagaiman Engkau memberkati Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia”
Keutamaanya :
1. Untuk mendapatkan segala macam kebutuhan hidup dunia dan akhirat
2. Untuk mendapatkan rahmat dan keselamatan dunia dan akhirat
3. Untuk mendapatkan kewibawaan yang sangat besar terhadap orang lain
4. Untuk menarik dan memperluas rizki dengan sebanyak-banyaknya
5. Untuk mendatangkan segala macam hajat dan dapat mempercepat tercapainya semua cita-cita.

 

 

Umat muslim pun dianjurkan untuk perbanyak membaca sholawat sebagai bentuk kecintaan kepada baginda Nabi Besar Muhammad SAW

Maulid Nabi merupakan sebuah peringatan hari lahir atau Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 12 Rabiul Awal (berdasarkan kalender Islam).

Meski demikian, terdapat dua versi terkait asal usul kelahiran Nabi Muhammad.

Terdapat sebuah riwayat yang bersumber dari sahabat Nabi mengungkapkan jika Nabi Muhammad lahir pada Senin 12 Rabiul Awwal, bertepatan dengan tahun gajah.

Namun, terdapat riwayat yang bersumber dari ahlul bait Nabi, Nabi Muhammad lahir ketika terbit fajar, hari Jumat 17 Rabiul Awwal tahun gajah.

Walaupun terdapat berbagai versi terkait kelahiran Nabi Muhammad, tetap lah kelahirannya tersebut menjadi malam yang mulia.

Nabi Muhammad dilahirkan di Kota Mekkah dari seorang ibu bernama Aminah dan ayahnya bernama Abdullah.

Lahirnya Nabi Muhammad di bulan Rabi’ul Awal seiring musimnya bunga berkembang disebut merupakan isyarat bahwa ajaran yang dibawanya akan berkembang di seluruh dunia.

Ayahanda Nabi Muhammad meninggal dunia ketika perjalanan pulang setelah berdagang dari Syam dan kemudian singgah di Madinah.

Lalu, sang ayah jatuh sakit dan meninggal dunia ketika Nabi Muhammad masih berada di kandungan.

Ketika memperingati Maulid Nabi Muhammad, tidak terdapat anjuran khusus untuk membaca sebuah doa tertentu.

Berikut ini merupakan bacaan sholawat nabi lengkap:

Namun, umat muslim biasanya menyambutnya dengan berbagai doa yang dipanjatkan sebagai ungkapan cinta kepada sang Rasul.

Diantara doa yang biasa dilantunkan yakni salawat Nabi yang kerap dibaca ketika pagi, siang, sore maupun malam hari setelah mengerjakan salat lima waktu.

Dilansir dari berbagai sumber, ada bermacam sholawat nabi yang bisa diamalkan oleh umat muslim.

Selain itu, umat muslim juga bisa mengamalkan berbagai salawat lainnya.

 SHOLAWAT QUTHBUL AQTHOB

اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلأَوَّلِيْنَ وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلآخِرِيْنَ وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلـمُرْسَلِيْنَ وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى الْمَلَإِ اْلأَعْلٰى إِلٰى يَوْمِ الدِّيْنَ.
Artinya :
”Ya Alloh, berikan rahmat takdzim kepada junjungan kita nabi Muhammad saw, di masa-masa permulaan dan berikan rahmat kepada Nabi Muhammad saw, di masa-masa penghabisan dan berikan rahmat kepada nabi Muhammad saw sebagai utusan serta berikan rahmat kepda nabi Muhammad saw dan kepada orang-orang yang memiliki kemiliaan sampai hari kiamat. ”
Kegunaannya :
1. Untuk menyembuhkan penyakit pusing dan panas, perut, batuk
2. Dan untuk menyembuhkan penyakit gila dan penyakit-penyakit lainnya.

 SHOLAWAT UMMY

اَللَّــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَـيِّـدِنَـا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَـبِـيِّكَ وَرَسُوْلِكَ نَبِى الْأُمِّـى وَعَــلـٰى أَلِـهِ وَصَحْبِهِ وَسِلِّـمْ
Artinya :
“Ya Alloh, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, sebagai hamba, Nabi, dan utusan-Mu yang Ummy (tidak bisa membaca dan menulis) beserta keluarga dan sahabatnya dengan salam yang sesungguhnya.
Kegunaannya :
1. Barang siapa yang membaca sholawat Ummy ini sebanyak 80 (delapan puluh) kali pada mala Jum’at, Allah swt akan mengampuni dosa-dosanya selama 80 (depalan puluh) tahun.
2. Jika sholawat Ummy ini dibaca sebanyak 500 (lima ratus) kali pada malam Jum’at, maka niscaya ia tidak akan mati sebelum berjumpa dengan Nabi Muhammad saw, dalam keadaan sadar.

SHOLAWAT MUKAFA’AH

اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عِلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً دَائِمَةً مَقْبُوْلَةً تُـؤَدِّى بِهَا حَقَّهُ الْعَظِيْمِ .
Artinya :
“Ya Alloh, limpahkanlah rahmat, salam dan berkah kepada junjungan kita Muhammad saw yang ummi (tidak bisa baca tulis) yang menjadi kekasih Alloh swt, yang luhur pangkatnya dan yang agung kemuliaannya, dan limpahkanlah pula atas keluarganya dan para sahabatnya.”
Kegunaannya :
Barang siapa yang memebaca sholawat mukafaah berikut ini sebanyak-banyaknya maka ia telah menunjukkan kecintaannya kepada kanjeng Nabi Muhammad saw, dan barang siapa yng mencintai kanjeng Nabi Muhammad saw maka jelas ia akan mendapat syafaat beliau kelak dihari kiamat dan dianggap sebagai orang yang mulai di sisi beliau.

SHOLAWAT GHOZALI

اَللّٰـهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ نَّبِىِّ اْلأُمِّيِّ الْحَبِـيْبِ الْعَالِى الْقَادِرِ الْعَظِيْمِ الْجَاهِ وَعَلٰى أٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ.
اَللّٰـهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً دَائِمَةً مُسْتَمِرَّةً تَدُوْمُ بِدَوَامِكَ وَتَبْقٰى بِبَقٰـئِكَ وَتَخْلُدُ بِخُلُوْدِكَ وَلَاغَايَةً لَهَا دُوْنَ مَرْضَاتِكَ وَلَاجَرَاءَ لِقَائِكَ وَمُصَلِّيْهَا غَيْرَ جَـنَّــتِكَ وَالنَّظَرَ إِلٰى وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ
Artinya :
“Ya Alloh, limpahkanlah rahmat, salam dan berkah kepada junjungan kita Muhammad saw yang kekal dan terus menerus, ia kekal karena Kekekalan-Mu, ia tetap karena ketetapan-Mu, ia langgeng karena kelanggengan-Mu, tidak ada ujung bainya tanpa keridhoan-Mutidak ada balasan bagi pembacanya dan yang memintakan rahmat selain surga-Mu dan melihakt Wujud-Mu yang Mulia.”
Kegunaannya :
1. Untuk membuat hati menjadi tenang, membuat pikiran menjadi terang dan untuk menambah tingkat kecerdasan
2. Untuk mendatangkan segala macam hajat baik yang kecil maupun yang besar.

 SHOLAWAT SYIFA’

اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَصِحَّةَ اْلأَبْدَانِ وَعَافِـــيَــتِهَا وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلٰى أٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ.
Artinya :
“Ya Alloh, limpahkanlah rahmat, kepada junjungan kita bnabi Muhammad saw yang menjadi dokter semua hati dan obatnya, yang menjadi sehat semua badan dan kesejahteraannya, yang menjadi cahaya semua hati dan kemuliaannya. Dan semoga rahmat terlimpah kepada segenap keluarga beliau dan kepada para sahabat-sahabatnya, serta limpahkanlah salam dan kesejahteraan kepada mereka semua.

Kegunaan membacanya :
1. Untuk menjadikan tubuh lebih kuat dan sehat
2. Untuk menjadikan tubuh kita selamat, awet muda dan panjang usia
3. Untuk menjadikan hati lebih terang dan bercahaya, sehingga dapat melihat kebaikan dan kebatilan

 SHOLAWAT MUNJIYAT

اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُنْجِيْنَ بِهَا مِنْ جَمِيْعِ اْلأَهْوَالِ وَالْأَفَاتِ وَتَقْضِى بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّــيـِّـــــئَاتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلٰى الدَّرَجَاتِ وِتُبَلِّغُنَا بَهَا أَقْصٰى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاتِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ إِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَىيْئِ قَدِيْرٌ.
Artinya :
“Ya Alloh, limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw, melalui rahmat itu Engkau menyelamatkan kami dari segala ketakutan dan malapetaka. Yang dengan rahmat itu Engkau memenuhi segala hajat kami, yang dengan Engkau mensucikan kami dari segala keburukan, yang dengan Engkau mengangkat derajat kami setinggi-tingginya, yang dengan Engkau mengantar kami ketempat yang paling ujung dari semua kebaikan hidup di dunia dan kehiduan setelah mati.”
Kegunaannya :
1. Untuk mengharumkan bau mulut yang tak sedap
2. Untuk menghilangkan rasa canggung dihadapan orang banyak, dan dapat memancarkan kewibaan melalui ucapannya.

 SHOLAWAT HAJAT DUNIA AKHIRAT

اَللّـٰــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَيَّـدِنَـا مُحَمَّدٍ وَعَـلـٰى أَلِ سَيِّـدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلـٰى أَهْلِ بَــيْـتِهِ
Artinya :
“Y Alloh, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, dan kepada keluarga junjungan kami Nabi Muhammad saw, dan kepada ahli keluarganya ”
Kegunaannya :
Sholawat ini apabila dibaca sebnyak 1000 (seribu) kali maka Allah swt, akan mendatangkan hajatnya sebanyak 100 hajat. Hajat yang 30 (tiga puluh) akan diberikan di dunia dan hajat yang 70 (tujuh puluh) akan di datangan kelak di akhirat.

Shalawat Nariyah

Bacaan shalawat Nabi pertama yang dikatakan paling istimewa adalah bacaan shalawat Nariyah. Orang percaya jika membacanya sebanyak 4.444 kali dalam satu hari maka dirinya akan mendapatkan segala kemudahan dalam hidupnya.

Bacaan Sholawat Nariyah:

اَللهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامَّاعَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الَّذِىْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِى كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

ALLAAHUMMA SHOLLI SHOLAATAN KAAMILATAN WASALLIM SALAAMAAN TAAMMAN ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADINIL LADZII TANHALLU BIHIL’UQODU WATANFARIJU BIHILKUROBU WATUQDHOO BIHILHAWAAIJU WATUNAALU BIHIR ROGHOOIBU WAHUSNUL KHOWAATIMI WAYUSTASQAAL GHOMAAMU BIWAJHIHILKARIIMI WA’ALAA AALIHII WASHOHBIHII FII KULLI LAMHATIN WANAFASIN BI’ADADI KULLI MA’LUUMIN LAKA.

Artinya :

Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.

Bacaan shalawat Nabi yang satu ini diciptakan oleh Syekh Nariyah. Barang siapa mau mengamalkan shalawat Nariyah setiap hari minimal sebanyak 100 kali secara istiqomah maka ia akan mendapatkan kelancaran rezeki, dimudahkan urusannya, Dijauhkan dari penyakit dan bahaya, dan Dikabulkan hajatnya.

Bacaan Sholawat Fatih

.

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَلْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِماَ سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الْحَقَّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِى إِلٰى صِرَاطِكَ الْمُسْـتَقِيْمِ. صَلَّى اللّٰـهُ عَلَيْهِ وَعَلٰى أٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيْمِ

ALLAHUMMA SHOLLI ALA SAYYIDINA MUHAMMADDINIL FATIHI LIMA UGHLIQO WAL KHOTIMI LIMA SABAQO, NASHIRIL HAQQI BIL HAQQI WAL HADI ILA SHIROTIKAL MUSTAQIM WA ALA ALIHI HAQQO QODRIHI WA MIQ DARIHIL ADZIM

ARTINYA :

Ya Allah limpahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah kepada nabi Muhammad SAW, sebagai pemuka sesuatu yang terkunci, dan penutup sesuatu (para nabi) yang terdahulu, dialah penolong yang benar dengan membawa kebenaran serta petunjuk menuju jalan-Mu yang lurus. Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada keluarga dan para sahabatnya dengan sebenar-benarnya dengan pangkat dan kedudukan yang agung.

Keutamaan bacaan shalawat fatih :

Untuk bisa bertemu dengan Rasulullah SAW di dalam mimpi.
Untuk bisa bertemu dan berkumpul dengan Rasulullah SAW di akhirat kelak.
Untuk menghilangkan segala kesempitan hidup dan segala urusan yang sulit.
Untuk mengahups dosa-dosa kecil.

Bacaan Shalawat Quthbul Aqthob

اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلأَوَّلِيْنَ وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلآخِرِيْنَ وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلـمُرْسَلِيْنَ وَصَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى الْمَلَإِ اْلأَعْلٰى إِلٰى يَوْمِ الدِّيْنَ

ALLAHMMA SHOLLI ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN FIL AWWALIIN WASHALLI ‘ALAA SAYYIDINA MUHAMMADIN FIL AAKHIRIINAA WASHALLI ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN FINNABIYYIN WASHALLI ‘ALAA SAYYIDINA MUHAMMADIN FIL MURSALIIN, WASHALLI ‘ALAA SAYYIDINA MUHAMMADIN FIL MALAIL A’LAA ILAA YAUMIDDIIN.

ARTINYA :

Ya Allah, berikan rahmat takdzim kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, di masa-masa permulaan dan berikan rahmat kepada Nabi Muhammad SAW, di masa-masa penghabisan dan berikan rahmat kepada Nabi Muhammad SAW sebagai utusan serta berikan rahmat kepada Nabi Muhammad SAW dan kepada orang-orang yang memiliki kemuliaan sampai hari kiamat.

Bacaan Shalawat Nabi ini memiliki keutamaan Untuk menyembuhkan penyakit panas, pusing, dan batuk juga Untuk menyembuhkan penyakit gila serta penyakit-penyakit lainnya.

Bacaan Sholawat Mukafaah

اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عِلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً دَائِمَةً مَقْبُوْلَةً تُـؤَدِّى بِهَا حَقَّهُ الْعَظِيْمِ

ALLOHUMMA SHOLLI ‘ALA SAYIDINA MUHAMMADIN WA ‘ALA ALIHI SAYIDINA MUHAMMAD, SHOLATAN MAQBULATAN TU,ADDI BIHA ‘ANNA HAQQOHUL ‘ADZIM

ARTINYA :

Ya Allah, limpahkanlah rahmat, salam dan berkah kepada junjungan kita Muhammad SAW yang ummi (tidak bisa baca tulis) yang menjadi kekasih Allah SWT, yang luhur pangkatnya dan yang agung kemuliaannya, dan limpahkanlah pula atas keluarganya dan para sahabatnya.

Bacaan Sholawat Ma’tsuroh

Shalawat nabi ma’tsuroh adalah shalawat yang kalimat, cara membaca, waktu membaca serta keutamaannya sudah diajarkan oleh Rasulullah SAW sendiri.

أللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى مُحّمَّدٍ نِالنَّـبِىِ اْلأُمِّىِّ وَعَلٰى اٰلِهِ وَسَلِّمْ

ALLAAHUMMA SHOLLI ‘ALAA MUHAMMADIN NABIYYIL UMMIYYI WA ‘ALAA AALIHI WASALLIM

ARTINYA :

Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada Nabi Muhammad yang tiada dapat membaca dan menulis (Ummy) dan semoga keselamatan tercurah kepada segenap keluarganya.

BACAAN SHOLAWAT KAMILAT

اَللّـٰــهُمَّ صَلِّ وَسَلِّـمْ وَبَـارِكْ عَـلـٰى سَــيـِّـدِنَـا مُحَمَّدٍ وَعَـلـٰى أٰلِـهِ كَمَا لَا نِـهَايَـةَ لِـكَـمـَالِكَ عَدَدَ كَـمـَالِـهِ
Artinya :
“Ya Allah, limpahkanlah rahmat keselamatan dan berkah kepada junjungan kami Muhammad dan keluarganya, sebagaimana tiada batas akhir bagi kesempurnaan-Mu, sebagai hitungan kesempurnaan”.


….

Kumpulan Teks Bacaan Sholawat Nabi Latin
Kumpulan Teks Bacaan Sholawat Nabi Lengkap Yang Benar Latin – Sholawat yaitu merupakan salah satu doa kita kepada Alloh SWT yang di peruntukan bagi baginda Rosululloh SAW, sebagai bentuk wuud rasa kecintaan kita kepada Nabi, Oleh lantaran itu lantaran Nabi Muhammad SAW yaitu merupakan Nabi selesai jaman yang tidak akan lahir lagi Nabi dan baginda Rosul itu yaitu yang telah mambawakan rahmat kepada kita semua sehingga kita sanggup menikmati kehidupan di dunia ini yang penuh dengan kedamaian.

Nabi Muhammad SAW sanggup memberika safaat nanti di hari kiamat, maka sepantasnya dan harus kita selalu menyebut-nyebut Nama ia dengan melalui bacaan sholawat nabi sepanjang hayat siang maupun malamnya supaya kita di akui sebagai umatnya nanti di hari selesai zaman dan mendapat safaatnya maka perbanyaklah membaca sholawat lantaran banyak hadits yang menunjukkan klarifikasi ihwal menganjurkan baca sholawat lantaran pada bacaan sholawat nabi itu mempunyai keutamaan dan manfaat bagi yang membacanya.

Maka untuk itu kami di sini akan mengembangkan kumpulan macam teks bacaan sholawat Nabi atau Rosul lengkap yang benar dalam tulisa arab latin dan artinya guna untuk mempermudah penghafalan sholawat yang akan kita hapalkan, lantaran sholawat nabi muhammad itu mempunyai banyak namanya seperti, bacaan sholawat nariyah, bacaan shalawat badar sholawat munfarijah, sholawat fatih, sholawat syifa dan masih banyak lagi nama-nama sholawat lainnya.
Kumpulan Teks Bacaan Sholawat Nabi Lengkap Yang Benar Latin Kumpulan Teks Bacaan Sholawat Nabi Lengkap Yang Benar Latin

Inilah Teks Bacaan Sholawat Nabi Lengkap Yang Benar Latin
1. Dari Ka’ab bin Ujroh, bercerita

“Wahai Rasulallah, kami sudah mengetahui bagaimana cara mengirim salam kepadamu. Lalu bagaimana cara kami bersholawat kepadamu? Nabi SAW bersabda ucapkanlah

Allahumma sholli ‘ala sayyidinaa Muhammad wa ‘ala ali sayyidinaa Muhammad

Yang artinya :Ya allah berilah sholawat serta salam kepada sayyaid kita Muhammad dan keluarganya

2. Dari hadist riwayat bukhori diriwayatkan sebagai berikut

“Allahumma sholli ‘ala sayyidinaa Muhammad wa ‘ala ali sayyidinaa Muhammad kama shollaita ‘ala sayyidinaa Ibrahim wa ‘ala ali sayyidinaa Ibrahim, innaka hamidun majid. Allahumma barik ‘ala sayyidinaa Muhammad wa ‘ala ali sayyidinaa Muhammad kama barokta ‘ala sayyidinaa Ibrahim wa ‘ala ali sayyidinaa Ibrahim, innaka hamidun majid.”

Yang artinya :Ya allah berilah sholawat kepada Muhammad dan keluarganya lantaran engkau memberi sholawat kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya engkau Maha Terpuji lagi Maha Penyayang Ya Tuhan berilah sholawat kepada Muhammad dan keluarganya lantaran engkau memberi sholawat kepada keluarga Ibrahim.Sesungguhnya engkau Maha Terpuji lagi Maha Penyayang.

Simak juga artikel tentang TEKS PIDATO TENTANG DISIPLIN KUNCI KESUKSESAN

Keutamaan sholawat Nabi  :

1. Tuhan memerintahkan hambaNya untuk bersholawat

Tuhan Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan hambaNya untuk bersholawat kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Dia berfirman:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

“Sesungguhnya Tuhan dan Malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzaab: 56)

2. Siapa bersholawat satu kali, Tuhan membalasnya 10 kali

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

“Barangsiapa bersholawat kepadaku satu kali, pasti Tuhan bersholawat kepadanya sepuluh kali” (HR. Muslim)

Demikian yang sanggup kami sajikan tentang kumpulan teks bacaan sholawat nabi lengkap yang benar dalam goresan pena arab, latin dan artinya, biar dengan adanya artikel kami ini sanggup membawa manfaat bagi kita semua dan kita sanggup mendapat safaat dari baginda Rosululloh SAW nanti di hari kiamat.

Manfaat dan keutamaan sholawat nabi

• Diriwayatkan dari abdullah bin ‘amr, Rasulullah bersabda

“Barang siapa membaca sholawat kepadaku dan meminta agar mendapat wasilah dariku, maka dia berhak mendapat syafaatku kelak di hari kiamat.” (Fadlu Ash-sholah ‘alannabiy no 50, Ismail bin Ishaq Al jahdiy. Dianggap shohih oleh syeikhAlbani).

Dari hadist yang dikutip diatas bahwa sebenarnya seseorang yang bersholawat kepada nabi dengan tujuan agar mendapatkan syafaat maka oleh nabi dijanjikan syafaat tersebut kelak dihari kiamat.Hari dimana semua amal perbuatan dimintai pertanggung jawaban.

Perbanyaklah bersholawat di hari Jumat

Rasulallah bersabda

“Perbanyaklah bersholawat kepadaku pada setiap Jumat, karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada hari Jumat.Barang siapa yang banyak bersholawat kepadaku dialah yang paling dekat denganku besok dihari kiamat.”( HR. Baihaqi dalam sunan al kubro. )

Dari hadist diatas dapat diambil kesimpulan bahwa sebagai umat nabi Muhammad yang menginginkan syafaatnya kelak, hendaklah perbanyak mengamalkan dan membaca sholawat nabi pada hari Jumat. Karena pada hari itu semua sholawat yang dibacakan seseorang kepada nabi Muhammad akan ditunjukkan oleh malaikat yang telah ditugaskan Allah untuk mengawasi umat yang bersholawat kepada Nabi.

Dari Abu Hurairah, Nabi bersabda

“Barang siapa bersholawat kepadaku satu kali maka Allah akan membalas pahalanya sebanyak sepuluh kali.”

Dari sini sudah sangat jelas apa balasan umat yang mau bersholawat kepada Nabi. Bayangkan bila anda bersholawat kepada nabi sebanyak 5 kali maka Allah akan membalasnya sebanyak 50 kali. Bila sampai 1000 kali bersholawat maka Allah akan semakin melipat gandakan pahala yang diberikan kepada hambanya tersebut.

Sangat mudah bukan jika anda ingin masuk surga bersama nabi? Hanya dengan sholawat nabi ini ternyata bisa membuat anda dekat dan bahkan bisa melihat nabi secara langsung kelak di surga. Insya Allah. Amin

Anas bin Malik Radhiallahu’an berkata, pernah mendengar Rasulullah bersabda

“Barang siapa membaca sholawat kepadaku satu kali maka Allah akan membalasnya sepuluh kali, dan digugurkan kesalahan(dosa)nya sepuluh kali, serta ditinggikan baginya sepuluh derajat/tingkatan disurga kelak.”

Subhanallah, hanya dengan satu kali sholawat nabi, kebaikan serta balasan yang didapatkan sangat besar. Surga adalah apa yang dipenuhi berbagai hal sepele yang bahkan tidak sadar terkadang dilewatkan begitu saja.

Surga adalah apa yang selama ini diidamkan oleh seluruh umat Muslim didunia. Bila cara mendapatkan surga saja sudah semudah ini apakah masih ada yang mau melewatkan begitu saja?

Bacaan Sholawat Nabi dan Terjemahannya

Lalu apa sajakah sholawat yang bisa menghantarkan lebih dekat dengan Nabi kelak disurga Allah ?Berikut penjelasannya.

1. Dari zaid bin Abdullah, bahwa sebenarnya mereka dianjurkan membaca sholawat dengan bacaan berikut :

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الأُمِّيِّ

Teks Bacaan Shalawat Nabi Muhammad SAW dalam Bahasa Indonesia

Allahumma sholli ‘ala Muhammad an nabiyyil ummiyyi’

Teks Terjemahan Shalawat Nabi Muhammad SAW
Yang artinya :
Ya Allah berilah shalawat kepada Muhammad Nabi yang Ummi.(Fadlu Ash Sholah ‘Alan Nabiy no 60 SyeikhAlbani menganggap hadist ini shohih)

2. Dari Ka’ab bin Ujroh, bercerita

“Wahai Rasulallah, kami sudah mengetahui bagaimana cara mengirim salam kepadamu. Lalu bagaimana cara kami bersholawatkepadamu? Nabi SAW bersabda ucapkanlah

اللَّهُمَّ صّلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

Bacaan Shalawat Nabi Muhammad SAW dalam Bahasa Indonesia

Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama shollaita ‘ala ali Ibrahim, innaka hamidun majid

Terjemahan Shalawat Nabi Muhammad SAW
Yang artinya :
Ya allah berilah sholawat kepada muhammad dan keluarganya karena engkau memberi sholawat kepada keluarga ibrahim. Sesungguhnya Allah Maha Terpuji lagi Maha Penyayang. (Fadlu Ash Sholah ‘Alan Nabiy no 56 SyeikhAlbani menganggap hadist ini shohih).

3. Dari hadist riwayat bukhori diriwayatkan sebagai berikut

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Bacaan Shalawat Nabi Muhammad SAW dalam Bahasa Indonesia

“Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama shollaita ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, innaka hamidun majid. Allahumma barik ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama barokta ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, innaka hamidun majid.”

Terjemahan Shalawat Nabi Muhammad SAW
Yang artinya :
Ya allah berilah sholawat kepada Muhammad dan keluarganya karena engkau memberi sholawat kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya engkau Maha Terpuji lagi Maha Penyayang Ya Allah berilah sholawat kepada Muhammad dan keluarganya karena engkau memberi sholawat kepada keluarga Ibrahim.Sesungguhnya engkau Maha Terpuji lagi Maha Penyayang.

Demikian beberapa sholawat yang dilakukan oleh para sahabat nabi. Sebagai umat Nabi Muhammad hendaklah meniru apa yang dilakukan para sahabat sebagai i’tibar agar semakin mantap langkah yang diambil dalam menjalani kehidupan.

Maka sebagai umat yang memiliki banyak kesalahan dan dosa, hendaklah perbanyak sholawat nabi agar semakin dekat dengan Nabi Muhammad.Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar