Pentingnya Tanggung Jawab dan Solusi dari sebuah Masalah

 

Pentingnya Tanggung Jawab dan Solusi dari Masalah.

halo gays, kali ini admin akan sedikit membahas  tentang pentingnya sebuah tanggung jawab..

 

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau  perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanpa tanggung jawab atau kurangnya sebuah tanggungjawab maka kehidupan akan kacau. Pentingya tanggung jawab dalam diri seseorang adalah agar orang tersebut tidak mengalami kegagalan atau kerugian untuk dirinya maupun orang lain. Karena dengan adanya tanggung jawab kita akan mendapatkan hak kita seutuhnya.

Masalah tersebut sangat serius karena mengakibatkan anak tersebut akan menjadi malas dan menggantungkan pada orang lain Masalah kurangnya tanggung jawab terhadap pekerjaan itu sangat luas bahkan terjadi di dalam kehidupan sehari-hari contohnya ada banyak mahasiswa yang tidak melaksanakan pekerjaan yang diberikan oleh dosennya mereka hanya mencontek pekerjaan oranglain. Masalah tersebut ditangani dengan dirinya sendiri dengan tumbuhya kesadaran.

kita ambil contoh misal dalam kasus mahasiswa yang mencontek, tidak ada undang-undang yang mengatur tetapi ada peraturan iri disetiap tempat. Yang memperhatikan masalah tersebut adalah setiap individu atau dosen. Mereka tertarik karena masalah tersebut terjadi pada kehidupan sehari-hari. Langkah-langkah yang meraka ambil adalah mengurangi kebiasaan buruk dan melakukan kebiasaan baik sehingga tanggungjawab itu dapat terlaksana. Keutungan dari langkah tersebut yatu kita dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan menjadi pribadi yang mandiri.

 

MENGKAJI KEBIJAKAN ALTERNATIF UNTUK MENANGANI MASALAH

                Kita mengetahui bahwa sebuah tanggungjawab itu sangat penting karena didalam suatu pekerjaaan harus didasari rasa tangguingjawab supaya pekerjaan itu terlaksana baik. Jika rasa tanggungjawab  itu berkurang maka terdapat kebijakan-kebijakan untuk menangani masalah tersebut tetapi kebijakan itu ada keuntungan dan kekurangan diantaranya:

Kebijakan dari mahasiswa

Pertama:

 Yaitu kebijakaan menangani masalah ini yaitu saya berintropeksi dulu dimana letak kurangnya rasa tanggung jawab itu. Kedua, saya mulai sedikit demi sedikit melakukan sebuah tanggungjawab itu dimulai dari hal kecil terlebih dahulu. Ketiga, jika saya bertanggungjawab terhadap hal kecil maka dari situ semua tanggung jawab yang saya hadapi dapat dikerjakan semaksimal mungkin. Keuntungannya dari kebijakan ini yaitu kita dapat lebih bertanggungjawab untuk menghadapi masalah dan dapat menyelesaikan suatu pekerjaan dengan maksimal. Kerugiannya seseorang sulit sekali untuk berinstropeksi sendiri.

 

Kedua :

Kebijakan untuk menangani masalah itu yaitu dibuatkan peraturan, kemudian jika anak itu melanggar peraturannya maka anak itu di beri peringatan sesuai apa yang dia langgar. Keuntungan dari kebijakan ini yaitu seseorang lebih berhati-hati lagi untuk bertanggungjawab dalam melakukan suatu pekerjaan. Kerugiannya seseorang sering melanggar aturan yang ada.

 

Ketiga:

Kebijakan yang saya ambil yaitu dengan melatih kedisiplinan diri untuk lebih bertanggungjawab. Keuntungannya seseorang akan lebih bertanggungjawab untuk suatu pekerjaan. Kerugiannya yaitu susah untuk melatih disiplin diri.

 

 

MENGUSULKAN KEBIJAKAN ALTERNATIF UNTUK MENANGANI MASALAH

Tanggungjawab merupakan hal sangat penting untuk kehidupan dimana ada pekerjaan disitu terdapat suatu tanggungjawab yang besar, kurangnya rasa tanggungjawab maka pekerjaan tidak akan terselesaikan. Dalam hal itu kelompok kami mengusulkan kebijakan untuk menangani masalah ini yaitu memodifikasi dari kebijakan diatas dan menggabungkan hasil diskusi kelompok kami sendiri.

Kebijakan diatas yaitu menaati peraturan yang dibuat oleh dosendan  berlaku di tempat jenjang pendidikan atau sekitar sedangkan hasil diskusi kami yaitu mereka sendiri harus berintropeks dekati diri dan melakukan konsultasi kepada teman ataupun orang yang lebih tua.

Dengan menggabungkan kebijakan ini maka kebijakan alternatif untuk menangani masalah ini yaitu dengan adanya peraturan yang berlaku dan harus ditaati maka seseorang akan lebih berhati-hati untuk melakukan suatu pekerjaan dan dia akan bertanggungjawab tetapi jika dia melakukan kesalahan atau tidak bertanggungjawab maka dia akan melakukan konsultasi kepada seseorang yang didekatnya.

Keuntungan dari kebijakan ini yaitu seseorang akan memahami pentingnya suatu tanggungjawab dalam kehidupan dan dia tidak mengabaikan apa yang sudah dipertanggungjawabkan. Sedangkan kerugiannya pekerjaan yang didapatkan tidak dilakukan dengan maksimal dan terbengkalai.

 

MENGKAJI KEBIJAKAN ALTERNATIF UNTUK MENANGANI MASALAH

Melihat kebijakan diatas untuk menangani masalah ini pihak yang mendukung diantaranya ada mahasiswa, dosen dan teman. Untuk mempengaruhi orang tersebut agar lebih bertanggugjawab dengan cara melakukan sosialisasi dan memberikan pengarahan serta pendekatan kepada orang yang bersangkutan.

Misalnya dosen tersebut memberikan pengarahan atau bimbingan khusus terhadap mahasiswa yang kurang bertanggungjawab dalam mengerjakan tugasnya.      Mengadakan seminar tentang rasa tanggunng jawab agar mahasiswa bisa memahami pentingnya sebuah tanggungjawab melaksanakan suatu pekerjaan.Dengan adanya seminar atau sosialisasi maka orang yang berpengaruh seperti dosen mendukung kebijakan tersebut sedangkan mahasiswa memperoleh kebijakan dari hasil sosialisasi.

Tinggalkan komentar