CONTOH TEKS PIDATO & PIDATO PERSUASIF DENGAN BERBAGAI TEMA YANG MENARIK.

CONTOH TEKS PIDATO & PIDATO PERSUASIF DENGAN BERBAGAI TEMA YANG MENARIK.

Hallo gaes bertemu dengan syahrulanam kami disini akan membahas tentang Pidato, pidato singkat, contoh pidato, contoh pidato bahasa jawa.

Oke sebelum itu mar kita smak konten konten sebelumnya dan jangan lupa untuk membagikannya.

Oke langsung saja gaes mari kita simak uraian konten dibawah ini:

Mengapa admin ingin membagikan tentang berbagai pidato tentang pendidikan? Karena dulu admin pernah mengalami kesulitan mencari tema ketika dikasih amanah menjadi pembicara pidato tentang pendidikan di sekolah.

Masalah yang kami alami pada saat itu adalah kami kesulitan untuk mencari tema teks pidato yang cocok dan mudah untuk digunakan saat itu.

berdasarkan kesulitan yang kami alami, admin tentunya tidak ingin temen-temen juga mengalami kesulitan ketika mencari sumber contoh teks pidato apabila temen-temen di anahi menjadi pembina upacara. Karena jika kita tidak mempersiapkan materi untuk menjadi pembina, anda akan

merasakan demam panggung yang hebat, namun jika kita mempersiapkan materi yang akan di sampaikan maka anda tidak akan mengalami kesulitan.

1. Pembahasan Tentang Teks Pidato

Kami sebagai admin telah menyiapkan solusi dari permasalahan diatas, yaitu dengan cara mengumpulkan berbagai contoh Kami sebagai penulis mempunyai solusi dari permasalahan yang tadi, yakni dengan cara mengumpulkan berbagai Teks Pidato dari berbagai sumber yang kami rangkum jadi satu. Tujuan uatama kami agar anda mudah dalam mencari teks amanat pembina upacara yang cocok dengan tema yang ingin anda sampaikan.

Semua orang pasti mempunyai kesulitan, kesulitan dijumpai ketika anda sudah menemukan teksnya namun tidak sesuai dengan tema yang ingin anda sampaikan. masalah itu memang sudah sering terjadi , untuk itu anda sangat beruntung sudah berada di web ini, disini menyajikan macam-macam contoh teks amanat pembina upacara yang lengkap.

Langkah selanjutnya anda tinggal mendalami teks amanat pembuna upacara yang sesuai dengan tema yang anda inginkan, alangkah baiknya abda juga harus mengetahui minimal tentang pengertian pidato dan unsur-unsur pidato agar anda bisa tahu, apa itu pidato dan bagaimana cara berpidato yang baik dan tidak mengalami demam panggung atau gugup.

2. Pembahasan seputar pidato.

teks pidato perpisahan

A. Pengertan Pidato
Pidato adalah suatu berbcara dengan susunan yang baik, kegiatan berbicara ini dlakukan di depan umum, dan disampaikan kepada orang banyak. Sebuah Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengarnya.

Seseorang yang memilki kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum, mengakbatkan orang tersebut mudah untuk mencapai jenjang karir yang lebh baik, Pidato bisa dilakukan oleh siapa saja, namun biasanya pidato sering dibawakan oleh seseorang yang cukup penting untuk memberikan orasi-orasi pada suatu acara tertentu.

B. Tujuan Pidato
Rekan-rekan sekalian disini admin sedikit menyampaikan tujuan pidato pada umumnya meliputi beberapa hal berikut ini : Memberi informasi pada orang lain, Mempengaruhi orang lain, Menghibur orang lain dengan isi pidato yang disampaikan.

4. Macam-Macam Pidato

Secara umum pidato di bagi menjadi beberapa macam yaitu :

a. Pidato Pembukaan, adalah berbicara di depan umum yang dibawakan oleh MC.

b. Pidato pengarahan adalah berbicara di depan umum yang bertujuan untuk mengarahkan pada suatu hal.

c. Pidato Sambutan, adalah berbicara di depan umum yang disampaikan pada suatu acarayang dapat di bawakan oleh beberapa orang secara bergantian dengan waktu yang terbatas.

d. Pidato Peresmian, adalah berbicara di depan umum yang dilakukan oleh seseorang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu (sambutan).

e. Pidato Laporan, yakni berbicara di depan umum yang isinya melaporkan suatu tugas atau kegiatan (pengumuman).

f. Pidato Pertanggungjawaban, adalah berbicara di depan umum yang isinya laporan pertanggungjawaban suatu hal atau kegiatan.

5. Macam- macam Metode penyampaian Pidato

Apakah anda tau teknik atau metode ada berapa? metode dalam membawakan suatu pidato dibagi menjadi 3 metode sebagai berikut:

A. Metode menghapal, adalah berpidato dengan cara membuat strategi pidato dan menghafal teks dari kata per kata.

B. Metode serta merta, adalah berpidato dengan cara mengandalkan pengalaman dan wawasan atau tanpa persiapan. metode ini sering kali digunakan dalam keadaan darurat dan tak terduga.

C. Metode naskah, adalah berpidato dengan cara menggunakan naskah atau teks yang telah siapkan sebelumnya. namun metode ini hanya bisa dipakai pada pidato-pidato resmi saja.

6. Susunan Pidato

A.Pembukaan (puji syukur, solawat dan penghormatan kepada peserta upacara)

B. Pendahuluan (menggambarkan sedikit isi pidato)

C. Isi atau materi pidato yang tersusun (maksud, tujuan, sasaran, rencana, langkah, dll.)

D. Penutup (kesimpulan, harapan, pesan, salam penutup, dll)

7. Tips Berpidato Agar Percaya Diri

Alangkah baiknya sebelum memberikan pidato di depan umum, sebaiknya anda melakukan persiapan.

Adapun hal yang anda siapkan sebagai berikut:

A. Berdoa sebelum anda mulai berpidato

B. Jenis dan Tema yang sesuai dengan pendengar.

C. Mengetahui durasi pidato yang akan dibawakan.

D. Menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti.

E. Berusahalah tenang dan anggaplah penonton sebagai orang biasa, jika mereka praktek ia akan merasakan apa yang kita rasakan.

demikian pembahasan singkat tentang pengertian pidato, unsur-unsur pidato, cara berpidato agar tidak grogi. oke sekarang kita kembali lagi ke pokok pembahasan kita yaitu tentang contoh pidato, langsung saja kita simak uraian di bawah ini.

4. Berikut ini kita akan mengulas lengkap mengenai contoh pidato singkat yang baik dan benar.

Mulai dari contoh pidato perpisahan, contoh pidato bahasa indonesia, contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato pendidikan, contoh pidato tentang disiplin, contoh pidato narkoba, contoh pidato tentang kesehatan, contoh pidato lucu dan menghibur, contoh pidato agama, contoh pidato tentang kebersihan kelas, dll.

Ulasan Teks Pidato Singkat

1. Contoh Teks Pidato Tentang Pendidikan

Contoh pidato pendidikan
Hari pendidikan

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluh.

Yang Saya Hormati Bapak/Ibu Kepala desa beserta staf desaa..

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu tokoh masyarakat beserta warga desa….

Yang pertama-tama Marilah kita panjatkan puji syukur kita kehadirat Allah SWT, Allahmdulillahi Rabbil ‘Alamin, yang mana pada pagi hari ini Allah SWT tetap memberikan nikmat iman dan islam.

serta nikmat sehat wal afiah sehingga kita bisa melaksanakan kegiatan rutin kita, diskusi umum setiap hari Ahad dengan kondisi yang baik, Oleh karena itulah, kita patut senantiasa bersyukur kepada Allah SWT.

Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita, Nabiyullah Muhammad SAW, seorang yang diutus untuk menyempurnakan akhlak umat manusia, semoga kita kelak mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW, salah satu usaha mendapatkan syafaat Contohdari beliau adalah dengan banyak bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan amanat Pidato yang bertema: pendidikan.

Pendidikan adalah sebuah kebutuhan pokok bagi seluruh manusia, baik itu pendidikan formal maupun nonformal, Pendidikan formal adalah pendidikan yang bisa didapatkan dari lembaga pendidikan yang sudah memperoleh pengakuan dari pemerintah dan memiliki akreditasi

berbeda dengan pendidikan nonformal, pendidikan nonformal adalah pendidikan yang diperoleh dari luar sekoalah, misalnya sepert di lembaga kursus, keuarga, masyarakat dll.

Pendidikan sangat penting karena menyangkut kehidupan di masa depan yang akan datang (generasi penerus bangsa), negara ini maju ya karena generasi muda yang cerdas dan peduli terhadap kemajuan bangsa.

Pendidikan di Indonesia saat ini telah menerapkan program wajib belajar 12 tahun. Harapannya supaya seluruh generasi penerus bangsa dapat memperoleh pendidikan yang cukup agar dapat bersaing di dunia globalisasi.

Dunia globalisasi yang artinya menyeluruh, Globalisasi berarti proses penyebaran unsur-unsur baru yang mencangkup informasi dari seluruh dunia melalui media cetak atau elektronik yang ada di dunia. pengaruh dari globalisasi hampir meliputi semua aspek kehidupan.

Contohnya, dalam bidang transportasi udara, laut, darat. begitu banyak kendaraan yang dapat kita jumpai di jalan raya setiap harinya, banyaknya kapal laut d dermaga serta banyaknya pesawat terbang yang berada di bandara. transportasi ini memudah manusia untuk melakukan aktivitasnya.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan keadaan zaman dahulu apabila seseorang pergi ke suatu tempat yang diinginkan, seseorang harus rela menempuh perjalanan dengan cara manual yaitu jalan kaki.

bukan hanya transportasi saja yang memiliki dampak globalisasi, sistem telekomunikasi juga mempunyai dampak global dalam aspek kehidupan, contohnya adalah handphone Zaman now seperti sekarang ini, handphone nampaknya sudah tidak dapat dipisahkan lagi dengan kehidupan kita.

salah satu contoh pengaruh globalisasi adalah Internet, hal n dapat diketahui karena semua berlomba untuk dapat menggunakannya baik yang sudah tua maupun yang muda. Tidak sedikit dari generasi muda yang menemukan penemuan terbaru hanya melalui internet.

Aspek dunia kuliner juga terpengaruh globalisasi di indonesia. seperti pepatah mengatakan perlahan namun pasti, masyarakat Indonesia sudah dapat menerima makanan-makanan yang berasal dari luar negeri, contohnya seperti pizza, hamburger, kebab, spaghetti, ramen dan lainnya.

fashion juga terpengaruh globalisasi di indonesia hal ini tampak jelas sekali contohnya berbagai jenis pakaian yang viral di luar negeri segera diikuti masyarakat di Indnesia.

Olahraga juga terpengaruh globalisasi hal n terjadi karena sekarang kita sudah bisa menyaksikan melalui channel televisi yang menyiarkan secara langsung pertandingan olahraga dimanapun berada.

Banyaknya aspek yang mampu dipengaruhi globalisasi, hal ini jelas sebagai bukti bahwa setiap masyarakat mampu merasakan pengaruhnya, beberapa aspek yang telah dijelaskan di atas, menandakan bahwasanya pengaruh globalisasi sudah hampir merasuk dalam seluruh aspek kehidupan.

Seluruh orang tentunya merasakan pengaruh yang terjadi akibat globalisasi. oleh karena itu, sebagai masyarakat yang bjak kita sebaknya bisa memilah dan memilih globalisasi ini dengan hanya mengambil manfaat baiknya saja dan menghiraukan unsur negatifnya, sehingga budaya dari manapun yang masuk ke Indonesia dapat terfilter dengan baik dan tentunya terhindar dari hal yang tdak baik.

Apabila pemilihan dari seg manfaatnya dan menghindari sisi negatifnya dilakukan oleh semua masyarakat, maka kearifan budaya Nusantara dapat dijaga dan dipertahankan dengan baik.

itulah yang bisa saya sampaikan semoga apa yang saya sampaikan ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua. sekian dan Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr Wb.

Baca juga: KUMPULAN TEKS AMANAT PEMBINA UPACARA SD LENGKAP!!

2. Contoh Teks Pidato Tentang Bahayanya Narkoba.

Pidato tentang Narkoba
Pidato tentang narkotika

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluh.

Yang Saya Hormati Bapak/Ibu Kepala desa beserta staf desaa..

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu tokoh masyarakat beserta warga desa….

Yang pertama-tama Marilah kita panjatkan puji syukur kita kehadirat Allah SWT, Allahmdulillahi Rabbil ‘Alamin, yang mana pada pagi hari ini Allah SWT tetap memberikan nikmat iman dan islam.

serta nikmat sehat wal afiah sehingga kita bisa melaksanakan kegiatan rutin kita, upacara bendera setiap hari Senin dengan kondisi yang baik, bisa berdiri tegak, bisa menghirup udara segar, bisa menatap indahnya ciptaan Allah, bisa tersenyum, tawa canda dan bisa tetap berfikir menuntut ilmu, karena tidak sedikit orang-orang diluar sana yang tidak bisa / belum bisa menikmati apa yang kita rasakan saat ini. Oleh karena itulah, kita patut senantiasa bersyukur kepada Allah SWT.

Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita, Nabiyullah Muhammad SAW, seorang yang diutus untuk menyempurnakan akhlak umat manusia, semoga kita kelak mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW, salah satu usaha mendapatkan syafaat Contohdari beliau adalah dengan banyak bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan amanat Pidato yang bertema: bahaya narkotika.

Hadirin yang berbahagia,narkoba adalah suatu barang yang terlarang, bukan hanya negara saja yang melarangen tapi agamapun juga melarangnya menkonsumsi narkoba adalah salah satu perbuatan yang menyebabkan timbulnya, berbagai keburukan seperti kejahatan dan juga perbuatan syetan sekaligus perbuatan keji yang harus kita jauhi agar kita selamat di dunia dan akhirat, serta lingkungan masyarakat yang kita tinggali menjadi aman, tentram dan sejahtera.

Hadirin yang saya muliakan, Janganlah sekali kali kita untuk mencoba menggunakan narkoba, karena jika kita sudah mencobanya maka kita akan rugi seumur hidup kita, karena Hidup akan terasa terbelenggu dan ketergantungan terhadap narkoba tersebut yang sudah jelas jelas merugikan kita.

Oleh karena itu marilah kita semua mencegah para putra dan putri bangsa agar tidak mengkonsumsinya. Mulai dari sekarang janganlah kita bosan untuk menasehati mereka agar mereka menjauhi narkotika dan mulailah berlomba-lomba meraih cita-cita yang tinggi agar kelak menjadi orang yang tidak merugi dikemudian hari

Hadirin yang saya muliakan. Mungkin ini yang bisa saya sampaikan, apabila ada salah kata atau ucapan mohon saya mohon maaf yang sebesar besarnya, sekian dan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Baca juga: KUMPULAN TEKS AMANAT PEMBINA UPACARA SD LENGKAP!!

3. Teks Pidato Tentang bahayanya Narkoba

pidato tentang kesehatan

Bismillahirrahmanirrahim..

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluh.

Yang Saya Hormati Bapak/Ibu Kepala desa beserta staf desaa..

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu tokoh masyarakat beserta warga desa….

Yang pertama-tama Marilah kita panjatkan puji syukur kita kehadirat Allah SWT, Allahmdulillahi Rabbil ‘Alamin, yang mana pada pagi hari ini Allah SWT tetap memberikan nikmat iman dan islam.

serta nikmat sehat wal afiah sehingga kita bisa melaksanakan kegiatan rutin kita, diskusi umum setiap hari Ahad dengan kondisi yang baik, Oleh karena itulah, kita patut senantiasa bersyukur kepada Allah SWT.

Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita, Nabiyullah Muhammad SAW, seorang yang diutus untuk menyempurnakan akhlak umat manusia, semoga kita kelak mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW, salah satu usaha mendapatkan syafaat Contohdari beliau adalah dengan banyak bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Para hadirin yang saya hormati.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita senantiasa memanjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah SWT atas segala nikmat dan rahmat berupa kesehatan sehingga pada kesempatan ini kita bisa hadir di forum penerangan bahaya narkotika ini.

Hadirin yang berbahagia,narkoba adalah suatu barang yang terlarang, bukan hanya negara saja yang melarangen tapi agamapun juga melarangnya menkonsumsi narkoba adalah salah satu perbuatan yang menyebabkan timbulnya, berbagai keburukan seperti kejahatan dan juga perbuatan syetan sekaligus perbuatan keji yang harus kita jauhi agar kita selamat di dunia dan akhirat, serta lingkungan masyarakat yang kita tinggali menjadi aman, tentram dan sejahtera.

Hadirin yang saya muliakan, Janganlah sekali kali kita untuk mencoba menggunakan narkoba, karena jika kita sudah mencobanya maka kita akan rugi seumur hidup kita, karena Hidup akan terasa terbelenggu dan ketergantungan terhadap narkoba tersebut yang sudah jelas jelas merugikan kita.

Oleh karena itu marilah kita semua mencegah para putra dan putri bangsa agar tidak mengkonsumsinya. Mulai dari sekarang janganlah kita bosan untuk menasehati mereka agar mereka menjauhi narkotika dan mulailah berlomba-lomba meraih cita-cita yang tinggi agar kelak menjadi orang yang tidak merugi dikemudian hari

Hadirin yang saya muliakan. Mungkin ini yang bisa saya sampaikan, apabila ada salah kata atau ucapan mohon saya mohon maaf yang sebesar besarnya, sekian dan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

kunjung juga contoh teks Amanat Pembina Upacara

4. Teks Pidato Singkat memperingatai hari Pendidikan

contoh pidato pendidikan

Bismillahirrahmanirrahim..

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluh.

Yang Saya Hormati Bapak/Ibu Kepala desa beserta staf desaa..

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu tokoh masyarakat beserta warga desa….

Yang pertama-tama Marilah kita panjatkan puji syukur kita kehadirat Allah SWT, Allahmdulillahi Rabbil ‘Alamin, yang mana pada pagi hari ini Allah SWT tetap memberikan nikmat iman dan islam.

serta nikmat sehat wal afiah sehingga kita bisa melaksanakan kegiatan rutin kita, diskusi umum setiap hari Ahad dengan kondisi yang baik, Oleh karena itulah, kita patut senantiasa bersyukur kepada Allah SWT.

Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita, Nabiyullah Muhammad SAW, seorang yang diutus untuk menyempurnakan akhlak umat manusia, semoga kita kelak mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW, salah satu usaha mendapatkan syafaat Contohdari beliau adalah dengan banyak bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Alhamdulillah daalam kesempatan yang berbahagia ini marilah kita bersyukur kepada Allah SWT. Atas segala nikmat serta hidayah-Nya yang telah dicurahkan kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa hadir dalam acara peringatan hari pendidikan nasional.
Hadirin yang berbahagia.

Pendidikan adalah suatu hal yang penting dalam kehidupan manusia, muncullah ilmu-ilmu baru, dalam hal mencari ilmu, Allah subhanahuwataalla pernah menguji para Malaikat-malaikat-Nya. Bahwa ternyata tidak ada seseorangpun di dunia ini yang mempunyai ilmu pengetahuan, kecuali hanya Allah.

Sebagian ilmu yang kita miliki ini adalah titipan Allah. Bahkan Malaikat pun tidak akan memiliki ilmu pengetahuan, selain apa yang telah diajarkan kepadanya. Oleh karena itu kita tidak boleh sombong dengan pengetahuan yang kita miliki. Bahkan dengan apapun yang kita miliki tidak boleh sombong.

Hadirin yang saya hormati.

Sebagian dari keutamaan orang mencari ilmu adalah dimudahkan serta dibimbing melalui jalan menuju kebenaran. Betapa pentingnya orang yang menuntut ilmu, sehingga diberikan pengetahuan yang luar biasa. Peranan para tenaga pengajar juga sangatlah penting. Sehingga orang yang bersamanya dukuk untuk menimba ilmu pengetahuan darinya walaupun hanya satu jam saja itu lebih disukai oleh Allah dari pada pahalanya dalam beribadah seribu tahun.

Penutup Pidato Pendidikan :
Hanya itu yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan ada manfaatnya serta diberikan ilmu yang bermanfaat dan di ridha’i Allah. Amiin

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Baca juga: KUMPULAN TEKS AMANAT PEMBINA UPACARA SD LENGKAP!!

5. Teks Pidato Singkat tentang Perpisahan Sekolah

pidato perpisahan sekolah

Bismillahirrahmanirrahim..

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluh.

Yang Saya Hormati Bapak/Ibu Kepala Sekolah beserta staf Sekolah..

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu tokoh masyarakat beserta warga desa….

Yang pertama-tama Marilah kita panjatkan puji syukur kita kehadirat Allah SWT, Allahmdulillahi Rabbil ‘Alamin, yang mana pada pagi hari ini Allah SWT tetap memberikan nikmat iman dan islam.

serta nikmat sehat wal afiah sehingga kita bisa melaksanakan kegiatan rutin kita, diskusi umum setiap hari Ahad dengan kondisi yang baik, Oleh karena itulah, kita patut senantiasa bersyukur kepada Allah SWT.

Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita, Nabiyullah Muhammad SAW, seorang yang diutus untuk menyempurnakan akhlak umat manusia, semoga kita kelak mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW, salah satu usaha mendapatkan syafaat Contohdari beliau adalah dengan banyak bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Saya mewakili seluruh siswa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyempatkan hadir dalam acara istimewa ini. Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran para orang tua siswa, guru-guru, kepala sekolah, staf sekolah serta teman-teman semua.

Hadirin yang saya hormati,

Waktu tak terasa telah berlalu hingga pada hari ini, tak terasa ternya kami sudah di depan pintu perpisahan dan kami akan melangkah ke jalan yang baru di depan. Semua ilmu yang bapak/ibu guru berikan selama ini di sekolah akan sangatlah berarti dan akan terus kami kenang sepanjang masa.

Kami ucapkan terima kasih yang sedalam dalamnya kepada guru-guruku tercinta yang telah sabar serta telaten untuk membimbing kami dalam menimba ilmu di sekolah. Kami berdoa semoga apa yang telah diberikan menjadi bekal kami untuk menjadi manusia yang berguna di masyarakat.

Penutup Pidato Perpisahan Sekolah :
Disinilah kami berjumpa dan disinilah berpisah. Semoga perpisahan kali ini bukanlah akhir dari segalanya, Kami yang nantinya akan menjadi alumni sekolah akan tetap menjalin silaturahmi dengan sekolah yang tercinta ini.

Kami selaku siswa yang mungkin telah banyak membuat kesalahan serta merepotkan pihak-pihak pendidik atau guru di sekolah ini, Kami mengucapkan beribu-ribu maaf kepada ibu dan bapak guru semua atas jerih payahnya selama ini untuk mencerdaskan kami semua.

Demikianlah pidato perpisahan yang bisa saya sampaikan, kami saya selaku perwakilan siswa kelas… yang alhamdulillah hari ini melaksanakan acara perpisahan sekolah tercinta. mohon doa restunya kepada guruku sekalian semoga kami bisa meraih cita-cita dengan terus semangat dalam belajar untuk meraihnya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Simak juga artikel tentang TEKS PIDATO TENTANG DISIPLIN KUNCI KESUKSESAN

6. Teks Pidato Singkat tentang Kebersihan Lingkungan

Pidato tentang kebersihan lingkungan

Bismillahirrahmanirrahim..

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluh.

Yang Saya Hormati Bapak/Ibu Kepala desa beserta staf desaa..

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu tokoh masyarakat beserta warga desa….

Yang pertama-tama Marilah kita panjatkan puji syukur kita kehadirat Allah SWT, Allahmdulillahi Rabbil ‘Alamin, yang mana pada pagi hari ini Allah SWT tetap memberikan nikmat iman dan islam.

serta nikmat sehat wal afiah sehingga kita bisa melaksanakan kegiatan rutin kita, diskusi umum setiap hari Ahad dengan kondisi yang baik, Oleh karena itulah, kita patut senantiasa bersyukur kepada Allah SWT.

Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita, Nabiyullah Muhammad SAW, seorang yang diutus untuk menyempurnakan akhlak umat manusia, semoga kita kelak mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW, salah satu usaha mendapatkan syafaat Contohdari beliau adalah dengan banyak bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Hadirin yang saya hormati,
Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan menyampaikan Pidatoi dengan tema menjaga kebersihan. Perlu diketahui Allah SWT sangat mencintai orang yang bersih dan suka membersihkan segala sesuatu yang ada padanya dari hal yang kotor/buruk, sebenarnya menjaga kebersihan adalah sebagian dari Iman. Jadi marilah kita mulai menjaga kebersihan demi terciptanya keselamatan dan kebaikan untuk diri kita maupun orang lain.

Hadirin yang saya hormati,
Coba kita bayangkan apabila kita menjaga kebersihan lalu ditiru oleh anak-anak dan masyarakat di sekitar kita maka kita pun akan mendapat manfaatnya, oleh karena itu mari kita ajarkan mulai sekarang kepada anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan supaya mereka kelak dapat menjadi anak yang sehat, cerdas dan suka berbuat kebaikan kepada masyarakat di sekelilingnya.

Marilah kita ajarkan kepada anak, warga disekeliling kita untuk menjaga kebersihan kepada anak-anak, supaya mereka dapat mandiri dan terbiasa mengatasi hal-hal yang sulit untuk diselesaikan seperti saat ini (kebersihan lingkungan), seperti kita ketahui di masa sekarang masih banyak orang-orang yang tidak peduli dengan kebersihan lingkungan dan membiarkannya menjadi kotor, hal ini bisa berimbas kepada kita semua seperti banjir dan lain-lain

Hadirin yang dirahmati Allah.
Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan apa yang sudah saya sampaikan bermanfaat dan dapat dilaksanakan, akhir kata saya ucapkan terimakasih atas perhatiannya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

7. Pidato Agama Islam Tentang Akhlak.

UPACARA
Pidato agama islam tentang akhlak

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluh.

Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf..

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru beserta karyawan sekolah….

Yang Saya Sayangi dan saya banggakan Siswa/Siswi sekolah…

Yang pertama-tama Marilah kita panjatkan puji syukur kita kehadirat Allah SWT, Allahmdulillahi Rabbil ‘Alamin, yang mana pada pagi hari ini Allah SWT tetap memberikan nikmat iman dan islam.

serta nikmat sehat wal afiah sehingga kita bisa melaksanakan kegiatan rutin kita, upacara bendera setiap hari Senin dengan kondisi yang baik, bisa berdiri tegak, bisa menghirup udara segar, bisa menatap indahnya ciptaan Allah, bisa tersenyum, tawa canda dan bisa tetap berfikir menuntut ilmu, karena tidak sedikit orang-orang diluar sana yang tidak bisa / belum bisa menikmati apa yang kita rasakan saat ini. Oleh karena itulah, kita patut senantiasa bersyukur kepada Allah SWT.

Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita, Nabiyullah Muhammad SAW, seorang yang diutus untuk menyempurnakan akhlak umat manusia, semoga kita kelak mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW, salah satu usaha mendapatkan syafaat dari beliau adalah dengan banyak bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan amanat pembina upacara yang berjudul: Akhlak.

Secara umum alkhlak dibagi menjadi beberapa sebagai berikut:

Lisan adalah ucapan atau perbuatan yang baik. Misalnya sopan dalam perkataan. Perkataan yang tidak sopan dapat menyakitkan hati pendengarnya. Ucapan yang sopan lebih baik dari pada memberi sesuatu tapi disertai dengan ucapan yang menyakitkan.

Penolong adalah suka menolong antar manusia. contohnya menolong ibu menyapu rumah, atau mencuci piring. Menolong teman yang sedang sakit dengan menjenguk dan mendo’akannya agar cepat sembuh, dan sebagainya.

Amanah (dapat dipercaya). Orang yang amanah tidak suka berkhianat. Siswa yang mendapat amanat menjadi ketua kelas maka akan menjalankan tugas yang diembannya dengan baik. Ia tidak menyalahgunakannya. Siswa yang mendapat amanah sebagai pengurus OSIS akan menjalankan tugas organisasi dengan sebaik-baiknya. Ia tidak menyalahgunakannya.

Jujur contohnya Siswa yang jujur akan disenangi oleh teman-temannya dibandingkan dengan siswa yang tidak jujur. Siswa yang tidak jujur adalah siswa yang suka berkhianat. Siswa yang berbohong akan menutupi kebohongannya dengan kebohongan-kebohongan berikutnya. Ia akan memiliki derajat yang rendah di mata teman-temannya.

Segala sesuatu yang banyak akan menjadi murah harganya. Kecuali akhlak mulia. Semakin banyak akhlak seseorang, maka semakin tinggi harga dirinya dimata manusia dan Allah.

Terkadang dalam kehidupan sehari-hari, baik di rumah, sekolah, serta lingkungan kita dihadapkan dengan bermaacam-macam masalah hidup. Permsalahan hidup itu bisa datang dari diri kita sendiri ataupun dari orang lain. Tidak jarang kita dihadapkan dengan orang-orang terdekat seperti kedua orangtua, saudara, teman-teman, dan bahkan dari seluruh masyarakat.

Hal ini adalah suatu kenyataan, terlebih kita hidup bersama kdengan orang lain. Yang demikian itu terjadi karena kita tidak memiliki hati yang satu dan tujuan yang sama. Itulah yang mangakibatkan terjadinya permasalahan-permasalahan dalam hidup.

Sebagai individu saja, kita sering menghadapi masalah, terlebih lagi kalau terkait dengan orang lain. Dari itu agama kita, Islam telah mengajarkan akhlak yang mulia untuk menghadapi semua itu dan bergaul bersama orang lain dengan pergaulan yang baik. Sebagaimana sabda nabi Muhammad SAW.

إِنَّمَابُعِثْتُ لِأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الْاَخْلاَقْ

“Sesungguhnya SAYA (Muhammad) diutus untuk menyempurnakan akhlaq”

Kawan-kawanku yang berbahagia

Berakhlak Yang Baik

Kita menginginkan orangtua kita, kakak-kakak kita, saudara-saudara kita, teman bermain, guru-guru bahkan semua orang, baik dengan kita dan menginginkan agar mereka cinta dan sayang. Berharap memiliki teman yang mengetahui siapatoh diri kita?, keluarga kita, dan berusaha meringankan beban hidup kita. Mencari teman yang bisa kita ajak menuju segala bentuk kebajikan.

Jika ingin memiliki teman yang tawadhu’, lapang dada, penyayang, ramah tamah, suka membantu, penyabar dan suka mengingatkan ketika kita lupa dan menasehati ketika bersalah, selalu bermuka manis dan ceria, memiliki tutur kata yang baik, lemah lembut, dermawan, menerima kekurangan orang lain, pemaaf dan akhlak-akhlak baik lainnya. Untuk mendapatkan hal yang demikian, tentu memiliki sebab-sebab dan syarat-syarat yang harus dilakukan yaitu “berakhlak dengan akhlak yang baik. Rasullah SAW. Bersabda:

مَنْ لاَيَرْحَمُ النَّاسَ لاَ يَرْحَمُهُ الله

Barang siapa yang tidak menyayangi manusia (lain), maka Allah tidak akan menyayanginya.

Kawan-kawanku yang berbahagia

Dari sabda nabi di atas, nabi menjelaskan bahwa Allah hanya akan mencintai orang, yang mana bila orang tersebut mencintai, menyayangi, menghormati ayah-ibunya, kakak-adiknya, teman-temannya dan orang lain yang ada di sekitarnya. Orang-orang yang paling sempurna imannya di sisi Allah adalah orang-orang yang mempunyai akhlak, adab, tata kerama, sopan santun yang baik.

Oleh karena itu, kita sebagai seorang siswa kita harus selalu menghiasi diri kita dengan akhlaq yang karimah, akhlaq yang mulia. Karena dengan akhlaq mulia kita akan disukai, dicintai oleh orang banyak.

Demikian dari saya, saya memohon maaf sebesar-besarnya apabila dalam bertuturkata banyak keasalahan. Dan semoga bermanfaat.

Ihdinasirotolmustakim sumassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

8. Contoh Teks Pidato Tentang Narkoba

Pidato tentang narkoba

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluh.

Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf..

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru beserta karyawan sekolah….

Yang Saya Sayangi dan saya banggakan Siswa/Siswi sekolah…

Yang pertama-tama Marilah kita panjatkan puji syukur kita kehadirat Allah SWT, Allahmdulillahi Rabbil ‘Alamin, yang mana pada pagi hari ini Allah SWT tetap memberikan nikmat iman dan islam.

serta nikmat sehat wal afiah sehingga kita bisa melaksanakan kegiatan rutin kita, upacara bendera setiap hari Senin dengan kondisi yang baik, bisa berdiri tegak, bisa menghirup udara segar, bisa menatap indahnya ciptaan Allah, bisa tersenyum, tawa canda dan bisa tetap berfikir menuntut ilmu, karena tidak sedikit orang-orang diluar sana yang tidak bisa / belum bisa menikmati apa yang kita rasakan saat ini. Oleh karena itulah, kita patut senantiasa bersyukur kepada Allah SWT.

Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita, Nabiyullah Muhammad SAW, seorang yang diutus untuk menyempurnakan akhlak umat manusia, semoga kita kelak mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW, salah satu usaha mendapatkan syafaat dari beliau adalah dengan banyak bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa negara kita telah menemukan fakta baru yakni jumlah pengguna narkoba yang begitu besar. Karena lemahnya penegakan hukum di Indonesia para pengedar internasional dapat bekerja sama dengan warga negara Indonesia secara leluasa untuk menyebarkan obat-obat terlarang ini di negara kita.

Penyalahgunaan Narkotika dan zat aditif sejenis ini tentu membawa dampak yang luas dan kompleks bagi kita semua. Salah satu contoh dampaknya antara lain perubahan perilaku, gangguan kesehatan, menurunnya produktivitas kerja secara drastis, kriminalitas dan tindak kekerasan lainnya.

Namun, Bapak/Ibu serta siswa-siswi sekalian, sebenarnya penyalahgunaan narkoba ini dapat sama-sama kita cegah melalui program-program yang telah banyak diadakan oleh pemerintah maupun lembaga sosial dan kelompok-kelompok sosial.

Program ini seperti mengikuti kegiatan-kegiatan sosial, tidak bergaul dengan pengguna atau pengedar narkoba, tidak mudah terpengaruh ajakan atau rayuan untuk menggunakan narkoba. Karena remaja lebih mudah dan rentan untuk mencoba-coba suatu hal yang baru, pengguna narkoba di negara kita pun didominasi oleh para remaja dan anak sekolah.

Selain kegiatan-kegiatan sebelumnya yang sudah saya sebutkan, sebenarnya pihak sekolah juga telah sering memberikan penyuluhan kepada para siswa tentang bahaya dan akibat dari penyalahgunaan narkoba melalui Guru BP,  kemudian melalui diskusi yang melibatkan para siswa dalam perencanaan untuk intervensi serta seminar-seminar pencegahan penyalahgunaan narkoba di sekolah.

Program yang penting adalah program waspada Narkotika dengan cara mengenali ciri-ciri siswa yang menggunakan narkoba, mewaspadai adanya tamu yang tak dikenal atau pengedar, melakukan razia dadakan.

Biasanya pengedar maupun pemakai di sekolahh telah paham betul program-program disekolah untuk pencegahan pengguna atau pemakai disekolah, mereke tentu saja mengantisipasinya dengan sebaik yang mereka bisa. Sepintar apapun kiat mereka, ibarat sepandai-pandai tupai melompat, akhirnya jatuh juga.

Jurus-jurus jitu menghindari deteksi sekolah memang mereka kuasai, tapi mengingat sifat narkoba yang adiktif dan menutut dosis yang lebih tinggi maka disiplin cara aman akan terkuak juga

Untuk itu marilah kita hindari dan jauhi serta ikut memberantas penggunaan narkoba. Demikianlah pidato singkat saya pada kesempatan kali ini, semoga apa – apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat untuk kita, terima kasih karena sudah untuk mendengarkan pidato saya mohon maaf atas segala kekurangan serta kesalahan yang saya lakukan, baik itu disengaja ataupun tidak disengaja.

Ihdinasirotolmustakim sumassalamualaikum

Ihdinasirotolmustakim sumassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

9. Contoh Teks Pidato Bahasa Inggris

Contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan

Assalamu’alaikum wr.wb

With all due the respect to honorable Mr. Principal
To honorable Mr. Homeroom teacher
To honorable Mr. and Mrs. Teachers
As well as to my dearest companions.

First of all, let’s say our praise and gratitude to God the One and Almighty due to His illimitable grace and blessing upon us so that in this good occasion and time we can gather here in the best of our health.

Prayers and greetings may remain dedicated to our lord, Nabiyullah Muhammad SAW, a man sent to perfect the morals of mankind, hopefully we will get the intercession from Prophet Muhammad SAW, one of the efforts to obtain intercession from him is to give much care to the Prophet Muhammad.

Motivation to study of each person, from one person to others could be not the same. Usually, it depends on what is wanted by the person concerned. For example, a child will study and reach the first rank in his class because he was enticed to get a new bicycle by his parents.

Another example, a student has strong motivation to study in order to pass the examination by achieving the first rank or other general achievement. After that, he plans on getting some great job in order to make his parents happy.

Motivation to study won’t be established if the person concerned doesn’t have any longings, goals, or realize the benefits of studying for his own good. Therefore, certain way of conditioning is needed, so that we or anybody who wants some spirits to study will be motivated.

Here are some tips to increase our motivation to study:

Studying and learning everything.

Associating with people who like to study and have may achievements will make us end up liking to study as well. Besides of that, we can try to find someone or some community that has good habit in studying.

Making friends or hanging out with people who like to study

You can also try to question about experiences in various places to people who have ever continued or are going on their education to higher level, like people who get scholarship to study abroad or people who often get rewards for their achievements.

Their good habits and spirits will spread to us, such as the analogy of making friends with a blacksmith or perfume seller. If we spend our times with a blacksmith, we then will be affected by the smell of the burnt irons, while if we associate with a perfume seller, we then will be affected by the scent of perfumes.

The definition of studying in this section is understood comprehensively, either formal or informal. We can study and learn about many kinds of skills, such as learning or studying how to assemble computer components, write kinds of writings, make movies and films, become an entrepreneur, and many others.

In this world, there are some people who always look so optimistic even though there are having problems, for example; friends, lovers, or spouse. You can also do the same thing by finding out someone or some community who can help to lead or motivate you in studying and making achievements.

We can use internet to join with people who like to study. For example, if you are interested in studying English, you can go to Belajaringgris.net.

Studying and Learning from internet

Associating with people who are always optimistic and think positively

“Recipe for success: Study while everyone is sleeping, work while everyone is loafing, and dream when everyone is wishing.” – William A. Ward.

That’s all I would like to say. I wish what I said could be useful for all of us. I hope that we can meet again sometime. Please forgive me for my mistaken words. Thank you for the attention.

Ihdinasirotolmustakim sumassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

10. Contoh Teks Pidato Tentang Kesehatan Tubuh

contoh teks pidato tentang kesehatan

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluh.

Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf..

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru beserta karyawan sekolah….

Yang Saya Sayangi dan saya banggakan Siswa/Siswi sekolah…

Yang pertama-tama Marilah kita panjatkan puji syukur kita kehadirat Allah SWT, Allahmdulillahi Rabbil ‘Alamin, yang mana pada pagi hari ini Allah SWT tetap memberikan nikmat iman dan islam.

serta nikmat sehat wal afiah sehingga kita bisa melaksanakan kegiatan rutin kita, upacara bendera setiap hari Senin dengan kondisi yang baik, bisa berdiri tegak, bisa menghirup udara segar, bisa menatap indahnya ciptaan Allah, bisa tersenyum, tawa canda dan bisa tetap berfikir menuntut ilmu, karena tidak sedikit orang-orang diluar sana yang tidak bisa / belum bisa menikmati apa yang kita rasakan saat ini. Oleh karena itulah, kita patut senantiasa bersyukur kepada Allah SWT.

Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita, Nabiyullah Muhammad SAW, seorang yang diutus untuk menyempurnakan akhlak umat manusia, semoga kita kelak mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW, salah satu usaha mendapatkan syafaat dari beliau adalah dengan banyak bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Pada kesempatan yang sangat baik ini, izinkan saya untuk menyampaikan pidato singkat mengenai “Pentingnya Menjaga Kesehatan Sejak Dini” agar kita semua yang ada disini bisa sadar akan kesehatan tubuh kita.
Bapak/Ibu, dan teman-teman sekalian, mungkin Anda pernah mendengar kata pepatah yang bilang bahwa “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. Kata pepatah ini secara tidak langsung telah menyadarkan kita bahwa memiliki tubuh yang sehat tentu akan membuat pikiran dan jiwa kita menjadi sehat.

Ada pula slogan yang mengatakan bahwa “kesehatan sangat mahal”, secara tidak langsung slogan ini juga menyadarkan kita bahwa betapa mahalnya harga untuk menjadi sehat.

Bapak/Ibu, dan teman-teman sekalian coba bayangkan keadaan kita sekarang, kita harus bersyukur karena masih diberikan nafas untuk dapat menikmati hidup. Namun, coba bayangkan pula jika tiba-tiba Anda terkena penyakit stroke atau terkena serangan jantung, tentu menyeramkan bukan?

Karena selain harus mengeluarkan biaya besar untuk mengobati penyakit tersebut, Anda juga akan membuang banyak waktu kita secara sia-sia karena harus dirawat di rumah sakit. Oleh karena itu menjaga kesehatan tubuh terbukti menjadi satu hal yang sangat penting untuk kita semua lakukan agar kita terhindar dari berbagai macam penyakit yang akan menyerang kita.

Bapak/Ibu, dan teman-teman sekalian, jika kita dapat menjaga kesehatan sedari sekarang maka kita semua pun bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan nyaman pula.

Tubuh yang sehat secara tidak langsung akan membuat kita lebih berkonsentrasi dalam belajar serta bekerja dan juga membuat daya tangkap dan ingat kita menjadi lebih baik saat belajar.

Kenapa demikian? Karena tubuh sehat lah yang memacu otak kita untuk dapat bekerja secara optimal. Menjaga kesehatan juga tidak hanya baik untuk diri kita, tetapi juga untuk masa depan bangsa kita. Bangsa yang kuat adalah bangsa yang dihuni oleh masyarakat yang sehat baik secara jasmani maupun secara rohani.

Namun, jika suatu bangsa dihuni oleh masyarakat yang tidak sehat apalagi rohaninya, maka masa depan bangsa tersebut pula akan hancur karena ulah masyarakatnya sendiri.
Bapak/Ibu, dan teman-teman sekalian, mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan pada hari ini.

Semoga apa yang telah saya sampaikan ini berguna buat kita semua terutama dalam menjaga kesehatan.

Demikianlah pidato singkat saya pada kesempatan kali ini, semoga apa – apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat untuk kita, terima kasih karena sudah untuk mendengarkan pidato saya mohon maaf atas segala kekurangan serta kesalahan yang saya lakukan, baik itu disengaja ataupun tidak disengaja.

Ihdinasirotolmustakim sumassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

jangan lupa simak juga artikel tentang Contoh Pidato Lengkap Dengan Berbagai Tema!!

11. Contoh Teks Pidato SD “Pentingnya Membaca Buku”

Pidato singkat

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluh.

Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf..

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru beserta karyawan sekolah….

Yang Saya Sayangi dan saya banggakan Siswa/Siswi sekolah…

Yang pertama-tama Marilah kita panjatkan puji syukur kita kehadirat Allah SWT, Allahmdulillahi Rabbil ‘Alamin, yang mana pada pagi hari ini Allah SWT tetap memberikan nikmat iman dan islam.

serta nikmat sehat wal afiah sehingga kita bisa melaksanakan kegiatan rutin kita, upacara bendera setiap hari Senin dengan kondisi yang baik, bisa berdiri tegak, bisa menghirup udara segar, bisa menatap indahnya ciptaan Allah, bisa tersenyum, tawa canda dan bisa tetap berfikir menuntut ilmu, karena tidak sedikit orang-orang diluar sana yang tidak bisa / belum bisa menikmati apa yang kita rasakan saat ini. Oleh karena itulah, kita patut senantiasa bersyukur kepada Allah SWT.

Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita, Nabiyullah Muhammad SAW, seorang yang diutus untuk menyempurnakan akhlak umat manusia, semoga kita kelak mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW, salah satu usaha mendapatkan syafaat dari beliau adalah dengan banyak bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Anak-anakku sekalian,
Pada kesempatan kali ini ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan, namun sebelumnya, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada petugas upacara yang bisa melaksanakan tugasnya, Alhamdulillah sampai saat ini berjalan dengan baik, meskipun ada sedikit kekurangan namun pada kesempatan berikutnya mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik.

Alhamdulillah, pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan amanat pembina upacara yang berjudul: pentingnya membaca

Apakah Anak-anakku semua pernah mendengar sebuah pepatah yang kira-kira berbunyi seperti ini “buku adalah jendela dunia”? Saya rasa teman-teman sudah pernah mendengar pepatah tersebut sudah terdengar tidak asing lagi di telinga kita.

Kalau dipikir – pikir saya sangat setuju dengan itu, karena dengan membaca buku kita dapat melihat hal – hal yang berada diluar jangkauan kita. Selain itu melalui buku juga kita dapat mengenal tokoh – tokoh dunia yang rasanya mustahil untuk berkenalan secara langsung .

Nah buku yang saya maksud disini bukan hanya sekedar buku – buku pelajaran, akan tetapi termasuk juga didalamya seperti majalah, koran, dan jenis lainnya. Dan yang sangat paling popoler sekarang yaitu portal – portal dunia maya. Hanya dengan menggunakan sebuah smath phone kita hampir bisa melihat seluruh isi dunia.

Anak-anakku semua yang saya sayangi

Walaupun sekarang ini sudah ada Google yang mejadi media penyedia informasi yang lengkap, tetap saja kita membutuhkan buku. Karena dengan membaca buku kita akan lebih mudah mendapatkan informasi yang lebih falid dari pada hanya membaca berita – berita postingan orang yang belum tentu benar.

Namun, menurut saya tak terlalu penting apa yang kita baca dan menggunakan media apa bahasn yang kita baca tersebut. Jika kita semakin banyak membaca, maka semakin luas pula pengetahuan kita.

Namun disitu juga kita akan merasa bosan dan jenuh dalam membaca, nah menurut saya pribadi untuk mengatasi permasalahan tersebut dan khususnya membaca dengan smart phone, maka kita dapat menyelingi membaca dengan bermain beberapa game ringan untuk menghilangkan rasa jenuh tersebut.

Anak-anakku semua yang saya sayangi karena Allah Marilah kita sama – sama memanfaatkan teknologi yang sudah canggih sekarang ini untuk hal – hal yang positif. Jangan sampai kecanggihan teknologi ini menjadi bumerang bagi kita dan malah menjadi penghancur budi pekerti kita.

Anak-anakku semua yang saya sayangi karna Allah

Demikianlah pidato singkat saya pada kesempatan kali ini, semoga apa – apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat untuk kita, terima kasih karena sudah untuk mendengarkan pidato saya mohon maaf atas segala kekurangan serta kesalahan yang saya lakukan, baik itu disengaja ataupun tidak disengaja.

Ihdinasirotolmustakim sumassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Simak juga artikel tentang TEKS PIDATO TENTANG DISIPLIN KUNCI KESUKSESAN

12. Contoh Teks Pidato Bahasa Arab

Pidato agama islam

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
الحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَـالَمِيْنَ وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُوْرِ الدُّنْيَـا وَالدِّيْنِ وَالصَّـلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ سَـيِّدِ المُرْسَـلِيْنَ مُحَـمٍّد وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ . رَبِّ اشْـَرحْ لِي صَـدْرِيْ وَيَسِّرْلِي أَمْـِريْ وَاحْلُلْ عُقْـدَةً مِنْ لِسَـانِي يَفْقَـهُ قَـوْلِي …أَمَّـا بَعْد : قـال الله تعـالى في كتـابه الكريم أعوذ بالله من الشيطان الرجيم بسم الله الرحمن الرحيم ( يَرْفَعِ اللهُ الَّذِيْنَ اَمَنُوْا مِنْكُمْ وَاَّلذِيْنَ اُوْتُوا الْعِـلْمَ دَرَجَـاتٍ )
المُحْتَرَمُوْنَ
سِيَـادَةُ رَئِيْسِ الجَلَسَة
سِيَـادَةُ رَئِيْسِ المَدْرَسَة
سِيـَادَةُ الأَسَـاتِذ وَالأَسَـاتِذَة
وَجَمِيْعُ الأَصْحَـابِ الأَحِبَّـاء
أيَها الأحبة في الله:
هَيـَّا بِنَـا نَشْكُرُ اللهَ تعـالى الَّذِي قَدْ أَعْطَـانَا جَمِيْعَ نِعَمِهِ وَمِنَنِهِ عَلَيْنَا حَتَّي نَسْتَطِيْعَ أَنْ نَجْتَمِعَ فِي هَـذَا المَكَـان المُبَـارَك.
نُصَلِّي وَنُسَلِّمُ عَلىَ سَيِّدِنَا وَحبِيْبِنَا مُحَمَّدٍ ص.م. وَعَلىَ اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ.
أيَها الأحبة في الله : أُقَدِّمُ أَمَـامَكُمْ خُطْبَةً قَصِيْرَةً تَحْتَ المَوْضُوْعِ ( أَهَـمِّيَةُ التَّعَـلُّمِ ) كُلُّ هَـذَا لَيْسَ إِلاَّ لِأَمْـرِ أَسـَاتِذَتِنَـا المَحْبُوْبِيْن عَسَى اللهُ أَنْ يُوَفِّقُ مَـا سَأَقُوْل….ـ أمين.
أَيُّهَـا الإِخْوَةُ الأَعِـزَّاءُ : طَلَبُ العِـلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَيْنَا قـال رسول الله صـلى الله عليه وسـلَم ( طَلَبُ العِلْمِ فَـرِيْضَةٌ عَلَى كُـلِّ مُسْلِمٍ ) وَوُجُوْبُ طَلَبِ العِـلْمِ كـَافَّةً لِلرَّجُلِ وَالنِّسَـاءِ , لِلصَّغِيْرِ وَالْكَبِيْرِ حَتَّى قَالَ صـلى الله عليه وسـلَم ( أُطْلُبِ العِلْمَ مِنَ المَهْدِ اِلَى الَّلحْـدِ )
أَيُّهَـا الإِخْوَةُ الأَعِـزَّاءُ : كُنْ عَـالِمًـا وَلَا تَكُنْ جَـاهِلًا لِأَنَّ اللهَ تعـلى فَضَّلَ عِبَـادَهُ العَـالِمَ عَلىَ الجَـاهِلِ ,كَمَـا قال تعـالى فيِ كِتَـابِهِ الكَرِيْمِ (يَرْفَعِ اللهُ الَّذِيْنَ اَمَنُوْا مِنْكُمْ وَاَّلذِيْنَ اُوْتُوا الْعِـلْمَ دَرَجَـاتٍ ) وكمـا قـال صـلى الله عليه وسـلَم ( فَضْلُ العَـالِمِ عَلَى العَـابِدِ كَفَضْلِ القَمَرِ عَلىَ سَائِرِ الكَوَاكِبِ ) وَقَـالَ العُلَمَـاءُ الأَخْـَيارُ : ( لَيْسَ المَـْرءُ يُوْلَـدُ عَـالِمًـا # وَلَيْسَ أَخُ العِـلْمِ كَمَنْ هُوَ جـَاهِلٌ )
أَيُّهَـا الإِخْوَةُ الأَعِـزَّاءُ : لَابُدَّ أَنْ نَغْتَنِمَ` أَوْقَاتَنَا بِكَثْرَةِ التَّعَلُّمِ وَتَقْلِيْلُ الَّلعْبِ لِأَنَّ التَّعَلُّمَ وَقْتُ الصِّغَـارِ يُسَهِّلُ لَنَا لِإِقْبَـالِ العِـلْمِ وَقُوَّةٍ فِي الحِفْظِ, قَـال الشَّـاعِرُ ( التَّعَلُّمُ فِي وَقْتِ الصِّغَـارِ كَـالنَّقْشِ عَلَى الحَجَـرِ وَالتَّعَلُّمُ فِي وَقْتِ الكِـبَـارِ كَـالنَّقْشِ عَـلَى المَـاءِ )
أَيُّهَـا الإِخْوَةُ الأَعِـزَّاءُ : وَلَكِنْ لَابُدَّ لَنَـا أَنْ نَتَذَكَّرَ بِأَنَّ العِـلْمَ بِغَيْرِ عَمَلٍ لاَ فَـائِدَةَ لَهَـا , كمـا قـال ( العـِلْمُ بِلاَ عَمَـلٍ كـَالشَّجَرِ بِلَا ثَمَـرٍ ) لـِذَا، هَـيَّا بِنَـا نَعْمَـلَ بِمَـا عَـلِمْنَا وَنَبْدَأُ مِنْ أَنْفُسِنَا. وَأَهـمُّ شَيْئًا الذي لَانَنْسِيْهِ، هَيَّا بِنَا نَبِرُّ وَالدِيْنَا وَنَحْتَرِمُ أَسَـاتِـذَتِنَا لِأَنَّ ذلك كُـلَّهَـا سَبَبُ النَّجَـاحِ فِي الـدُّنْيَـا والأَخِـرَةِ , كمـا قال تعـالى ( يـَاأَيُّهَـا الَّذِيْنَ أَمَنُوْا إِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فيِ المَجَـالِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللهُ لَكُمْ وَإِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا .)
أيها الأحبة في الله,, إِذَا وَجَـدْتُمْ خَطَأً فِي كَلاَمِي، كُلُّ ذَلِكَ مِنِّي,,, وَإِذَا وَجَدْتُمْ صَوَابًـا فَمِنَ اللهِ…وَأَخِيْرًا هَيَّـا بِنَا نَخْتِمُ هَذَا الكَلاَمَ باِلدُّعَـاء : الَّلهُمَّ اجْعَلْ أَعْمَالَنَا صَالِحَةً، وَاجْعَلْهَا لِوَجْهِكَ خَالِصَةً، وَلَا تَجْعَلْ لِأَحَدٍ فِيْهَا شَيْئًا، يَا رَبِّ العَالَمِيْنَ هَـدَانَا اللهُ وَإِيَّـاكُمْ أَجْمَعِيْن .
والسلام عليكم ورحمة الله وبركـاته .

 

13. contoh teks pidato bahasa indonesia

pidati agama islam

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

alhamdulillahhirobbil alamin wabihinastainuala umuritdhunya wadhin. wasola tuwasalam ala sayyidina muhammadin wa ala alihi wasohihi ajmain. robbis rohli wayasirli amri wahlul ukdatam billisani amma ba’du:

Yang terhormat:
Pengatur acara (MC),
Para dewan guru,
Teman-temanku yang tercinta,
Para hadirin yang berbahagia

Pertama-tama mari kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah swt yang telah memberikan kepada kita beribu-ribu nikmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang penuh berkah ini. Yang kedua mari kita sampaikan shalawat beserta salam kepada junjungan dan kekasih tercinta yakni Nabi Muhamamad saw, kepada keluarganya, dan para sahabatnya.

Berdirinya saya di depan kalian tiada lain hanya untuk menyampaikan pidato singkat dengan judul: “Pentingnya Menuntut ilmu (belajar)”. Ini adalah tangggung jawab guru-guru kami untuk menjelaskannya, akan tetapi semoga Allah memberikan taufik-nya kepada saya untuk dapat menjelaskannya.

Menuntut ilmu itu hukumnya wajib bagi kita sebagaimana Nabi Muhammad saw. bersabda: ”Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim”. Dan kewajiban menututnya itu berlaku kepada semua orang baik laki-laki ataupun perempuan, anak kecil ataupun orang dewasa. Sampai Nabi mengatakan;” tuntutlah ilmu dari semenjak di buaian sampai liang lahat”.

Jadilah orang yang berilmu dan janganlah menjadi orang yang bodoh karena Allah melebihkan hamba-Nya yang berilmu terhadap hamba-Nya yang bodoh. Sebagaimana firman-Nya dalam Al-Qur’an:”Niscaya Allah akan meninggikan derajat Orang-orang yang berilmu dan beramal shalih beberapa derajat”.

Dan sebagaimana sabda Nabi saw.” Keutamaan orang yang berilmu terhadap orang yang bodoh seperti keutamaan bulan terhadap bintang-bintang di langit”. Para Ulama shaleh mengatakan:” Tidaklah seseorang itu dilahirkan dalam keadaan berilmu # Tidaklah orang yang berilmu itu seperti orang bodoh”.

Kita mesti menggunakan waktu-waktu kita dengan memperbanyak belajar dan sedikit bermain. Karena belajar di waktu kecil itu akan memudahkan seseorang dalam menerima ilmu dan kuat hafalan. Seorang penyair berkata:”belajar di waktu kecil bagaikan mengukir diatas batu, sedangkan belajar di waktu dewasa bagaikan mengukir diatas air”.

Akan tetapi kita perlu ingat bahwa ilmu tanpa amal itu tidak bermanfaat. Sebagaimana sabda Nabi saw.”ilmu tanpa amal itu bagaikan pohon tak berbuah”. Oleh karena itu mari kita mengamalkan ilmu yang kita tahu dan mulai dari diri kita sendiri. Dan sesuatu paling penting yang tidak boleh kita lupakan mari kita berbuat baik kepada kedua orang kita dan menghormati guru-guru kita karena hal tersebut merupakan kunci kesuksesan di dunia dan akhirat. Sebagaimana firman Allah;” apabila dikatakan kepadamu lapangkanlah tempat dudukmu di suatu majlis niscaya Allah akan melapangkanmu, dan apabila dikatakan kepadamu berdirilah kemudian mereka berdiri….”

Apabila ada kesalahan dari apa yang saya sampaikan itu semua datangnya dari kebodohan saya, dan apabila ada benarnya maka itu semata-mata datang dari Allah. Terakhir, mari kita tutup pidato ini dengan doa:“ Ya Allah jadikanlah apa yang kami kerjakan itu menjadi amal shaleh, dan semata-mata karena mengharapkan ridho-Nya dan bukan karena sesuatu apapun”.

Ihdinasirotolmustakim sumassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Simak juga artikel tentang Contoh Teks Amanat Pembina Upacara Berbagai Tema

 

Teks Pidato Persuasif

Pembahasan Teks Pidato Persuasif

Teks Pidato Persuasif – Hallo gaes sahabat setia syahrulanam.com Pada kesempatan kali ini saya akan membahas artikel tentang pengertian pidato persuasif dan apa tujuan, struktur dan teks pidato persuasif. Sebelum kita lanjut mari kita bahas apa itu pidato, pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan umum ( public  speaking) yang bertujuan untuk mengutarakan pendapat, memberikan gambaran terhadap suatu hal dan juga untuk mengajak kepada banyak orang untuk berbuat atau melakukan sesuatu yang disebut pidato persuasif.

 

Pengertian Pidato Persuasif

Pidato persuasif merupakan jenis pidato yang ditujukan untuk memengaruhi para audiens, untuk mengajak atau membujuk para Audiens agar mereka yakin dan mau mengambil tindakan yang sesuai dengan tujuan pidato yang disamaikan.Isi pidato persuasif haruslah berlandas pada argumentasi yang nalar, logis, masuk akal, dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya di kemudian hari.

Pidato persuasif  bersifat mengajak dan menghimbau kepada audiens untuk melakukan hal yang bermanfaat bagi kehidupannya. Pidato persuasif merupakan salah satu cara efektif guna menggerakan audiens untuk berbuat yang lebih baik dan lebih kreatif pada kemudian hari. Pidato persuasif biasanya sering dibawakan pada event-event tertentu.

Biasanya orang yang berpidato menyelipkan candaan-candaan atau kata-kata lucu kepada audiens agar mereka tidak merasa bosan mendengar pidato persuasif yang diberikan. Dengan demikian informasi yang disampaikan menjadi cair dan dapat mudah diterima oleh audiens. oleh karena itulah banyak orang yang kesulitan untuk berpidato persuasif.

 

Tujuan Pidato Persuasif

Pidato persuasif mempunyai tujuan untuk penguatan tanggapan, pembentukan tanggapan, dan pengubahan tanggapan, yang diterima oleh audiens.

 

Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Kebersihan lingkungan.

Assalamualaikum warrahmatullah wabarakattuh

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SDIT Salsabila Kepanjen

Yang saya hormati Bapak Ibu guru dan karyawan Sekolah SDIT Salsabila Kepanjen

Serta teman – teman semua yang saya cintai karena Allah.

Marilah kita ucapkan puji dan syukur kepada Allah Yang Maha Esa, karena berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya kita semua dapat berkumpul pada hari Kamis tgl 23 Maret 2019 dalam rangka memperingati Hari Kebersihan Lingkungan dengan kondisi sehat dan tidak kurang suatu apapun.

Sholawat dan salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad Saw karena berkat bantuan beliau kita bisa melihat indah nya Islam, sehingga kita bisa keluar dari zaman yang kurang adap menuju zaman yang beradap.

Hadiring yang saya hormati,

perkenankanlah saya menyampaikan sedikit ulasan mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Kebersihan lingkungan merupakan hal yang sangat penting guna menjaga kesehatan diri sendiri dan lingkungan sekitar. Lingkungan yang sehat akan meminimalisir penyebaran penyakit dan akan memberikan kenyamanan saat berada di lingkungan tersebut.

Oleh sebab itu lingkungan juga merupakan faktor pendorong keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah, siswa dan guru akan melaksanakan kegiatan pembelajaran secara efektif karena didukung oleh keadaan lingkungan yang indah, bersih dan nyaman.

Marilah kita sebagai warga sekolah yang baik untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah dimulai dari diri sendiri, contohnya seperti membuang sampah pada tempatnya dan tidak meninggalkan barang-barang di laci kelas supaya menjadi sarang nyamuk, oleh sebab itu menjaga kebersihan lingkungan menjadi sangat penting guna menciptakan lingkungan yang bersih, indah, sehat dan nyaman.

Saya rasa cukup sekian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga kita semua dapat menjadi partisipan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan. Terimakasih atas perhatian yang hadirin berikan, apabila ada salah kata ataupun hal-hal kurang berkenan saya mohon maaf.

 

Ihdinasirotolmustakim sumassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Contoh pidato Persuasif tentang pentingnya semangat dalam bekerja.

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluhu.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang senantisa melimpahkan rahmatnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di sini, di gedung ini dengan keadaan sehat wa-afiat. Yang kedua tidak lupa sholawat dan salam yang senantiasa kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW yang kita nanti-nantikan syafaatnya di hari akhir nanti.

Yang saya hormati Ibu Rahutami selaku Rektor Universitas Negeri Malang

Yang saya hormati Bapak/Ibu dosen dan seluruh karyawan Universitas Negeri Malang

Yang saya hormati para peserta Seminar Pengembangan Pemuda Menjadi Pribadi Pengusaha.

 

Dan saya mengucapkan banyak terimakasih bagi panitia yang telah mempersiapkan ini dengan baik dan lancar.

 

Sebelum kita masuk kedalam pembahasan, pernahkah kita menyadari bahwa betapa banyak pengusaha-pengusaha sukses yang mrintis karirnya mulai dari nol hingga menjadi besar. perlu anda ketahui Ternya mereka kebanyakan mempunyai latar belakang orang susah atau orang tidak mampu namun mempunyai mimpi yang begitu besar.

Rata-rata para pengusaha-pengusaha besar yang sukses itu, ternyata mereka mempunyai latar belakang pendidikan sekolah yang tidak terlalu tinggi, misalnya lususan SD, SMP atau bahkan tidak lulus SD.

Misalnya kisah Pak Kuswantoro dari Malang Jawa Timur yang sukses membuat Kripik dari bonggol pisang dan usahanya berkembang sampai ke skala nasional, beliau adalah seorang lulusan SD yang mempunyai etos kerja dan semangat juang yang sangat tinggi sehingga beliau mampu mewujudkan cita-citanya.

 

Pendidikan yang tinggi seseorang tidak menjamin ia akan mendapat pekerjaan yang baik dan menjanjikan untuk memenuhi kebutuhan jika ia tidak pernah beranjak dari mipi-mimpinya dan mewujudkan.

 

Kebanyakan pengusaha-pengusaha yang telah berhasil malah memperkerjakan orang-orang memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi. Jadi, pada intinya, kita yang berjiwa muda mempunyai kesempatan yang selebar-selebarnya untuk mewujudkan mimpi-mimpi kita. Masih cukup banyak waktu untuk berusaha sebaik mungkin dalam mewujudkan apa yang kita cita-citakan.

Kita sebagai generasi muda harus mempunyai cara berfikir yang visioner, yakni mampu melihat peluang dimasa depan dan mampu memanfaatkan peluang tersebut. Disini saya bukan berarti melarang anda untuk menempuh pendidikan yang setinggi-tingginya. Kan tetapi kita semua harus mempunyai jiwa-jiwa pengusaha sehingga nantinya dapat diandalkan untuk mengangkat perekonomian Indonesia yang lebih baik.

 

Remaja-remaja yang saat ini sedang mencari dan membentuk jati dirinya harus mempunyai sudut pandang yang lebih baik mengenai kehidupan. Khususnya dalam membangun perekonomiannya sediri, terlebih dapat bermanfaat dan memajukan perekonomian bangsa. Salah satu caranya adalah pembekalan dan pelatihan berwira usaha sehingga nantinya dapat menumbuhkan benih-benih pemuda berjiwa interpreneur. Hal ini penting, karena salah satu unsur pokok penunjang kehidupan adalah perekonomian. Marilah para pemuda dan pemudi generasi penerus bangsa teruslah bergerak, berfikir kreatif dan inovatif dan jangan pernah ragu untuk mencoba. Jangan takut gagal, karena orang-orang yang sukses bermuloa dari kegagalan-kegagalan yang mewarnai prosesnya menuju suatu kesuksesan.

 

Jika kita mampu bergerak dan mengalahkan diri sendiri, segalanya menjadi mungkin. Sebenarnya yang membatasi kemampuan kita adalah pikiran kita sendiri. Kemampuan berfikir manusia itu tidak terbatas, kita sendiri yang kadang membatasi pemikiran-pemikiran kita tersebut. Kita harus menjadi jiwa muda yang mempunyai pengaruh-pengaruh yang baik bagi generasi-generasi yang akan datang.

 

Sekian yang dapat saya sampaikan dalam sambutan pada acara seminar kali ini, pada penutupan kali ini saya hendak menegaskan sekali lagi, kita harus menjadi pemuda yang selalu memupuk semangat untuk menjadi generasi wirausaha. Semoga apa yang saya katakan dan saya ungkapkan bermanfaat bagi anda semua, dan mohon maaf atas semua kesalahan.

Ihdinasirotolmustakim sumassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Teks Pidato tentang Bersemangat Mencari Nafkah

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah, alhamdulillahii nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah.

Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluhu. Allahumma sholliala sayyidina Muhammad waala ali sayidina Muhammad amma ba’du.

bapak dan ibu sekalian yang dirahmati allah.

 

Sebelumnya, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang senantisa melimpahkan rahmatnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di sini, dengan keadaan sehat wa-afiat.

 

Tidak lupa sholawat serta salam semoga terus tercurah kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW yang kita nanti-nantikan syafaatnya di hari akhir nanti.

 

Yang saya hormati, ………

 

Yang saya hormati para peserta ………..

 

Sebelumnya, saya ucapkan banyak terimakasih kepada seluruh panitia yang telah mempersiapkan acara ini dengan sangat baik.

 

Sebelum kita bahasa lebih jauh, marilah sejenak kita belajar dari para pengusaha yang membangun usaha mereka dari nol. Banyak dari mereka yang tidak memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi seperti kita semua di sini. Beberapa diantara mereka adalah orang-orang yang berlatar belakang dari keluarga yang tidak mampu. Namun satu yang mereka miliki, yaitu impian, harapan dan semangat yang kuat untuk meraih itu semua.

 

Pendidikan tinggi tidak menjamin kita langsung menjadi orang sukses, mendapat pekerjaan yang layak dengan gaji besar. Tidak, itu tidak akan terjadi tanpa semangat dan etos kerja yang kuat dari Anda. Bila Anda punya mimpi, maka bangunlah dan beranjaklah dari mimpi kemudian wujudkan dengan kerja nyata agar mimpimu bisa kamu pegang.

 

Kebanyakan pengusaha-pengusaha yang telah berhasil malah memperkerjakan orang-orang memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi. Jadi, pada intinya, kita yang berjiwa muda mempunyai kesempatan yang selebar-selebarnya untuk mewujudkan mimpi-mimpi kita. Masih cukup banyak waktu untuk berusaha sebaik mungkin dalam mewujudkan apa yang kita cita-citakan. Kita sebagai generasi muda harus mempunyai cara berfikir yang visioner, yakni mampu melihat peluang dimasa depan dan mampu memanfaatkan peluang tersebut. Disini saya bukan berarti melarang anda untuk menempuh pendidikan yang setinggi-tingginya. Kan tetapi kita semua harus mempunyai jiwa-jiwa pengusaha sehingga nantinya dapat diandalkan untuk mengangkat perekonomian Indonesia yang lebih baik.

 

Remaja-remaja yang saat ini sedang mencari dan membentuk jati dirinya harus mempunyai sudut pandang yang lebih baik mengenai kehidupan. Khususnya dalam membangun perekonomiannya sediri, terlebih dapat bermanfaat dan memajukan perekonomian bangsa. Salah satu caranya adalah pembekalan dan pelatihan berwira usaha sehingga nantinya dapat menumbuhkan benih-benih pemuda berjiwa interpreneur. Hal ini penting, karena salah satu unsur pokok penunjang kehidupan adalah perekonomian. Marilah para pemuda dan pemudi generasi penerus bangsa teruslah bergerak, berfikir kreatif dan inovatif dan jangan pernah ragu untuk mencoba. Jangan takut gagal, karena orang-orang yang sukses bermuloa dari kegagalan-kegagalan yang mewarnai prosesnya menuju suatu kesuksesan.

 

Jika kita mampu bergerak dan mengalahkan diri sendiri, segalanya menjadi mungkin. Sebenarnya yang membatasi kemampuan kita adalah pikiran kita sendiri. Kemampuan berfikir manusia itu tidak terbatas, kita sendiri yang kadang membatasi pemikiran-pemikiran kita tersebut. Kita harus menjadi jiwa muda yang mempunyai pengaruh-pengaruh yang baik bagi generasi-generasi yang akan datang.

 

Sekian yang dapat saya sampaikan dalam sambutan pada acara seminar kali ini, pada penutupan kali ini saya hendak menegaskan sekali lagi, kita harus menjadi pemuda yang selalu memupuk semangat untuk menjadi generasi wirausaha. Semoga apa yang saya katakan dan saya ungkapkan bermanfaat bagi anda semua, dan mohon maaf atas semua kesalahan.

 

Billahitaufiq wal hidayah, wassalamualaikum warahm

 

Contoh Teks Pidato Bahasa Jawa tentang Pendidikan

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah, alhamdulillahii nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah.

Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluhu. Allahumma sholliala sayyidina Muhammad waala ali sayidina Muhammad amma ba’du.

bapak dan ibu sekalian yang dirahmati allah.

Kaping pisanan, ayo menehi sukur marang Allah SWT, Allah Ta’ala Rabbil Alamin, sing ing wayah esuk iki, Allah SWT isih menehi berkah iman lan Islam. Uga dadi sehat lan sehat supaya bisa nindakake kegiatan rutin, diskusi umum saben minggu kanthi kondisi apik, mula kudu tansah matur nuwun marang Allah SWT.

 

Muga-muga panglipur lan salam bakal diwutahake marang gustinira, Nabiyullah Muhammad SAW, wong sing dikirim kanggo ngrampungake akhlak umat manungsa, muga-muga kita bakal ngolehake syafaat saka Nabi Muhammad SAW, salah sawijining upaya kanggo mujudake tuladha intercessory yaiku ngurus Nabi Muhammad SAW.

 

Pendidikan minangka kabutuhan dhasar kanggo kabeh manungsa, pendidikan formal lan non-formal, pendidikan formal minangka pendidikan sing bisa diduweni saka lembaga pendidikan sing wis nampa pangakuan saka pemerintah lan duwe akreditasi beda karo pendidikan non-formal, pendidikan non-formal yaiku pendidikan sing diduweni saka njaba sekolah, kayata ing institusi, kulawarga, komunitas, lan liya-liyane.

 

Pendidikan penting banget amarga nyakup urip ing mangsa sing bakal teka (generasi sabanjure bangsa), negara iki maju amarga wong enom pinter lan ngurus kemajuan bangsa. Pendidikan ing Indonesia saiki nduweni program pendidikan wajib 12 taun. Pangarep-arep supaya kabeh generasi bangsa ing mangsa ngarep bisa diwenehi pendidikan sing cukup supaya bisa bersaing ing jagad globalisasi.

 

Donyane globalisasi sing artine komprehensif, globalisasi artine proses nyebar unsur anyar sing kalebu informasi saka sak ndonya liwat media cetak utawa elektronik ing ndonya. pengaruh globalisasi meh kabeh nyakup kabeh aspek urip.

Contone, ing lapangan udara, segara, transportasi darat. supaya akeh kendaraan sing bisa kita ketemu ing dalan gedhe saben dina, jumlah kapal d dock lan jumlah pesawat ing bandara. transportasi iki ndadekake manungsa gampang nindakake aktivitas kasebut.

 

Iki minangka proporsional banget babagan kahanan ing wektu sing kepungkur nalika wong menyang panggonan sing dikarepake, kudu melu kanthi cara manual, yaiku mlaku.

 

ora mung transportasi sing nduweni dampak globalisasi, sistem telekomunikasi uga duwe pangaruh global ing aspek urip, umpamane ponsel Saiki, saiki, telpon seluler katon ora bisa dipisahake saka urip kita.

 

Salah sawijining conto pangaribawa globalisasi yaiku Internet, nanging bisa ditemokake amerga kabeh padha saingan bisa nggunakake apa wae sing tuwa lan enom. Ora sawetara generasi enom wis nemokake panemuan paling anyar mung liwat internet.

 

Aspèk lingkungan kuliner uga kena pengaruh globalisasi ing Indonesia. amarga tembung kasebut alon-alon nanging mesthi, wong Indonesia wis bisa nampa panganan sing teka saka luar negeri, kayata pizza, hamburger, kebab, spageti, ramen lan liya-liyane.

 

fashion uga kena pengaruh globalisasi ing Indonesia, iki jelas, kayata, macem-macem jinis busana virus ing luar negeri sing diikuti dening wong ing Indonesia.Olahraga uga kena pengaruh globalisasi, amarga saiki kita bisa nonton liwat saluran televisi sing nyetel live olahraga ing ngendi wae.

 

Nomer aspèk sing bisa dipengaruhi dening globalisasi, pratelan kasebut cetha bukti yen saben masyarakat bisa ngalami pangaruh, sawetara aspek sing wis diterangake ing ndhuwur, nuduhake yen pangaruh globalisasi wis meh ditemokake ing kabeh aspek urip.

 

Kabeh wong mesthi ngrasa pangaruh sing amarga globalisasi. Mulane, minangka masyarakat sing bisa ditindakake kanthi cepet bisa milih lan milih globalisasi iki kanthi mung migunani lan ora mbedakake unsur-unsur negatif, supaya budaya saka ngendi wae sing lumebu ing Indonesia bisa disaring kanthi apik lan mesthine bakal nyingkirake bab-bab sing ala.

 

Yen pilihan saka macem-macem keuntungan lan nyingkiri sisih negatif sing digawa dening kabeh wong, maka kawicaksanan budaya Nusantara bisa dipertahankan lan tetep

Ihdinasirotolmustakim sumassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

itulah beberapa contoh teks Pidato a yang lebih bagus  mari kita tak latin secara baik dan aebar wdt2

Demikianlah amanat dari saya, apabila ada kesalahan ucapan atau apapun bapak mohon maaf yang sebesar besarnya.Terimakasih atas perhatiannya

 

 

 

Tinggalkan komentar