30+ Contoh Pidato Bahasa Indonesia Dengan Berbagai Tema Lengkap

pidato bahasa indonesia singkat
pidato bahasa indonesia singkat

30+ Contoh Pidato Bahasa Indonesia Dengan Berbagai Tema Lengkap

Pidato Bahasa Indonesia – Kata pidato sudah tidak asing lagi  ditelinga kita perlu kita ketahui bahwa pidato merupakan pengungkapan gagasan atau pikiran dengan bahasa lisan kepada orang khalayak ramai.seperti yang kita ketahui bersama berpidato merupakan kegiatan berbicara di depan umum, maka dari itu sebagai seseorang yang menyampaikan pidato haruslah memiliki keterampilan berbahasa yang baik. Saat berpidato bukan hanya penampilan saja yang dituntut baik, tapi bahasa yang dipakai juga harus bersifat informatif. 

Berikut ini kami akan berbagi berbagai contoh pidato, contoh pidato singkat, pidato bahasa indonesia lengkap dengan pembahasannya. disini kami menyedikan referensi yang cukup lengkap dengan berbagai tema yang menarik. Sehingga hal ini menjadikan referensi yang lengkap untuk dijadikan sumber, bagi anda yang membutuhkan referensi contoh pidato disinilah tempat yang cocok buat anda untuk menggali informasi didalamnya.

Pengertian Pidato Secara Umum

pidato bahasa indonesia singkat
pengertian pidato

Sebelum kita Mengetahui pengertian pidato secara Umum yuk kita cari tahu tentang pengertian dari kbbi, pengertian Pidato menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditunjukan orang banyak atau wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak.

Sedangkan pengertian secara umum adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan.

Tujuan Pidato

Tujuan pidato itu sendiri yaitu untuk mempermudah komunikasi antara pembicara dengan pendengarnya serta menciptakan keadaan yang kondusif dimana hanya perlu satu orang saja, dapat mempengaruhi orang lain supaya mau mengikuti apa kemauan kita dengan suka rela, Membuat orang merasa senang dengan pidato yang disampaikan dan menghibur sehingga orang lain senang dengan apa yang disampaikan.

 

Isi dari Pidato

Umumnya pidato dibagi menjadi tiga bagian, yakni pendahuluan, bagian utama (isi) dan penutup. Berikut adalah penulisan tiap bagian pidato.

1. Bagian Pendahuluan

Bagian pendahuluan berisi tentang ucapan salam, pembukaan, titik tolak dan penghantar ke dalam topik yang dibicarakan. Bagian ini didasari oleh pertanyaan apa dan mengapa.

2. Bagian Isi Pidato

Isi pidato adalah hal-hal yang hendak pembicara sampaikan dalam pidato. Isi pidato biasanya berupa penjelasan suatu hal, alasan, bukti suatu permasalahan, contoh atau ajakan untuk melakukan sesuatu. Dalam menyampaikan isi pidato, pembicara harus menggunakan kalimat yang jelas dan suara yang cukup lantang agar pendengar memahami dan menerima maksud pidato.

3. Bagian Penutup

Penutup pidato adalah bagian pidato yang mengisyaratkan bahwasanya pidato akan berakhir. Penutup pidato biasanya berupa kesimpulan, permintaan agar pendengar melakukan sesuatu, ucapan terima kasih, pujian kepada pendengar, permohonan maaf, ungkapan terkenal, atau bahkan pantun. Tentunya semua hal tersebut haruslah sesuai dengan isi, tujuan, serta situasi yang dihadapi dalam berpidato.

Pidato Bahasa Indonesia Tentang Pergaulan Bebas

pidato bahasa indonesia singkat
pidato bahasa indonesia singkat

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluh.

Yang Saya Hormati Bapak/Ibu Kepala desa beserta staf desaa..

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu tokoh masyarakat beserta warga desa….

Yang pertama-tama Marilah kita panjatkan puji syukur kita kehadirat Allah SWT, Allahmdulillahi Rabbil ‘Alamin, yang mana pada pagi hari ini Allah SWT tetap memberikan nikmat iman dan islam kepada kita semua sehingga kita bisa melangkahkan kaki kita dalam acara pada pagi hari ini dalam keadaan sehat wal afiah.

Yang kedua kalinya Sholawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW suri tauladan kita yang telah membawa kita dari jalan gelap gulita menuju jalan yang terang benerang yakni adanya agama islam.

Seperto yang kita ketahui bersama bahwa banyak sekali terjadi kenakalan remaja sekarang yang sanagt meraja lela, hal ini bisa kita ketahui dengan ada banyaknya perbuatan negatif yang terjadi di masyarakat. Misalnya contoh kecil seperti merokok dan narkoba yang sudah marak digunakan oleh anak remaja saat ini. Usut punya usut penyebab ini karena ada tawaran hanya mencobanya, namun menjadi ketagihan, hingga berujung kecanduan.

Beragam sekali penyebab kenakalan remaja, salah satunya bisa berasal dari kesalahan mendidik orang tua banyak faktor mulai dari terlalu sibuk dalam bekerja sehingga tidak memperhatikan perkembangan pergaulan anak mereka, atau juga disebabkan karena faktor pergaulan remaja yang salah memilih teman gaul sehingga terpengaruh oleh temannya.

Berteman sangat kita butuhkan asalkan kita bisa memilih teman atau juga bisa menempatkan diri saat berteman dengan banyak teman, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh lingkungan temannya. hal ini masih perlu dibatasi supaya tidak menyebabkann ketagihan untuk bermain, kecuali bermain dengan teman yang lingkungannya baik.

Sebagai contoh misalnya pergaulan yang salah adalah tawuran antar pelajar, geng motor, dan mabuk-mabukan dan lain-lain. Hal tersebut sangat berbahaya karena dari pergaulan ini yang menimbulkan korban jiwa di kalangan remaja bahkan warga lain. Oleh sebab itu, jauhilah pergaulan yang salah tersebut, akan sangat merugikan kita sendiri.

Marilah gunakan masa remaja Anda dengan diisi beragam hal positif agar berguna untuk diri sendiri, para orang tua dan bangsa kita. Sampai di sini saja yang dapat saya sampaikan melalui pidato ini, apabila masih terdapat kesalahan, maka saya mohon untuk maaf.

Wassalamualaikum Wr Wb.

Pidato Bahasa Indonesia Tentang Globalisasi

pidato bahasa indonesia singkat
pidato bahasa indonesia singkat

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluh.

Selamat pagi dan salam sejahterah bagi kita semua
Yang saya hormati bapak Kepala Sekolah..
Yang saya hormati bapak wakil Kepala Sekolah,,
Yang saya hormati bapak / ibu dewan guru beserta staf tata usaha dan karyawan
Dan yang saya banggakan rekan-rekan siswa-siswi

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita banyak sekali kenikmatan salah satunya adalah nikmat kehidupan. Dengan nikmat tersebut kita tentunya kita dapat bertatap muka dalam agenda seminar globalisasi pada kesempatan pagi hari ini. Sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan pada junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta sahabat, keluarga, dan orang-orang yang istiqomah di jalan-Nya.

Pertama kalinya saya ingin mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada para panitia yang terdiri atas OSIS dan beberapa pengurus eskul lainnya. Terima kasih yang sebesar-besarnya saya ucapkan kepada segenap panitia yang telah memberikan kesempatan bagi saya untuk menyampaikan pidato di hadapan para hadirin sekalian. Tema pidato yang akan saya bahas pada kesempatan pagi hari ini adalah berkaitan dengan globalisasi.

Globalisasi merupakan sebuah kemajuan yang terjadi pada kehidupan manusia yang berlangsung sangat cepat, yang berimbas kehidupan manusia, termasuk kehidupan cukup umur sebagai generasi muda atau hal ini dapat diartikan sebagai kemajuan dalam hal komunikasi, teknologi, keilmuan, gaya hidup, dan lain sebagainya yang turut mengalami perubahan secara signifikan di zaman ini.

Salah satu misalnya dalam hal kemajuan komunikasi dan teknologi, dunia seolah tak memiliki dinding pembatas. hal ini  disebabkan dengan adanya Hp yang dapat menghubungkan siapa pun dan dimana pun, dari inilah dunia menjadi seolah-olah hanya berada dalam genggaman manusia dan juga omunikasi tidak lagi dibatasi oleh ruang, jarak, dan waktu. Perlu kita sadari, arus globalisasi menjadi corong perubahan kemajuan peradaban manusia yang terjadi sangat cepat.

Globalisasi ini menimbulkan dampak negatif dan positif dalam kehidupan kita misalnya dengan adanya perkembangan di bidang teknologi, kita dapat berkomunikasi dengan siapa saja, dimana saja, dan kapan saja tanpa adanya batasan jarak, dapat menikmati informasi atau berita dengan sangat cepat.

Bahkan Informasi terbarupun kita dapat mengetahuinya dengan cepat melalui jejaring sosial dan berita online dengan demikian otomatis masyarakat juga semakin cerdas dengan adanya kemajuan teknologi kita tak perlu lagi jauh-jauh pergi ke perpustakaan untuk belajar dan membaca tapi cukup mengunjungi situs keilmuan dan informasi tertentu saja, kita sudah dapat menikmati informasi yang diperlukan dan mengunduh e-book (buku elektronik) tanpa harus kerepotan membeli dan membawa buku dalam bentuk hardcopynya.

Dampak globalisasi turut menjadi penunjang penting dalam mendongkrak kemajuan ekonomi  misalnya berbagai produk dengan sangat mudahnya dipasarkan melalui jaringan internet ini adalah salah satu manfaat adanya globalisasi  bagi kemajuan berpikir, informasi, perekonomian, dan lain sebagainya. Tak hanya ada bidang informasi dan ekonomi saja, efek globalisasi juga berdampak positif pada kemajuan di bidangn pemerintahan, transportasi, militer, dan masih banyak lagi.

Efek globalisasi tak hanya menimbulkan dampak-dampak positif saja ada juga dampak negatifnya. Misalnya yang terjadi sekarang ini  banyak anak-anak di bawah umur yang terkena akibatnya karena Informasi yang tak tersaring dengan baik membuat anak-anak mengonsumsi hal-hal negatif yang bersumber dari internet, televisi, tentunya hal tersebut seharusnya tidak menjadi konsumsi mereka. salah satu contoh negatif misalnya saja konten-konten yang berbau pornografi, kekerasan, seks bebas, pergaulan bebas, dan segala hal negatif yang dipertontonkan atau diperagakan dengan sangat jelas dan tidak tersaring dengan baik sehingga mudah untuk dijangkau oleh anak-anak.

Dampak negatif yang ditimbulkan dari efek globalisasi hapat di atasi dengan baik, salah satunya dengan peran orang tua, guru, dan tokoh agama supaya bisa di saring dengan baik. berikanlah asupan pendidikan, kasih sayang ortu, dan pendidikan agama sehingga dapat menjadi benteng yang kuat dalam menangkal derasnya arus globalisasi. Misalnya orang tua dapat memainkan perannya sebagai pendamping serta pengawas anak di rumah sedangkan guru dapat menanamkan nilai-nilai pendidikan, moral dan Religius yang pada anak-anak di sekolah.

Kemajuan ilmu dan teknologi yang ada di era globalisasi tidak dapat ditekan apalagi ditolak keberadaannya,oleh karena itu langkah yang paling tepat adalah dengan memanfaatkan sebaik-baiknya globalisasi untuk hal-hal yang bersifat positif dan berusaha sekuat tenaga untuk menangkal dampak negatif yang ditimbulkannya.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kurang dan lebihnya saya mohon maaf.

Wabillahtaufik Walhidayah Wassalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh

 

Pidato Bahasa Indonesia tentang Memperingati 1 Muharram

pidato bahasa indonesia singkat
pidato bahasa indonesia singkat

Bismillahirrahmanirrahim..

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluh.

Yang Saya Hormati Bapak/Ibu Kepala desa beserta staf desaa..

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu tokoh masyarakat beserta warga desa….

Yang pertama-tama Marilah kita panjatkan puji syukur kita kehadirat Allah SWT, Allahmdulillahi Rabbil ‘Alamin, yang mana pada pagi hari ini Allah SWT tetap memberikan nikmat iman dan islam.

serta nikmat sehat wal afiah sehingga kita bisa melaksanakan kegiatan rutin kita, diskusi umum setiap hari Ahad dengan kondisi yang baik, Oleh karena itulah, kita patut senantiasa bersyukur kepada Allah SWT.

Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita, Nabiyullah Muhammad SAW, seorang yang diutus untuk menyempurnakan akhlak umat manusia, semoga kita kelak mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW, salah satu usaha mendapatkan syafaat Contohdari beliau adalah dengan banyak bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Hadirin yang berbahagia.

Alhamdulillah daalam kesempatan yang berbahagia ini marilah kita bersyukur kepada Allah SWT. Atas segala nikmat serta hidayah-Nya yang telah dicurahkan kepada kita semua karena sebentar lagi tanggal 1 muharram akan tiba oleh karena itu mari kita sambut kehadirannya sebagai Tahun Baru Hijriyah semoga kita selalu diberikan kesehatan sehingga kita dapat memasuki tahun baru hijriyah ini dengan selamat dan sejahtera.

Bulan muharram yang merupakan permulaan tahun Hijriyah ini adalah bulan yang mulia dan terpuji Nabi Muhammad menyebutkan bahwa bulan muharram adalah bulannya Allah oleh sebab itu di dalam menyambut tahun baru hijriyah ini marilah kita tingkatkan amal kebaikan kita sesuai dengan arti yang terkandung dalam tahun Hijriyah, yaitu agar seluruh umat islam senantiasa mengingat peristiwa hijrah Rasul untuk menegakkan agama Islam.

Tak terasa tahunpun berlalu marilah kita merenungkan perbuatan yang telah diperbuat tahun lalu dan berbenah diri tentang perbuatan yang salah harus diubah agar menjadi benar dan yang kurang hendaknya ditambah supaya menjadi sempurna, demikian seterusnya sehingga amalan kita menjadi semakin sempurna.

Marilah kita senantiasa berdoa agar pada saat memasuki tahun baru hijriyah nanti kita selalu diberi petunjuk menuju jalan yang lurus oleh Allah, Amin ya robbal ‘alamin.

Demikian pidato dari saya, mohon maaf bila ada kesalahan.
Wassalamu’alaikum wr. wb

Contoh Pidato Bahasa Indonesia singkat Tentang Menuntut Ilmu

pidato bahasa indonesia singkat

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah, alhamdulillahii nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah.

Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluhu. Allahumma sholliala sayyidina Muhammad waala ali sayidina Muhammad amma ba’du.

bapak dan ibu sekalian yang dirahmati allah.

Sebelumnya, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang senantisa melimpahkan rahmatnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di sini, dengan keadaan sehat wa-afiat.

Tidak lupa sholawat serta salam semoga terus tercurah kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW yang kita nanti-nantikan syafaatnya di hari akhir nanti.

Ilmu mempunyai peranan penting dalam kehidupan kita, karena dengan ilmu yang dimilikinya seseorang akan mampu membedakan yang hal yang baik dan yang buruk dengan ilmu pula  seseorang akan lebih baik dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT, karena tahu dasarnya dan tujuan kehidupan iniya.

Pada kesempatan yang baik kali ini, Dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional. Kita tingkatkan pentingnya menuntut ilmu bagi seluruh generasi muda terutama pendidikan dasar 9 tahun. Menuntut ilmu sangat bermanfaat untuk kita semua. Karena, ilmu merupakan bekal kita di masa yang akan mendatang untuk mencapai cita-cita yang diinginkan. Tidak ada kata terlambat untuk menuntut ilmu. Semua orang pantas mendapatkan ilmu walaupun seberapa tua mereka, menerima ilmu tidak memandang dari kondisi.
Dan ada pepatah yang berkata ‘tuntutlah ilmu sampai ke negri Cina’ yang mengandung arti, bahwa menuntut ilmu itu tidak ada batasannya. Walaupun sejauh manapun kita mencarinya dan sepintar apapun kita. Maka dari itu, kita tidak boleh sombong atas kepintaran yang telah diberikan oleh Allah SWT. Melainkan, kita harus mensyukurinya.

Oleh karenanya, hari ini kita akan mendengarkan bersama ceramah mengenai pentingnya menuntut ilmu yang akan disampaikan oleh saya tadi kami berharap ceramah ini sangat berguna dan dapat dimanfaatkan ilmunya.
Demikian sambutan dari saya. Semoga acara ini berjalan dengan lancer. Terima kasih atas perhatiannya. Mohon maaf bila ada salah kata yang tidak berkenan di hati saudar saudari sekalian.
Wassalamualaikum Wr. Wb

Pidato Bahasa Indonesia Tentang Menuntut Ilmu

pidato bahasa indonesia
pidato bahasa indonesia

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah, alhamdulillahii nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah.

Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluhu. Allahumma sholliala sayyidina Muhammad waala ali sayidina Muhammad amma ba’du.

bapak dan ibu sekalian yang dirahmati allah.

Sebelumnya, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang senantisa melimpahkan rahmatnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di sini, dengan keadaan sehat wa-afiat.

Tidak lupa sholawat serta salam semoga terus tercurah kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW yang kita nanti-nantikan syafaatnya di hari akhir nanti.

Ilmu mempunyai peranan penting dalam kehidupan kita, karena dengan ilmu yang dimilikinya seseorang akan mampu membedakan yang hal yang baik dan yang buruk dengan ilmu pula  seseorang akan lebih baik dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT, karena tahu dasarnya dan tujuan kehidupan iniya.

sedangkan bagi seseorang yang buta akan ilmu pengetahuan agama, maka segala yang dikerjakan tisak akan tahu dasar dan tujuannya dalam kehidupan ini. Agar hal semacam ini tidsak sampai menimpa pada diri orang Islam, maka kita harus menyadari, bahwa saetiap orang Islam mempunyai kewajiban untuk menuntut ilmu sedini mungkin dan sebanyak mungkin untuk menjadi bekalnya dan dakwahnya.

Seperti Sabda Rosulullah yang berkaitan dengan hal tersebut yang artinya:
“Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap orang Islam laki-laki dan perempuan”.

Mencari ilmu haruslah di prioritaskan pada setiap umat muslim, karena orang berilmu, maka tahu jalan yang akan ditempuh dengan benar. Orang yang mendambakan bahagia hidup di dunia haruslah mempunyai ilmu, begitu juga orang yang mendambakan kebahagiaan dunia akhirat haruslah mempunyai ilmu Umum dan Ilmu Agama yang cukup.

Oleh karena itu janganlah sampai merasa bosan untuk menuntut ilmu, dan dimana saja harus tetap kita cari seperti sabda Rosulullah SAW yang artinya:
“ Carilah ilmu walau di negeri Cina” (HR. Ibnu Ady dan Baihaqi)
Banyak jalan yang bisa ditempuh dalam mencari ilmu misalnya ada yang mencari ilmu dengan mendengarkan ceramah agama (pengajian-pengajian), ada yang mencari ilmu lewat mencari buku-buku, ada yang mencari ilmu lewat sekolahan, Membaca Al Qur’an.

Tetapi perlu anda ketahui, bahwasanya mencari ilmu yang baik adalah mulai anak-anak masih usai sekolah, mengapa demikian karena dengan kesempatan yang bagus ini maka anak-anak di usia ini masih mempunyai daya tangkap yang kuat sehingga ilmu yang diperiolehnya benar-benar sebagai bahan modal pada kehidupan hari-hari yang akan datang.

Sebuah Ilmu pengetahuan yang sudah diterima anak-anak dengan cara yang serius, maka akan membekas dan teringat terus sampai akhir hayatnya oleh sebab itu begitu pentingnya menuntut ilmu mulai sedini mungkin.

Karena dengan dibekali ilmu pengetahuan, yang menunjang sepenuhnya kehidupan sekarang dan hari esok, (akhirat) untuk itu belajar di waktu kecil bagaikan mengukir di atas batu. Begitu sulitnya sesorang mengukir batu, tapi bila sudah Nampak terukir, maka bertahun-tahun masih saja membekas dan tidak akan hilang. Demikian juga sang anak yang masih kecil, bila sudah masuk ke dalam pikirannya ilmu pengetahuan, maka sulit sekali untuk melupakan, bahkan masih teringat sampai akhir hayatnya.

Marilah kita  bersemangat dalam menuntut ilmu dengan sekuat kita, agar yang kita cita-citakan bisa tercapai sebagaimana yang kita harapkan.

Setelah kita mencari ilmu dengan sungguh-sungguh, maka janganlah lupa untuk diamalkannya. Orang berilmu berkewajiban untuk mengamalkan, jangan sampai ilmu yang dimilikinya, kemudian disembunyikan. Bila seseorang mempunyai ilmu kemudian disembunyikan, maka ancaman Allah yang akan diterima.

Nabi SAW, bersabda yang artinya:
“Barang siapa yang ditanya tentang sesuatu ilmu, kemudian ia menyembunyikan, maka Alla akan mengekangnya besok pada hari kiamat dengan kekangan dari neraka” (HR. Ahmad)
Agar kita tidak termasuk hamba yang diancam oleh Allah maka langkah yang terbaik bagi kita adalah dengan mengamalkan ilmu yang telah didapat.

Demikianlah uraian singkat yang kami sampaikan, dengan penuh harapan mudah-mudahan kita termasuk hamba yang mempunyai ilmu agama, kemudian mau mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari agar bahagia dunia akhirat benar-benar bisa terwujud.
Akhirul salam.
Wassalamu ‘alaikum waramatullahi wabaraakatuh

 

Tinggalkan komentar