20 + Contoh Teks Narasi Lengkap Beserta Pembahasannya

Contoh Pragraf Narasi – Hi guys, selamat datang di web informasi belajar tanpa batas. kali ini kami akan mengulas mengai paragraf narasi, dan contohnya, sebelum itu apakah anda sudah tahu apa itu paragraf narasi.

Pada artikel kali ini kami akan membahas secara tuntas mengenai. pengertian, jeis-jenis, ciri-ciri dan contohnya. hal ini sangat cocok untuk anda yang sedang mencari sumber belajar tentang paragraf narasi, di sini anda akan mendapatkan informasi yang lengkap dan mudah di fahami.

Pengertian Teks Narasi

contoh teks narasi
contoh teks narasi

Teks Narasi merupakan sebuah teks yang berisi karangan yang berkisah suatu hal yang di dalamnya sangat kaya akan peristiwa yang terjadi didalamnya, peristiwa atau kejadian yang didasarkan  oleh urutan waktu didalamnya.

ada dua jenis peristiwa yang ada pada teks narasi, apa sajakah itu? yang pertama adalah kejadian yang nyata terjadi, dan yang kedua adalah sebuah karangan yang didalamnya berisikan khayalan semata.

kesimpulan yang dapat kita Ambil adalah sebuah paragraf narasi adalah sebuah karangan yang didalamnya tidak melulu karangan yang nyata tapi ada pula karangan yang didalamnya berisikan khayalan sebagai contoh misalnya yang ada pada cerita fiktif seperti cerpen, Novel, drama, dll.

Jenis-jenis Teks Narasi

Setelah tadi kita bahas tadi tentang pengertian Teks Narasi, selanjutnya mari kita simak juga tentang jenis paragraf narasi.

Secara umum Teks Narasi di bagi menjadi 2 jenis yakni:

 

  1. Teks Narasi Ekspositorik

Teks ini termasuk Paragraf Narasi yang didalamnya berisi suatu informasi mengenai suatu hal dalam sebuah peristiwa maupun pengetahuan hal ini bersifat untuk menambah pengetahuan dan wawasan dari pembaca.

2. Teks Narasi Sugestif

Teks ini Merupakan Paragraf narasi yang berisi sebuah informasi atau amanat yang tersirat didalamnya, hal ini bertujuan agar pencipta paragraf tersebut bisa menyampaikan tujuannya dengan baik dan seolah-olah pendengar dan pembacanya bisa memahami apa informasi yang ada di dalamnya.

 Ciri-ciri Teks Narasi

contoh teks narasi
contoh teks narasi

Setelah tadi kita bahas tentang jenis-jenis dari teks narasi, selanjutnya kita bahas ciri-ciri dari teks narasi, yang secara umum ada diuraian dibawah ini yuk simak aja

  • seperti pada umumnya teks narasi memiliki unsur yang paling penting yakni: waktu, tokoh, dan peristiwa.
  • Teks narasi berisikan sebuah informasi yang nyata dan khayalan
  • Teks narasi bertujuan untuk menyampaikan informasi yang berkesan kepada pembaca.
  • Teks Narasi berisi sebuah kisah/peristiwa cerita dan kejadian

Berikut ini adalah kumpulan contoh paragraf narasi beserta penjelasannya.

Contoh Paragraf Narasi Tentang Lingkung

contoh teks narasi
contoh teks narasi

Sejumlah pembenahan dilakukan di lingkungan oleh pihak sekolah kami dalam beberapa bulan terakhir. Pembenahan dilakukan mulai dari ruang guru yang dipermak beberapa bagian dan diganti warna catnya. Pembenahan tersebut juga terjadi di beberapa ruang kelas dan juga ruang perpustakaan. Dengan begitu, ruang-ruang yang ada di sekolah akan lebih nyaman untuk digunakan. Tak hanya sampai di situ, agar sekolah kami pun juga diganti dengan pagar yang tingginya menjapai 2,5 meter dan di ujung atasnya terdapat kawat berduri yang memanjang.

Pemasangan pagar itu dilakukan sebagai cara untuk menakut-nakuti pencuri yang hendak mencuri barang-barang di sekolah kami. Sebab, pihak sekolah menyatakan bahwa sekolah kami tidak ingin mengalami pencurian seperti beberapa sekolah lainnya, di mana penyebab utama terjadinya pencurian tersebut adalah rendahnya tinggi pagar sekolah. Selain pagar, CCTV pun dipasang pihak sekolah di beberapa sudut-sudut tertentu dan dikontrol oleh pihak keamanan. Pembenahan-pembenahan yang dilakukan oleh pihak sekolah tersebut bisa membuat lingkungan sekolah kami menjadi lebih aman dan nyaman lagi.

Beberapa contoh di atas hanya segelintir dari contoh paragraf narasi tentang lingkungan sekolah. Pembaca bisa mengembangkan dan mengkreasikan contoh-contoh tersebut. Adapun pembahasan kali ini dicukupkan sampai di sini saja. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan pembaca, baik itu di ranah paragraf narasi khususnya, maupun bahasa Indonesia pada umumnya.

 

Contoh Paragraf Narasi Tentang Anak yang Sedang Belanja

Pergilah Ariel ke pasar menggunakan sepeda bututnya, sesampainya di pasar dibelilah kebutuhan-kebutuhan hidupnya bersama sang ayah yang sakit-sakitan. Setelah semua barang terbeli ia kembali mengayuh sepeda tuanya menuju rumahnya yang hanya berupa gubuk di pinggir sungai.

Contoh diatas menceritakan peristiwa si Ariel yang pergi ke pasar untuk membeli belanjaan kemudian pulang. Tiga peristiwa ini beruntut sehingga terbentuk kronologi.

 

Contoh Paragraf Narasi Tentang Kesehatan

contoh teks narasi
contoh teks narasi

Tubuh Dina pun kian melemas. Sedari tadi, dia sangat tidak konstentrasi saat pelajaran berlangsung. Pandangan matanya pun kian mengabur dan pikirannya pun berkonang-kunang. Tak perlu menunggu waktu lama, Dina tergeletak di lantai di lantai kelas yang ada di sebelah kanan bangku kelas yang ia duduki. Sntak, semua yang ada di kelas Dina panik dan membawa tubuh Dina menuju ke Unit Kesehatan Siswa (UKS).

Sekian lama tak sadarkan diri, Dina pun akhirnya akhirnya tersadar juga. sejumlah teman yang disuruh Pak Guru untuk menjaga Dina di UKS tampak senang melihat temannya yang sudah tersadar tersebut. Kepada teman-temannya itu, Dina menceritakan bahwa dirinya tidak sempat sarapan terlebih dahulu di rumah, sehingga hal itu membuatnya lemas dan tidak berkonsentrasi.

Akhirnya, teman-teman Dina pun membeli sepotong roti dan air mineral agar perut Dina terisi penuh oleh makanan, sehingga tubuhnya kembali kuat dan bisa berkonsentrasi saat belajar di kelas.

Contoh Paragraf Narasi Tentang Pahlawan

 

kota surabaya terkenal sebagai kota pahlawan karena pada tanggal 20 November 1945, kota Surabaya meletuslah suatu pergerakan perlawanan rakyat Surabaya dalam mengusir penjajahan Belanda dan para sekutu di tanah air terutama bagi daerah Surabaya.

Asal mula terjadinya perang ini yaitu karena terjadinya pembunuhan dari salah satu pemimpin yaitu Brigadir Jenderal Mallaby yang kemudian menyulut kemarahan tentara inggris. Karena terbunuhnya pimpinan mereka, pada akhirnya Inggris dan para sekutunya menyampaikan suatu Ultimatum bagi semua pejuang yang berada di Surabaya agar secepatnya menyerah.

Pejuang bukannya menyerah, ultimatum itu malahan dinilai adalah bentuk penghinaan bagi para rakyat Surabaya dan pejuang oleh karenanya mereka mengadakan pertahanan perjuangan guna melawan para pihak Inggris.

Karena tahu ultimatumnya tersebut ditolak, akhirnya muncul kemarahan besar dari para pihak Inggris dan para sekutunya. Lalu ditanggal 10 November di pagi hari Inggris menyerang secara besar-besaran lewat jalur udara, laut, dan darat dengan cara menggerakan sekitar kira-kira 30,000 Infanteri.

Beberapa tank, kapal perang, pesawat dari mereka dan para pihak sekutu menyerang secara habis habisan kota Surabaya. Mereka melakukan pengeboman terhadap bardir Gedung gedung pemerintahan.

Peristiwa ketika saat itu amatlah mencekam dan mengerikan, pembunuhan ada dimana mana dan bikin masing masing pejuang jadi terpojok. Akan tetapi, rencana penjajah supaya dapat menaklukkan kota Surabaya gagal total dalam 3 hari.

Semua rakyat dan pejuang Surabaya datang ke jalan-jalan dan melakukan perlawanan. Setiap pejuang rakyat Surabaya memiliki semangat yang membara. Hal itu dikarenakan berkat tampilnya sesosok pemuda yang namanya adalah Bung Tomo.

Ketika waktu itu, dengan gagah berani Bung Tomo menyampaikan suatu pidato untuk rakyat Surabaya dan membakar semua semangat juang yang mereka punya meskipun hingga titik darah penghabisan.

Pertempuran Surabaya terjadi hingga 3 minggu dan pada akhirnya kemenangan ada ditangan pihak sekutu. Walaupun kota Surabaya sudah berada di tangan sekutu, perlawanan rakyat Surabaya ketika itu benar benar menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia dan membuat semangat mereka menjadi membara untuk melawan penjajahan.

Contoh Paragraf Narasi Tentang 2 Saudara

contoh teks narasi
contoh teks narasi

Di sebuah hutan, hiduplah dua orang anak kembar yatim-piatu yang bernama Safira dan Safitri mereka tinggal di sebuah gubuk dan keseharian mereka selalu berburu binatang untuk dimakan. Setelah beberapa lama kemudian, kedua anak tersebut ditemukan oleh saudagar kaya yang kebetulan sedang ingin berburu juga. Safira dan Safria pun di bawa ke rumah sang saudagar dan dijadikan sebagai aanak angkatnya.

Contoh teks narasi diatas menceritakan dua orang anak yatim yang hidup di tengah hutan, Saat mereka berburu di hutan mereka bertemu dengan saudagar kaya yang kebetulan sedang berburu. Akhirnya mereka kerumah saudagar dan dijadikan anak angkatnya.

Contoh Paragraf Narasi Tentang Liburan Sekolah

Tepat ketika tanggal 10 Maret, sekolahku libur selama sembilan hari dan akan berakhir pada tanggal 18 Maret. Aku dan seluruh keluargaku tidak menyia-nyiakan waktu ini untuk mengadakan liburan keluarga. Ketika itu aku memilih berlibur ke Pantai Parangtritis.

Pagi-pagi aku telah berbenah dan menyiapkan semua perbekalan yang nantinya diperlukan. Sepanjang perjalanan, aku iringi dengan nyanyian lagu riang. Betapa senangnya aku ketika sampai di pantai tersebut. Dengan hati suka ria, aku sambut Pantai Parangtritis dengan senyumku. Pantai Parangtritis, pantai nan elok yang menjadi favoritku.

Tanpa menyia-nyiakan waktu, aku mengajak kakakku untuk bermain air. Kuambil air dan aku ayunkan ke mukanya. Dengan canda tawa, kami saling berbalasan. Puas rasanya, terasa hilang semua kepenatan karena kesibukan tiap harinya. Di sana, aku dan seluruh keluargaku saling berfoto-foto untuk mengabadikan momen yang indah ini.

Tak terasa waktu berjam-jam telah kuhabiskan disana. Hari pun mulai sore menandakan perpisahan dan kembali pulang. Tak rela rasanya kebahagiaan ini akhirnya selesai. Dalam benakku, aku kan kembali esok.

Contoh Paragraf Narasi Tentang Hari Pertama Sekolah

Hari ini adalah hari pertama Faris bersekolah di SMAN 4 Semarang. Ia bangun pukul 4.00 WIB, satu jam lebih awal dari biasanya. Ia segera ke kamar mandi. Salat Subuh ia lakukan tepat setelah azan selesai berkumandang. Pakaian seragam baru yang telah ia siapkan dari kemarin malam, dipakainya dengan rapi. Meskipun tidak biasa, ia mencoba sarapan pagi. Tepat pukul 6.00, ia berpamitan kepada kedua orang tuanya kemudian berangkat dengan harapan dan semangat baru.

Contoh Paragraf Narasi Tentang Liburan

Berlibur ke Rumah Nenek

Setiap libur akhir pekan, Ami selalu pergi ke rumah nenek. Nenek tinggal seorang diri. Oleh karena itu Ami sering berkunjung untuk menemani nenek. Terkadang Ani bertemu dengan sepupu-sepupu yang kebetulan berkunjung juga ke rumah nenek.

Satu aktivitas yang disukai Ami saat berlibur ke rumah nenek adalah bermain bersama ikan koi peliharaan nenek. Nenek mempunyai peliharaan ikan koi yang besar-besar.

Ami terbiasa berenang dan bermain bersama ikan koi. Tak lupa Ami juga memberi makan ikan tersebut. Ami sangat senang berlibur akhir pekan ke rumah nenek.

Contoh Paragraf Narasi tentang kehidupan Anak yatim

Hari serasa Senin menjadi hari yang sangat berat bagiku, aku harus bangun lebih pagi daripada biasanya. Membantu keluarga memang tugasku, terlebih setelah ayahku meninggal aku harus lebih bekerja keras entah di Sekolah maupun dirumah. Namun demi Ibu ku setiap hari akan kulakukan.

Contoh diatas menceritakan seorang anak yang rela bekerja keras demi Ibunya setelah Ayahnya meninggal walau sesibuk apapun dia.

Contoh Paragraf Narasi tentang Ulang tahun

Hari ini menjadi hari yang tak terlupakan untuk Nika, karena ia mendapat kejutan dari teman-teman sekelasnya. Sebelumnya ia sudah curiga akan tingkah laku yang aneh dari temana-teman sekelasnya. Benar saja, saat pulang sekolah, teman-teman Nika memberikan kejutan berupa kue ulang tahun dan taburan tepung di badannya.

Menceritakan Nika yang mendapat kejutan ulang tahun. Namun sebelumnya ia sudah menduganya karena sikap teman-temannya yang akhir-akhir ini berubah saat tanggal ulang tahunnya akan tiba dan ternyata benar saja dugaan Nika.

Contoh Paragraf Narasi tentang Novel Habibie dan Ainun

Novel Habibie dan Ainun menceritakan tentang romantika kehidupan Habibie dan Ainun, cina sejati antara Habibie untuk Ainun yang memberikan semangat serta motivasi dalam keberhasilan seorang Habibie yang tak lain adalah suami tercinta Ainun.

Sala satu jenis paragraf Narasi sugesti dimana menceritakan kisah Habibie Ainun dalam Novel terkenalnya.

Contoh Paragraf Narasi Ekspositoris tentang Perjuangan Ir. Soekarno

Di tanggal 4 Juli 1927, Partai Nasional Indonesia atau PNII didirikan oleh Soekarno dengan tujuan supaya Indonesia bisa secepatnya merdeka. Akan tetapi realitanya pada tanggal 29 Desember 1929, penjajah Mengirim beliau ke dalam penjara Sukamiskin di Bandung hingga tanggal 31 Desember 1931.

Kemudian beliau bebas lalu ikut berpartisipasi dengan partindo. Akan tetapi untuk kedua kalinya beliau ketahuan kemudian ditangkap lalu diasingkan di Ende Flores di tahun 1933. Lalu Belanda memindahkannya ke Bengkulu.

Sesudah melewati berbagai perjuangan dalam waktu yang cukup lama, akhirnya beliau ditemani dengan Bung Hatta memproklamirkan kemerdekaan resmi Indonesia di tanggal 17 Agustus 1945.

Contoh Paragraf Narasi Susestif Tentang Hari Minggu

Hari minggu adalah hari yang paling melelahkan bagiku. Jika di pagi hari banyak remaja yang menghabiskan waktunya untuk bersantai dan pergi untuk jalan-jalan bersama temannya, tidak berlaku bagiku.

Pukul 5 pagi aku sudah harus bangun dan membantu ibuku untuk memasak dan setelah itu aku harus menemani adik-adik ku bermain sampai mereka lelah tertidur.

Tinggalkan komentar