Contoh Pidato Persuasif dengan Berbagai Tema Yang Menarik

Contoh Pidato Persuasif dengan Berbagai Tema Yang Menarik

Contoh Pidato Persuasif
Pidato Persuasif

Teks Pidato Persuasif – Hallo gaes sahabat setia syahrulanam.com

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas artikel tentang pengertian pidato persuasif dan apa tujuan, struktur dan teks pidato persuasif.

Sebelum kita lanjut mari kita bahas apa itu pidato, pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan umum ( public  speaking)

hal ini bertujuan untuk mengutarakan pendapat, memberikan gambaran terhadap suatu hal dan juga untuk mengajak kepada banyak orang untuk berbuat atau melakukan sesuatu yang disebut pidato persuasif.

Pembahasan Teks Pidato Persuasif

Pidato merupakan sebuah upaya penyampaian sebuah informasi yang meliputi ide atau sebuah gagasan yang bersifat memotifasi para audiens agar mereka menjadi pribadi yang lebih baik dengan cara memahami pidato yang dibawakan.

walaupun sebuah pidato hanya disampaikan dalam bentuk bentuk kata atau kalimat anda harus tetap memperhatikan mimik/ ekpresi wajah yang sesuai dengan tema yang dibawakan yang didukung oleh gerak-gerik tubuh yang sesuai dan intonasi pelafalan pidato harus jelas.

hal ini dikarenakan ketika kita berpidato banyak sekali audiens yang memperhatikan kita, bukan hanya suara saja tetapi juga ekprsi dan gerak gerik sang pembawa pidato.

 

Pengertian Pidato Persuasif

 

Pidato persuasif merupakan jenis pidato yang ditujukan untuk memengaruhi para audiens, yang berfungsi untuk mengajak atau membujuk para Audiens agar mereka berubah menjadi yang lebih baik sesuai dengan tujuan pidato yang disamaikan.Sebuah pidato persuasif haruslah berisi argumentasi yang logis atau masuk akal, agar kelak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya di kemudian hari.

Pidato persuasif bersifat mengajak dan menghimbau kepada audiens untuk melakukan hal yang bermanfaat bagi kehidupannya.

Oleh sebab itu, Pidato persuasif merupakan salah satu cara efektif untuk berdakwah kepada audiens untuk berbuat yang lebih baik dan istiqomah di kemudian hari. Pidato persuasif biasanya sering dibawakan pada event-event tertentu.

Tidak menuntut kemungkinan orang yang berpidato biasanya menyelipkan lelucon-lelucon kepada audiens hal ini dilakukan supaya mereka tidak merasa bosan mendengar pidato persuasif yang dibawakan.

Dengan demikian informasi yang disampaikan menjadi cair dan mudah diterima oleh audiens. oleh sebab itu banyak orang yang kesulitan untuk berpidato persuasif.

 

Tujuan Pidato Persuasif

Pengertian pidato persuasif

Semua pidato pastinya memiliki tujuan yang baik agar (merubah seseorang menjadi lebih baik lagi) tanpa terkecuali Pidato persuasif juga memiliki tujuan untuk penguatan informasi yang disampaikan kepada audiens.

Read: 160 + Contoh Kalimat Persuasif Lengkap Beserta Pembahasannya

Fungsi Pidato Persuasif

 

Beberapa fungsi pidato Persuasif yang perlu anda ketahui adalah:

  1. Mempermudah penyampain yan iformasi .
  2. Mempengaruhi para audiens agar mengubah menset” ysng negatif.
  3. Mampu menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang yang melakukan pidato persuasif tersebut.
  4. Sarana komunikasi yang efektif.

Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi harus lebih diperhatikan serta harus percaya diri menyampaikan isi dari contoh pidato Persuasif, supaya audiens yang melihatpun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang disampaikan.

Metode dalam penyampaian Pidato Persuasif

Tidak boleh sembarang orang berbicara di depan publik atau pidato pidato karena pada sebuah pidato ada metode-metode yang yang harus diketahui, Berikut adalah metode-metode yang digunakan orang ketika berpidato:

  1. Impromptu ialah metode berpidato yang secara sopan, santun dan serta merta tanpa adanya persiapan sama sekali, metode ini juga disebut sebagai metode spontan hal ini dikarenakan penyampaian metoe yang langsung tanpa persiapan. Kelebihan dari metode ini dikarenakan audiens
  2. Memoriter yaitu metode berpidato dengan menghapalkan naskah pidato persuasif terlebih dahulu.
  3. Naskah yaitu metode berpidato dengan membacakan teks/naskah pidato persuasif .
  4. Ekstemporan yaitu metode berpidato dengan terlebih dahulu menyiapkan garis-garis besar konsep pidato persuasif yang akan disampaikan.

Lantas, siapa saja sih melakukan pidato singkat? Tidak sembarang orang, berikut adalah beberapa orang yang sering memberikan pidato singkat di beberapa acara-acara.

Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya. Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis

.
Dipraktikkan untuk menenangkan massa atau khalayak ramai.
Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato
Anda bisa menyiapkan sebuah teks kecil jika tidak sanggup menghapal contoh pidato bahasa indonesia singkat atau belum terbiasa untuk melakukan pidato persuasif secara natural.

Setiap orang tentu memiliki cara tersendiri dalam menyampaikan pidato karena merupakan suatu hal yang menantang dan menyenangkan, Anda pun tak perlu takut untuk berpidato jika ingin menyampaikan suatu aspirasi baru di depan publik. Untuk Anda yang masih pemula dalam berpidato, sebaiknya Anda membuat ringkasan mengenai apa yang akan Anda sampaikan, karena pabila anda belum menyiapkan segala kebutuhan untuk berpidato maka anda akan terkena gempa lokal atau gugup.

Pada kesempatan ini admimingin membagikan sebuah ulasan teks tentang pidato persuasif singkat yang lengkap dari berbagai tema yang menarik. Berikut ada beberapa contoh pidato singkat tentang berbagai bidang yang dapat Anda jadikan sebagai suatu referensi.

Pidato Persuasif Singkat Tentang Menjaga Lingkungan

Contoh Pidato Persuasif Tentang Kebersihan
Contoh Pidato Persuasif Tentang Kebersihan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru
Dan Yang Saya Sayangi Siswa/Siswi yang berbahagia.

Pertama – tama marilah kita sampaikan rasa puji dan syukur kita kehadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam yang tak henti – hentinya telah memberikan hidayah dan nikmatnya sehingga kita semua dapat berkumpul dalam ruangan ini tanpa halangan sedikitpun dan dalam kondisi sehat walafiat.

Shalawat serta salam kepada junjungan kita, Nabi Besar Muhammad SAW yang telah membawa kita ke luar dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang saat ini. Semoga kita diberikan syafaatnya pada yaumil akhir kelak amin.

Bapak/Ibu guru serta teman-teman yang saya cintai, seperti yang kita ketahui bahwa lingkungan di sekitar kita telah menjadi cerminkan budaya sekolah kita dan langkah tidak bijaknya jika lingkungan di sekitar kita terlihat Kotor (tidak enak dipandang).

Apalagi masih didalam lingkungan sekolah ini telah menjadi rumah kedua kita yang setiap hari kita singgahi guna menuntut ilmu seharusnya lingkungan sekolah harus selalu terjaga dan memiliki suasana yang indah sehingga kita pun dapat lebih konsentrasi dalam proses kegiatan belajar mengajar berlangsung.

Saya sebagai bagai salah satu keluarga di sekolah ini sangat menginginkan supaya kita bisa tetap terus menjaga kebersihan lingkungan ini sepanjang hayat. Setiap kelas seharusnya sudah memiliki kedisiplinan tersendiri untuk menjaga kebersihan, seperti kebijakan yang telah ditetapkan sebelumnya, bahwa setiap siswa harus memiliki jadwal piket masing-masing dan sudah sepatutnya teman-teman sekalian selalu datang lebih awal supaya dapat membersihkan kelas terlebih dahulu sehingga ketika pelajaran pertama dimulai, lingkungan kelas kita sudah mulai bersih dan nyaman.

kita semua harus sadar bahwa adanya tong sampah bukanlah tanpa tujuan melainkan kita seharusnya bisa belajar taat membuang sampah pada tempatnya, sehingga kebersihan sekolah kita pun tetap terjaga dan terbebas dari sampah. oleh karena itu Marilah sedini mungkin kita terapkan peraturan tentang menjaga kebersihan lingkungan supaya kelak kita bisa menikmatinya di kemudian hari

Saya berharap dengan adanya tindakan-tindakan kecil yang telah saya sebutkan sebelumnya, mampu menyadarkan kita semua untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan kita maka dari itu kebersihan perlu dijaga oleh kita dan untuk menunjukan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Akhir kata, usinafni bitakwallah terima kasih atas kesempatan diberikannya Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Itulah tadi pembahasan tentang pidato persuasif yang pertama simaklah contoh-contoh selanjutnya

Simak juga Contoh Pidato Bahasa Indonesia

Pidato Persuasif Singkat Tentang Moral

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dengan segala puji bagi Allah SWT yang sudah memberikan limpahan rahmat serta nikmatnya kepada kita semua sehingga saat ini kita masih bisa menikmati udara segar dan bisa berkumpul dalam keadaan sehat dan suasana kekeluargaan yang berharga pada hari ini.

Kedua kalinya, sholawat dan salam semoga tetap tercurahkan baginda Nabi besar Muhammad Saw yang telah memberikan tuntunan serta bimbingan kepada kita semua sehingga kita berada pada jalan yang terang benderang yang diridhoi oleh Allah Swt.

Bapak/Ibu dan para hadirin yang berbahagia

Pada kesempatan kali ini Saya akan menyampaikan pidato persuasif singkat tentang moral.

 

Bapak/Ibu para hadirin yang berbahagia…

Suatu lingkungan akan dianggap buruk, jika masyarakatnya menunjukkan moral yang tidak baik ketika bertingkah laku. Di Zaman yang modern ini, kehidupan manusia serba mudah dan praktis karenakan adanya fasilitas yang semakin canggih sehingga dapat memanjakan penggunanya.

Sangat banyak pengaruh yang bisa munculkan karena adanya teknhologi modern ini dan banyak seperti yang kita ketahui korban dari tekhnologi bukan hanya satu atau dua orang melainkan jutaan mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa, maka dari itu, menjaga moralitas sangatlah diperlukan agar kita dan keluarga kita terjauh dari pengaruh-pengaruh buruk yang bisa merusak nilai moral kita. Agar tidak mudah terpengaruh,  dan menyalahgunakan kemudahan-kemudahan yang ada saat ini sebaliknya, kita harus memanfaatkan tekhnologi untuk tujuan-tujuan yang lebih positif.

Salah satu cara agar tidak terpengaruh oleh moral yang kurang baik sebaiknya kita memantau generasi muda misalnya putra-putri kita agar terhindar dari berbagai macam potensi pengaruh buruk yang bisa merusak moral dan akhlak mereka. sebagai Orang tua anda harus selalu bisa memberikan nasehat yang mendidik kepada anaknya karena hal ini sangatlah penting untuk dilakukan sebagai cara untuk membentengi anak-anak dari hal yang bisa menjerumuskan ke rusakan moral.

Membentengi anak-anak dengan mengajari mereka pendidikan agama sejak dini, memberikan informasi-informasi yang membuat mereka bersemangat untuk belajar, Tidak hanya itu, menyisihkan waktu untuk mendengar curhatan-curhatan anak-anak, keluh kesah mereka tidak kalah penting unruk dilakukan.

Arti sebuah moral sangatlah penting karena apabila sopan santun sudah hilang dalam kehidupan sehari-hari, maka bangsa Indonesia tidak akan mampu untuk bersatu al hasil terciptalah pecah belah yang menyebabkan kerusakan bangsa.

Marilah kita junjung tinggi nilai moral seperti menghargai perbedaan dan etika bermasyarakat dan masih banyak lainnya yang bisa dimulai sejak dini dan mengajarkan kepada anak-anak kita, agar bangsa ini senantiasa terhindar dari kerusakan moral.

Terima atas perhatiannya kurang lebihnya Saya mohon maaf. usinafni bitakwallah

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Read: Contoh pidato persuasif Lengkap

Pidato Persuasif Singkat Tentang Pendidikanpidato persuasif

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluhu.

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Kepala Sekolah beserta staf..

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru beserta karyawan sekolah….

Yang Saya Sayangi dan saya banggakan Siswa/Siswi sekolah…

Yang pertama-tama marilah kita panjatkan puji, syukur ke Hadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan kepada kita semua, sehingga pada pagi hari yang cerah ini kita masih dapat melaksanakan kegiatan upacara bendera pada pagi hari ini dengan hikmat.

Yang kedua sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW dan semoga kita semua yang ada disini kelak mendapatkan safa’at beliau di akhir jaman nanti.

Harus kita sadari bahwa kesehatan itu harganya memang sangat mahal bayangkan saja jika Anda tiba-tiba terserang penyakit Paru-paru berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk mengobati penyakit anda pastinya akan sangat mahal sekali bukan.

Oleh sebab itu, menjaga kesehatan adalah hal yang sangat penting karena jika kesehatan kita terjaga dengan baik maka kita dapat melaksanakan kegiatan sehari-hari dengan baik, lancar, berkarya, serta dapat meraih prestasi di masa depan.

Dengan adanya lingkungan yang sehat, maka akan timbullah Orang yang kuat jika dan tentunya mempunyai tubuh yang sehat. jika tubuh sehat, maka tubuh akan menjadi kuat dan sebaliknya nah, sebagai pelajar kita bisa menjaga kesehatan dari hal yang sederhana, seperti bangun tepat waktu, kemudian mandi dan sarapan yang bergizi serta berolahraga setiap hari.

Apabila ada pelajaran olahraga, antusias dalam mengikuti semua kegiatannya dengan baik dan semangat karena secara tidak langsung kamu sudah melakukan upaya untuk menjaga kesehatan banyak ketentuan salah satunya ketika makan, Anda juga diharuskan mengkonsumsi makanan yang bersih dan sehat.

Yang paling penting adalah kita selalu peduli untuk menjaga kesehatan tubuh diri sendiri dan tentunya juga keluarga terdekat supaya kesehatan kita tetap terjaga mulai saat ini marilah kita sama-sama menjaga kesehatan tubuh kita. Tanpa harus menunggu hingga esok hari. Mulailah hidup sehat dengan mudah yaitu dengan menjaga pola hidup sehat dan teratur agar kesehatan kita tetap terjaga.

Demikianlah pidato singkat tentang kesehatan yang bisa saya sampaikan. Jika ada kesalahan dalam bertutur kata, Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Contoh Pidato Singkat yang Benar

Pidato persuasif singkat
Pidato persuasif singkat

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluhu.

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Kepala Sekolah beserta staf..

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru beserta karyawan sekolah….

Yang Saya Sayangi dan saya banggakan Siswa/Siswi sekolah…

Yang pertama-tama marilah kita panjatkan puji, syukur ke Hadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan kepada kita semua, sehingga pada pagi hari yang cerah ini kita masih dapat melaksanakan kegiatan upacara bendera pada pagi hari ini dengan hikmat.

Yang kedua sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW dan semoga kita semua yang ada disini kelak mendapatkan safa’at beliau di akhir jaman nanti.

Kali ini, Saya akan menyampaikan pidato tentang pentingnya menjaga menuntut Ilmu. Karena Allah SWT akan mengngkat derajat orang yang berilmu. Maka dari itu, marilah kita mulai belajar dengan giat agar derjat kita dinaikan disisi Allah SWT.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Sebelumnya saya akan memulai dengan sedikit persepsi Jika kita selalu belajar dengan tekun dan berperilaku positif di dalam kehidupan sehari-hari, lalu kebiasan kita tersebut ditiru oleh anak-anak dan orang-orang dekat, maka kita juga akan mendapat manfaatnya.

Allah telah memberikan satu karunia kepada manusia yang tiada ternilai harganya dan dari karunia inilah yang membedakan antara manusia dengan mahluk liannya. Degan karunia yang diberikan Allah manusia dapat berperilaku dan bertindak sesuai dengan sifat manusia, Misalnya adalah akal, dengan akal seseorang dapat berfikir sebelum bertindak.

Hanya orang-orang yang berilmu yang mempergunakan ni’mat akal dengan sebaik-baiknya yakni untuk mencari ilmu pengetahuan yang luas dengan cara belajar. seperti yang sudah dijelaskan Allah tentang perbedaan antara orang yang berilmu pengetahuan dengan yang tidak didalam surat Az-Zumar: 9

Artinya: “katanlah: “adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan yang orang-orang yang tidak mengetahui?” sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran.” (QS Az Zumar: 9)

أَمَّنْ هُوَ قَانِتٌ آنَاءَ اللَّيْلِ سَاجِدًا وَقَائِمًا يَحْذَرُ الْآخِرَةَ وَيَرْجُو رَحْمَةَ رَبِّهِ ۗ قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الَّذِينَ يَعْلَمُونَ وَالَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ ۗ إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُولُو الْأَلْبَابِ

Artinya: (Apakah kamu hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadat di waktu-waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (azab) akhirat dan mengharapkan rahmat Tuhannya? Katakanlah: “Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?” Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran.

Rosulullah pun juga pernah menjelaskan tentang menuntut ilmu adalah kewaiban bagi setiap orang muslim, sebagaimana sabda Rasul:

Artinya: “Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi orang muslim.” (HR. Ibnu Majah)

Dalam hadits lain Rasulullah menjelaskan bahwa siapa yang menutut ilmu pengetahuan, maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga. Sebagaimana sabda Rasulullah berikut ini

“Siapa yang menempuh jalan dalam rangka menuntut ilmu pengetahuan, maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga.” (HR. Bukhari)

Hadirin yang berbahagia,

Inilah pembeda antara Orang yang berilmu tidaklah sama dengan orang bodoh. Orang yang berilmu atau orang alim akan mempunyai kedudukan yang terhormat dalam masyarakat, disegani, dihormati, dan dijadikan tempat bertanya oleh masyarakat. Berbeda dengan orang bodoh, yang hanya menjadi bahan olokan orang lain, dipandang hina dan disepelekan. Allah berjanji dalam Al Quran bahwa Dia akan meninggikan derajat orang yang beriman dan berpengetahuan sebagaimana firman-Nya berikut ini

Artinya: “Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.” (QS. Al Mujadilah: 11)

Maka dari itu, mari ajarkan anak-anak tentang pentingnya belajar dengan tekun sedini mungkin agar kelak mereka menjadi anak yang cerdas dan suka berbuat hal-hal yang positif.

Dengan mengajarkan pentingnya menjaga belajar kepada anak-anak diharapkan mereka dapat mandiri dan terbiasa mengatasi hal-hal yang sulit diselesaikan.

Hadirin yang berbahagia,

Demikianlah pidato singkat tentang pentingnya menuntut ilmu yang bisa saya sampaikan. Semoga apa saya sampaikan ini bermanfaat dan dapat dilaksanakan dengan baik dan senang hati. Apabila ada kesalahan kata penyampaian, saya mohon maaf sebesar-besarnya, akhir kata saya ucapkan terimakasih atas perhatiannya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Persuasif Tentang Kebersihan

pidato persuasif kebersihan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pada kesempatan ini marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan beribu nikmat dan hidayahnya kepada kita sehingga bisa berkumpul diruang ini dalam keadaan sehat walafiat hari ini.
Sholawat serta salam semiga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW suri tauladan bagi kita semua, yang telah mengajarkan kita tentang ahlak kepada kita semua sehingga kita bisa keluar dari keadaan yang biadab menuju agama yang beradap.

Hadirin yang dihormati,
pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan menyampaikan sedikit Pidato yang membahas masalah menjaga kebersihan.

Kebersihan merupakan perilaku yang terpuji dan disuki Allah SWT, karena sifat sejatinya sendiri mencintai orang yang bersih beserta membersihkan segala sesuatu yang ada pada dirinya sendiri.
Arti dari sabda diatas adalah sebuat perintah yang mengajarkan kita tentang mencintai kebersihan serta selalu menjaga kebersihan Maka dari itu mulailah menjaga kebersihan demi terciptanya keselamatan dan kebaikan untuk diri kita ataupun orang lain.

Hadirin sekalian,
Kebersihan sangat perlu kita jaga dan kita lestarikan, misalnya jika kita menjaga kebersihan dimulai dari diri kita sendiri tentu banyak orang yang melihat dan meniru, mulai dari anak-anak kita, orang-orang dekat disekitar kita. maka dari itu pula kita pun akan mendapat manfaatnya dengan demikian marilah kita ajarkan sedini mungkin kepada anak-anak tentang betapa pentingnya menjaga kebersihan dan melertarikan kebersihan.

Dengan cara memberikan contoh yang baik terhadap kebersihan kepada seluruh orang-orang termasuk anak-anak kita juga insya Allah manfaatnya akan terasa dengan cepat dan bertahan lama. semoga anak-anak kitapun terbiasa atau mandiri untuk mengatasi hal-hal yang bersifat menjaga kebersihan, baik itu diri sendiri, rumah sendiri, sekolah sendiri, atau bahkan di lingkungan sendiri.

Hadirin yang berbahagia,
Demikianlah itu tapi pidato yang dapat saya sampaikan, semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat dan dapat diterapkan, saya ucapkan terimakasih atas perhatiannya.

Ihdinassiratalmustaqim Summassalamu’alaikum Wr. Wb.

Teks Pidato Persuasif tentang Kebersihan

pidato persuasif tentang kebersihan
pidato persuasif tentang kebersihan

Selamat Siang Bapak Kepala Sekolah yang terhormat,
Bapak/Ibu Guru yang kami hormati,
Serta teman-temanku sekalian yang saya sayangi
Pertama tama
Marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Yang Maha Kuasa atas berkat dan karunia-Nya sehingga kita dapat dikumpulkan pada acara pagi hari ini dengan keadaan sehat wal Afiat tanpa kekurangan suatu apapun, Sholawt serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita nabi besar muhammad SAW karena berkat beliaulah kita bisa berada dalam kebenaran yakni dengan adanya agama islam.

Hadirin yang dirahmati Allah, seperti yang telah diketahui bahwa lingkungan di sekitar telah menjadi cerminan budaya sekolah ini, begitu tidak baiknya jika lingkungan di sekokah sekitar ini terlihat tidak bersih dipandang ataupun tidak nyaman lagi untuk kita tinggali.

sekolah rupakan hal penting untuk kita jaga kebersihannya, karena pepatah mengatakan “sekolah adalah rumah kedua” oleh karena itu upaya kita menjaga kebersihan lingkungan sekolah kita yang setiap hari disinggahi guna menuntut ilmu sejak dini. Lingkungan sekolah seharusnya memiliki kebersihan dan selalu terjaga kebersihannya supaya sekilah tersebut memiliki suasana yang sejuk dipandang, sehingga orang-orang dapat lebih konsentrasi dalam proses belajar dan mengajar disekolah.

Oleh karena itu, saya sebagai salah satu keluarga di sekolah ini, sangat menginginkan agar dapat tetap terus menjaga kebersihan lingkungan sekolah dengan baik dan terus menjaganya.

sudah semestinya setiap kelas sudah mempunyai sikap kedisiplinan tersendiri akan pentingnya kebersihan itu. Seperti kebijakan yang telah ditetapkan sebelumnya, setiap siswa sudah memiliki jadwal piket masing-masing, sudah sepatutnya teman-teman sekalian selalu datang lebih awal untuk dapat membersihkan kelas terlebih dahulu sehingga ketika pelajaran pertama dimulai, lingkungan kelas kita sudah mulai bersih dan nyaman untuk ditempati.

Dan tidak lupa juga, peran kita sebagai siswa seharusnya selalu sadar bahwa adanya tong sampah bukanlah tanpa tujuan tertentu. Anda harusnya bisa belajar taat untuk dapat membuang sampah pada tempatnya, sehingga kebersihan sekolah kita pun tetap terjaga dan terbebas dari sampah-sampah yang berserakan.

Hadirin yang saya cintai.

Saya berharap dengan adanya tindakan-tindakan kecil yang telah saya sebutkan dan, diharapkan mampu menyadarkan kita semua untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah yang sangat berpengaruh besar terhadap kesehatan, kenyamanan proses belajar dan mengajar.

Hadirin sekalian,

Akhir kata, saya ucapkan terimakasih untuk kesempatan waktunya menyampaikan sepatah dua patah pidato kebersihan ini, jika ada salah kata mohon dimaafkan, Kebenaran datangnya hanya dari Allah dan karena sejatinya manusia tidak luput dari kesalahan dan dosa.

Ihdinossiratalmustakim Summassalamu’alaikum Warrahmatullah Wabarakattuh

Pidato Persuasif Singkat Tentang Cinta Tanah Air

pidato persuasif cinta tanah air
pidato persuasif cinta tanah air

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluhu.

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Kepala Sekolah beserta staf..

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru beserta karyawan sekolah….

Yang Saya Sayangi dan saya banggakan Siswa/Siswi sekolah…

Yang pertama-tama marilah kita panjatkan puji, syukur ke Hadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan kepada kita semua, sehingga pada pagi hari yang cerah ini kita masih dapat melaksanakan kegiatan upacara bendera pada pagi hari ini dengan hikmat.

Yang kedua sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW dan semoga kita semua yang ada disini kelak mendapatkan safa’at beliau di akhir jaman nanti.

Pertama-tama saya ucapkan terima kasih kepada panitia, yang telah melaksanakan tugas dengan baik, tapi jangan puas sampai disini kalian masih perlu berlatih agar kedepannya menjadi lebih baik lagi.

Pada pagi ini saya akan menyampaikan pidato mengenai cintailah tanah air Indonesia, rasa cinta tanah air berarti tentang kemauan merawat, memelihara dan melindungi dari ancaman.

Sedangkan Cinta tanah Air adalah sebuah rasa rela berkorban untuk untuk tanah air dan membelanya dari segala ancaman yang menghalang seperti misalnya para pahlawan telah membuktikan cintanya kepada tanah air.

Rasa cinta tanah air adalah perasaan yang timbul dari dalam hati sanubari seorang warga negara, untuk mengabdi, memelihara, membela, membela negara dari segala macam bahaya.

Pada zaman dahulu, Indonesia sempat dijajah oleh berbagai macam pendatang dari berbagai macam negara, Mereka sengaja datang hanya untuk mengambil kekayaan alam yang kita miliki, terutama dalam hal rempah-rempah.

 

Pada saat Belanda datang, bangsa tersebut telah menjajah negara kita tercinta ini selama 3,5 abad. Tentu saja itu adalah waktu yang sangat lama. Ada banyak pahlawan dan juga warga negara kita yang gugur demi mempertahankan negara ini dan memperoleh kemerdekaan.

Saat ini, semua warga Indonesia sudah merdeka hanya saja generasi zaman sekarang tidak memiliki Nasionalis yang besar dalam arti lain semakin luntur rasa nasionalis terhadap tanah air ini, hal ini dikarenakan terdapat banyak sekali anak muda yang menyukai barang-barang brand buatan negara bagian barat.

Masih belum juga Ada juga yang senang mengikuti berbagai macam festival Jepang dan Korea, hanya sebagian kecil dari contoh anak muda yang semakin meluntur jiwa nasionalismenya tidak masalah menyukai budaya dari bangsa lainnya.

Marilah kita mengingat asal usul budaya dan juga turut melestarikan budaya dari tanah air ini.

Sekian pidato dari saya, mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Pidato Persuasif Singkat Tentang Pendidikan

pidato persuasif singkat tentang pendidikan
pidato persuasif singkat tentang pendidikan

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluhu.

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Kepala Sekolah beserta staf..

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru beserta karyawan sekolah….

Yang Saya Sayangi dan saya banggakan Siswa/Siswi sekolah…

Yang pertama-tama marilah kita panjatkan puji, syukur ke Hadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan kepada kita semua, sehingga pada pagi hari yang cerah ini kita masih dapat melaksanakan kegiatan upacara bendera pada pagi hari ini dengan hikmat.

Yang kedua sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW dan semoga kita semua yang ada disini kelak mendapatkan safa’at beliau di akhir jaman nanti.

Pertama-tama saya ucapkan terima kasih kepada petugas upacara, bapak mengucapkan terima kasih kalian telah melaksanakan tugas dengan baik, tapi jangan puas sampai disini kalian masih perlu berlatih agar kedepannya menjadi lebih baik lagi.

Pendidikan adalah tuntunan hidup tumbuknya anak-anak dengan kata lain pendidikan adalah segala sesuatu kekuatan yang sudah ada pada dirir anak agar mereka menjadi manusia anggota masyarakan

 

Pendidikan formal merupakan pendidikan yang bisa didapatkan oleh seluruh rakyat Indonesia melalui lembaga yang diakui oleh pemerintah. Sedangkan pendidikan non-formal adalah pendidikan yang diperoleh di luar sekolah.

Pendidikan yang bersifat formal ini wajib untuk dijalani oleh setiap warga Indonesia, karena akan berpengaruh terhadap pola pikir, keahlian, dan juga kemampuan untuk membaca, menulis, serta berhitung. Semua hal tersebut akan sangat menunjang kehidupan di masa depan setiap orang.

Pendidikan juga akan secara langsung berpengaruh terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat Indonesia. Semakin tinggi jenjang pendidikan yang diterima, maka akan semakin maju pola pikir orang tersebut. Maka dari itu, akan ada banyak generasi penerus yang cerdas dan dapat menjadi tonggak negara yang kuat.

Negara Indonesia memiliki pendidikan formal yang harus ditempuh adalah selama 12 tahun dengan pendidikan selama itu, diharapkan generasi penerus bangsa akan dapat berkompetisi di era globalisasi persaingan.

Pendidikan dalam Islam merupakan sebuah rangkaian proses pemberdayaan manusia menuju kedewasaan, baik secara akal, mental maupun moral, untuk menjalankan fungsi kemanusiaan yang diemban sebagai seorang hamba di hadapan Khaliq-nya dan sebagai ‘pemelihara’ (khalifah) pada semesta. Karana hanya orang terdidiklah yang bisa menyempurnakan kedewasaannya, meskipun pandidikan yang ditempuhnya tidak formal.
Ayat suraat albaqoroh

Pendidikan sebagai sarana untuk menyempurnakan perkembangaan jiwa (pikiran, perasaan, kemauan, intuisi) dengan baik, tentunya dengan cara yang disesuaikan dengan siapa yang di didik. Kita lihat bagaimana Rasulullah saw. Mengajarkan kepada orang tua dalam mendidik anak dalam hal sholat, hadits Nabi saw. :

“Suruhlah anak-anakmu mengerjakan sholat apabila mereka sudah umur tujuh tahun dan pukullah mereka (yang meninggalkannya) apabila umur mereka sudah sampai berumur sepuluh tahun dan pisahkan tempat tidur mereka”

Perintah rasulullah diatas tidak akan terwujud kecuali dengan pendidikan. Pendidikan yang diajarkan rasulullah adalah pendidikan yang dimulai dari setelah manusia dilahirkan hingga masuk keliang lahat, karena anak dilahirkan tanpa bekal sedikitpun kecuali hanya fitrah saja. Oleh karena itu, peran orang tua dalam pendidikan anaknya sangat berpengaruh terhadap perkembangan jiwa si anak.

Bagi manusia pendidikan penting sebagai upaya menanamkan dan mengaktualisasikan nilai-nilai Islam pada kehidupan nyata melalui pribadi-pribadi muslim yang beriman dan bertakwa, sesuai dengan harkat dan derajat kemanusiaan sebagai khalifah di atas bumi. Penghargaan Allah terhadap orang-orang yang berilmu dan berpendidikan dilukiskan pada ayat berikut.
ayat
“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi pengetahuan derajat (yang banyak)” (QS. Al Mujadalah 11).
ayat
“Maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai ilmu pengetahuan jika kamu tidak mengetahui” (QS, An-Nahl 43).
ayat
“Katakanlah :”Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui” (QS.Az.Zumar:9).

Pendidikan memudahkan seseorang mencapai apa yang ia inginkan, baik itu apa yang ada di Dunia maupun di Akherat. Hadist Nabi saw.:
hasits
“Barangsiapa yang menginginkan dunia maka ia harus menempuhnya dengan ilmu….

Dengan pendidikan kita akan memperoleh 2 keuntungan. Keuntungan pertama kita memperoleh ilmu yang sedang kita pelajari, dan keuntungan kedua adalah mendapatkan ganjaran/pahala dari Allah atas usaha kita mencari ilmu pengetahuan dan susahnya menempuh pendidikan. Hal ini sesuai dengan hadits Nabi saw dibawah ini :
“Barangsiapa keluar dengan tujuan menuntut ilmu, maka ia berada dijalan Allah sampai ia kembali” (HR. Turmuszi)

Sekian pidato yang saya sampaikan dan semoga bermanfaat, apabila terdapat kesalahan dalam berkata, saya mohon maaf.

Ihdinasirotolmustakim sumassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pidato Persuasif Singkat Tentang Pendidikan Moral

pidato tentang pendidikan moral
pidato tentang pendidikan moral

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluhu.

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Kepala Sekolah beserta staf..

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru beserta karyawan sekolah….

Yang Saya Sayangi dan saya banggakan Siswa/Siswi sekolah…

Yang pertama-tama marilah kita panjatkan puji, syukur ke Hadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan kepada kita semua, sehingga pada pagi hari yang cerah ini kita masih dapat melaksanakan kegiatan upacara bendera pada pagi hari ini dengan hikmat.

Yang kedua sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW dan semoga kita semua yang ada disini kelak mendapatkan safa’at beliau di akhir jaman nanti.

Pertama-tama saya ucapkan terima kasih kepada petugas upacara, bapak mengucapkan terima kasih kalian telah melaksanakan tugas dengan baik, tapi jangan puas sampai disini kalian masih perlu berlatih agar kedepannya menjadi lebih baik lagi.

Memahami mengenai pentingnya pendidikan moral didalam perjumpaan kali ini, kita harapkan untuk dapat berkontribusi dalam membangun karakter atau moral dari generasi muda berikutnya.

Seperti yang kita ketahui dari banyak berita, sering sekali terjadi tawuran antar pelajar, kasus pencurian, perampokan, dan pembunuhan. Sebagai generasi masa kini, Anda juga dapat turut berkontribusi dalam mengurangi angka kriminalitas ini.

Salah satu caranya adalah dengan memperkuat dan menggencarkan pelajaran moral kepada anak bangsa saat ini, dengan kita mengubah generasi yang sudah terlanjur tua akan lebih susah dibandingkan dengan mengubah generasi yang lebih muda.

Jadi bagi Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu sekalian, kini saat Anda untuk lebih memberikan pendidikan moral sejak dini Anak-anak Anda akan menjadi harapan di masa depan, oleh karenanya pendidikan moral ini merupakan tanggung jawab kedua orang tua.

Salah satu cara yang paling mudah untuk menanamkan moral adalah dengan menceritakan berbagai macam cerita yang berisikan moral misalnya  adalah cerita rakyat Malin Kundang. kerena di dalam kisah Malin Kundang, anak akan memahami bahwa hormat kepada orang tua adalah hal yang sangat penting.

Selain itu, Anda yang sangat menyukai berbagai dongeng dari luar negeri, juga dapat menceritakan tentang kisah Tikus dan Burung Hantu dari cerita rakyat Jepang karena cerita tersebut memiliki pendidikan moral berupa jangan pernah mengambil sesuatu yang menjadi hak orang lain.

Walaupun tujuannya hanya meminjam, perlu untuk terlebih dahulu meminta izin, Selain itu, cerita itu juga mnegajarkan moral kepada anak-anak akan pentingnya untuk menepati janji. Oleh sebab itu Marilah menceritakan berbagai macam dongeng setiap harinya kepada anak-anak, maka akan banyak sekali pendidikan moral yang dicerna oleh anak-anak.

Sekian pidato dari saya mengenai pentingnya pendidikan moral. Bila terdapat kesalahan dalam berkata, saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Kebersihan lingkungan.

pidato persuasif singkat
pixabay.com

Assalamualaikum warrahmatullah wabarakattuh

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SDIT Salsabila Kepanjen

Yang saya hormati Bapak Ibu guru dan karyawan Sekolah SDIT Salsabila Kepanjen

Serta teman – teman semua yang saya cintai karena Allah.

Marilah kita ucapkan puji dan syukur kepada Allah Yang Maha Esa, karena berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya kita semua dapat berkumpul pada hari Kamis tgl 23 Maret 2019 dalam rangka memperingati Hari Kebersihan Lingkungan dengan kondisi sehat dan tidak kurang suatu apapun.

Sholawat dan salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad Saw karena berkat bantuan beliau kita bisa melihat indah nya Islam, sehingga kita bisa keluar dari zaman yang kurang adap menuju zaman yang beradap.

Hadirin yang saya hormati,

perkenankanlah saya menyampaikan sebuah pidato tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Kebersihan lingkungan adalah hal yang sangat penting yang sangat berpengaruh bagi kesehatan diri dan juga lingkungan sekitar kita. Lingkungan yang sehat akan menekan penyeb penyakit yang menjadi momok bagi semua masyarakat dengan adanya lingkungan yang sehat dan bersih dapat menyebabkan kenyamanan di lingkungan tersebut.

Lingkungan yang bersih merupakan salah satu faktor pendorong keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah, karena siswa dan guru yang akan melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar akan merasa lebih nyaman dengan demikian proses belajar mengejar akan menjadi efektif serta proses belajar mengajar tidak membosankan.

Oleh karena itu marilah kita sebagai warga sekolah yang baik semoga akan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sekolah meskipun semua dimulai dari diri sendiri, contohnya seperti membuang sampah pada tempatnya dan tidak meninggalkan barang-barang di laci kelas supaya menjadi sarang nyamuk, oleh sebab itu menjaga kebersihan lingkungan menjadi sangat penting guna menciptakan lingkungan yang bersih, indah, sehat dan nyaman.

Saya rasa cukup sekian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga kita semua dapat menjadi partisipan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan. Terimakasih atas perhatian yang hadirin berikan, apabila ada salah kata ataupun hal-hal kurang berkenan saya mohon maaf.

 

Ihdinasirotolmustakim sumassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Read: 10+ Contoh Pidato Singkat Tentang Kebersihan Yang Mudah diHafal

Contoh Pidato Persuasif Tentang Pentingnya Semangat Dalam Bekerja.

pidato persuasif tentang semangat kerja
pidato persuasif tentang semangat kerja

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluhu.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang senantisa melimpahkan rahmatnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di sini, di gedung ini dengan keadaan sehat wa-afiat. Yang kedua tidak lupa sholawat dan salam yang senantiasa kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW yang kita nanti-nantikan syafaatnya di hari akhir nanti.

Yang saya hormati Ibu Rahutami selaku Rektor Universitas Negeri Malang

Yang saya hormati Bapak/Ibu dosen dan seluruh karyawan Universitas Negeri Malang

Yang saya hormati para peserta Seminar Pengembangan Pemuda Menjadi Pribadi Pengusaha.

 

Dan saya mengucapkan banyak terimakasih bagi panitia yang telah mempersiapkan ini dengan baik dan lancar.

 

Sebelum kita masuk kedalam pembahasan, pernahkah kita menyadari bahwa betapa banyak pengusaha-pengusaha sukses yang mrintis karirnya mulai dari nol hingga menjadi besar. perlu anda ketahui Ternya mereka kebanyakan mempunyai latar belakang orang susah atau orang tidak mampu namun mempunyai mimpi yang begitu besar.

Rata-rata para pengusaha-pengusaha besar yang sukses itu, ternyata mereka mempunyai latar belakang pendidikan sekolah yang tidak terlalu tinggi, misalnya lususan SD, SMP atau bahkan tidak lulus SD.

Misalnya kisah Pak Kuswantoro dari Malang Jawa Timur yang sukses membuat Kripik dari bonggol pisang dan usahanya berkembang sampai ke skala nasional, beliau adalah seorang lulusan SD yang mempunyai etos kerja dan semangat juang yang sangat tinggi sehingga beliau mampu mewujudkan cita-citanya.

 

Pendidikan yang tinggi seseorang tidak menjamin ia akan mendapat pekerjaan yang baik dan menjanjikan untuk memenuhi kebutuhan jika ia tidak pernah beranjak dari mipi-mimpinya dan mewujudkan.

 

Kebanyakan pengusaha-pengusaha yang telah berhasil malah memperkerjakan orang-orang memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi. Jadi, pada intinya, kita yang berjiwa muda mempunyai kesempatan yang selebar-selebarnya untuk mewujudkan mimpi-mimpi kita. Masih cukup banyak waktu untuk berusaha sebaik mungkin dalam mewujudkan apa yang kita cita-citakan.

Kita sebagai generasi muda harus mempunyai cara berfikir yang visioner, yakni mampu melihat peluang dimasa depan dan mampu memanfaatkan peluang tersebut. Disini saya bukan berarti melarang anda untuk menempuh pendidikan yang setinggi-tingginya. Akan tetapi kita semua harus mempunyai jiwa-jiwa pengusaha sehingga nantinya dapat diandalkan untuk mengangkat perekonomian Indonesia yang lebih baik lagi.

 

Bagi Pemuda pemudi yang saat ini sedang mencari dan membentuk jati dirinya, haruslah mempunyai sudut pandang yang lebih baik, khususnya dalam membangun perekonomiannya sediri, terlebih dapat bermanfaat dan memajukan perekonomian keluarga dan masyarakat sekitar.

Faktor untuk membentuk jiwa-jiwa pengusaha salah satu caranya adalah membekali diri dengan pelatihan berwira usaha sehingga nantinya dapat menumbuhkan benih-benih pemuda berjiwa interpreneur. Hal ini penting, karena salah satu unsur pokok penunjang kehidupan adalah perekonomian oleh karena itu Marilah pemuda dan pemudi generasi penerus bangsa teruslah bergerak, berfikir kreatif dan inovatif dan jangan pernah ragu untuk mencoba berwira usaha Jangan pernah takut gagal, karena semua orang-orang yang sukses awalnya belajar dari kegagalan-kegagalan yang mewarnai prosesnya menuju suatu kesuksesan.

 

Jika kita mampu bergerak dan mengalahkan diri sendiri, segalanya menjadi mungkin. Sebenarnya yang membatasi kemampuan kita adalah pikiran kita sendiri. Kemampuan berfikir manusia itu tidak terbatas, kita sendiri yang kadang membatasi pemikiran-pemikiran kita tersebut. Kita harus menjadi jiwa muda yang mempunyai pengaruh-pengaruh yang baik bagi generasi-generasi yang akan datang.

 

Sekian yang dapat saya sampaikan dalam sambutan pada acara seminar kali ini, pada penutupan kali ini saya hendak menegaskan sekali lagi, kita harus menjadi pemuda yang selalu memupuk semangat untuk menjadi generasi wirausaha. Semoga apa yang saya katakan dan saya ungkapkan bermanfaat bagi anda semua, dan mohon maaf atas semua kesalahan.

Ihdinasirotolmustakim sumassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Read: 30+ TEKS AMANAT PEMBINA UPACARA SD LENGKAP!!

Teks Pidato Persuasif tentang Bersemangat Mencari Nafkah

pidato persuasif

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah, alhamdulillahii nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah.

Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluhu. Allahumma sholliala sayyidina Muhammad waala ali sayidina Muhammad amma ba’du.

bapak dan ibu sekalian yang dirahmati allah.

 

Sebelumnya, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang senantisa melimpahkan rahmatnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di sini, dengan keadaan sehat wa-afiat.

 

Tidak lupa sholawat serta salam semoga terus tercurah kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW yang kita nanti-nantikan syafaatnya di hari akhir nanti.

 

Sebelumnya, saya ucapkan banyak terimakasih kepada seluruh panitia yang telah mempersiapkan acara ini dengan sangat baik sehingga acara ini bisa berjalan dengan baik seperti sekarang ini.

 

Sebelum kita bahasa lebih jauh, marilah sejenak kita belajar dari para pengusaha yang membangun usaha mereka dari nol. Banyak dari mereka yang tidak memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi seperti kita semua di sini. Beberapa diantara mereka adalah orang-orang yang berlatar belakang dari keluarga yang tidak mampu. Namun satu yang mereka miliki, yaitu impian, harapan dan semangat yang kuat untuk meraih itu semua.

 

Pendidikan tinggi tidak menjamin kita langsung menjadi orang sukses, mendapat pekerjaan yang layak dengan gaji besar. Tidak, itu tidak akan terjadi tanpa semangat dan etos kerja yang kuat dari Anda. Bila Anda punya mimpi, maka bangunlah dan beranjaklah dari mimpi kemudian wujudkan dengan kerja nyata agar mimpimu bisa kamu pegang.

 

Kebanyakan pengusaha-pengusaha yang telah berhasil malah memperkerjakan orang-orang memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi. Jadi, pada intinya, kita yang berjiwa muda mempunyai kesempatan yang selebar-selebarnya untuk mewujudkan mimpi-mimpi kita.

Masih tersedia waktu yang cukup banyak untuk berusaha sebaik mungkin dalam mewujudkan apa yang kita cita-citakan. Kita sebagai generasi muda harus mempunyai cara berfikir yang visioner, yakni mampu melihat peluang dimasa depan dan mampu memanfaatkan peluang tersebut, disini saya bukan berarti melarang anda untuk menempuh pendidikan yang setinggi-tingginya akan tetapi kita semua harus mempunyai jiwa-jiwa pengusaha sehingga nantinya dapat diandalkan untuk mengangkat perekonomian Indonesia yang lebih baik.

 

Remaja-remaja yang saat ini sedang mencari dan membentuk jati dirinya harus mempunyai sudut pandang yang lebih baik mengenai kehidupan khususnya dalam membangun perekonomiannya sediri, terlebih dapat bermanfaat dan memajukan perekonomian bangsa.

Salah satu caranya adalah pembekalan dan pelatihan berwira usaha sehingga nantinya dapat menumbuhkan benih-benih pemuda berjiwa interpreneur, hal ini penting, karena salah satu unsur pokok penunjang kehidupan adalah perekonomian. Marilah para pemuda dan pemudi generasi penerus bangsa teruslah bergerak, berfikir kreatif dan inovatif dan jangan pernah ragu untuk mencoba dan jangan takut gagal, karena orang-orang yang sukses bermuloa dari kegagalan-kegagalan yang mewarnai prosesnya menuju suatu kesuksesan.

 

Jika kita mampu bergerak dan mengalahkan diri sendiri, segalanya menjadi mungkin. Sebenarnya yang membatasi kemampuan kita adalah pikiran kita sendiri. Kemampuan berfikir manusia itu tidak terbatas, kita sendiri yang kadang membatasi pemikiran-pemikiran kita tersebut. Kita harus menjadi jiwa muda yang mempunyai pengaruh-pengaruh yang baik bagi generasi-generasi yang akan datang.

 

Sekian yang dapat saya sampaikan dalam sambutan pada acara seminar kali ini, pada penutupan kali ini saya hendak menegaskan sekali lagi, kita harus menjadi pemuda yang selalu memupuk semangat untuk menjadi generasi wirausaha. Semoga apa yang saya katakan dan saya ungkapkan bermanfaat bagi anda semua, dan mohon maaf atas semua kesalahan.

 

wabillahitaufiq wal hidayah,ihdinassiratalmustakim summaassalamualaikum warahm

simak juga pidato kemerdekaan, yang lengkap dari bebebrapa topik penyambaian

 

 

Contoh Teks Pidato Bahasa Jawa tentang Pendidikan

pidato persuasif singkat bahasa jawa
pidato persuasif singkat bahasa jawa

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah, alhamdulillahii nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah.

Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluhu. Allahumma sholliala sayyidina Muhammad waala ali sayidina Muhammad amma ba’du.

bapak dan ibu sekalian yang dirahmati allah.

Kaping pisanan, ayo menehi sukur marang Allah SWT, Allah Ta’ala Rabbil Alamin, sing ing wayah esuk iki, Allah SWT isih menehi berkah iman lan Islam. Uga dadi sehat lan sehat supaya bisa nindakake kegiatan rutin, diskusi umum saben minggu kanthi kondisi apik, mula kudu tansah matur nuwun marang Allah SWT.

 

Muga-muga panglipur lan salam bakal diwutahake marang gustinira, Nabiyullah Muhammad SAW, wong sing dikirim kanggo ngrampungake akhlak umat manungsa, muga-muga kita bakal ngolehake syafaat saka Nabi Muhammad SAW, salah sawijining upaya kanggo mujudake tuladha ing kanjeng Nabi Muhammad SAW.

 

Pendidikan minangka kabutuhan dhasar kanggo kabeh manungsa, pendidikan formal lan non-formal, pendidikan formal minangka pendidikan sing bisa diduweni saka lembaga pendidikan sing wis nampa pangakuan saka pemerintah lan duwe akreditasi beda karo pendidikan non-formal, pendidikan non-formal yaiku pendidikan sing diduweni saka njaba sekolah, kayata ing institusi, kulawarga, komunitas, lan liya-liyane.

 

Pendidikan penting banget amarga nyakup urip ing mangsa sing bakal teka (generasi sabanjure bangsa), negara iki maju amarga wong enom pinter lan ngurus kemajuan bangsa. Pendidikan ing Indonesia saiki nduweni program pendidikan wajib 12 taun. Pangarep-arep supaya kabeh generasi bangsa ing mangsa ngarep bisa diwenehi pendidikan sing cukup supaya bisa bersaing ing jagad globalisasi.

 

Donyane globalisasi sing artine komprehensif, globalisasi artine proses nyebar unsur anyar sing kalebu informasi saka sak ndonya liwat media cetak utawa elektronik ing ndonya. pengaruh globalisasi meh kabeh nyakup kabeh aspek urip.

Contone, ing lapangan udara, segara, transportasi darat. supaya akeh kendaraan sing bisa kita ketemu ing dalan gedhe saben dina, jumlah kapal d dock lan jumlah pesawat ing bandara. transportasi iki ndadekake manungsa gampang nindakake aktivitas kasebut.

 

Iki minangka proporsional banget babagan kahanan ing wektu sing kepungkur nalika wong menyang panggonan sing dikarepake, kudu melu kanthi cara manual, yaiku mlaku.

 

ora mung transportasi sing nduweni dampak globalisasi, sistem telekomunikasi uga duwe pangaruh global ing aspek urip, umpamane ponsel Saiki, saiki, telpon seluler katon ora bisa dipisahake saka urip kita.

 

Salah sawijining conto pangaribawa globalisasi yaiku Internet, nanging bisa ditemokake amerga kabeh padha saingan bisa nggunakake apa wae sing tuwa lan enom. Ora sawetara generasi enom wis nemokake panemuan paling anyar mung liwat internet.

 

Aspèk lingkungan kuliner uga kena pengaruh globalisasi ing Indonesia. amarga tembung kasebut alon-alon nanging mesthi, wong Indonesia wis bisa nampa panganan sing teka saka luar negeri, kayata pizza, hamburger, kebab, spageti, ramen lan liya-liyane.

 

fashion uga kena pengaruh globalisasi ing Indonesia, iki jelas, kayata, macem-macem jinis busana virus ing luar negeri sing diikuti dening wong ing Indonesia.Olahraga uga kena pengaruh globalisasi, amarga saiki kita bisa nonton liwat saluran televisi sing nyetel live olahraga ing ngendi wae.

 

Nomer aspèk sing bisa dipengaruhi dening globalisasi, pratelan kasebut cetha bukti yen saben masyarakat bisa ngalami pangaruh, sawetara aspek sing wis diterangake ing ndhuwur, nuduhake yen pangaruh globalisasi wis meh ditemokake ing kabeh aspek urip.

 

Kabeh wong mesthi ngrasa pangaruh sing amarga globalisasi. Mulane, minangka masyarakat sing bisa ditindakake kanthi cepet bisa milih lan milih globalisasi iki kanthi mung migunani lan ora mbedakake unsur-unsur negatif, supaya budaya saka ngendi wae sing lumebu ing Indonesia bisa disaring kanthi apik lan mesthine bakal nyingkirake bab-bab sing ala.

 

Yen pilihan saka macem-macem keuntungan lan nyingkiri sisih negatif sing digawa dening kabeh wong, maka kawicaksanan budaya Nusantara bisa dipertahankan lan tetep

Ihdinasirotolmustakim sumassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Itulah beberapa contoh teks Pidato a yang lebih bagus  mari kita tak latin secara baik dan benar

Demikianlah amanat dari saya, apabila ada kesalahan ucapan atau apapun bapak mohon maaf yang sebesar besarnya.Terimakasih atas perhatiannya

Demikian tadi beberapa contoh dari pidato persuasif lengkap dari bebebrapa tema yang menarik dan jangan lupa kujungi juga artikel yang berhubungan dengan pidato supayya pengetahuan anda semakin mendalam dan faham tentang dunia pidato, kurang lebihnya saya mohon maaf juka ada salah wassalamu’alaiakum wr.wb

Tinggalkan komentar